Narasi

Berada Di Pihak Manakah Kita, Rokok Elektrik Atau Rokok Tembakau?

Diciptakan di Cina pada tahun 2003 lalu awalnya vape atau yang biasa kita kenal sebagai rokok elektrik dibuat untuk meminimalisir kebiasaan merokok. Ditujukan untuk mereka yang memang terbilang sangat susah untuk berhenti merokok dan mengurangi asap rokok yang disebabkan oleh rokok tembakau.

Namun siapa sangka, alih-alih membuat berhenti, Vape malah memunculkan trend baru. Dengan bentuknya yang terkesan Hi-tech dan harganya yang tak murah dibanding rokok konvensional, Vape dijadikan lifestyle bagi sebagian orang. Cafe-cafe privat untuk menikmati vape pun mulai menjamur di kota-kota besar Indonesia.

Meski dalam banyak rangkaian promosi dan pemasarannya vape dikatakan “lebih aman” dan “lebih sehat” namun nyatanya masihh banyak pro dan kontra soal rokok elektrik ini.

Bahaya Yang Ditimbulkan Oleh Rokok Elektrik Dengan Rokok Tembakau

Tampil dengan lebih terkesan trendi dan praktis menjadi nilai lebih yang dimiliki oleh rokok elektrik jika harus berbanding dengan rokok tembakau yang memang masih terkesan sangat tradisional. Untuk masalah bahaya yang ditimbulkan banyak yang berpendapat bahwa rokok elektrik jauh lebih aman dibandingkan rokok tembakau, namun hingga kini masih belum ada bukti ilmiah yang 100 persen membenarkan hal tersebut.

Untuk itu berbagai riset dan penelitian pun dilakukan untuk menemukan jawaban atas pro dan kontra yang masih belum menemukan jawaban valid atas hal tersebut. Salah satunya adalah FDA yang merupakan Badan pengawas makanan dan Obat dari Amerika serikat pada 2009 lalu mensponsori penelitian tentang bahaya vaporizer atau rokok elektrik.

Dari penelitian tersebut diketahui rokok elektrik mengandung nitrosamine, tobacco specific nitrosamines dan Diethylene glycol yang bisa menjadi racun dan karsinogen pada tubuh. Sedangkan rokok tembakau mengandung nikotin, tar, arsenic, karbon monoksida, ammonia dan berbagai bahan kimia lainnya yang dapat menyebabkan penyakit jantung, paru-paru, impotensi, gangguan kehamilan dan janin. Bahaya penyakit yang ditimbulkannya memang berbeda, namun jika ingin dibandingkan jelas keduanya bukanlah hal yang baik untuk kesehatan, karena keduanya mampu memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Lalu Bagaimana Cara Kerja Dari Rokok Elektrik dan Rokok Tembakau

Rokok tradisional menggunakan tembakau yang dilinting menggunakan kertas. Sementara vape menggunakan cairan yang bisa direfill atau isi ulang. Bekerja dengan tenaga baterai yang mengubah cairan menjadi uap sehingga ketika di hisap uap akan langsung masuk ke paru-paru dan bisa dihembuskan layaknya rokok biasa.

Cairan yang digunakan pun beragam mulai dari nikotin cair, hingga cairan yang memiliki variasi rasa (dan aroma) berbeda-beda. Sedangkan rokok tembakau bekerja dengan cara gas  dan nikotin mengalir ke dalam aliran darah dengan cara yang sama seperti oksigen, dan mereka segera dialirkan ke seluruh tubuh.

Unsur-unsur asap tembakau yang tidak diserap membentuk tar yang akan berkumpul di dalam alur udara, paru-paru dan gigi. Dimana hal ini perlahan akan mempengaruhi denyut jantung dan keberhisan paru-paru dalam tubuh kita.

Disinilah letak perbedaannya. Rokok menghasilkan asap sementara Vape menghasilkan uap. Asap jelas lebih menyesakan pernafasan jika dibandingkan uap yang mirip embun atau uap yang muncul dari hasil memasak air di rumah. Asap juga lebih lama bertahan di udara dibandingkan uap yang mudah lenyap.Karena itu meski uap vape lebih banyak dari asap rokok tembakau, namun jika berada dalam ruangan tertutup sekalipun uap vape lebih cepat hilang dibanding asap rokok.

Namun kendati begitu seperti pernyataan sebelumnya, hingga saat ini belum ada penelitian yang 100 persen menyatakan vape itu lebih aman. Bahkan karena usia teknologi vape yang terhitung baru, hingga kini belum ada penelitian yang menjelaskan efek jangka panjang dari rokok elektrik bukan berarti itu membenarkan bahwa rokok elektrik jauh lebih aman dibandingkan rokok tembakau.

Kenikmatan Sama Yang Mungkin Akan Diperoleh Dari Keduanya

Sejak tahun 2003 tingkat permintaan rokok elektrik trus meningkat terutama bagi mereka pecandu rokok tembakau. Banyak yang memang akhirnya menjatuhkan pilihan pada rokok elektrik karena mereka tetap bisa menikmati merokok sebagaimana menghisap rokok tembakau.

Sebagian besar juga mengaku bahwa menggunakan rokok elektrik membuat jauh lebih sehat dibandingkan menghisap rokok temabakau, seperti lebih mudah bernapas dan batuk-batuk sedikit berkurang. Tidak hanya itu, mereka juga senang karena terbebas dari bau asap dan gigi bernoda.

Namun meski sekilas terlihat lebih aman, World Health Organization (WHO) menganjurkan agar pihak produsen rokok elektrik tidak mengklaim produknya sebagai alat bantu berhenti merokok sampai ada bukti ilmiah kuat yang mendukung hal tersebut.

Hingga Pada Kenyataan Pro dan Kontra Untuk Memilih Mana Yang Lebih Aman Rokok Elektrik Atau Rokok Tembakau

Baru-baru ini para peneliti dari University College London’s Health Behavior Research Center di Inggris mengemukakan bahwa rokok elektrik mampu membantu perokok untuk berhenti merokok. Menurut studi yang dipublikasikan itu, sekitar 60 persen orang yang ingin berhenti merokok diprediksi akan melancarkan upayanya jika mereka beralih menggunakan rokok elektrik ketimbang metode tempelan nikotin atau permen karet nikotin.

Meski begitu, hasil penelitian di atas berbeda dengan studi yang sebelumnya dilakukan oleh Center for Tobacco Control Research and Education University of California. Menurut studi ini, penggunaan rokok elektrik tidak mampu menolong perokok mengatasi kecanduan merokok. Dari beberapa hasil studi ini kita bisa menyimpulkan bahwa pada kenyataanya meski digadang-gadang dengan predikat lebih aman dibandingkan rokok tembakau tidak bisa kita percayai sepenuhnya. Karena hingga kini masih belum ada hasil riset yang bisa menemukan apa pengaruh jangka panjang yang akan diderita oleh seseorang yang memiliki rokok elektrik.

Terlepas dari kenyataan atau pun pandangan untuk memilih rokok elektrik atau rokok tembakau, cara yang paling baik untuk melindungi diri dari bahaya dan dampak buruk dari rokok adalah dengan mulai berhenti untuk merokok. Dengan niat dan tekat yang kuat untuk memulai kita bisa membebaskan diri dan tubuh kita dari ketergantungan zat berhabaya yang sebenarnya meracuni tubuh.

1 Comment

1 Comment

  1. abahadil

    June 14, 2017 at 10:03 am

    menurut saya sebaiknya kita tidak merokok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Karena Penelitian Menyebut Kecerdasan Itu Sexy

Sebagian orang masih mengasosiasikan “pintar dan cerdas” itu dengan tampilan kaku macam kutu buku. Padahal sesungguhnya saat ini banyak tokoh-tokoh yang lekat dengan kecerdasan macam Elon Musk atau Mark Zuckerberg yang justru dianggap menarik dan sexy.

Beberapa penelitian juga bahkan menunjukan hal ini. Salah satunya adalah penelitian yang digagas psikolog Gilles Gignac, Joey Darbyshire, dan Michelle Ooi dari University of Western Australia. Mereka menemukan bahwa orang-orang dengan IQ tinggi memiliki skor tinggi dalam hal keseksian ketika dinilai oleh orang lain.


“Kecerdasan” Menjadi Faktor Kedua Daya Tarik Setelah “Kebaikan”

Penelitian tentang kecerdasan dan daya tarik di atas melibatkan sedikitnya 10 ribu peserta dari 33 negara di dunia. Salah satu temuan menariknya adalah para peserta penelitian menempatkan “smart” di nomor dua sebagai daya tarik.

Posisi ini hanya dikalahkan oleh faktor “kebaikan dan pengertian” yang menempati urutan nomor satu. Jadi sesungguhnya dengan menjadi baik dan terus melatih kecerdasan sudah bisa membuat orang lain tertarik kepada kita.

Salah Satu Indikator Kecerdasan Adalah Selera Humor

Dalam penelitian itu juga ditanyakan mengenai indikator apa yang digunakan untuk menilai seseorang cerdas atau tidak. Sebagian menyebut bahwa salah satu indikator yang digunakan untuk menilai kecerdasan seseorang adalah selera humornya.

Karena mereka yang cerdas selalu berpikiran terbuka dan orang yang berpikiran terbuka ini cenderung punya selera humor yang baik. Mereka yang smart juga dikatakan tidak akan mudah tersinggung dan aspiratif terhadap ide-ide baru.

Tak Cuma Pada Individu, “Smart Dan Sexy” Juga Kini Diterapkan Pada Hal Lain

Perpaduan menarik ini tak cuma ditemui dalam urusan penggambaran individu seseorang. Karena kini banyak sektor juga menerapkan konsep ini. Coba tengok misalnya gadget yang selalu menemani kita.

Dahulu mungkin handphone hanya digunakan sebagai alat komunikasi suara dan teks. Kini perkembangannya sudah jauh lebih dari itu. Mulai dari mengakses internet, sosial media, pesan makanan, penunjuk arah hingga fungsi lainnya yang dulu hanya impian.

Tapi toh kamu juga tak mau hanya menggunakan gadget yang cerdas saja bukan? Begitu banyak pilihan ponsel cerdas, tentunya kamu juga memilih yang di desain menarik lagi sexy. Karena hal tersebut juga menunjukan jati diri.

Bahkan Meluas Hingga Urusan Tata Kota Juga Tersentuh Unsur Kecerdasan

Familiar dengan istilah Smart City? Yup inilah konsep yang diinisiasi oleh Suhono S. Supangkat dari ITB. Kota tak lagi hanya menjual soal “keindahan dan kecantikan” namun juga harus bersifat smart.

Menurutnya, Smart City adalah kota yang bisa mengelola Sumber Daya Alam (SDA), Sumber Daya Manusia (SDM) dan sumber daya lainnya sehingga warganya bisa hidup nyaman aman dan berkelanjutan.

Seperti adanya transparansi dan partisipasi publik, transportasi publik, transaksi non tunai, manajemen limbah, energi, keamanan, data dan informasi. Hal ini dapat didukung melalui teknologi informasi dan komunikasi. Terbayang menyenangkannya hidup di kota yang di tata macam ini bukan?

Tak Mau Ketinggalan, Urusan Kendaraan Juga Harus Mengadaptasi Ini

Soal “smart dan sexy” ini juga merambat ke urusan kendaraan. Mengingat hal ini melekat dengan kita dan digunakan juga untuk berativitas sehari-hari. Wajar rasanya jika konsep ini juga diterapkan pada kendaaraan kita.

Ambil contoh Yamaha Lexi yang mengusung konsep “Smart is The New Sexy” yang bermakna bahwa sexy tidak hanya tentang penampilan melainkan tentang karakter, sikap dan pola pikir yang Smart. Yamaha Lexi mempunyai 3 pilar konsep Utama

Untuk Smart & Sexy Design, Motor ini mengkombinasikan unsur Luxury dan Elegan dengan bobot yang paling ringan di kelas MAXI YAMAHA. Tampilannya yang berkelas ditunjang desain lampu Grand LED Headlight ditambah eye line biru yang menawan memperkuat kesan mewah dan elegan. Apalagi untuk tipe Lexi-S, desain joknya  memadukan dua tekstur kombinasi yang disatukan dengan motif jahitan elegan membuat tampilan motor menjadi lebih berkelas.

Tak cuma tampilan karena yamaha Lexi ini punya Smart Features. Untuk Varian Yamaha Lexi-S dibekali fitur Smart Key System yang merupakan sistem kunci tanpa anak kunci alias keyless. Kunci ini juga sudah disematkan fitur Immobilizer dan Answer Back System untuk memudahkan pengendara mencari posisi parkir motor.

Berkendara dalam jarak jauh juga kini tidak perlu khawatir karena Yamaha Lexi memiliki bagasi yang luas dan lega untuk menampung barang bawaan lebih banyak. Apalagi, Yamaha Lexi menjamin pengendara tetap terhubung melalui Smartphone karena dilengkapi Electric Power Socket untuk mengisi daya gadget.

Urusan dapur pacu diserahkan pada Smart Engine. Dari segi performa mesin, Yamaha Lexi menggunakan mesin generasi baru Blue Core 125 cc yang disempurnakan Variable Valve Actuation (VVA). Mesin ini secara cerdas akan membuat aksi berkendara lebih efisien, bertenaga dan handal dengan tenaga dan torsi maksimum di setiap putaran mesin. Apalagi Yamaha Lexi dilengkapi Liquid Cooled 4 Valves (LC4V) yang membuat suhu mesin lebih stabil dan performa lebih maksimal.

Tak berhenti disitu Yamaha Lexi dibekali fitur canggih Stop & Start System (SSS) berfungsi untuk mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu pada saat motor sedang berhenti. Apalagi ditambah Smart Motor Generator (SMG) membuat suara motor lebih halus saat dinyalakan. Kalau masih penasaran soal motor satu ini kamu bisa lihat detailnya di halaman ini!

Jadi bagaimana? Kamu sudah siap mengikuti trend smart is the new sexy ini?

1 Comment

1 Comment

  1. abahadil

    June 14, 2017 at 10:03 am

    menurut saya sebaiknya kita tidak merokok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Health

Panic Attack Tak Bisa Diremehkan, Ada Cara Mengontrol Biar Bung Tak Was-Was Setiap Keadaan

Serangan ini bukan sekedar kepanikan biasa bung, kalau bung mengabaikan apa itu panic attack akan berakibat fatal seperti kehilangan kontrol atas diri atau merasakan sensasi terlepas dari diri sendiri (derealization dan depersonalization).

Bahkan hal ini dapat berkesinambungan yang mana penderita akan diteror perasaan khawatir terhadap serangan panik selanjutnya lho. Cathy Frank M.D direktur direktur Outpatient Behavioral Health Services di Henry Ford Hospital menjelaskan kalau serangan panik terjadi secara spontan dan bukan sebuah rekasi dari sebuah situasi di mana seseorang tertekan.

Bisa Terjadi kapan saja, untuk itu bung harus mempelajari hal-hal yang diperlukan untuk mengatasai panic attack. Nah, untuk itu ada tiga cara yakni mengenali, menghadapi dan mengelola.

Gejala Panic Attack Mirip Dengan Heart Attack

Ini salah satu kejadian yang sering dialami dengan berasumsi macam-macam dari penderita panic attack, yakni menyangka dirinya mengalami serangan jantung atau heart attack. Penting untuk mengetahui gejala, penyebab serta sensasi-sensasi lain yang terjadi saat panic attack. Biasanya tubuh mengirimkan sinyal “bahaya” yang membuat penderita merasa ketakutan, sehingga secara otomatis tubuh kita merespon dengan beberapa senasi fisik maupun psikologis.

Mengurai Pikiran Negatif Demi Terhindar dari Hal-hal yang Tak Diingini

Salah satu hal yang perlu bung ketahui saat terserang panic attacki adalah terserang pikir-pikiran negatif yang menguasai penderita bung. Oleh karena itu bung perlu mengendalikan terutama pemikiran negatif, banyak pemikiran negatif yang menyerang seperti membuat bung pingsan. Kalau bung bisa meyakinkan diri tidak pingsan pasti bung akan baik-baik saja. Karena sebenarnya rasa pingsan itu hadir karena serangan panik yang meliputi diri penderita dan coba direspon oleh tubuh.

Mengatur Pernapasan Agar Kepanikan Mudah Dikendalikan

Tak ayal ketika diserang dengan rasa panik pernapasan berubah menjadi lebih cepat dan terkesan terburu-buru, bahkan seseorang dapat memasukkan oksigen dalam waktu yang singkat ke dalam tubuh yang biasa disebut dengan hyperventilation.

Akibatnya tubuh akan merasakan sensasi fisik seperti sesak, pusing, rasa ingin pingsan, kehabisan nafas sampai rasa sakit di dada. Untuk mengatasi itu semua bung perlu mengatur nafas atau teknik bernapas secara perlahan. Slow breathing adalah nama teknik pernapasan secara perlahan tersebut yang dilakukan secara teratur lewat hidung.

Berjalan Kaki dan Nikmati Momen Berbicara Dengan Diri Sendiri

Berjalan kaki dalam beberapa menit di pagi atau sore hari dapat membantu bung untuk rileks, tak penting berapa jauh bung berjalan yang penting sempatkan waktu untuk diri kita menikmati momen perjalanan tersebut. Berjalan kaki dapat meredakan stres dan ketegangan dalam diri, selain itu sempatkan pula untuk berbicara dengan diri sendiri bahwa panic attack bukanlah suatu hal yang berbahaya.

Melakukan Talk Therapy dengan Profesional

70% dari 49 orang yang mengidap gangguan kecemasan dan panic attack menunjukkan penurunan gejala panik dan cemas setelah tergabung dalam kelompok talk therapy. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan para profesional salah satunya dengan metode Cognitive Behavioral Therapy (CBT). Dengan CBT para pengidap diajarkan tentang bagaimana mengelola kecemasan dan ketakutan melalui pengendalian pikiran, perilaku dan bagaimana bereaksi terhadap suatu situasi yang dapat memicu kepanikan.

 

1 Comment

1 Comment

  1. abahadil

    June 14, 2017 at 10:03 am

    menurut saya sebaiknya kita tidak merokok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Health

Kata Pak Machmud, Merugilah Bung yang Memilih Ikan Salmon Ketimbang Ikan Kembung!

Kalau bung dihadapkan dua pilihan antara ikan kembung dan ikan salmon bung pilih yang mana? pasti banyak orang bakal lebih memilih ikan salmon. Justru bagi kalian atau bung sendiri yang memilih ikan salmon sangat merugi karena dari segi gizi, ikan kembung justru lebih unggul karena ada kandungan protein, omega-3, vitamin B12, vitamin D, fosfor, vitamin B2 (Riboflavin), vitamin B6, iodine, selenium lebih tinggi.

“Ikan kita itu banyak sekali (contohnya ikan kembung). Tapi masyarakat masih belum menyadari gizi ikan-ikan lokal. Kita juga punya banyak sekali diversifikasi ikan (keragaman ikan). Bayangkan, kalau ikan-ikan lokal selalu kita sosialisasikan. Melalui gerakan ‘Gemar Makan Ikan’ kita promosikan potensi ikan lokal,”  ujar Direktur Pemasaran, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Machmud .

Sumber gizi yang baik dari ikan kembung juga terlihat dari adanya Vitamin D yang membantu penyerapan kalsium yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang dan gigi. Jadi apabila ada ikan kembung bubu kuning dan sushi salmon, bung seharusnya sudah memilih ikan kembung karena memilih potensi gizi lebih baik.

 

 

1 Comment

1 Comment

  1. abahadil

    June 14, 2017 at 10:03 am

    menurut saya sebaiknya kita tidak merokok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Relationship

Ingin Lakukan Pendekatan, Ucapkan Selamat Pagi Agar Berkesan dan si Nona Mau Membalas Pesan

Untuk urusan pendekatan pada seorang perempuan, tidak dibalasnya pesan bisa mengindikasikan bung tidak menarik di mata nona. Dan bisa dibilang juga kalau bung sudah gagal. Benarkan?

Eits, tunggu dulu bung! Sebenarnya kalau mau berfikir positif, banyak alasan kenapa nona tidak mau membalas pesan. Dia mungkin sedang sibuk atau tidak mengerti mau membalas apa. Namun ada cara terbaik untuk mengetahui apakah nona masih tertarik dengan bung, yakni dengan mengucapkan selamat pagi yang berkesan di keesokan harinya.

Ini salah satu cara membuat nona mau membalas pesan nanti. Itu salah satu cara ya bung, namun kalau mau lebih spesifik masih ada beberapa cara yang dilansir mantelligence.com bagi bung-bung sekalian yang berujung murung saat chatting dengan nona.

Tunggu Sebentar dan Jangan Panik, Nona Pasti Datang

Saat bung sedang asyik mengobrol dengan pemabahasan menarik kemudian nona tidak membalas dalam kurun waktu satu sampai dua jam, jangan terburu-buru berasumsi macam-macam. Hal pertama dan terpenting yang harus bung lakukan adalah jangan panik.

Bisa jadi ia sedang sibuk atau ada yang menelpon si nona, berikan nona waktu untuk menjawab ketika ia tidak membalas. Bahkan jika nona tidak merespon pun jangan langsung terpuruk dan berfiki hal-hal buruk. Ikuti saja ritme chat ini sampai bung tahu jawaban yang sebenarnya.

Tetap Keren Saat Bung Kembali Chat Nona, Jangan Terlihat Menyedihkan Karena Nona Tak Membalasnya

Saat nona tidak membalas pesan bung harus tetap keren saat ingin kembali mulai chat dengan nona. Karena bisa saja kan kalau nona sedang tarik ulur guna mengetahui seberapa niatnya bung kepadanya. Selain itu bersikaplah tenang saat kembali chat dan jangan membuka pertanyaan mengapa nona tidak membalas pesan bung.

Kirimkan Nona Sesuatu yang Lucu Mungkin Itu Merubah Paradigmanya Kepadamu

Untuk mendapatkan respon yang lebih baik saat bung mencoba kembali chat nona adalah mengirim sesuatu yang dapat membuatnya tertawa. Tak perlu membuat, karena banyak meme dan gifs banyak bertebaran di Internet. Mungkin dengan memancing rasa humor ia akan mulai perlahan terbuka kepadamu bung. Setelah bung melontarkan atau teks lucu, lihatlah bagaimana ia merespon.

Mulailah Dengan Memilih Topik yang Menarik

Sepandai-pandainya laki-laki dalam memulai chat dapat terlihat dari pemilihan topik yang menarik saat ngobrol dengan nona, itu bukan lagi suatu rahasia namun lebih kepada kreatifitas bung sendiri. Seperti membahas tentang masa kecilnya, musik atau film.

Rambah semua pop culture, siapa tau kalian akan menemukan satu perbedaan dan menjadi ingin mengetahui satu sama lain atau kalia menemukan persamaan dan menjadi nyambung saat ngobrol.

Kirimkan Pesan Apa yang Menjadi Kesukaannya

Saat ia kembali tidak membalas pesan, cobalah kamu lihat lagi chat bung sebelumnya apakah ia sempat membicarakan film atau film series favoritanya atau tentang musisi favoritnya. Apabila iya, coba bung minta the best album dari musisi favorit atau bisa juga dengan meminta DVD film tersebut.

Dengan cara ini menandakkan kalau bung memiliki minat seperti apa yang nona sukai. Selain itu lihatlah tanda-tanda setiap pesan yang ia kirimnya, apabila setiap pertanyaan pribadi ia tidak menjawab berarti ia tidak membuka pintu hatinya. Tetapi apabila ia ramah, mungkin ia sedang membuka ruang untukmu. Kita hanya perlu jeli membaca responnya bung!

 

 

1 Comment

1 Comment

  1. abahadil

    June 14, 2017 at 10:03 am

    menurut saya sebaiknya kita tidak merokok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top