Komunitas

Serunya Melihat Motor Sport Terbaru Suzuki Ini Dipelonco 5 Hari Sejauh 1.500 Km

Meluncurkan sebuah produk baru ke pasaran adalah sebuah perkara mudah bagi brand terkemuka. Namun sejauh mana produk baru tersebut memang berkualitas dan andal? Ini yang perlu pembuktian.

Nah, untuk menjawab keraguan terhadap sebuah produk baru tersebut, brand otomotif roda dua Suzuki yang sebelumnya melegenda dengan motor Satria FU, kali ini menguji keandalan produk motor sport terbarunya, Suzuki GSX S 150.

Bagaimana caranya? Yaitu dengan menggelar event “Touring Suzuki GSX S 150 Taklukan Batas Jelajah Jawa”.

Dan ini bukan event basa-basi, sekedar perkenalan motor semata. Karena tak tanggung-tanggung berawal di Jakarta dan berakhir di Surabaya, motor ini “dipelonco” selama 5 hari dengan jarak 1.500 kilometer.

Sebanyak 25 Motor Suzuki GSX S 150 ditunggangi secara bergantian oleh 75 test riders yang berprofesi wartawan dan blogger ternama. Motor digeber dalam perjalanan melintasi 7 kota utama dalam event yang berlangsung di 17 hingga 21 April 2017 lalu.

Rute yang ditempuh setelah melakukan start dari Dealer Suzuki SMG Sunter, Jakarta Utara, rombongan peserta touring singgah di Garut, Baturaden, Jogjakarta, Madiun, Bromo dan berakhir di Surabaya. Perjalanan 7 kota tersebut dibagi dalam tiga etape berbeda.

Etape 1, dimulai di Jakarta dan berakhir di Batu Raden Purwokerto, Jawa Tengah. Para test rider diberikan fasilitas istirahat sejenak di Purwokerto. Dalam kegiatan ini, selain melakukan pembuktian ketangguhan Suzuki GSX-S150, para peserta juga diajak melakukan aksi sosial. Yakni, kegiatan berbagi kepada calon penerus bangsa dikemas dalam Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilaksanakan di tiga tempat yaitu Ciamis, Yogyakarta dan Malang. Perjalanan antar kota yang tak main-main bukan?

Suzuki mendonasikan unit sepeda motor dan mesin untuk 4 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Motor pemberian Suzuki ini akan dimanfaatkan untuk keperluan belajar mengajar yang lebih komprehensif di masing-masing sekolah. Sehingga bisa memperkaya pengetahuan para murid SMK yang kelak akan menjadi profesional di bidang otomotif.

Sementara Etape 2, dimulai dari Java Heritage Hotel Purwokerto. Rombongan dikawal Denwal Korlantas Polri melakukan City Riding alias keliling kota, lalu dilanjutkan menuju Kota Purbalingga. Hari pertama etape 2 menyelesaikan perjalanan dari Purwokerto menuju Solo.

Secara umum, Suzuki GSX S 150 ini masih terasa aura sport meski bergenre naked. Melibas jalan rusak, handling motor ini cukup terkendali dan mampu melewati hambatan jalanan licin dan berbatu dengan mudah.

Hal yang mencengangkan adalah ketika seorang test rider mengaku kaget dan terkagum-kagum dengan keiritan motor yang ditungganginya itu. Bayangkan motor sport ini ada yang bisa mencapai keiritan 50 km per 1 liter BBM.

Memang keiritan BBM juga bergantung dengan berat badan rider, dan style rider mengendarai motornya. Namun secara umum bila dilihat saat berangkat dari Purwokerto hingga Yogyakarta dan mengisi BBM di SPBU Giwangan Ringroad Selatan, Yogyakarta, tingkat konsumsi BBM motor yang ditunggangi test riders bervariasi antara 41, 45, 47, hingga 50,8 Km per liter.

Hal ini dimungkinkan karena manajemen mesin GSX-S 150 ini dilengkapi dengan 6 sensor untuk efisiensi kerja untuk membuat konsumsi bahan bakar lebih ekonomis. Sistem pengapiannya disebut closed loop, dengan adanya oksigen sensor pada pembuangan yang bisa dibilang jarang diterapkan pada motor sekelasnya. Ini juga termasuk penerapan throttle body diameter 32mm dan injektor 10 lubang produk Mitsubishi agar pengabutan campuran bahan bakar lebih atomized. Sebagai bocoroan, teknologi ini serupa yang ada pada GSX-R 1000 loh.

Lanjut ke Etape 3, atau etape terakhir berangkat dari Kota Madiun pada 20 April 2017 menuju Surabaya via Gunung Bromo. Rute yang dilalui mulai dari Madiun – Mojokerto – Pasuruan – Probolinggo – Gunung Bromo. Touring berlangsung sukses dengan finish di Surabaya, 21 April 2017.
Jika dilihat dari jalur yang dilalui, jelas ini adalah paket touring yang komplit. Variasi perjalanan yang dilalui jelas penuh dengan tantangan. Mulai dari trek lurus, tikungan tajam di kawasan Gunung Bromo hingga macetnya di Kota Surabaya.

Ketika melahap jalanan mendaki saat menuju Bromo, motor ini memiliki kestabilan yang baik karena sudah menggunakan ban tubeless dengan lebar depan 90/80-17 dan belakang 130/70-17.

Belum lagi bagian suspensi yang dirasa empuk. Hal tersebut karena penggunaan suspensi telescopic fork di bagian depan dan monoshock bagian belakang. Sementara performa remnya sudah menggunakan cakram depan maupun belakang. Pastinya akan membuat pengendara lebih percaya diri saat menghadapi jalanan menurun seperti trek di Bromo.

Saat dihadapkan pada kemacetan Kota Surabaya, GSX-S150 ini memiliki posisi riding yang nyaman. Hal itu karena bagian kemudi ini dibuat lebih tinggi dari tangki dan tempat duduk, sehingga tidak perlu terlalu menunduk. Untuk dimensi,garapan Suzuki ini ukurannya sendiri memiliki panjang 1.975 mm, lebar 674 mm, dan tinggi keseluruhan mencapai 1.070 mm. Sedangkan untuk ukuran wheelbase sendiri mencapai 1.300 mm

Dengan ukuran macam ini, GSX-S150 ini bisa dibilang cukup bongsor untuk kelas 150cc. Tapi tak perlu khawatir, tinggi jok yang 785mm sangat pas untuk ukuran rata-rata orang Indonesia tanpa harus berjinjit.

Sementara sebagai motor sport, mesin Suzuki GSX-S150 DOHC ini memiliki tenaga yang tak pernah habis. Dan Jelas ini sangat membantu si rider dalam melibas berbagai rintangan dalam perjalanan baik tanjakan, tanjakan berkelok dan lainnya. Apalagi dari segi bobot, motor ini juga paling ringan di kelasnya, yakni hanya 130 kg.

Untuk urusan dapur pacu GSX-S150 ini disematkan mesin berkapasitas 150 cc DOHC yang sama dengan saudaranya tipe R. Berbekal mesin overbore, DOHC (Double Over Head Camshaft) dengan kapasitas 150cc dan berkompresi 11,5 : 1 yang sudah dilengkapi teknologi fuel injection yang canggih untuk pembakaran maksimal, GSX-S150 menghasilkan tenaga sebesar 14,1 kw/10.500 rpm dan torsi sebesar 14 nm/9.000 rpm yang tersalurkan dengan kuat melalui transmisi 6 percepatan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Menggodanya Warna Merah Yang Membuat Perempuan Tertarik Sekaligus Tampil Lebih Menarik




Sebentar lagi peringatan HUT RI ke-73, pasti kamu sudah turut melihat dan merasakan euforia jelang peringatan Hari Kemerdekaan di sekitarmu. Paling terasa pasti urusan warna yang di bulan Agustus ini di dominasi warna bendera merah dan putih. Tapi sebentar, kamu sendiri masih ingat makna kedua warna tersebut? Yup! Merah identik dengan keberanian, sementara putih melambangkan kesucian.

Bicara soal warna merah dan kaitannya dengan keberanian, sebenarnya warna yang satu ini juga punya makna dan asosiasi lainnya lho. Beberapa makna warna merah ini bahkan didukung penjelasan ilmiah dan sejumlah penelitian di belakangnya.

Merah Selalu Punya Makna Filosofis Tersendiri di Berbagai Budaya Negara di Dunia

Bung sudah tahu, kalau di Indonesia, merah itu berani. Tapi bagi orang Tiongkok, warna merah dimaknai berbeda. Merah diasosiasikan sebagai warna yang membawa keberuntungan di negara tirai bambu ini. Bahkan pengantin perempuan di negara tersebut pun diharapkan agar selalu memakai busana berwarna merah dengan harapan kehidupan rumah tangganya kelak selalu dipenuhi oleh keberuntungan.

Sementara di Spanyol urusannya jadi lain. Warna merah diartikan sebagai unsur yang punya stimulus kuat. Tak heran kalau kamu sering melihat aksi matador yang ‘bermain’ dengan banteng, pasti tak asing dengan kain warna merah yang dipakai matador untuk menarik perhatian banteng.

Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa warna merah? Sebagian menjelaskan warna ini dipilih untuk menyamarkan jika terjadi sesuatu dengan si matador yang mengakibatkan terluka.

Namun di samping itu menurut sains, sejatinya hewan ternak seperti banteng memang hanya bisa mengenali warna-warna terang seperti merah, hijau, dan biru. Dari ketiga warna tersebut, warna merah yang paling kuat. Dalam penelitian lainnya menyebut, kendati banteng bisa saja ‘marah’ saat diberi stimulus dengan warna yang lain, tapi daya serangnya akan lebih kuat kalau dipancing memakai benda yang berwarna merah. Hal ini bahkan sudah dibuktikan oleh peneliti asal Spanyol, José M. R. Delgado, dari Yale University.

Laki-laki pun Akan Terlihat Lebih Menarik Kalau Pakai Warna Merah

Okay, Bung, ada cara mudah untuk terlihat lebih menarik tanpa usaha lebih. Gunakan saja warna merah! Sebab berdasarkan penelitian terbaru dari Journal of Experimental Psychology, badan sixpack dan tatapan tajam memang membuat perempuan jatuh hati, tapi laki-laki yang berani tampil dalam busana berwarna merah pun ternyata dinilai atraktif bahkan bisa membangkitkan gairah seksual perempuan lho!

Menariknya, para peneliti mengungkapkan, dalam benak perempuan saat melihat laki-laki tampil dalam busana berwarna merah menandakan kalau laki-laki tersebut mapan, kariernya bagus, dan gajinya besar. Hal ini didasari karena sebenarnya warna merah pun diasosiasikan pada tubuh yang sehat dan jiwa yang tentram, bahkan juga serta simbol kejayaan. Lihat saja, kalau ada acara bergengsi pasti para tamu undangan VIP akan berpose di atas red carpet, bukan?

Nah Untuk Para Nona, Kami Para Lelaki pun Sejujurnya Tertarik Dengan Perempuan Beratribut Merah

Sebagian Nona masih ragu menggunakan warna merah? Mari kita bisikan satu rahasia: “perempuan yang menggunakan warna merah terlihat lebih menarik loh di mata laki-laki”. Ini bukan omong kosong. Kembali lagi soal stimulus, penelitian Adam Pazda, seorang psikolog sosial asal University of Rochester di New York mengklaim bahwa perempuan yang mengenakan busana warna merah dianggap punya daya tarik tersendiri dan terlihat lebih seksi.

Bahkan jauh sebelum penelitian ini dibuat, sebuah lagu berjudul The Lady in Red milik Chris de Burgh bisa sedikit menjelaskan kenapa laki-laki suka melihat perempuan berpakaian merah. Menurut Pazda ditemukan kalau warna yang dipilih perempuan ternyata memang menentukan penilaian lawan jenis terhadap dirinya. Saat perempuan memakai warna merah, biasanya pihak laki-laki akan tertarik secara seksual.

Atribut Warna Merah Tak Cuma Soal Pakaian

Ketika bicara soal atribut, ini tak dimaksudkan hanya soal pilihan busana ya. Karena istimewakan dirimu melalui warna merah bisa dilakukan lewat beragam hal. Ambil contoh misalnya kendaraan yang digunakan sehari-hari. Kita bisa melirik warna baru dari Yamaha New Fino 125 Blue Core varian Grande yaitu warna Luxury Red.
Merahnya tak sekedar merah. Karena pilihan warna merahnya sangat unik. Berbekal matte colour, merah yang disematkan pada motor ini menjadi nuansa eksklusif. Nampaknya merah macam warna Luxury Red ini yang dibicarakan dalam penelitian di atas tadi. Apalagi warna matte tersebut berpadu apik dengan jok bertipe double seat yang berdesain berkelas. Sementara dari depan, cover berwarna merahnya tampak stylish dengan lampu LED yang juga elegan.

Tak cuma urusan tampilan yang bikin penasaran. Mesin Blue Core yang disematkan pada motor ini diklaim 50% lebih irit. Apalagi motor ini juga sudah punya fitur indikator irit bahan bakar untuk berkendara lebih ekonomis dan aman.Tentunya makin lengkap dengan fitur stop & start system yang membuat mesin mati saat berhenti 5 detik dan otomatis menyala kembali jika gas diputar.

Asiknya lagi motor ini sangat praktis. Ban tubelessnya yang lebar membuatnya lebih nyaman dikendarai karena tidak mudah oleng. Dan ketika menghadapi turunan atau tanjakan, Smart Lock System akan membantu mengunci rem agar tak dirundung was-was motor akan meluncur. Sementara, ketika mencari motor di tempat parkir, cukup tekan sekali Advance Key System-nya untuk menemukan Fino-mu dan tekan lebih lama untuk membuka penutup kuncinya.
Dengan kombinasi warna dan fitur macam itu, para perempuan yang menggunakan motor merah satu ini dijamin akan bikin mata kami para lelaki melirik. Penasaran sama motor satu ini? Yuk simak detail lengkap Yamaha New Fino 125 Blue Core di sini!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top