Health

Pria Di Inggris Tuli Karena Tersumbat Kotoran, Kok Bisa?

Jangan pernah menyepelekan kotoran di telinga karena bisa menyebabkan tuli. Hal ini terjadi di Inggris, saat Dr. Neel Raithatha menemukan pasiennya yang mengalami tuli secara mendadakan karena ada penumpukan kotoran di telinga. Bahkan pasien yang tidak mau disebutkan namanya tersebut kaget ketika Neel menceritakan bahwa kotoran sudah bercampur rambut halus dan menempel ke dinding telinga.

Kotoran telinga yang sudah tertumpuk tersebut menyumbat saluran pendengaran sehingga dapat membuat seseorang menjadi tuli. Untuk membersihkan telingan disarankan oleh Neel untuk ditemani seorang dokter agar pembersihan telinga sangat maksimal.  Dengan kondisi pasien seperti itu, Neel harus menggunakan pengait untuk memisahkan kotoran telinga dari dinding saluran telinga tersebut.

Sekilas hal ini mungkin terkesan remeh, tapi perlu untuk kita jaga.

Hindari Membersihkan Telinga Terlalu Dalam Karena Pendengaran Dapat Terancam

Ketika bung ingin membersihkan telinga dengan cotton bud, jangan dipakai untuk membersihkan bagian dalam. Karena cotton bud sendiri tidak di desain untuk membersihkan telinga bagian dalam tetapi bagian daun telinga saja. Karena untuk membersihkan telinga bagian dalam disarankan untuk memakai obat tetes telingan yang dapat ditemukan di apotik. Obat tersebut akan melunakan gumpalan kotoran telingan sehingga mudah untuk dibersihkan. Perlu diingat pula, bahwa membersihkan telinga bagian dalam dapat dilakukan jika anda tidak mengalami gangguan atau infeksi.

Membersihkan Telinga Dengan Cotton Bud Tidak Direkomendasikan

Bagi bung yang kerap membersihkan telinga bagian dalam dengan menggunakan Cotton Bud lebih baik mulai berhenti, lantaran Cotton Bud bisa membuat hal naas kepada anda. Pemakaian Cotton Bud untuk membersihkan telinga bagian dalam dapat mendorong kotoran, bukan mengeluarkan.

Karena seperti sudah dijelaskan di atas bung, bahwa Cotton Bud tidak di desain untuk membersihkan telinga bagian dalam. Selain itu, dampak terburuk dari terlalu sering menggunakan Cotton Bud dapat menggores dinding bagian telinga dan bisa melubangi bagian telinga tersebut.

Jenis Kotoran Telinga Dapat Dibagi Faktor Genetik Atau Keturunan Lho

Sumber : bainbridgeoptometrists.co.uk

Untuk kotoran telinga sendiri dapat dibagi menjadi dua tipe, yakni basah dan kering. Hal yang menentukan kotoran telinga basah dan kering bukan kondisi, melainkan faktor genetika. Mereka yang berasal dari keturunan Kaukasia atau Afrika memiliki tipe kotoran telinga basah. Sementara, Asia Timur memiliki tipe kotoran telinga kering dan berserpih di dalam telinganya. Sedangkan dua jenis kotoran telinga basah dan kering terdapat pada kalangan etnis Kepulauan Pasifik, Asia Tengah, Asia Kecil, dan Suku Asli Amerika.

Kenali Gejala Atau Tanda-Tanda Ketika Telinga Anda Tertutup

Ada tanda-tanda sebelum gejala tuli dadakan tersebut menyerang anda bung. Seperti ada suara di sekeliling terdengar kecil, terasa sakit di bagian telinga sebelum bung akan mengalami tuli sebagian pada nantinya. Tanda-tanda lain yang mengindikasikan keadaan yang memberukuk adalah kehilangan pedengaran secara total, rasa sakit pada telinga dan dan mengalami demam. Ketika hal tersebut terjadi alangkah baiknya bung menghubungi dokter.

Cara Menangani Telinga Tersumbat

Sumber : npr.org

Untuk gejala yang masih dalam tahap ringan ketika telinga tersumbat dapat ditangani sendiri. Bung hanya butuh minyak bayi, glycerin atau minyak mineral untuk melunakka kotoran telinga. Cara lainya dengan melakukan yang disebut irrigation. Namun, bung harus memastikan bahwa gendang telinga tidaj pecah. Kalau bung merasa ragu atau sudah memasuki tahap yang lebih serius, alangkah baiknya bung mengunjungi dokter THT demi kepastian dan kesehatan.

 

1 Comment

1 Comment

  1. Sudarto

    June 7, 2018 at 11:00 am

    Membersihkan kotoran di telinga gampang-gampang susah. Pakai cutton bud, khawatir nanti kapasnya tertinggal du dalam. Pakai alat lain, khawatir kena gendang telinga. Yang penting hati-hati dan jangan sampai alat pemersih masuk terlalu dalam.

    Pakai alat pencungkil yang banyak dijual bersama pemotong kuku atau pencambut rambut uban. Tetapi, memasukkan alatnya jangan dalam-dalam. Nanti kena gendang telinga. Paling aman pakai obat tetes saja yang bisa Anda beli di apotek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top