Entertainment

Atlantic Rim Ketika Robot Murah Melawan Monster Air

Yomamen salah, mungkin maksudnya Pacific Rim! Tidak, memang yang akan kita bicarakan film Atlantic Rim. Plot cerita film ini bercerita tentang manusia yang mengendarai robot harus melawan monster air. Ya iya, itu cerita Pacific Rim! Bukan sobat, ini Atlantic Rim.

Film produksi Asylum ini dirilis pada tanggal 9 July 2013 di Amerika serikat. Meski lebih dulu dirilis tapi film ini dibuat memang untuk mendompleng ketenaran film Pacific Rim. Teknik produksi dengan mendompleng ketenaran ini biasa diistilahkan penikmat film dengan Mockbuster.

atlantic rim

Bagi yang sudah menonton Pacific Rim pasti tidak kesulitan menemukan kesamaannya dengan Atlantic Rim. Cerita diawali dengan hilangnya sebuah oil rig di laut. Untuk mencari penyebab hilangnya situs pengeboran lepas pantai tersebut dikirimlah 3 robot canggih untuk menyelam ke dasar laut.

Robot yang dikendalikan dengan sistem neorologi otak manusia ini kemudian bertemu dengan monster laut penghancur. Ketiganya akhirnya harus bertempur untuk mempertahankan bumi yang hendak diserbu monster tersebut. Pertempuran kota pun terjadi dimana gedung-gedung hancur luluh lantah.

Serupa dengan Pacific Rim? Tunggu sampai robot raksasa dan monsternya muncul. Langsung terasa betapa budget besar bisa berpengaruh banyak untuk sebuah film fiksi ilmiah. Memang kenyataannya, film Atlantic Rim ini dibuat hanya dengan budget 1/70000 film pacific rim.

Dengan uang produksi yang memprihatinkan itu jangan harap bisa menemukan detail pecahan kaca gedung ala pacific rim yang heboh dibicarakan penggila special effect. Gerakan robot dalam film ini juga lebih mirip mainan robotan murah produksi china. Monsternya pun tidak lebih baik dari Godzilla tahun 80-an dulu.

Akting pemerannya juga memprihatinkan. Diisi oleh muka lama yang saat ini jarang tampil dalam produksi hollywood. Sebut saja Graham Greene yang sempat tenar lewat film Dances with wolves. Kemudian muncul nama David Chokachi yang dulu dikenal lewat serial Bay Watch.

Tapi setelah dipikir kembali, mungkin Atlantic Rim terasa sangat mengganggu karena sisi efek visualnya yang digarap layaknya proyek anak SMU. Selebihnya? Film ini menawarkan hal yang tak jauh dari Pacific Rim. Cerita yang terlalu padat, akting yang buruk rasanya hal-hal ini juga sebenarnya dikeluhkan untuk kedua film ini.

Lantas apa kelebihan Pacific Rim dibanding Atlantic Rim? Bisa jadi hanya kehalusan menggarap sosok robot dan monsternya belaka. Ternyata budget 70000 kali lipat yang digelontorkan untuk efek visual dan biaya marketing terbukti cukup ampuh menutupi kekurangan fatal film Pacific Rim.

Jadi jika penasaran seperi apa sebenarnya kualitas film Pacific Rim tanpa robot keren dan monster yang realistis, Atlantic Rim lah jawabannya!

1 Comment

1 Comment

  1. Gak tau

    July 23, 2013 at 7:29 pm

    W udah download atlantic rim , sebelumnnya w dah nonton pasific rim , perbedaan yang sangat luar biasa , w bilang sih atlantic rim udah kaya film indosi**r.. wkwk yang ada monster monster ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top