Kisah

Lalu Muhammad Zohri : “Melawan Perjalanan Hidup yang Pahit hingga Juara Dunia Atletik”

Nama Lalu Muhammad Zohri sejak kemarin ramai diperbincangkan atas prestasinya yang membanggakan dalam Kejuaraan Dunia Atletik U-20. Ia finis di posisi pertama dengan catatan waktu yang cukup cepat yakni 10,18 detik dalam nomor lari 100 meter.

Dibalik keberhasilannya mengharumkan nama bangsa, perjalanan hidup yang ditempuh Zohri tidaklah mudah. Sebagai pemuda asli Nusa Tenggara Barat, ia merupakan anak terakhir dari empat bersaudara. Baiq Fazilah (29), Lalu Ma’rib (28), Baiq Fujianti (almarhum), dan Lalu Muhamad Zohri. Sejak tahun 2017, Zohri sudah ditinggalkan kedua orangtuanya menuju Sang Khalik.

Ayahnya, Ahmad Yani meninggal pada tanggal 27 Agustus 2017, dan almarhumah Saeriah wafat pada Februari 2015. Sejak saat itu sang kakak banting tulang demi menyekolahkan dirinya. Baiq Fazilah bekerja sebagai karyawan hotel di Gili Trawangan, Lombok. Ia pun bercerita bahwa dulu Zohri sempat tidak mau lanjut SMA.

Namun, karena dorongan guru sekolah Zohri yang melihat ada bakat yang tertanam di dalam dirinya. Membuat Fazilah rela banting tulang demi menyekolahkan adiknya. Bakat adik bungsunya itu pun sudah nampak sejak Zohri tergabung dalam klub sepak bola SMP. Sang guru olahraga, Rosida, melihat bakat atletiknya. Mulai dari situ Zohri diajak untuk berlatih di Mataram.

Perjalanan karir pria kelahiran tahun 2000 dalam dunia atletik tak bisa dianggap remeh. Kejuaraan dari tingkat provinsi sampai merambah ke nasional, terus merangkak hingga Asia dan dunia.

“Kami tidak pernah sangka Zohri sampai seperti ini sekarang, bangga. Dari dulu dia ini anaknya pendiam,” ucap Fazilah dikutip dari Liputan6

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Komunitas sport

Ini Alasan Tak Perlu ke Gym Buat Olahraga, Di Rumah Aja Cukup!

Pergi ke gym sekarang ini bukan lagi soal urusan kesehatan, tapi juga untuk kebutuhan gengsi. Olahraga di gym dipandang sebagai sesuatu yang keren, apalagi di mata wanita. Cowok yang nge-gym dianggap cowok yang cool karena punya lengan yang berotot dan badan yang six pack!

Tapi, apakah benar kita harus nge-gym biar tetap sehat? Padahal jaminan sehat belum tentu didapatkan dari nge-gym, bisa jadi nge-gym cuma buang-buang waktu, tenaga, dan uang kita. Ini beberapa alasan yang masuk akal, kenapa kamu sebagai cowok nggak harus pergi ke gym, olahraga di rumah juga bisa kok!

Bikin Kantong Cepat Tipis, Belum Tentu Hasil Yang Didapat Sepadan

Saat memutuskan menjadi anggota sebuah gym kamu harus mengeluarkan uang ratusan ribu setiap bulannya. Bahkan ada beberapa gym yang mengharuskan untuk langsung membayar keanggotaan langsung satu tahun. Tentu dalam nominal yang tak sedikit. Padahal kamu belum tentu selalu bisa nge-gym sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Entah itu karena malas, harus lembur kerja atau sederet alasan lainnya. Sayang kan kalau sudah bayar mahal, tapi hasil yang kamu dapatkan malah tak sesuai harapan.

Persediaan Alat Yang Tidak Banyak, Jadi Harus Gantian Kalau Mau Pakai Alat

Kamu akan lebih sering datang ke tempat gym selepas jam pulang kuliah atau kantor, sayangnya hampir sebagian besar orang juga datang pada waktu itu. Memang sih, kamu udah bayar keanggotaan mahal. Namun tak lantas kamu bisa menggunakan semua alat-alat yang ada di tempat gym sesuka hati. Tetap harus ngantri Bro!

Ditungguin Dan Dilihatin Orang Banyak

Oke, setelah mengantri agak lama kamu bisa menggunakan alat fitnes tersebut. Kamu bisa mulai work out. Tapi tunggu dulu, ada orang yang melihatmu dengan pandangan tak sabar. Kalau sudah begitu, bagimana kamu bisa nyaman berlama-lama menggunakannya. Nggak enak kan rasanya kalau ditungguin banyak orang?

Aroma Keringat Dari Banyak Orang Yang Bercampur Bikin Nggak Nyaman

Saat kamu berada di tempat gym, itu artinya kamu akan mencium aroma keringat dari banyak orang. Belum lagi aroma aneka parfum yang bercampur dengan keringat. Kamu yang memang memiliki penciuman sensitif harus bersiap-siap untuk mengantisipasi hal itu.

Intimidasi Dari Anggota Gym Lainnya, Apalagi Kalau Kamu Pemula

Karena masih baru menjadi anggota, tak heran bila kamu terlihat canggung saat menggunakan alat fitnes. Kamu akan merasakan pandangan merendahkan saat salah menggunakan alat-alat yang ada di tempat gym. Belum lagi saat anggota yang lebih senior memamerkan ototnya yang udah jadi di ruang ganti. Sabar ya Bro!

Makin Sering Nge-gym, Nafsu Makan Justru Makin Bertambah

Kian banyak kamu berolahraga, energi yang diperlukan tubuh semakin banyak. Itu artinya nafsu makanmu juga akan meningkat. Kalau tujuanmu nge-gym untuk menguruskan badan, kamu harus mengimbanginya dengan pola makan yang sesuai. Kalau setelah nge-gym, kamu justru jadi makan tak terkendali, lebih baik kamu evaluasi lagi deh program penurunan berat badanmu itu.

Menghabiskan Waktu Yang Nggak Sedikit Untuk Menuju Tempat Gym

Coba hitung berapa jarak dari rumah atau kantor ke tempat gym-mu? Kamu harus memperhitungkan waktu yang akan kamu habiskan untuk menuju tempat gym juga. Pertimbangkan juga berapa lama kamu akan terjebak macet. Kalau kamu justru menghabiskan banyak waktu untuk perjalanan ke tempat gym, rasanya nge-gym di rumah masih jauh lebih baik.

Ingat, Cowok Berotot Akan Kalah Dengan Cowok Buncit Yang Bisa Ngasih Kebahagiaan

Kalau kamu berpikit bahwa dengan memiliki lengan berotot dan perut kotak-kotak akan langsung membuat wanita meleleh, sebaiknya kamu berpikir ulang deh. Toh wanita tak selalu melihat laki-laki hanya dari tampilan fisiknya saja. Laki-laki yang berperut buncit yang peluk-able pun akan dicintai oleh perempuan saat dia bisa ngasih kebahagiaan.

Tak Perlu Ke Gym, Olahraga Di Rumah Juga Bisa Kok!

Kalau kamu bisa melakukan olahraga di rumah dengan hasil yang tak jauh beda, kenapa harus ke gym? Bukan hanya membuat dompetmu tetap terjaga, kamu pun bisa lebih nyaman dan leluasa menyesuaikan waktu. Kamu juga tak perlu membuang waktu untuk berjibaku dengan jarak dan kemacetan untuk menuju tempat gym. Kalau berolahraga di rumah saja bisa, kenapa harus ke gym?

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Health

Cara Mengecilkan Paha Dengan Lima Langkah

cara mengecilkan paha

Sebelum membahas mengenai cara mengecilkan paha, ada baiknya kita mengetahui beberapa hal tentang area otot yang satu ini. Pada dasarnya dilihat dari fisik, para pria lebih diuntung pada area ini. Karena letak dan posisi penyimpanan lemak sejatinya berbeda dan tergantung pada gender.

Hormon testosteron yang dominan pada laki-laki cenderung mendorong kelebihan lemak ke area bawah perut. Sementara estrogen yang dominan pada perempuan mendorong lemak ke arah perut samping, pinggul hingga ke bagian paha. Itu kenapa perempuan lebih sulit mengecilkan otot sekitar bokong, pinggul dan paha.

Di satu sisi ini keuntungan bagi para pria, karena kita akan lebih mudah melakukan olah raga untuk mengecilkan paha. Tapi di sisi lain ini akan jadi bumerang buat mereka yang tidak mau memperhatikannya. Karena banyak ditemui perempuan memiliki paha besar maka dari kaca mata sosial, perempuan lebih diterima jika tidak memperhatikan area ini.

Sementara laki-laki akan langsung diidientikan kurang maskulin jika memiliki paha yang terlalu berlemak. Apalagi ditilik dari fungsi biologis, penempatan lemak di area ini memang diperuntukan untuk membantu wanita ketika nanti dalam kehamilan dan massa menyusui. Jadi buat kita para pria, punya paha yang terlalu besar justru akan membuat kita terlihat feminin.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pada kaum pria bagian paha adalah tempat yang lebih dominan terdapat otot. Berbeda dengan lemak yang bisa dikecilkan, massa otot tidak memungkinkan untuk dikecilkan.

Sementara faktanya beberapa individu memang terlahir dengan otot bagian paha yang besar. Contohnya adalah pada olah ragawan ketahanan fisik seperti angkat besi, pelari, perenang atau pesepeda. Pada dasarnya mereka yang sukses di cabang ini adalah yang memiliki massa otot paha di atas rata-rata.

Ada langkah mudah untuk memeriksa apakah paha kita didominasi oleh otot atau lemak. Pertama, luruskan kaki ke depan. Kemudian kencangkan otot bagian paha. Coba cubit paha bagian atas. Jika kita bisa mengangkat tinggi hasil cubitan berarti paha kita masih didominasi oleh lemak. Dan jika sebaliknya berarti kita memiliki massa otot paha yang besar.

Untuk mendapatkan bentuk yang sesuai, berikut cara mengecilkan paha sekaligus olah raga untuk membentuk otot paha.

Langkah pertama adalah melakukan gerakan berjongkok dengan paha sebagai tumpuannya. Letakan tangan dibelakang leher. Seperti jika ingin melakukan push up. Tegakan badan dengan punggung lurus. Lakukan gerakan turun naik seperti hendak berjongkok. Lakukan gerakan ini hingga otot paha terasa meregang. Turun kan badan hingga ke posisi seolah berduduk.

cara mengecilkan pahaKedua adalah dengan melakukan gerakan squat jump. Gerakan ini ditujukan pada area paha depan, paha belakang, pinggul dan area betis. Lipat tangan di depan dada sambil berdiri tegak. Kepala menghadap kedepan dengan kedua kaki dibuka selebar bahu. Berjongkok lah sambil menarik nafas hingga paha sejajar dengan lantai. Melompatlah tinggi ke udara sambil mengeluarkan nafas dan setelahnya kembali ke posisi semula dengan paha sejajar lantai.

cara membentuk otot paha

Langkah ketiga untuk mengecilkan paha adalah dengan melakukan gerakan menendang ke depan. Ambil baku atau alat olah raga khusus yang bisa menopang berat tubuh. Lemparkan kaki ke arah depan dengan lurus. Gerakan ini bisa dilakukan dua kaki sekaligus atau bergantian antara kanan dan kiri.

olahraga mengecilkan paha

Keempat adalah dengan melakukan olah raga pembakar kalori. Lakukan selama 30 menit sebelum melakukan latihan diatas. Olah raga ini bisa meliputi bersepeda, berlari atau sejenisnya.

Kelima adalah dengan melakukan diet kalori. Makanan mengandung lemak dan karbohidrat harus dikurangi. Konsentrasikan makanan pada unsur protein. Diet ini harus dilakukan dalam jangka waktu panjang.

Dengan melakukan 5 cara mengecilkan paha ini dalam 3 bulan kita sudah bisa melihat perubahan yang kita inginkan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Health

Video cara melatih otot six pack

membentuk six pack

Salah satu otot yang sulit untuk dilatih adalah perut. Berikut video yang menunjukan latihan untuk perut yang bisa dilakukan di rumah

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top