Review

Tokocrypto Melayani Jual Beli Mata Uang Digital Indonesia

Mata uang digital atau kripto sempat menjadi perbicangan hangat dunia, termasuk di Indonesia. Apalagi bitcoin, salah satu mata uang digital yang memiliki nilai yang sangat tinggi, bahkan satu bitcoin pernah mencapai ratusan juta rupiah apabila ditukarkan. Menoleh ke pasar yang sedang berkembang ini, Indonesia memiliki toko pelayanan soal mata uang digital bernama Tokocrypto.

Platform yang menawarkan jual beli mata uang digital di Indonesia ini meliputi bitcoin dan juga ethereum. Caranya pun sangat mudah, pengguna hanya perlu menyetorkan saldo sebelum melakukan transaksi. Kelebihan Tokocrypto adalah memiliki biaya transaksi yang rendah. Selain itu, biaya penarikan diklaim lebih terjangkau dari platform lain yang menggeluti bidang pasar mata uang digital.

“Transparansi. Kami ingin pengguna Tokocrypto percaya bahwa platform kami sangat terbuka dan transparan soal informasi dana pengguna agar tak disalahgunakan,” ujar Pang Xue Kai, CEO Tokocrypto yang dikutip dari Liputan6.com

Soal kemanan, platform ini melancarkan kerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk membangun ekosistem cryptocurrency yang baik dan aman untuk digunakan. Salah satu pihak yang diajak kerjasama adalah Bappebti, sebuah badan yang berada di bawah Kementerian Perdagangan. Bertugas menjadi perantara dan regulator uang yang mengalir dari pengguna.

Kedepannya Tokocrytp akan memperluas ke jenis mata uang digital lain seperti neo, litecoin, ripple, dan cardano. Toko ini sendiri telah didirikan sejak Juni 2017, yang memasuki masa soft launching di bulan April 2018. Sekarang, platform ini  bisa diakses via situs web, sedangkan versi aplikasi akan menyusul pada kuartal kedua 2018.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Baik

Bertengkar Soal Uang dengan Pasangan, Masih Bisa Diselesaikan dan Dibicarakan

Finansial memang masalah vital. Perceraian atau pertikaian rumah tangga terjadi bukan karena ego, orang ketiga atau ketidakcocokan. Tapi karena uang! banyak yang memberi saran untuk segera membicarakan soal finansial atau uang dengan pasangan. Agar tidak terjadi rahasia. Saling terbuka soal uang tak kalah penting, untuk mengorek apakah ada hutang dengan orang lain atau memang selama ini memiliki masalah finansial.

Perkara finansial harus diutarakan baik mereka yang ber-pacaran, sedang ditahap jenjang pernikahan atau sudah menikah. Bung harus mulai membicarakan tentang uang. Sekaligus memahami dan percaya tentang uang dan dari mana asalnya. Dilansir dari Yourtango, inilah 5 langkah memahami masalah keuangan yang berkaitan dengan masalah pasangan.

Memiliki Sikap Empatik

Apabila ada kendala keuangan dalam hubungan, mulailah terbuka, agar pasangan merasa aman. Dalam arti bung harus mendengarkan keluh kesah-nya dan bersikap empati. Demi memahami tentang hubungan tersebut. Bisa saja memang bung bersikap defensif, saat berbicara tentang informasi sensitif  seperti keuangan. Justru yang terjadi adalah pasangan enggan membuka diri. Bukan hanya soal uang bahkan yang lainnya.

Mencoba Sikap Terbuka Untuk Menerima Pengaruh Pasangan

Dari pada bung menghakimi bagaimana cara si nona mengurus keuangan. Lebih baik bung timbulkan satu percakapan yang sangat membantu, dengan cara mengajukan pertanyaan pada pasangan tentang sistem mereka tentang mengelola uang.

Bagaimana caranya? dengan bertanya bagaimana si nona menghabiskan uang? apakah mereka menyimpan uang atau menyembunyikan? apakah mereka memandang uang sebagai kekuatan? dengan cara ini akan membuat hati pasangan lebih terbuka.

Mencoba Terbuka Untuk Kompromi

Saling kompromi itu penting dalam hubungan. Jika salah satu ada yang merasa ingin menang sendiri, itu adalah salah. Perlu untuk merasa setara dalam suatu hubungan. Seperti membuat keputusan bersama dalam hubungan. Konflik tentang keuangan akan terus muncul dalam kehidupan, jadi salah, kalau kalian berdebat akan hal itu. Atau bisa jadi tidak merasa setara dalam hubungan tersebut.

Berhenti Menghakimi atau Menyalahkan Pasangan

Kalau pasangan merasa pusing akan keuangan, coba berkecimpung ke dalam masalahnya. Perlu disadari butuh dua orang untuk membuat masalah ini ada, dan perlu butuh dua orang juga untuk menyelesaikan masalah ini. Berhentilah untuk menghakimi atau memfitnah pasangan saat bertemu masalah. Justru ini akan memperburuk keadaan. Jika ini terus jadi maka satu sama lain akan mulai berpaling dan perlahan-lahan memotong sebuah hubungan.

Masalah Tidak Harus Diselesaikan Saat Itu Juga

Kala membicarakan masalah memang tidak bisa selesai pada saat itu juga. Banyak argumen terjadi hingga konflik tak menemukan solusi. Setuju bertemu nanti dan membahas masalah tersebut adalah hal wajar. Waktu di mana bung berdua memiliki kesempatan untuk menenangkan diri.

Yang penting saat bertemu nanti terjalin obrolan seriusan untuk mengupas masalah. Meskipun ada debat, tenanglah jangan terpancing emosi, dari pada sesuatu yang berharga tersebut akan pergi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Tahu

Komunikasi Dengan Selingkuhan, Bagaimana Caranya?

Setiap orang akan merasa syok ketika tahu diselingkuhi. Terlebih, perselingkuhan berjalan dalam waktu 3 bulan atau lebih. Tanpa ada rasa curiga bahkan mencium ‘gelagat’ buruk. Posisi orang yang diselingkuhi pasti akan heran bagaimana cara mereka berkomunikasi selama ini. Padahal hampir setiap waktu selalu bersama dan rasanya tidak ada celah untuk mereka (pasangan bung dengan selingkuhan) untuk memberikan kabar sampai berlempar pesan.

Komunikasi rahasia disembunyikan rapih. Sebagaimana menyembunyikan hubungan terlarang. Berikut ini cara bagaimana pasangan melakukan komunikasi perselingkuhan, untuk menutupi hubungan mereka agar tidak ketahuan dilansir dari Shared. Bung mau tahu apa yang digunakan dan bagaimana caranya?

Secara Lumrah, Pasangan Bung Memiliki Ponsel Kedua

Aku tak mengerti bagaimana ia bisa berkomunikasi dengan selingkuhan? padahal setiap aku cek, tak ada yang mencurigakan dari ponselnya”.

Jangan terlalu polos menilai pasangan. Potensi selingkuh itu selalu ada. Mau hubungan berjalan baik atau adem ayam, selagi ada yang menarik hati si nona, tak ada salahnya bermain api. Cara berkomunikasi-nya pun, menggunakan ponsel kedua yang rahasia.

Itu tidak ditunjukkan saat bung sedang kencan bersama. Tapi ia selalu menyembunyikannya. Survei Ashley Madison atau website percintaan, menyatakan 11 persen orang mempunyai ponsel kedua, yang menjadi sumber komunikasi dengan pihak ketiga dalam satu hubungan.

Memiliki Aplikasi Situs Kencan yang Tak Kunjung Dihapus

Ini sih sudah jelas, apabila pasangan belum menghapus aplikasi kencan. Apalagi kalau bung sudah mewanti-wanti untuk menghapus kemudian ia pura-pura lupa. Kemungkinan besar aplikasi kencan jadi media berselingkuh. Sebaiknya bung mengawasi kalau bisa langsung dengan sepihak menghapus aplikasi tersebut. Dilansir dari Shared sebanyak 20 persen orang menghabiskan waktu lama di situs kencan untuk berselingkuh.

Memanfaatkan Sosial Media

Sebanyak 18 persen orang dalam survei menyatakan berkomunikasi dengan selingkuhan memanfaatkan sosial media. Lantaran media sosial lebih bersifat pribadi dan tertutup, sebab hanya sang pengguna yang bisa mengakses media sosial kan? terlebih, banyak yang berpendapat pasangan yang meminta password sosial media adalah langkah yang aneh dan merusak ranah privasi. Otomatis membuat perselingkuhan makin melenggang bebas. Jadi sebisa mungkin telusuri sosial medianya apabila ada kecurigaan.

Surat Elektronik Menghubungkan dengan Selingkuhan

Ada banyak cara untuk keep in touch dengan selingkuhan. Salah satunya dengan menggunakan surel atau e-mail. Terdengarnya agak begitu formal, kan? Nyata-nya survei mengungkapkan 40 persen pasangan tak setia menggunakan email untuk menyamarkan komunikasi dengan selingkuhan. Sebelum mendengarkan hal ini pasti bung tidak terfikirkan,kan?

Apalagi akun dan password email dirahasiakan maka dari itu konten atau isi email pun terkunci. Jadi tak mudah terdeteksi oleh bung sendiri. Untuk itu tak boleh mengabaikan email pasangan bung. Sesekali cobalah meminta, apabila disembunyikan mungkin saja karena ada yang ia jaga.

Percaya Diri Menggunakan Ponsel Sendiri

Survei terbesar menyebutkan kalau ada 56 persen pasangan berselingkuh menggunakan ponsel sendiri untuk menghubungi orang ketiga. Apalagi ia tak senang kalau ponsel tersebut dicek. Alhasil ada tanda curiga kalau ada yang disembunyikan olehnya. Kemana pun ia pergi, ponsel tersebut tidak lepas.

Biasanya nama kontak si orang ketiga diganti dengan nama atau inisial tertentu, yang membuat rasa kecurigaan berkurang. Maka dari itu jangan terlalu percaya dengan pasangan. Meskipun kamu cinta dan sayang, lihat gerak-gerik mereka, apakah ada yang disembunyikan atau tidak. Nah kalau bung sendiri, apakah pernah mengalami hal-hal seperti ini?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Tahu

Pemakaian Ponsel Dikenakan Kebijakan Memasang IMEI dan Nomor Ponsel, Untuk Apa?

Peraturan penggunaan ponsel mulai dikenakan kebijakan baru yang sedang disiapkan pemerintah lewat tiga kementrian. Diantaranya Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kementrian Perindustrian dan Kementrian Perdagangan, yang mengharuskan masayarakat (pengguna ponsel) memasang IMEI ponsel dengan nomor MSISDN atau nomor telpon apabila ingin berkomunikasi.

Tujuan dari kebijakan salah satunya untuk memerangi pasar gelap yang secara jelas tidak memberikan pajak bagi negara. Ada lagi beberapa poin lain bung, tentang mengapa diwajibkan mencatumkan kedua hal ini. Menurut Rudiantara, selaku Menteri Komunikasi dan Informatika dilansir dari Detik. Memang kedua hal ini harus berpasangan, jadi mengaktifkan ponsel tak lagi bisa sembarangan.

Ponsel kan ada IMEI seperti ‘STNK ponsel’. Kemudian, MSISDN itu ‘STNK SIM card-nya’. Dua itu harus berpasangan,” ungkapnya.

Pemblokiran Ponsel Lewat IMEI Ilegal

Berbarengan dengan regulasi yang sedang dirancang oleh pemerintah. Tiga kementrian tersebut sedang menyiapkan aturan pemblokiran ponsel ilegal lewat IMEI. IMEI dikeluarkan GSM Association yang merupakan nomor identitas unik, dikeluarkan setiap produsen ponsel. Jika ponsel memiliki slot SIM Card ganda maka akan ada dua nomor IMEI dan semua nomor IMEI didaftarkan ke Kemenperin saat ponsel hendak dijual di Indonesia.

Kemenperin mengumpulkan semua IMEI dari ponsel resmi dalam database. Mereka telah mengembangkan sistem identifikasi ponsel ilegal yang diberni nama DIRB (Device Identification, Registration, and Blocking System). Dan tinggal menunggu data-data MSISDN dari operator guna mengidentifikasi ponsel ilegal saat konsumen mengaktivasi nomor kartu SIM.

Cara Mengecek IMEI Ponsel

Untuk mengecek keabsahan IMEI dari ponsel bung, bisa langsung ke sistem DIRBS Kemenperin. Jika nomor IMEI tidak terdaftar maka koneksi jaringan akan diputus! Pemblokiran akan berlaku pada tanggal 17 Agustus nanti, nah sembari menunggu bung bisa melakukan pengecekan IMEI.

Nah, hal awal adalah ketahui nomor IMEI dengan menekan *#06#. Kalau tidak ada, ke bagian about phone atau melihatnya di kotak kemasan ponsel. Akses situs Kemenperin.go.id/imei, masukan kode IMEI kemudian akan muncul informasi legalitas ponsel yang bung miliki.

Kalau dalam situs Kemenperin tidak ada merek dan tipe serta perusahaan, maka ada dua kemungkinan. Pertama, ponsel yang bung beli resmi belum masuk ke database Kemenperin. Kedua memang berstatus ilegal atau black market

Kenapa Indonesia Terlambat, Padahal Negara Lain Sudah Melakukan Lebih Dulu?

Sebenarnya untuk masalah regulasi atau sejenisnya, Indonesia memang suka telat kan bung? sebagai contoh saja pemasangan IMEI dan MSISDN. Meskipun kebijakan ini sedang disiapkan, ternyata di luar negeri justru sejak awal berkembangnya ponsel sudah mewajibkan pemasangan IMEI ponsel dengan nomor telepon.

Namun Rudiantara menjelaskan, kalau dulu kebijakan menyasar kepada industri seluler yang cepat. Alhasil setiap orang bisa beli ponsel dan SIM card di mana saja agar pertumbuhan signifikan. Kalau negara lain sudah mengimplementasikan karena distribusinya dikontrol.

Kalau di negara lain sedari awal sudah dipasangkan karena distribusinya dikontrol. Distribusi jualan tata niaga dari ponsel itu sendiri. Sekarang sudah saatnya. Mengapa? karena untuk kepentingan masyarakat,” kata Menkominfo.

Tak Bisa Lagi Membeli Ponsel Luar Negeri

Karena untuk mengaktifkan sebuah ponsel atau gawai harus menyertakan IMEI dan nomor telfon. Nantinya ponsel yang dibeli atau di bawa dari luar negeri tidak lagi mudah untuk mengaktifkannya dengan SIM card operator manapun di Indonesia.

Tentu, pengecualian masih ada, tapi Rudiantara tidak menjelaskan bentuk pengecualian tersebut. Selain itu regulasi ini memiliki benefit bagus menurut Menkominfo yang berdampak pada tata niaga. Artinya ponsel black market yang dari sisi pajak tidak bagus, bisa lebih bagus.

Kebijakan ini Insya Allah akan dikeluarkan bulan Agustus, dua bulan setengah lagi lah. Ini baru kebijakan. Implementasinya dilakukan secara bertahap. Artinya apa? nantinya kita tidak bisa lagi membawa, membeli ponsel di luar negeri. Suka-suka diaktifkan menggunakan SIM card operator manapun di Indonesia. Tentu, pengecualian-pengecualian masih ada,” jelasnya.

Ponsel Hilang? Bisa Dinonaktifkan

Kemalingan atau ponsel jatuh entah di mana, pasti hal yang kita lakukan pertama adalah menelfon apakah ponsel tersebut masih aktif atau tidak. Kemudian melakukan blokir SIM card dari pada terjadi hal yang tidak diinginkan. Di situ saja, kita sudah merasa beruntung saat SIM card berhasil diblokir, tapi berbicara ponsel? tentu kita rugi kan, karena yang berhasil diselamatkan hanyalah komponen pelengkap saja.

Sedangkan kalau regulasi ini mulai berjalan, ponsel yang hilang dapat dinonaktifkan.  Sehingga maling atau yang menemukan tidak bisa memanfaatkan secara maksimal. Jadi pihak yang kehilangan dan yang mengambil sama-sama merasakan kerugian.

Misalkan, ada yang hilang ponselnya, SIM card-nya bisa dimatikan tidak bisa dipakai oleh orang. Tapi ponselnya ke mana? hilang kan. Sekarang bisa dinonaktifkan karena kalau ponsel hilang tadi, ada yang curi misalkan, bisa dijual lagi kemana-mana, sekarang kalau dipasangkan tidak bisa,” tuturnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top