Lebih Keren

Pekan Ini Jokowi Meminta Seluruh Maskapai Turunkan Tarif Tiket

Bukan hanya warga yang berteriak imbas dari tingginya tarif tiket pesawat, namun kalangan industri seperti perhotelan dan restoran juga mengalami hal yang sama. Karena hal ini Jokowi pun mengimbau masakapai supaya seluruh maskapai turuntkan tarif tiket pesawat pekan ini karena banyaknya keluhan.

Menteri perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan kalau pemerintah optimis tarif tiket bisa turun karena sudah melakukan komunikasi dengan sejumlah maskapai nasional. Hanya saja pemerintah tidak dapat memastikan tarif tiket pesawat akan benar-benar kembali turun sesuai harga semula pada akhir 2018 lalu.

Pemerintah juga masih membuka ruang bagi maskapai untuk menaikkan tarif tiket pesawat dengan level yang rendah yakni sekitar 10 persen – 20 persen dari rata-rata tarif tahun lalu. Tak seperti sekarang yang dikeluhkan banyak pihak karena harga tiket naik sampai berada di kisaran 40 persen sampai 60 persen yang dikeluhkan banyak pihak.

Kami balance, jadi kami pikirkan semuanya. Airline dipikirkan, tapi masyarakat juga,” tekannya dilansir dari Kompas.

Sebelumnya, tarif tiket pesawat dikeluhkan banyak pihak, salah satunya Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI). Ketua Umum PHRI Hariyadi Sukamdani menduga tingginya tarif tiket pesawat disebabkan oleh tingginya harga avtur yang dijual PT Pertamina (Persero).

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Baik

Oke, Ini 9 hal yang Perlu Kita Lakukan Saat Kaya Mendadak

Kaya mendadak tak cuma penghias cerita fiksi, sebab hal itu sangat mungkin terjadi di dunia nyata. Mulai dari menang judi bola, dapat warisan nenek moyang sampai urusan kaya mendadak akibat dapat gusuran tanah yang terkena proyek pemerintah. Apapun itu, sebenarnya selalu ada peluang untuk bisa kaya mendadak. Pertanyaannya, bila Bung dihadapkan dengan situasi yang demikian, sudah siapkah mental Bung untuk menghadapinya?

Masalahnya, banyak orang yang tiba-tiba bisa punya banyak uang tapi tak diiringi dengan mental untuk menghadapi perubahan seiring datangnya uang tersebut. Alih-alih sejahtera sampai tujuh turunan, yang terjadi justru lebih sering uang yang tiba-tiba datang habis begitu saja. Untuk itu, pastikan dulu Bung siap melakukan 9 hal ini bila sewaktu-waktu kaya mendadak.

Situ OKB? Jangan Tergoda Untuk Pamer

Hal paling norak yang dilakukan para OKB (Orang Kaya Baru) adalah pamer ke semua orang. Padahal hal paling penting adalah tetap utamakan privasi. Tak usah pamer atau memberitahukan banyak kolega kalau finansial Bung sekarang sedang ‘naik level’. Prioritas utama saat Bung memiliki banyak uang adalah soal privasi.

Bila Bung justru memamerkan dengan jelas keberadaan uang ini yang tiba-tiba mengubah hidup Bung, maka siap-siaplah untuk menyambut kedatangan ‘teman-teman palsu’ secara bertubi-tubi. Besar kemungkinan teman-teman macam ini yang akan menghabiskan duit kita secara cepat. Jadilah bijak, biarkan sekeliling Bung tahu bila waktunya memang sudah tepat.

Lunasi Dulu Semua Hutang Bung, Jangan Menunda untuk Prioritas yang Satu Ini

Ada banyak orang yang terlanjur terlena dengan uang yang dimilikinya sehingga ia tak keberatan memakainya untuk belanja banyak hal yang tak perlu. Padahal, prioritas lainnya saat Bung mengantongi banyak uang adalah lunasi dulu semua hutang Bung. Perasaan lega karena hutang lunas jauh lebih menyenangkan dibanding berbelanja barang mahal tapi setoran hutang masih mengintai. Hal penting lainnya, usahakan untuk tidak berhutang lagi ya Bung.

Kaya Mendadak Bukan Alasan yang Tepat Bung Memilih Keluar dari Pekerjaan

Ini memang salah satu godaan paling luar biasa. Terbayang muka bos yang menyebalkan itu jika kita tiba-tiba menyatakan diri ingin resign karena sudah kaya raya. Tapi, Janganlah jadi pribadi yang terburu-buru.

Tak usah keluar alias resign dari pekerjaan yang Bung lakoni sekarang. Justru dengan memilih keluar seolah-olah Bung tak perlu lagi bekerja dan gaji dari tempat Bung bekerja sekarang, bisa jadi ini adalah sumber kekacauan pertama yang berpotensi membuat Bung bangkrut mendadak di masa depan.

Dari sejumlah penelitian ditemukan, tidak ada orang yang betah tidak melakukan aktivitas apapun. Bahkan orang paling malas sekalipun lekas bosan kalau tak punya kegiatan. Sekarang bayangkan kalau Bung resign dan tiba-tiba tak punya aktivitas, apa yang akan Bung lakukan? Mencari aktivitas mulai dari jalan, berbelanja, liburan, menjalankan hobi dan hal-hal lainnya yang jelas-jelas akan menguras kekayaan.

Simpan Uang Bung dan Diamkan Setidaknya Selama Enam Bulan

Mendiamkan uang selama enam bulan kelihatannya terlalu lama? Tidak juga Bung. Justru Bung dianjurkan melakukan hal ini karena Bung perlu memproses perubahan yang terjadi dengan sebaik dan sebijak mungkin seiring datangnya uang tersebut. Percayalah, sekarang ini pasti Bung merasa setiap hal dalam hidup Bung berubah seketika.

Padahal sejatinya yang berubah hanyalah kondisi finansial Bung, sementara karakter dan pengendalian diri Bung tetap sama. Jangka waktu selama enam bulan akan membuat Bung belajar mengontrol diri terhadap keinginan yang sifatnya impulsif. Mungkin akan ada kejadian menarik nan dramatis. Yang penting, nikmati saja masa-masa itu selama kira-kira enam bulan lamanya.

Mencari Instrumen Investasi yang Tepat Seharusnya Pun Sudah Masuk dalam Daftar Prioritas yang Ingin Bung Penuhi

Investasi jelas perlu. Uang yang Bung miliki anggap saja sebagai sebuah tunas kecil yang perlu ditanam sehingga ia nantinya tumbuh jadi pohon yang kokoh. Investasi pun perlu karena disinilah Bung belajar rasanya jadi orang kaya. Terlebih bila Bung tak terbiasa ‘menanam uang’, maka investasi adalah tempat terbaik untuk belajar lebih bijak lagi mengendalikan uang.

Kuncinya, pastikan Bung memiliki perencana atau penasehat keuangan yang akan mengarahkan Bung pada instrumen investasi yang tepat serta mengajarkan konsep kalau uang adalah sesuatu yang bergerak. Ia bisa tumbuh, bak sebatang pohon. Belajarlah memakan buah (hasil investasi) dari pohon tersebut. Dan bukan terburu-buru menebang pohonnya (mengambil modal).

Jangan Cari Kemewahan, Justru Carilah Kenyamanan

Sekalipun ada istilah yang mengatakan semua bisa dibeli dengan uang, tapi tetapkan batasan pasti pada diri Bung. Pasti ada keinginan dalam diri untuk berbuat impulsif mencari kemewahan seperti yang sudah Bung idam-idamkan sejak lama. Tak usah menuruti nafsu impulsif ini Bung. Jika hendak beli rumah, carilah yang sekiranya nyaman.

Tak perlu mencari rumah di lingkungan old money alias mereka yang kaya raya sejak lama. Justru beli rumah di lingkungan yang demikian tak akan menguntungkan Bung. Banyak biaya tambahan yang akan dibebankan sepanjang tahun. Dan itu lambat laun hanya akan membuat Bung kembali berhutang.

Siapa Bilang Saat Banyak Uang Harus Baik Pada Teman?

Maksudnya kali ini, Bung dianjurkan untuk tak usah menginvestasikan apapun pada bisnis temanmu atau meminjamkan uang padanya. Justru hal in akan membuat privasimu jadi terancam dan orang-orang tahu kalau kamu punya banyak uang. Bung dijadikan incaran oleh mereka yang punya banyak rencana bisnis, hutang besar, suntikan dana, bahkan butuh modal secara cuma-cuma.

Apalagi semua pakar bisnis tahu bahwa 9 dari 10 bisnis baru itu pasti bangkrut. Jadi alau Bung memberi modal kepada kerabat atau teman kemudian bisnis tersebut bangkrut, hal itu bukan tak mungkin akan merusak hubungan baik yang telah terjalin selama ini.  

Investasi Lainnya yang Perlu Bung Lakukan: Investasi Kesehatan

Ya, tetap fokuslah jaga kesehatan. Dengan jumlah uang yang cukup besar di tabungan Bung, mungkin Bung berpikir saatnya menikmati hidup selagi masih diberi umur. Tapi jangan lupakan urusan kesehatan. Bung perlu lakukan full medical check up untuk memastikan kondisi tubuh Bung, dan mulailah untuk memperhatikan kesehatan dimulai dari memilih makanan yang konsumsi dan cari cara untuk semakin membuat diri jadi sehat. Untuk apa kaya tapi tak didukung tubuh yang sehat? Ujung-ujungnya tetap menderita, Bung.

Jangan Selingkuh Atau Buru-buru Cari Pasangan Baru

Membaiknya urusan finansial seharusnya bisa mempererat hubungan keluarga atau relasi suami istri yang sempat berselisih paham. Tapi kenyataannya tak demikian, justru banyak yang menganggap uang bisa membeli segalanya. Termasuk pasangan baru. Bila sudah begini, tandanya bukan Bung yang mengendalikan uang, tapi uanglah yang mengendalikan Bung.

Selingkuh dari pasangan hanya akan mengantarkan Bung pada masalah baru dan awal-awal kehancuran hubungan dan finansial. Coba bayangkan pasangan baru yang Bung temui ketika sudah punya uang besar kemungkinan gaya hidupnya juga tak sesederhana pasangan yang dulu ikut berjuang di sebelah Bung bukan?

Nah, untuk itu, menjadi kaya mendadak memang perlu mental untuk siap pada perubahan di depan mata. Semakin banyak uang yang dimiliki, semakin banyak orang yang akan menjadikan Bung sebagai target. Kini orang-orang akan berpikir bagaimana caranya meraup uang yang Bung miliki. Ya, orang-orang bisa jadi jahat sewaktu-waktu.

Nyatanya, punya uang adalah suatu pekerjaan besar. Jika Bung kira hidup akan lebih mudah saat punya uang, sejatinya tidak juga. Bisa jadi satu masalah selesai, justru muncul masalah lainnya. Tapi dengan memiliki mental yang siap pada perubahan, percayalah, jadi kaya mendadak justru akan terasa menyenangkan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Baik

Dari Jasa Penitipan Hewan Sampai Manfaatkan Hobi, Bisa Jadi Penambah Pundi-pundi

Tatkala hidup sudah mulai terasa nge-pas, muncul dalam benak pikiran untuk mencari kerja lain atau penghasilan tambahan. Nah dari dua pilihan antara mencari kerja lain atau mencari penghasilan tambahan. Secara realistis bung pasti akan memilih penghasilan tambahan, kan? karena sudah merasa nyaman di lingkungan kerja sekarang atau lebih bijaknya lagi, ingin coba berbisnis sekaligus menghasilkan uang tambahan.

Polemik dari berbisnis atau mencari uang tambahan adalah sulitnya menentukan ingin melakukan apa. Apakah menjual jasa atau menjual produk. Kalau bung belum terfikirkan, dilansir dari Cermati.com ada beberapa cara yang dapat bung lakukan untuk melengkapi kebutuhan hidup.

Lihat Hobi dan Talenta yang Bung Miliki, Adakah yang Dapat Dimanfaatkan Untuk Menambah Pundi-Pundi

Bekerja lewat hobi yang dibayar adalah anugerah. Tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan emas semacam ini. Meskipun hanya menjadi penghasilan sampingan, tentu dalam menjalani tidak ada rasa beban, malah bung kegiarangan. Coba deh gali lagi terkait hobi atau talenta yang tersimpan di dalam diri.

Kira-kira adakah gudang kreatifitas yang dapat bung manfaatkan untuk menjadi penghasilan tambahan? mungkin bung handal dalam mengambil foto atau bisa membuat aksesoris, dan kerajinan tangan. Coba manfaatkan segala talenta dan hobi yang dipunya, aji mumpung kalau hal tersebut bisa bung manfaatkan guna menjadi penghasilan tambahan.

Tengok Isi Kamar,  Barang Kali Ada Barang Pribadi yang Dapat Disewa

Memiliki impian menjadi musisi membuat bung membekali skill dengan membeli alat musik sendiri. Ketika impian itu sirna dan alat musik pun mendekam di rumah saja. Alangkah baiknya bung sewakan demi mengundang segelintir uang masuk ke kantong.

Menyewakan barang pribadi bisa bung manfaatkan untuk menjadi penghasilan tambahan. Lakukan promosi dari mulut ke mulut atau infokan lewat sosial media. Karena bisa jadi ada salah satu teman bung yang membutuhkan barang tersebut.

Terpenting yang mesti bung ketahui adalah bung harus jeli barang apa saja yang bisa disewakan. Paling mudah untuk disewakan adalah kendaraan terutama mobil. Atau kalau bung memiliki kamar kosong lebih di rumah, bisa bung sulap menjadi kos-kosan.

Ketika menyewa barang pribadi tidak lagi diminati oleh kerabat dan kawan, jangan patah akal di tengah jalan. Manfaatkan forum jual beli online untuk menjual barang pribadi. Siapa tahu ada calon pembeli yang memang sedang mencari yang bung jual saat itu.

Selain itu coba bung fikirkan kembali kira-kira barang apa saja yang bisa disewakan yang berada di sekitar bung saat ini.

Sampai Menjadi Partisipan dalam Survei Online Pun Bisa Meraup Penghasilan

Mendapatkan penghasilan bisa bung mulai dengan menjadi partisipan dalam survei online. Bung bisa mendapatkan hal ini dengan mudah di internet, karena beberapa situs banyak membutuhkan jasa seperti ini untuk membantu penelitian yang sedang ditelusuri bung.

Dengan bermodalkan pengalaman dan tidak perlu menguras tenaga, bekerja sebagai partisipan survei sangat mudah dilakukan. Tetapi bung mesti berhati-hati karena ada modus penipuan yang kemungkinan akan ada dalam proes pekerjaan semacam ini.

Menerima Jasa Penitipan Hewan Saat Pemilik Sedang Liburan

Kalau bung penyuka dan pecinta binatang, tentu tak merasa keberatan untuk mengurus hewan peliharaan. Saat musim liburan tiba, biasanya sangat tidak mungkin untuk sang pemiliki membawa hewan peliharaanya untuk ikut bersama.

Ditinggal di rumah selama berhari-hari juga tidak mungkin, bisa jadi hewan peliharaan kelaparan dan membutuhkan perhatian. Maka dari itu penting untuk menemui jasa penintipan hewan semacam ini. Bung bisa mendapatkan pelanggaan yang banyak bung dapat memanfaatkan promo lewat media sosial.

Selain itu pastikan bung memiliki banyak waktu luang untuk memberikan perhatian terhadap hewan peliharaan.

Jadilah Penulis Lepas Demi Menyelematkan Penghasilan dari Terjun Bebas

Setiap orang pasti bisa menulis, hanya tinggal diasah saja kemampunya supaya mendapatkan sentuhan yang istimewa. Apabila bung tertarik dengan dunia tulis menulis bahkan merasa ada bakat di dunia, bung dapat mengajukan pekerjaan dengan menjual jasa dan kreatifitas menulis secara online.

Biasanya banyak situs di luar sana yang membutuhkan jasa penulis lepas. Bung tak perlu repot-repot untuk mengerjakan setiap tugasnya, cukup di rumah di depan laptop bung dapat menyelesaikan tugas yang diberikan. Biasanya sebagai penulis lepas akan dibayar pertulisan.

Dengan meningkatkan produktifitas sekaligus mendapatkan pekerjaan sebanyak mungkin (yang berarti masih bisa di-handle), maka bung dapat mendapatkan penghasilan tambahan yang lumayan.

Mencari penghasilan tambahan memang sangat membantu di zaman sekarang. Bermodalkan satu pekerjaan dengan gaji yang tidak istimewa, bisa membuat bung dirundung kecewa. Mencari penghasilan tambahan pun tak berarti bung bekerja setiap sabtu dan minggu. Karena jam kerja yang fleksibel tentu bung bisa menyesuaikan dengan waktu yang bung miliki.

Dari sekian pekerjaan di atas, mana yang buat bung pensaran untuk mencoba?

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Baik

Cara Li Ka-Shing Mengelola Keuangan Agar Kesuksesan Menjadi Pegangan

Bagi bung yang tidak mengenal siapa Li Ka-Shing, mari duduk sejenak dan menyimak. Singkatnya, Li-Ka-Shing adalah seorang pengusaha terkenal dari Hongkong dan merupakan salah seorang terkaya di Asia. Dalam satu kesempatan ia membagikan cara untuk menjadi kaya dalam waktu yang singkat, seperti dilansir dari Hipwee.com. Kalau bung belum memiliki gambaran bagaimana mengelola keuangan, mungkin cara pengusaha macam Li Ka-Shing ini bisa ditiru.

Cara beliau dalam mengelola keuangan cukup mudah. Yakni dengan mengalokasikannya ke dalam lima bagian, mau seberapapun penghasilan yang bung raup. Dengan membaginya diyakini bung dapat mengatur dengan baik. Apabila bung memiliki keinginan untuk mengikuti kelima cara ini, mungkin bung dapat menjadi orang yang sukses macam Li Ka-Shing. Karena cara ini dilakukan beliau sebelum dan setelah ia menjadi orang sukses. Selain masalah mengelola keuangan ia juga memiliki cara tentang bertingkah laku sesuai dengan penghasilanmu.

Alokasikan Ke Biaya Hidup, Pilihlah Menu Makanan yang Ramah di Kantong Anda Bung

“Pilih makanan yang murah. Untuk sarapan kamu cuma perlu susu dan telur. Makan siang bisa kamu isi dengan menu sederhana dan buah. Memasaklah sendiri untuk makan malam. Menunya cukup dua jenis sayur dan segelas susu sebelum tidur. Selama badanmu masih muda, kamu tidak akan bermasalah dengan pola makan seperti ini.”

Sesungguhnya dalam memilih menu makanan pasti agak sedikit terbebani bagi bung yang gampang bosan, bisa saja itu terjadi karena diprakarsai oleh hawa nafsu. Ketahuilah hawa nafsu selalu membawamu ke tempat yang tidak seharusnya bung tuju.

Ketika penghasilan sudah berada di tangan, bung harus menghitung biaya makan dalam waktu sebulan. Setidaknya ada pundi-pundi rupiah yang dapat disimpan. Pilihlah makanan seperti yang dikatakan oleh Li Ka-Shing, kalau merasa hal tersebut berat untuk dijalankan mungkin itu hanya ketakutan bung saja. Kalau sudah mencoba pasti akan terbiasa.

Kucurkan Penghasilan Ke Dana Wisata Untuk Membangkitkan Semangat Bekerja

“Pergilah berwisata minimal sekali setahun. Tinggal saja di hotel yang murah agar mengemat biaya. Gunakan kesempatan ini untuk mengisi ulang energimu agar kamu tetap bersemangat dalam bekerja”

Rutinitas yang sama selama 365 hari pasti akan menjengahkan apabila tidak diistirahatkan. Maka menyiapkan dana wisata juga bisa membuat bung sukses. Kenapa? seperti yang beliau katakan, karena kesempatan berjalan-jalan dapat meningkatkan semangat dalam bekerja.

Setidaknya, energi bung akan terisi kembali sehingga mood bekerja terbawa ke dalam suasana baru. Maka dari itu kesuksesan tetap menjadi tujuan, perihal malas dan tidak semangat, bukan lagi musuh utama bung dalam menjaga bara kesuksesan.

Siapa Sangka, Kalau Mau Sukses Harus Punya Dana Mentraktir Teman

“Perluas pergaulanmu. Ini akan membuat kamu jadi pribadi yang berkembang. Gunakan uang ini untuk biaya telepon dan mentraktir teman. Ingat, teman yang kamu jamu haruslah yang lebih dari kamu. Dia harus punya semangat yang lebih darimu, lebih kaya dari kamu atau punya pengaruh dalam perkembangan karirmu. Dalam setahun, kamu akan punya banyak teman. Dan dikenal sebagai orang yang baik dan pemurah”

Dari lima hal yang diajarkan Li Ka-Shing, salah satu halnya mungkin tak pernah bung sangka karena dari penghasilan yang bung miliki, bung harus memiliki dana mentraktir teman. Tetapi ia pun memberi pesan teman yang dijamu bukanlah teman yang sembarangan, yang memiliki pengaruh dalam perkembangan karir sekaligus aktualisasi diri. Tentu saja hal ini dilakukan agar bung banyak mendapatkan inspirasi, masukan, serta banyak belajar dari mereka yang telah satu langkah di depan.

Sisipkan Penghasilan ke Dana Belajar, Guna Mengoptimalkan Kemampuan

 

“Karena kamu belum punya banyak uang, kamu harus fokus ke belajar. Sisihkan uang untuk beli buku setiap bulan. Resapi dan pelajari apa yang diajarkan di buku itu. Setelah selesai membaca, tuliskan lagi isi bukunya sesuai dengan pemahamanmu. Jangan ragu-ragu juga untuk mengikuti pelatihan yang bisa meningkatkan kemampuanmu”

Demi mendapatkan kesuksesan tentu bung harus menjadi orang yang pintar. Kesuksesan bisa diraih  dengan meningkatkan kemampuan. Selain bermodalkan doa. Penghasilan yang bung dapat, jangan dihabiskan untuk hal yang tidak perlu.

Li Ka-Shing  menyarankan bung untuk membeli buku setiap bulan. Setidaknya itu akan memacu otak kalian untuk terus bekerja dan berpikir terhadap pemahaman yang baru. Ingat jangan puas dengan gelar sarjana yang sudah bung terima, karena belajar itu tak ada batasan. Selagi masih muda, optimalkan.

Siapkan Dana Investasi, Pelajari Bisnis Secara Perlahan Tapi Pasti

“Belajarlah untuk berinvestasi. Masukkan uang ke bank sebagai modal awal. Cara termudah adalah datang ke penjual grosir, lalu cari barang yang bisa kamu jual lagi. Saat kamu sudah bisa menghasilkan uang dari bisnis kecil-kecilan ini, kamu akan bersemangat untuk belajar bisnis lebih banyak lagi.”

Mengandalkan gaji bulanan jadi karyawan tidak akan bisa membuat bung menjadi sukses. Kalau bung ingin mendapati kesuksesan secara nyata dan esensi, jadilah pengusaha. Secara jelas bung akan mendapakan penghasilan lebih dari karyawan sekaligus dapat mengelola keuangan lebih jelas.

Karena bung harus membagi mana keuntungan, mana yang dijadikan modal, mana yang harus dibayarkan kepada karyawan. Investasi juga tak kalah penting, hanya dengan menabung saja akan sia-sia apabila inflasi tiba. Makanya bung harus mencoba bisnis dan investasi dari sekarang. Nggak usah muluk-muluk, yang kecil saja dulu.

Perihal 5 cara yang disampaikan Li Ka-Shing, tidak akan berjalan kalau bung tidak memiliki niat. Masalah finansial menjadi masalah yang sensitif di segala usia. Apalagi bagi bung yang baru setengah dekade bekerja, di mana banyak keinginan yang sulit dikontrol. Alih-alih beralasan karena dulu tidak mampu memiliki barang A,B dan C, sekarang waktunya membeli barang-barang tersebut.

Sekilas terkesan ada sisi balas dendam pribadi. Tetapi ini tidak akan pernah habis kalau bung menuruti hawa nafsu konsumtif. Li Ka-Shing melakukan cara-cara ini dari ia sebelum sukses. Otomatis ini menjadi kebiasaan yang terus dijalankan sampai kesuksesan tersebut didapatkan.  Untuk itu, sebelum bung secara bulat-bulat menelan hal ini, tetapkan dulu dalam hati untuk menjalani.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top