Inspiring Men

Apa Jadinya Jika Seorang Montir Balap Liar Menjalankan Bisnis Online?

Waktu baru menunjukan pukul 16.30 ketika Yomamen tiba di kediaman pria yang biasa di sapa Rakean ini. Masa di mana para pekerja ibu kota masih sibuk berkutat di kantor atau sedang bersusah payah menembus kemacetan ibu kota. Sementara Rakean? Justru sedang asik menyiram tanaman di halaman rumahnya yang asri.

“Saya butuh tanaman-tanaman ini untuk relaks” ujarnya sambil terus bermain air.

Sebagian orang mungkin hanya bisa memimpikan waktu kerja macam ini. Mayoritas aktivitas Rakean memang di habiskannya di rumah. Ruang kerjanya pun secara apik ditempatkan di area halaman belakang. Sebuah ruangan terbuka yang bersebelahan langsung dengan rumput nan hijau.

“Dulu profesi saya montir balap liar” tuturnya membuka obrolan.

Rakean memang bisa dibilang pria multi profesi. Nyaris semua perkerjaan pernah dijajalnya. Mulai dari montir balap liar, buruh pabrik, hingga supir pribadi. Hidupnya pun tak pernah menetap alias berpindah-pindah dari satu kota ke kota lainnya.

Kehidupannya mulai berangsur berubah setelah ia memutuskan menikah. Pekerjaannya kerap kali mengecewakannya dari sisi penghasilan. Pukulan telak pertama adalah ketika istrinya harus melahirkan di kelas tiga rumah sakit dengan fasilitas seadanya.

Keadaan makin tak memihak ketika putrinya memasuki masa kanak-kanak. Pernah satu waktu sang anak meminta dibelikan es buah. Meski dengan susah payah dan menggunakan uang terakhir yang tersisa, Rakean pun berhasil membelikan penganan dimaksud. Sayang tanpa disadari, dalam perjalanan pulang kantung plastik yang dibawanya bocor. Tak pelak, oleh-oleh itu pun hanya menyisakan es batu saja ketika sampai di tangan putrinya.

“Itu saya sedihnya luar biasa, saya sudah janji mau membelikan dan uang tinggal segitu-segitunya, hasilnya sisa es batu. Dalam hati saya bertekad semua harus berubah” tuturnya sambil mengingat kejadian pahit tersebut.

Memutar otak ia pun mulai belajar dunia internet. Semua dilakukannya secara otodidak. Beragam forum disambanginya untuk menggali ilmu. Dengan amunisi yang dirasanya cukup, ia pun menemui kawannya yang menjadi vendor motor-motor listrik untuk industri.

Produk inilah yang dipasarkannya secara online. Ia memilih market business to business alias B2B untuk usahanya ini. Ketika ada yang memesan via online ia akan membelinya ke kawannya untuk kemudian dikirimnya ke si pemesan.

Proses ini mulai membuahkan hasil di enam bulan pertama perjalanan. Bisnisnya pun terus berkembang hingga ia berhasil menggaet langsung vendor alat-alat industri asal manca negara. Sistem kerjanya masih sama, ia cukup memasarkan sementara barang di suplai dari sang vendor.

Ketika usahanya makin pesat, Rakean mulai berpikir global. Ia tak cuma ingin menangani pemesanan dalam negeri. Badan usaha pun didirikannya dengan sejumlah karyawan membantunya. Pelanggan regional asia pun berhasil direbutnya. Semua berhasil dikendalikannya dengan bekerja dari balik komputer di rumahnya.

rakean

Tapi bukan Rakean namanya jika ia lekas berpuas diri. Pengalaman pahitnya di masa lalu membawanya ke bentuk petualangan lain. Ia tak ingin orang lain mengalami kesulitan ekonomi macam dirinya dahulu.

Karena itu ia memutuskan untuk membuka sekolah internet marketing dalam bentuk forum. Ilmunya disebar dalam forum tersebut. Karena tujuannya untuk pembelajaran bersama dan tak ingin memberatkan, ia hanya mensyaratkan masing-masing member membayar 1 dollar alias 10 ribu rupiah. Wajar jika kemudian forumnya dibanjiri hingga 2000 member.

Kami pun coba berhitung, jika telah ada 2000 member dan masing-masing membayar 10 ribu berarti secara tak langsung sudah ada 20 juta rupiah yang dihasilkan. Berhenti sampai disitu?

Tidak, karena mereka yang ingin serius di bisnis online pastilah membutuhkan hosting alias tempat menaruh website mereka. Bekerja sama dengan penyedia jasa hosting ternama, Rakean menawarkan kepada membernya harga khusus yang super murah.

Dari setiap orang yang mendaftar ia mendapatkan fee dari perusahaan tersebut sebesar 140 dollar dibayar dimuka, meski si member hanya dikenakan tarif 0,01 dollar di bulan pertamanya dan sekitar 10 dollar dibulan berikutnya. Dengan angka ini berarti ia berhasil menyisihkan sekurangnya 140 dollar dikalikan 2000 member terdaftar.

Tapi toh angka-angka itu hanya dianggapnya sebagai bonus. Tujuan utamanya adalah pembelajaran kepada mereka yang masih awam di dunia bisnis online. Maklum, karena menurutnya selain menawarkan kemudahan, internet juga menyimpan predator yang siap memangsa siapa saja.

“Patokannya mudah, jangan mudah tergiur iklan bombastis. Jangan pernah mencari di google cara cepat dan mudah kaya dari internet jika ingin berbisnis online. Karena kalau ada yang menjanjikan cara cepat dan mudah kaya dari internet, hampir bisa dipastikan itu bohong. Tak ada yang mudah dan instan, tapi semua bisa dipelajari lewat proses” jawabnya bijak.

Ia pun kini sedang menuju proses yang lain. Di depan ia sudah merencakan untuk punya produk sendiri yang akan dipasarkannya secara online. Selain itu tujuannya berbagi ilmu ingin dimaksimalkannya lewat membangun sekolah-sekolah offline di beberapa tempat.

Itu lah Rakean!

[box type=”info”]Tips Memulai Bisnis online ala Rakean

1. Mulailah dengan Nge-blog. Aktivitas membuat blog ini mengajarkan dasar-dasar berbisnis online yang diperlukan nantinya. Seperti membuat konten, marketing, social media dan lainnya.

2. Persiapkan sekurangnya 1 juta rupiah untuk bisa membiayai aktivitas yang meliputi membeli domain, membeli hosting untuk enam bulan pertama.

3. Bergabung dengan forum, group FB yang mendukung aktivitas ini.

4. Kecuali untuk branding dan membuat koneksi, maka matikan social media selama bekerja online.

5. Jangan mudah tergiur dengan mimpi-mimpi yang ditawarkan berbagai pihak. Kesuksesan tak mungkin dibangun dalam semalam.

6. Jangan segera berhenti dari pekerjaan sebelumnya, sebelum menemukan bentuk bisnis online yang bisa menghidupi untuk jangka waktu yang lama.[/box]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Agar Hati Nyaman Tak Terusik Meninggalkan Motor Di Kala Mudik




Ingat Bung, mudik naik motor sangat tidak dianjurkan oleh pemerintah! Masih mau nekat? Sebagian Bung mungkin merasa mampu melakukannya. Apalagi sudah biasa touring jarak jauh.

Tapi mudik itu bukan cuma perkara perjalanan jarak jauh. Ketika itu kondisi jalanan sedang padat-padatnya. Situasi tidak senyaman perjalanan luar kota seperti ketika kita touring bersama kawan-kawan. Risiko tinggi bahkan nyawa taruhannya.

Karena itu baiknya kendaraan roda dua ditinggal dulu selama kita melaksanakan mudik. Namun tentu masalah lain kemudian muncul. Meninggakan motor kesayangan dalam jangka waktu lama bikin hati tak tenang. Perlu siasat agar hati tetap nyaman meninggalkan motor di rumah selama mudik.

Titip Tetangga Kalau Rumahnya Cukup Lega

Langkah ini bisa Bung lakukan apabila punya hubungan yang cukup dekat dengan tetangga. Terutama jika rumah yang hendak dititip cukup luas dan si tetangga tidak melaksanakan mudik lebaran.

Jangan lupa juga untuk menitipkan kuncinya, sekaligus perbolehkan untuk si tetangga menggunakan motor kita. Dengan begini motor akan tetap terpakai selama kita mudik, dan tak khawatir motor tidak dipanaskan. Nantinya sebagai rasa terima kasih jangan lupa bawakan buah tangan dari kampung halaman untuk mereka ya.

Tak Bisa Dititip? Usahakan Masuk Ke dalam Rumah

Skenario ini harus ditempuh seandainya tetangga terdekat juga ikut mudik pulang kampung. Jangan perlakukan motor seperti biasanya ketika kita beraktivitas sehari-hari. Karena selama ini kita hanya memarkirkannya di teras rumah agar mudah keluar masuk.

Mengingat akan ditinggal lama, kali ini motor harus dimasukan ke dalam rumah. Letakan pada posisi yang lebih dalam agar lebih aman. Sedikit merepotkan tak mengapa asal hati tak was-was di kampung halaman.

Pakai Kunci Tambahan Agar Lebih Aman

Metode ini terkesan sederhana namun terbukti masih cukup ampuh. Pasanglah kunci pengaman tambahan di motor. Selain itu berikan juga gembok tambahan untuk pintu dan pagar rumah.

Meski harus mengeluarkan budget lebih besar, namun belilah perangkat gembok dan pengaman yang mumpuni. Beberapa sudah dilengkapi bahan anti potong dan anti cairan perusak gembok.

Tentunya Lebih Nyaman Untuk fitur Motor Yang Canggih

Nah beruntunglah mereka yang punya motor dengan sistem keamanan canggih. Contohnya Yamaha Lexi-S yang sudah dibekali fitur Smart Key System. Ini merupakan sistem kunci tanpa anak kunci alias keyless.

Tentunya fitur macam ini akan membantu kita bebas dari tangan-tangan jahil yang sering menggunakan modus kunci T untuk mengambil motor. Dan kalau pun starter dipaksa diputar, motor tidak akan hidup karena sudah dilengkapi teknologi immobilizer.

Mudik Lebih Nyaman Ketika Tahu Motor Siap Menanti Ketika Kembali

Hati akan lebih nyaman jika tahu bahwa motor akan baik-baik saja ketika kembali. Menyenangkan jika mesin tak rewel ketika akan dinyalakan setelah sekian lama bukan?

Nah tentunya teknologi macam yang disematkan pada Yamaha Lexi akan sangat membantu mesin tetap lancar digunakan setelah sekian lama. Motor ini sudah dilengkapi Smart Motor Generator (SMG) yang memudahkan motor hidup dan membuat suara motor lebih halus saat dinyalakan.

Apalagi Yamaha Lexi menggunakan mesin generasi baru Blue Core 125 cc yang disempurnakan Variable Valve Actuation (VVA) sehingga pengendara akan merasakan sensasi berkendara efisien, bertenaga dan handal dengan tenaga dan torsi maksimum di setiap putaran mesin.

Motor sudah hidup, saatnya menikmati jalanan di waktu liburan tersisa. Berkeliling ke tempat liburan atau mengunjungi kerabat jadi alternatif yang menyenangkan menghabiskan masa berlibur.

Nah, untuk melakukannya tentunya kita butuh motor yang cocok digunakan untuk kegiatan tersebut bukan? Jawabannya ada di Yamaha Lexi yang luas dan nyaman dikendarai jarak jauh. Sebab Yamaha Lexi memiliki big luggage capacity yang mampu menampung barang bawaan lebih banyak. Apalagi, Yamaha Lexi menjamin pengendara tetap terhubung melalui Smartphone karena dilengkapi Electric Power Socket untuk mengisi daya gadget.

Berbeda dengan MAXI YAMAHA lainnya, Yamaha Lexi merupakan satu-satunya motor MAXI yang memiliki ruang pijakan kaki luas sehingga memberikan kemudahan bagi pengendara untuk menaiki sepeda motor. Spacious Flat Foot Board ini juga memberi kenyamanan posisi berkendara dengan dua posisi kaki khas MAXI YAMAHA.

Berbekal joknya yang bertipe long seat, menjanjikan kenyamanan berkendara baik individu maupun saat berboncengan. Pengendara bisa dengan nyaman membawa kekasih, pasangan, atau sahabat untuk bepergian bersama Yamaha Lexi. Kalau masih penasaran soal motor satu ini kamu bisa lihat detailnya di halaman ini!

Selamat mudik Bung!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top