Health

Cara Melatih Otot Triceps

Sangat penting melatih otot tricpes, bagi pria yang ingin memiliki lengan yang kencang. Triceps sendiri adalah otot belakang dari lengan atas kita. Sementara, para pria biasanya hanya serius melatih otot bagian depan lengan saja melalui push up dan mengangkat dumble. Padahal lengan bagian atas itu dua per tiganya dibentuk dari otot triceps.
Meski kurang umum dilatih, tapi sebenarnya ada beberapa gerakan untuk melatih triceps yang bisa dilakukan di rumah. Berikut beberapa langkah untuk melakukannya.
Latihan triceps pertama:

  1. Duduk tegak di sebuah bangku dengan punggung menyender. Biarkan kaki menapak ke bawah dengan rileks.
  2. Pegang dumble dengan tangan kanan. Tekung lengan dan naikan siku kanan hingga menghadap atas. Berat beban akan terasa antara lengan leher dan bahu.
  3. Tarik nafas sambil menjulurkan tangan ke arah atas dengan telapak tangan menghadap ke dalam. Topang siku dengan tangan kiri. Jaga agar lengan kanan tidak bergeser ke kiri dan ke kanan selama melakukan latihan.
  4. Hembuskan nafas dan kembalikan lengan ke posisi menekuk yang semula. Ulangi gerakan ini hingga beberapa set.

Latihan triceps kedua:

  1. Taruh kaki kanan ke atas meja kecil atau bangku panjang dengan lutut hingga telapak sejajar. Letakan juga tangan kanan diatas tempat yang sama
  2. Usahakan punggung tetap lurus selama melakukan latihan ini
  3. Sementara tangan kiri memegang dumble, tarik ke arah punggung hingga sejajar sambil menarik nafas.
  4. Lepaskan menjulur kedepan seolah sedang meninju sambil menghembuskan nafas.

Lakukan beberapa set latihan ini untuk mendapatkan otot triceps yang kencang.

Click to comment

0 Comments

  1. agege saputra

    November 24, 2013 at 3:24 am

    mantaaap! saya semangat banget nih bangun otot triceps.. cuma masih ngga teratur aja nih latihannya.. haduuh

  2. iqhbal

    September 24, 2015 at 9:31 pm

    Memang “BENAR” Ke?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kisah

Tak Hanya Jaga Gawang, Kiper Juga Bisa Cetak Gol ke Gawang

Dalam deretan posisi pemain bola, semuanya memiliki nasib yang sama untuk mengkonversikan sebuah peluang menjadi sebuah gol. Karena menciptakan gol tidak menjadi tugas para striker. Tetapi hanya ada satu posisi yang sekiranya sulit untuk menciptakan sebuah gol lantaran ia memiliki peran krusial dalam menjaga gawang dari kebobolan, yap dia adalah seorang kiper.

Meskipun pemain belakang ditumpuk sampai empat atau lima orang, tidak berarti peran kiper bakal ditutup oleh pemain belakang secara keseluruhan. Karena gawang kerap merindukan bagaimana jalanya bergoyang dan itu mengapa seorang kiper memiliki tanggung jawab yang krusial dalam setiap pertandingan.

Meskipun sulit bukan berarti seorang kiper tak bisa mencetak gol, karena sulit bukan berarti tidak bisa. Sehingga bagi kiper tidak ada yang tidak bisa dilakukannya seperti halnya menceploskan bola gawang. Kalau menepis bola hanyalah sebuah aksi, sedangkan membobol gawang menjadi salah satu atraksi.

Nah, berikut ini beberapa gol penting  yang dicetak oleh kiper atau penjaga gawang.

Gol Dramatis Diberi, Namun Anti Selebrasi

Sumber : Goal.com

20 September 2003 menjadi hari bersejarah bagi penjaga gawang berkebangsaan Estonia bernama Mart Poom. Poom saat itu menjadi penjaga gawang dari Sunderland yang sedang melokoni laga melawan Derby Country. Sebagai tim tamu Sunderland mendapat gempuran sengit di lini pertahanan hingga akhirnya tertinggal 0-1 dari Derby Country.

Tertinggal selisih satu gol, Poom berusaha maju saat Sunderland mendapatkan sepak pojok pada menit ke-91, guna membantu serangan. Tak disangka-sangka keputusanya untuk maju saat sepak pojok dilakukan membuahkan gol penyeimbang. Sebagai kiper yang mencetak gol di menit-menit akhir seharusnya selebrasi heboh dilakukan, tetapi ia anti selebrasi demi menghormati diri sebagaimana pernah berseragam Derby Country.

Tak Hanya Gawang yang Diselamatkan, Namun Juga Muka Tim Saat Derby

Sumber : Goal.com

Kilas balik ke tahun 1997 di mana laga derby di Jerman yang selalu ditunggu setiap tahunnya, yang mempertemukan Schalke 04 dan Borrusia Dortmund, Rivierederby adalah sebutan bagi laga sengit ini. Berbicara di tahun 1997 di mana laga derby yang tersaji meninggalkan kesan mendalam bagi kiper kawakan Jens Lehmann.

Lehmann yang saat itu berseragam Schalke 04, menjadi penyelamat Schalke di menit-menit akhir dengan mencetak gol dan membuat pertandingan berakhir imbang 2-2. Di mana gol tersebut dicetak di menit-menit akhir.

Situasi Tendangan Penjuru Selalu Menjadi Moment Bagi Penjaga Gawang Untuk Membobol Gawang

Sumber : Goal.com

Masih di tahun yang sama, kali ini peran penjaga gawang yang mampu membobol gawang diambil oleh kiper dari FC Augsburg, Marwin Hitz. Setelah tertinggal dari Bayer Leverkusen sampai menit akhir. Kedudukan 2-1 tentu masih ada peluang untuk mematahkan kekalahan bagi FC Augsburg, alhasil moment itu datang di menit ke-93.

Skemanya pun hampir sama seperti Lehmann dan Poom, di mana sepak pojok terjadi yang memaksa Hitz untuk maju kedepan untuk memanfaatkan bola mati. Boom! gol pun terjadi dengan mengubah kedudukan 2-2 di akhir laga, sehingga Augsburg tak jadi kalah di depan pendukungnya.

Nama Toldo! Menggema di Derby d’Italia Pada Tahun 2002

Sumber : Goal.com

Fans Inter Milan tak mungkin lupa pada laga Derby d’Italia tahun 2002. Di mana ia berhasil menyelamatkan muka Inter Milan yang hampir kalah dari Si Nyonya Tua. Bermain di kandang Giusseppe Meazza, Inter tentu tak boleh malu dengan menelan kekalahan dari tim sekelas Juventus.

Alhasil perjuangan Nerazzuri memuncak untuk menyamakan kedudukan. Menit ke-89 pun kiper Inter, Francesco Toldo pun maju membantu serangan, dan tidak disangka kalau ia jadi penyelamat Inter dan menghukum Buffon lewat goalnya. Kedudukan pun sama kuat 1-1.

Pahlawan Layak Diberikan Sevilla Kepada Andreas Palop

Sumber : Goal.com

Final Europa League, menjadi liga Eropa kasta kedua yang tentu sangat berhaga bagi tim sekelas Sevilla. Setelah di leg pertama Sevilla bermain imbang 2-2 kala mejamu Shakhtar Donetsk, tentu Sevilla membutuhkan kemenangan untuk membawa Sevilla melaju ke partai Final Europa League 2006/07.

Sayang seribu sayang, mimpi itu buram karena hingga detik-detik terakhir laga Los Rojiblancos tertinggal 2-1. Namun, Andreas Palop datang sebagai penyelamat dengan menyamut tendangan penjuru Dani Alves hingga memaksa pertandingan berlanjut ke perpanjangan waktu.

Di babak perpanjangan waktu kedudukan pun tak berubah, sehingga harus ditentkan lewat babak adu penalti. Tampil lebih tenang dalam eksekusi, Sevilla pun lolos ke partai Final Europa League musim 2006/07.

Click to comment

0 Comments

  1. agege saputra

    November 24, 2013 at 3:24 am

    mantaaap! saya semangat banget nih bangun otot triceps.. cuma masih ngga teratur aja nih latihannya.. haduuh

  2. iqhbal

    September 24, 2015 at 9:31 pm

    Memang “BENAR” Ke?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Keren

Bung, Kenali yang Namanya Superfood Demi Membentuk Stamina Prima Secara Alami

Soal makanan, Bung seringkali cuek. Apa yang kelihatan mengenyangkan, langsung dilahap. Padahal makanan tersebut tak selalu menyehatkan. Anjuran untuk mengonsumsi makanan bergizi apakah sudah Bung terapkan baik-baik? Sebab nyatanya baik bagi pria maupun wanita, sangat disarankan untuk mengimbangi asupan gizi harian dengan makanan yang kaya vitamin.

Bukan hanya vitamin, tapi juga soal protein pun perlu Bung. Tak mungkin Bung memiliki otot yang sehat berisi kalau tak suka mengonsumsi makanan kaya protein. Di lain sisi, jangan lupakan juga fungsi makanan kaya karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber tenaga untuk aktivitas sehari-hari. Daripada bingung, Bung sebaiknya ketahui makanan superfood apa saja yang sekiranya harus selalu tersedia di kulkas Bung ya!

Tomat Si Buah Merah, Kalau Rutin Mengonsumsinya Bisa Menurunkan Risiko Penyakit Jantung Lho Bung!

Warnanya yang merah serta rasanya yang segar membuat tomat diketahui punya banyak kandungan vitamin loh Bung! Bahkan tomat disebut-sebut sebagai superfood terbaik untuk pria lantaran kandungan lycopene yang dimilikinya. Berdasarkan sebuah studi, pria yang mengonsumsi makanan dengan kandungan lycopene tinggi akan mengurangi risiko terkena kanker prostat.

Demi Mengontrol Tekanan Darah, Konsumsi Saja Jeruk dan Pisang Setiap Harinya

Dua buah ini dikenal punya kandungan potassium yang tinggi, Bung. Setidaknya Bung perlu tahu, fungsi potassium memang dapat membantu menyeimbangkan jumlah sodium dalam sel tubuh sehingga bisa mengontrol tekanan darah. Dilansir dari Mayoclinic, kurangnya potassium dalam tubuh sejatinya bisa mengakibatkan kadar sodium dalam darah meningkat dan terakumulasi. Nah, kalau Bung rutin mengonsumsi jeruk dan pisang, sejatinya bisa menurunkan tekanan darah.

Si Hijau Brokoli Sudah Terkenal sebagai Superfood Pencegah Kanker Prostat

Sudah banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa brokoli mengandung zat kimia pencegah kanker. Ya, Bung harus banyak-banyak mengonsumsi sayuran hijau yang satu ini lantaran memiliki kandungan sulphoraphane yang tinggi dan baik untuk pria lantaran bisa mencegah kanker kolektoral, prostat, dan kandung kemih. Penting diketahui ya Bung, pria sangat rentan dengan serangan kanker. Konsumsi brokoli setidaknya 2-3 kali seminggu bisa menambah asupan superfood untuk tubuhmu.

Makanan Laut Tinggi Vitamin, Cobalah untuk Konsumsi Tiram Demi Kesuburanmu Bung

Dibanding sederet makanan laut yang lain, tiram mengandung zinc yang paling tinggi. Selain rasanya yang lezat, makanan yang satu ini punya manfaat baik untuk tubuhmu Bung. Bayangkan, superfood yang satu ini suka dikaitkan bisa meningkatkan kesuburan pria. Ya, kandungan zinc memiliki pengaruh besar pada kesehatan seksual pria lantaran menjaga kadar testosteron serta bisa membantu produksi sperma yang sehat.

 

Click to comment

0 Comments

  1. agege saputra

    November 24, 2013 at 3:24 am

    mantaaap! saya semangat banget nih bangun otot triceps.. cuma masih ngga teratur aja nih latihannya.. haduuh

  2. iqhbal

    September 24, 2015 at 9:31 pm

    Memang “BENAR” Ke?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Keren

Siapa Bilang Punya Badan Atletis Itu Perlu Modal Banyak? Street Workout Bisa Jadi Solusi Ampuh Buatmu, Bro!

Menjaga kesehatan tubuh jelas penting ya Bro! Makanya nggak jarang pria yang akhirnya memutuskan ikut gym sekadar untuk menjaga stamina, menurunkan berat badan, sampai membentuk badan ideal bak seleb Hollywood. Tentu saat memutuskan untuk ikut gym ada sejumlah nominal uang yang harus kamu bayarkan sebagai konsekuensinya.

Tapi sayangnya tak semua pria punya cukup “anggaran” untuk jadi anggota gym. Terutama dengan gaji yang belum kunjung naik atau mungkin kamu tipe yang lebih suka menabung dibanding harus mengeluarkan uang untuk ikut gym, hal semacam inilah yang jadi penghambatmu untuk berolahraga. Jika kamu termasuk pria yang demikian, bukan berarti tak ada solusi untukmu yang ingin olahraga. Pernah dengan street workout? Nah, jenis olahraga ini bisa kamu manfaatkan tanpa perlu keluar banyak uang.

Gerakannya yang Sederhana dan Berirama Membuat Street Workout Tak Sulit Untuk Dilakukan, Bahkan Kamu Bisa Melakukannya Di Mana Pun

Secara teknis, sejatinya jenis latihan ini tak berbeda jauh dengan aktivitas olahraga di tempat gym. Street Workout juga mengajarkanmu melatih kekuatan otot. Kamu perlu tahu, dasar dari olahraga ini adalah calisthenics, yaitu metode latihan yang terdiri dari berbagai gerakan sederhana nan berirama. Berbeda dengan latihan di gym yang bergantung pada alat tertentu seperti barbel atau drumbel, justru dengan street workout kamu tak perlu menggunakan alat tertentu. Lebih praktis kan?

Karena Minim Alat, Kamu Bisa Melakukan Street Workout Di Area Outdoor Manapun yang Menurutmu Nyaman

Inilah mengapa street workout begitu populer. Tak hanya minim alat dan ekonomis, tapi olahraga ini mengajarkanmu agar dinamis dan fleksibel dengan situasi yang ada di sekitarmu. Intinya, keterbatasan peralatan bukan berarti tak bisa berolahraga. Kamu tetap bisa memanfaatkan ruang publik untuk berolahraga bersama teman-teman atau komunitas. Menariknya, semua bisa dilakukan secara bebas dan minim pengeluaran.

Kamu Perlu Tahu, Street Workout Ternyata Dipopulerkan Oleh Kalangan Kulit Hitam di Amerika Serikat

Ya, olahraga ini pertama kali diterapkan oleh masyarakat kulit hitam di Amerika Serikat sebagai bentuk resistensi terhadap mereka yang punya kehidupan lebih sejahtera dan mampu membayar fasilitas gym untuk olahraga. Para warga kulit hitam ini berprinsip, olahraga adalah hak semua orang, termasuk mereka yang tak punya banyak uang, kalau bisa melakukannya secara dinamis dan memanfaatkan ruang yang ada, mengapa harus mengeluarkan uang?

Di Indonesia, Terutama Di Jakarta, Kamu Boleh Menilik Aktivitas Street Workout oleh  Beberapa Komunitas yang Mulai Dikenal Masyarakat Luas

Bagi pegiat street workout, komunitas seperti Indobarian, Barilla, hingga Workout Embassy sudah mulai dikenal. Mereka biasa latihan di pelataran Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Indobarian misalnya, mereka diketahui melakukan latihan dengan mengadopsi beberapa jenis olahraga tak hanya chalisthenics, tapi juga freelethics, yoga, capoeira, parkour, balance, conditioning training, hingga meditasi.

Di lain sisi, kombinasi latihan Indobarian memang dibedakan berdasarkan tingkat kemahiran dan kebugaran tiap peserta. Ada tingkat pemula, menengah, hingga mahir. Kamu yang memiliki waktu luang antara pukul 19.00 hingga 21.00 pun bisa ikut bergabung karena komunitas ini sifatnya terbuka untuk siapapun yang ingin memperbaiki kebugaran fisik.

Nah Bro, untukmu yang benar-benar pemula, ada tantangan yang dinamai The Noob yang terdiri dari 50 squats, 50 push ups, 20 diamond push ups, 10 pull ups, 10 chin ups, 10 leg raise, dan 10 straight dips/dips! Satu putaran latihan tersebut ditargetkan dapat selesai di bawah 20 menit. Kamu merasa tertantang?

Menarik bukan? Tidak hanya membuatmu jadi lebih bugar,  kamu pun tak perlu keluar banyak biaya untuk mulai berolahraga.  Tak perlu ragu lagi, street workout bisa jadi pilihanmu, Bro!

 

Click to comment

0 Comments

  1. agege saputra

    November 24, 2013 at 3:24 am

    mantaaap! saya semangat banget nih bangun otot triceps.. cuma masih ngga teratur aja nih latihannya.. haduuh

  2. iqhbal

    September 24, 2015 at 9:31 pm

    Memang “BENAR” Ke?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top