Inspiring Men

Jack Ma Bakal Marah apabila Bung Bilang Tak Bisa Sebelum Berupaya!

Di geliat zaman e-commerce seperti sekarang ini, sosok Jack Ma adalah salah seorang yang paling berpengaruh di Asia. Kisah inspiratifnya sangatlah memukau banyak orang, apalagi saat diwawancarai tentang masa lalunya yang penuh perjuangan. Kalau Bung belum tahu, Jack Ma pernah mendaftar menjadi pegawai di restoran cepat saji KFC di Hangzhou, dari 24 pelamar hanya ia sendiri yang ditolak. Namun, dirinya tidak menyerah saat itu, ia terus mengembangkan dirinya dan bisnisnya dengan mendirikan Alibaba.com dan menjadi toko online yang besar seperti sekarang.

Jack Ma pun menjelma salah satu orang terkaya di China. Kesuksesannya dilalui dengan banyak tantangan, Total kekayaan yang mencapai Rp 570 triliun tidak didapat semudah membalikkan telapak tangan. Salah satunya melawan rasa malas, yang tidak hanya hinggap pada diri Jack Ma, namun terhadap diri Bung juga. Ada beberapa hal yang Jack Ma benci, yakni orang yang kerap kali banyak alasan atas sesuatu kondisi. Dan dia pun akan mengecap orang tersebut sebagai pemalas yang klise.

Mereka yang Mengeluh Tak Punya Uang untuk Modal

“Aku tidak memiliki uang untuk modal,” adalah pernyataan yang salah bagi Jack Ma. Coba Bung pikirkan bagaimana dirimu sering membuang uang untuk kesenangan belaka. Seperti jalan-jalan, membeli berbagai macam makanan, sampai keinginan adalah hal yang berlebihan yang mana tidak akan mendatangkan perubahan.

Cobalah Bung alokasikan dana untuk diinvestasikan pada sesuatu yang lebih berharga di masa depan. Hanya mengandalkan gaji tiap bulan adalah tipikal orang yang berotak tumpul, Bung harus bisa pandai mengatur keuangan dan waktu.

Tak Ada yang Lahir dengan Kemampuan Bicara Handal

Di urutan kedua, Jack Ma bakal merasa kesal apabila Bung kerap berkata, “Aku tidak pandai berbicara!” Sebab tak ada seseorang pun di dunia ini yang lahir tanpa keahlian berbicara, meskipun ia adalah motivator. Sebenarnya mereka semua tidak terlahir dengan kemampuan berbicara yang hebat. Orang yang pintar berbicara itu butuh usaha dengan berlatih, berbicara di depan cermin berulang-ulang agar penyampaian materi, atau hal yang ingin disampaikan bisa diterima dengan baik oleh pendengar.

Apalagi Mengatakan kalau Bung Tidak Memiliki Banyak Waktu

Bagi Jack Ma, tidak sepantasnya manusia menyalahkan waktu. Karena sebenarnya kita sendirilah yang telah menyia-nyiakan waktu tersebut dengan berbagai kegiatan tidak penting yang kita lakukan. Mantengin sosial media berjam-jam, hingga menghabiskan waktu dengan marathon film. Padahal dibalik waktu Bung yang habis sia-sia tersebut, banyak orang diluar sana yang melatih diri sampai menggali potensi tanpa kenal lelah dan bosan.

Mood Tak Dapat Dijadikan Alasan untuk Bung Tidak Berkembang

Adakah yang mampu untuk tetap mempertahankan mood positif saat bekerja? Sepertinya sangat jarang Bung, lantaran good mood justru lebih mudah didapatkan ketika sedang bermain game, jalan-jalan, ataupun berpacaran. Jadi kata-kata, “Ah, aku sedang tidak mood!”, adalah alasan bagi seorang pemalas untuk tidak melakukan apa-apa.

Tidak Memiliki Kemampuan Adalah Hal Salah di Mata Jack Ma, Bung!

Tidak ada kemampuan yang tidak dapat dikuasai dengan belajar dan berlatih secara berulang-ulang. Karena potensi itu tidak muncul dengan sendirinya Bung, namun harus digali! Caranya dengan belajar dan berlatih yang giat. Banyak orang yang merasa dirinya sudah bisa dengan tidak menggali potensinya karena malas berlatih berulang-ulang. Apalagi pepatah mengatakan, “Hidup sampai tua dan belajar sampai tua”. Jadi jangan bilang, “Aku tidak memiliki kemampuan”, kecuali kalau Bung memang pemalas.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Karena Penelitian Menyebut Kecerdasan Itu Sexy

Sebagian orang masih mengasosiasikan “pintar dan cerdas” itu dengan tampilan kaku macam kutu buku. Padahal sesungguhnya saat ini banyak tokoh-tokoh yang lekat dengan kecerdasan macam Elon Musk atau Mark Zuckerberg yang justru dianggap menarik dan sexy.

Beberapa penelitian juga bahkan menunjukan hal ini. Salah satunya adalah penelitian yang digagas psikolog Gilles Gignac, Joey Darbyshire, dan Michelle Ooi dari University of Western Australia. Mereka menemukan bahwa orang-orang dengan IQ tinggi memiliki skor tinggi dalam hal keseksian ketika dinilai oleh orang lain.


“Kecerdasan” Menjadi Faktor Kedua Daya Tarik Setelah “Kebaikan”

Penelitian tentang kecerdasan dan daya tarik di atas melibatkan sedikitnya 10 ribu peserta dari 33 negara di dunia. Salah satu temuan menariknya adalah para peserta penelitian menempatkan “smart” di nomor dua sebagai daya tarik.

Posisi ini hanya dikalahkan oleh faktor “kebaikan dan pengertian” yang menempati urutan nomor satu. Jadi sesungguhnya dengan menjadi baik dan terus melatih kecerdasan sudah bisa membuat orang lain tertarik kepada kita.

Salah Satu Indikator Kecerdasan Adalah Selera Humor

Dalam penelitian itu juga ditanyakan mengenai indikator apa yang digunakan untuk menilai seseorang cerdas atau tidak. Sebagian menyebut bahwa salah satu indikator yang digunakan untuk menilai kecerdasan seseorang adalah selera humornya.

Karena mereka yang cerdas selalu berpikiran terbuka dan orang yang berpikiran terbuka ini cenderung punya selera humor yang baik. Mereka yang smart juga dikatakan tidak akan mudah tersinggung dan aspiratif terhadap ide-ide baru.

Tak Cuma Pada Individu, “Smart Dan Sexy” Juga Kini Diterapkan Pada Hal Lain

Perpaduan menarik ini tak cuma ditemui dalam urusan penggambaran individu seseorang. Karena kini banyak sektor juga menerapkan konsep ini. Coba tengok misalnya gadget yang selalu menemani kita.

Dahulu mungkin handphone hanya digunakan sebagai alat komunikasi suara dan teks. Kini perkembangannya sudah jauh lebih dari itu. Mulai dari mengakses internet, sosial media, pesan makanan, penunjuk arah hingga fungsi lainnya yang dulu hanya impian.

Tapi toh kamu juga tak mau hanya menggunakan gadget yang cerdas saja bukan? Begitu banyak pilihan ponsel cerdas, tentunya kamu juga memilih yang di desain menarik lagi sexy. Karena hal tersebut juga menunjukan jati diri.

Bahkan Meluas Hingga Urusan Tata Kota Juga Tersentuh Unsur Kecerdasan

Familiar dengan istilah Smart City? Yup inilah konsep yang diinisiasi oleh Suhono S. Supangkat dari ITB. Kota tak lagi hanya menjual soal “keindahan dan kecantikan” namun juga harus bersifat smart.

Menurutnya, Smart City adalah kota yang bisa mengelola Sumber Daya Alam (SDA), Sumber Daya Manusia (SDM) dan sumber daya lainnya sehingga warganya bisa hidup nyaman aman dan berkelanjutan.

Seperti adanya transparansi dan partisipasi publik, transportasi publik, transaksi non tunai, manajemen limbah, energi, keamanan, data dan informasi. Hal ini dapat didukung melalui teknologi informasi dan komunikasi. Terbayang menyenangkannya hidup di kota yang di tata macam ini bukan?

Tak Mau Ketinggalan, Urusan Kendaraan Juga Harus Mengadaptasi Ini

Soal “smart dan sexy” ini juga merambat ke urusan kendaraan. Mengingat hal ini melekat dengan kita dan digunakan juga untuk berativitas sehari-hari. Wajar rasanya jika konsep ini juga diterapkan pada kendaaraan kita.

Ambil contoh Yamaha Lexi yang mengusung konsep “Smart is The New Sexy” yang bermakna bahwa sexy tidak hanya tentang penampilan melainkan tentang karakter, sikap dan pola pikir yang Smart. Yamaha Lexi mempunyai 3 pilar konsep Utama

Untuk Smart & Sexy Design, Motor ini mengkombinasikan unsur Luxury dan Elegan dengan bobot yang paling ringan di kelas MAXI YAMAHA. Tampilannya yang berkelas ditunjang desain lampu Grand LED Headlight ditambah eye line biru yang menawan memperkuat kesan mewah dan elegan. Apalagi untuk tipe Lexi-S, desain joknya  memadukan dua tekstur kombinasi yang disatukan dengan motif jahitan elegan membuat tampilan motor menjadi lebih berkelas.

Tak cuma tampilan karena yamaha Lexi ini punya Smart Features. Untuk Varian Yamaha Lexi-S dibekali fitur Smart Key System yang merupakan sistem kunci tanpa anak kunci alias keyless. Kunci ini juga sudah disematkan fitur Immobilizer dan Answer Back System untuk memudahkan pengendara mencari posisi parkir motor.

Berkendara dalam jarak jauh juga kini tidak perlu khawatir karena Yamaha Lexi memiliki bagasi yang luas dan lega untuk menampung barang bawaan lebih banyak. Apalagi, Yamaha Lexi menjamin pengendara tetap terhubung melalui Smartphone karena dilengkapi Electric Power Socket untuk mengisi daya gadget.

Urusan dapur pacu diserahkan pada Smart Engine. Dari segi performa mesin, Yamaha Lexi menggunakan mesin generasi baru Blue Core 125 cc yang disempurnakan Variable Valve Actuation (VVA). Mesin ini secara cerdas akan membuat aksi berkendara lebih efisien, bertenaga dan handal dengan tenaga dan torsi maksimum di setiap putaran mesin. Apalagi Yamaha Lexi dilengkapi Liquid Cooled 4 Valves (LC4V) yang membuat suhu mesin lebih stabil dan performa lebih maksimal.

Tak berhenti disitu Yamaha Lexi dibekali fitur canggih Stop & Start System (SSS) berfungsi untuk mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu pada saat motor sedang berhenti. Apalagi ditambah Smart Motor Generator (SMG) membuat suara motor lebih halus saat dinyalakan. Kalau masih penasaran soal motor satu ini kamu bisa lihat detailnya di halaman ini!

Jadi bagaimana? Kamu sudah siap mengikuti trend smart is the new sexy ini?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Entertainment

Memaknai “Off the Wall” Sebagai Gairah dan Mimpi

Memaknai sebuah kalimat tidak hanya didapuk sebagai pengertian belaka, dapat mengaplikasikan sampai menuangkan dalam suatu media, termasuk dalam pemaknaan. Salah satunya memaknai kata Off the Wall yang kerap tersirat di dalam sebuah merek sepatu yang digemari anak muda sampai orang dewasa, yakni Vans.

Muhammad Faizal Ramadhan atau @fura26_, merupakan artis kustomisasi asal Surakarta yang baru menapaki usia kepala dua, yakni 21 tahun. Pada acara House of Vans yang dihelat di Livespace, SCBD, Jakarta pada Jumat, 30 November 2018 lalu. Faizal berkesempatan mengisi acara Shoe Customization Workshop, ia membimbing beberapa peserta untuk memoles tinta sampai menggambar di media sepatu buatan negeri paman sam ini.

Faizal merupakan final Vans Asia Custom Culture 2018 dari Indonesia. Ia berkesempatan mengadu bakatnya dengan ke-10 seniman kustom dari 11 negara di Asia pada September lalu di Guangzhou, China loh bung. Meskipun tidak menang, tetapi perjalanan pemuda ini bisa sampai menjadi wakil Indonesia cukup panjang. Di mana Faizal berhasil mengalahkan 2000 kandidat dari Indonesia sebelum ia terpilih menjadi representasi Indonesia. Saat di China, ia pun membeberkan sedikit filosofis apa yang terkandung dari sepatu ubahannya.

Pada awal perlombaan di China, Kami (para kontestan Vans Asia Custom Culture 2018) ditantang untuk membawa nama konsep Vans Off the Wall. Dari Konsep itu saya kembangin ke past and future. Saya menceritakan awal terbentuknya Vans, dari era di mana sepatu ini bangkrut sampai bangkit lagi! ya, bisa dibilang saya membahas tentang sejarah sepatu ini,” ungkapnya.

Kalimat Off the Wall dimaknai sebagai gairah dan mimpi, dideskripsikan dengan gambar burung Elang di sepatu ubahannya. Kenapa elang? karena Faizal membayangkan tentang sesuatu yang dapat terbang tinggi dan tak terbatas. Selain itu tak lupa sentuhan khas dari sepatu Vans, yakni motif papan catur. Membuat sepatu vans yang dikustomnya pun sarat makna, tentunya dapat mewakili konsep dari Past and Future, yang diusungnya.

Gairah Faizal dalam menekuni dunia kustom tidak muncul secara tiba-tiba. Tetapi ini dimulai lewat hobinya yang sangat gemar untuk menggambar.  Di mana ia pernah memakai tas dan koper sebagai media imajinasinya sampai berakhir kepada sepatu, yang dia fikir media sepatu sangat menantang untuk dikerjakan.

Saya awalanya menekuni hobi ini pada tahun 2014 ketika saya masih duduk di bangku SMA. Pada mulanya saya memang suka gambar. Kemudian ingin mencoba media baru sampai ujung-ujungnya berakhir kepada sepatu. Bentuknya yang lebih kecil, detail dan menantang, membuat saya tertarik untuk menuangkan tinta saya di sana,” celoteh seniman kustom asal Surakarta ini.

Meskipun di usia yang terbilang muda, namun ia telah menjajaki hal yang panjang dan berada di jalur yang benar sebagai seniman kustom. Terbukti saat menjadi pembimbing Shoe Customization Workshop, di mana ia dengan teliti memberikan arahan kepada para peserta yang sedang bereksplorasi. Meskipun ia menatakan kalau mereka yang turut serta di acara tersebut sudah terbilang piawai.

Rasanya pertama kali ngasih workshop, nggak nyangka kalau antusias temen-temen banyak juga. Selain itu teman-teman yang ikut juga udah pada jago semua haha jadi tinggal di asah dikit lagi saja,” ceritanya saat memberikan workshop yang terjalin dua sesi tersebut.

Keseruan dan antusias dari acara ini, membuatnya merasakan keseruan yang tak disangka. Alhasil ia pun mengharapkan acara bertajuk House of Vans ini tetap selalu ada di tahun-tahun berikutnya.

Acara ini keren sih! baru pertama juga dan antusias masyarakat pun banyak! gua berharap akan ada lagi sih acara ini kedepannya.  Kalau bisa ngundang Steve Van Doren haha,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Personality

Saat Menjadi Pemimpin Rapat, Bung Harus Bisa Mengatur Anggota dengan Erat

Dalam suatu kesempatan, ada kalanya bung ditunjuk sebagai pemimpin rapat. Entah dari segi apa atasan bung menunjuk bung untuk melakukan itu semua, yang jelas itu membuat bung bertanya ke dalam diri apakah bung bisa menjadi pemimpin rapat? Sebelum bung pesimis dengan apa yang bung lakukan, alangkah baiknya mengamati apa saja bung yang lakukan untuk menjadi pemimpin rapat. Salah satunya adalah berusaha mengatur anggota dengan erat.

Keeratan anggota rapat menjadi salah satu kunci bagaimana rapat berjalan dengan baik. Dibalik tujuan rapat yang ingin menciptakan suasana yang kondusif, efisien dan efektif. Untuk itu, agar kamu dapat menjadi pemimpin rapat yang baik hal yang harus kamu lakukan adalah mengetahui beberapa kesalahan pemimpin rapat.

Bukan Pelit Waktu, Namun Ingat Tujuan Rapatmu

Seperti tujuan awalnya yang efektif, mengharuskan rapat itu tidak memakan banyak waktu. Usut semua masalah dengan tuntas tanpa harus menghabiskan banyak waktu lantaran banyak beberapa hal yang mesti dikerjakan. Ketidaktegasan pemimpin rapat dalam menentukan batasan waktu dapat membuat semua topik yang dibahas akan mengambang. Rapat yang makan waktu selain mengganggu waktu kerja, juga membuat anggota merasa bosan.

Pemimpin Rapat Kerap Lupa Melibatkan Anggota

Salah satu kesalahan yang kerap dilakukan pemimpin rapat karena terlalu asyik berbicara sendiri, sehingga melupakan anggota yang ada di depannya. Rapat itu komunikasi dua arah, bukan satu arah seperti seseorang yang sedang berceramah.

Anggota rapat dan pemimpin sama-sama mencari jalan keluar sekaligus strateginya. Selalu melakukan pendekatan kepada para anggota agar tidak segan memberikan kontribusi dan partisipasi.

Wajib Menghentikan Apabila Perdebatan Menjurus Emosional

Perdebatan dalam rapat adalah hal wajar, yang terkadang memang terjadi secara natural karena perbedaan pendapat yang cukup tajam. Sebagai pemimpin rapat, sangat disarankan untuk menyaring perdebatan dengan membedakan apakah sifatnya masih objektif atau sudah mengarah emosional. Apabila sudah mengarah emosional sudah waji untuk dihentikannya karena dapat merusak ritme kerja ke depannya.

Komunikasi Tidak Berakhir dengan Hasil Diskusi

Dalam sebuah rapat tidak hanya pemimpin saja yang memegang peranan, bung mesti ingat karena membutuhkan anggota lain untuk menuliskan hasil rapat dan menentukan hasil diskusi. Dengan begitu diskusi yang digelar tidak berjalan sia-sia. Konon, masalah lain yang muncul adalah kurangnya komunikasi antar pemimpin dan penanggung jawab rapat.

Jangan Sampai Rapat Berjalan Tidak Sesuai Rencana

Apa yang sudah direncanakan jangan sampai berbeda dengan kenyataan. Karena apa yang dijadwalkan sudah ditetapkan dengan matang jangan sampai melenceng dari jadwal. Makanya beberapa hal yang seharusnya sudah dirapatkan jangan keluar dari agenda, karena pemimpin rapat yang kurang tegas sehingga rapat tidak sesuai rencana.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Kunci Hidup Bahagia Adalah Menjaga Kehidupan yang Stabil

Salah satu hal yang membuat hidup seseorang tidak stabil adalah tidak tangkasnya dalam menghadapi keadaan darurat. Salah berekasi dapat membuat hidup seseorang hancur berantakan, alhasil ke depannya itu akan menjadi tantangan yang menyulitkan. Kerap panik dan tidak tenang mengakibatkan seseorang jadi salah mengambil keputusan. Lantas bagaimana caranya menjalani hidup dengan stabil?

Tenang, menjadi salah satu kunci untuk menjalani hidup agar stabil. Tidak pernah satu orang pun menjalani hidup tanpa ada masalah bung. Bahkan sampai orang besar macam Barrack Obama sekalipun, pasti pernah mengalami masalah. Namun, cara mereka mampu mengatasi masalah menjadikan kehidupannya cukup stabil. Apalagi karena ia mampu menyelesaikan masalah dengan baik, otomatis segala hal yang mengganggu hidupnya hilang seketika.

Jangan lupa untuk selalu menyiapkan backup plan dalam setiap hal yang kamu jalani. Faktor keberuntungan memang ada, tetapi kalau kamu berharap akan itu sama saja bohong dong. Kepercayaan diri dan pengendalian diri yang kuat mampu membuat setiap masalah seperti tidak ada bobotnya! atau tidak ada yang berat.

Nah, hal yang perlu kamu perhatikan untuk menjaga kestabilan dalam kehidupan adalah keuangan, keputusan sampai pengendalian pikiran.

Mengatur Alur Keuangan Memiliki Andil Kehidupan yang Stabil

Toh bung pun tahu, uang menjadi faktor penting dalam kehidupan. Tanpa uang nampaknya hidup di jaman sekarang rasanya mustahil. Maka dari itu bung, untuk menjaga keuangan agar stabil dengan menyusun anggaran keuangan.

Anggaran ini membantu bung mengalokasikan penghasilan dan mengelola untuk berbagai kebutuhan, misalnya membeli kebutuhan pokok atau bayar cicilan atau investasi. Dengan membuat anggaran seperti ini, bung bisa membuat perhitungan yang tepat dalam mengatur keuangan.

Menyisihkan Setiap Penghasilan, Guna Mempersiapkan Hal yang Tak Diduga

Kita tak bisa menduga apa yang terjadi ke depannya, dan kita pun tak bisa memprediksi secara tepat apa yang terjadi di hari esok. Menyisihkan pemasukan, dirasa paling aman guna menjaga hidup agar stabil. Selain berjaga-jaga untuk hal yang tak bisa diduga, ini juga perlu dilakukan untuk mengamankan masa depan. Menabunglah secara teratur setiap bulan, dan itu akan menjadi tanggung jawab bung. Jelas ini akan memilki efek jangka panjang.

Jangan Terburu-buru Mengambil Keputusan

Seperti yang sudah dijelaskan, bung tidak boleh panik dan selalu tenang meskipun dalam kondisi mendesak sekalipun. Atur nafas  dan belajar menganalisi tentang keputusan yang diambil. Mengambil keputusan sama dengan berucap, sebelum dikeluarkan mesti dipertimbangkan dulu apakah dampaknya negatif atau positif.

Seseorang yang tidak bisa menghadapi tekanan dengan terburu-buru mengambil keputusan akan rugi, lantaran hal-hal yang seharusnya bisa ditata malah jadi berantakan.

Optimis Boleh, Tapi Selipkan Juga Rasa Pesimis Untuk Jaga-jaga

Bung bisa terus optimis dengan apa yang bung lakukan dan rencanakan, karena itu hal yang diperlukan kala sedang berusaha. Tetapi ada kalanya bung harus menyelipkan rasa pesmisis guna berjaga-jaga. Menyelipkan pemikiran pesimis hampir sama dengan istilah prepare for the worst.

Setiap hal tidak selalu sama seperti yang kamu inginkan, ada kalanya kamu harus memikiran hal buruknya sehingga bung jadi memikirkan rencana apa yang akan bung ambil apabila gagal. Kalau bung selalu optimis, takutnya apabila ada rencana yang berbau kegagalan bung malah menaruh harapan karena saking optimisnya.

Agar Makin Stabil bung Juga Tak Boleh Salah Pilih Roda Dua

Guna menjaga kehidupan yang stabil perkara roda dua juga tak boleh salah pilih. Kalau ditanya apa pilihannya apa, bagaimana kalau All New Suzuki Satria F150? berbicara stabil, motor ini terbilang stabil karena adanya teknologi liquid Cooled System dengan radiator yang lebih besar yang mampu membuat suhu mesin tetap stabil loh, sehingga kinerja mesin akan lebih maksimal.

All New Suzuki Satria F150 tetap mengusung tema Hyperunderbone. Dapur pacu tetap bertenaga ekstra lewat pemilihan 1150 cc DOHC 4 valve. Semburan tenaganya bisa mencapai 13,6 KW pada 10 ribu RPM. Sementara torsinya mencapai 13,8 KW pada 8500 RPM. Sistem bahan bakarnya menganut injeksi dengan pengapian standar euro 3. Harga yang dibanderol untuk motor sekelas ini pun hanya Rp 22 juta (OTR Jakarta).

Nah, bagaimana bung apakah pemilihan tunggangan ini sudah cukup stabil?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top