Entertainment

Killers: Inilah Genre Film Slasher!

killers feature

Tak banyak orang Indonesia yang paham apa itu genre film slasher. Wajar, sebab tak banyak yang menggarap segmen film ini. Karena itu, beberapa sedikit keliru mengkategorikan film Indonesia Killers yang sedang tayang dibioskop ini sebagai thiller, suspens, bahkan horor.

Sebenarnya apa itu film slasher? Slasher adalah genre film yang mengkhususkan bercerita tetang pembunuh psikopat. Lantas apa yang membedakan dengan film umum macam silence of the lamb atau hanibal yang juga bercerita tentang psikopat? Tokoh utama slasher umumnya adalah sang pembunuh itu sendiri, bukan polisi atau orang baiknya. Dan sudut pengambilan kamera menggunakan teknik POV alias sudut pandang dari pelakunya.

Inilah yang kita peroleh ketika menonton film Killers yang dibintangi Oka Antara dan Kazuki Kitamura. Film dibuka dengan adegan di tengah hutan. Musik diisi dengan nada rendah sedikit sumbang. Sangat khas film slasher.

Di film macam ini, scoring alias musik bukan sekedar pemanis. Nada-nada rendah sumbang dengan bas dirancang maksimal itu secara psikologis akan membuat perasaan orang tertekan. Secara fisik suara-suara ini akan otomatis membangkitkan bulu-bulu halus pada tubuh. Dan kengerian pun terbangun secara alam bawah sadar.

Dari nada rendah itu kita akan dilemparkan pada musik klasik berlatar biola atau piano secara bolak-balik. Hasilnya lonjakan dari keadaan depresi ke tenang kemudian ke depresi lagi akan makin membuat perasaan tertekan. Slasher memang dirancang untuk membangkitkan perasaan negatif yang tidak bisa kita peroleh di kehidupan pribadi.

film killers indonesia 2014

Killers juga menampilkan cerita yang sangat tipikal film slasher. Oka Antara seorang jurnalis asal Indonesia, terhubung lewat internet pada seorang pembunuh psikopat asal Jepang. Mereka saling berkomunikasi melengkapi kemampuan dan kepuasan membunuh mereka. Dimana letak kekhasan film slasher?

Jalan ceritanya dibuat berputar dan meloncat-loncat. Kita terduduk diam sembari bertanya-tanya dalam diri kearah mana jalan cerita ini akan berakhir. Penonton akan dibiarkan merangkai sendiri cerita dimaksud dan bisa jadi frustasi karena gagal paham. Diantara cerita-cerita ini, adegan-adegan eksplisit akan dipaparkan. Seeksplisit apa? Sangat eksplisit.

Yup, Inilah film slasher. Harus diakui ceruk pasar jenis film ini sangatlah kecil. Apalagi di Indonesia yang dulunya punya lembaga sensor film super ketat. Masyarakat tak terbiasa menonton film jenis ini.

Jika coba disusun, mungkin hanya film Rumah Dara yang punya genre sejenis. Sebelum dan sesudahnya, baru ditemui lagi pada film Killers ini. Sebagai informasi, Killers disokong oleh The Mo Brothers yang juga membuat film Rumah Dara.

Lantas apa kelebihan film ini sampai diunggulkan diajang sundance festival dan membuat para penonton di Jepang rela antri? Ada titik berbeda pada film killers ini. Slasher umumnya, dibuat dengan tokoh utama super jahat. Namun dalam Killers ini tokoh jahat dan baik sangatlah tipis. Bahkan dibeberapa adegan secara tak sadar kita seolah “menginginkan” pembunuhan itu terjadi.

Terakhir sebelum memutuskan menonton film yang juga dibintangi ray shaetaphy dan lunamaya tersebut, kami berpesan sekali lagi bahwa Killers adalah film slasher. Sebuah setting yang diniatkan untuk membangkitkan perasaan depresi dan negatif. Genre semacam ini memang tidak untuk semua orang.

Sebagai gambaran, ketika kami di theater kurang dari setengah jam beberapa penonton beranjak dari kursinya untuk keluar karena pusing dan tak kuat menahan depresi. Karena ini film slasher!

6 Comments

6 Comments

  1. Ahmed Tsar

    February 11, 2014 at 12:02 pm

    Slasher, baca tulisan ini jadi ingat film serial Dexter atau film American Psycho, dua film itu tokoh utamanya juga psikopat.. bedanya sosipat dengan psikopat apa ya?

  2. gardino

    February 11, 2014 at 12:35 pm

    Kalo Dexter rasanya belum termasuk slasher bro. Masih film biasa, apalagi serial ditelevisi tak mungkin eksplisit. Jalan ceritanya pun masih runut dan jelas. Beda dengan slasher yang ceritanya berloncatan kesana-sini

  3. cucukakek

    February 11, 2014 at 12:54 pm

    Pengakuan dari Sutradaranya sendiri film Killers merupakan genre Thriller bukan slasher, bro

  4. gardino

    February 11, 2014 at 12:57 pm

    Iya sob, the mo bro bisa jadi mengambil jalur aman dengan “tak mengakui” ini film slasher. Bisa-bisa gak tembus LSF kalau diaku sebagaimana adanya 😀

  5. embi

    February 12, 2014 at 8:13 am

    film G30S itu termasuk slasher gak? 😀

  6. ric

    July 2, 2016 at 11:56 pm

    Di imdb ini crime bang.yang slasher rumah dara sama air terjun penngantin ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Menggodanya Warna Merah Yang Membuat Perempuan Tertarik Sekaligus Tampil Lebih Menarik




Sebentar lagi peringatan HUT RI ke-73, pasti kamu sudah turut melihat dan merasakan euforia jelang peringatan Hari Kemerdekaan di sekitarmu. Paling terasa pasti urusan warna yang di bulan Agustus ini di dominasi warna bendera merah dan putih. Tapi sebentar, kamu sendiri masih ingat makna kedua warna tersebut? Yup! Merah identik dengan keberanian, sementara putih melambangkan kesucian.

Bicara soal warna merah dan kaitannya dengan keberanian, sebenarnya warna yang satu ini juga punya makna dan asosiasi lainnya lho. Beberapa makna warna merah ini bahkan didukung penjelasan ilmiah dan sejumlah penelitian di belakangnya.

Merah Selalu Punya Makna Filosofis Tersendiri di Berbagai Budaya Negara di Dunia

Bung sudah tahu, kalau di Indonesia, merah itu berani. Tapi bagi orang Tiongkok, warna merah dimaknai berbeda. Merah diasosiasikan sebagai warna yang membawa keberuntungan di negara tirai bambu ini. Bahkan pengantin perempuan di negara tersebut pun diharapkan agar selalu memakai busana berwarna merah dengan harapan kehidupan rumah tangganya kelak selalu dipenuhi oleh keberuntungan.

Sementara di Spanyol urusannya jadi lain. Warna merah diartikan sebagai unsur yang punya stimulus kuat. Tak heran kalau kamu sering melihat aksi matador yang ‘bermain’ dengan banteng, pasti tak asing dengan kain warna merah yang dipakai matador untuk menarik perhatian banteng.

Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa warna merah? Sebagian menjelaskan warna ini dipilih untuk menyamarkan jika terjadi sesuatu dengan si matador yang mengakibatkan terluka.

Namun di samping itu menurut sains, sejatinya hewan ternak seperti banteng memang hanya bisa mengenali warna-warna terang seperti merah, hijau, dan biru. Dari ketiga warna tersebut, warna merah yang paling kuat. Dalam penelitian lainnya menyebut, kendati banteng bisa saja ‘marah’ saat diberi stimulus dengan warna yang lain, tapi daya serangnya akan lebih kuat kalau dipancing memakai benda yang berwarna merah. Hal ini bahkan sudah dibuktikan oleh peneliti asal Spanyol, José M. R. Delgado, dari Yale University.

Laki-laki pun Akan Terlihat Lebih Menarik Kalau Pakai Warna Merah

Okay, Bung, ada cara mudah untuk terlihat lebih menarik tanpa usaha lebih. Gunakan saja warna merah! Sebab berdasarkan penelitian terbaru dari Journal of Experimental Psychology, badan sixpack dan tatapan tajam memang membuat perempuan jatuh hati, tapi laki-laki yang berani tampil dalam busana berwarna merah pun ternyata dinilai atraktif bahkan bisa membangkitkan gairah seksual perempuan lho!

Menariknya, para peneliti mengungkapkan, dalam benak perempuan saat melihat laki-laki tampil dalam busana berwarna merah menandakan kalau laki-laki tersebut mapan, kariernya bagus, dan gajinya besar. Hal ini didasari karena sebenarnya warna merah pun diasosiasikan pada tubuh yang sehat dan jiwa yang tentram, bahkan juga serta simbol kejayaan. Lihat saja, kalau ada acara bergengsi pasti para tamu undangan VIP akan berpose di atas red carpet, bukan?

Nah Untuk Para Nona, Kami Para Lelaki pun Sejujurnya Tertarik Dengan Perempuan Beratribut Merah

Sebagian Nona masih ragu menggunakan warna merah? Mari kita bisikan satu rahasia: “perempuan yang menggunakan warna merah terlihat lebih menarik loh di mata laki-laki”. Ini bukan omong kosong. Kembali lagi soal stimulus, penelitian Adam Pazda, seorang psikolog sosial asal University of Rochester di New York mengklaim bahwa perempuan yang mengenakan busana warna merah dianggap punya daya tarik tersendiri dan terlihat lebih seksi.

Bahkan jauh sebelum penelitian ini dibuat, sebuah lagu berjudul The Lady in Red milik Chris de Burgh bisa sedikit menjelaskan kenapa laki-laki suka melihat perempuan berpakaian merah. Menurut Pazda ditemukan kalau warna yang dipilih perempuan ternyata memang menentukan penilaian lawan jenis terhadap dirinya. Saat perempuan memakai warna merah, biasanya pihak laki-laki akan tertarik secara seksual.

Atribut Warna Merah Tak Cuma Soal Pakaian

Ketika bicara soal atribut, ini tak dimaksudkan hanya soal pilihan busana ya. Karena istimewakan dirimu melalui warna merah bisa dilakukan lewat beragam hal. Ambil contoh misalnya kendaraan yang digunakan sehari-hari. Kita bisa melirik warna baru dari Yamaha New Fino 125 Blue Core varian Grande yaitu warna Luxury Red.
Merahnya tak sekedar merah. Karena pilihan warna merahnya sangat unik. Berbekal matte colour, merah yang disematkan pada motor ini menjadi nuansa eksklusif. Nampaknya merah macam warna Luxury Red ini yang dibicarakan dalam penelitian di atas tadi. Apalagi warna matte tersebut berpadu apik dengan jok bertipe double seat yang berdesain berkelas. Sementara dari depan, cover berwarna merahnya tampak stylish dengan lampu LED yang juga elegan.

Tak cuma urusan tampilan yang bikin penasaran. Mesin Blue Core yang disematkan pada motor ini diklaim 50% lebih irit. Apalagi motor ini juga sudah punya fitur indikator irit bahan bakar untuk berkendara lebih ekonomis dan aman.Tentunya makin lengkap dengan fitur stop & start system yang membuat mesin mati saat berhenti 5 detik dan otomatis menyala kembali jika gas diputar.

Asiknya lagi motor ini sangat praktis. Ban tubelessnya yang lebar membuatnya lebih nyaman dikendarai karena tidak mudah oleng. Dan ketika menghadapi turunan atau tanjakan, Smart Lock System akan membantu mengunci rem agar tak dirundung was-was motor akan meluncur. Sementara, ketika mencari motor di tempat parkir, cukup tekan sekali Advance Key System-nya untuk menemukan Fino-mu dan tekan lebih lama untuk membuka penutup kuncinya.
Dengan kombinasi warna dan fitur macam itu, para perempuan yang menggunakan motor merah satu ini dijamin akan bikin mata kami para lelaki melirik. Penasaran sama motor satu ini? Yuk simak detail lengkap Yamaha New Fino 125 Blue Core di sini!

6 Comments

6 Comments

  1. Ahmed Tsar

    February 11, 2014 at 12:02 pm

    Slasher, baca tulisan ini jadi ingat film serial Dexter atau film American Psycho, dua film itu tokoh utamanya juga psikopat.. bedanya sosipat dengan psikopat apa ya?

  2. gardino

    February 11, 2014 at 12:35 pm

    Kalo Dexter rasanya belum termasuk slasher bro. Masih film biasa, apalagi serial ditelevisi tak mungkin eksplisit. Jalan ceritanya pun masih runut dan jelas. Beda dengan slasher yang ceritanya berloncatan kesana-sini

  3. cucukakek

    February 11, 2014 at 12:54 pm

    Pengakuan dari Sutradaranya sendiri film Killers merupakan genre Thriller bukan slasher, bro

  4. gardino

    February 11, 2014 at 12:57 pm

    Iya sob, the mo bro bisa jadi mengambil jalur aman dengan “tak mengakui” ini film slasher. Bisa-bisa gak tembus LSF kalau diaku sebagaimana adanya 😀

  5. embi

    February 12, 2014 at 8:13 am

    film G30S itu termasuk slasher gak? 😀

  6. ric

    July 2, 2016 at 11:56 pm

    Di imdb ini crime bang.yang slasher rumah dara sama air terjun penngantin ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top