Health

Mulut Mu Kesehatan Mu

Menurut penelitian Emory University Atlanta Amerika, dibandingkan dengan orang yang sehat resiko kematian meningkat 23% sampai 46% untuk orang yang memiliki infeksi pada gusi dan tulang rahang. Angka ini memang jadi cerminan secara umum untuk menunjukan bahwa mulut bisa dijadikan indikator untuk kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa indikator yang bisa anda ketahui dari gigi.

Efek rokok
Secara sederhana menurut Dr. Paul Allison, Dekan di Fakultas Kedokteran gigi McGill University di Montreal Kanda, gigi bisa jadi penentu apa yang baik bagi gigi kita secara keseluruhan.

Dengan ini jelas bahwa rokok punya indikasi buruk untuk kesehatan tubuh kita. Pasalnya, setiap perokok pasti tahu bahwa nikotin bisa menyebabkan gigi penuh dengan plak. Belum lagi warna gigi akan berubah menjadi kekuningan.

Rokok akan membuat rongga antara gigi dan gusi menjadi dalam. Tulang dan jaringan penyangga gigi akan menjadi rusak. Sementara itu mulut akan menjadi perih dan mudah sariawan. Tidak mengherankan jika gigi jadi mudah tanggal. Menurut salah satu penelitian hampir setengah perokok diusia 65 tahun kehilangan semua giginya.

Berikutnya deteksi diabetes

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Agar Hati Nyaman Tak Terusik Meninggalkan Motor Di Kala Mudik




Ingat Bung, mudik naik motor sangat tidak dianjurkan oleh pemerintah! Masih mau nekat? Sebagian Bung mungkin merasa mampu melakukannya. Apalagi sudah biasa touring jarak jauh.

Tapi mudik itu bukan cuma perkara perjalanan jarak jauh. Ketika itu kondisi jalanan sedang padat-padatnya. Situasi tidak senyaman perjalanan luar kota seperti ketika kita touring bersama kawan-kawan. Risiko tinggi bahkan nyawa taruhannya.

Karena itu baiknya kendaraan roda dua ditinggal dulu selama kita melaksanakan mudik. Namun tentu masalah lain kemudian muncul. Meninggakan motor kesayangan dalam jangka waktu lama bikin hati tak tenang. Perlu siasat agar hati tetap nyaman meninggalkan motor di rumah selama mudik.

Titip Tetangga Kalau Rumahnya Cukup Lega

Langkah ini bisa Bung lakukan apabila punya hubungan yang cukup dekat dengan tetangga. Terutama jika rumah yang hendak dititip cukup luas dan si tetangga tidak melaksanakan mudik lebaran.

Jangan lupa juga untuk menitipkan kuncinya, sekaligus perbolehkan untuk si tetangga menggunakan motor kita. Dengan begini motor akan tetap terpakai selama kita mudik, dan tak khawatir motor tidak dipanaskan. Nantinya sebagai rasa terima kasih jangan lupa bawakan buah tangan dari kampung halaman untuk mereka ya.

Tak Bisa Dititip? Usahakan Masuk Ke dalam Rumah

Skenario ini harus ditempuh seandainya tetangga terdekat juga ikut mudik pulang kampung. Jangan perlakukan motor seperti biasanya ketika kita beraktivitas sehari-hari. Karena selama ini kita hanya memarkirkannya di teras rumah agar mudah keluar masuk.

Mengingat akan ditinggal lama, kali ini motor harus dimasukan ke dalam rumah. Letakan pada posisi yang lebih dalam agar lebih aman. Sedikit merepotkan tak mengapa asal hati tak was-was di kampung halaman.

Pakai Kunci Tambahan Agar Lebih Aman

Metode ini terkesan sederhana namun terbukti masih cukup ampuh. Pasanglah kunci pengaman tambahan di motor. Selain itu berikan juga gembok tambahan untuk pintu dan pagar rumah.

Meski harus mengeluarkan budget lebih besar, namun belilah perangkat gembok dan pengaman yang mumpuni. Beberapa sudah dilengkapi bahan anti potong dan anti cairan perusak gembok.

Tentunya Lebih Nyaman Untuk fitur Motor Yang Canggih

Nah beruntunglah mereka yang punya motor dengan sistem keamanan canggih. Contohnya Yamaha Lexi-S yang sudah dibekali fitur Smart Key System. Ini merupakan sistem kunci tanpa anak kunci alias keyless.

Tentunya fitur macam ini akan membantu kita bebas dari tangan-tangan jahil yang sering menggunakan modus kunci T untuk mengambil motor. Dan kalau pun starter dipaksa diputar, motor tidak akan hidup karena sudah dilengkapi teknologi immobilizer.

Mudik Lebih Nyaman Ketika Tahu Motor Siap Menanti Ketika Kembali

Hati akan lebih nyaman jika tahu bahwa motor akan baik-baik saja ketika kembali. Menyenangkan jika mesin tak rewel ketika akan dinyalakan setelah sekian lama bukan?

Nah tentunya teknologi macam yang disematkan pada Yamaha Lexi akan sangat membantu mesin tetap lancar digunakan setelah sekian lama. Motor ini sudah dilengkapi Smart Motor Generator (SMG) yang memudahkan motor hidup dan membuat suara motor lebih halus saat dinyalakan.

Apalagi Yamaha Lexi menggunakan mesin generasi baru Blue Core 125 cc yang disempurnakan Variable Valve Actuation (VVA) sehingga pengendara akan merasakan sensasi berkendara efisien, bertenaga dan handal dengan tenaga dan torsi maksimum di setiap putaran mesin.

Motor sudah hidup, saatnya menikmati jalanan di waktu liburan tersisa. Berkeliling ke tempat liburan atau mengunjungi kerabat jadi alternatif yang menyenangkan menghabiskan masa berlibur.

Nah, untuk melakukannya tentunya kita butuh motor yang cocok digunakan untuk kegiatan tersebut bukan? Jawabannya ada di Yamaha Lexi yang luas dan nyaman dikendarai jarak jauh. Sebab Yamaha Lexi memiliki big luggage capacity yang mampu menampung barang bawaan lebih banyak. Apalagi, Yamaha Lexi menjamin pengendara tetap terhubung melalui Smartphone karena dilengkapi Electric Power Socket untuk mengisi daya gadget.

Berbeda dengan MAXI YAMAHA lainnya, Yamaha Lexi merupakan satu-satunya motor MAXI yang memiliki ruang pijakan kaki luas sehingga memberikan kemudahan bagi pengendara untuk menaiki sepeda motor. Spacious Flat Foot Board ini juga memberi kenyamanan posisi berkendara dengan dua posisi kaki khas MAXI YAMAHA.

Berbekal joknya yang bertipe long seat, menjanjikan kenyamanan berkendara baik individu maupun saat berboncengan. Pengendara bisa dengan nyaman membawa kekasih, pasangan, atau sahabat untuk bepergian bersama Yamaha Lexi. Kalau masih penasaran soal motor satu ini kamu bisa lihat detailnya di halaman ini!

Selamat mudik Bung!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Entertainment

Aktor Laga Kawakan Tumbang Dimakan Penyakit Langka, Membuatnya Tak Prima Seperti di Layar Kaca

Terkenal dengan aksi-aksinya dalam beberapa film laga, membuat kita berasumsi kalau dirinya adalah orang yang kuat sekaligus prima. Namun, ternyata anggapan itu salah ketika aktor Li Lianjie atau yang akrab dikenal dengan nama Jet Li mengalami sakit parah.

Jet li sendiri terungkap parah penyakitnya setelah ada penggemar yang mengambil foto bersama dirinya saat mengunjungi kuil di Tibet, China. Dari foto tersebut, tergambar kondisinya yang tak prima seperti saat beraksi di film The Expendables dari seri pertama sampai ketiga. Rambut tipis dan memutih, sampai keriput di area dahi dan sekitar kelopak mata seperti dilansir dari South China Morning Post.

Kesehatan Jet Li yang memburuk diketahui karena aktor ini mengidap penyakit hipertiroidisme. Ia pun mengakuinya saat menghadiri acara amal. Penyakit ini didiagnosis sejak 8 tahun lalu dan Jet Li pun mulai mengonsumsi obat. Namun penyakitnya tak kunjung mereda dan terus timbul. Penyakit hipertiroidisme ini merupakan gangguan pada kelenjar tiroid, kelenjar di bagian leher yang berfungsi mengatur sistem metabolisme tubuh.

Wajar saja jika Jet Li tak lagi akrab dengan film laga, apalagi aktor yang sekarang telah resmi berkewarganegaraan Singapura ini menyatakan kalau ia bisa sakit juga sama seperti kita semua.

“Saya hanya manusia biasa. Saya bukan Wong Fei Hung, bukan Huo Yuanjia (pahlawan kung fu yang ia perankan dalam film). Saya seperti kalian,” ungkapnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lifestyle

Mengatasi Candu Kopi di Bulan Puasa Dengan Mengonsumsinya Secara Sehat Tanpa Dehidrasi

Menyeruput secangkir kopi sudah menjadi agenda pagi yang dilakukan banyak orang sebelum mulai aktivitas, guna meningkatkan daya pikir karena kopi mengandung kafein. Tetapi, selama di bulan Ramadhan, banyak yang bingung bagaimana menyiasati kegiatan ini. Ngopi seolah-olah harus diberhentikan selayaknya nafsu yang harus diakomodir selama di bulan baik.

Kekawatiran tersebut sebenarnya tidak perlu begitu, karena Bung masih bisa tetap menikmati aroma dan ngopi asalkan tahu aturannya. Mungkin banyak Bung yang bertanya-tanya, bagaimana cara untuk ngopi selama bulan puasa? Dilansir dari majalah ottencoffe, berikut ada beberapa tips sederhana yang disiarkan guna membantu Bung dalam melaksanakan ritual menyesap kafein di bulan puasa.

Atur Pola Ngopi Jangan Sampai Berlebihan Bung

Kalau pada hari biasa Bung bisa mengonsumsi kopi 4-5 cangkir, justru Bung harus memberinya pembeda saat sedang berpuasa. Karena secara kondisi tubuh saja sudah berbeda, lebih baik Bung atur pola ngopi agar tidak mengganggu puasa. Minum kopi secukupnya saat sahur bisa menjadi alternatif agar badan Bung terasa segar dan berenergi. Dan juga minumlah lagi secangkir kopi setelah berbuka Bung, agar tubuh kembali bersemangat. Apalagi pada bulan baik seperti ini, tentu sarat dengan berbagai agenda mencari pahala yang tersedia lewat tarawih dan tadarus. 

Pilihan Kopi pun Harus Cermat, Jangan Sampai Kalap Karena Rindu yang Amat Berat

Kopi sudah menjadi candu bagi sebagian orang, bahkan menjadi aroma yang selalu dirindukan. Sehingga jenis kopi apa saja bisa menjadi favorit. Tetapi disaat bulan Ramadan jenis kopi yang dianjurkan adalah arabika. Bukan hanya karena namanya mengandung unsur religius, tetapi kafein arabika memang lebih rendah apabila dibandingkan dengan robusta yang jumlah kafeinnya bisa mencapai dua kali lipat.

Saat puasa tubuh kita tak membutuhkan kafein yang terlalu tinggi. Selain itu, konsumsilah kopi yang segar dan jelas asal-usulnya. Kopi yang tidak jelas ataupun kopi instan sangat tidak baik bagi tubuh, bahkan efeknya pun dapat mengganggu kesehatan.

Lakukan Coffe Nap Sebelum Berkegiatan di Pagi Hari

Bagi Bung yang tidak tau coffe nap, ini sebenarnya sama saja dengan power nap, adalah sebuah tidur siang singkat yang dilakukan 10 sampai 20 menit agar tubuh kembali bersemangat. Kalau coffe nap biasanya dilakukan setelah menikmati secangkir kopi dan disusul dengan istirahat yang berguna untuk menghilangkan rasa kantuk yang sering menyerang di jam-jam keras. Sedangkan di bulan puasa, Bung bisa melakukannya setelah shalat subuh. Sebelum imsak Bung mengonsumsi kopi dan lanjut shalat subuh, setelah itu Bung bisa memejamkan mata sejenak sebelum berkegiatan di pagi hari.

Jangan Ngopi Terlalu Larut Malam, Nanti Bung Sahurnya Bisa Kesiangan

Mungkin Bung bisa menikmati kopi selepas beraktivitas dan melaksanakan shalat tarawih, sekedar bersenda gurau sambil bersantai. Namun, entah karena sugesti atau tidak, menikmati kopi memang terkadang dapat membuat rasa kantuk menghilang. Sehingga Bung dapat tidur larut pagi, dan sahur pun kesiangan atau terlewatkan. Jadi sayang kalau hanya karena segelas kopi yang ditenggak, membuat puasa Bung tidak dapat dijalankan secara enak.

Kalau Minum Kopi Harus Diimbangi Dengan Air Putih

Bagi yang belum tahu, kalau Bung mengonsumsi kopi harus diimbangi dengan meminum air putih yang cukup. Karena sehabis menenggak kopi biasanya beberapa orang mudah haus dan dehidrasi, Bung. Apalagi saat puasa, justru Bung harus mendapatkan asupan cairan yang cukup, yakni dengan minum air putih dengan jumlah banyak. Maka setelah Bung selesai minum kopi jangan lupa mengonsumsi air putih, agar ibadah puasa dapat berjalan secara maksimal.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Health

Jerawat Disebabkan Oleh Masturbasi, Apakah Itu Fakta Bung?

Ketika seseorang laki-laki melakukan masturbasi banyak yang berspekulasi bakal menyebabkan jerawat, apakah itu benar? Terlebih lagi banyak komentar yang mendukung tersebut terutama beberapa orang di dunia maya. Namun guna mengetahui jawabannya, Tsippora Shainhouse, dokter kulit dan dokter anak bersertifikat di Los Angeles, menjelaskannya kepada situs Womenshealth.

Menurutnya, jerawat itu disebabkan oleh empat hal, yakni produksi sebum yang berlebih alias makan berminyak, terjadinya penyumbatan pori-pori oleh keratin atau sel-sel kulit mati, terdapatnya bakteri, dan adanya peradangan.

Sedangkan anggapan bahwa masturbasi bakal menyebabkan jerawat, langsung dianggap mitos belaka oleh Shainhouse. Tindakan seks solo, twosome, threesome, dan hubungan intim secara umum tidak bakal membuat Anda berjerawat, imbuhnya lagi. Lantaran hormon testosteron dan progesteron dapat meningkatkan produksi minyak dan juga dapat meningkatkan respons inflamasi.

“Pubertas juga bisa menjadi waktu eksplorasi diri dan mungkin masturbasi, sehingga ‘rasa takut’ yang cenderung muncul kalau masturbasilah yang mungkin menyebabkan jerawat,” tambahnya.

Selain masa puber, Shainhouse juga mengatakan masturbasi maupun seks memang meningkatkan kadar testosteron Bung untuk sementara waktu, dan hal itu tidak berdampak pada kesehatan kulit dalam jangka panjang. Lantaran dapat kembali normal dalam beberapa menit dan juga menyusut.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top