Money & Power

Mau Bikin Klien Setia? Ini Caranya!

Kita sudah kerja keras untuk mendapatkan klien. Tentunya kita tidak menginkan klien tersebut lari dan melongok kompetitor lain. Namun pada kenyataannya persaingan memang sangat ketat. Karena itu kita tidak bisa hanya duduk diam setelah mendapatkan klien. Diperlukan beberapa cara untuk membuat mereka setia.

1. Pahami kebutuhan
Jangan hanya berkonsentrasi pada kebutuhan besar klien. Coba gali apa yang mereka inginkan secara detail. Misalnya jika anda berprofesi sebagai web designer, jangan hanya konsentrasi ke kebutuhan teknis mereka semata. Coba tanya detail mengenai warna, jenis font, ukuran font, dan sejenisnya. Kepedulian akan detail ini dapat meyakinkan mereka bahwa kita memang tertarik bekerja sama dan bukan semata urusan bisnis.

2. Cari detail personal
Selain kita paham tentang brand dan produk klien, kita juga harus memahami detail personal person in charge yang berhubungan dengan kita. Ingat teman bicara kita dalam urusan proyek itu bukan organisasi melainkan orang. Cari detail macam ulang tahun, nama anak, nama pasangannya, makanan favorit, hobi, dan sejenisnya.

3. Cepat memberikan respon
Mereka tidak memiliki jadwal dan bebabn tugas kita. Makanya wajar jika mereka tidak memahami kesibukan kita. Karena itu cobalah untuk menjawab email, telfon, sms, bbm sesegera mungkin untuk menunjukan kita perduli padanya. Jika memang waktunya sangat tidak memungkinkan untuk menjawab saat itu juga, kirimkan pesan singkat yang menyatakan bahwa kita akan menghubunginya segera.

4. Ingat deadline
Jangan silau dengan nilai proyek. Segera perhitungkan kemungkinan waktu kerja dan padatnya pekerjaan yang sedang menanti di depan anda. Langsung negosiasikan di depan, jika deadline yang diberikan klien tidak masuk akal. Lebih baik kita berikan alternatif waktu pengerjaan di awal pertemuan, dibanding menegosiasikan ulang karena kita melewati waktu deadline.

5. Palugada
Apa elu mau gue ada! Begitu istilahnya. Kita sendiri tentunya lebih memilih belanja di hypermarket, dibandingkan harus keluar masuk beberapa toko kan? Karena itu jangan hanya terpaku pada keahlian kita saja. Terus lah menggali dan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan kita. Karena biasanya kita akan sering bertemu klien yang membutuhkan one stop solution

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top