Narasi

Sederetan Hoaks Bermunculan Pasca Gempa dan Tsunami Termasuk Aksi Gerak Cepat FPI

Kemarin, sederetan berita menceritakan tentang aksi gerak cepat FPI saat membantu korban pasca gempa dan tsunami di Palu yang mengundang decap kagum netizen. Tapi siapa sangka aksi mulia tersebut dikatakan sebagai berita palsu oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo. Berita palsu tersebut langsung dikatakan oleh bagian Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Kemkominfo Ferdinandus Setu.

“Hoaks Gerak cepat relawan FPI evakuasi korban gempa Palu 7,7. Faktanya dalam gambar adalah relawan FPI membantu korban longsor di desa Tegal Panjang, Sukabumi,” kata Ferdinandus dilansir dari CNNIndonesia.

Berita hoaks nampaknya selalu memiliki alurnya sendiri yakni menyebar setelah ada bencana. Seperti kasus gempa di Banten pertengahan tahun ini yang mana ada beberapa foto menyebar terkait kondisi pasca gempa. Selain soal aksi gerak cepat FPI, menurut Ferdinandus ada sejumlah berita lain yang hoaks.

Seperti soal bendungan Bili-Bili di Kabupaten Gowa Retak yang ternyata masih aman dan terkendali. Kemudian ada sejumlah foto gempa tsunami Aceh 26 Desember 2004 yang kembali beredar. Sampai soal prediksi gempa susulan yang terjadi pada tanggal 2 Oktober.

“Faktanya tidak ada satu pun negara di dunia ini dan iptek yang mampu memprediksi gempa secara pasti,” jelasnya.

Tidak sampai di situ, soal info ada penerbangan gratis dari Makassar menuju Palu bagi keluarga Korban juga tersiar luas. Adapun hal ini sangat mengesalkan bung karena dalam kondisi seperti ini, masih ada saja segelintir pihak yang menyebarkan ketidakvalidan sebuah informasi.

“Faktanya Pesawat Hercules TNI AU menuju ke Palu diutamakan membawa bantuan logistik, paramedis, obat-obatan, makanan siap saji, dan alat berat. Pemberangkatan dari Palu prioritas untuk mengangkut pengungsi diutamakan lansia, wanita dan anak-anak, serta pasien ke Makasar,” lanjutnya.

Kominfo pun berharap bahwa masyarakat tidak mudah percaya dengan informasi yang tersebar dan tidak pula menyebarkan informasi yang tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenarnnya. Sedang terkait gerak cepat FPI yang dianggap Hoaks, Juru Bicara FPI Slamet Ma’arif membantahanya.

“Tim yang dari pusat sebagian sudah masuk. Sebagian lagi masih di perbatasan untuk masuk, FPI Makassar juga sedang berusaha masuk,” kata Ma’arif saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com.

Ma’rif mengungkapkan setidaknya sudah ada 50 anggota FPI Palu yang bergerak di lokasi bencana. Kemudian ada sekitar 200 anggota lagi yang masih berada di perbatasan.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Karena Penelitian Menyebut Kecerdasan Itu Sexy

Sebagian orang masih mengasosiasikan “pintar dan cerdas” itu dengan tampilan kaku macam kutu buku. Padahal sesungguhnya saat ini banyak tokoh-tokoh yang lekat dengan kecerdasan macam Elon Musk atau Mark Zuckerberg yang justru dianggap menarik dan sexy.

Beberapa penelitian juga bahkan menunjukan hal ini. Salah satunya adalah penelitian yang digagas psikolog Gilles Gignac, Joey Darbyshire, dan Michelle Ooi dari University of Western Australia. Mereka menemukan bahwa orang-orang dengan IQ tinggi memiliki skor tinggi dalam hal keseksian ketika dinilai oleh orang lain.


“Kecerdasan” Menjadi Faktor Kedua Daya Tarik Setelah “Kebaikan”

Penelitian tentang kecerdasan dan daya tarik di atas melibatkan sedikitnya 10 ribu peserta dari 33 negara di dunia. Salah satu temuan menariknya adalah para peserta penelitian menempatkan “smart” di nomor dua sebagai daya tarik.

Posisi ini hanya dikalahkan oleh faktor “kebaikan dan pengertian” yang menempati urutan nomor satu. Jadi sesungguhnya dengan menjadi baik dan terus melatih kecerdasan sudah bisa membuat orang lain tertarik kepada kita.

Salah Satu Indikator Kecerdasan Adalah Selera Humor

Dalam penelitian itu juga ditanyakan mengenai indikator apa yang digunakan untuk menilai seseorang cerdas atau tidak. Sebagian menyebut bahwa salah satu indikator yang digunakan untuk menilai kecerdasan seseorang adalah selera humornya.

Karena mereka yang cerdas selalu berpikiran terbuka dan orang yang berpikiran terbuka ini cenderung punya selera humor yang baik. Mereka yang smart juga dikatakan tidak akan mudah tersinggung dan aspiratif terhadap ide-ide baru.

Tak Cuma Pada Individu, “Smart Dan Sexy” Juga Kini Diterapkan Pada Hal Lain

Perpaduan menarik ini tak cuma ditemui dalam urusan penggambaran individu seseorang. Karena kini banyak sektor juga menerapkan konsep ini. Coba tengok misalnya gadget yang selalu menemani kita.

Dahulu mungkin handphone hanya digunakan sebagai alat komunikasi suara dan teks. Kini perkembangannya sudah jauh lebih dari itu. Mulai dari mengakses internet, sosial media, pesan makanan, penunjuk arah hingga fungsi lainnya yang dulu hanya impian.

Tapi toh kamu juga tak mau hanya menggunakan gadget yang cerdas saja bukan? Begitu banyak pilihan ponsel cerdas, tentunya kamu juga memilih yang di desain menarik lagi sexy. Karena hal tersebut juga menunjukan jati diri.

Bahkan Meluas Hingga Urusan Tata Kota Juga Tersentuh Unsur Kecerdasan

Familiar dengan istilah Smart City? Yup inilah konsep yang diinisiasi oleh Suhono S. Supangkat dari ITB. Kota tak lagi hanya menjual soal “keindahan dan kecantikan” namun juga harus bersifat smart.

Menurutnya, Smart City adalah kota yang bisa mengelola Sumber Daya Alam (SDA), Sumber Daya Manusia (SDM) dan sumber daya lainnya sehingga warganya bisa hidup nyaman aman dan berkelanjutan.

Seperti adanya transparansi dan partisipasi publik, transportasi publik, transaksi non tunai, manajemen limbah, energi, keamanan, data dan informasi. Hal ini dapat didukung melalui teknologi informasi dan komunikasi. Terbayang menyenangkannya hidup di kota yang di tata macam ini bukan?

Tak Mau Ketinggalan, Urusan Kendaraan Juga Harus Mengadaptasi Ini

Soal “smart dan sexy” ini juga merambat ke urusan kendaraan. Mengingat hal ini melekat dengan kita dan digunakan juga untuk berativitas sehari-hari. Wajar rasanya jika konsep ini juga diterapkan pada kendaaraan kita.

Ambil contoh Yamaha Lexi yang mengusung konsep “Smart is The New Sexy” yang bermakna bahwa sexy tidak hanya tentang penampilan melainkan tentang karakter, sikap dan pola pikir yang Smart. Yamaha Lexi mempunyai 3 pilar konsep Utama

Untuk Smart & Sexy Design, Motor ini mengkombinasikan unsur Luxury dan Elegan dengan bobot yang paling ringan di kelas MAXI YAMAHA. Tampilannya yang berkelas ditunjang desain lampu Grand LED Headlight ditambah eye line biru yang menawan memperkuat kesan mewah dan elegan. Apalagi untuk tipe Lexi-S, desain joknya  memadukan dua tekstur kombinasi yang disatukan dengan motif jahitan elegan membuat tampilan motor menjadi lebih berkelas.

Tak cuma tampilan karena yamaha Lexi ini punya Smart Features. Untuk Varian Yamaha Lexi-S dibekali fitur Smart Key System yang merupakan sistem kunci tanpa anak kunci alias keyless. Kunci ini juga sudah disematkan fitur Immobilizer dan Answer Back System untuk memudahkan pengendara mencari posisi parkir motor.

Berkendara dalam jarak jauh juga kini tidak perlu khawatir karena Yamaha Lexi memiliki bagasi yang luas dan lega untuk menampung barang bawaan lebih banyak. Apalagi, Yamaha Lexi menjamin pengendara tetap terhubung melalui Smartphone karena dilengkapi Electric Power Socket untuk mengisi daya gadget.

Urusan dapur pacu diserahkan pada Smart Engine. Dari segi performa mesin, Yamaha Lexi menggunakan mesin generasi baru Blue Core 125 cc yang disempurnakan Variable Valve Actuation (VVA). Mesin ini secara cerdas akan membuat aksi berkendara lebih efisien, bertenaga dan handal dengan tenaga dan torsi maksimum di setiap putaran mesin. Apalagi Yamaha Lexi dilengkapi Liquid Cooled 4 Valves (LC4V) yang membuat suhu mesin lebih stabil dan performa lebih maksimal.

Tak berhenti disitu Yamaha Lexi dibekali fitur canggih Stop & Start System (SSS) berfungsi untuk mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu pada saat motor sedang berhenti. Apalagi ditambah Smart Motor Generator (SMG) membuat suara motor lebih halus saat dinyalakan. Kalau masih penasaran soal motor satu ini kamu bisa lihat detailnya di halaman ini!

Jadi bagaimana? Kamu sudah siap mengikuti trend smart is the new sexy ini?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Relationship

Curahan Hati Perempuan Inggris yang Menikahi Laki-laki Sederhana Dari Magelang

Seketika publik dunia maya bergeser ke daerah Magelang, Jawa Tengah. Ketika Darsono seorang laki-laki sederhana menikahi perempuan cantik asal Inggris. Momen bahagia tersebut diabadikan tepat pada tanggal 16 Desember 2018. Polly Alexandria Robinson, adalah seorang perempuan asal Inggris yang menjadi bahan pembicaraan di dunia maya.

Lewat akun instagram @pollyodsocks, Robinson mencurahkan rasa yang ada di hatinya terkait pernikahan yang dibangun dengan Darsono. Perempuan berambut pirang ini menyatakan akan mencintai Darsono tidak hanya ketika bahagia saja.

‘Saya cinta kamu’ berarti saya akan mencintaimu dan bersamamu melalui saat-saat terburuk sekalipun. Itu berarti mencintaimu ketika kamu sedang dalam suasana hati yang buruk atau terlalu lelah untuk melakukan hal-hal yang ingin kulakukan. Itu berarti mencintaimu ketika kamu jatuh, tidak hanya ketika kamu bahagia),” tulis pemilik akun.

Curahan bahagia ini diungkapkan langsung oleh Robinson yang mengundang banyak cuitan dari netizen. Terutama rasa kagum, akan ketulusan dan romantis kisah cinta yang dibangun.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Politik

Museum Islam di Jombang Diresmikan Jokowi Sebagai Tanda Penghormatan

Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asy’ari di Tebuireng, Jombang, Jawa Timur yang baru saja diresmikan oleh Presiden Jokowi, lokasinya berdekatan dengan Pondok Pesantren Tebuireng. Selain meresmikan museum, presiden Jokowi juga melakukan beberapa  kegiatan.  Pembangunan museum yang berasal dari anggaran pemerintah pusat melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemendikdbud ditaksir menghabiskan dana mencapai Rp 30 milliar.

Pembentukan musem berdana milliaran ini sebagai penghormatan kepada para ulama yang berjasa dalam berjuang bagi kemerdekaan RI. Ulama yang juga termasuk pendiri Nahdlatul Ulama (NU) yang dianggap telah berjasa seperti K.H Hasyim Asy’ari, K.H. Wahid Hasyim, hingga K.H. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Selain itu, ada K.H. Wahab Hasbullah, salah satu pendiri NU yang juga sudah ditetapkan menjadi pahlawan nasional. Makam mereka berada di kompleks Pondok Pesantren Tambak Beras Kabupaten Jombang.

Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat Polres Jombang Inspektur Satu Sarwiji mengatakan, saat petugas sudah dipersiapkan untuk pengamanan kedatangan Presiden Joko Widodo dan rombongan.

“Kami berada di ring tiga, yang ring satu dan dua itu dari Pasukan Pengamanan Presiden. Kami sudah melakukan sterilisasi sejak hari Minggu serta untuk persiapan pengamanan rute yang dilalui Presiden,” kata Sarwij dikutip dari Tempo.

Ia menambahkan, ratusan personel dilibatkan dalam pengamanan kedatangan Jokowi ini, yaitu dari TNI dan Polri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Politik

Prabowo : Negara Bisa Punah, Kalau Kita Kalah!

“Karena itu kita tidak bisa kalah. Kita tidak boleh kalah. Kalau kita kalah, negara ini bisa punah. Karena elite Indonesia selalu mengecewakan, selalu gagal menjalankan amanah dari rakyat Indonesia. Sudah terlalu lama elite yang berkuasa puluhan tahun, sudah terlalu lama mereka memberi arah keliru, sistem yang salah,”  terang Prabowo terhadap semua kader Gerindra.

Calon Presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto mencoba membakar semangat semua kader gerindra. Dalam pidatonya ia mengaku mampu merasakan keinginan rakyat Indonesia dipimpin oleh presiden baru. Apabila keinginan ini tidak bisa direalisasikan maka Indonesia akan punah.

Prabowo merasakan getaran rakyat Indonesia yang ingin perubahan dan perbaikan. Sekaligus ingin menciptakan pemerintah yang bersih dan tidak korupsi. Oleh karena ia dan Sandiaga Uno tidak boleh gagal dalam Pesta Demokrasi tahun depan. Sebab, eite yang berkuasa di Indonesia kerap gagal dalam mengemban amanah rakyat. Di hadapan para kader Gerindra dan elite timses Prabowo-Sandiaga menyatakan tidak boleh kalah dalam pilpres.

Dan saya katakan, bahwa sistem ini kalau diteruskan akan mengakibatkan Indonesia lemah. Indonesia semakin miskin, dan semakin tidak berdaya bahkan bisa punah,” imbuhnya dilansir dari Detik.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top