Health

Fenomena Mati Suri Memang Sukar Dipercaya, Tapi Apakah Bung Tahu Apa yang Sebenarnya Dialaminya?

Ada banyak misteri di dunia ini yang sulit untuk dipecahkan, bahkan jawabannya pun tidak dapat ditemukan meskipun sudah dikaji lewat saintifik. Jadi apakah hal tersebut sangat berdekatan dengan dimensi lain atau mistis? Bisa saja. Mati suri misalnya, jadi salah satu misteri yang sulit untuk dikaji. Fenomena spiritual yang merasakan mati dalam hitungan jam atau hari sebelum hidup kembali pernah dialami orang di dalam dan luar negeri. Salah satu orang yang pernah mengalami mati suri adalah Angela Elizabeth Zambrano Mora yang berusia 18 tahun. Mungkin Bung pernah mendengar namanya.

Ya Bung, Mora merupakan salah seorang yang pernah mengalami mati suri yang cukup mencengangkan. Pasalnya, perempuan asal Ekuador ini mengatakan kalau melihat semua tokoh terkenal di dunia berada di dalam neraka. Salah satunya adalah sang raja pop, Michael Jackson. Ia mengaku mendapatkan peringatan dari Tuhan lewat tokoh terkenal yang ada di neraka. Dibalik percaya atau tidaknya hal tersebut, sebenarnya apa yang terjadi ya Bung, saat seseorang mengalami mati suri?

Seperti Merasakan Meninggal Secara Nyata dan Betulan, Apakah itu Kenyataan?

Mora mengaku terbangun setelah mengalami mati suri selama 23 jam. Sampai pada akhirnya ia pun membagikan pesan kepada semua orang, setelah bertemu dengan salah seorang perempuan yang tersiksa di neraka bernama Selena. Mora  mendapat pesan dari Selena untuk mengabarkan kepada manusia di dunia untuk tak mendengarkan lagu karyanya.

Percaya atau tidak soal hal tersebut, ternyata ada penjelasan secara ilmiah soal mati suri yang disebabkan oleh gangguan otak di bagian korteks parietal dan prefrontal. Menyebabkan seseorang seolah-olah mengalami kematian yang dirasakan saat mati suri.

Arwah Seperti Meninggalkan Badan, Hingga Bisa Melihat Raga yang Terbaring Pulas

Sesorang yang mati suri, makin meyakini kalau dirinya meninggal lantaran ia bisa melihat tubuhnya yang sedang berbaring pulas, Bung. Seolah-olah mereka menjadi arwah yang baru berpamitan kepada raga. Out of Body Experience adalah nama dari fenomena ini yang seakan-akan melayang dan keluar tubuh. Menurut penelitian yang dilakukan Prof. Dr. Olaf Blanke, Out of Body Experience disebabkan oleh otak yang gagal mengintegrasikan berbagai rangsangan sensorik dari lingkungan eksternal.

Gangguan Dopamin Membuat Seseorang yang Mati Suri Dapat Berinteraksi dengan Orang Mati

Kasus yang dialami Mora saat ia mengaku berdialog dengan salah satu penghuni neraka, ditanggapi oleh ilmuwan sebagai gangguan dopamin. Dopamin adalah neurotransmiter penting yang berada di otak yang memiliki fungsi sebagai pengantar pesan dan rangsangan saraf. Nilai agama yang tertanam di jiwa seseorang yang mati suri juga semakin meningkatkan pembentukan image kalau ia sedang berdialog dengan orang yang sudah tiada.

Cahaya yang Dilihat Bukanlah Pintu Surga atau Jendela Akhir Dunia, Melainkan Gangguan di Retina Mata

Cahaya yang terlihat saat seseorang mengalami mati suri, makin menandakan kalau ia sudah berada di alam baka, Bung. Cahaya terang di ujung jalan membuat seseorang semakin yakin kalau ia sedang dituntun ke pintu surga. Alibi tersebut kian memperkuat kalau dia mengalami mati suri. Tetapi menurut ilmuwan, hal itu terjadi karena pasokan darah dan oksigen di retina mata membuat penglihatan di daerah tepi mata mengalami gangguan. Kemudian membuat orang tersebut membayangkan terowongan saat mati suri.

Begitu Bangun dari Kematian Sementara, Mendapatkan Keahlian yang Istimewa

Pengakuan seseorang mendapatkan keahlihan yang istimewa saat mati suri memang ada. Seperti mata batin mereka terbuka hingga menjadi lebih sensitif.  Hal ini pun dialami oleh salah seorang penyanyi asal Indonesia yang akrab dikenal dengan nama Deddy Dhukun. Pasca dinyatakan meninggal oleh tiga dokter yang berbeda, Deddy dapat bernafas kembali, yang kemudian ia menyatakan kalau telah mengalami mati suri. Setelah dari kejadian itu, pria asal Banyumas ini mengaku sering mendengar bisikan-bisikan ghaib sampai membaca kepribadian seseorang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Pergi Nobar Piala Dunia




Menonton gelaran olah raga besar macam Piala Dunia yang dihelat sejak 14 Juni 2018 lalu memang akan lebih seru dinikmati dalam suasana nonton bareng. Pergi bersama kawan-kawan sambil membahas detail tentang permainan. Aksi saling mendukung dan berbagi kesenangan memang terasa lebih maksimal jika dinikmati bersama-sama.

Yup, Indonesia boleh dikata sedang menyaksikan pergesaran sosial dari sepak bola. Dari sekedar olah raga yang dinikmati secara langsung, bergeser menjadi ajang interaksi sosial. Sepak bola digunakan oleh banyak orang Indonesia untuk mengisi waktu senggangnya dan mencari kesenangan lewat interaksi sosial yang berkisar di soal olah raga bola.

Sepak bola menjadi alat tukar sosial untuk diperbincangkan bagi para pecintanya. Munculah kemudian budaya kontemporer “nonton bareng alias nobar”. Karena ajang ini menjadi media paling tepat untuk pertukaran interaksi sosial tadi. Fenomena ini sendiri mulai marak sejak pertelevisian Indonesia mulai menyajikan tayangan liga-liga sepak bola Eropa. Dan mencapai puncaknya ketika ada gelaran macam Piala Dunia saat ini.

Nah, itulah mengapa setiap ada aksi nonton bareng tak lagi terbatas hanya perkara soal siapa menang kalah di lapangan. Tapi banyak hal yang umumnya dipersiapkan agar interaksi dengan kawan dan kerabat menjadi lebih seru.

Mencari Tempat Nyaman Dan Mendukung Suasana Nonton Bareng

Hal ini penting! Karena jangan sampai kita salah memilih tempat menonton. Ketika sedang ajang Piala Dunia macam ini biasanya nyaris setiap restoran atau tempat nongkrong memasang tayangan Piala Dunia. Namun bukan karena ada tayangan lantas kita bisa merasakan atmosfer nobar.

Pilih lah tempat yang memang secara khusus mengadakan nobar. Jadi mereka sudah siap menampung orang lebih banyak, sekaligus juga menampung adrenalin para penonton. Tak ada pengunjung tempat itu yang akan tergagap-gagap ketika kita dengan lantang meneriakan kata GOL!!

Cari Informasi Terbaru Sebelum Hari Pertandingan

Karena ini soal interaksi sosial tentunya kamu tak mau jadi orang yang minim informasi bukan? Sebelum berangkat nobar akan lebih seru jika kamu mencari informasi seputar tim yang akan bertanding.

Siapa perkiraan starting elevennya, bagaimana prediksinya, bagaimana sejarah pertemuan keduanya. Nantinya bahan-bahan ini akan berguna ketika dalam suasana menuju pertandingan. Interaksimu akan terasa menyenangkan jika bisa saling bertukar informasi bukan?

Gunakan Jersey Untuk Memperkuat Identitas

Ini salah satu keseruan dari interaksi sosial tadi. Kesamaan maupun persaingan akan lebih terasa ketika kita menggunakan salah satu jersey dari tim yang sedang bermain. Karena berbeda dengan menonton langsung di stadion yang area antar pendukung dibedakan, ketika nobar umumnya para pendukung akan bercampur baur.

Dengan menyatakan tegas lewat jersey kita mendukung siapa, maka kita juga akan dilatih dewasa ketika memenangkan pertandingan sekaligus legowo ketika kalah. Sebuah energi yang tidak kita dapatkan kalau hanya menggunakan pakaian “bebas”. Kalau tidak ada jersey timnas negara yang bertanding tak ada salahnya juga menggunakan jersey dari liga negara tersebut. Atau menghias wajah dengan nuansa tim yang bertanding

Bangun Energi Sporty Sejak Berangkat

Seperti dijelaskan sebelumnya, nobar bukan hanya soal siapa kalah menang di lapangan. Ini soal budaya kontemporer tempat mengisi waktu senggang mencari kesenangan. Karena itu akan lebih seru jika kita membangun energi itu sejak berangkat dari rumah.

Misalnya boyong kendaraanmu yang punya aura sporty untuk mendukung energi ini. Salah satu yang mengusung tema ini adalah Yamaha Aerox 155VVA R-Version. Scooter MAXI Yamaha yang satu ini menyematkan dua warna baru, Matte Silver yang terinspirasi dari Yamaha YZF-R1M dan Racing Yellow yang terinspirasi dari warna livery legendaris Yamaha di MotoGP. Coba bayangkan kamu pendukung brasil yang lekat dengan warna kuning datang dengan Aerox Racing Yellow!

Dan layaknyaa pemain bola profesional, motor satu ini tak hanya tampilannya yang sporty, karena Yamaha Aerox 155VVA didukung mesin 155cc generasi terbaru dilengkapi Variable Valve Actuation (VVA) yang diklaim membuat tarikan mesin lebih bertenaga. Semua tipe Aerox 155VVA sudah dilengkapi teknologi Blue Core sehingga performa mesin kian maksimal namun tetap irit bahan bakar.

Aerox pun didukung Smart Motor Generator (SMG) yang membuat suara motor lebih halus saat dinyalakan. Nah, berbeda dengan versi standar, Yamaha Areox R Version ini sudah menganut sistem subtank berwarna emas untuk shock breaker belakangnya.

Ditambah lagi R Version ini dilengkapi cakram depan berbentuk gelombang dengan ukuran 230mm. Kombinasi ini tentunya akan memberikan pengalaman berkendara yang lebih stabil dan maksimal. Masih penasaran sama motor yang satu ini, Yuk tengok detailnya di halaman ini!

Jadi yuk kita nobar, kamu mau ajak siapa?

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Agar Hati Nyaman Tak Terusik Meninggalkan Motor Di Kala Mudik




Ingat Bung, mudik naik motor sangat tidak dianjurkan oleh pemerintah! Masih mau nekat? Sebagian Bung mungkin merasa mampu melakukannya. Apalagi sudah biasa touring jarak jauh.

Tapi mudik itu bukan cuma perkara perjalanan jarak jauh. Ketika itu kondisi jalanan sedang padat-padatnya. Situasi tidak senyaman perjalanan luar kota seperti ketika kita touring bersama kawan-kawan. Risiko tinggi bahkan nyawa taruhannya.

Karena itu baiknya kendaraan roda dua ditinggal dulu selama kita melaksanakan mudik. Namun tentu masalah lain kemudian muncul. Meninggakan motor kesayangan dalam jangka waktu lama bikin hati tak tenang. Perlu siasat agar hati tetap nyaman meninggalkan motor di rumah selama mudik.

Titip Tetangga Kalau Rumahnya Cukup Lega

Langkah ini bisa Bung lakukan apabila punya hubungan yang cukup dekat dengan tetangga. Terutama jika rumah yang hendak dititip cukup luas dan si tetangga tidak melaksanakan mudik lebaran.

Jangan lupa juga untuk menitipkan kuncinya, sekaligus perbolehkan untuk si tetangga menggunakan motor kita. Dengan begini motor akan tetap terpakai selama kita mudik, dan tak khawatir motor tidak dipanaskan. Nantinya sebagai rasa terima kasih jangan lupa bawakan buah tangan dari kampung halaman untuk mereka ya.

Tak Bisa Dititip? Usahakan Masuk Ke dalam Rumah

Skenario ini harus ditempuh seandainya tetangga terdekat juga ikut mudik pulang kampung. Jangan perlakukan motor seperti biasanya ketika kita beraktivitas sehari-hari. Karena selama ini kita hanya memarkirkannya di teras rumah agar mudah keluar masuk.

Mengingat akan ditinggal lama, kali ini motor harus dimasukan ke dalam rumah. Letakan pada posisi yang lebih dalam agar lebih aman. Sedikit merepotkan tak mengapa asal hati tak was-was di kampung halaman.

Pakai Kunci Tambahan Agar Lebih Aman

Metode ini terkesan sederhana namun terbukti masih cukup ampuh. Pasanglah kunci pengaman tambahan di motor. Selain itu berikan juga gembok tambahan untuk pintu dan pagar rumah.

Meski harus mengeluarkan budget lebih besar, namun belilah perangkat gembok dan pengaman yang mumpuni. Beberapa sudah dilengkapi bahan anti potong dan anti cairan perusak gembok.

Tentunya Lebih Nyaman Untuk fitur Motor Yang Canggih

Nah beruntunglah mereka yang punya motor dengan sistem keamanan canggih. Contohnya Yamaha Lexi-S yang sudah dibekali fitur Smart Key System. Ini merupakan sistem kunci tanpa anak kunci alias keyless.

Tentunya fitur macam ini akan membantu kita bebas dari tangan-tangan jahil yang sering menggunakan modus kunci T untuk mengambil motor. Dan kalau pun starter dipaksa diputar, motor tidak akan hidup karena sudah dilengkapi teknologi immobilizer.

Mudik Lebih Nyaman Ketika Tahu Motor Siap Menanti Ketika Kembali

Hati akan lebih nyaman jika tahu bahwa motor akan baik-baik saja ketika kembali. Menyenangkan jika mesin tak rewel ketika akan dinyalakan setelah sekian lama bukan?

Nah tentunya teknologi macam yang disematkan pada Yamaha Lexi akan sangat membantu mesin tetap lancar digunakan setelah sekian lama. Motor ini sudah dilengkapi Smart Motor Generator (SMG) yang memudahkan motor hidup dan membuat suara motor lebih halus saat dinyalakan.

Apalagi Yamaha Lexi menggunakan mesin generasi baru Blue Core 125 cc yang disempurnakan Variable Valve Actuation (VVA) sehingga pengendara akan merasakan sensasi berkendara efisien, bertenaga dan handal dengan tenaga dan torsi maksimum di setiap putaran mesin.

Motor sudah hidup, saatnya menikmati jalanan di waktu liburan tersisa. Berkeliling ke tempat liburan atau mengunjungi kerabat jadi alternatif yang menyenangkan menghabiskan masa berlibur.

Nah, untuk melakukannya tentunya kita butuh motor yang cocok digunakan untuk kegiatan tersebut bukan? Jawabannya ada di Yamaha Lexi yang luas dan nyaman dikendarai jarak jauh. Sebab Yamaha Lexi memiliki big luggage capacity yang mampu menampung barang bawaan lebih banyak. Apalagi, Yamaha Lexi menjamin pengendara tetap terhubung melalui Smartphone karena dilengkapi Electric Power Socket untuk mengisi daya gadget.

Berbeda dengan MAXI YAMAHA lainnya, Yamaha Lexi merupakan satu-satunya motor MAXI yang memiliki ruang pijakan kaki luas sehingga memberikan kemudahan bagi pengendara untuk menaiki sepeda motor. Spacious Flat Foot Board ini juga memberi kenyamanan posisi berkendara dengan dua posisi kaki khas MAXI YAMAHA.

Berbekal joknya yang bertipe long seat, menjanjikan kenyamanan berkendara baik individu maupun saat berboncengan. Pengendara bisa dengan nyaman membawa kekasih, pasangan, atau sahabat untuk bepergian bersama Yamaha Lexi. Kalau masih penasaran soal motor satu ini kamu bisa lihat detailnya di halaman ini!

Selamat mudik Bung!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Health

Selain Berbahaya, Merokok Dalam Mobil Bisa Mengurangi Nilai Jualnya Lho, Bung

Apakah Bung merupakan perokok aktif dan sering merokok di dalam mobil? Selain soal kesehatan, nilai jual mobil pun dapat turun apabila Bung kerap kali aktif merokok di dalam mobil, lho. Pasalnya bau, noda, dan bekas luka bakar biasanya ditemukan di jok, karpet, atau bagian mobil lainnya yang apabila ditemukan dapat membuat harga mobil Bung bisa turun sekitar  Rp 36 juta. Tentu Bung tak mau ‘kan, lantaran kondisi mulut yang tak bisa berkompromi hingga mengorbankan mobil yang mana terbukti sebagai salah satu aset yang masih layak untuk diperjualbelikan.

Survei yang dilakukan oleh cap-hpi.com dan carbuyer.co.uk memperlihatkan bahwa 87% dari 6.000 responden menyatakan tidak mau membeli mobil yang pemiliknya sering merokok di dalam kabin. Mungkin Bung bisa beralasan, kalau selama ini selalu membuka jendela untuk menghilangkan aromanya. Tetapi hal itu juga tidak efektif  Bung, karena sisa asap meresap ke dalam pelapis mobil atau headliner. Selain itu, ada pula beberapa bahaya yang disebabkan apabila Bung kerap merokok di dalam kabin mobil.

Dapat Menciptakan Polusi di Luar Batas “Aman”

Sebuah berita mengejutkan terjadi pada 26 Maret 2015, ketika dua pemuda bernama Elijah dan Shannon ditemukan tewas di dalam mobil karena merokok, seperti dilansir dari Lohud. Merokok di ruangan terbuka saja sudah membahayakan, ‘kan Bung? Apalagi dilakukan di dalam kendaraan.

Menurut penelitian merokok di dalam mobil akan menciptakan polusi di luar batas aman. Bahkan faktanya merokok di dalam mobil dapat memecahkan batas yang ditentukan oleh WHO. Penelitian dan laporan ini juga diamini oleh jurnal Tobacco Control.

Menyebabkan Ledakan Temperatur

Ini hal yang paling membahayakan, merokok dalam mobil dapat menyebabkan ledakan, Bung. Karena temperatur dalam mobil yang cukup panas dan dipicu asap rokok dapat memungkinkan timbulnya ledakan yang dapat terjadi kapan saja. Dan hal ini memanglah mengerikan, Bung.

Merugikan Penumpang Lain yang Non Perokok

Sama halnya seperti perokok pasif yang berada di ruangan terbuka. Penumpang yang satu mobil dengan perokok pun bakal bernasib sama, bahkan lebih parah. Menurut Profesor Neal Benowitz dalam penelitiannya yang menganalisis 14 orang non perokok yang duduk di kursi belakang, ia melakukan tes urine sebelum dan sesudah responden duduk di bangku penumpang. Hasilnya pun ditemukan sebanyak 9 senyawa kimia berbahaya yang berhubungan dengan kanker, penyakit jantung, dan pernapasan.

“Ketika non perokok hanya duduk di mobil dengan perokok, mereka tetap menghirup senyawa berbahaya yang berhubungan dengan kanker, jantung, dan penyakit paru-paru,” kata Profesor Neal Benowitz dalam penelitiannya.

Bisa Memicu Timbulnya Kebakaran

Akibat selanjutnya yang dapat terjadi apabila Bung kerap menyalakan api pada mobil untuk merokok adalah jika timbul percikan api pada bensin, lho. Tentunya hal ini sangat berbahaya apabila terjadi, Bung. Oleh karena itu, lebih baik hindari merokok di dalam mobil.

Alih-alih Menahan Kantuk, yang Ada justru Malah Memecah Konsentrasi

Banyak dari pengemudi yang merokok dengan alasan untuk menahan kantuk. Hal ini pun diakui oleh pakar kesehatan tidur dari RS Medistra Jakarta, Dr Rimawati Tedjasukmana, SpS, RPSGT, yang mengakui bahwa nikotin yang terkandung dalam rokok memang dapat mengusir kantuk yang kerap mendatangi mereka yang berkendara jauh. Lantaran nikotin merupakan stimulan jadi memang bisa mengurangi kantuk, meskipun diam-diam juga menyimpan bahaya bagi kesehatan. Walau begitu, kadar konsentrasi Bung pun dapat terpecah, antara aktivitas merokok dan fokus berkendara.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Health

Setelah Meragukan, Sekarang BPOM Memastikan Susu Kental Manis Ada Kandungan Susunya

Selepas beberapa waktu lalu menyangkal kalau ada kandungan susu dalam kandungan susu kental manis, kini BPOM  meralat pernyataan tersebut yang diungkapkan langsung oleh Kepala BPOM, Penny K Lukito, yang menyatakan susu kental manis mengandung susu yang dipekatkan sebelum ditambahkan gula yang menjadikannya rasa manis.

“Air (susu)-nya dikeluarkan, di-evaporate, di-condense, dikentalkan kemudian ditambah gula. Jadi lemaknya itu terkonsentrasi terus ditambah gula,” kata Penny saat konferensi pers di Kantor BPOM dikutip dari Kompas.

Direktur Pengawasan Pangan Risiko Tinggi dan Teknologi Baru BPOM, Tetty Sihombing, pun mengamini pernyataan Penny. Bahkan, Tetty menambahkan kalau susu kental manis merupakan susu cair yang dipekatkan atau susu bubuk yang dicampur dengan gula dan beberapa kandungan lainnya. Dengan kata lain, ada kandungan susu dalam susu kental manis.

“Yang harus diikuti dalam persyaratan susu kental manis adalah kandungan lemak susu tidak kurang dari delapan persen, protein kurang dari enam setengah persen,” kata Tetty.

BPOM, seperti dikatakan oleh Tetty berhak mengatur kandungan gula dan lemak dalam produk susu kental manis, agar masih dapat disebut susu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Health

Apabila Vagina Tak Mengeluarkan Darah, Apa Tandanya Si Nona Sudah Tak Lagi Bermahkota?

Apabila Bung berbicara soal keperawanan, apa yang ada dibayangan Bung? Kalau Bung berpikiran jika si nona yang perawan adalah dia yang keluar darah saat pertama kali berhubungan badan, itu adalah pemikiran yang rancu. Darah yang keluar dari vagina, sebenarnya berasal dari selaput dara yang berbentuk seperti lipatan tipis jaringan lunak yang berada di bagian pintu depan vagina.

Tidak semua perempuan terlahir memiliki selaput dara, itu hal terpenting yang mesti Bung tahu. Sehingga tak melulu soal keluar darah menjadi bukti kalau nona adalah perawan. Pun pecahnya selaput dara bisa terjadi karena aktivitas fisik seperti olahraga. Jadi jangan salah kaprah Bung untuk menilai keperawanan si nona dengan menilai dari utuhnya selaput dara. Karena salah kaprah Bung dengan menganggap si nona tidak perawan, bisa membunuh karakter dan mental perempuan.

Karakter Selaput Dara Setiap Perempuan Berbeda-beda

Setiap perempuan ada yang terlahir maupun tidak terlahir tanpa selaput dara. Karena ada juga bentuk selaput darah yang sangat tipis sehingga mudah sobek saat melakukan aktivitas fisik. Seperti berlari, senam, bahkan bersepeda sekalipun. Tidak hanya tipis, ada juga si nona yang memiliki selaput dara yang elastis dan tebal sehingga tetap utuh meskipun telah berkali-kali dilakukan penetrasi.

Dalam Dunia Medis Tidak Dikenal Dengan Istilah Perawan

Kalau Bung bertanya apakah dalam dunia medis dikenal istilah perawan? Jawabanya tidak, Bung. Bahkan apabila terjadi pemeriksaan di sekitar selaput darah, seorang dokter hanya diperbolehkan mendeskripsikan bentuknya tanpa menghubungkan dengan keperawanan.

Hal ini terjadi juga apabila seorang dokter melakukan visum pada korban pemerkosaan, dokter pun hanya bisa menggambarkan kondisi vagina, tidak mendiagnosis perkosaan beradasarkan kondisi selaput dara, Bung. PHS atau Physician for Human Rights, sebuah organisasi yang melakukan advokasi kesehatan pada pekerja pun menyatakan tak ada hubungan antara selaput dara dengan keperawanan.

Tes Keperawanan Masuk Dalam Kategori Kekerasan Terhadap Perempuan

Dulu timbul wacana bakal tes keperawanan dalam persyaratan masuk ke instansi sampai ke tingkat pendidikan. Sebelum pada akhirnya menuai kontra di masyarakat dan hal ini tidak jadi disahkan. Beberapa negara seperti Afghanistan dan Iran kerap melakukan tes keperawanan pada anak-anak perempuan mereka lho, Bung.

Secara umum tes dilakukan oleh tenaga profesional yang akan memeriksa selaput dara yang terletak 1/2 inci pada sebagian besar vagina perempuan. Sebagai tolak ukur dalam bidang kesehatan dan kerap memberikan perhatian pada dunia kesehatan, WHO mengategorikan tes keperawanan sebagai bentuk atau perilaku kekerasan.

“Jika ada dokter yang berani mengklaim selaput dara koyak sebagai tanda ketidakperawanan, maka ilmunya patut dipertanyakan karena itu merupakan pembunuhan karakter kepada pasien,” kata dr. Robbi Asri Wicaksono, SpOG, dokter spesialis kebidanan dikutip dari Tirto.

Salah Kaprah Dalam Memandang Arti Dari Keperawanan

Masih dilansir dari laman yang sama. Dr. Robbi Asri Wicaksono pun bercerita tentang pasiennya yang mengalami disfungsi seksual karena otot vagina yang kaku, membuat vagina tak bisa dipenetrasi bahkan dengan penis sekalipun. Alhasil sang dokter menyarankan pengobatan dengan menggunakan dilator.

Tetapi sang suami dari pasien tersebut tidak mengizinkannya karena menganggap dengan melakukan pengobatan itu, maka  keperawanan dari si nona telah diambil oleh dilator. Vagina harus dipenetrasi menggunakan penis menurut sang suami. Hal ini merupakan salah satu contoh salah kaprah dari pemikiran seseorang, sehingga penyakit yang dialami pasien pun sulit untuk ditangani.

Lantas Bagimana Cara Memandang Arti Keperawanan ?

Mungkin Bung ataupun yang lainnya, masih banyak yang berpikiran usang kalau keperawanan ada korelasinya dengan selaput darah. Sehingga saat berhubungan seksual dan si nona tak mengeluarkan darah, maka si nona pun dianggap sudah tak lagi perawan. Memang tak bisa bisa dibantah, adanya pemikiran semacam ini karena tidak adanya penjelasan secara medis yang lengkap untuk diinformasikan atau menjadi sumber informasi. Sehingga anggapan seperti itu pun muncul secara spontan dari proses bersosialisasi dengan masyarakat atau kawan.

Secara sederhana selaput dara tidak terlibat dalam keperawanan sama sekali. Medical Services Pacific, mendefinisikan bahwa perawan adalah individu yang belum pernah melakukan hubungan seksual sekalipun. Tapi pemahaman seks setiap orang bisa jadi berbeda Bung, sehingga definisi itu pun bisa dipandang salah oleh beberapa orang. Tetapi hubungan seks biasanya mengacu kepada penis yang menembus vagina. Secara tidak langsung permasalahan soal keperawanan dapat dinilai oleh diri sendiri (perempuan). Bukan dengan orang lain atau tenaga medis.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top