Otomotif

Perhatikan Beberapa Titik Sebelum Beli Mobil Klasik, Dari Pada Bung Ketipu Hal Klasik

Mobil klasik udah kaya pacar, apapun rela dilakukan. Tapi bagi bung yang sudah jatuh cinta terhadap mobil klasik, apakah mengetahui seluk beluk tentang mobil klasik? Jangan sampai ngaku suka dengan mobil klasik tapi nggak paham nih. Karena sayang loh kalau bung nggak mengetahui seluk beluknya.

Maka dari itu bagi bung yang suka dengan mobil klasik ada beberapa titik yang harus diperhatikan sebelum kepincut dan berniat mengeluarkan uang. Dilansir dari Otospector, beberapa titik ini bisa bung perhatikan dengan mata telanjang asalkan bung teliti, guna mendapatkan mobil klasik namun kualitas masih asik.

Nah bagi bung yang nggak tahu, simak nih beberapa titik yang harus bung perhatikan secara matang sebelum membelanjakan uang demi mobil klasik kesayangan.

Coba Periksa Sasis dan Kaki-Kaki Mobil

Kalau bung ingin memiliki mobil klasik dengan tampilan prima alias bisa di bawa berjalan-jalan, bukan cuma sekedar mejeng di garasi doang. Periksa sasis dan kaki-kaki mobil tua menjadi bagian vital yang harus diamati dan nggak boleh terlewatkan.

Karena sasis dan kaki-kaki mobil klasik atau tua ini sudah mulai ringkih, sangat berpotensi akan ada masalah di jalan. Toh sayang kan kalau punya mobil klasik cuma dipajang doang tapi nggak diajak jalan. Untuk itu mintalah melakukan pengecekan khusus untuk bagian sasis dan kaki-kaki agar anda dapat mnegetahui kondisi kesluruhan dari depan hingga belakang.

Cek Gas Buangan Pada Knalpot, Apakah Masih Dalam Kondisi Baik Atau Dalam Status Repot

Untuk mengecek apakah mesin mobil masih dalam kondisi terbaik, indikasinya teradap pada knalpot. Dengan melihat gas buangan yang terjadi pada mobil klasik tersebut, apakah masih mengeluarkan air. Jika knalpot masih mengeluarkan air artinya tidak ada kebocoran oli.

Ketika bung melakukan cek kendaraan, coba minta pemilik atau bung sendiri untuk menguji coba mobil dalam waktu beberapa menit. Gunanya untuk cek emisinya apakah mesin mobil masih tergolong baik. Lantas tahu baik dan buruknya dari mana?

Tahu baik dan buruknya terlihat dari jelaga yang tersisa di knalpot, apabila tidak basah dan temperatur mobil dalam kondisi normal berarti mesin mobil klasik yang bung taksir masih tergolong baik.

Karburator Soak Akan Berpangaruh Pada Bahan Bakar

Untuk mobil-mobil terbaru di era sekarang telah menggunakan sistem injeksi untuk pembakarannya. Sedangkan mobil-mobil lawas lebih menggunakan karburator. Bagi bung yang tidak tahu, karburator memiliki fungsi mencaput udara dan bahan bakar untuk menghasilkan pembakaran yang sempurna.

Untuk menghindari mobil sering aus sehingga berhenti di pom bensin tiap waktu, bung harus cek karburator, karena karburator yang sudah mulai soak bakal berdampak pada borosnya penggunaan bahan bakar.

Jangan Anggap Sepele Eksterior Mobil Klasik, Karena Harganya Bisa Selangit

Komponen mesin dan yang lainnya memang harus diperhatikan karena itu akan menjadi masalah besar kalau bung menyepelekan. Kisaran harga merombak bagian eksterior mobil antik itu sangat mahal bung, karena bisa jadi mobilnya sudah tidak lagi diproduksi dan juga sangat langka mencarinya.

Bahkan lebih murah menganti bagian onderdil yang usang dari pada eksterior. Untuk itu bung harus pertimbangkan kondisi mesin maupun badan mobil dan cari tahu perkiraan biaya yang harus bung keluarkan, biar nggak kaget bung.

Terakhir, Surat Kelengkapan Tak Boleh Ketinggalan

Jangan mau untuk membeli mobil klasik yang bodong bung, meskipun mobil klasik tentunya bung harus was-was kan apabila tidak disertai dengan STNK dan BPKB yang jelas. Nah, kelengkapan dokumen dan berkas mobil nggak kalah penting dibanding faktor lainya. Untuk bung yang tertarik dengan mobil era 50-an atau 60-an harus periksa Boekpass, semacam sertifikat kendaraan bermotor sebelum dikeluarkan BPKB.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Keren

Melirik Mobil Bekas Murah, Bisa Dipakai Mudik Untuk Lebaran Sampai Mejeng di Akhir Pekan

Menjelang lebaran yang masuk dalam hitungan hari, beberapa kendaraan bekas tetap jadi incaran untuk dipakai untuk pulang kampung saat mudik lebaran. Namun mendekati musim mudik, membeli mobil baru tentu prosesnya sangat memakan waktu dan tidak mudah, tidak secepat membeli mobil bekas. Duit ada, barang siap, kunci dipegang, mudik pun siap tancap gas dan jalan!

Nah lewat situs Otoasia ada beberapa mobil bekas yang masih bagus untuk ditawarkan kepada bung, yang kepingin memiliki roda empat. Tidak hanya buat mudik. buat mejeng di akhir pekan pun mobil ini masih layak.

Permasalahan membeli mobil baru sungguh amat ribet lho. Jika mobil tidak dalam status ready stock, maka bung harus inden terlebih dahulu dengan menunggu masa pemesanan mobil yang bisa memakan waktu satu sampai dua bulan. Belum lagi urusan surat menyurat sampai TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) yang resmi diterbitkan.

Maka dari itu kondisi waktu sudah sedikit mepet seperti sekarang bisa jadi alternatif. Ya memang membeli mobil bekas itu cocok-cocokan tergantung pembeli, tapi tak serumit membeli mobil baru. Model mobilnya harus disesuaikan dengan budget, setidaknya untuk urusan surat-menyurat tak perlu menunggu proses panjang seperti membeli mobil baru.

Nah disitus tersebut, pilihan mobil bekas sangat beragam dan tak mungkin bung tidak kepincut, minimal satu! yang harus dilakukan pembeli hanya teliti saat membeli dan melihat harga sekaligus kondisi mobil. Lantas apa saja yang ditawarkan?  Mulai dari Toyota Vios, Kia Picanto, Mercedes Benz E-Class, Merecedes Benz C-Class, Nissan Grand Livinan, Honda Stream sampai Honda Jazz. Banyak kan bung? perlu diketahui semua mobil ini bekas dan dibanderol dengan harga di bawah Rp 100 juta.

Bung siap memilihnya?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Tahu

Cicilan Kian Padat? Ada Tips Hemat Selama Berpuasa Bikin Keuangan Selamat

Konon, cicilan membuat pekerjaan semakin semangat karena merasa ada tanggung jawab. Mumpung di bulan puasa ada cara atau kiat-kiat hidup hemat agar kebutuhan dapat dan cicilan tidak telat. Secara logika, pengeluaran selama bulan puasa seharusnya menurun kan bung? karena pengeluaran untuk makan berkurang yang biasanya makan tiga kali sehari jadi dua kali sehari.  Tapi apakah nyatanya demikian? tidak juga bung.

Ternyata ini masalah lagi ke individu masing-masing, ada yang pengeluaran selama bulan puasa malah melonjak jadi 2 sampai 3 kali lipat. Karena banyak agenda dan aktivitas bersama teman-teman dan keluarga, termasuk urusan reunian yang berkedok bukber. Agar tetap hemat, maka bung simak tips-tips berikut ini agar cicilan tidak telat dan kebutuhan juga terpenuhi secara tepat.

Penuhi Kebutuhan dengan Belanja Untuk Satu Bulan Ke Depan

Seperti pengelaman beberapa tahun sebelumnya kalau harga bahan pokok menjelang ramadhan itu kerap naik, bahkan sulit diprediksi. Kenaikan harga ini berdampak besar dengan pembengkakan pengeluaran bulanan.

Agar bisa berhemat, belanja bahan pokok yang sekiranya bisa bertahan lama untuk jangka waktu satu bulan ke depan. Jadi tak perlu membeli barang tersebut saat harga dalam posisi mahal. Selain hemat aktivitas belanja jadi efektif. Manfaatkan promo dan diskon agar pengeluaran jauh lebih hemat.

Membeli Makanan Siap Santap, Dibanding Memasak

Memang kalau memasak makan sendiri jadinya bisa lebih murah dalam kuota jumlah besar seperti untuk satu keluarga misalnya. Tapi jika bung memasak untuk diri sendiri, otomatis pengeluaran akan lebih mahal mulai biaya gas, minyak, listrik serta bahan pokok makanan yang melonjak pengeluaran.

Nah, lebih baik beli makanan jadi di pasar dalam jumlah yang sedikit untuk dirimu sendiri. Dijamin harganya lebih murah dan hemat. Kalau tidak, bung belanja lauk saja dan nasinya memasak sendiri.

Bentuk Daftar Menu Untuk Satu Bulan, Baik Untuk Berbuka atau Sahur

Menata menu makanan untuk penghematan sangatlah berguna, dengan mencatat siapa saja orang dirumah yang ikut menikmati hidangan apabila bung mungkin sudah berkeluarga. Tulis bahan pangan yang dibutuhkan dan berapa jumlah yang dibutuhkan. Melakukan hal ini memudahkan bung untuk menghitung estimasi pengeluaran selama sebulan, selain itu bung tidak akan memiliki makanan terlebih atau yang terbuang.

Mencoba Membuat Kue Lebaran Buatan Bung Sendiri

Harga bahan makanan saat menjelang lebaran serba naik, ini jadi alasan bagi para penjual kue untuk melipatgandakan harga. Sebagai konsumen bung mungkin bakal merasa rugi tapi kalau dipikir lagi ini adalah hal wajar.

Maka dari itu dari pada bung mengeluh, mengapa tidak mencoba membuat sendiri? yang bung perlukan adalah bahan pokoknya saja, tinggal buat variasi seperti kue lebaran apa yang bung suka. Tenang, di Internet banyak yang mengajarkan caranya jadi bung bisa membuatnya, apalagi membuat kue di bulan puasa adalah cara menghabiskan waktu yang tepat.

Membatasi Bukber dengan Cermat

Undangan buka bersama saat bulan puasa biasanya banyak sekali. Dari tajuk temen SD, SMP, SMA sampai kuliah. Bahkan teman kerja dan temen gengmu terkadang memiliki acara sendiri, memang sih tujuannya baik yakni silaturahmi dengan orang lain.

Akan tetapi kalau banyak dari acara tersebut mengadakan di restoran pasti bakal memakan biaya, oleh karena lebih baik pilih mana saja yang sekiranya memang harus bung datangi. Kalau boleh saran, cari beberapa restoran yang memakai promo. Dari mulai kartu debit, kredit sampai finance technology yang menjanjikan cashback.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Tahu

Agar Dilirik Lawan Jenis, Coba Pajang Foto Profil Dengan Mobil Jeep

Agar dapat dilirik secara sempurna oleh lawan jenis kita harus berpenampilan menarik. Secara logika itu satu-satunya jalan apabila ingin dilirik, kan? hal ini termasuk juga oleh kendaraan apa yang bung miliki, karena secara tidak langsung itu termasuk ke dalam bagian penampilan.

Kendaraan memiliki banyak simbol yang dapat diartikan oleh lawan jenis, salah satu simbolnya mungkin adalah kesuksesan. Meskipun arti kesuksesan tak hanya diukur oleh seberapa dalamnya sebuah materi. Namun dibalik itu semua, ada sebuah survei yang mengatakan bahwa memajang foto dengan mobi jeep lebih mudah mendapatkan jodoh. Lantas apakah benar demikian?

Potensi Ketertarikan Lawan Jenis Bisa Meningkat Sampai Ratusan Persen!

Survei ini dilakukan oleh salah satu situs kencan yang cukup terkenal akan beberapa bentuk penelitian, yakni Zoosk. Dalam analisisnya kali ini, Zoosk menyatakan lebih dari 15 juta foto kencan online baik perempuan maupun laki-laki yang memuat foto mobil Jeep dengan berbagai merk, meningkatkan potensi ketertarikan sebesar 243 persen! nampaknya sisi ketertarikan ini sangat universal, karena baik laki-laki dan perempuan kalau merujuk pada survei sangat menyukai foto dengan Jeep. Seperti ada sisi tersembunyi yang tersirat dari mobil garang tersebut.

Bung Foto Dengan Jeep Bakal Terlihat Dua Kali Lipat Lebih Laki

Mungkin masih menjadi pertanyaan kenapa mobil Jeep bisa mendapatkan kesan begitu positif di mata kaum adam dan hawa. Menurut kami ini semua terbentuk dari image mobil itu sendiri.  Jeep itu kalau diibaratkan sebagai sosok, mungkin ia adalah sosok yang macho dan jantan! saat bung menunggah foto dengan  mobil Jeep kami yakin si Nona memiliki pandangan semacam ini. Karena dari tampilan dan bentuk, Jeep tidak termasuk mobil yang mewah bahkan menawan, ia adalah sosok mobil yang kuat diberbagai medan dan mampu melewati rintangan. Sedangkan kalau dipajang oleh perempuan, membuat para laki-laki membayangkan sosok yang tahan banting, seksi dan juga mandiri. Jadi wajar kalau kedua belah gender ini saling tertarik dengan foto unggahan Jeep.

Bagaimana Dengan BMW atau Toyota?

Selain Jeep, Zoosk juga sempat membahas dua merek yang cukup memiliki nama di dunia otomotif, BMW dan Toyota. Keduanya mendapat persentase yang tinggi untuk ketertarikan dari lawan jenis. Secara jelas, BMW lebih tinggi dari Toyota merek yang satu ini mendapat perhatian sebanyak 143 persen, sedangkan Toyota ada di kisaran 73 persen. Hal ini wajar, karena BMW terlihat lebih classy, mewah dan menawan, image tersebut memang melekat kepada perusahaan roda empat asal Jerman ini. Sedangkan Toyota lebih kepada sosok yang family friendly, lantaran perusahaan ini sering merilis mobil SUV yang akrab dipakai keluarga.

Tapi Jangan Mencoba Berfoto Dengan Mobil Jenis Hatchback Ya

Namun secara unik Zoosk menyatakan kalau jenis mobil Hatchback bukan menjadi pilihan bung untuk menarik perhatian lawan jenis, karena jenis mobil ini bakal menurunkan kesempatan untuk mendapatkan perhatian dari lawan jenis. Askmen, selaku situs yang membicarakan seputar laki-laki mengamini hal ini dengan mengatakan 15 persen kesempatan bakal turun.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top