Lebih Baik

Resign Setelah Lebaran? Rancang Kesan Pertama Saat Hadapi Wawancara Kerja

Atas dasar kejenuhan atau memang ingin mencari tantangan baru membuat para pekerja mengambil resign setelah lebaran. Tunjangan Hari Raya atau THR jadi alasan kenapa keluar dari tempat kerja harus ditahan sementara. Selain itu, mengambil persiapan untuk mendapatkan kerja baru dilakukan dengan mempersiapkan CV yang disebarkan sebelum bulan ramadhan. Agar tidak menganggur terlalu lama. Kebutuhan dan cicilan kan tak bisa ditunda, jadi harus segera.

Nah, dalam wawancara kerja kesan pertama menjadi penilaian penting. Memunculkan kesan yang baik adalah bagian dari starategi untuk memikat para HRD calon kantor baru. Reputasi profesional juga dipertaruhkan dalam hal ini. Dilansir dari lama JobStreet.com sebuah situs informasi lowongan kerja yang kerap dipanggil sebagai ‘Lina’ berbagi tips penting untuk perawatan atau grooming saat menghadapi wawancara kerja bagi laki-laki.

Perhatikan Bagian Berbulu yang Terdapat Di Wajah

Bisa dibilang dalam hal perawatan laki-laki lebih mudah dibanding perempuan. Tapi tanpa kedisiplinan hal ini juga akan menjadi sulit bagi yang menjalani. Terutama persoalan rambut di wajah. Laki-laki yang termasuk dalam kategori ‘berbulu’ harus memastikan bahwa semuanya sudah dipangkas dengan rapih.

Seperti janggut dan kumis, membiarkannya berantakan ala-ala hipster mungkin terlihat keren di satu sisi. Namun kerapihan mungkin menjadi suatu penilaian yang utama saat wawancara kerja. Jangan juga lupa mengecek bagian telinga dan hidung, apabila ada bulu yang terlalu panjang lebih baik dipotong.

Menata Rambut dengan Rapih dan Tidak Berminyak

Rambut di wajah tentu beda dong dengan rambut di kepala. Bung percayalah, rambut itu tidak hanya mahkota bagi perempuan tapi ini juga berlaku bagi laki-laki. Jangan pernah menyepelekan persoalan rambut sampai enggan merawat dan membiarkannya berantakan.

Sebelum menghadapi wawancara, pastikan memiliki rambut yang rapih. Kemudian menjaga rambut agar tetap rapih dengan tampilan alami pakailah gel atau pomade yang membuat penampilan semakin meningkat sekaligus rambut tidak berminyak.

Setelan Pakaian Disesuaikan dengan Kantor yang Dilamar

Saat bung ingin melamar pekerjaan sebagai karyawan di perusahaan umum, pastikan memilih setelan kemeja dan celana yang rapih dan sudah disetrika. Padukan pakaian yang cemerlang tersebut dengan attitude yang tidak sembarangan.

Atau bisa juga bung tanyakan kepada HRD untuk mengenakan pakaian seperti apa, biasanya jika melakukan wawacara untuk posisi kreatif dan berorientasi pada mode, bung mungkin bisa mengambil kesempatan itu dengan mengekspresikan kepribadian lewat pakaian yanng lebih berwarna. Tapi ingat, sikap tetap profesional selayaknya pelamar kerja dan pewawancara kerja.

Jaga Kewangian Badan

Parfum dan deodoran sebenarnya jadi hal penting setiap hari, tidak hanya sedang menghadapi wawancara kerja. Meskipun penting, hindari pemakaian parfum dengan wewangian yang menyengat secara berlebihan karena dapat menganggu jalannya wawancara. Intinya aroma tubuh tak boleh tercium bau yang tidak mengenakkan, karena itu jadi penialaian jelek apaibila seseorang ingin melamar dalam suatu kantor atau perusahaan.

Menjaga Nafas Untuk Tetap Wangi

Selain tubuh, nafas juga harus dijaga. Jangan sampai mengeluarkan bau yang tidak sedap. Pastikan nafas wangi sebelum melakukan wawancara agar tidak mengundang kerisihan bagi HRD atau pewawancara kerja.

Nah, khusus bung yang merokok, hindari merokok setidaknya setengah jam sebelum wawancara karena nafas bau rokok membuat jalannya wawancara tidak mengenakkan. Pahit-pahitnya wawancara bisa diputuskan begitu saja saat mencium aroma tak sedap.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Keren

Tak Perlu Barang Mewah Untuk Terlihat Gagah

Sudah bawaan lahir sepertinya laki-laki bersifat cuek. Bahkan di tahun 2019 masih banyak laki-laki Indonesia yang cenderung tak peduli dengan gaya berpakaian. Padahal hanya memerlukan item basic untuk membuat laki-laki tampil ganteng dan asik. Sayangnya, kita kerap berpikiran kalau mau tampil ganteng dengan mendapat spotlight harus dengan barang mewah.

Nah untuk itu ada solusi terbaik untuk membuat laki-laki terlihat lebih gagah. Dengan pelbagai barang yang tak perlu mewah. Berikut ini barang-barang standar atau basic yang bisa merubah penampilan bung sepuluh kali lipat jauh lebih asik dari biasanya.

Memakai Jam Tangan

Mengenakan jam tangan mungkin sudah jamak dilakukan laki-laki. Tapi kenapa tidak begitu mencuri perhatian? Untuk itu bung harus memakai jam tangan yang dapat mencuri perhatian secara kesuluruhan. Atau dengan kata lain yang mencolok. Bukan berarti kalian menggunakan jam tangan sporty yang besar dengan lapisan karet lho. Karena itu sudah terlalu umum bung.

Mencolok lebih kepada besar pergelarangan tangan disertai dengan desain yang menyesuaikan tampilan. Terdapat dua jam tangan yang bisa dipilih, dress watch untuk tampilan formal dan aviator watch yang aman dengan setelan kasual. Seperti jam tangan dengan strap kulit atau steel.

Mengenakkan Blazer

Sayang sebenarnya kalau tidak memiliki blazer. Kenapa? karena pakaian luar ini cocok  dikenakan dalam berbagai situasi baik formal mau pun kasual. Blazer dapat menekankan aura profesional seseorang untuk bisa tampil lebih berwibawa dan bersahaja, apalagi saat meeting atau bekerja.

Sampai-sampai pelabelan smart  terselip di dalamnya. Tak pelak pemakaian blazer juga mendongkrak penampilan menjadi lebih tampan. Tak percaya?

Memakai Briefcase

Sebagai bagian bentuk dari kedewasaan saat bekerja, lebih baik tinggalkan backpack lah bung. Backpack tak lebih masa indah saat kita sekolah dan kuliah, masa iya dipertahankan saat bekerja? Gantilah backpack dengan menggunakan briefcase untuk keperluan menyimpan dokumen dan laptop kerja. Makin lebih bekelas lagi kalau mengenakan briefcase yang berbahan kulit, membuat bung sangat tampan nan asik. Alias lebih laki abis!!

Menggunakan Syal

“loh, buat apa mengenakan syal di negara tropis?”, Eitss tahan dulu bung. Mengenakan syal juga memiliki fungsi terutama menjaga leher tetap hangat, menahan hembusan angin sampai menutup debu yang mengganggu.

Apalagi tinggal di Jakarta, yang kualitas udaranya salah satu terburuk di dunia. Jadi tidak salah kan? selain itu, menggunakan syal membuat kalian lebih ‘tampil’ di antara lain, yang notabene hanya memakai kaos dan celana denim.

Menggunakan Kaca Mata Hitam

Mengenakan kaca mata hitam, hmmm ini bisa jadi salah satu penunjang ketampanan kalian. Tentu kali ini pas untuk dipakai di siang hari kan? karena cuaca yang panas membuat silau. Jangan asal pilih kacamata, justru kalian harus memilih yang sesuai dengan bentuk wajah. Selain itu ada lensa kacamata kw yang malah merusak mata, jadi sebaiknya pilih produl yang kredibel dan asli.

Itu dia beberapa barang dasar atau item basic yang dapat menunjang penampilan. Tak perlu mahal kan? atau membeli barang yang ke-hypebeast-hypebeast’an. Karena untuk tampil ganteng dan lihat orang tak perlu merogoh kocek hingga dalam-dalam.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Baik

Ada Beberapa Tips, Jika Bung Terpaksa Bekerja di Kantor yang Toxic!

Di dunia kerja zaman sekarang, berada di lingkungan toxic atau burnout dapat mempengaruhi kesehatan pekerja. Kelelahan, depresi atau sakit jadi kendala yang sering ditemui. Situs luar macam The Ladders menyatakan toxic dalam dunia kerja adalah kondisi kantor tidak ideal, seperti bullying, kurangnya kepercayaan, tidak menghargai dan bermacam jenis hal negatif lain. Secara efek tidak hanya merugikan pekerja tapi kondisi internal kantor.

Sebenarnya solusi dari lingkungan di tempat kerja toxic adalah pindah kerja. Namun tak semua orang bisa begitu mudah untuk pindah kerja bung. Faktor yang membuat orang bertahan biasanya belum mendapat tempat kerja baru dan ingin mendapatkan pengalaman minimal setahun.

Nah bagi bung yang sudah terjebak , terdapat cara meredakan efek negatif di tempat kerja dengan cara memulai dari sebelum kerja, saat kerja dan sepulangnya. Berikut ini tips yang dilakukan dirangkum dari The Ladders.

Tidak Mengecek Email Sebelum Kerja

Sebelum memulai pekerjaan, semisal sedang di rumah dan bersiap untuk berangkat jangan mengecek email kerja. Karena akan menghabiskan waktu lebih lama dengan mindset negatif.  Jaga kemungkinan untuk tetap positif, karena dalam lingkungan kerja yang toxic segala hal kaitan dengan kerja bisa memberikan mindset negatif.

Ingat Sebuah Hal Positif yang Sudah Bung Lakukan di Pagi Hari

Hal positif banyak macam, mengingat hal ini dapat memberikan sentuhan bagus untuk memulai hari dengan positif. Semisal memulai hari dengan olahraga, dapat jadi acuan kalau diri sudah melakukan aktvitas positif. Bisa juga dengan mengingat kemari dapat pulang tepat waktu meskipun ranah pekerjaan yang banyak. Membawa pikiran ke hal seperti itu dapat membawa ke ranah yang positif.

Bersyukur Dengan Apa yang Telah Didapat

Dengan cara membuat daftar bersyukur lewat apa saja keuntungan yang telah bung dapatkan di tempat kerja.  Terutama keuntungan-keuntungan yang sifatnya positif. Mood bung dapat berubah serta mencegah otak terbawa ke arus pikiran yang negatif.

Hindari Rekan Kerja yang Berpotensi Menciptakan Konflik

Ketahui medan kerja itu penting apabila berada di lingkungan yang toxic. Dengan cara melihat rekan kerja yang berpotensi membawa arus pertikaian. Menyingkirlah dari mereka, konflik tersebut bisa menyebabkan stres karena waktu harus terbuang dengan pertengkaran yang tak jelas serta membawa aroma negatif di tempat kerja.

Mencari Support System

Menciptakan support system menjadi salah satu cara untuk mensiasti tempat kerja yang terlalu toxic. Pasti dari sekian rekan kerja yang menyebalkan, ada yang masih dapat diajak bekerja sama. Setidaknya untuk membuat lingkungan kerja jadi produktif untuk memancing semangat satu sama lain, terutama saat sedang down.

Untuk Jaga-Jaga, Selalu Dokumentasikan Segala Perlakuan yang Tak Menyenangkan

Mendapatkan perlakuan yang tak menyenangkan bisa saja terjadi di lingkungan kerja yang toxic. Bahkan sampai yang merugikan sekalipun, untuk itu guna menjaga-jaga coba mendokumentasikan apa yang terjadi. Perekaman dilakukan dalam interaksi positif dan negatif, yang bisa bung laporkan saat mendapatkan kelakuan toxic dari pihak yang berwenang.

Cobalah Ganti Cara Berpikir Bung

Cara berpikir harus diganti untuk menghadapi sesuatu yang sifatnya negatif terutama terkait interaksi. Coba memandang secara positif dapat mengurangi stress. Kurangi kadar emosi yang diberikan terutama dalam interaksi. Tarik nafas dalam merespon sesuatu dapat membantu pikiran untuk tetap fokus demi raih hasil positif.

Meningkatkan Kualitas Diri

Pelajarilah sebuah skill baru. Selain menambah ilmu, menambah skill juga menyiapkan diri untuk peluang kerja di masa yang akan depan. Selain itu, memiliki kemampuan baru sangat berguna apabila tiba-tiba bung didepak dari kantor oleh hasil picik yang dilakukan rekan kerja toxic. Jadi lebih percaya diri untuk pindah nanti.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Baik

Traveloka Tak Lagi Sekedar Layanan Jalan-jalan Tapi Berikan Pengalaman!

Aktivitas traveling tidak pernah memasuki masa surut di setiap tahunnya. Tawaran ini selalu menarik bagi siapa saja. Liburan seolah jadi kebutuhan biologis yang wajib dipenuhi setidaknya setahun sekali. Tapi apakah dengan berlibur semua orang dapat merasakan senang? jawabannya relatif, yang jelas sekarang generasi millenial lebih senang menghabiskan pengeluaran untuk sebuah pengalaman.

Hal ini sudah dijelaskan dalam sebuah studi Haris Group bahwa lebih dari 70% kaum milenial suka mencari pengalaman seperti pergi nonton konser artis, mendaki gunung, ikut tur menjelajahi bangkok atau naik wahana di taman hiburan, dibanding membeli rumah atau mobil.

Berangkat dari hal ini Traveloka mulai tumbuh untuk memberikan layanan ekstra kepada para pengguna. Dengan meresmikan Traveloka Xperience demi berikan layanan ekstra. Terdapat 12 layanan yang disediakan untuk pengguna untuk mencari ide saat liburan maupun di sela-sela waktu senggang. Kira-kira apa sajakah layanan tersebut?

Atraksi

Salah satu dari ke-12 kategori yang ditawarkan Traveloka Xperience adalah atraksi. Kategori ini merangkum berbagai atraksi yang ada di dalam maupun luar negeri. Dengan menyediakan tiket masuk ke berbagai wahana rekreasi.

Tanpa perlu disebutkan satu per satu nama tempat yang jelas ini sangat membantu saat bung berencana untuk bepergian. Keuntungannya lagi, Traveloka Xperience menyediakan Easy Access supaya pengunjung terbebas dari antrian dan tidak perlu mencetak tiket. Praktis kan?

Tur

Sumber : Travel. Kompas.com

Bung mungkin tak sempat mengurus agenda perjalanan saat traveling. Atau bung termasuk ke dalam kategori yang malas melakukan hal tersebut. Dengan Traveloka Xperience di kategori tur, dapat berikan layanan tur perjalanan di dalam dan luar negeri. Bung bisa memilih jenis tur berdasarkan destinasi wisata, kota atau durasi perjalanan. Jadi yang perlu bung siapkan hanyalan barang bawaan!

Hiburan

Kurang uptodate akan bermacam tempat hiburan membuat hidup terasa membosankan. Padahal banyak hal menarik setidaknya di kota kita sendiri. Nah, kategori Hiburan sangat pas untuk bung kulik untuk melihat jenis aktivitas apa yang bisa dilakukan. Bahkan di kota-kota besar lainnya di Indonesia. Secara jelas Traveloka Xperience memang berikan pengalaman berharga terutama dalam soal bersenang-senang.

Bioskop

Menonton film yang lagi hits pasti dihadapkan dengan masalah tidak dapat kursi. Apalagi yang meminta nonton film tersebut adalah pasangan. Kalau tak dapat, bisa kacau, kan? dari pada bung gambling dengan pergi ke salah satu bioskop lebih baik coba menggunakan Traveloka Xperience di kategori Bioskop. Tiket menonton lebih mudah didapat dan pemilihan nomor kursi hingga pembayaran dilakukan dengan metode yang aman dan beragam. Jadi ga ada lagi cerita kena marah pasangan.

Olahraga

Menjalani hidup sehat saat sedang traveling bisa dilakukan lewat Traveloka Xperience. Lewat kategori olahraga, bung bisa mencari tempat mana saja yang menyediakan jenis olahraga, dari yang melatih otot, konsentrasi hingga menguji adrenalin. Tidak hanya fitness, panjat dinding, bela diri sampai trampolin disediakan sebagai pilihan yang menarik bagi para pengguna traveloka.

Kelima kategori ini hanya mewakili gambaran dari betapa serunya menikmati pengalaman dengan Traveloka Xperience selain itu ada kategori event hiburan, spa & kecantikan, transportasi lokal, pelengkap travel, makanan & minuman serta kursus & workshop. Ingat layanan ini tidak hanya di Indonesia tapi diberbagai negara asia tenggara lainnya dan Australia.

Gimana bung, siap untuk menggali pengalaman bersama Traveloka?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top