Otomotif

Rantai Motor Sering Kendor Tidak Terjadi Begitu Saja, Jelas Ada Penyebabnya Bung

Beban Muatan Kendaraan yang Berlebihan

Percaya atau tidak, beban muatan yang terdapat di kendaraan juga dapat berpengaruh ke kendornya rantai. Secara teori kalau motor Bung tadinya sering dipakai sendiri, kemudian Bung malahan sering berboncengan itu dapat membuat rantai kendor. Karena beban muatan yang dialami motor tidak seperti biasanya. Jadi perhatikan beban muatan Bung karena itu dapat berpangaruh.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Keren

Modifikasi BMW 310 GS Jadi Scrambler Garang yang Pas Menemani Aktivitas Harian

Setiap modifikator memiliki selera tersendiri dalam mengubah motor, salah satunya yang dilakukan bengkel asal Swiss, VTR Custom saat merombak BMW G 310 GS jadi Scrambler Jangkung. BMW G 310 GS sendiri hasil garapan BMW Motorrad dan TVS yang mengusung gaya petualang dengan kapasitas 300 cc.

Gaya modifikasi motor scrambler memang cenderung masih sama dengan gaya motor bawaan pabrik. Ergonomisnya posisi berkendara acap kali jadi pilihan pengendara menggunakan roda dua untuk menemani aktivitas sehari-hari. Kecenderungan untuk memodifikasi motor BMW G310 GS salah satunya menaikkan popularitasnya di Swiss. Namun dibalik itu semua tujuan modifikasi adalah untuk bersenang-senang.

Kami pikir BMW G310 GS ini sangat lincah, menyenangkan, dan mudah untuk dibawa berkendara. Yang kami lebih sukai untuk perjalanan singkat, dibawa keluar setelah pulang dari bekerja. Untuk itu kami memodifikasinya agar makin populer di Swiss,” ujar Dani Weidmann dari VTR Custom dikutip dari Bikeexif.

Tidak ada yang diubah dari suspensi depan, rangka utama, pelek dan mesin tetap bawaan pabrik. Sisi penyegaran dilakukan dengan mengurangi bagian-bagian pada body agar tetap sederhana dan yang tersisa asli hanya tutup tanki. Sayang seribu sayang, ubahan motor ini tidak dapat bung nikmati dengan pasangan karena didesain untuk satu orang.

Motor ubahan ini terkesan lebih jangkung karena rangka yang diwarnai coklat dan menggunakan ban pacul TKC 80 memberi tampilan agresif. Sentuhan bengkel juga menjamah bagian kokpit yang dirombak total, menggunakan lampu bulat klasik, menambahkan spakbor kecil yang membuat Scrambler ini semakin jadul. Agar semakin garang, VTR mempercayakan kepada pabrikan Akrapovic.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Tahu

Risiko Besar Mengintai Jika Mudik Pakai Motor, Lebih Baik Kuda Besi Dikirim Paket Saja Bung

Meskipun lebaran masih bulan depan, bisa diprediksi arus pemudik yang menggunakan sepeda motor tetap banyak. Namun di sisi lain ekspedisi jasa pengiriman sepeda motor juga tak kalah banyak. Jasa ini dapat jadi alternatif bagi pemudik yang ingin memaketkan sepeda motornya dibanding mengambil risiko saat pulang ke kampung halaman. Seperti kita tahu, angka kecelakaan pemudik dengan roda dua selalu tinggi tiap tahunnya.

Ekspedisi jasa pengiriman sepeda motor tentu memerlukan biaya agar roda dua aman sampai tujuan. Tarif yang dipatok ditunjuk sesuai dengan daerah tujuan. Seperti dikatakan langsung oleh Raehan Meyferdi selaku petugas bagian administrasi Pos Kalog Express.
Kalau ke Jawa Tengah, karena di sini banyak yang ke Yogyakarta, untuk motor bebek ongkos kirimnya saja Rp500 ribu,” ungkapnya dilansir 100kpj.

Biaya tersebut belum termasuk dengan ongkos pembungkusan motor sebesar Rp 50 ribu. Persyaratan untuk mengirimkan motor sangat mudah, pemilik motor hanya perlu menyiapkan STNK asli dan foto kopi BPKB. Hal ini penting untuk menjamin keaslian dan kendaraan.

Syarat yang paling utama adalah sepeda motornya sendiri, kemudian STNK asli, lampiran BPKB, dan kunci,” kata Branch Manager PT Herona Express, Windu Widiarto.

Saat pemilik ingin mengambil motor tersebut hanya perlu menunjukkan tanda terima, identitas pribadi serta Buku Pemilik Kendaraan Bermotor.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Tahu

Ingat Bung, Lupa Perpanjang STNK 2 Tahun Maka Plat Nomor Akan Dihapus

Nampaknya setelah membaca judul bung langsung mengecek STNK dan memperhatikan masa berlaku.  Yap, kewaspadaan itu wajar kalau datang, apalagi plat nomor akan dihapus apabila sudah lewat jangka waktu dua tahun. Tak bisa protes, bung harus siap-siap nomor plat tersebut akan hilang dari peredaran. Setelah STNK mati maka kendaraan akan dihapus dari samsat. Dengan kata lain mobil atau motor akan berganti status jadi bodong alias tidak terdaftar!

Kasubdit Regident Polda Metro Jaya, AKBP Sumardji menyatakan kalau hal ini diterapkan dalam waktu dekat. Sebab secara aturan dan undang-undang sudah jelas tinggal menunggu keputusan Kakorlantas Polri. Sebelum diputuskan, untuk sekarang ini masih dilakukan sosilisasi guna memberikan informasi yang akurat.

Yap, peraturan ini akan berjalan tinggal menunggu keputusan Kakorlantas Polri. Sejauh ini pihak Korlantas telah melakukan kajian secara umum dengan kata lain setuju akan aturan tersebut. Mengingat aturan telah tertuang dalam undang-undang yang berlaku. Aturan tersebut terdapat dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), Pasal 74 dan Peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2012 Pasal 110.
Adapun bunyi UU Nomor 22 Tahun 2009 pasal 74 sebagai berikut:

1. Kendaraan Bermotor yang telah diregistrasi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 64 Ayat (1) dapat dihapus dari daftar registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor atas dasar: a. permintaan pemilik kendaraan bermotor, atau b. pertimbangan pejabat yang berwenang melaksanakan registrasi kendaraan bermotor.

2. Penghapusan registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor sebagaimana dimaksud pada Ayat (1) Huruf b dapat dilakukan jika: a. kendaraan bermotor rusak berat sehingga tidak dapat dioperasikan, atau b. pemilik kendaraan bermotor tidak melakukan registrasi ulang sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun setelah habis masa berlaku Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor. 3. Kendaraan bermotor yang telah dihapus sebagaimana dimaksud pada Ayat (1) tidak dapat diregistrasi kembali.

3. Kendaraan bermotor yang telah dihapus sebagaimana dimaksud pada Ayat (1) tidak dapat diregistrasi kembali.

Selain itu kebiasaan masyarakat dalam menjual kendaraan baik roda dua atau roda empat engan tidak memblokir nama serta alamat yang tertera pada STNK. Padahal langkah ini sangat penting untuk menghindari pajak progresif saat membeli kendaraan, juga untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Contoh kasus seperti yang dijelaskan Kasubdit Regident Polda Metro Jaya AKBP Sumardji tentang banyak penunggak pajak kendaraan di DKI Jakarta setelah ditelusuri alamatnya ternyata bukan pemilik mobil. Justru pemukiman biasa yang secara logika tidak mungkin membeli mobil dengan harga ratusan sampai miliaran.

Jadi sebaiknya langsung blokir saja. Setelah diblokir, pemilik baru kendaraan itu ketika bayar pajak harus sekalian balik nama karena kalau diblokir otomatis tidak bisa aktif lagi,” pungkas Sumardji.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top