Lebih Tahu

Yang Perlu Dilakukan Ketika Terjebak Kerusuhan : Jangan Sok Jadi Jagoan!

Bersikap sok santai bahkan menyepelekan kerusuhan merupakan satu dari sekian tindakan yang salah. Yap, bertingkah sok jagoan semacam itu tidak akan membuat bung menjadi selamat. Justru, kerusuhan adalah salah satu bencana yang masih bisa dicegah dampaknya agar kita selamat sentosa. Kerusuhan biasanya timbul akan ketidakpuasan akan sesuatu hal, biasanya berkaitan dengan kepemimpinan atau kebijakan.

Seperti kasus yang terjadi beberapa lalu di Jakarta di mana kerusuhan timbul di setiap titik dan untungnya tidak meluas. Apabila kita terjebak dalam area konflik kerusuhan semacam itu, maka yang perlu dilakukan adalah menghindar ke tempat yang lebih aman. Itu sudah menjadi pilihan terbaik dan rasional. Ingat! jangan merasa jagoan dengan menganggap dampaknya tidak bahaya sehingga memutuskan berdiam diri.

Karena Hidup Tidak Bisa Diganti, Jadi Relakan Barang Tak Usah Membawa Pergi

Dalam sebuah kerusuhan atau bencana alam, ada sebagian orang yang tidak bisa kehilangan harta benda. Proses evakuasi tiba ia menjadi pihak yang paling sulit di bawa karena banyak barang yang ingin diselamatkan.Dalam situasi semacam itu, yang harus diingat bahwa harta bisa berganti tapi tidak dengan nyawa. Membahas tentang harta atau barang pribadi dalam kerusuhan tidak tidak akan sebanding dengan risiko nyawa yang harus dipertahankan.

Mencapai Ke Tempat yang Aman Agar Selamat Dari Kerusuhan

Saat bung berada di tengah kerusuhan hal yang paling benar dijadikan tujuan adalah mencari tempat yang aman. Kerusuhan biasanya terjadi di beberapa titik, bisa dari pusat kota atau pinggiran daerah. Sebisa mungkin jauhkan diri ke tempat yang lebih aman dan jangan pernah berada di daerah yang dekat dengan kerusuhan.  Hal yang mesti diingat jangan pernah melawan arus kerumunan untuk melarikan diri karena bisa terinjak-injak atau bahkan menjadi sasaran. Kemudian, jangan coba menghentikan perusuh yang berlaku vandalisme dengan menjarah properti, itu bisa membuatmu tenggelam dalam amarah para perusuh.

Apabila ada suatu gedung untuk tempat menghindari diri dari kerusuhan, pastikan gedung itu aman bukan jadi tempat sasaran yang bakal dijarah. Seperti toko dan gedung pemerintahan, jangan sampai tersbesit menjadikan dua gedung tersebut sebagai tempat aman sebagai perlindungan karena bisa jadi itu jadi tempat peperangan.

Menyamar Sebagai Perusuh Untuk Menghindari Para Perusuh

Kondisi ini bisa dilakukan apabila terjebak dalam sebuah keadaan di mana kerusuhan terjadi diantara kalian. Apabila para perusuh mengenakan jaket dan kebetulan kalian memakai jaket, maka kenakan. Tujuan menyamai pakaian perusuh agar kalian aman dan dianggap menjadi bagian dari kelompo tersebut.  Kemudian berusaha bergerak ke tepi kerusuhan dan melepaskan segala atribut yang menyamakan bung sebagai perusuh. Kalau tidak mungkin bung diringkus oleh polisi karena diduga sebagai bagian dari kelompok perusuh.

Apabila Terjadi Kerusuhan Dalam Satu Tempat Jangan Lari Menuju Pintu Keluar

Kerusuhan tidak hanya terjadi di tempat terbuka, bisa juga terjadi di dalam ruangan. Salah satu yang mungkin adalah stadion olahraga di mana terlibat kerusuhan antar supporter atau semacamnya saat pertandingan berjalan. Apabila haal naas ini terjadi maka bung harus mengingat bahwa menghindari kerusuhan di dalam ruangan adalah sulit. Pertama yang dilakukan jangan lari menuju pintu keluar, bisa diyakini arus tersebut sangat padat banyak orang berhamburan keluar dan bung bisa jatuh terinjak-injak. Lebih baik cari jalan keluar alternatif, seperti memanjat pagar atau semacamnya. Kalau tidak dapat melarikan diri lebih baik cari tempat berlindung.

Mentalitas Massa Selalu Terwujud Saat Kerusuhan Tiba

Sebuah kerusuhan yang terjadi biasanya dimotori oleh sekelompok orang  yang bertindak rusuh atau melakukan apa saja untuk menimbulkan kekacauan. Para psikolog menyebut “mentalitas massa” untuk menggambarkan apa yang terjadi selama kerusuhan. Bahkan ada satu cabang studi untuk piskologi kerumunan, yakni ketika orang masuk ke dalam kelompok, mentalitas kelompok yang mengambil alih. Dengan kata lain saat kerusuhan tiba, orang-orang yang terlibat di dalamnya mulai kehilangan moral dan bisa menjadi kejam sampai bersifat destruktif.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Tahu

Produsen Rokok : Asap Rokok Mulai Dikurangi, IQOS Dipandang Jadi Solusi

Kebijakan perlawanan rokok semakin gencar, hal ini juga terjadi di Indonesia. Salah satu negara yang mayoritas masyarakatnya perokok aktif. Perlawanan dimulai dari menampilkan foto akibat dari perokok aktif. Tampilan menyeramkan untuk dilihat terutama bagi perokok. Tak jarang kami menemukan perokok yang meminta ditukar rokoknya karena tampilan gambar, atau ada yang mensobek bungkus agar tampilan tersebut tidak tampak.

Dibalik gencarnya perlawanan, penutupan pabrik rokok secara  preventif juga tidak mungkin dilakukan. Berapa banyak pengganguran yang hadir nantinya? Selain itu masalah cukai, pendapatan freeport selaku tambang emas termasyhur di tanah air pun kalah dengan ‘cukai rokok’ yang bernilai Rp 139,5 triliun tiap tahun. Lantas bagaimana cara perusahaan rokok terus bertahan dibalik geliatnya gerakan ‘anti-rokok’ di dunia?

Perusahaan Rokok Memerangi Asap Rokok

Seperti yang sudah kami bahas bung, kalau pembatasan rokok membuat perusahaan rokok memutar otak untuk menjalankan bisnis. Salah satunya dilakukan oleh PMI. Eitss, bukan Palang Merah Indonesia lho melainkan Philip Morris International pemegang saham utama PT HM Sampoerna Tbk, di mana produlnya ‘Sampoerna Mild’ jadi rokok favorit di Indonesia.

Demi menjaga roda bisnis PMI memiliki visi membebaskan dunia dari asap rokok, terdengar anomali kan? Andre Calantzopoulos menyatakan perusahaan tembakau sedang mendapat tantangan. Dengan menjawab mengganti rokok dengan produk alternatif yang rendah risiko bagi perokok dewasa. Terutama yang sulit berhenti dan berpegang teguh untuk terus merokok.

Visi : Berada di Jalur Tepat Mencapai Ambisi yang Berani

Laporan keberlanjutan terbaru kami mencerminkan kerja keras dan dedikasi semua karyawan kami secara global dalam mencapai target masa depan bebas asap. Ini menunjukkan bahwa kami berada di jalur yang tepat untuk mencapai ambisi yang berani ini dan berada pada posisi yang tepat untuk mengatasi tantangan masa depan,” ujar Calantzopoulos, diansir dari Antara.

Visi dinyatakan PMI nampaknya cukup jelas. Tidak hanya memikirkan profit namun memikirkan langkah terbaik bagi masyarakat. Alhasil ia pun menciptakan produk alternatif dari rokok yang diberi nama IQOS. Perangkat elektronik yang memanaskan batang tembakau dirancang khusus pada suhu di bawah tingkat pembakaran.

IQOS Diciptakan Untuk Membunuh Kimia Berbahaya Dalam Tembakau

Apa alasan PMI memilih IQOS untuk jawaban geliat pasar tembakau di masa depan? tanpa tendensius, PMI menjawab bahwa rokok tembakau dibakar dengan suhu mencapai 600 derajat Celsius. Akibatnya pada suhu tinggi ini berbagai kimia berbahaya terbentuk.

Namun dengan IQOS, tembakau dipanaskan pada suhu 350 derajat Celsius. Pemanasan tersebut cukup untuk ‘mengeluarkan’ rasa tembakau. Karena tanpa pembakaran, berbagai asap maupun abu yang berbahaya bagi kesehatan tak terbentuk bung. Alhasil risiko yang ditimbulkan IQOS tidak se-berbahaya rokok biasa.

Melakukan Kampanye Lewat Sebuah Situs

Entah bagaimana, ini terjadi bung, sebuah perusahaan rokok mengkampanyekan bebas asap rokok sekaligus mengenalkan IQOS sebagai alternatif. Kampanye tersebut terjadi lewat unsmokeyourworld.com, sebuah situs yang jadi wadah bagi mereka yang ingin berhenti merokok atau membuat orang sekitarnya berhenti merokok. Situs ini bertujuan untuk menarik dan menginspirasi orang untuk memulai perjalanan bebas asap rokok.

Cara terbaik untuk berhenti merokok adalah dengan sepenuhnya berhenti merokok dan mengonsumsi nikotin. Namun, untuk perokok dewasa yang tak memilih cara itu, pilihan terbaik berikutnya adalah beralih ke alternatif yang lebih baik,” tulis David Fraser, Philip Morris International Media Office lewat siaran pers.

Bahkan Langkah dari PMI Sejalan Dengan WHO

Anomali kedua terjadi setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memang menjadikan rokok sebagai musuh masyarakat yang harus ditindaklanjuti dan dilawan. Lantaran menyebabkan banyak kerugian kesehatan bagi perokok dan sekitar

Tapi Calantzopoulos menyatakan langkah yang ditempuh sejalan dengan uapaya WHO, untuk mengurangi prevalensi merokok. Bahkan target yang dipatok lebih ambisius ketimbang target dari WHO. Dengan memasang terget untuk mengurangi kegiatan merokok konsumen dewasa tiga kali lebih cepat dari WHO lho.

Lewat sebuah data, PMI telah memperkirakan kalau kini sudah ada 6,6 juta perokok dewasa yang beralih ke IQOS. Ke depan, perusahaan membidik target lebih banyak lagi dan memprediksi perkok dewasa beralih ke produk bebas asap Pada 2025. Di tahun tersebut diperkirakan sejumlah 55 juta perokok akan berkurang.

Bung yang perokok, apakah mulai beralih ke IQOS sebagai alternatif?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Tahu

Neymar Mendekati Kata Sepakat Kembali ke Barcelona

Neymar mengatakan tidak ingin bermain lagi untuk Paris Saint-Germain, setelah dua tahun membela klub terkaya di Perancis tersebut. Digadang-gadang pemain berkebangsaan Brasil ini akan pulang ke klub lamanya Barcelona. Bahkan telah diberitakan ia sudah menyepakati kontrak bersama Las Azulgrana.

Apalagi Neymar mengatakan kalau sudah memiliki klub yang ingin dituju dan ia ingin kembali ke Spanyol. Makin membuat publik menduga kalau klub yang dimaksud adalah Barcelona.

Dilansir dari Sport, Neymar ke Barcelona mendekati kenyataan lantaran melihat sang Ayah Neymar sekaligus Agen telah berada di Barcelona dan bernegoiosasi dengan pejabat Barcelona sejak minggu lalu.

Lebih lanjut lagi, laman Sport menyatakan kalau sudah ada kesepakatan antara kedua belah pihak. Neymar dikontrak lima tahun untuk kembali membela Barcelona. Namun Neymar harus menerima potongan gaji karena gajinya saat ini di atas batas gaji pemain Barcelona.

Proses transfer ini masih jauh dari kata selesai. PSG sebagai klub ternyata cukup mematok harga Neymar yang kelewat tinggi di musim panas ini. Untuk itu pihak Barcelona sedang menawarkan beberapa alternatif agar transfer Neymar itu bisa terlaksana di musim panas ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Tahu

Penyakit Jantung Tak Akan Bung Rasakan Kalau Sering Liburan

Sudah berapa kali bung mengambil cuti? apakah tahun ini sudah merasakan liburan yang menyenangkan? kalau belum itu bahaya bagi kesehatan. Menghindar dari rutinitas pekerjaan bermanfaat bagi kehidupan. Bahkan sebuah penelitian mengatakan kalau liburan adalah cara ampuh mencegah penyakit jantung!

Lewat laman Dailymail, para ilmuwan menemukan di mana semakin banyak waktu berlibur yang dimanfaat pekerja dalam setahun, maka semakin kecil pula risiko terjangkit sindrom metabolik. Sindrom metabolik sendiri merupakan sebuatan dari kondisi seperti hipertensi dan kolesterol tinggi. Atau yang lebih dikenal sebagai gejala penyakit jantung, diabetes tipe-2 dan stroke.

Nah, penelitian menyatakan bahwa salah satu cara menurunkan sindrom metabolik dengan plesiran. Bahwasanya setiap liburan atau plesiran yang dilakukan maka sindrom metabolik menurun hingga seperempat dari semula.

Alhasil semakin jauh terkena risiko penyakit jantung. Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Syracause, New York dipimpin oleh Dr Bryce Hruska, Assiten Profesor di Departemen Kesehatan Masyarakat Universitas Falk

Apa yang kami temukan adalah orang yang lebih sering berlibur di 12 bulan terakhir memiliki risiko lebih rendah untuk sindrom metabolik dan gejala metabolisme,” ungkap Dr Hruska.

Sindrom metabolik lebih lanjut lagi dijelaskan sebagai kumpulan faktor risiko penyakit kardiovaskular. Apabila seseorang terserang sindrom metabolik, maka akan berisiko lebih tinggi terjangkit penyakit jantung.

Kita benar-benar melihat pengurangan risiko penyakit jantung, dengan semakin banyak orang berlibur. Ternyata gejala metabolik dapat dimodifikasi, itu berarti mereka dapat berubah atau dihilangkan,” tuturnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top