Sponsored Content

Aura MotoGP Di Suzuki GSX-R150

Sejak diperkenalkan akhir 2016 yang lalu, tipe terbaru Suzuki ini memang sangat dinanti penggemar motor sport di Indonesia. Pasalnya, varian kali ini menggendong kode yang sama dengan motor berkapasitas besar nan legendaris milik Suzuki, yaitu GSX. Tak tanggung, Suzuki mengeluarkan dua varian sekaligus yaitu tipe GSX-R150 dan GSX-S150. Varian bertipe R inilah yang digadang-gadang untuk memuaskan hasrat penggila MotoGP.

Tampil dengan model full fairing, GSX-R150 tampilannya memang tampak serupa dengan tunggangan pebalap di arena MotoGP. Lampu depan yang menyudut tajam memberikan kesan yang sangat agresif. Struktur jok pengemudi dan penumpang yang tinggi makin memperkuat kesan ini, karena posisi berkendara jadi menunduk.

Jika dirasa masih kurang, Suzuki juga menyediakan asesoris tambahan berupa winglet yang lagi-lagi merupakan turunan dari MotoGP. Rasanya bisa dibilang, baru Suzuki yang punya opsi sayap ini. Dan bukan cuma sekedar tampilan, winglet ini juga diklaim berfungsi untuk menambah downforce.

Mengikuti perkembangan tren warna yang disukai oleh publik Indonesia, Suzuki GSX-R150 hadir dalam 5 pilihan warna yaitu Metalic Triton Blue, Titan Black, Solid Black/Gloss, Brilliant White dan Stronger Red. Desain grafisnya sendiri dibuat lebih simple untuk mempertahankan kesan elegan.

Namun dengan menyematkan nama besar GSX yang sudah malang melintang selama 30 tahun sebagai legenda motor sport, tentunya Suzuki tak hanya mau mengandalkan tampilan semata. Untuk itu GSX-R150 ini disematkan mesin berkapasitas 150 cc DOHC.

Berbekal mesin overbore, DOHC (Double Over Head Camshaft) dengan kapasitas 150cc dan berkompresi 11,5 : 1 yang sudah dilengkapi teknologi fuel injection yang canggih untuk pembakaran maksimal, GSX-R150 menghasilkan tenaga sebesar 14,1 kw/10.500 rpm dan torsi sebesar 14 nm/9.000 rpm yang tersalurkan dengan kuat melalui transmisi 6 percepatan.

Batas maksimum putaran mesin pun masih dapat dipacu hingga batas 13.000 RPM, menjadikan performa GSX-R150 salah satu yang tertinggi dan terbesar di kelasnya. Konfigurasi mesin macam ini membuat nafas motor ini sangat panjang di setiap giginya. Dari beberapa perbandingan, GSX-R150 ini hanya membutuhkan gigi 5 ketika kompetitornya yang lain sudah masuk gigi 6. Dan konon kabarnya, mesin sesungguhnya masih bisa dipacu melebihi standar itu jika limiternya dibobol.

Serunya performa tinggi ini diimbangi dengan radiator yang besar. Dengan ukuran pendingin air yang besar ini, diharapkan suhu mesin akan tetap optimal meski dipacu dengan tenaga maksimal. Dan pastinya akan tetap nyaman jika dipakai dalam durasi perjalanan yang agak panjang.

Namun, berkaca dari gelaran MotoGP, tenaga besar tentunya akan percuma jika bobotnya berat. Untuk itu Suzuki juga mati-matian memangkas bobot tunggangannya kali ini. Jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan oleh Suzuki GSX-R150 ini, untuk beratnya hanya berbobot 126kg. Sangat jauh jika dibandingkan dengan motorsport 150cc lain, yang rata-rata berat motornya berkisar antara 130-136kg.

Aura modern juga langsung terasa begitu kita duduk di motor ini. Karena kita akan disambut oleh LCD speedometer full digital. Lampu depannya sudah mengadopsi teknologi LED sehingga lebih terang. Sementara jika beralih ke belakang kita akan dimanjakan dengan tampilan knalpot dengan dua lubang pembuangan. Selain membuat tampilan lebih modern, pembuangan double ini juga membuat suara GSX-R150 ini jadi lebih menderu.

Kecangihan tak berhenti sampai situ, karena Suzuki GSX-R150 ini telah dilengkapi fitur canggih seperti Key-less Ignition System. Jadi pengendara tak perlu lagi memutar anak kunci, cukup mengantungi sensor dan menekan tombol starter untuk menghidupkan mesin. Sebagai perbandingan, fitur ini menjadi yang pertama di kelasnya.

Menariknya banderol Suzuki GSX-R150 ini bisa dibilang sangat kompetitif. GSX-R150 memang unggul karena dipatok Rp 27,9 juta, berselisih hingga 5 juta jika dibandingkan kompetitor yang bermain di atas harga 30 juta.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top