Inspiring Men

5 Pria Indonesia Paling Fenomenal Di 2012

ariel noah

Tahun 2012, berlalu layaknya roller coaster untuk Indonesia. Hal positif dan negatif silih berganti bermunculan. Meski begitu, kita bisa memberikan perhatian lebih kepada beberapa tokoh pria yang tampil fenomenal di tahun 2012. Berikut beberapa diantaranya.

iko uwais

Iko Uwais

Di pertengahan tahun 2012, dunia perfilman Indonesia dikejutkan dengan kehadiran sebuah film bertajuk The Raid. Tidak hanya di tanah air, film bergenre action tersebut ikut diperbincangkan di luar negeri. Bahkan sampai di tanah Hollywood.

Jauh sebelum resmi diluncurkan, para kritikus sudah memberikan penilaian positif terhadap film ini. Beberapa bahkan menyebutkan bahwa The Raid adalah film action terbaik setelah Die Hard yang sudah begitu lama. Malah sosialita sekelas Paris Hilton menyebut dalam twitnya betapa ia menyukai film ini

Adalah aktor Iko Uwais yang menjadi tokoh sentral dalam film ini. Salah satu yang disebut sebagai daya tarik The Raid adalah keindahan silat harimau. Sebuah aliran beladiri yang belum pernah ditemui oleh masyarakat di luar Indonesia sebelumnya.

Iko Uwais sendiri bukan baru kemarin mengenal silat harimau. Ia tumbuh dan besar sebagai pendekar sekaligus atlit pencak silat. Dalam film tersebut ia beradu akting keras bersama guru di dunia nyatanya yang berperan sebagai Mad Dog.

Hasilnya film tersebut tercatat dalam barisan rekor nasional dengan jumlah penonton hingga 1,8 juta penonton. Iko sendiri diberi gelar sebagai breakout star oleh situs review film tingkat dunia Rotten Tomatoes. Ia berada diperingkat 5 dari 25 daftar dan merupakan satu-satunya perwakilan dari Asia.

[quote]Salah satu yang disebut sebagai daya tarik The Raid adalah keindahan silat harimau.[/quote]

andik vermansyah

Andik Vermansyah

Usianya masih muda, baru 21 tahun. Tapi pesepakbola yang kini tergabung dengan Persebaya ini sudah jadi fenomena di tahun 2012. Bahkan fenomenanya sudah terasa dari akhir tahun sebelumnya.

Kala itu Andik dipanggil oleh Tim Nasional untuk sebuah pertandingan eksebisi melawan tim LA Galaxy. Di sini kelihaian pria bertinggi badan 162 cm ini makin mentereng. Pemain berkelas internasional pun tampak kesulitan menghadapi Andik.

Puncaknya adalah ketika legenda hidup David Beckham tampak kesulitan menghadang laju Andik dan terpaksa untuk menekelnya secara keras. Diakhir pertandingan Ia secara personal menghampiri Andik dan mengajaknya untuk bertukar Jersey. Dalam wawancara, Beckam menyebut Andik memiliki bakat yang luar biasa, dan membuatnya harus melakukan tekel demikian untuk menghentikannya.

Diakhir 2012, Andik kembali mengukir fenomena. Adalah pertandingan melawan Singapura yang menjadi ladangnya. Indonesia sendiri belum pernah tercatat menang melawan tim negara tetangga tersebut.

Gol Andik lah yang akhirnya menjadi stu-satunya gol yang kemudian memberikan Indonesia kemenangan. Dan ia melakukannya dengan sangat spektakuler. Dari jarak jauh ia melakukan tendangan bebas melengkung ke sudut gawang yang mustahil digapai kiper lawan.

[quote]David Beckam menyebut Andik Vermansyah memiliki bakat yang luar biasa[/quote]

ariel noah

Ariel Noah

Beberapa pengamat musik memprediksi karir pria bernama asli Nazril Irham ini akan tamat setelah ia dijebloskan ke dalam penjara. Apalagi band yang digawanginya tidak lagi bisa menggunakan nama perterpan yang sudah dikenal sebelumnya.

Tapi ternyata kenyataan berkata lain. Selepas dari sel tahanan ia langsung meroket bersama band barunya Noah. Single separuh aku sukses dipasaran. Di tanggal 2 Agustus, judul “separuh aku” menjadi trending topic twitter tingkat dunia.

Tidak puas dengan pencapaian itu Ariel dan kawan-kawan membidik target lebih tinggi. Kali ini nama mereka tercatat di buku rekor sebagai band Indonesia pertama yang manggung di 5 negara dan 2 benua dalam satu hari. Di Indonesia sendiri, tiket konser Noah yang tak jarang dipatok berharga jutaan selalu ludes dalam hitungan jam.

Tak heran jika kemunculan kembali Ariel digadang-gadang sebagai “pembunuh” fenomena band K-pop dan I-pop di Indonesia. Fenomena ini juga tercermin dari catatan zeitgeist google. Noah menjadi kata kunci kedua paling banyak dicari di 2012. Sementara Noah tercatat nomer satu untuk kategori musisi dan separuh aku juga diposisi yang sama untuk kategori lagu.

[quote]Kemunculan kembali Ariel digadang-gadang sebagai “pembunuh” fenomena band K-pop dan I-pop di Indonesia[/quote]

abraham samad

Abraham Samad

Abraham Samad sebelumnya dikenal sebagai advokat. Namanya mulai bersinar ketika ia sukses menyabet gelar doktor di tahun 2010 dengan mengambil tesis Pemberantasan Korupsi. Keberaniannya melawan kecurangan anggaran sangat dikenal di daerah asalnya Sulawesi Selatan.

Beranjak ke panggung nasional ia mencoba untuk masuk mendaftar sebagai anggota DPD dan komisi Yudisial. Sayangnya ia selalu menemui kegagalan. Dari sini ia kemudian melirik peluang mengabdikan diri sebagai ketua KPK.

Ini bukan pertama kalinya bagi Pria berusia 46 tahun ini, karena ia sudah pernah mencobanya 2 kali sebelumnya. Tapi di November tahun 2011 inilah ia akhirnya tepilih sebagai ketua KPK yang baru dan kemudian dilantik oleh Presiden pada Desember 2011.

Abraham Samad pun langsung tancap gas. Beberapa peristiwa besar yang sebelumnya mandek berhasil diungkap kembali pada 2012. Kasus macam Century hingga Hambalang diangkat kepermukaan. Bahkan untuk dalam kepemimpinannya inilah untuk pertama kalinya KPK tercatat berani menetapkan status tersangka kepada menteri aktif.

Keberaniannya ini menjadi fenomena nasional karena sempat mendapat tentangan berbagai pihak. KPK yang dipimpinnya sempat kesulitan untuk keluar dari Ditlantas Polri karena dihalangi anggota kepolisian.

Bahkan 5 oktober 2012 kantor KPK sempat dikepung oleh mereka yang diduga anggota kepolisian. Fenomena pun terjadi. Di tengah malam buta, masyarakat yang bersimpati berkumpul dan membentuk pagar manusia untuk melindungi Abraham Samad dan KPK.

[quote] Ia sudah pernah mencoba melamar menjadi ketua KPK 2 kali sebelumnya, baru di kali ketiga ia berhasil[/quote]

Jokowi

Jokowi

Amerika boleh saja punya Obama, tapi Indonesia memiliki Jokowi. Pria bernama lengkap Joko Widodo ini sebelumnya sudah menjadi fenomena sejak ia menjabat Walikota Solo. Kala itu kota di Jawa Tengah itu berhasil disulapnya menjadi salah satu kota unggulan.

Sosoknya yang sederhana namun bekerja efektif berhasil memikat banyak orang. Salah satu fenomena yang terjadi adalah ketika pemilihan Walikota yang kedua kalinya ia berhasil mengungguli lawannya dengan 90 persen suara.

Di tahun 2012, Jokowi didorong untuk memimpin Ibu Kota. Langkahnya pun tidak bisa dikatakan mudah. Kandidat-kandidat lain, khususnya incumbent memiliki dukungan dana kampanye yang jauh diatas Jokowi.

Fenomena baru pun dimulainya. Ia memperkenalkan cara berkampanye yang berbeda dari yang sudah dikenal masyarakat Indonesia. Ia keluar masuk kampung, pasar dan tempat keramaian dengan berjalan kaki.

Kemejanya yang bermotif kotak-kotak mendadak menjadi trend. Muncul dijual pedagang kaki lima, hingga ke fashion berkelas. Motif itu bukan lagi sekedar sebagai simbol perlawanan seperti awalnya, ia menjelma menjadi gaya hidup baru perkotaan.

Nama Jokowi juga berhasil mengundang simpati banyak relawan. Gerakan kampanyenya bergerak secara geriliya disosial media di internet. Mulai dari forum, twitter, facebook hingga youtube digunakan para relawannya untuk membentuk opini dan mengumpulkan masa. Hasilnya? Fenomena baru bernama Jokowi itu pun menang dan sukses menjabat Guberner DKI Jakarta.

[quote]Kemeja Jokowi yang bermotif kotak-kotak mendadak menjadi trend[/quote]

3 Comments

3 Comments

  1. Ani Mulyani

    April 16, 2013 at 3:49 pm

    waah selamat pak jokowi masuk jugaa

  2. baharudinwahida

    January 22, 2014 at 10:36 am

    5 orang “fenomenal” memang..

  3. Refand

    July 24, 2014 at 10:59 am

    Ariel Noah Memang Orang yang sangat bagus untuk kita banggakan di belantika musik indonesia.. karena dia memang berbakat dalam hal tersebut..
    maju terus ariel, para fans mu akan terus mendukung walau banyak yang mengecam..
    sesuai dengan karyamu :
    “Tak perlu dengar kata mereka teruslah berjalan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top