Fashion

Pilih Jersey Ori Atau KW?

Tak mau melewatkan momen heboh Piala Dunia 2014 bukan? Salah satu cara menunjukannya adalah dengan mengkoleksi jersey tim-tim yang akan berlaga di babak 32 besar. Terbayang berapa kali kita akan hadir di undangan nobar alias nonton bareng, dan akan terlihat keren menggunakan kostum tim kesayangan.

Nah sekarang problemnya terletak pada urusan kantong. Tidak semua punya kocek tebal untuk membeli jersey yang super mahal tersebut. Lagi pula belum tentu semua kita memahami tingkatan dari jersey sepak bola. Berikut ini tingkatan jersey dari yang termurah hingga termahal.

jersey original

KW

Jersey yang masuk kualitas KW ini adalah kostum yang masuk kasta paling rendah. Paling mudah ditemui dan banyak dijual dipusat perbelanjaan kelas C. Harganya super murah dari 60 ribu sampai 150 ribu. Masalahnya, kualitasnya sangat jauh dari yang aslinya.

Dilihat dari jauh pun kita bisa membedakan jenis bahan yang digunakan. Belum lagi jahitan yang kasar dan sablonan yang terkesan asal-asalan. Kecuali dana benar-benar terbatas, kami tak menyarankan menggunakan jersey ini ke event nobar.

Baca juga: Main Boleh Kalah Tapi Jersey Harus Mewah

AAA

Bukan Jersey orisinil keluaran pabrikan. Biasanya didatangkan dari thailand. Harganya berkisar dari 250 ribu sampai 400 ribuan. Kualitas bahannya menyerupai asli. Pengerjaannya pun sudah sangat rapi. Sampai tag dan kantung plastik pelindung ketika membeli pun sudah serupa aslinya.

Namun untuk mereka yang penggila jersey, jelas tidak akan mudah tertipu dengan jersey AAA ini. Ada detail-detail khusus yang tidak akan bisa disamai oleh kostum yang asli.

Suporter Version

Ini jersey asli keluaran pabrikan dan resmi dilisensi oleh tim bersangkutan. Namun kastanya merupakan yang paling rendah. Biasa disebut juga dengan stadium shirt, kostum ini dibuat untuk konsumsi penonton di stadion. Tampilannya berbeda secara detail dengan yang digunakan oleh para pemain. Harganya dijual mulai dari Rp600 ribuan.

Replica

Bentuk dan detailnya sudah serupa dengan yang digunakan pemain di lapangan hijau. Mereka yang tak memahami seluk beluk tingkatan orisinalitas tidak akan bisa membedakannya. Harganya berkisar antara Rp600 ribu sampai Rp800 ribu

Baca juga: Serba-serbi Jersey Tim Piala Dunia Brasil 2014

Player to Replica

Spesifikasinya hanya sekitar 80 persen di bawah yang digunakan oleh para pemain dilapangan. Statusnya dijual bebas di toko-toko resmi olah raga. Harganya mulai Rp800 ribu hingga Rp1,5 juta.

Player Issue

Spesifikasinya sudah 100 persen sama dengan yang digunakan oleh para pemain di lapangan. Namun nama, nomor punggung dan patch pertandingan belum tersedia di kostum ini. Harganya berkisar antara 1,5 juta – 2,5 juta rupiah.

Biasanya mereka yang membeli tipe ini akan membeli dan menambahkan asesoris asli untuk nama, nomor dan patch untuk kemudian ditempelkan di kostum yang dibeli. Harga asesoris tambahan ini mulai dari 150 ribu hingga jutaan rupiah tergantung nama pemain.

Baca juga: Serba-serbi Jersey Tim Piala Dunia Brasil 2014 (bagian 2)

Match Issue

Spesifikasinya setingkat player issue namun sudah dilengkapi oleh nama, nomor dan patch pertandingan. Harganya mulai dari 3 juta rupiah.

Match Worn

Ini adalah level tertinggi dari jersey orisinal. Kostum ini adalah yang pernah digunakan oleh para pemain bertanding. Harganya? Variatif dan bisa mencapai puluhan juta rupiah.

2 Comments

2 Comments

  1. embi

    June 12, 2014 at 12:27 pm

    informatif artikelnya 🙂

  2. Manly Collection

    June 30, 2014 at 8:09 am

    Woww jersey sampe puluhan juta ?? kyk gimana pakainya ??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top