Otomotif

Tunggangan Asal India yang Merupakan Saudara Dari Motor Eropa Hadir di Jakarta

Pabrikan motor asal India yang satu ini tak bisa dipandang sebelah mata. Meskipun India tak begitu berada di urutan terdepan dalam soal otomotif seperti halnya Jepang atau negara Eropa, tetapi produk yang dibuatnya bukan berarti hanyalah pelengkap pasar otomotif saja, Bung. Kalau tak percaya coba saja tengok ke TVS Apache RR 310 yang sangat garang ini.

Masuk dalam klasifikasi motor sport bertameng, rasanya tak afdol kalau tak membicarakan TVS Apache ini. Mungkin saja kini Bung tengah jenuh dengan keluaran motor sport yang itu-itu saja, ‘kan? Kalau Bung berpendapat seperti itu, TVS Apache RR 310 bisa Bung jadikan wishlist atau motor yang patut dipantau. Secara konsep sangat mirip dengan Akula 310 keluaran TVS juga yang dirilis dua tahun lalu. Terlihat pada model produksi yang dipengaruhi model konsep pada bagian fairing dan tameng kaca depan. Makin penasaran, Bung?

TVS dan BMW Beda Negara Tetapi Bersaudara

Mungkin Bung penasaran kok bisa TVS dikatakan bersaudara dengan pabrikan otomotif terkenal macam BMW. Sebenarnya tidak bersaudara dalam arti berhubungan erat dan saling berkaitan sejak lama. Namun, usut punya usut nih Bung, ternyata BMW Motorrad memang melakukan kerja sama dengan pabrikan asal India yakni TVS.

Dari situ saja sudah bisa dilihat kalau TVS berarti bukan pabrikan otomotif biasa saja, ‘kan? Kerja sama yang dilakukan pun dengan menghasilkan sepeda motor buatan masing-masing, dengan tidak terikat satu sama lain. Contohnya sama seperti BMW G310R dengan TVS Apache RR 310. Karena secara sederhana, Apache RR 310 ada versi fairing dari BMW G310R lho. Hanya saja BMW keluar lebih dulu dari TVS, jadi bisa dibilang kedua motor ini bersaudara.

Perihal Dapur Pacu yang Matang, Apakah Sama Spesifikasinya Dengan BMW?

Sudah pastilah Bung. Karena diproduksi di India untuk kekuatan dapur pacunya pun sama. Di dalam motor sport bertudung ini, Apache RR 310 dilengkapi dengan mesin 1-silinder 313 cc berpendingin cair. Tenaga yang dihasilkan pun mencapai 34 ps dengan torsi 27,3 nm. Jadi wajar saja kalau klaim output-nya sama seperti BMW G310R. Karena mesinnya saja diproduksi di tempat yang sama, yang berbeda hanya dari tampilannya saja.

Tampilan Berkelas dan Pantas Untuk Melintas

Saat melintas di jalanan, motor ini pasti bakal terlihat menawan. Karena tampilan yang dirancang bisa disebut terbaik dikelasnya. Apabila dikupas dari yang terkecil, dashboard dari Apache RR 310 pun memiliki bentuk unik dengan desain yang vertikal yang tentu saja itu tidak umum. Berbagai fitur yang terinspirasi dari motor balap ada di dalamnya, seperti kondisi mesin dan analisa berkendara.
Bagian depannya telah dilengkapi proyektor ganda bi-LED. Belakangnya juga sudah dibenamkan lampu LED. Agar performanya lebih terasa, TVS pun membekalinya dengan suspensi inverted dan monoshock spesifikasi balap dari KYB yang sudah teruji oleh ahli MotoGP. Kedua rodanya dibungkus ban Michelin Street Sport ukuran 110/70 di depan dan 150/60 di belakang. Dengan begitu, ini adalah kali pertamanya ban itu digunakan untuk motor di bawah 500cc.

Menjadi Pesaing Terberat di Kelasnya

TVS Apache RR 310 tidak bakal melenggang mulus begitu saja karena bakal banyak pesaing di pasaran yang cukup setara di kelasnya. Begitu juga sebaliknya, para pesaingnya pun pasti bakal gelisah melihat performa dan tampilan yang disuguhkan TVS Apache RR 310.

Di India motor ini bersaing dengan KTM RC 390, Kawasaki Ninja 300, dan Benelli 302R, juga Yamaha R3 yang bakal meluncur lokal dalam waktu dekat. Sedangkan di Indonesia otomatis menjadi rival Kawasaki Ninja 250, CBR 250, Yamaha YZF -R25 yang bisa disebut pesaing terkuat.

Coba Tengok Jakarta Fair Kalau Penasaran Dengan Performanya

Kalau secara penjabaran saja kurang begitu terasa. Terkadang butuh melihat asli bahkan mencobanya, guna membuktikan apakah benar motor ini cukup terasa di jalan dengan fitur yang teruji sampai diakui ahli MotoGP. Kalau itu jawabannya, Bung dapat mengunjungi Jakarta Fair Kemayoran yang sudah digelar dari beberapa minggu lalu. Karena TVS Apache RR 310 bertengger di sana, dan Bung bisa melihatnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Keren

Kenalkan, Ini Pesaing CBR 250 dan R25 dari Suzuki

Melihat Honda CBR 250RR dan Yamaha R25 di India yang saling bersaing. Nampaknya membuat Suzuki tak ingin absen dalam persaingan motor cc besar ini, akhirnya diluncurkanlah Suzuki Gixxer SF 250 di India dengan harga 170.655 rupee atau sekitar Rp 35 juta. Motor ini menggunakan mesin 249 cc, satu silinder, 4 katup, SOHC dengan mesin injeksi yang menghasilkan tenaga 26,5 ps dan torsi 22,6 Nm.

Dilansir indianautosblog, konon mesin itu dikawinkan dengan transmisi 6 percepatan. Memakai Lampu LED untuk lampu utama dan lampu ekornya. Ada juga instrumen digital serta knalpot berlubang ganda yang kekar. Sedangkan tangki dari Suzuki Gixxer sanggup diisi BBM sebanyak 12 liter.

Dari fitur pengereman, Suzuki Gixxer sudah dikaruniai rem cakram pada kedua roda plus tambahan fitur ABS atau antilock brake system.  Memakai suspensi teleskopik dan monoschock di belakang, dan menggunakan roda berukuran 110/70R-17M/C dan 150/60R-17M/C pada bagian depan dan belakang.

Meningkatkan sisi kemewahan, Suzuki pun menggunakan pelek dual tone, hitam dan perak. Tapi sayang motor ini belum disiapkan untuk mengaspal di tanah air. Padahal kami yakin banyak pecinta roda dua tanah air yang ingin kedatangan Suzuki Gixxer. Namun dalam beberapa kesempatan Suzuki mengatakan ingin fokus dulu ke motor yang pasar bermarket besar.

Motor 250cc, saat ini kita belum masukkan. Nanti ada kok saatnya kita masuk. Sekarang, kita ingin fokus pada market yang besar dahulu agar masuknya motor 250cc lebih enak. Sebab kita pasti selalu menghitung segala sesuatu yang kita produksi atau datangkan,” kata 2W Marketing and Business Development Head Suzuki Indomobil Sales (SIS) Yohan Yahya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Keren

Modifikasi BMW 310 GS Jadi Scrambler Garang yang Pas Menemani Aktivitas Harian

Setiap modifikator memiliki selera tersendiri dalam mengubah motor, salah satunya yang dilakukan bengkel asal Swiss, VTR Custom saat merombak BMW G 310 GS jadi Scrambler Jangkung. BMW G 310 GS sendiri hasil garapan BMW Motorrad dan TVS yang mengusung gaya petualang dengan kapasitas 300 cc.

Gaya modifikasi motor scrambler memang cenderung masih sama dengan gaya motor bawaan pabrik. Ergonomisnya posisi berkendara acap kali jadi pilihan pengendara menggunakan roda dua untuk menemani aktivitas sehari-hari. Kecenderungan untuk memodifikasi motor BMW G310 GS salah satunya menaikkan popularitasnya di Swiss. Namun dibalik itu semua tujuan modifikasi adalah untuk bersenang-senang.

Kami pikir BMW G310 GS ini sangat lincah, menyenangkan, dan mudah untuk dibawa berkendara. Yang kami lebih sukai untuk perjalanan singkat, dibawa keluar setelah pulang dari bekerja. Untuk itu kami memodifikasinya agar makin populer di Swiss,” ujar Dani Weidmann dari VTR Custom dikutip dari Bikeexif.

Tidak ada yang diubah dari suspensi depan, rangka utama, pelek dan mesin tetap bawaan pabrik. Sisi penyegaran dilakukan dengan mengurangi bagian-bagian pada body agar tetap sederhana dan yang tersisa asli hanya tutup tanki. Sayang seribu sayang, ubahan motor ini tidak dapat bung nikmati dengan pasangan karena didesain untuk satu orang.

Motor ubahan ini terkesan lebih jangkung karena rangka yang diwarnai coklat dan menggunakan ban pacul TKC 80 memberi tampilan agresif. Sentuhan bengkel juga menjamah bagian kokpit yang dirombak total, menggunakan lampu bulat klasik, menambahkan spakbor kecil yang membuat Scrambler ini semakin jadul. Agar semakin garang, VTR mempercayakan kepada pabrikan Akrapovic.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Tahu

Risiko Besar Mengintai Jika Mudik Pakai Motor, Lebih Baik Kuda Besi Dikirim Paket Saja Bung

Meskipun lebaran masih bulan depan, bisa diprediksi arus pemudik yang menggunakan sepeda motor tetap banyak. Namun di sisi lain ekspedisi jasa pengiriman sepeda motor juga tak kalah banyak. Jasa ini dapat jadi alternatif bagi pemudik yang ingin memaketkan sepeda motornya dibanding mengambil risiko saat pulang ke kampung halaman. Seperti kita tahu, angka kecelakaan pemudik dengan roda dua selalu tinggi tiap tahunnya.

Ekspedisi jasa pengiriman sepeda motor tentu memerlukan biaya agar roda dua aman sampai tujuan. Tarif yang dipatok ditunjuk sesuai dengan daerah tujuan. Seperti dikatakan langsung oleh Raehan Meyferdi selaku petugas bagian administrasi Pos Kalog Express.
Kalau ke Jawa Tengah, karena di sini banyak yang ke Yogyakarta, untuk motor bebek ongkos kirimnya saja Rp500 ribu,” ungkapnya dilansir 100kpj.

Biaya tersebut belum termasuk dengan ongkos pembungkusan motor sebesar Rp 50 ribu. Persyaratan untuk mengirimkan motor sangat mudah, pemilik motor hanya perlu menyiapkan STNK asli dan foto kopi BPKB. Hal ini penting untuk menjamin keaslian dan kendaraan.

Syarat yang paling utama adalah sepeda motornya sendiri, kemudian STNK asli, lampiran BPKB, dan kunci,” kata Branch Manager PT Herona Express, Windu Widiarto.

Saat pemilik ingin mengambil motor tersebut hanya perlu menunjukkan tanda terima, identitas pribadi serta Buku Pemilik Kendaraan Bermotor.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top