Inspiring Women

Terpana Merah Jenahara

jenahara feature

jenahara jilbabBuat sebagian pria (khususnya yang sedikit bengal dan bandel) mungkin nama Jenahara masih asing di telinga. Ini dimaklumi karena wanita berparas cantik tersebut berkonsentrasi di bidang yang boleh jadi jauh dengan kebandelan sebagian sobat Yomamen.

Nanida Jenahara Nasution begitu nama lengkapnya. Ia mulai berkibar di dunia internasional sebagai perancang busana muslimah. Salah satu prestasinya yang paling mentereng adalah kehadirannya di Hongkong Fashion Week pada 2012.

Ia sudah kenal dunia fashion dari usia tiga tahun, ketika ia sudah fasih menggambar baju. Kala itu Jehan begitu biasa ia disapa kerap diajak sang bunda untuk melihat berbagai jenis kain dan busana. Nama ibunya memang tak main-main, artis klasik Ida Royani yang belakangan justru dikenal sebagai pengusaha busana muslimah.

Tak mau hanya bermodalkan nama besar sang bunda, wanita kelahiran 27 Agustus 1985 ini menimba ilmu di Susan Budiharjo Fashion Design School. Perlahan namun pasti ia mengeksplorasi bisnis fashion muslimah.

Hasilnya, ia kini telah membawahi 3 label produk. Pertama bertajuk Jenahara, yang dikhususkan untuk ready to wear dan diproduksi secara masif. Kedua Jenahara Nasution, tempat dimana ia mengeksplorasi penuh kreativitas dan dilepas dalam jumlah terbatas. Ketiga, merek Jenahara by Ida Royani, yaitu jalur produksi hasil kolaborasi dengan ibunya.

Kecepatannya dalam mengembangkan bisnis juga ditopang dari keberaniannya untuk tampil beda. Rancangannya beda dari model hijab konvesional dimana ia berani menampilkan paduan bentuk simetris dan asimetris. Peleburan ini memberikan kesan bentuk yang provokatif.

jenahara hijabRancangan ini memang berakar dari penampilan dirinya yang juga tidak biasa. Lihat saja bagaimana ia kerap berani menggunakan lipstik berwarna merah sebagai aksennya dalam berpenampilan. Keterkejutan makin bertambah ketika ia menjelaskan dari mana ia mendapat inspirasi bibir merahnya itu.

“sejak dulu saya senang dengan Gwen Steffani, melihatnya dengan bibir merah membuat saya juga ingin mencobanya”

Keberaniannya dalam berpenampilan tadi terbawa pula dalam gerak roda bisnisnya. Di tahun 2013 ini ia berfokus mengembangkan online shop. Ia berani berinovasi dalam hal penjualan yang tadinya hanya bersifat direct selling. Maklum saja, peminat produknya kini tak hanya melulu dalam negeri. Karena itu peluncuran online shop juga dimaksudkan untuk memfasilitasi kebutuhan pemesanan luar negeri.

Meski sukses berbinis busana muslimah, Jehan tak cuma memandangnya dari segi ekonomis. Menurutnya hal itu merupakan kewajiban seorang muslimah balig yang tak bisa ditawar. Karena itu pula ia tercatat sebagai penggagas Hijabers Community dan sekaligus menjabat sebagai pemimpin komunitas tersebut. Tujuannya adalah mewadahi kegiatan anggotanya seputar agama dan hijab.

“Permasalahan wanita berjilbab memang beragam, kami melakukan kegiatan positif agar sesama anggota bisa bersilaturahim sekaligus belajar bersama satu sama lain,” tutupnya

jenahara fashion

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Otomotif

Menjajal Si Merah: Jinak Di Bawah, Galak Di Atas

Akhirnya kami punya kesempatan untuk menjajal langsung motor GSX-R150 dari Suzuki. Kebetulan yang kami jajal berwarna merah, yang nampak begitu menggoda. Secara umum motor satu ini kami bawa untuk penggunaan harian di aera jabodetabek. Di beberapa kesempatan kami juga membawa motor ini di jalan yang lebih luang untuk menjajal performanya.

Tampilan Fungsional Tanpa Banyak Ornamen Basa-Basi

Kami memilih kata sexy, untuk menggambarkan Suzuki GSX-R150 ini. Nama GSX yang disandangnya sesungguh tak sekedar tempelan belaka. Karena kita bisa melihat tarikan garis serupa dari tipe-tipe GSX yang menggendong mesin lebih besar. Coba kita bandingkan tampilan GSX-R1000 ini dengan GSX-R150 ini. Tarikan garisnya tampak serupa.

Desain bodynya tak di rancang main-main karena dibangun menggunakan perhitungan hasil pengujian wind tunnel di jepang. Hasilnya, GSX-R15o ini menganut model yang terlihat mengalir dan aerodinamis. Pastinya tidak banyak ornamen atau bentuk-bentuk tak bermanfaat yang jamak kita lihat di merk lain. Tapi bukan berarti tampilannya jadi tak menarik.

Karena kami sempat beberapa kali mendapati pengendara lain melirik motor yang kami tunggangi. Terutama bagi sesama pengguna kelas 150cc, motor cukup menyita perhatian di jalan raya. Waspada khusus kami berikan pada sektor spion. Bentuknya yang mendatar dan sangat lebar, menempatkan perangkat satu ini sejajar dengan spion mobil kebanyakan. Walhasil, untuk lancar mengarungi kemacetan, ketika menggunakan motor ini harus sesekali melipat spionnya ke dalam.

Posisi Riding Agresif Dengan Handle Bar Under Yoke

Untuk kelas motor sport 150cc bisa dibilang posisi berkendara GSX-R150 ini paling agresif kalau dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Stang jepitnya sendiri bertipe under the yoke alias berada di bawah segitiga depan.

Dalam kondisi berkendara normal, badan menjadi membungkuk dan mendukung tampilan balap dari motor ini. Ketika dalam kecepatan tinggi dengan mudah badan pengendara mendekat dan memeluk tangki. Hal ini didukung dengan jok belakang yang tinggi sehingga menambah kesan agresif.

Hal menarik lainnya, bobot GSX-R150 yang hanya 126 kg lebih ringan dibanding motor 150cc lain yang lebih dari 130 kg. Ditambah lagi tinggi joknya juga paling rendah di kelasnya. Sehingga untuk mereka yang bertinggi badan kurang dari 170 cm pun masih nyaman mengendarai motor ini. Untuk diajak rebah ketika menikung juga tak ragu karena bobotnya yang ringan tadi.

Mesin Over Bore, Galak Di Putaran Menengah Atas

Lagi-lagi Suzuki mengambil langkah berbeda dengan para kompetitornya yang memilih mesin over stroke atau Square. Karena dapur pacu yang disematkan pada GSX-R150 ini justru mengadopsi tipe ukuran over bore alias diameter pistonnya (62,0 mm) lebih lebar bahkan berselisih jauh dibanding langkahnya (48,8 mm).

Layaknya mesin over bore, tenaga yang dihasilkan pada putaran bawah cenderung lebih jinak dan kalem. Karena itu motor ini cukup ramah digunakan di tengah kemacetan tanpa kerepotan mengatasi tenaga dan torsi berlebihan pada putaran bawah.

Tapi sifat asli over bore mulai kelihatan pada putaran menengah dan atas dimulai dari 7000 RPM. Apalagi putaran mesinnya bisa berteriak hingga 13.000 RPM. Tenaga maksimalnya berada di 18,9 dk dengan torsi 14NM. Jangan heran seandainya bung menggunakan motor ini untuk beradu kecepatan, di putaran tengah dan atas cepat mengasapi motor lain.

Teknologi Keyless, Nyalakan Motor Bisa Pakai ID

Kecangihan tak berhenti sampai situ, untuk mengoperasikan motor, Bung cukup mendekatkan remote ke motornya. Motor baru bisa dioperasikan dengan memutar knob yang ada di tangki apabila remote berada dalam radius 1 meter. Sementara sebaliknya keyless ignition system otomatis akan mengunci jika jarak remote lebih dari 1 meter.

Demi keamanan, knob ini pun tidak bisa diputar paksa. Apabila main switch knob diputar paksa dengan tujuan akan dicuri, maka sesuai konstruksinya main switch knob akan berputar kosong.

Setiap keyless remote memiliki nomor ID. Nomor tersebut memungkinkan pemilik motor untuk tetap bisa mengakses main switch knob dalam keadaan remote rusak atau gangguan teknis lainnya. Kita tinggal memasukan 4 digit pin dengan acara menekan knob. Karena itu Pemilik motor disarankan untuk mencatat dan rahasiakan Remote ID serta simpan di tempat yang aman.

Namun Terlepas dari kecanggihannya tersebut, SIS selaku produsen Suzuki juga mendengar dan memenuhi permintaan dari konsumen lain yang memiliki karakter berbeda, dengan menyediakan Suzuki GSX-R150 menggunakan Shuttered Key System.

Sambil menemani keberadaan penjualan Suzuki GSX-R150 varian Keyless Ignition System saat ini, SIS memproduksi varian Shuttered Key System dengan komposisi secara khusus sebanyak 15% dari total produksi GSX-R150 setiap bulan. Dengan demikian, calon konsumen bisa memiliki pilihan lebih banyak sebelum memutuskan pilihannya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top