Lebih Baik

Bung yang Generasi Milenial! Stop Hamburkan Uang Demi Gaya Hidup Tak Karuan

Tak memiliki kemampuan untuk mengatur keuangan menjadi salah satu kesalahan terbesar generasi milenial. Ditambah lagi, banyak dari mereka diperbudak oleh gaya hidup. Dengan hidup semaunya yang terinspirasi akan beberapa idola. Semua uang yang dimiliki pun habis untuk belanja, hangout, sampai traveling. Alhasil uang pun numpang lewat begitu saja, dengan alasan usang “uang yang habis hari ini, pertanda aku harus bekerja lebih keras lagi”.

Meskipun begitu ada beberapa generasi milenial yang masih paham untuk mengurus alur uangnya, namun baru sampai tahap menabung. Lewat penelitian yang dilakukan oleh The Harris Poll, ada sekitar 92 persen orang muda berusia 21 sampai 37 tahun sebenarnya telah menabung. Sayang, hanya sepertiga yang telah melakukan investasi. Padahal menabung tanpa investasi sama saja melakukan bunuh diri.

Perencana dan Edukator Keuangan, Prita Ghozie telah membagikan tips dalam acara “Jenius: Cara pintar Atur Finansial” yang dilansir dari Liputan 6. Menurut beliau, apabila bung dapat mengatur keuangan dengan baik, maka bung tidak hanya dapat menikmati hidup dengan sempurna tetapi dapat meraih impian yang diinginkan.

Gaji yang Kecil Tak Mampu Mengimbangi Gaya Hidup yang Selangit

Ini salah satu hal yang sering menghantui generasi milenial, mungkin bung juga mengalami. Di mana kerap makan di restoran mahal demi feed Instagram, sampai membeli barang bermerek macam hypbeast padahal gaji hanya UMR tipis. Bukan suatu masalah apabila bung memliki gaji yang terbilang tinggi. Tapi yang menjadi masalah adalah gaji yang kecil. Secara tidak langsung tidak dapat mengimbangi. Untuk itu sesuaikan gaya hidup dengan isi kantong.

Batasi Pengeluaran, Utamakan Kebutuhan

Ingin selalu uptodate membuat bung ingin pergi hangout ke sana kemari bareng si nona. Jangan jadikan nongkrong sebagai suatu prioritas di atas kebutuhan lainnya. Kami mengerti, dikala stres atau suntuk melanda, yang ingin bung lakukan memang pergi nongkrong bareng teman.

Tetapi periksa isi kantong terlebih dahulu. Baiknya lagi siapkan dana dan hitung untuk pengeluaran apa saja, dan prioritaskan kebutuhan. Dengan melakukan hal itu dapat mencegah bung melakukan pengeluaran yang tidak penting.

Gajian Masih Dua Minggu Lagi, Dompet Tak Terlihat Isi

Apakah bung pernah nyeletuk “Uangku ke mana saja ya? kok sudah habis” itu berarti bung boros dan tidak pandai mengatur keuangan. Tidak memiliki renacana keuangan yang baik,  memang menjadi penyakit. Solusinya bung harus memiliki rencana keuangan sebelum gajian dengan formula 50-30-20. Perhitungannya 50 persen adalah anggaran untuk kebutuhan mendasar, 30 persen untuk kebutuhan hiburan, dan 20 persen untuk kebutuhan investasi dan tabungan.

Melek Teknologi Bukan Di Sosmed Saja, Tetapi Perencanaan Keuangan pun Juga

Generasi milenial banyak tidak menyertakan transaksi pengeluaran. Alhasil mereka tidak memiliki estimasi berapa dana yang tersisa di pertengahan bulan. Ini adalah suatu hal yang fatal dan tak boleh dilakukan berulang bung.

Sebagai generasi yang konon katanya melek teknologi, harus mulai mencari aplikasi mencatat pengeluaran dan pemasukan. Karena banyak yang tersedia dan aplikasinya dapat diunduh gratis. Jangan sampai anggap melek teknologi hanya merujuk kepada penggunaan sosmed yang aktif dari malam sampai pagi.

Kenali Konsep Living, Playing dan Saving

Salah satu konsep yang kami rasa jitu dan menarik bagi generasi milenial adalah konsep living, playing and saving. Ketiga hal ini menjadi komponen utama, di mana uang digunakan setiap bulannya. Dengan membagi ke dalam tiga kategori seharusnya sudah menjadi patokan jelas berapa biaya yang harus bung keluarkan. Seperti living, keluar masuk untuk hidup bulanan. Playing, adalah dana untuk senang-senang dan bermain Saving, masuk sering keluar pada saat momen tertentu seperti menabung.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Baik

Cara PDKT Lewat Chat Biar Si Nona Makin Lengket

Pendekatan lewat chat memang minim risiko, tidak ada hal yang terasa merugikan saat tidak berhasil. Feedback yang diterima juga tertunda, kita tidak tahu saat Si Nona menjawab “iya haha”, apakah ia senang atau hanya formalitas menambahkan kalimat tawa.

Topik menarik perlu disusun agar PDKT lewat chat tidak berjalan hambar, yang ujung-ujungnya kembali bertanya ‘lagi apa?’.  Di situ terlihat bahwa kita sudah ‘buntu’ membangun obrolan dan tidak tahu ingin membahas apa.

Cara PDKT lewat chat memang perlu kejelian. Meskipun respon tertunda, kita bisa membaca mana orang yang sedang ingin sendiri, tidak tertarik, bahkan ingin sekali memutuskan obrolan. Berada di tahap tersebut hanya bisa pasrah karena sulit untuk merubah kondisi. Untuk itu simak cara PDKT di bawah ini agar Si Nona makin lengket dengan bung.

Kirim Pesan di Waktu yang Tepat

Mengirim pesan lewat chat juga harus memperhitungkan waktu. Jangan sampai chatmu mengganggu di waktu istirahatnya. Si Nona bakal kehilangan respect apabila terganggu saat berisitrahat. Terlebih lagi bung mengirimkan pesan beberapa kali. Karena tak kunjung di balas, bung mengetik “Kok nggak dibalas sih, lagi sibuk ya?”. Dengar bung, itu makin membuatmu memang ingin diacuhkan.

Untuk itu jangan pernah chat si nona pada waktu-waktu krusial, kenalilah waktu dengan baik. Apabila sudah memasuki jam tidurnya, lebih baik ucapkan selamat tidur dari pada menanyakan sedang melakukan apa atau semacamnya.

Jaga Percakapan, Demi Menjaga Respon Baik dengan Si Nona

Menjaga respon baik dalam chat jangan terlupa. Seperti menjaga percakapan terkesan santai, tidak terlalu menjurus, membiarkan topik mengalir. Ketika intensitas sudah meningkat dan si nona mulai merespon baik dengan menjaga percakapan panjang, itu sinyal kalau percakapan sudah menjurus ke arah jenjang yang lebih serius.

Lanjutkan percakapan dengan mengajak ketemu atau mulai beranjak ke arah telfonan. Jangan gegabah meskipun sudah di tahap positif semacam ini.

Jadilah Orang yang dapat Menghibur dan Tidak Membosankan

Kalimat tanya seperti “udah makan belum” atau “kamu lagi apa” adalah topik tak menarik saat pendekatan. Justru bung harus memutar otak dengan mencari topik atau bahan pembicaraan apa yang pas. Pada intinya topik tersebut menarik untuk dibahas apalagi dengan gebetan.

Coba untuk mengetahui lebih dalam terkait apa yang disukai dan hobby. Mulailah membuka obrolan dari situ. Atau bisa dengan mengirimkan sebuah meme, yang bisa ditertawakan bersama-sama. Mungkin saja itu membangkitkan mood positifnya.

Tunjukkan Keseriusan dengan Memberikan Perhatian

Keseriusan dalam chat ditunjukkan dengan cara memberikan perhatian. Yakni lihat apakah ia menunjukkan sikapnya yang penuh keluh kesah. Di situlah bung beraksi dengan memberikan curahan perhatian atau motivasi, eitss tapi diawali dulu dengan tanya sedang kenapa.

Jangan melontarkan bentuk perhatian tanpa ada basa-basi. Pada intinya peka untuk untuk melihat apa yang terjadi dengan si nona, otomatis chat kalian akan lebih berkesan. Si Nona akan semakin intens apabila menemukan lawan jenis yang megerti tentang dirinya dan mampu menangani-nya saat ia sedang terpuruk atau lelah dengan rutinitasnya.

Harus Setia Menunggu Balasan

Saat PDKT hal yang paling menguji kesabaran adalah menunggu balasan gebetan. Maklum, karena kalian masih ada di fase perkenalan otomatis si nona masih menjaga jarak. Jadi wajar saja kalau nona belum antusias. Di tahap seperti ini bung harus lebih sabar dalam membalas chat si nona. Dan jangan terlihat bung terlalu mengejar, tarik ulur jadi reaksi utama. Jadi bersabarlah menunggu balasan dari gebetan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Baik

Cara Meluluhkan Hati Wanita Ketika Marah

Hati wanita memang sensitif, saat merasa kecewa atau marah mereka akan sulit untuk diajak baikkan. Saat ada masalah yang melukai hatinya, laki-laki akan ditantang untuk membuatnya luluh. Tidak sedikit laki-laki yang kebingungan bagaimana meredakan amarah dan kekecewaaan. Paling mentok yang dilakukan adalah meminta maaf, padahal maaf saja tidak cukup. Wanita masih menagih cara lain atau lebih dari sekedar meminta maaf.

Cara meluluhkan hati wanita memang rumit. Kaum adam diminta menebak-nebak apa yang terjadi dengan pasangan. Sulitnya lagi, wanita tidak pernah mau jujur tentang apa yang ia rasakan. Saat ditanya kenapa, semua wanita ini berseragam menjawab ‘nggak apa-apa’. Kamu pun mulai bertanya, kemudian kembali bertanya ‘Serius nggak apa-apa?’, pasti wanita akan menjawab satu kalimat yang membuat kalian memutar otak, yakni ‘Pikir aja sendiri’.

Lantas bagaimana cara meluluhkan hati wanita ketika marah?

Memberikan Ia Waktu untuk Menterjemahkan Perasaanya

Kami paham, kalau bung tak mau berlarut-larut dalam masalah ini. Sesegara mungkin ingin menyelesaikan. Tapi itu tak berlaku bagi wanita. Mereka membutuhkan waktu untuk bisa bercerita, alias meredam rasa amarahnya sebentar untuk menjelaskan duduk perkara. Selain itu, mereka diam juga menuntut perjuangan kalian wahai kaum adam untuk minta maaf atau melakukan sesuatu yang bisa membuatnya lupa akan masalah kemarin.

Salah satu cara untuk meluluhkan wanita adalah dengan memberikan waktu. Untuk meredakan emosi, merefleksikan masalah masing-masing. Namun saat ia diam, bung tetap menjaga intensitas hubungan dengan memberikan kabar. Jangan biarkan tidak ada jalinan kabar diantara kalian.

Berusaha Mengerti Akan Sesuatu yang Terjadi

Pahami akan sesuatu yang terjadi dengan melibatkan perasaan kalian. Yakni berusaha membaca masalah, apa yang membuat wanita marah. Apakah dari sikap, perbuatan atau ucapan? atau mungkin dari faktor lain seperti saat di kantor atau mengalami hal sial di transportasi umum.

Dengan sedikit memahami apa yang terjadi, jangan memakasa-nya untuk bercerita. Karena bisa jadi kamu kena imbas dari amarahnya. Lebih baik kamu tenangkan, kalau bisa belikan dia sesuatu yang membangkitkan mood positif. Seperti coklat atau ice cream.

Mengusap Kepala-nya Sama dengan Satu Langkah Menyentuh Hatinya

Cara ini mungkin agak drama. Opera sabun, drama korea, tayangan sinetron Indonesia, memperlihatkan (sering) adegan mengusap kepala pasangan atau wanita. Tiba-tiba perempuan yang marah atau sedih mudah tersenyum.

Mengusap kepala mampu membuat auranya kembali positif. Banyak yang bilang saat laki-laki mengusap kepala wanita, sebenarnya yang diusap adalah hatinya. Itu jadi alasan kenapa para perempuan kerap tersenyum atau merasa lebih reda amarahnya saat diusap kepalanya. Apalagi disambung dengan pelukan.

Mendekati Secara Perlahan, Perlihatkan Sentuhan Hangat Khas Laki-Laki

Saat wanita sedang marah atau kecewa, memang rumit untuk menjamahnya. Bawaanya ingin sendiri, tak ingin diganggu. Namun sebagai laki-laki kamu harus mencoba mendekatinya secara perlahan. Memang, pada mulanya kamu memberikan ia waktu untuk sendiri, tapi kalau terlalu lama ia tidak mau cerita, kamu harus mengambil sikap.

Cobalah dekati secara perlahan, jangan agresif. Kemudian bertanya tentang keadaan yang dialaminya. Bicaralah dengan sopan dan santai, sambil berikan sentuhan hangat. Bahkan kalau ia tak mau mengucapkan satu patah kata pun, tetap lah berada di sampingnya sambil menunggu amarahnya mereda.

Memberikan Kejutan Kecil

Wanita sangat menyukai kejutan. Tidak perlu mewah dan mahal, kasihlah hadiah yang mampu meluluhkan hati. Apalagi hadiah diberikan adalah hal yang disukainya. Seperti makanan atau minuman. Sembari memberikan hadiah atau kejutan, jangan lupa meminta maaf sehingga ia tersenyum kembali.

Mungkin hal tersebut jadi moment yang tidak terlupakan olehnya. Memang terdengar seperti ‘sogokan’, tapi ini salah satu cara agar amarah mereda dan hati-nya luluh.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Baik

Cara Mendekati Wanita Secara Ampuh dan Diterima!

Laki-laki harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara mendekati wanita secara ampuh dan diterima, sebelum mencoba-coba mendekati kaum hawa. Bung butuh trip dan cara ampuh untuk bisa diterima. Bukan soal proses atau sabar yang membuat hal ini berhasil. Akan tetapi implementasi dari masing-masing pihak untuk membuat si nona terkesan bahkan terhanyut akan cara.

Dalam mendekati wanita tidak bisa asal-asalan, beda target, beda cara pula. Karena  wanita ada yang suka bunga, ada juga yang tidak. Penting untuk mengetahui tipikal wanita seperti apa yang sedang didekati. Kiat-kiat mendekati idaman bukan bermodalkan uang, rayuan dan dandanan. Tapi masih banyak aspek lain yang akan kami bongkar untuk bung coba mendekati wanita.

Tidak Perlu Repot-Repot Menjadi Apa yang Dicari, Namun Jadilah Diri Sendiri

Rela menjadi orang lain itu ibarat seseorang sedang ber-teater. Butuh latihan dan memakai ‘topeng’ untuk menutupi jati diri, supaya peran makin maksimal. Apakah bung mau seperti itu? rela menjadi orang lain demi mendapatkan orang yang dicintai itu bodoh. Karena tidak ada yang nyaman untuk menjadi orang lain.

Bahkan hal selama ini disembunyikan lambat laun akan ketahuan. Karena diri merasa tidak nyaman saat ‘berperan’ jadi orang lain. Cukup jadi dirimu sendiri, berperilaku alami dan berusaha. Niscaya ia akan lebih menghargai tentang dirimu. Bukan melihat sosok orang lain di dalam dirimu.

Memotivasi Diri Sendiri Karena Mendekati Itu Sulit

Pemandangan acuh tak acuh, sok jual mahal sampai cuek itu hal umum saat bung PDKT. Di satu sisi, si nona juga tidak mau terlihat terlalu gampang karena takut dicap macam-macam. Maka kalau saat ini bung sedang mendekati, tapi selama beberapa hari atau minggu feedback yang diberikan belum baik.

Cobalah motivasi diri. Dengan mengintrospeksi diri dan memperbaiki cara chatting atau perilaku. Setidaknya lakukan itu semua sampai benar-benar ia memang menutup pintu hati untukmu.

Beri Perhatian, dan Lakukan!

Cara ketiga ini tidak merubah bung jadi bucin (budak cinta). Kami tahu bagaimana seseorang bisa dianggap bucin, yakni apa saja dilakukan tanpa mempedulikan hal-hal lain. Intinya tidak ada kendali sebagai laki-laki, selain mengalah dan menuruti, dua hal yang dilakukan bucin.

Kalau kami menyuruh kaum adam perhatian dan melakukan. Perhatian berarti peka dengan apa yang ia alami bahkan ceritakan. Kemudian lakukan bentuk perhatian tersebut secara wajar. Karena porsi kalian masih PDKT, jangan memberi perhatian sebagai orang pacaran karena perempuan bisa kehilangan rasa saat bung melakukannya.

Mengusung Rasa Percaya Diri yang Tinggi

Minder atau tidak PeDe adalah hal yang tidak disukai perempuan. Ia melihatmu sebagai sosok yang pesimis, tidak memiliki tujuan dan mudah terombang-ambing saat ada masalah. Membayangkan berada di satu hubungan seperti ini saja sudah sulit bagi perempuan.

Wajar kalau iya tidak menanggapi. Justru jadi laki-laki harus percaya diri, aura positif tersebut akan mengalir kepada perempuan. Ia akan merasa senang kalau melihat laki-laki PeDe. Asalkan jangan terlalu PeDe juga bung!

Jangan Mempedulikan Omongan Orang Lain Akan Dirimu

Hanya bikin jengkel apabila kamu mempedulikan apa yang dibilang orang lain. Apalagi saat melihat kamu sedang mendekati wanita. Ungkapa negatif seperti obsesis, dia tidak mau denganmu, sampai dibilang Bucin bisa terjadi.

Untuk itu jangan pedulikan omongan orang lain apabila kamu merasa yang dilakukan aman-aman saja. Karena semakin seseorang mendengarkan orang lain, orang tersebut akan minder dan merasa apa yang dibilang orang lain itu benar adanya, padahal tidak seperti itu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top