Lebih Tahu

Kepolisian Hadirkan Tilang Elektronik guna Mencegah Pungli, Bagaimana Mekanismenya?

Maraknya pungli yang dilakukan oleh beberapa oknum kepolisian, berimbas buruk pada citra polisi. Sehingga tidak salah kalau banyak orang yang merasa kesal dan sebal. Meskipun saat melanggar, si pelanggar juga melakukan hal yang kerap dibenci, yakni menyuap demi dimudahkan, tak perlu melewati jalur hukum yang belibet.

Banyak juga yang merasa kesalahannya dibuat-buat oleh kepolisian di lapangan dan merasa dirugikan saat dikenakan tilang. Sehingga mereka berpegang teguh apa yang dikatakan oleh almarhum Gus Dur, “Di Indonesia ini hanya ada tiga polisi jujur, yakni polisi tidur, patung polisi, dan Hoegeng.”

Namun untuk mencegah citra ini terus mengakar, sekaligus menjadi sebuah inovasi agar merapat ke arah teknologi dan modern. Korps Lalu Lintas Polri telah resmi meluncurkan aplikasi tilang elektronik atau e-tilang. Pelayanan e-tilang ini berlaku di seluruh wilayah Indonesia dan akan memudahkan proses pembayaran denda. Sehingga tidak menjadi celah pungli bagi beberapa oknum. Lantas bagaimana mekanisme dari tilang elektronik?

Sudah Jelas Bung, Berlaku bagi Para Pelanggar Lalu Lintas Bukan yang Tertib Berlalu Lintas

Untuk proses penilangan dilakukan oleh petugas kepolisian yang ada di lapangan, tentunya bagi para pengendara yang melanggar lalu lintas. Dan pelanggar yang ditilang mengakui melanggar karena ada pasalnya, seperti menerobos lampu merah atau berhenti di tempat yang dilarang berhenti. Kemudian pelanggar akan menggunakan aplikasi e-tilang yang dimiliki polisi atau apabila pelanggar sudah memiliki aplikasi tersebut, maka bisa cek dari gawainya sendiri.

Polisi Akan Memberikan Sebuah ID kepada Pelanggar

Seperti halnya dalam mengakses media sosial atau semacamnya yang menggunakan ID. Para pelanggar akan mendapatkan ID tersebut untuk login dan mengakses guna melihat besaran denda yang dikenakan atas pelanggaran yang dilakukan. Setelah mengetahui besarannya, pelanggar akan mendapatkan nomor BRI Virtual Akun (BRIVA).

Pembayaran Dilakukan dengan Tiga Opsi yang Bebas Dipilih

Setelah pelanggar mendapatkan kode BRIVA, pelanggar dapat membayarkan denda yang diharuskan. Ada tiga opsi yang menjadi pilihan untuk pelanggar dalam membawa denda e-tilang, lewat ATM, mobile banking, atau ke bank. Nantinya pembayaran akan langsung terhubung ke server e-tilang yang mengurus server SIM online dan e-Samsat yang apabila tidak dibayarkan pelanggar tidak dapat memperpanjang SIM maupun STNK. Selain itu, aplikasi e-tilang akan berubah warna hijau apabila bung sudah bayar, kalau belum akan berwarna biru.

Barang Bukti yang Semula Disita Akan Dikembalikan Setelah Denda Terbayarkan

Seperti proses tilang yang dilakukan secara konvensional, SIM atau STNK Bung pasti akan disita sebagai jaminan. Setelah Bung mampu membayar besaran denda yang dikenakan, maka polisi wajib mengembalikan barang yang disita. Sehingga tilang dengan menggunakan aplikasi ini jauh lebih simple, tapi tak membuat Bung jadi simple untuk melanggar.

Apakah Ada Persidangan?

Seperti yang kami bilang barusan Bung, aplikasi e-tilang ini membuat prosedur penilangan jauh lebih simple. Persidangan tetap ada, tetapi pelanggar boleh hadir maupun tidak. Selain itu jika putusan denda kurang dari yang dibayar maka uang pun akan dikembalikan. Adanya aplikasi ini diharapkan kepolisian membuat penegakan hukum jauh lebih mudah. Tilang berbasis aplikasi ini diterapkan diseluruh kota di Indonesia, tidak terbatas hanya di kota-kota besar saja.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Baik

Acuan Agar Jadi Laki-laki Tahan Godaan Serta Ampuh Atasi Dorongan Selingkuh

Memang sering kali kita jadi tertuduh Bung. Pasalnya laki-laki sering kali dianggap sebagai pemain utama dalam adegan perselingkuhan. Padahal, mempertahankan kesetiaan dalam hubungan bukanlah hal yang mudah bagi siapa pun. Bahkan, dorongan untuk berselingkuh dapat melanda siapa saja, tak peduli apa jenis kelaminnya.

Tapi ya sudahlah kita pasrah saja dengan tuduhan serampangan ini. Justru kita wajib tunjukan bahwa sebagai laki-laki, kita justru lebih mampu mengatasi segala godaan tersebut. Bagaimana caranya? Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi dorongan selingkuh dan mempertahankan kesetiaan dalam Bung punya hubungan.

Jaga Komunikasi Agar Hati Kian Terisi

Klise memang, tapi ini tips paling benar dan manjur. Jika Bung merasa tidak bahagia atau terganggu dalam hubungan, jangan membiarkan itu memuncak dan menyebabkan Bung ingin berselingkuh. Bicarakan masalah tersebut dengan pasangan Bung dan cari solusi bersama.

Komunikasi yang terbuka dan jujur adalah kunci untuk membangun hubungan yang sehat dan saling mengerti. Dan jangan pulak Bung malah cari saluran komunikasi ke perempuan lain. Itu bisa gawat Bung karena dari curhat bisa berujung di kasur berkeringat.

Beri Perhatian Agar Tetap Tahan Dikala Datang Ujian

Beri perhatian Bung punya pasangan dan tunjukkan bahwa Bung peduli. Lakukan hal-hal yang membuat mereka bahagia dan merasa dihargai. Ini dapat membantu memperkuat hubungan Bung dan membuat Bung merasa lebih puas dalam hubungan tersebut.

Pasangan bakal lebih menghargai Bung punya perasaan. Ujungnya percaya diri Bung bakal meningkat pesat. Ingat Bung mayoritas perselingkuhan diawali dari adanya perasaan insecure pada diri laki-laki.

Tak Semua Perhatian Perlu Dibalas, Tetap Jaga Batas

Batas dalam hubungan adalah penting. Jangan biarkan diri Bung terlibat dalam situasi yang dapat memicu perasaan ingin berselingkuh. Jika Bung merasa tertarik dengan seseorang yang bukan pasangan Bung, tetaplah menjaga batas. Ingat bahwa keputusan untuk tetap setia pada pasangan Bung adalah pilihan Bung sendiri.

Berpikir Jangka Panjang Jangan Cuma Fokus Urusan Ranjang

Sebelum melakukan tindakan yang dapat merusak hubungan Bung, berpikirlah tentang konsekuensi jangka panjang dari tindakan tersebut. Apakah itu akan membuat hubungan Bung dengan pasangan Bung lebih baik atau bahkan merusaknya? Pertimbangkan konsekuensi tindakan Bung dan jangan mengambil keputusan yang bisa merugikan Bung di masa depan.

Dan coba ingat-ingat yang terjadi pada figur publik yang ketahuan selingkuh. Tak cuma soal hubungan, karir dan status sosial juga bisa ikutan amblas. Apalagi ini era sosial media Bung. Sekali punya salah lantas viral, selamanya jejak digital akan tertinggal.

Cari Bantuan Jika Diperlukan

Jika Bung merasa kesulitan untuk mempertahankan kesetiaan atau mengatasi dorongan untuk berselingkuh, carilah bantuan dari seseorang yang Bung percayai. Bung dapat mencari saran dari teman dekat, keluarga, atau bahkan profesional seperti psikolog atau konselor.

Mempertahankan kesetiaan dalam hubungan bukanlah hal yang mudah. Namun, dengan komunikasi yang terbuka, perhatian yang diberikan pada pasangan Bung, menjaga batas, berpikir jangka panjang, dan mencari bantuan jika diperlukan, Bung dapat membangun hubungan yang sehat dan memperkuat komitmen Bung pada pasangan Bung

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Keren

Resep Makanan Sehat yang Mudah dan Cocok untuk Bung Punya Selera

Ayolah Bung, masa masih saja mengkonsumsi makan tak sehat macam itu? Saatnya berubah ke pola makan yang lebih sehat. Lagi pula sebetulnya tak sulit kok untuk menyiapkan makanan sehat itu. Sebenarnya ada banyak resep makanan sehat yang mudah dan cocok untuk pria. Berikut ini adalah beberapa contoh resep makanan sehat yang mudah dan cepat.

Omelet Sayuran

Omelet sayuran adalah menu sarapan sehat yang mudah dan cepat dibuat. Campurkan 2 butir telur dengan potongan sayuran seperti paprika, tomat, bawang bombay, dan jamur. Tambahkan sedikit garam dan merica untuk rasa, lalu masak di atas wajan anti lengket hingga matang. Omelet sayuran ini mengandung banyak nutrisi dari sayuran dan protein dari telur yang dapat memberikan energi yang cukup untuk memulai hari.

Ayam Panggang dengan Kentang dan Sayuran

Ayam panggang dengan kentang dan sayuran adalah makanan sehat yang cocok untuk pria yang membutuhkan asupan protein dan karbohidrat yang seimbang. Iris kentang dan sayuran seperti wortel, brokoli, dan buncis, kemudian tambahkan minyak zaitun, garam, dan merica. Panggang di atas oven selama 25-30 menit. Sementara itu, panggang ayam dengan sedikit minyak zaitun, garam, dan merica di atas oven selama 30-40 menit. Makanan sehat ini mudah dibuat dan cocok untuk dinikmati sebagai makan siang atau malam.

Salad Buah Segar

Salad buah segar sangat cocok untuk pria yang ingin makan makanan sehat yang mudah dan cepat. Potong buah-buahan seperti melon, semangka, apel, dan pir, kemudian tambahkan yogurt dan madu untuk rasa. Salad buah segar ini mengandung banyak serat dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh.

Roti Gandum Panggang dengan Alpukat

Roti gandum panggang dengan alpukat adalah menu sarapan sehat dan lezat yang cocok untuk pria. Potong alpukat dan hancurkan dengan garpu, tambahkan garam dan merica untuk rasa. Panggang roti gandum, kemudian tambahkan alpukat dan irisan tomat di atasnya. Roti gandum mengandung banyak serat dan alpukat mengandung lemak sehat yang baik untuk jantung.

Sup Ayam dengan Sayuran

Sup ayam dengan sayuran adalah menu makan malam yang sehat dan cocok untuk pria. Rebus potongan ayam dengan air hingga matang, tambahkan sayuran seperti wortel, buncis, dan jagung. Tambahkan garam dan merica untuk rasa, lalu masak hingga sayuran matang. Sup ayam dengan sayuran ini mengandung banyak protein dari ayam dan nutrisi dari sayuran.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Keren

Tampilan Lain Dari Cleveland Ace 250 Twin

Bung yang sedang cari motor kelas 250 cc mungkin sudah agak bosan dengan model yang tersedia di pasaran. Pilihannya itu-itu saja antara motor sport atau model cruiser. Nampaknya kekosongan pasar inilah yang ingin diisi oleh Cleveland Cycle Werks.

Produsen motor asal Amerika Serikat ini meluncurkan model terbarunya berlabel Ace 250 Twin bersamaan dengan peringatan 5 tahun keberadaan mereka di tanah air. Menurut Presiden Direktur Cleveland CycleWerks Indonesia, Hendra Setiawan mengatakan, rilisnya ACE 250 Twin merupakan apresiasi untuk konsumen dan juga perusahan merayakan 5 tahun eksistensi merek ini di pasar Tanah Air.

“Dengan semangat dan optimistis di usia yang ke-5, kami merilis 2 line-up motor terbaru, Ace 250 Twin Scrambler dan Cafe yang akan meramaikan pasar otomotif Indonesia,” buka Hendra di diler Cleveland CycleWerks Bintaro, Tangerang Selatan.

Motor ini sendiri menganut tampilan retro classic custom dengan dua tipe varian. Pertama adalah scrambler sedangkan yang kedua bertipe cafe racer. Bagi yang sudah familiar dengan Ace 400 tentunya tidak akan asing dengan model satu ini. Mengingat Ace 250 Twin, menggunakan desain yang persis serupa dengan kakaknya tersebut. Perbedaan hanya pada mesin dan kabel body saja serta kelengkapan minor lainnya.

Varian Ace 250 Twin Scrambler menggunakan ban bertipe dual purpose dengan stang berbentuk lebar yang gagah dengan shock depan upside down. Tampilannya bisa mengingatkan kita pada Triumph Scrambler.

Sementara Varian Ace 250 Twin Cafe menggunakan ban tipe aspal dengan stang kemudi yang mengapit shock depan upside down. Posisi mengendarainya jadi jauh lebih menunduk dibanding tipe Scrambler Desain ini nampak lekat dekat Triumph Truxton atau Norton Commando

Mengusung mesin berkapasitas 247 cc dua silinder segaris SOHC berpendingin udara dengan balancer, sudah berstandar Euro 4. Dapur pacu ini mampu menyemburkan tenaga maksimal 12,5 kW atau setara 16,7 daya kuda pada 8.500 rpm dan torsi puncak menyentuh 16 Nm di 6.000 rpm.

Racikan bore x stroke berada di 55 mm x 53 mm dengan kompresi mesin di 9,3:1 bersistem injeksi. Sementara ignition mode menggunakan model CDI dengan sistem starting motor sudah pakai model elektrik.

Salah satu keistimewaan motor ini terletak pada firing ordernya yang menganut 360 derajat. Bung pasti paham, mesin dengan konfigurasi semacam itu menghasilkan suara bass nan merdu layaknya mesin 4 selinder segaris.

Apalagi suara mesin ini diakomodasi dengan knalpot yang ciamik. Dengan tampilan unik ala retro dan suara macam moge 4 selinder, rasanya Bung akan lebih pede memboceng nona dengan motor satu ini.

Bagaimana dengan harganya? Khusus promo Ace 250 Twin ini ditawarkan dengan harga 65 juta off the road. Bung berminat meminangnya?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top