Sponsored Content

Petal Disk Piringan Cakram Bergelombang Banyak Keunggulan dan Terlihat Gemilang

Piringan cakram seperti petal disk memang banyak keunggulan dan sedang populer digunakan di banyak varian motor zaman sekarang. Piringan cakram dengan model bergelombang ini sering disebut petal disk. Kebanyakan motor masih memakai piringan cakram biasa bung, dan jelas itu sudah kuno dan ketinggalan zaman. Apalagi kalau bung mengetahui tentang seluk beluk mengapa petal disk menjadi fitur bagi motor-motor terbaru di zaman sekarang.

Meskipun memiliki keunggulan, namun ada juga yang tidak mengamini hal ini. Bahkan mengatakan kalau petal disk tidak memiliki manfaat dominan dibanding cakram rem standar yang bulat dan solid. Karena desain petal disk yang cukup estetik menimbulkan anggapan kalau manfaat satu-satunya hanyalah fashion saja. Tapi apakah bung setuju kalau petal disk hanya persoalan fashion saja tanpa keunggulan lainnya?

Estetika Memang Iya, Tetapi Menunjang Performa Tak Boleh Lupa

Memang benar kalau petal disk dari segi penampilan atau model dapat menunjang sisi estetika komponen rem jauh lebih indah dari yang bulat dan solid.  Hal ini tak bisa dipungkiri karena segi desain memang mengacu kepada hal tersebut. Tetapi permukaan petal disk yang bergelombang membuat kampas rem lebih sering menggerus petal disk sehingga pengereman jadi lebih baik dan meningkatkan performa motor. Berbeda dengan cakram rem biasa yang pengereman tidak lebih baik dibanding petal disk.

Cakram Lebih Cepat Dingin Karena Desain Gelombang

Bentuk sekeliling dari petal disk yang bergelombang ternyata berfungsi menarik udara lebih banyak ke bagian dalam kaliper piston rem bung. Sehingga dapat membantu atau mempercepat pendinginan permukaan cakram yang terkena gesekan, bagi bung yang belom tahu kalau permukaan cakram bagian terluar bisa mengalami panas berlebihan apalagi kalau melakukan pengereman dengan durasi yang cukup lama.

Sistem Pengereman Setara dengan ABS

Petal disk dalam pengereman sangat setara dengan ABS, karena area permukaan disk memiliki desain yang bergelombang lantaran ada kala kanvas menerima gesekan area cakram yang luas, kemudian berganti gesekan dengan area yang lebih kecil. Kenapa hal ini bisa terjadi? lantaran permukaan cakram yang bergelombang. Apabila momen pengereman dilakukan berulang-ulang bung maka efek yang dirasakan seperti sistem ABS atau Anti Lock Brake System.

Tidak Menutup Mata, Kalau Bung Suka Beraksi di Tikungan

Nah, bagi bung-bung sekalian yang terkadang memiliki hobby cornering khusunya untuk high speed cornering, memiliki petal disk di motor kalian itu sangatlah membantu lho. Petal disk yang bergelombang ternyata mampu mengurangi gaya gyroscopic sehingga motor dapat mudah dikendalikan di tikungan.  Jadi tak salah kalau bung mencoba aksi lihai di tikungan, asalkan petal disk sudah terpasang.

Roda Dua Tanpa Petal Disk, Sebuah Kekurangan yang Tak Bisa Dimaafkan

Fitur-fitur kendaraan yang hadir sekarang sudah semakin canggih bung. Tujuan dari fitur sendiri adalah memberi kemudahan dan kenyamanan. Jadi selagi ada yang memanjakan apabila bung tidak manfaatkan, akan menjadi letak kesalahan selaku pengendara.Sama seperti GSX 150 Band it keluaran Suzuki ini layak untuk bung miliki nih!

Karena ini salah satu motor yang memiliki petal disc brake, yang dapat membuat pengereman maksimal. Tak sampai di situ saja, motor ini juga unggul soal kecepatan dan kenyamanan karena memiliki mesin bandel yakni DOHC yang ditopang mesin fuel injection. Selain itu dilengkapi dengan jok  nyaman yang mampu di bawa harian sampai touring ke luar kota. Gokil kan? maka dari itu GSX 150 Bandit pantas buat masuk ke wishlist

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top