Health

Selain Berbahaya, Merokok Dalam Mobil Bisa Mengurangi Nilai Jualnya Lho, Bung

Apakah Bung merupakan perokok aktif dan sering merokok di dalam mobil? Selain soal kesehatan, nilai jual mobil pun dapat turun apabila Bung kerap kali aktif merokok di dalam mobil, lho. Pasalnya bau, noda, dan bekas luka bakar biasanya ditemukan di jok, karpet, atau bagian mobil lainnya yang apabila ditemukan dapat membuat harga mobil Bung bisa turun sekitar  Rp 36 juta. Tentu Bung tak mau ‘kan, lantaran kondisi mulut yang tak bisa berkompromi hingga mengorbankan mobil yang mana terbukti sebagai salah satu aset yang masih layak untuk diperjualbelikan.

Survei yang dilakukan oleh cap-hpi.com dan carbuyer.co.uk memperlihatkan bahwa 87% dari 6.000 responden menyatakan tidak mau membeli mobil yang pemiliknya sering merokok di dalam kabin. Mungkin Bung bisa beralasan, kalau selama ini selalu membuka jendela untuk menghilangkan aromanya. Tetapi hal itu juga tidak efektif  Bung, karena sisa asap meresap ke dalam pelapis mobil atau headliner. Selain itu, ada pula beberapa bahaya yang disebabkan apabila Bung kerap merokok di dalam kabin mobil.

Dapat Menciptakan Polusi di Luar Batas “Aman”

Sebuah berita mengejutkan terjadi pada 26 Maret 2015, ketika dua pemuda bernama Elijah dan Shannon ditemukan tewas di dalam mobil karena merokok, seperti dilansir dari Lohud. Merokok di ruangan terbuka saja sudah membahayakan, ‘kan Bung? Apalagi dilakukan di dalam kendaraan.

Menurut penelitian merokok di dalam mobil akan menciptakan polusi di luar batas aman. Bahkan faktanya merokok di dalam mobil dapat memecahkan batas yang ditentukan oleh WHO. Penelitian dan laporan ini juga diamini oleh jurnal Tobacco Control.

Menyebabkan Ledakan Temperatur

Ini hal yang paling membahayakan, merokok dalam mobil dapat menyebabkan ledakan, Bung. Karena temperatur dalam mobil yang cukup panas dan dipicu asap rokok dapat memungkinkan timbulnya ledakan yang dapat terjadi kapan saja. Dan hal ini memanglah mengerikan, Bung.

Merugikan Penumpang Lain yang Non Perokok

Sama halnya seperti perokok pasif yang berada di ruangan terbuka. Penumpang yang satu mobil dengan perokok pun bakal bernasib sama, bahkan lebih parah. Menurut Profesor Neal Benowitz dalam penelitiannya yang menganalisis 14 orang non perokok yang duduk di kursi belakang, ia melakukan tes urine sebelum dan sesudah responden duduk di bangku penumpang. Hasilnya pun ditemukan sebanyak 9 senyawa kimia berbahaya yang berhubungan dengan kanker, penyakit jantung, dan pernapasan.

“Ketika non perokok hanya duduk di mobil dengan perokok, mereka tetap menghirup senyawa berbahaya yang berhubungan dengan kanker, jantung, dan penyakit paru-paru,” kata Profesor Neal Benowitz dalam penelitiannya.

Bisa Memicu Timbulnya Kebakaran

Akibat selanjutnya yang dapat terjadi apabila Bung kerap menyalakan api pada mobil untuk merokok adalah jika timbul percikan api pada bensin, lho. Tentunya hal ini sangat berbahaya apabila terjadi, Bung. Oleh karena itu, lebih baik hindari merokok di dalam mobil.

Alih-alih Menahan Kantuk, yang Ada justru Malah Memecah Konsentrasi

Banyak dari pengemudi yang merokok dengan alasan untuk menahan kantuk. Hal ini pun diakui oleh pakar kesehatan tidur dari RS Medistra Jakarta, Dr Rimawati Tedjasukmana, SpS, RPSGT, yang mengakui bahwa nikotin yang terkandung dalam rokok memang dapat mengusir kantuk yang kerap mendatangi mereka yang berkendara jauh. Lantaran nikotin merupakan stimulan jadi memang bisa mengurangi kantuk, meskipun diam-diam juga menyimpan bahaya bagi kesehatan. Walau begitu, kadar konsentrasi Bung pun dapat terpecah, antara aktivitas merokok dan fokus berkendara.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Tahu

Pinjaman Online Disebut Jebakan Setan, Akibatnya Seorang Supir Taksi yang Bunuh Diri

Maraknya pinjaman online bagi beberapa orang mungkin sebagai suatu aplikasi yang dapat membantu. Karena dapat pinjam duit dengan mudah dengan bermodalkan aplikasi. Tapi, ini tidak berlaku bagi Zulfadi, seorang warga Mampang Prapatan, Jakarta Selatan yang baru saja tewas gantung diri karena faktor ekonomi.

Zulfadli yang berusia 35 tahun nekat mengakhiri hidupnya dengan cara tak layak karena ada dugaan ia terlilit hutang. Laki-laki yang sehari-harinya bekerja sebagai supir taksi ini, menyempatkan menulis surat wasiat yang menyebut kalau pinjaman online sebagai jebakan setan. Menurut kami, alasan Zulfadli menuliskan hal tersebut karena ada beberapa risiko yang dirasakan apabila bung melakukan pinjam online terutama biaya administrasi sampai plafond kecil.

Rekan Zul bernama Nardi mengatakan kepada polisi kalau Zulfadli datang ke tempat kosnya pada Minggu malam sekitar pukul 21.00 dengan niat menginap. Lantaran ia tidak dapat tidur lelap di mess supir Bluebird. Nardi pun membiarkan ia berada di kamar kosnya, sementara malam itu ia bekerja sebagai tukang cuci mobil pada perusaahn taksi berlambang burung biru.

Setelah kembali keesokan paginya, pintu kostnya terkunci dan tidak dapat dibuka. Akhirnya pintu didobrak dan Nardi menemukan Zulfadli sudah dalam keadaan gantung diri di pintu kamar mandi Kost. Kanit Reskrim Polsek Mampang Prapatan Iptu Anton Prihartono menerangkan, menurut kesaksian saksi korban datang dalam keadaan wajar dan sehat.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Health

Gubernur DKI Jakarta Gratiskan Perawatan Pasien DBD di Semua RSUD

Semua di RSUD kita perawatannya gratis untuk kasus demam berdarah dan RSUD kita fasilitasnya bagus,” ucap Anies di RSUD Pasar Minggu, Jakarta Selatan, dilansir dari Detik.

Perawatan pasien DBD dipastikan gratis oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, terutama pada semua RSUD. Anies meminta kepada masyarakat untuk proaktif menjaga lingkungan agar pernyakit demam berdarah tidak mewabah. Terlebih RSUD di jakarta fasilitasnya sudah bagus.

Datang ke RSUD mana pun fasilitasnya baik dan umumnya kejadian sekarang itu di selatan paling banyak. Jadi datang saja di salah satu RSUD kita,” imbuh Anies.

Total ada 876 kasus DBD di semua wilayah DKI Jakarta. Kunjungannya ke RSUD Pasar Minggu guna menjenguk sejumlah pasien, di mana RSUD tersebut merawat 49 pasien. Sebelumnya, Anies yang ditemani istrinya, Fery Farhati Ganis, menjenguk pasien anak usia 7 tahun yang terkena DBD di rumah sakit itu. Setelahnya, Anies menjenguk dua pasien dewasa lainnya dengan gejala serupa.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Keren

Perut Buncit Bukan Tanda Bahagia, Tetapi Timbulnya Penyakit Berbahaya

Demi melindungi para laki-laki yang mendapatkan kecaman terkait kondisi fisik, karena disindir terkait perutnya yang buncit. Sebagian besar kita kerap berkata, jika perut buncit ini adalah tanda bahagia. Tapi bung, yang sebenarnya , buncit adalah tanda yang tidak sehat.

Sebuah fakta terbaru menunjukkan kalau perut buncit dikaitkan dengn risiko ukuran otak yang menyusut. Pada giliranya akan berpangaruh pada risiko demensia alzheimer. Mark Hamer dari Loughborough University di Leicesteshire, Inggris, selaku peneliti utama menjelaskan kalau orang yang mengalami penyusutan otak memiliki kemungkinan untuk mengidap gangguan memori.

Kami menemukan obesitas sentral terkait dengan penyusutan otak. Hal ini terlihat dari volume rata-rata materi abu terendah (di mana sebagian besar sel tubuh orang berada) yang dialami orang dengan perut buncit dan obesitas. Ini mungkin membutuhkan penelitian lebih lanjut, tetapi dengan mengukur BMI (indeks massa tubuh) dan rasio pinggang-pinggul secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan otak,” ujar Hamer.

Selain dapat memicu penyakit berbahaya, perut buncit secara tampilan tidak sedap dipandang oleh lawan jenis. Untuk itu bung harus mengetahui apa penyebab seseorang mengalami perut buncit.

Merokok Dapat Mengurangi Berat Badan Tapi Juga Menyebabkan Perut Buncit

Ada saja alasan seseorang untuk merokok. Mulai dari mengurangi kadar stres, karena percaya satu batangnya dapat membunuh stres sampai karena takut gemuk. Memang merokok dapat membantu bung mengurangi badan, tetapi juga dapat menyebabkan perut buncit.

Hal ini sejalan dengan apa yang dilakukan oleh para peneliti lewat penelitianya. Saat para ilmuwan dari University of Glasgow menyatakan kalau merokok mungkin berhubungan dengan berat badan. Namun, sebenarnya yang terjadi adalah malah mendorong lemak menuju daerah inti tubuh yang menyebabkan perut menjadi lebih besar.

Hindari Makanan dengan Pemanis dan Perasa Berlebihan

Seringnya bung mengonsumsi cemilan di kala iseng, ternyata dapat membuat perut buncit. Terutama makanan yang mengandung pemanis buatan dan perasa makanan berlebihan. Makanan ringan yang banyak mengandung pemanis buatan sampai perasa makanan kimia, tidak akan dicerna secara optimal oleh sistem pencernaan dalam tubuh manusia. Alhasil usus terganggu sehingga menyebabkan perut buncit.

Makan Sebelum Tidur Dan Berbaring Ketika Perut Kenyang Jadi Alasan Kenapa Perut Bisa Membuncit

Ada suatu kondisi yang harus pahami tentang sistem pencernaan. Bahwasanya saat tidur, tubuh memang secara alami membakar sebagian timbunan lemak. Tetapi jika saat bung tidur dalam keadaan perut penuh maka tubuh tidak bisa membakar lemak secara efisien alhasil timbunan lemak di perut semakin menambah.

Kebiasaan berbaring saat perut dalam keadaan kenyang juga menyebabkan resiko terkena asam lambung sampai gangguan pencernaan. Hal ini terjadi karena adanya perubahan gravitasi, sehingga tubuh tidak mampu menarik makanan dari di perut.

Mulai sekarang bung harus menghapus dua kebiasaan tersebut. Cara paling baik adalah makan setelah dua sampai tiga jam sebelum tidur. Apalagi lapar melanda, konsumsi buah-buahan tentu lebih menyehatkan dan sangat disarankan.

Polemik Jam Tidur yang Tidak Ideal

Secara ideal orang dewasa harus mendapatkan waktu tidur 7 sampai 8 jam. Tingkat kortisol atau hormon stres akan meningkat apabila bung kurang tidur. Alhasil menyebabkan bung mengonsumsi makanan yang mengandung gula berlebih untuk menggantikan tenaga yang tidak didapat karena kurang tidur.

Sebaliknya, kalau tidur cukup dan berkualitas bung dapatkan setiap malam dapat menyeimbangkan kadar kortsiol sekaligus meningkatkan produksi leptin (hormon yang dapat membuat anda mengontrol nafsu makan)

Alkohol, Salah Satu Dari Sekian Alasan Kenapa Laki-Laki Berperut Buncit

Salah satu kebiasaan yang acap kali akrab dengan laki-laki perut buncit adalah gemar mengonsumsi alkohol. Minum alkohol tidak hanya sekedar untuk mabuk-mabukkan saja, namun menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Alkohol memang mengandung gula dan kalori yang sangat banyak atau berlebihan bagi kebutuhan tubuh.

Kelebihan gula dan kalori sama sekali nihil manfaat di tubuh. Justru membuka celah bagi banyak penyakit untuk masuk ke dalam tubuh. Apabila bung sudah akrab dengan minuman memabukkan ini, sebaiknya kurangi kebiasaan ini sebelum kesehatan bung tergganggu.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top