Review

Kenapa Gim Moba Analog, Mobile Legend Mendapatkan Tempat Hangat di Masyarakat Indonesia?

Gim moba analog atau yang lebih dikenal dengan nama Mobile Legend, nampaknya mendapatkan tempat hangat di masyarakat Indonesia. Di mall, parkiran, warung kopi sudut jalan, rumah, cafe, sampai acara keluarga ada saja ritual melingkar mendekati colokan dengan mata terfokus kepada gawai yang dimiringkan. Mereka bukan sedang tahlilan, tetapi sedang fokus menatap kemenangan gim guna menaikkan rank.

Terdapat 8 juta pengguna aktif harian yang memainkan gim ini. Total sudah diunduh sebanyak 35 juta kali di Indonesia. Tentu saja itu bukan angka yang biasa. Lewat game garapan moonton pun, membuat banyak divisi electronic sport asal Indonesia yang tadinya hanya terfokus dengan gim PC macam Dota 2 dan Counter Strike: Global Offensive mulai bergeser kepada gim yang dimainkan di gawai tersebut. Apalagi terdapat turnamen yang menjamur dengan hadiah hingga ratusan juta rupiah.

Dari gim ini pun terlahir nama-nama beken sebut saja Lemon dari tim RRQ dan JessNoLimit dari Evos. Jess sendiri baru saja memenangkan ajang penghargaan yang dilakukan salah satu stasiun televisi swasta dengan kategori Digital Persona of The Year, mengalahkan sosok fenomenal di YouTube, Deddy Corbuzier. Jelas saja, ini semua berkat menjamur Mobile Legend di Indonesia yang digandrungi banyak kalangan. Pertanyaanya adalah, mengapa Mobile Legend mendapatkan tempat hangat di masyarakat kita ya, Bung?

Dapat Dimainkan di Gawai yang Tidak Terlalu Canggih Membuat Gim Ini Nagih

Salah satu alasan dari sekian alasan yang dibeberkan adalah tidak perlu spesifikasi canggih dan terdepan guna memainkan mobile legend. Size dari gim ini tidak terlalu besar, jadi dapat dimainkan dengan gawai low-end. Memang update yang terus berkembang membuat game ini bakal memakan memori secara perlahan. Namun, seiring berjalannya update tersebut tetap saja tidak membuat game ini meninggalkan gawai-gawai dengan spesifikasi kurang canggih.

Tidak Sulit untuk Dimainkan, bahkan bagi Orang Awam

Biasanya, seseorang yang sudah sering bermain gim pasti apabila berpindah ke gim lain tidak perlu adaptasi yang lama. Tetapi bagi orang yang sangat awam, tentu membutuhkan banyak waktu untuk belajar terutama soal kontrol permainan. Mobile Legend termasuk gim yang mudah dimainkan dan dikontrol sehingga banyak orang yang memainkan, dari anak-anak hingga orang dewasa sekalipun. Apalagi terdapat mode tutorial untuk seseorang yang tidak akrab dengan pemainan MOBA atau Multiplayer Online Battle Arena. Kalau dia pernah bermain Dota, otomatis sangat mudah memahami mekanisme gim ini.

Kebersamaan Jelas Penting, dan Itu Bisa Didapatkan di Mobile Legend

Keseruan yang dapat dirasakan dari gim ini adalah dapat bermain bersama teman dalam satu tim. Inilah yang makin mempererat bagaimana gim ini bisa menjamur dari satu tongkrongan ke tongkrongan lain, lantaran teman Bung pasti mengajak untuk memainkan gim dan membuat Bung kepincut untuk memainkannya juga. Alih-alih hanya demi menjaga keseruan di tongkrongan, tak pelak malah Bung yang keranjingan sehingga bermain sendirian bukan suatu masalah.

Dapat Dimainkan di Mana Saja Menjadi Kunci Terbesar Kenapa Game Ini Sukses di Indonesia

Fleksibel adalah alasan yang kuat kenapa gim Mobile Legend begitu laku di pasaran. Bung dapat menikmati gim ini di mana saja asalkan koneksi aman, sehingga wajar gim ini banyak diminati. Apalagi kalangan masyarakat Indonesia yang memiliki daya beli tinggi terhadap gawai, membuat gim ini semakin menjamur dengan gampangnya. Sedangkan Dota adalah gim yang hanya bisa dinikmati di PC sehingga sulit bagi banyak orang untuk menikmati gim tersebut. Meskipun tidak bisa menampik bahwa minat orang Indonesia dalam bergelut di dunia Dota juga banyak.

Sampai Kapan Mobile Legend Dapat Bertahan?

Persaingan tentu ada, salah satunya dengan kemunculan AoV gim yang bergenre MOBA dan menjadi pesaing kuat dari Mobile Legend. Tetapi kehadiran AoV tidak terlalu siginifikan untuk menggeser Mobile Legend dari pasaran, karena sejak hadirnya AoV pangsa pasar Mobile Legend tetap besar mungkin karena gim ini terlebih dulu mencuat dan AoV kalah cepat. Perubahan fitur dan penambahan hero baru diyakini dapat membuat Mobile Legend bertahan, itu pun kalau Mobile Legend masih tetap seru dimainkan dengan fitur terbarunya. Sedangkan hadirnya hero baru, diyakini masih dapat membuat Mobile Legend semakin menantang untuk dimainkan.

Gim seperti PUBG Mobile dan Rules of Survival juga merupakan kompetitor yang nyata di depan mata. Gim yang bergenre Battle Royale tersebut, terbukti mencuat di pasaran dan menarik perhatian banyak gamers. Bahkan di PC sendiri, game PUBG atau Player Unknown Battleground menjadi gim nomor satu di pasaran yang dimainkan. Kejenuhan akan suatu permainan pasti ada, tetapi apakah kadar keseruan dari gim tersebut masih berbekas pada penggunanya atau tidak, itu yang menjadi pertanyaan sekaligus alasan bagaimana gim bisa bertahan. Seperti halnya Dota yang terus berkembang hingga menuju Dota 2, hingga tetap bertahan dan berkembang sejak tahun 2005.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Keren

Mencipipi Kenggulan Redmi Note 7, Gawai Terkini Dari Sub Brand Xiaomi!

Xiaomi selalu memberikan gebrakan baru kala merilis gawainya. Beberapa waktu lalu mereka kembali meneruskan kesuksesan dari seri Redmi Note 6 pro, yakni dengan Redmi Note 7. Sekedar informasi bagi kalian bung, Redmi kini telah resmi mandiri jadi sub brand Xiaomi. Dan Redmi Note 7 menjadi produk pembuka di tahun 2019.

Perusahaan asal China ini memang terkenal tak main-main dalam merilis produk. Sampai dijuluki gawai flagship untuk kalangan ke bawah. Lantaran harganya yang terjangkau tapi kualitas kelas atas! seperti Redmi Note 7 yang dibekali dengan kamera beresolusi 48 MP. Menjadikan tertinggi dibanding ponsel lain besutan pabrikan asal China. Nah, berikut Ini beberapa keunggulan yang mesti bung cicipi dari Redmi Note 7.

Gawai Pertama yang Memiliki Kamera 48 MP

Resolusi kamera besar menjadi suatu gebrakan baru yang dikeluarkan Redmi di tahun 2019. Dengan resolusi 48 MP ditambah 5 MP membuat resolusi tinggi ini dapat mengambil gambar dengan jernih dalam kondisi cahaya yang terang. Ternyata alasan dibalik gawai ini memiliki resolusi besar karena Redmi Note 7 menggunakan sensor kamera dari Samsung bung yang bernama GM1.

Disokong Dengan Baterai Berkapasitas Besar

Tak perlu sibuk membawa charger ke mana-mana, yang ujung-ujungnya membuat bung kelupaan hingga akhirnya membeli lagi. Karena Redmi Note 7 telah diskong dengan baterai berkapasitas besar yakni 4.000 mAh. Dengan pemakaian normal, gawai ini cukup menemani kalian seharian penuh.

Hanya Butuh Dua Jam Mengisi Penuh Baterai Dalam Kondisi Kosong

Xiaomi memang memiliki kapasitas baterai besar, tapi tak berarti ia membutuhkan waktu lama untuk mengisi baterainya. Karena Xiaomi memberikan fitur pengisian daya baterai cepat lho.

Bung tak perlu ragu untuk pergi saat sedang terburu-terburu ketika gawai dalam kondisi lowbet. Fitur fast charging ini dapat mengisi penuh baterai dengan memakan waktu sekitar 2 jam dalam kondisi kosong. Di sisi lain fast charging di ponsel ini sudah berteknologi Quick Charge 4.0

Layar Lebih Luas dengan Dilindungi Gorilla Glass 5

Kepuasaan dalam menggunakan gawai di era sekarang memang terletak dari luasnya layar. Luasnya layar memberikan keleluasaan pengguna dalam mengoperasikan gawai. Bahkan untuk kebutuhan hiburan seperti video dan foto juga lebih terpenuhi.

Redmi Note 7 sendiri diberkahi layar in-plane switching (IPS) sebesar 6,3 inci dengan resolusi layar 2.340 x 1.080 piksel. Rasion ponsel yang besar 19, 5:9 ini pun sudah menggunakan Corning Gorilla Gass 5. Tentu, kejernihan dan keterangan layar tidak perlu diragukan lagi.

Murahnya Harga Gawai Sudah Jadi Trademark Xiaomi

Ini salah satu pertimbangan kenapa Xiaomi cukup menjadi raja gawai di kelasnya. Karena ponselnya murah dengan harga yang dibanderol sebesar Rp 2 juta. Alhasil ini sangat layak dimiliki, apalagi kamera ini memiliki resolusi super tinggi, baterai besar sampai prosesor kencang. Redmi Note 7 sendiri dibekali Snapdragon 660 alhasil hemat daya, kan? Otomatis gawai ini jadi salah satu yang terbaik di rentang harga terebut.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Keren

Baca Permission Apps Agar Kasus Meresahkan Macam Pinjaman Online Tak Terulang

Serupa dengan aplikasi lain, dalam kasus aplikasi fintech, sebenarnya ada ‘Permission Apps’, sialnya sudah menjadi kebiasaan kita untuk tidak membaca terlebih dahulu. Padahal di situ tertulis untuk meminta akses untuk membaca SMS, kontak sampai panggilan masuk. Apabila kita tidak memberikan akses, otomatis sang penagih utang online tidak dapat memberikan kabar macam-macam kepada kerabat bahkan atasan kalian.

Kasus penagihan utang online memang gencar di pertengahan tahun 2018, tetapi hal semacam ini berpotensi bisa kembali terjadi. Mungkin di dalam bidang lain tidak hanya perbankan. Maka dari itu kami mengingatkan untuk bung lebih teliti dan membiasakan membaca permission apps, jangan di-iya-kan saja. Dari pada bung menyesal nantinya.

Perhatikan Apabila Aplikasi Meminta Panggilan ke Nomor Ponsel di Kontak Bung

Jangan sesekali bung mengiyakan, apabila ada aplikasi meminta izin ‘Directly call phone numbers’. Lantaran pihak aplikasi memiliki akses untuk melakukan panggilan ke nomor ponsel yang ada di kontak bung. Berbahayanya lagi ini dapat disusupi malware yang secara diam-diam dapat melakukan panggilan ilegal. Bahkan pembicaran bung dengan lawan bicara ditelfon dapat disimak secara diam-diam lho.

Apalagi Memberika Akses Membaca dan Menerima Pesan

Jangankan aplikasi, apabila ada seseorang yang membaca SMS atau pesan pasti bung merasa risih kan? ini lah yang terjadi pada aplikasi fintech yang kerap meminta akses untuk membaca dan menerima SMS dari gawai yang mengunduh sebagai jaminan. Untuk itu apabila ada aplikasi lain yang meminta akses ‘Send, Recieve, and Read SMS and MMS messages’. Lebih baik urungakan niat untuk mengunduh.

Meminta Izin Untuk Mengubah Hingga Menghapus File yang Ada di Kartu MicroSD

Ini sangat mengerikan bukan?  bayangkan kalau bung memberikan izin aplikasi untuk ‘Modify or delete SD card contents’. Pihak aplikasi bisa membaca dan menghapus file yang ada di kartu microSD! kalau ada foto dan video yang disalahgunakan , bagaimana? tanpa perlu dijelaskan tentu bung tahu kan efeknya.

Jangan Menganggap Nomor IMEI Tidak Penting

Biasanya ada juga Permission Apps yang meminta akses aplikasi pada identitas di perangkat. Seperti nomor IMEI dan nomor telpon pengguna. Maka dari itu apabila ada aplikasi yang minta izin untuk ‘Read Phone Status and identity’, Tentu kamu tak bisa menganggap itu tidak berbahaya.

Hindari Apabila Ada yang Meminta ‘Find Accounts on The Device and Read your Contacts

Ini juga sama bahayanya dengan yang lain bung. Kalau bung memberikan izin maka aplikasi dapat membaca semua kontak dan akun yang ada di gawaimu. Tak cuma kontak di handphone aja, surat elektronik sampai media sosial juga bisa diaksesnya. Biasanya permintaan aplikasi semacam ini ditemukan di aplikasi medsos.

Setelah membaca ini semua bung seharusnya sudah mengerti apa yang boleh dan tidak boleh dizinkan aplikasi saat mengakses. Hingga rentetan kasus yang terjadi seperti pada pinjol tidak bisa menimpa bung-bung sekalian, toh mereka tidak dapat berlaku seenaknya apabila bung mau lebih teliti untuk membiasakan membaca segala hal bukan?

Eittss, tunggu dulu bung. Bukan berarti kami menyalahkan setiap pengguna yang tidak membaca hingga akhirnya berujung menerima makian yang melengking sampai ungkapan yang merendahkan martabat dari penagih utang online.

Kami pun juga tak setuju dengan cara yang dilakukannya. Seperti yang diungkapkan Kepala Divisi Advokasi Bidang Perkotaan Masyarakat Urban LBH Jakarta, Jeanny Silvia Sari Sirait di Kumparan, Kalau aksi debt collector yang melakukan teror kepada nasabah adalah tindak pidana. Karena semua sudah di atur lewat sebuah SOP tentang cara penagihan, dan penagihan perbankan melarang menggunakan kekerasan fisik atau verbal.

Tapi alangkah baiknya juga kita tidak hanya melihat satu sisi kan? bahwasanya hal-hal semacam ini dapat dihindari kalau kita cekatan membaca permission apps-nya. Dengan tidak memberikan akses yang bersifat pribadi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Keren

Hati-hati Dalam Bercanda dan Bersosial Media, Karena UU ITE Siap Menjerat Siapa Saja

Mentang-mentang di dunia maya, banyak orang merasa aman-aman saja apabila bertindak sebagai keyboard warrior, dengan menghina, menyebar kebencian, mengancam sampai menyebarkan informasi bohong.

Selain beberapa hal yang kami sebutkan. Kasus prostitusi online yang belakangan ini marak dibicarakan, konon katanya dapat dijerat dengan UU ITE. Dari mulai si artis ibukota, mucikari sampai penyewa jasa dapat dijerat dengan pasal ini.

Di luar itu semua, penggunaan media sosial memang harusnya berakar kepada nilai sosial yang berlaku. Kalau tidak berhati-hati jangan heran kalau mereka bisa mendekam di penjara suatu saat nanti karena dijerat UU ITE.

UU ITE sendiri disahkan pada era pemerintahan Susilo Bambang Yuhdoyono pada tanggal 21 April 2008. Dan ini beberapa hal yang dapat membuat bung dipenjara karena UU ITE.

Melakukan Pencemaran Nama Baik

Meskipun bung tujuannya bercanda, jangan sampai bercanda dengan orang yang salah, sekaligus jangan membercandakan sesuatu hal yang keterlaluan. Karena bercanda yang berlebihan dengan membongkar aib dengan mengundang gelak tawa adalah hal yang tidak pantas untuk diterima.

Bisa jadi bung akan dijerat oleh UU ITE. Salah satu kasus pencemaran nama baik di media digital adalah tentang kasus #KoinUntukPrita karena dianggap telah mencemarkan nama baik sebuah ruma sakit. Pasal 27 UU ITE ayat (3) yang membahas tentang pencemaran nama baik di media digital, paling banyak digunakan untuk mencerat pelaku pencemaran nama baik via digital.

Melakukan Penyebaran Berita Bohong

Berita hoax juga kerap berseliweran di timeline sosial media. Mulai dari kasus Politisi dan aktivis, Ratna Sarumpaet yang mengaku dianiaya padahal operasi plastik. Sampai menyoal soal pemilu yang mengatakan tujuh kontainer surat suara telah terisi. Atas dasar kasus seperti itu, tentu bisa bung jadikan pelajaran. Untuk selalu kritis akan setiap berita, jangan sampai menjadi rantai penyebar berita hoax bung. Karena jelas saja itu akan menjadi boomerang bagi bung sendiri.

Body Shaming

Body Shaming adalah istilah untuk mengejek atau mencela fisik orang lain.  Kalau kasus baru-baru ini, dua orang aktor senior, Anjasmara dan Ussy Sulistiawaty, baru saja melaporkan haters yang dianggap telah mengolok-olok keluarga mereka dengan perkataan tidak pantas ke arah bentuk fisik di Instagram. Lewat UU ITE para pelaku body shaming dapat terancam penjara empat tahun dan denda tidak tanggung-tanggung yakni Rp 750 juta.

Melakukan Penyebarluasan Video Porno

Salah satu kenakalan dari kaum adam biasanya adalah kerap berbagi video porno. Konten-konten negatif seperti itu dapat membuat bung terjerat UU ITE. Berkaca dari kejadian beberapa tahun lalu, di mana melibatkan beberapa musisi dan artis layar kaca. Dari kasus tersebut banyak menuai pro dan kontra tentang siapa yang menjadi korban dan pelaku. Meskipun begitu, tetap saja sang laki-laki sang musisi tersebut dijadikan tersangka.

Sedang Hangat Dibicarakan yakni Prostitusi Online

Banyak yang mengira kalau prostitusi online aman terkendali dan tidak terdeteksi. Ternyata tidak demikian bung. Melihat kejadian lalu yang melibatkan Vannesa Angel sebagai tersangka. Lewat kasus ini, kembali membuka bahwa UU ITE dapat menjerat siapun yang melakukan prostitusi online.

Bagi bung yang berkelakuan nakal dan kerap jajan alangkah baiknya hilangkan kebiasaan ini. Karena ini akan membawa bung ke jurang kehancuran rumah tangga dan juga bahaya penyakit, selain dapat terjerat UU ITE.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top