Lebih Tahu

Seorang Laki-laki Tamat SD Jadi Ahli IT, Berhasil Menipu Sarjana Hukum Ratusan Juta

Berawal dari otodidak, Ronal yang hanya tamatan SD menyulap dirinya menjadi ahli IT dan menjalankan penipuan online. Korbannya pun beragam, sampai-sampai sarjana hukum berhasil terperangkap tipu muslihatnya. Sang ahli IT pun membuat polisi kelimpungan untuk meringkusnya. Guna mengungkap kasus penipuan daring ini, Polres Pangkep melibat jajaran Polda Sulawesi Tengah dan Polda Metro Jaya karena pelaku utama diketahui berada di Palu dan yang lainnya berada di Bekasi, Jawa Barat

Aksinya dalam menipu dapat memperdaya korban minimal Rp 500 ribu. Serta sang lulusan Sarjana Hukum yang merupakan warga Pangkep yang tertipu sebsar Rp 121 juta dengan modus jualan bibit unggas (bebek) melalui sebuah situs. Uang dari hasil penipuannya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari serta dua istrinya.

“Paling sedikit Rp 500 ribu. Paling banyak yang kasus ini. Uangnya saya pakai untuk kebutuhan sehari-hari. Saya beristri dua kali,” lanjutnya.

Dalam menjalankan aksinya, ia dibantu dengan dua rekannya, Undru serta Jusriani yang berusia 36 tahun dan 28 tahun. Ronal yang hanya bermodalkan belajar di bangku sekolahan selama 6 tahun, cukup merepotkan dan kerjanya sulit terlacak. Aksinya yang dijalankan pun baik, nomor HP maupun rekening untuk bertransaksi, semua bukan atas nama ketiga pelaku bung. Cara mereka mendapatkan rekening ‘bodong’ dengan cara mengupah orang lain untuk membuka rekening dan regisrtasi nomor seluler yang digunakan dalam beraksi.

Penipuan mereka ini sangat rapi. Mereka dapatkan ATM dan nomor HP itu dengan mengupah orang lain. Kan banyak tuh tukang becak, misalnya, dikasi uang saja lalu dibawa ke bank buka rekening. Nah ATMnya itu diambil sama mereka. Nomor HP juga begitu,” kata Kasat Reskrim Polres Pangkep, AKP Nico Ericson Renhold.

Polisi masih terus melakukan pendalaman atas kasus ini. Diduga, para pelaku merupakan jaringan penipuan online yang kerap beraksi di seluruh Indonesia dengan berbagai modus. Mulai dari jualan bebek, hingga undian berhadiah melalui sms.

Yah kami libatkan Polda Sulteng dan Metro jaya. Kami yakin korbannya tidak hanya ini saja. Karena mereka ini pemain lama dengan berbagai modus penipuan lainnya. Kami masih memburu satu pelaku lain,” sebutnya.

Polisi juga masih memburu satu tersangka lain yang sudah teridentifikasi. Mereka dijerat dengan pasal 28 UU No 11 tahun 2008 tentang ITE dan pasal 378 KUHP dengan ancama maksimal 5 tahun penjara.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Tahu

Kerajaan Perempuan Terbesar di Dunia Menganut Sistem Cinta Satu Malam, Tak Kenal Pernikahan

Suku Mosuo China, menempatkan perempuan sebagai kekuasaan tertinggi dalam kelompoknya. Suku yang mendiami tepi Danau Lugu, barat laut dataran tinggi Yunnan, China juga dikenal sebagai kerajaan perempuan terbesar di dunia. Tidak seperti di kebanyakan tempat di mana sistem Patriarki secara tersirat ada di masyarakat. Suku ini secara terang-terangan menerapkan sistem Matriarki. Otomatis perempuan mendominasi kepimimpinan atas seagala bidang kehidupan di sana.

Dilansir dari The Vintage News, suku Mosuo tidak hanya menarik karena menjadi kerajaan perempuan terbesar di dunia. Akan tetapi suku ini tidak mengenal adanya pernikahan, atau membangun keluarga yang terdiri dari Ayah, Ibu juga anak. Bahkan isitilah suami bagi pria yang menjalin hubungan, juga tidak dikenal dalam suku Mosuo. Lantaran mereka menganut sistem Walking Marriage alias pernikahan berjalan atau Axia.

Dengan kata lain para perempuan bebas memilih pria yang mereka sukai untuk berhubungan seksual tanpa ada ikatan pernikahan. Perempuan yang telah dinyatakan dewasa secara seksual akan meminta para laki-laki untuk mengunjungi kamarnya saat malam hari guna berhubungan seksual. Seorang laki-laki yang tidur dengan wanita Suku Mosuo akan menggantung topi di pegangan pintu kamar sebagai tanda, agar tidak ada laki-laki lain yang masuk ke dalam kamar bung.

Setelah melepas hasrat seksual, laki-laki diwajibkan pergi sebelum matahari terbit dan kembali ke rumah ibunya. Axia dapat berjalan satu malam atau bahkan lebih. Para wanita Suku Mosuo pun dapat mengajak pria yang berbeda di setiap malam. Tentu apabila perempuan hamil dan melahirkan, ia tidak tahu secara biologis siapa ayahnya.

Anak akan dibesar oleh ibu, dibantu dengan nenek dan saudaranya. Karena perempuan sangat dominan di Suku Mosuo, laki-laki tidak memiliki kewajiban guna mencari nafkah atau membesarkan anak-anaknya. Hanya ibu lah yang memiliki hak 100 persen atas anak yang lahir dari rahimnya.

Di era sekarang, banyak generasi muda Mosuo sudah meninggal tradisi mereka dan menjalani dunia modern dan memasuki masyarakat. Beberapa dari mereka bahkan memilih untuk menikah dengan suku lain. Intervensi pemerintah pun telah banyak dilakukan demi menjembatani Mosuo dengan seluruh dunia. Seperti di desa utama Luosho terdapat hotel, tempat makan, karaoke, fasilitas kasino demi mendukung pariwisata. Sampai-sampai hal pelacuran juga dipromosikan.

Apakah bung tertarik untuk datang ke Suku Mosuo?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Tahu

Walhi Menuduh Prabowo Mendapatkan Tanah Ribuan Hektar di era Orde Baru

Calon Persiden nomor urut 02 Prabowo Subianto meyakini memiliki lahan seluas ribuan hektare. Menurut LSM Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) seharusnya beliau tak memiliki Hak Guna Usaha (HGU) seluas ribuan hektare di masa kini. Kemungkinan ia mendapatkan lewat koneksi politik saat Orde Baru.

Kepala Departemen Kajian Pembelaan dan Hukum Lingkungan Zenzi Suhadi mengatakan kalau kepemilikan tanah yang luasnya lebih dari 100 ribu hektare dalam satu koneksi itu tidak mungkin menggunakan HGU.

“Nah, seharusnya tidak boleh ada orang yang memiliki lahan itu dalam jumlah besar seperti yang dimiliki Pak Prabowo. Hanya saja sayangnya konsesi-konsesi dalam jumlah besar seperti itu bisanya kalau enggak HPH (Hak Pengusahaan Hutan), HTI (Hutan Tanaman Industri) dan perkebunan itu, tapi tidak ada yang dalam satu konsesi mencapai 100 ribu (hektare),” katanya dilansir dari CNNIndonesia.com

Kemungkinan besar tanah seluas tersebut didapat Prabowo karena merupakan eks menantu Presiden Kedua RI Soeharto sejak era Orde Baru menurut Zenzi. Lantaran penerbitan izin untuk lahan ratusan ribu hektare saat itu diperuntukkan untuk HPH ( (Hak Pengusahaan Hutan) dan HTI (Hutan Tanaman Industri). Bahkan tidak hanya jenderal saja menurutnya, tetapi orang yang memiliki relas politik juga mendapatkan izin tersebut.

Peraturan Menteri Pertanian Nomor 98 tahun 2013 tentang Pedoman Perizinan Perusahaan Perkebunan mengatur soal batas paling luas pemberian Izin Usaha Perkebunan (IUP) untuk satu perusahaan atau kelompok (grup) perusahaan perkebunan. Seperti perkebunan sawit mencapai 100.000 hektare, teh 20 ribu hektare dan tebu 150.000 hektare.

IUP pun diwajibkan bagi perusahaan yang membudidayakan sawti lebih dari 1.000 hektare, teh lebih dari 240 hektare dan tebu lebih dari 2.000 hektare. Direktur Eksekutif Walhi Nur Hidayati dan Manajer Kampanye Walhi Fatilda Hasibuan juga mengatakan kalau HGU biasanya diberikan kepada korporasi. Tidak mugkin individu memiliki HGU dengan luas tanah mencapai ratusan ribu hektare.

Yang mesti dilihat itu perusahaan Prabowo apakah memiliki lahan ratusan ribu hekatare? karena untuk perorangan enggak bisa ya punya ratusan ribu hektare,” ungkap Nur dilansir dari laman yang sama.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Tahu

Kapal Penjarah Ikan Lautan Dunia Berhasil Ditekuk di Indonesia

Sudah satu dekade kapal penangkap maling ikan menjarah ikan di lautan di dunia. Kapal tersebut dikenal dengan nama Andrey Dolgov. Sepak terjangnya selama 10 tahun menjarah ikan-ikan yang berada di perairan dunia harus berhenti, Kapal Andrey Dolgov berhasil diringkus di Indonesia setelah mencoba melarikan diri dari patroli Angkatan Laut (AL) Indonesia yang bersenjata lengkap. Dikutip dari BBC.com , kapal pencuri ini juga diintar oleh pesawat tak berawak yang berputar-putar di atasnya sampai para penjarah ikan menyerah.

Kapal Andrey Dolgov atau yang dikenal dengan STS-50 dan Sea Breez 1 merupakan bagian dari jaringan kriminal internasional yang sudah terorganisir yang secara tidak langsung tumbuh subur di antara garis hukum maritim dengan pejabat korupsi. Operasi penangkapan kapal dan awaknya buah kerjasama polisi dan otoritas maritim yang melacak kapal para perampok ikan lewat satelit.

Kapten dan kru terkejut telah ditangkap” kata Andreas Aditya Salim bagian dari gugus tugas keprisedenan di Indonesia yang memimpin operasi.

Kapal Andrey Dolgov ditangkap di Selat Malaka. Berada tepat di jalur pelayarang utama antara Semenanjung Melayu dan Pulau Sumatera. Setelah diselediki ternyata ditemukan setumpuk jaring-jaring besar berulir halus yang merentang setara 29 km jika digunakan.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top