Lebih Keren

Tak Dapat Membangun Hubungan Baik Dengan Rekan Kerja, Bisa Mengancam Karir Anda

Reputasi terkadang rusak dan hancur dengan kesalahan yang diperbuat, bukan dengan atasan melainkan dengan rekan kerja. Sebuah survei dilakukan oleh VitalSmarts yang menemukan kalau 83% orang pernah mengetahui dan melihat orang lain membuat kesalahan membahayakan karir dan reputasi. 69% lainnya mengakui kalau mereka sendiri yang melakukan kesalahan yang membuat karir mereka cenderung terancam. Sepeti meminta promosi, kenaikan gaji, merusak hubungan kerja dengan rekan kantor, sampai merusak reputasi diri sendiri.

Membangun karir tidak mudah. Beberapa orang harus mati-matian untuk berada di garda terdepan suatu perusahaan. Mulai dari sikut-sikutan sampai rela menjebak rekan kerja lain. Aktivitas jahat semacam ini sudah bukan hal tabu lagi di suatu perusahan.

Namun ada kalanya bung berfikiran kalau tidak membangun hubungan harmonis dengan rekan kerja bisa membuat bung didepak. Karena lingkungan kantor tidak lagi ceria sekaligus tidak begitu mendukung untuk bekerja. Selain itu ada beberapa alasan yang harus bung simak, apabila tidak ingin karir jalan di tempat atau bung didepak.

Gemar Cari Muka di Depan Atasan, Mendapat Permusuhan dari Beberapa Rekan

Beberapa orang memang ada yang pintar untuk bermuka dua sampai jadi penjilat atasan. Kami yakin bung tidak handal dalam soal ini kan? selain jalan pintas medongkrak karir dengan cara kusut. Sikap menjilat atasan otomatis menimbulkan omongan sekaligus permusuhan dari rekan-rekan kerja lainnya.

Seseorang yang meningkatkan hubungan dengan atasan tetapi tidak dengan merendahkan rekan kerja lain, mungkin adalah upaya yang dicari. Tetapi rekan kerja pasti tak bisa diam apabila ada seseorang yang mendongkrak karir dengan cara licik secara terang-terangan. Otomatis karir orang tersebut dapat terancam.

Jangan Pernah Puas Dengan Kemampuan yang Dimiliki, Terus Belajar Khususnya dalam Hal Teknologi

Mempertajam keterampilan baru adalah hal yang harus diutamakan. Jangan mentang-mentang sudah level tinggi di satu perusahaan, tidak lagi mepelajari hal-hal baru. Kalau bung nyaman berada di titik tersebut, bung bisa membunuh karir diri sendiri.

Segala perubahan terjadi, dan itu tidak dapat dihindari. Terus kembangkan apapun yang sedang bung pelajari, terutama teknologi. Karena sulit untuk mengejar apabila sudah tertinggal.

Jangan Membiasakan Menolak, Beradaptasilah dengan Perubahan

Sebuah survei melibatkan 91% responden mengatakan kalau karyawan paling sukses adalah orang-orang yang bisa beradaptasi dengan perubahan tempat kerja. Meskipun semua orang tahu kalau perubahan bisa terjadi kapan saja, tetap ada saja seseorang yang menolak dan tetap memelihara cara-cara lama dalam penyelesaian masalahnnya.

Toh dalam perubahan bung tidak dituntut untuk menyukai, melainkan belajar, beradaptasi dan berhentik menolak yang sudah terjadi.

Siap Menyonsong Kesuksesan dan Siap Akan Kegagalan

Serangkaian keberhasilan seseorang tentu sangat manis untuk dinikmati. Bung yang mendengar ceritanya saja, terbayang betapa nikmati dan serunya apa yang telah ia dapatkan sekarang. Meskipun begitu, jangan sampai terlena akan cerita soal kesuksesan, semua orang memang bisa dan berhak untuk sukses. Tapi ada yang tidak sanggup ketika menerima kegagalan, sehingga down dan tidak dapat menjaga kondisi alhasil pekerjaan terbengkalai tidak karuan.

Memiliki Kecerdasan Emosi yang Rendah, Gampang Marah Dengan Rekan Kerja

Semua orang bisa dipecat bukan karena melanggar peraturan perusahaan atau karena kinerja yang mengecewakan. Tetapi orang bisa dipceat karena tidak mampu membangun hubungan baik dengan orang lain. Mood mungkin sedang tidak bagus sehingga bung terbawa suasana untuk marah-marah saja, terutama terhadap rekan kerja lainnya. Untuk itu jaga keharmonisan antara rekan kerja patut dijaga, bukan demi kebaikan karir saja. Tetapi lingkungan pun juga.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Baik

Dari Jasa Penitipan Hewan Sampai Manfaatkan Hobi, Bisa Jadi Penambah Pundi-pundi

Tatkala hidup sudah mulai terasa nge-pas, muncul dalam benak pikiran untuk mencari kerja lain atau penghasilan tambahan. Nah dari dua pilihan antara mencari kerja lain atau mencari penghasilan tambahan. Secara realistis bung pasti akan memilih penghasilan tambahan, kan? karena sudah merasa nyaman di lingkungan kerja sekarang atau lebih bijaknya lagi, ingin coba berbisnis sekaligus menghasilkan uang tambahan.

Polemik dari berbisnis atau mencari uang tambahan adalah sulitnya menentukan ingin melakukan apa. Apakah menjual jasa atau menjual produk. Kalau bung belum terfikirkan, dilansir dari Cermati.com ada beberapa cara yang dapat bung lakukan untuk melengkapi kebutuhan hidup.

Lihat Hobi dan Talenta yang Bung Miliki, Adakah yang Dapat Dimanfaatkan Untuk Menambah Pundi-Pundi

Bekerja lewat hobi yang dibayar adalah anugerah. Tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan emas semacam ini. Meskipun hanya menjadi penghasilan sampingan, tentu dalam menjalani tidak ada rasa beban, malah bung kegiarangan. Coba deh gali lagi terkait hobi atau talenta yang tersimpan di dalam diri.

Kira-kira adakah gudang kreatifitas yang dapat bung manfaatkan untuk menjadi penghasilan tambahan? mungkin bung handal dalam mengambil foto atau bisa membuat aksesoris, dan kerajinan tangan. Coba manfaatkan segala talenta dan hobi yang dipunya, aji mumpung kalau hal tersebut bisa bung manfaatkan guna menjadi penghasilan tambahan.

Tengok Isi Kamar,  Barang Kali Ada Barang Pribadi yang Dapat Disewa

Memiliki impian menjadi musisi membuat bung membekali skill dengan membeli alat musik sendiri. Ketika impian itu sirna dan alat musik pun mendekam di rumah saja. Alangkah baiknya bung sewakan demi mengundang segelintir uang masuk ke kantong.

Menyewakan barang pribadi bisa bung manfaatkan untuk menjadi penghasilan tambahan. Lakukan promosi dari mulut ke mulut atau infokan lewat sosial media. Karena bisa jadi ada salah satu teman bung yang membutuhkan barang tersebut.

Terpenting yang mesti bung ketahui adalah bung harus jeli barang apa saja yang bisa disewakan. Paling mudah untuk disewakan adalah kendaraan terutama mobil. Atau kalau bung memiliki kamar kosong lebih di rumah, bisa bung sulap menjadi kos-kosan.

Ketika menyewa barang pribadi tidak lagi diminati oleh kerabat dan kawan, jangan patah akal di tengah jalan. Manfaatkan forum jual beli online untuk menjual barang pribadi. Siapa tahu ada calon pembeli yang memang sedang mencari yang bung jual saat itu.

Selain itu coba bung fikirkan kembali kira-kira barang apa saja yang bisa disewakan yang berada di sekitar bung saat ini.

Sampai Menjadi Partisipan dalam Survei Online Pun Bisa Meraup Penghasilan

Mendapatkan penghasilan bisa bung mulai dengan menjadi partisipan dalam survei online. Bung bisa mendapatkan hal ini dengan mudah di internet, karena beberapa situs banyak membutuhkan jasa seperti ini untuk membantu penelitian yang sedang ditelusuri bung.

Dengan bermodalkan pengalaman dan tidak perlu menguras tenaga, bekerja sebagai partisipan survei sangat mudah dilakukan. Tetapi bung mesti berhati-hati karena ada modus penipuan yang kemungkinan akan ada dalam proes pekerjaan semacam ini.

Menerima Jasa Penitipan Hewan Saat Pemilik Sedang Liburan

Kalau bung penyuka dan pecinta binatang, tentu tak merasa keberatan untuk mengurus hewan peliharaan. Saat musim liburan tiba, biasanya sangat tidak mungkin untuk sang pemiliki membawa hewan peliharaanya untuk ikut bersama.

Ditinggal di rumah selama berhari-hari juga tidak mungkin, bisa jadi hewan peliharaan kelaparan dan membutuhkan perhatian. Maka dari itu penting untuk menemui jasa penintipan hewan semacam ini. Bung bisa mendapatkan pelanggaan yang banyak bung dapat memanfaatkan promo lewat media sosial.

Selain itu pastikan bung memiliki banyak waktu luang untuk memberikan perhatian terhadap hewan peliharaan.

Jadilah Penulis Lepas Demi Menyelematkan Penghasilan dari Terjun Bebas

Setiap orang pasti bisa menulis, hanya tinggal diasah saja kemampunya supaya mendapatkan sentuhan yang istimewa. Apabila bung tertarik dengan dunia tulis menulis bahkan merasa ada bakat di dunia, bung dapat mengajukan pekerjaan dengan menjual jasa dan kreatifitas menulis secara online.

Biasanya banyak situs di luar sana yang membutuhkan jasa penulis lepas. Bung tak perlu repot-repot untuk mengerjakan setiap tugasnya, cukup di rumah di depan laptop bung dapat menyelesaikan tugas yang diberikan. Biasanya sebagai penulis lepas akan dibayar pertulisan.

Dengan meningkatkan produktifitas sekaligus mendapatkan pekerjaan sebanyak mungkin (yang berarti masih bisa di-handle), maka bung dapat mendapatkan penghasilan tambahan yang lumayan.

Mencari penghasilan tambahan memang sangat membantu di zaman sekarang. Bermodalkan satu pekerjaan dengan gaji yang tidak istimewa, bisa membuat bung dirundung kecewa. Mencari penghasilan tambahan pun tak berarti bung bekerja setiap sabtu dan minggu. Karena jam kerja yang fleksibel tentu bung bisa menyesuaikan dengan waktu yang bung miliki.

Dari sekian pekerjaan di atas, mana yang buat bung pensaran untuk mencoba?

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Baik

Motivasi Diri Sendiri Supaya Karir Bisa Berlari Tanpa Henti

Pagi-pagi buta nan gelap bung sudah harus berangkat dengan menyelesaikan setumpukan proyek yang tak kunjung habis, dan balik saat larut malam saat kondisi badan sudah tak karuan. Tak heran apabila semangat kerja menurun drastis karena tidak adanya hal yang menyenangkan untuk dijalankan.

Tersiksa di tempat kerja bukan lagi hal baru sebenarnya. Bung pasti pernah mengeluh, bahkan rekan kerja bung juga seperti itu. Meskipun ada juga yang menelan apa saja yang dikasih oleh perusahaan. Untuk mengatasi masalah ini bung harus mampu memotivasi diri sendiri. Toh lebih baik berada di posisi bung mengeluh akan kerjaan kan dibanding mengeluh tak punya kerjaan, kan? apalagi bung tahu mencari kerja itu tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Nah, demi memberikan semangat baru mungkin beberapa tips jitu berikut ini bisa bung ikuti. Demi menghidupkan nafas baru yang lebih segar untuk bekerja kembali. Seperti mengingat apa tujuan bung bekerja dan apa yang harus bung lakukan dalam kondisi tertentu.

Jangan sampai bung kehilangan pekerjaan karena sengsara di tempat kerja bung jadikan gaya hidup, sebuah penelitian mengatakan 25% orang yang kehilangan pekerjaan dikaitkan dengan risiko lebih besar untuk terkena stroke, gagal jantung sampai kematian dini! 

Mungkin tips berikut ini bisa bung ikuti agar semangat dalam bekerja berkobar kembali

Menggali Kembali Terkait Alasan Bung Bekerja Selama Ini

Setiap karyawan tahu betul apa yang dilakukan dalam pekerjaan dan apa makna dari pekerjaan yang mereka inginkan selama ini. Barang tentu menjadi karyawan selamanya dan bekerja dengan seseorang bukan tujuannya. Bisa jadi ia memiliki mimpi untuk membangun bisnis, dengan modal yang didapat dari menyisihkan penghasilan selama menjadi karyawan.

Tahun 1983 Steve Jobs meyakinkan John Sculley untuk meninggalkan pekerjaanya di PepsiCo untuk bergabung bersamanya, yang mana ia menjabat sebagai CEO Apple di masa depan. Cukup dengan satu pertanyaan Steve Jobs coba memantik impian dari Sculley.

“Apakah Anda ingin menghabiskan sisa hidup Anda berjualan soda atau Anda ingin mengubah dunia?,” tanya Steve Jobs.

Lewat pertanyaan tersebut, Sculley merasa tersentak dan memberikan arti baru kepadanya tentang apa itu pekerjaan. Salah satunya adalah mampu memberikan dampak positif bagi orang banyak lewat karyanya terbukti membuatnya lebih bahagia serta produktif.

Ketimbang orang-orang yang bekerja tanpa arah dan tujuan. Bung pun harus mulai mempertanyakan kepada diri sendiri apa tujuan bung bekerja, dengan hal tersebut bung bisa jadi lebih terinspirasi dan membangkitkan semangat itu kembali. Bisa saja bung bekerja demi menggali pengalaman untuk membuka kantor di masa depan.

Bersyukur dengan Apa yang Bung Miliki Saat Ini

Orang tua pernah berkata, ‘jangan selalu melihat ke atas tetapi sesekali lihatlah ke bawah’,yang mana memiliki arti bahwa bung tidak harus selalu iri dengan apa yang orang lain miliki. Tetapi bung harus syukuri apa yang bung miliki saat ini yang tidak dimiliki oleh orang lain. Ini salah satu cara yang jitu untuk meningkatkan semangat bung dalam bekerja.

Dengan mencari sesuatu yang disyukuri setidaknya adalah hal kecil yang membuat bung merasa lebih beruntung sedikit dari orang lain. Itu bisa berupa kantor bung yang jaraknya dekat dari rumah, kantor yang menawarkan sistem makan siang prasmanan sehingga bung tak perlu jajan, atau ada jam santai  yang bisa dinikmati untuk istirahat sampai nonton film saat di kantor, meskipun pulang lebih malam. Membayangkan hal tersebut otomatis memnatik diri untuk bekerja sekuat tenaga

Setiap Kemenangan Kecil yang Bung Peroleh, Rayakanlah

Sederetan kerjaan yang menumpuk di meja kantor membuat bung merasa drop. Lantaran membayangkan banyaknya kerjaan sudah membuat bung nyerah duluan. Saat salah satu tugas sudah dapat bung selesaikan, pasti ada unsur lega dalam hati yang dirasakan mendorong otak melepaskan senyawa kimia dopamine untuk mood positif.

Jadi tak apa kalau bung rayakan segala macam kemenangan kecil. Meskipun perusahaan merayakan kemenangan hanya saat mencapai target saja.

Bung bisa melakukan dengan belanja pakaian, menghabiskan waktu dengan si nona, sampai mentraktir teman, tentu bung tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak untuk ini semua. Takarlah sedikit pengeluaran yang bung alokasikan dari duit harian, karena perayaan tidak perlu mewah. Terpenting lagi, dorongan dopamin memberikan motivasi lebih banyak untuk bung bergerak maju dan melakukan lebih banyak lagi.

Bung Bisa Keteteran Apabila Melaksanakan Semua Tugas Secara Bersamaan

Perusahaan selalu memberikan big applause bagi bung yang dapat multitasking dalam menyelesaikan pekerjaan. Ngotot untuk menyelesaikan seluruh kerjaan memang dapat memangkas waktu, tetapi bung juga bisa keteteran karena pembagian fikiran tidak jelas.

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang-orang yang mencoba melakukan pekerjaan sekaligus jadi mudah teralihkan pikiran dan memperburuk kualitas pekerjaan. Sebaiknya bung fokus untuk menyelesaikan satu tugas sebelum beralih ke proyek yang lain.

Temukan Ritual Dalam Penyemangat Kerja

Kami rasa setiap orang memiliki ritual masing-masing dalam penyemangat kerja. Ada yang prokafein, di mana belum bisa beraktivitas sebelum menyeruput secangkir kopi. Ada pula yang butuh asupan distorsi musik rock untuk memberikan energi lebih dalam bekerja.

Semua hal yang bung rasa dapat memancing semangat kerja lakukanlah, karena itu semua dapat mendongkrak semangat bung sekaligus mood positif di pagi hari sebelum bekerja. Penelitian menunjukan saat tubuh dan mental ‘di-dandani’ untuk lebih bahagia dalam mengerjakan tugas, itu akan bekerja lebih baik.

Oleh karena itu dalam mencari semangat kerja bung harus lakukan apa saja. Apalagi ini masih awal tahun, pupuklah semangat baru dan mimpi baru guna mengejar mimpimu. Salah, apabila bung selalu mengeluh karena pekerjaan, mengeluh tidak ada habisnya. Malah bisa jadi yang habis adalah karir bung sendiri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Baik

Menginspirasi Rekan Kerja, Bisa Bung Mulai Dari Membangun Lingkungan Kerja yang Nyaman

Dalam bekerja, pasti bung pernah mengalami satu kesempatan di mana bung yang berkontribusi lebih banyak dalam tim. Sedangkan rekan kerja hanya bekerja ‘seadanya’. Tidak selalu berjalan mulus dalam kinerja antara bung dan rekan kerja bisa jadi membuat bung tak semangat, begitu pula dengan mereka.

Nah, semua ini tentu juga menjadi tantangan dalam pekerjaan. Bagaimana bung harus bisa menginspirasi, sehingga mereka, memiliki semangat yang sama sampai visi misi yang sama. Tentu saja ada cara-cara tepat yang dapat bung lakukan.

Salah satunya adalah membangun lingkungan kerja yang nyaman. Dikutip dari Cermati.com ada beberapa cara agar rekan kerja dapat terinspirasi sehingga kerjaan yang sulit pun dapat diatasi.

Membina Hubungan yang Sehat dengan Rekan Kerja

Membina hubungan yang sehat dengan rekan kerja tidak hanya dengan rekan kerja yang satu tim dengan bung saja. Tetapi berlaku ke semua strata, seperti ke atasan sampai ke bawahan. Membina hubungan yang sehat dapat dilakukan dengan cara membiasakan tegur sapa, mengajak ngobrol sampai makan siang bareng.

Dengan cara seperti itu tidak langsung bung telah mengajak mereka untuk menikmati hubungan kerja yang baik dan nyaman. Hal ini memiliki dampak posifit bagi kinerja bung dan tim saat itu juga.

Mengetahui Apa yang Diinginkan Tim, Agar Profesionalitas Terbangun Secara Alami

Berperan dalam membangun lingkungan kerja bisa dipelopori oleh siapa saja. Termasuk bung sendiri, tak bermaksud untuk melangkahi perusahaan. Tetapi karena ini berkaitan dengan tim kerja bung, otomatis bung harus melakukan demi menciptakan lingkungan kerja yang nyaman.

Seperti bersikap dan menentukan budaya kerja seperti apa, dengan meminta rekan kerja untuk menyampaikan aspirasi. Perlahan-lahan rekan kerja bung akan mendapatkan efek positif dari yang bung lakukan, syukur-syukur kalau budaya kerja yang dijalankan dari hasil kemauan tim. Dapat berimbas dengan kinerja yang positif bagi perusahaan.

Bersikap Seperti Pemimpin yang Profesional

Profesionalias menjadi hal utama dalam dunia kerja, dilanjuti dengan kejujuran dan ketekunan. Apabila bung berada di posisi atasan, tentu bung harus menjadi contoh yang baik bagi bawahan. Tidak hanya ramah dan berbaur dengan mudah, tapi contohkan lewat kemampuan dalam mengatasi pekerjaan.

Apabila itu berhasil, rekan kerja lainya pasti sudah menaruh kepercayaan secara 100% kepada bung. Jangan lupa untuk memberikan arahan yang tepat, terutama bagi para rekan kerja yang kelihatannya bingung untuk menentukan keputusan kerja.

Kombinasikan Tanggung Jawab dengan Kemampuan Kerja yang Mumpuni

Salah satu modal penting dalam bekerja ya apalagi selain kemampuan dalam menyelesaikan pekerjaan. Kerahkan semua kemampuan kerja guna menjadi contoh kepada rekan kerja lain bagaimana cara untuk berdedikasi. Karena ini menjadi nilai lebih tidak hanya di mata perusahaan tapi juga rekan kerja. Selain itu jalankan tanggung jawab dengan baik tanpa ada yang terlewatkan.

Memotivasi Rekan Kerja Dengan Cara yang Disukai

Kami tidak menyarankan bung untuk selalu berkoar-koar seperti motivator ulung dengan kata-kata penyambung hidup. Motivasi rekan kerja memiliki banyak cara, terutama cara yang tepat. Selain menunjukkan lewat tindakan, bung juga bisa memotivasi lewat lisan.

Tapi lihat kondisi pribadi rekan kerja anda bung, karena tidak semua orang dapat menerima motivasi. Pastikan bung memberikan motivasi dengan cara yang tepat, dan rekan kerja dapat menerima di porsi yang tepat.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top