Health

Kata Pak Dokter: “Ereksi Yang Betul Itu Seharusnya Sekeras Kursi!”

“Pria itu ereksinya ada empat tingkatan! Seharusnya yang paling bagus itu tingkatan ke empat yang ereksinya sekeras kursi yang saya duduki ini” demikian ungkap Pakar andrologi dari Brawijaya Hospital dr Nugroho Setiawan Sp.And yang ditemui dalam diskusi “Rahasia Stamina Perkasa” di Jakarta belum lama ini.

Menurut dr Nugroho, Puncak kehidupan kita laki-laki itu pada umumnya berada di usia 25-30 tahun. Untuk bung yang sudah di atas usia 30 tahun, harus mulai siap-siap mengalami penurunan. Kita masih ingin gagah perkasa, apa daya tubuh berkata lain. Lalu kita harus bagaimana?

Perkasa Tak Perkasa Itu Urusan Testosteron

Dr. Nugroho mengungkapkan, mereka yang testosteronnya rendah tidak bisa keras ereksinya. Ruginya, ejakulasi tak bisa terkendali. Ibarat main bola, jangankan masuk final baru juga babak penyisihan, sudah harus angkat koper.

Selain karena masalah pada testis, kondisi ini juga bisa terjadi akibat gangguan pada salah satu level atau lebih poros hipotalamus (pada otak) sehingga kadar testosteron menurun.

Bung Boleh Jadi Merasa Awet Muda Terus, Tapi Kadar Testosteron Siapa Yang Tahu

Kita boleh saja menampik tak mau terima kenyataan. Namun penurunan kadar testosteron ini sebuah keniscayaan. Ketika sudah melewati masa 30 tahun sudah akan terjadi penurunan testosteron. Berbeda dengan si nona yang menoposenya terjadi mendadak nan seketika. Menurunnya kadar testosteron terkadang tak disadari sebagian laki-laki karena terjadi perlahan, sehingga banyak dari kita yang merasa dirinya baik-baik saja.

“Kemundurannya pelan-pelan, sehingga banyak pria merasa baik-baik saja. Tidak terasa. Loyonya pelan-pelan” tegas Dr. Nugroho.

Tapi bung tak perlu panik, karena pak dokter mengatakan ada cara untuk memperlambat terjadinya penurunan testosteron. Minimal masih bisa bergumul mesra sampai tua nanti.

Mudah Mengantuk Sehabis Makan Itu, Salah Satu Tandanya Bung Sudah Mulai Loyo

Supaya tak terlena, ada baiknya kita memahami ciri-ciri telah terjadinya penurunan testosteron. Mudah lelah dan mengantuk salah satu ciri yang harus di waspadai. Apalagi buat bung yang sering mengantuk selepas makan, ini bisa jadi ciri utama.

“Tidak berenergi, cenderung lebih mudah mengantuk usai makan, relatif cukup gemuk akibat lemak tidak bisa lepas dari tubuh, bisa jadi ciri penurunan testosteron” tambah Dr. Nugroho

Sulit berkonsentrasi, daya tahan menurun, juga menjadi tanda lainnya. Karena testoteron bagi pria tak hanya bermanfaat untuk mengatur libido dan suasana hati, tetapi juga meningkatkan kekuatan dan volume otot, pertumbuhan rambut-rambut halus, hingga menstimulasi sel.

Laki-laki yang rendah kadar testoteronnya bahkan terancam terkena berbagai penyakit metabolik seperti diabetes, tekanan darah tinggi dan gangguan lemak.

Tak Mau Loyo Di Ranjang? Sebaiknya Pekerjaan Ditinggal Di Kantor Saja

Stres yang tak tertangani secara baik juga bisa menjadi faktor yang mempercepat penurunan testosteron. Ibaratnya sudah macam usia 70 tahun padahal baru mulai masuk kepala empat. Salah satu pendorong paling utama adalah gemar membawa pekerjaan ke rumah. Alias masih juga terpikirkan beban deadline ketika seharusnya sudah beristirahat.

“Tidak boleh boleh sering stres. Stres mengganggu kesehatan tergantung kita menghadapinya. Banyak pasien pekerjaan dibawa pulang. Oleh karenanya, manajemen stres harus dikuasai masing-masing orang,” tutur Nugroho.

Gawatnya Banyak Yang Ambil Jalan Pintas Minum Sembarang Obat Kuat

Nah, ini dia yang berbahaya. Tak mau terima, aksi di ranjang tak lagi prima, banyak laki-laki langsung terpikir untuk menenggak obat kuat. Gawatnya bung tak lagi memeriksa urusan komposisi yang terkandung dalam obat tersebut. Isinya ternyata bahan-bahan yang seharusnya berada di dalam pengawasan dokter dan tak dijual bebas. Salah-salah bisa nyawa taruhannya!

Lebik Baik Pakai Suplemen, Kalau Mau Tetap Macam Superman

“Enggak ada makanan tertentu. Makan makanan bergizi dan berimbang, lengkap. Ada karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan mikronutrisi lainnya, serta suplemen tambahan bisa jadi solusinya” pungkas Dr. Nugroho.

Senada dengan ini ditemui di acara yang sama Brand Manager Sutra, Daniel Tirta mengungkapkan pentingnya memilih suplemen berbahan dasar alami dan aman. Menurutnya masyarakat Indonesia punya keinginan untuk menggunakan suplemen berbahan dasar herbal karena aman dan minim resiko efek samping.

Inilah alasan sutra mengeluarkan Sutra Perkasa beberapa waktu yang lalu. Produk ii merupakan gabungan dari 3 ekstrak herbal. Pertama tongkat ali yang bermanfaat untuk menstimulasi testosteron. Esktrak ginseng yang bekerja untuk meningkatkan stamina dan menjaga vitalitas. Terakhir kandungan horny goat weed untuk menambah gairah seksual. Untuk melengkapi komposisi herbal, cangkang kapsulnya pun herbal yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan.

Jadi Bung, jangan ambil jalan pintas pakai obat kuat untuk tampil perkasa. Lebih baik mengurangi stres dan mulai hidup sehat, karena si nona tentu ingin menghabiskan waktu lebih lama denganmu bung!

1 Comment

1 Comment

  1. Rizky

    May 2, 2018 at 11:51 pm

    Kalau sebelum berhubungan minum gimana ? Tunggu beberapa menit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Paketan Motor Sport yang Dicintai Dari Suzuki Memadukan Kecepatan Dan Melesatnya Penjualan

Pangsa penjualan otomotif khususnya di roda dua sebenarnya kurang tercapai dari segi target dalam skala nasional di tahun 2017. AISI selaku Asosiasi Industri Sepedamotor pun membenarkan hal tersebut. Penjualan di tahun lalu diharapkan mampu menyentuh angka 5,9 juta unit secara nasional tidak terealisasikan lantaran hanya menyentuh di angka 5.886.103 unit. Jumlah tersebut merupakan penurunan 0,76 persen. Di tahun 2016 penjualan roda dua berhasil mencapai 5.931.285.

Lantas bagaimana para perusahaan motor asal Indonesia menyikapinya bung? dari sekian perusahaan motor yang hadir di Indonesia, ternyata Suzuki merupakan pemain yang berhasil dengan mencatatkan penjualan tertinggi sebesar 27 persen. Dan menurut Yohan Yahya, Sales & Marketing 2W Department Head PT. SIS, tahun lalu merupakan momen kebangkitan dari Suzuki.

“Tahun 2017, merupakan tahun kebangkitan bagi kami. Hal ini tidak terlepas dari kepercayaan konsumen setia Suzuki atas produk baru Suzuki. Di tahun 2018, kami akan menjawab ekspektasi konsumen dengan menghadirkan beberapa pilihan produk baru, program penjualan, pelayanan aftersales, serta event-event menarik lainnya,” ujar Yohan Yahya, Sales & Marketing 2W Department Head PT. SIS.

Usut punya usut keberhasilan Suzuki untuk bangkit terletak pada kecanggihan dan kehandalan pada mekaniknya. Khususnya dalam mengeluarkan produk Suzuki GSX-R150 dan Suzuki GSX-S150. Khususnya GSX-R150 yang memberikan kontribusi tertinggi terhadap penjualan Suzuki sebanyak 40% bung dengan jumlah 28.982 unit.

Sebagai pemain lama yang pernah mengecap kesuksesan di era 90-an, tentu saja perusahaan asal Jepang ini ingin kembali berada di era tersebut. Apalagi Suzuki merupakan pemain yang diperhitungkan di kelas motor sport. Contohnya saja seperti RGR yang menjadi “jagoan” di pasar motor berbaju dengan mengedepankan teknologi diantara kompetitor.

Berkat cerita dan sejarah yang pernah tertuang di tahun 90-an. Suzuki coba membangkitkan lagi ke era keemasannya. Untuk meramu dan menggarap kelas motor sport Suzuki pun melakukan percobaan secara serius dan matang. Mengingat motor RGR diminati lantaran teknologinya maju, dua motor sport GSX-R150 dan GSX-S150 pun dibekali fitur tercanggih dan terkini.

Mata mungkin bakal tertuju ke penampilannya yang sporty, tapi kalau lebih jeli lagi mata bung bakal disambut LCD Speedometer full digital. Di kelas Suzuki GSX-R150 fitur tanpa kunci atau Key-less Ignition System menjadi teknologi menarik. Lantaran bung sebagai pengendara tak perlu lagi memutar anak kunci di rumahnya. Dengan menekan tombol starter makan mesin akan hidup dengan mengantungi sensor. Fitur ini menjadi terdepan di kelasnya.

Dari dapur pacunya saja sudah dibekali mesin overbore, DOHC (Double Over Head Camshaft) dengan kapasitas 150cc dan berkompresi 11,5 : 1 yang sudah dilengkapi teknologi fuel injection yang canggih untuk pembakaran maksimal. Sehingga duo GSX bisa meluapkan tenaga sebesar 14,1 kw/10.500 rpm dan torsi sebesar 14 nm/9.000 rpm yang tersalurkan dengan kuat melalui transmisi 6 percepatan.

Salah satu yang digadang dapat diminati dari GSX pemilihan mesin berjenis over stroke atau Square. Dapur pacu GSX-R150 mengadopsi tipe ukuran over bore alias diameter pistonnya 62,0 mm) lebih lebar bahkan berselisih jauh dibanding langkahnya (48,8 mm). Over stroke hampir sama dengan mesin bore yang lebih kalem pada putaran bawah. Dengan menjadikan GSX-R150 ramah di tengah kemacetan tanpa kerepotan mengatasi tenaga dan torsi berlebihan pada putaran bawah.

Berbicara soal kecepatan yang selalu jadi pemantik bung untuk memacu adrenalin, motor ini bisa melesat hingga 13.000 RPM dengan tenaga maksimal berada di 18,9 dk dengan torsi 14 NM. Sebagai catatan sifat asli over bore mulai terlihat pada putaran menengah dan atas dimulai di angka 7000 RPM.

Kecepatan yang tak main-main, begitupula dengan tampilan. Perkembangan warna dan tren yang dicintai warga tanah air membuat Suzuki GSX-R150 memberikan beberapa varian warna seperti Metalic Triton Blue, Titan Black, Solid Black/Gloss, Brilliant White dan Stronger Red. Sedangkan GSX-S15 hadir dalam 4 pilihan warna yaitu Metalic Triton Blue, Metalic Ice Silver, Solid Black/Gloss dan Stronger Red/Titan Black.

GSX-R150 dan GSX-S150 timbul menjadi primadona dan idola baru di kalangan otomotif. Tentu saja pihak Suzuki ingin tren ini tersebut belanjut di tahun ini. Hal ini pun disampakan Yohan yang mengharapkan penjualan dapat tumbuh melewati 100.000 unit.

“Meskipun pasar tidak bergerak naik, kami mengharapkan tetap mendapat bagian yang lebih. Yang kami kejar kenaikan tahun ini dari tahun lalu itu kurang lebih, mungkin 40 persen atau syukur bisa 50 persen,” pungkas Yohan.

Kecanggihan, kecepatan dan tampilan diramu secara menarik. Persuahaan yang telah berdiri sejak tahun 1909 ini nampaknya memiliki blue print yang mana dikeluarkan sebagai senjata ampuh guna menghempas kompetitornya. GSX Series menjadi bukti kalau Suzuki masih bertaji, jadi tak salah kalau GSX Series menjadi paketan motor sport yang dicintai.

 

 

1 Comment

1 Comment

  1. Rizky

    May 2, 2018 at 11:51 pm

    Kalau sebelum berhubungan minum gimana ? Tunggu beberapa menit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lifestyle

Mengatasi Candu Kopi di Bulan Puasa Dengan Mengonsumsinya Secara Sehat Tanpa Dehidrasi

Menyeruput secangkir kopi sudah menjadi agenda pagi yang dilakukan banyak orang sebelum mulai aktivitas, guna meningkatkan daya pikir karena kopi mengandung kafein. Tetapi, selama di bulan Ramadhan, banyak yang bingung bagaimana menyiasati kegiatan ini. Ngopi seolah-olah harus diberhentikan selayaknya nafsu yang harus diakomodir selama di bulan baik.

Kekawatiran tersebut sebenarnya tidak perlu begitu, karena Bung masih bisa tetap menikmati aroma dan ngopi asalkan tahu aturannya. Mungkin banyak Bung yang bertanya-tanya, bagaimana cara untuk ngopi selama bulan puasa? Dilansir dari majalah ottencoffe, berikut ada beberapa tips sederhana yang disiarkan guna membantu Bung dalam melaksanakan ritual menyesap kafein di bulan puasa.

Atur Pola Ngopi Jangan Sampai Berlebihan Bung

Kalau pada hari biasa Bung bisa mengonsumsi kopi 4-5 cangkir, justru Bung harus memberinya pembeda saat sedang berpuasa. Karena secara kondisi tubuh saja sudah berbeda, lebih baik Bung atur pola ngopi agar tidak mengganggu puasa. Minum kopi secukupnya saat sahur bisa menjadi alternatif agar badan Bung terasa segar dan berenergi. Dan juga minumlah lagi secangkir kopi setelah berbuka Bung, agar tubuh kembali bersemangat. Apalagi pada bulan baik seperti ini, tentu sarat dengan berbagai agenda mencari pahala yang tersedia lewat tarawih dan tadarus. 

Pilihan Kopi pun Harus Cermat, Jangan Sampai Kalap Karena Rindu yang Amat Berat

Kopi sudah menjadi candu bagi sebagian orang, bahkan menjadi aroma yang selalu dirindukan. Sehingga jenis kopi apa saja bisa menjadi favorit. Tetapi disaat bulan Ramadan jenis kopi yang dianjurkan adalah arabika. Bukan hanya karena namanya mengandung unsur religius, tetapi kafein arabika memang lebih rendah apabila dibandingkan dengan robusta yang jumlah kafeinnya bisa mencapai dua kali lipat.

Saat puasa tubuh kita tak membutuhkan kafein yang terlalu tinggi. Selain itu, konsumsilah kopi yang segar dan jelas asal-usulnya. Kopi yang tidak jelas ataupun kopi instan sangat tidak baik bagi tubuh, bahkan efeknya pun dapat mengganggu kesehatan.

Lakukan Coffe Nap Sebelum Berkegiatan di Pagi Hari

Bagi Bung yang tidak tau coffe nap, ini sebenarnya sama saja dengan power nap, adalah sebuah tidur siang singkat yang dilakukan 10 sampai 20 menit agar tubuh kembali bersemangat. Kalau coffe nap biasanya dilakukan setelah menikmati secangkir kopi dan disusul dengan istirahat yang berguna untuk menghilangkan rasa kantuk yang sering menyerang di jam-jam keras. Sedangkan di bulan puasa, Bung bisa melakukannya setelah shalat subuh. Sebelum imsak Bung mengonsumsi kopi dan lanjut shalat subuh, setelah itu Bung bisa memejamkan mata sejenak sebelum berkegiatan di pagi hari.

Jangan Ngopi Terlalu Larut Malam, Nanti Bung Sahurnya Bisa Kesiangan

Mungkin Bung bisa menikmati kopi selepas beraktivitas dan melaksanakan shalat tarawih, sekedar bersenda gurau sambil bersantai. Namun, entah karena sugesti atau tidak, menikmati kopi memang terkadang dapat membuat rasa kantuk menghilang. Sehingga Bung dapat tidur larut pagi, dan sahur pun kesiangan atau terlewatkan. Jadi sayang kalau hanya karena segelas kopi yang ditenggak, membuat puasa Bung tidak dapat dijalankan secara enak.

Kalau Minum Kopi Harus Diimbangi Dengan Air Putih

Bagi yang belum tahu, kalau Bung mengonsumsi kopi harus diimbangi dengan meminum air putih yang cukup. Karena sehabis menenggak kopi biasanya beberapa orang mudah haus dan dehidrasi, Bung. Apalagi saat puasa, justru Bung harus mendapatkan asupan cairan yang cukup, yakni dengan minum air putih dengan jumlah banyak. Maka setelah Bung selesai minum kopi jangan lupa mengonsumsi air putih, agar ibadah puasa dapat berjalan secara maksimal.

 

1 Comment

1 Comment

  1. Rizky

    May 2, 2018 at 11:51 pm

    Kalau sebelum berhubungan minum gimana ? Tunggu beberapa menit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Health

Jerawat Disebabkan Oleh Masturbasi, Apakah Itu Fakta Bung?

Ketika seseorang laki-laki melakukan masturbasi banyak yang berspekulasi bakal menyebabkan jerawat, apakah itu benar? Terlebih lagi banyak komentar yang mendukung tersebut terutama beberapa orang di dunia maya. Namun guna mengetahui jawabannya, Tsippora Shainhouse, dokter kulit dan dokter anak bersertifikat di Los Angeles, menjelaskannya kepada situs Womenshealth.

Menurutnya, jerawat itu disebabkan oleh empat hal, yakni produksi sebum yang berlebih alias makan berminyak, terjadinya penyumbatan pori-pori oleh keratin atau sel-sel kulit mati, terdapatnya bakteri, dan adanya peradangan.

Sedangkan anggapan bahwa masturbasi bakal menyebabkan jerawat, langsung dianggap mitos belaka oleh Shainhouse. Tindakan seks solo, twosome, threesome, dan hubungan intim secara umum tidak bakal membuat Anda berjerawat, imbuhnya lagi. Lantaran hormon testosteron dan progesteron dapat meningkatkan produksi minyak dan juga dapat meningkatkan respons inflamasi.

“Pubertas juga bisa menjadi waktu eksplorasi diri dan mungkin masturbasi, sehingga ‘rasa takut’ yang cenderung muncul kalau masturbasilah yang mungkin menyebabkan jerawat,” tambahnya.

Selain masa puber, Shainhouse juga mengatakan masturbasi maupun seks memang meningkatkan kadar testosteron Bung untuk sementara waktu, dan hal itu tidak berdampak pada kesehatan kulit dalam jangka panjang. Lantaran dapat kembali normal dalam beberapa menit dan juga menyusut.

 

1 Comment

1 Comment

  1. Rizky

    May 2, 2018 at 11:51 pm

    Kalau sebelum berhubungan minum gimana ? Tunggu beberapa menit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Health

Ada Beberapa Hal yang Patut Bung Perhatikan Saat Penis Mengalami Keanehan Macam Ini

Alat reproduksi laki-laki atau penis memang menjadi suatu hal yang harus dijaga. Lantaran kalau penis mengalami masalah ini bisa menjadi kacau dan membuat stres para laki-laki, terutama untuk soal urusan menyalurkan hasrat dan birahi. Penis memang tidak bisa memberitahu Bang apabila ada yang salah, namun ada tanda-tanda yang dipercayai dapat menjadi sinyal kalau penis Bung sedang tidak baik-baik saja.

Ibarat sebuah ban kendaraan, penis tak memiliki serep sehingga harus dijaga dengan baik. Terlebih lagi penis selalu dianggap sebagai lambang “kejantanan” bagi sebagian bahkan semua kaum adam. Untuk itu ada beberapa hal yang tak boleh disepelekan saat penis mengalami keanehan, karena hal yang membuat individu tersebut menyepelakan dapat berbuah suatu kesialan lantaran onderdil satu-satunya harus raib dari dunia.

Sulit Berereksi Bisa Jadi Jantung Bung Mengalami Disfungsi

Adakah hubungan antara penis dengan jantung? Menurut Dr. Darius Paduch sang ahli urologi asal Austria, jawabannya adalah iya. Sebuah studi yang dilakukan di negaranya tersebut menemukan ternyata risiko terkena penyakit jantung dalam waktu 10 tahun adalah 65 persen lebih tinggi pada pria dengan disfungsi ereksi (DE) sedang atau berat dibanding pria tanpa DE.

Hal ini bisa dilihat dari gejala saat Bung sulit berhubungan intim dengan si nona. Bung mengalami sulit ereksi padahal stimulus sudah dilakukan oleh si nona secara merangsang. Hal ini terjadi karena pembuluh darah di penis secara signifikan lebih kecil dan mulai menyempit jauh sebelum yang ada di jantung dan otak.

Air Seni Berubah Warna Dari Kuning Menjadi Kemerahan, Pertanda Penis Dalam Marabahaya

Air seni sejatinya menjadi warna kuning karena Bung mengalami dehidrasi tinggi. Namun, apabila Bung banyak mengonsumsi air mineral bisa jadi air seni Bung bewarna bening.  Nah, bila air seni berubah dari kuning menjadi kemarahan, menurut Kevin Billups, MD, seorang profesor urologi di Johns Hopkins Medicine, “Darah bisa menjadi tanda penyakit prostat, kandung kemih atau ginjal. Jadi anda perlu mencari tahu dari mana asal darahnya”.

Bahkan di sisi lain, Ahli Urologi, Dr Eric Klein, mengatakan sesuatu yang mengerikan bahwa air mani yang berdarah saat melakukan aktivitas seksual cenderung tidak mematikan, Bung. Meskipun hal tersebut kedengarannya fatal. Namun Eric menambahkan agar Bung yang mengalami gejala tersebut untuk mengecek ke dokter agar diperiksa lebih lanjut.

Gairah Seks Tidak Terjadi Seperti Biasa dan Cenderung Statis, Bisa Jadi Ada yang Salah dengan Penis Bung

Untuk soal gairah biasanya laki-laki yang paling menggebu-gebu daripada si nona, namun gairah seks dapat menurun yang ditengarai karena gangguan tidur sehingga napas terhambat. Hal ini dinamakan obstructive sleep apnea (OSA).

Peneliti Jerman menemukan pria dengan kadar oksigen di malam hari yang paling rendah melaporkan tingkat keinginan seksual 11 persen lebih rendah daripada pria yang mudah bernapas. OSA pun ternyata dapat mengurangi kualitas testosteron dan ereksi. Adapun ketika Bung mendengkur keras, bangun terengah-engah atau merasa lelah sepanjang hari mungkin Bung harus berkonsultasi.

Ujung Penis Berubah Warna dan Membengkak, Hati-hati Penis Bung Bisa Skak Mat

Saat ujung penis berubah warna menjadi merah dan membengkak ini bukan bagian dari gejala ereksi. Hal ini disebut peradangan. Hal ini biasanya disebabkan oleh kondisi Bung yang kurang bersih sehingga penis diserang bakteri, virus, dan jamur. Kepala penis pun juga diiringi rasa sakit.

Kalau Bung mengalami hal ini, yang Bung perlukan adalah krim antijamur, krim steroid, dan antibiotik. Selain, itu Bung perlu mengecek kadar gula darah juga, karena bisa jadi tersemat penyakit diabetes, lho. Mengingat balanitis (peradangan di kepala penis yang berubah warna jadi merah dan terasa sakit) bisa jadi disebabkan oleh diabetes.

Tidak Ada Sisi Sensitif pada Penis yang Membuat Bung Kelimpungan

Nah, untuk hal satu ini ketidaksensitifan penis dikarenakan Bung kurang mengonsumsi makanan bergizi seperti susu, daging sapi, maupun sayuran hijau. Setidaknya harus ada 2,4 mikrogram vitamin B12 yang terkandung di dalam tubuh. Karena kekurangan vitamin B12 dapat mencegah serabut saraf di penis membawa sinyal ke otak Bung.

1 Comment

1 Comment

  1. Rizky

    May 2, 2018 at 11:51 pm

    Kalau sebelum berhubungan minum gimana ? Tunggu beberapa menit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top