money

Muda Foya-Foya, Tua kaya Raya

Mati masuk surga. Begitu idiom setengah bercanda yang dulu sering kita dengar dan dengungkan sesama kawan. Tapi benarkah hal tersebut bersifat utopis dan tak terjangkau akal?

Soal masuk surga memang tak bisa kita prediksi. Tapi soal muda foya-foya dan tua kaya raya bukanlah sebuah hal yang jauh panggang dari api. Dengan rencana yang tepat, kita bisa tetap memenuhi kebutuhan di hari tua meski sudah tidak lagi beraktivitas.

Tapi kenapa kita perlu merencanakan hari tua? Sebagai laki-laki kita tetap dituntut bisa memenuhi kebutuhan pribadi serta pasangan kita hingga nanti. Pensiun hanya status dari aktivitas bekerja, sementara tuntutan kemampuan memberikan nafkah akan tetap melekat sebagai tanggung jawab laki-laki hingga renta sekalipun.

Masalahnya masih sedikit dari kita yang sadar akan hal ini. Berapa persen dari penghasilan kita sekarang yang benar-benar dikonsentrasikan untuk menghidupi kita di hari tua? Belum ada? Jangan panik jika memang demikian. Karena dengan strategi yang tepat kita masih bisa mengejar ketertinggalan untuk memenuhi kebutuhan di hari tua nanti. Apa saja strateginya?

investasi pensiun

Mulai dari sekarang

Kesalahan terbesar yang sering dilakukan adalah menunda perencanaan pemenuhan kebutuhan dihari tua. Alasannya biasanya berkutat di seputar kebutuhan saat ini yang juga masih menumpuk. Padahal dengan memulai sesegera mungkin, justru kita hanya perlu menyisihkan sedikit uang saat ini. Jadi konsep “muda foya-foya” tadi masih bisa terpenuhi tanpa harus melupakan kebutuhan di hari tua.

Tentukan usia pensiun

“Baru juga kerja berapa tahun masa iya harus sudah mikirin pensiun”

Mungkin begitu pikiran yang melintas. Namun ini justru bagian penting dari strategi persiapan masa pensiun dimasa datang. Pikiran “let it flow” ini tidak bisa diberlakukan dalam perencanaan hari tua. Benar rejeki memang ada yang mengatur, tapi cerdas mengelola adalah bagian yang tak kalah penting.

Karena itu cobalah menyisihkan sedikit waktu untuk merenung dan berencana. Kapan kiranya kita ingin pensiun. Pada usia berapa, kita sudah tak lagi mau atau mampu beraktivitas. Angka yang paling umum adalah usia 55 tahun. Tapi ini sangat relatif. Mengingat beberapa orang berencana untuk pensiun diusia yang lebih muda, sementara sebagian lagi memilih terus beraktivitas setidaknya hingga sekitar 65 tahun.

Coba kita asumsikan angka moderat 60 tahun sebagai usia pensiun. Kemudian jika saat ini kita berusia 30 tahun, berarti tersisa sekitar 30 tahun untuk menyiapkan keuangan yang akan digunakan dimasa tua nanti. Sisa tahun inilah yang akan kita gunakan untuk perhitungan nantinya.

Tentukan berapa sisa usia kita

Okay, hal ini mungkin terdengar menakutkan. Atau mungkin sebagian berteriak bahwa kapan mati merupakan ranah yang tak boleh dijamah manusia. Tapi sejatinya ini bukanlah perhitungan yang ingin mendahului kehendak Yang Kuasa.

Perhitungan ini hanya merupakan perkiraan tentang berapa lama kita akan menghabiskan hidup setelah kita pensiun. Taruhlah jika contoh di atas, usia pensiun ditetapkan pada usia 60 tahun. Maka jika kita berandai-andai akan hidup hingga usia 80 tahun. Berarti akan ada 20 tahun usia kita yang tidak lagi berpenghasilan. Artinya pula, masa 20 tahun itulah yang harus ditanggung oleh 30 tahun sisa usia produktif yang tersisa.

Hitung pengeluaran di masa pensiun

Nah, kita sudah perkirakan bahwa kita akan hidup 20 tahun setelah masa pensiun. Sekarang masalahnya berapa kebutuhan yang harus dipenuhi diusia pensiun nanti. Gaya hidup seperti apa yang kita inginkan?

Pastinya pengeluaran tidaklah sebesar saat ini. Tidak ada lagi beban biaya sekolah anak misalnya. Rumah dan apartemen juga sudah lunas tercicil. Sementara Ducati atau harley davidson tak lagi butuh pembaharuan berarti. Artinya biaya hidup sudah jauh berkurang.

Angka yang moderat untuk pensiunan kelas menengah perkotaan berkisar diangka 4 juta hingga 10 juta rupiah. Tentunya angka ini bisa lebih bervariasi jika penghasilan sobat yomamen saat ini dan gaya hidup masa tua ingin lebih glamor dan bling-bling.

Jangan menabung
Loh kenapa jangan menabung? Coba kita buka lagi hitungan tadi. Usia saat ini 30 tahun, ingin pensiun diusia 60 tahun, berencana hidup hingga 80 tahun dengan kebutuhan perbulan 4 juta. Faktanya, angka 4 juta per bulan ketika kita pensiun nanti tidaklah 4 juta per bulan.

Dengan perkiraan nilai inflasi mencapai 12 persen, kebutuhan per bulan ini akan berkali-kali lipat. Sementara jika kita hanya menyisihkan uang untuk ditabung di bank, bunga yang didapat hanyalah berkisar dari 9 persen hingga 12 persen. Berarti apa yang kita tabung itu lah yang kita dapat.

Nah, seandainya penghasilan saat ini 4 juta rupiah, bagaimana mungkin kita bisa menyisihkan 4 juta rupiah untuk ditabung dan digunakan di masa tua nanti? Berarti pula masa muda tak berfoya-foya bukan? Masa iya di usia muda dan produktif kita mau hidup susah demi mengencangkan ikat pinggang?

Inilah saatnya kita berkenalan dengan instrumen investasi yang lain. Bentuknya beragam dari pasar uang, pasar saham, surat hutang negara dan bentuk lainnya yang beragam. Dengan berinvestasi, kita bisa mendapatkan return yang tinggi. Hingga bisa memenuhi kebutuhan pokok yang telah kita hitung tadi.

Dengan perkiraan macam tadi, taukah sobat yomamen berapa banyak uang yang harus disisihkan melalui pola investasi jika ingin hidup nyaman 4 juta per bulan selama 20 tahun setelah pensiun diusia 60 tahun? Jawabnya tak lebih dari 150 ribu rupiah. Mudah bukan?

Tertarik untuk menghitung-hitung sendiri? Silahkan download perhitungan pensiun ala yomamen pada link berikut ini. Ingat, muda foya-foya, tua kaya raya, mati masuk surga!

1 Comment

1 Comment

  1. Bijeh

    April 16, 2015 at 11:06 pm

    Rumusnya gak salah tuh min??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Sebetulnya Kapan Saat yang Tepat Beli Mobil Baru?

Berhubung membeli mobil tak semudah membayar makanan di angkringan, pastinya banyak hal yang jadi pertimbangan. Apalagi membeli mobil membutuhkan komitmen yang tidak sebentar. Tak mungkin juga, bulan ini beli lalu bulan berikutnya sudah harus dijual lagi. Nah jadi sebetulnya, kapan waktu yang tepat untuk membeli mobil baru?

Ketika Kebutuhan Tak Bisa Lagi Diakomodir Si Kuda Besi

Mungkin selama ini Kita begitu menikmati menunggang si kuda besi alias motor. Sedari muda, moda transportasi roda dua ini jadi pilihan dalam situasi apa pun. Namun toh nyatanya hidup mengalami perubahan. Ada beberapa kegiatan yang ada saat ini sudah tak mungkin lagi dilakukan dengan mengendarai motor.

Misalnya, dulu mungkin tak begitu masalah naik motor ketika masih membujang tanpa ada yang menemani. Ketika sudah berpasangan apalagi berstatus keluarga muda dengan anak yang masih kecil-kecil tentu jadi berbeda kasus. Tak mungkin lagi membonceng si kecil di motor dan membawanya dalam perjalanan jauh.
Ini salah satu momen yang pas untuk mulai berpikir mengambil mobil untuk kendaraan cadangan. Bukan berarti meninggalkan tunggangan setia, tapi memang ada kebutuhan yang mau tak mau harus menggunakan roda empat.

Ketika Mobil Sudah Punya, Tapi Usianya Sudah Lanjut

 

Tak salah memang terhanyut dalam romansa dan memori dengan mobil yang selama ini telah menemani. Tapi kita juga harus realistis, bahwa mobil juga punya usia sebaik apapun kita merawatnya. Mungkin bukan berarti kita menjual yang lama tapi tidak lagi menggunakannya untuk kendaraan sehari-hari adalah langkah yang bijak.

Kondisi paling ideal mobil itu berada pada usia tiga tahun pertama. Lima tahun berikutnya masih bisa dijadikan andalan namun sudah akan mulai ditemui beberapa masalah. Sementara durasi pemakaian mobil untuk harian, yakni sekitar 8 hingga 10 tahun atau jika sudah menempuh jarak lebih dari 200 ribu kilometer.

Sama halnya dengan manusia yang telah lanjut usia, mobil juga sama. Walau suku cadang tersedia, ketika batas pemakaian tersebut sudah dilewati, maka kondisi mesin dan sasis sudah masuk pada level tak layak pakai.

Tak hanya kekhawatiran untuk mogok dan tiba-tiba rusak dijalan saja, menunggangi mobil-mobil yang sudah tak lagi diproduksi juga jadi sebuah resiko yang tinggi. Ketika kita masih berusaha merawat dan mencintainya, bisa jadi perusahaan yang ada disana sudah tak lagi memproduksi spare part yang mobil tersebut miliki. Sementara mobil sudah melulu minta ‘jajan’ karena suku cadang yang rusak. Walhasil selain biaya perawatan tinggi, bisa jadi mobil hanya teronggok tak bisa digunakan karena menunggu suku cadang tersedia.

Ketika Fitur dan Fungsi yang Ditawarkan Mobil Baru Begitu Menggoda Dan Sesuai Kebutuhan Saat Ini

Dulu mungkin kita merasa sah-sah saja dengan fasilitas yang ada di kendaraan roda empat yang kita miliki. Namun teknologi tak hanya diam di tempat. Kalau masih terus berkutat di mobil lama, kita tak akan paham sudah ada inovasi yang akan memudahkan kita dalam berkendara.

Coba tengok misalnya Renault KWID. Di bagian interiornya yang paling mencolok adalah hadirnya head unit layar sentuh berukuran 7 inci yang mengatur sistem hiburan di dalam kabin mobil yang juga telah terintegrasi dengan navigasi satelit menggunakan tampilan 2D/3D.

Sementara untuk fitur sisi keamanan Renault KWID dibekali dengan keyless entry dengan remote dan central lock. Nah untuk kenyamanan Renault KWID juga memiliki fitur heater atau penghangat kabin jika udara di luar terlalu dingin.

Fitur macam ini belum dimiliki mobil terdahulumu bukan?

Ketika Model Baru Yang Ditawarkan Unik Dan Modern

Secara teknis mungkin kendaraan lama belum bermasalah. Tapi bisa jadi kitanya yang sudah dilanda jenuh dengan kendaraan yang itu-itu saja. Jangan anggap remeh karena efek bosan ini bisa melanda kemana-mana. Bayangkan mood yang tak bagus karena waktu di jalan tak dapat sensasi asiknya mengendarai mobil.

Kala itu terjadi maka saatnya untuk melirik kendaraan yang baru. Supaya tak dilanda bosan, cobalah sesuatu yang benar-benar unik. Contoh, misalnya kamu ingin punya mobil yang ramah jalanan perkotaan tapi masih gagah dari sisi penampilan.

Paduan macam itu tentu tak akan bikin kita lekas bosan. Seperti Renault KWID yang jika menilik dari dimensinya mobil yang mengusung mesin 1.000 cc tiga silinder ini memang masuk di kategori City Car.

Namun KWID punya desain unik yang membuatnya bertipe crossover dengan tampilan SUV. Ciri paling kentalnya adalah ground clearance alias jarak bodi terendah ke tanah yang mencapai 180 mm. Didukung pula dengan fender yang cukup besar khas mobil crossover. Sementara bagian grille depan Renault KWID juga tampil tegas dan kokoh. Lampu depan terdapat “C” shape signature sebagai ciri khas Renault terbaru.

Dengan desain apik tersebut, tak heran jika di tahun pertama kehadirannya di Indonesia, Renault KWID langsung meraih penghargaan bergengsi di ajang OTOMOTIF Award 2017. Dalam kategori The Best Small City Hatchback.

Ketika Garansi Dan Asuransi Mobil Baru Memudahkan Untuk Beraktivitas

Sama halnya dengan usia yang telah tua, batas garansi pada perawatan mobil jadi pertimbangan pelik lain. Mobil baru seperti contohnya Renault KWID tadi dilengkapi dengan garansi minimal 3 tahun untuk mesin atau telah menempuh jarak 100 ribu Km. Dengan kata lain, memiliki mobil baru akan memangkas biaya perawatan mobil yang mungkin akan kita keluarkan jika terus bertahan dengan mobil yang sudah uzur.

Tak percaya? Coba tengok layanan purna jual “Renault Peace of Mind”. Ada Silver Package for Renault Kwid & Renault Koleos, tambahan 2 tahun jaminan garansi kendaraan Anda sehingga menjadi total 5 tahun jaminan garansi atau 100.000 km (mana yang tercapai lebih dahulu).

Kemudian ada Gold Package for Renault Kwid, Renault Duster 4×2, Renault Duster 4×4 & Renault Koleos, jaminan bebas biaya sparepart dan jasa service berkala dimulai dari service 1.000 km dan kelipatan 10.000 km sampai dengan 60.000 km dengan masa jaminan garansi kendaraan 3 tahun atau 100.000 km (mana yang tercapai lebih dahulu).

Terakhir ada Platinum Package for Renault Kwid & Renault Koleos, jaminan bebas biaya sparepart dan jasa service berkala dimulai dari service 1.000 km dan kelipatan 10.000 km sampai dengan 100.000 km dengan tambahan 2 tahun jaminan garansi kendaraanmu sehingga menjadi total 5 tahun jaminan garansi atau 100.000 km (mana yang tercapai lebih dahulu).

Tapi memboyong mobil baru bergaransi saja tidak cukup. Karena untuk apa dilengkapi garansi kalau bengkel ternyata sulit ditemui. Kalau kita melirik Renault misalnya, hati tentu akan lebih tentram. Karena pabrikan asal Perancis tersebut sudah bekerja sama dengan group Nissan.

Jadi layanan bengkel dan purna jualnya selain dari renault juga bisa dikerjakan di bengkel Nissan. Hal ini dimungkinkan karena berbekal kekuatan aliansi Renault – Nissan dimana untuk distribusi, pemasaran dan layanan purna jual merek Renault pun ditangani oleh Indomobil Group yang juga menangani Nissan.

Di samping garansi, masalah perlindungan asuransi kehilangan dan kerusakan juga harus jadi pertimbangan. Mobil dengan usia muda akan lebih mudah disetujui oleh pihak asuransi. Sementara mobil yang sudah tua akan sulit mendapatkan perusahaan asuransi yang mau melindungi. Kalaupun disetujui, biasanya akan membutuhkan uang premi yang tidak sedikit.

Jadi ingat, terikat romansa dengan kendaraan lama boleh saja, tapi terus menutup mata dengan kehadiran yang baru tentunya bukan langkah yang bijak.

1 Comment

1 Comment

  1. Bijeh

    April 16, 2015 at 11:06 pm

    Rumusnya gak salah tuh min??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Money & Power

Jangan Lakukan Kebiasaan Remeh Ini Bila Kamu Ingin Disukai Rekan Kerjamu Bro!

Setiap orang tentu ingin diterima di lingkungannya. Hal itulah yang sebenarnya poin penting yang akan menentukan kenyamanan. Begitu juga di lingkungan kerjamu, kamu tentu ingin diterima dengan tangan terbuka. Sebab tanpa rasa nyaman, mustahil kamu bisa bekerja dengan optimal. Tak heran bila kamu berusaha sekuat tenaga agar bisa diterima di kantor dan memperoleh kenyamanan saat bekerja.

Sayangnya ada beberapa hal-hal kecil yang sebenarnya krusial namun malah luput dari perhatianmu. Khawatir melakukan kesalahan besar justru membuat kamu melakukan kebiasaan kecil yang bisa mengakibatkan hancurnya reputasi kamu. Tentu kamu tak ingin hal ini terjadi pada dirimu bukan? Berikut daftar kebiasaan-kebiasaan yang bisa membuat kamu tidak disukai rekan kerjamu.

Meski Kamu Anggap Sepele, Tidak Ada Satu Orang Pun Yang Suka Berdekatan Dengan Pembohong!

Jangan berbohong untuk alasan apapun. Bahkan berbohong untuk alasan kebaikan pun sebaiknya kamu hindari. Sangat sulit untuk mengandalikan kebohongan yang terlanjur dilakukan. Bahkah kebohongan tersebut akan jadi menyebar dan kamu hanya tinggal bisa menerima konsekuensinya saja. Ingat, tidak ada satupun orang yang ingin menerima kebohongan. Lagi pula berbohong hanya akan membuatmu kehilangan wibawa yang sudah dibangun dengan susah payah itu.

Jangan Jadi Pengecut Yang Hanya Berani Menikam Dari Belakang Bro!

Menikam dari belakang jelas bukan perbuatan terpuji. Ini mengindikasikan sikap mental yang minus. Bahkan prilaku ini bisa menimbulkan konflik di tempat kerja. Tidak ada orang yang ingin ditusuk dari belakang. Pengkhianatan selalu menimbulkan luka. Menikam dari belang artinya kamu dengan sengaja telah menyakiti orang lain. Ini sama sekali bukan prilaku terhormat. Laki-laki sejati seharusnya malu melakukan ini. Tidak heran dengan melakukan tindakan ini, kamu tidak akan disukai oleh rekan kerjamu.

Hobi Bergosip Di Tempat Kerja Hanya Akan Membuatmu Terlihat Buruk!

Bergosip tidak akan membuat anda terlihat lebih baik. Ini jelas bukan sikap yang baik. Lagi pula sangat tidak pantas bila laki-laki suka bergosip. Apalagi bila kamu menggosipkan rekan kantor anda sendiri. Bukan tidak mungkin hal itu akan sampai pada telinga yang bersangkutan. Kalau sudah begini, hanya akan tinggal menunggu bom waktu meledak. Jangan heran kalau sikap mereka yang menjadi objek gosip anda jadi berubah. Ingat, tidak  ada satu orang pun yang suka digosipkan. Lagi pula kantor adalah tempat untuk  bekerja, bukan untuk bergosip. Buang-buang waktu saja Bro!

Kamu Penyuka Petai Dan Jengkol? Boleh Kok, Namun Pastikan Dulu Kamu Sudah Bebas Bau Ketika Berangkat Ke Kantor Ya!

Tidak nyaman rasanya bekerja di lingkungan yang kurang bersih. Idealnya kantor adalah tempat yang selalu bersih dan tidak berbau. Jangan hanya karena egomu untuk memakan makanan yang berbau, kamu membuat seisi ruangan tidak nyaman. Idealnya kamu memang jangan memakan makanan yang meninggalkan bau saat berangkat bekerja. Jika kamu terpaksa melakukan ini, bersihkan dirimu atau kamu bisa menggunakan parfum untuk menghilangkan jejak bau makanan tersebut. Petai dan jengkol adalah jenis makanan yang biasanya menjadi pangkal masalah ini. Bukankah selalu tampil rapi dan wangi akan membuat rekan kantor lebih menhargaimu?

Mengeluarkan Pernyataan Bahwa Kamu Tidak Menyukai pekerjaanmu Adalah Bukti Dari Tanggung Jawabmu Yang Rendah!

Memperkerjakan orang yang tidak bisa mensyukuri pekerjaannya adalah pilhan terakhir. Terus berkoar bahwa kamu tidak menyukai pekerjaanmu hanya akan membuatmu terlihat buruk. Kalau sudah begini kamu pun tak lagi terlihat antusias dalam bekerja. Sikap kerja seperti ini akan segera ditangkap oleh atasanmu. Kamu bisa dicap memberi pengaruh buruk pada rekan-rekan kerjamu. Alih-alih memberi kompensasi pada tim kerjamu, kamu hanya akan menjadi benalu yang menghambat prestasi kerja. Tak heran bila rekan-rekan kerjamu tak menyukaimu. Melakukan hal itu hanya akan menjadi bumerang untuk kariemu. Jika kamu terus seperti ini, siap-siap saja dicopot oleh atasanmu.

1 Comment

1 Comment

  1. Bijeh

    April 16, 2015 at 11:06 pm

    Rumusnya gak salah tuh min??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lifestyle

Tak Harus Tampan Dan Kaya, 5 Hal Ini Akan Membuat Kamu Dicintai Perempuan

Mencintai dan dicintai akan menempatkanmu dalam sebuah hubungan yang ideal. Berada dalam kondisi itu membuat kamu seolah-olah memiliki energi lebih untuk mempertahankan hubungan hingga akhir hayat. Namun tak mudah untuk mendapatkan hal itu. Apalagi dizaman sekarang sebagian orang beranggapan bahwa cinta hanya bisa ditukar dengan ketampanan dan harta melimpah. Hal itu tak sepenuhnya benar.

Tak perlu rendah diri bila kamu laki-laki yang tak memiliki wajah tampan atau tunggangan mentereng. Nyatanya ketampanan dan materi bukan menjadi satu-satunya perempuan untuk jatuh cinta. Kamu yang tak memiliki dua hal itu tak perlu lagi berkecil hati. Cukup pastikan 5 kualitas ini ada padamu dan segara buat perempuan idamanmu jatuh hati.

Tak harus memiliki barang-barang dengan harga selangit, padu padan outfit yang pas sudah cukup untuk membuat kamu terlihat menarik. Jaga kebersihan badan juga ya!

Tak perlu memakai pakaian atau sepatu branded untuk memiliki penampilan yang menawan. Padu padan outfit yang tepat akan membuat kamu terlihat lebih menarik.  Mulai sekarang jaga kebersihan badanmu juga. Kamu bisa mengenakan parfum favoritmu. Kalau sudah begini, perempuan yang tengah kamu incar pun akan merasa nyaman saat berada di dekatmu. Jangan sampai bau yang tak sedap tercium dari tubuhmu. Alih-alih bisa memikat perempuan, bau badan hanya akan membuatmu kian jauh dari dia.

Laki-laki yang komunikatif dan ramah selalu berhasil membuat hati kaum hawa meleleh. Apalagi jika kamu tahu cara memperlakukan perempuan!

Laki-laki yang komunikatif dan ramah cenderung disukai oleh perempuan. Mereka mampu memberikan kenyaman  untuk perempuan yang tengah didekatinya. Cari tahu kesukaannya terlebih dahulu. Dengan begini kamu bisa mencari topik pembicaraan yang tepat. Berawal dari obrolan yang seru, diam-diam kamu bisa mulai mencuri hatinya Bro! Bersikap ramah dan tak segan memberi bantuan akan membuat dia mulai tergantung padamu. Jika sudah seperti ini, kamu hanya tinggal menentukan tanggal untuk mengungkapkan perasaanmu padanya.

Jika kamu merasa tak tampan dan kaya, kamu bisa menjadi laki-laki humoris yang tahu betul bagaiman cara membuat wanita tertawa bahagia!

Kekayaan dan ketampanan tak bisa menjamin kebahagiaan. Namun memiliki selera humor yang pas akan membuat kamu selalu dirindukan. Membuat seorang perempuan kembali tertawa bahagia saat dia tengah bersedih seperti telah menjadi tugas setiap laki-laki. Bila kamu berhasil membuatnya tertawa dan kembali bangkit dari satu episode hidup yang kelam, itu berarti tak butuh waktu lama lagi untuk mendapatkan hatinya.

Wanita tak akan pernah menolak laki-laki yang pintar dan bekerja keras. Bersamanya kemapanan bisa diperjuangkan bersama!

Laki-laki yang pintar dan mau bekerja keras akan selalu menarik bagi perempuan. Mereka adalah teman hidup yang menyenangkan. Tipe laki-laki ini juga bisa diandalkan. Bahkan kesuksesan akan lebih mudah diraih oleh laki-laki yang pintar dan tak segan untuk bekerja keras demi mencapai tujuannya.

Bisa menemukan passion adalah anugerah. Menekuni passion dengan sepenuh hati  akan membuat kamu terlihat menarik!

Kamu yang tahu betul passionmu adalah orang yang benar-benar memahami dirimu sendiri. Jika memahami dirimu saja kamu mampu, berarti kamu juga tak akan menemui kesulitan saat mencoba memahami perempuan. Terlebih laki-laki yang tahu dan menekuni passionnya adalah orang yang paham tujuan hidupnya. Ini juga bukti bahwa kamu adalah orang yang bisa berkomitmen. Kalau sudah begini kesuksesan bukan lagi hal yang sulit kamu gapai. Mungkin kamu memang tak tampan atau kaya, namun bisa berkomitmen pada panggilan hati adalah hal yang tak bisa dilakukan oleh semua orang. Tak heran bila kelebihanmu yang satu ini bisa membuat kamu terlihat menarik dimata perempuan.

1 Comment

1 Comment

  1. Bijeh

    April 16, 2015 at 11:06 pm

    Rumusnya gak salah tuh min??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


money

Kamu Telah Bekerja Lebih Keras dari Biasanya Namun Tak Kunjung Mapan juga? Mungkin Ini penyebabnya!

 

Kamapanan adalah salah satu indikator kesuksesan. Tak heran bila banyak orang yang rela berpeluh demi mencapai kemapanan. Bahkan kamu sendiri pun rela bekerja lebih keras dari biasanya demi bisa disebut mapan. Apalagi bagi laki-laki bisa menjadi mapan adalah sebuah kebanggaan.

Kamu sudah memiliki penghasilan tetap, bonus dari kantor pun  kamu terima, bahkan kamu telah memiliki usaha yang bisa memberi tambahan pemasukan. Namun anehnya kamu masih sering merasa kekurangan uang. Kadang pengeluaran kamu pun malah lebih besar dari pemasukan. Mungkin saja alasan-alasan berikut ini bisa menjad penyebab kenapa kamu tak kunjung hidup mapan.

Membuat rencana keuangan hanya akan buang-buang waktu saja? Ubah pola pikir tersebut bila kamu masih ingin hidup mapan

Membuat rencana keuangan sangat penting kamu lakukan. Dengan rencana keuangan yang tepat kamu bisa merencanakan langkah apa yang harus kamu lakukan untuk mencapai tujuanmu. Bukan itu saja, kamu juga bisa memperhitungkan berapa lama tujuanmu akan tercapai.

Bukan hanya tidak membuat rencana keuangan, kamu bahkan malas mencatat pengeluaran

Kamu tidak merasa mengelurakan uang dalam jumlah besar, namun aneh nya di akhir bulan uangmu telah berkurang banyak. Kalau begini, coba deh mulai rajin mencatat setiap pengeluaranmu. Bisa jadi kamu mengeluarkan uang dalam jumlah kecil namun dilakukan berkali-kali. Misalnya untuk membeli rokok, kopi atau makan. Bukankan sedikit demi sedikit itu lama-lama menajadi bukit? Dengan mengatahui secara pasti pengeluaranmu setiap bulan, kamu bisa lebih meminimalisir pengeluaran yang tidak begitu penting.

Mapan itu memiliki tabungan yang cukup Bro! Alih-alih memiliki tabungan di bank, simpanan dalam celengan ayam pun kamu tak punya!

Jika ingin hidup mapan itu artinya kamu harus memiliki tabungan yang cukup. Sisihkan sebagian dari pendapatanmu untuk menabung. Memiliki tabungan tidak akan membuat kamu rugi. Jika kamu jatuh sakit atau memiliki kebutuhan mendadak, kamu bisa mengambil dari tabunganmu. Dengan demikian kamu tak perlu lagi berhutang.

Ini nih salah satu alasan yang membuat kamu tak kunjung mapan, kamu terlalu mudah berhutang

Berhutang untuk modal usaha atau membeli hunian memang sesuatu yang telah lazim dilakukan. Namun dililit hutang kartu kredit sungguh tidak mengenakkan. Setiap bulan kamu harus membayar sejumlah tagihan. Bahkan kalau kamu tidak bisa membayarnya, bisa-bisa kamu kehilangan asetmu.

Agar tak mudah berhutang, sebaiknya kamu memiliki dana darurat

Usahakan untuk memiliki dana darurat setidaknya senilai enam kali gajimu. Dana darurat ini bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan tak terduga. Berhutang jelas bukan pilihan utama.

 

1 Comment

1 Comment

  1. Bijeh

    April 16, 2015 at 11:06 pm

    Rumusnya gak salah tuh min??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top