Fashion

Cuma Karena Salah Pilih Pakaian, Bikin Tak Dapat Pekerjaan

Sayangnya konsep “jangan menilai buku dari sampulnya” seringnya tak berlaku ketika kita diwawancarai untuk sebuah pekerjaan. Satu kesalahan kecil, bisa menjadi pembeda antara diterima atau ditolak oleh perusahaan yang kita inginkan. Sesederhana menggunakan pakaian yang salah bisa membuat prestasi yang ada di Curriculum Vitae tak dilirik oleh pewawancara.

Sebelum anda menghadapi sesi wawancara berikutnya, ini  adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan.

Sesuaikan Pakaian Yang akan Anda kenakan dengan Jenis Perusahaan

Sebelum menentukan pilihan pakaian yang akan anda kenakan saat wawancara kerja anda perlu melakukan sedikit riset untuk mengetahui tentang perusahaan yang akan anda lamar. Selain membantu anda untuk menjawab pertanyaan pewawancara jika sekira ada pertanyaan “Apakah Anda tahu perusahaan ini bergerak di bidang apa?” hal ini juga akan membantu anda untuk dapat menyesuaikan pakaian yang ingin anda gunakan.

Sebagi contoh jika anda ingin melamar pekerjaan pada perusahaan yang bergerak dibidang Start-up atau Teknologi biasanya lebih casual jika dibandingkan dengan perusahaan di bidang Finance atau Bisnis lainya. Atau kemungkinan lain yang harus anda perhatikan adalah mengikuti aturan dari perusahaan karena ada beberapa Perusahaan yang mengharuskan pelamarnya menggunakan Dress code yang telah ditentukan oleh perusahaan itu sendiri, Misalnya berpakaian Hitam-Putih.

Tampil Rapih Itu Penting, Tapi Nyaman Dengan Penampilan Jauh Lebih Penting

Bagaimanapun jenis pakaian yang akan anda kenakan tidak akan tampak menarik apabila anda tidak merasa nyaman dengan pakaian yang anda kenakan. Misalnya anda sesak bernafas karena kerah kemeja yang anda pakai terlalu mencekik, atau terlalu sering menarik celana yang anda kenakan karena terlalu longgar dipinggang. Hal tersebut akan membuat anda sangat tidak nyaman saat proses wawancara kerja berlangsung yang jelas-jelas akan memberikan kesan yang tidak baik bagi pewawancara. Karena hal tersebut mampu mempengaruhi keyakinan pewawancara pada kemampuan yang anda miliki.

Hindari Pemilihan Warna Mencolok

Selain memerhatikan kedua hal diatas anda juga tidak diperbolehkan untuk menggunakan warna-warna mencolok saat wawancara kerja, seperti jingga dan kuning atau warna-warna mencolok lainnya.Warna-warna seperti ini dianggap terlalu terang dan kurang memberikan kesan positif yang sangat tidak disarankan kalau anda pakai ketika melakukan wawancara kerja.

Jadi, buat anda yang sedang sibuk mencari kerja, sebelum mendapat berita panggilan kerja untuk wawancara sebaiknya anda memerhatikan beberapa point ini untuk membantu anda dalam proses wawancara. Karen penampilan yang anda tunjukkan adalah kesan pertama yang akan dilihat oleh pewawancara. Hal lain yang perlu diingat juga, meskipun kesan pertama memang penting, pastikan anda juga sudah mempersiapkan kapasitas diri dan persiapan kemampuan untuk tes lainnya saat ingin melamar disebuah perusahaan yang anda inginkan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Baik

Menempuh Ribuan Kilometer Demi Mempelajari Tradisi Potong Rambut Tanah Air

Berkecimpung dalam dunia bisnis Man’s Grooming ternyata membawa hasrat penasaran bagi kakak beradik Fatsi Anzani dan Oky Andries. Untuk mengetahui tentang peradaban pangkas rambut yang ada di Indonesia. Kurang lebih dua bulan perjalanan ia lakoni dari Sabang sampai Merauke lewat jalur darat dan udara demi menyelami dalam dunia cukur rambut di bumi pertiwi.

Bukti-bukti sejarah tradisi potong rambut berhasil dikumpulkan. Bak kepingan puzzle yang terpisah, semuanya terangkai satu per satu. 8.000 kilometer menjadi jarak yang ditempuh kurang lebih, alhasil bung kedua pelaku industri barber ini bertemu langsung dengan para juru cukur tertua yang masih tersisa di pelosok Indonesia.

Salah satunya adalah Koh Edi dari Barbershop Shin Hua yang berdiri selama 1 abad lebih 7 tahun di Surabaya. Koh Edi menjadi generasi kedua dari Barbershop Shin Hua, tempat ini dulunya sangat laris didatangi para tamu ujarnya.

“Sekitar tahun 60-an, saya masih ingat di mana toko ayah saya (Barbershop Shin Hua) itu per hari bisa kedatangan 100 tamu untuk dicukur rambutnya,” ujar Koh Edi yang hadir dalam acara peluncuran buku ‘Peradaban Rambut Nusantara’ karya Fatsi Anzani dan Oky Andries di Perpusatakaan Nasional, Jakarta pada 18 Februari 2019.

Perjalanan kakak beradik dalam mempelajari sejarah dunia cukur di Indonesia dirangkum dalam sebuah buku bung yang bertajuk ‘Peradaban Rambut Nusantara’. Buku setebal 259 halaman tersebut tidak hanya berbicara soal sejarah penataan rambut di Indonesia yang sudah ada turun temurun sejak abad ke-7 masehi.

Tetapi kedua kaka beradik yang memiliki brand Chief Company ini juga berbagai ilmu tentang branding. Telebih 5 tahun terakhir mereka mendapat ganjaran sebuah penghargaan seperti Jakarta Best Barbershop 2015 dan Best Hair Pomade 2016 dari Majalah Men’s Health USA. Tidak hanya buku, sebuah film dokumenter bertajuk ‘On A Mission Discovering The Origin’ juga digarap oleh mereka.

Awalnya mau bikin film dokumenter saja karena anak milenials sekarang sangat suka visual, kan? tetapi banyak penyampaian yang kurang kalau hanya sebuah film dokumenter saja. Alhasil kami pun membuat sebuah buku,” ujar  Fatsi Anzani.

Lewat sebuah perjalanan tersebut, mereka pun mencatat bahwa ada empat etnis yang menjadi pelopor seni cukur rambut secara turun temurun di Indonesia. Fatsi juga mengklaim kalau buku ini menjadi pertama dan satu-satunya yang mencatat sejarah cukur rambut di Indonesia.

Perjalanan kami mencatat ada 4 etnis yang menjadi pelopor seni cukur rambut secara turun temurun di Indonesia. Mereka adalah suku Minang, Garut, Madura dan Tionghoa. Di buku ini kami mengungkap kunci keberhasilan mereka yang bertahan lintas generasi, berdampingan dengan barber muda yang mencoba bertahan di tengah kuatnya persaingan antar barber modern saat ini“, paparnya selaku sebagai Director Chief Company.

Lewat buku ini pula, kakak beradik ini yakin bahwa yang membuat bisnis pangkas rambut dapat terus bertahan sekian lama adalah karena menjaga nilai-nilai budaya.

Buku ini merupakan langkah kecil Chief Company dalam memetakan perjalanan masa depan industri barbershop yang kami geluti saat ini. Kami berharap buku ini bisa menggambarkan kepada seluruh pelaku industri barber bukan hanya dari sisi bisnis tetapi nilai budaya dan tradisi pangkas rambut di Indonesia”, pungkas Oky.

Apakah bung pensaran tentang rekam jejak dunia tata rambut yang ada di Indonesia?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Baik

Apakah Bung Berani, Menyatakan Diri ‘Ganteng’ di Hadapan Kawan Lelaki?

Kalau tidak, kenapa? apa takut mendapat justifikasi ‘sok ganteng’? atau tidak merasa ganteng?

Ini wajar sih bung. Karena bicara masalah ganteng memang agak tabu bagi laki-laki. Tak seperti nona yang malah wajar untuk memuji cantik satu sama lain. Perbedaan ini tentu menjadi perhatian yang menarik bagi produk  Men’s grooming terkemuka seperti Axe, lewat sebuah survey yang mereka lakukan bersama laki-laki di lima kota besar di Indonesia ternyata baru 3 dari 10 laki-laki Indonesia yang berani menyatakan bahwa diri mereka ganteng lho bung!

Di sisi lain, obrolan ini menunjukkan bahwa pada dasarnya kaum adam butuh untuk dinilai ‘ganteng’. Hal ini diamini pula oleh Raditya Beer selaku Senior Brand Manager Axe, yang mengatakan kalau ada suatu tekanan kenapa seseorang tidak percaya diri untuk mengatakan dirinya ganteng. Terutama pada barometer kegantengan laki-laki yang dinilai harus memiliki fisik sempurna seperti perut sixpack, rahang kotak sampai berambut klimis.

Lewat sebuah diskusi kami dengan seorang pengamat gaya hidup laki-laki, salah satu penyebab masalah ini adalah banyaknya streotip lama tentang standar ganteng seorang laki-laki, yang ternyata masih dihubungkan dengan tampilan fisik serta pembawaan yang super macho. Akhirnya stereotip semacam ini menuntut kaum adam berubah menjadi orang lain demi diterima oleh lingkungan,” ujarnya.

Dengan menyesuaikan standar ganteng yang ditetapkan lingkungan atau sosial. Membuat seseorang mengejar untuk mencapai kepada titik tersebut, seperti rajin berolahraga, melakukan perawatan sampai totok aura! padahal menurut Radit, pencapaian itu semua akan berakhir sia-sia kalau tidak ada rasa kepercayaan diri yang di bawa dalam diri seorang laki-laki.

Saya rasa 3 dari 10 laki-laki yang nggak merasa ganteng dan menarik padahal punya penampilan menarik, karena nggak percaya diri. Padahal ganteng itu dari dalam diri. Ya mungkin fisik kita biasa-biasa aja nggak seganteng Jefri Nichol atau Ganindra Bimo (Brand Ambassador Axe). Cuma intinya apa yang kita rasain di dalam. Kalau kita ngerasa yakin, kita percaya diri, kita ganteng, pada dasarnya itu semua akan menunjukkan secara alami,” jelas Radit.

Kepercayaan diri seseorang yang terpancar dalam diri, mungkin bisa dibilang seperti inner beauty dari perempuan. Mungkin dalam laki-laki kita bisa bilang sebagai inner handsome ya bung? lantaran ini berkaitan dengan apa yang ada di dalam diri. Seseorang yang memiliki tampilan sempurna, tapi masih minder dengan dirinya mungkin kadar kegantengannya tidak akan muncul seperti mereka yang percaya diri. Mungkin tipe laki-laki semacam itu.

Namun Raditya sendiri percaya kalau di Indonesia terdapat dua tipe laki-laki. Pertama, laki-laki yang merasa dirinya ganteng atau laki-laki yang tidak merasa ganteng sama sekali. Hal ini pula yang memancing Axe meluncurkan gerakan baru #GantengCaraGue diselingi peluncuran produk terbaru seperti body spray, body wash, facial wash dan harirstyling yang digelar di Livespace, SCBD, Jakarta Selatan pada hari Jumat, 8 Februari 2019 lalu.

Patut disayangkan lebih banyak laki-laki yang nggak ngerasa dirinya ganteng. Itu yang sebenarnya mindsetnya ingin kita rubah, makanya #GantengCaraGue ini lebih ngomongin kepada laki-laki yang belum ngerasa ganteng. Untuk sama-sama stereotipe-nya kita pecahin, biar semua laki-laki indonesia sadar dan ngerasa jadi lebih ganteng,” jelas Radit soal gerakannya.

#GantengCaraGue menjadi sebuah komitmen panjang yang bakal dijalankan Axe. Isinya akan berisi edukasi grooming khusus laki-laki. Lantaran Radit sadar kalau laki-laki Indonesia tidak memiliki referensi yang banyak. Edukasinya yang dicontohkan pun akan bekerjasama dengan Barber dengan membuat konten yang beruhubungan dengan rambut. Intinya campaign #GantengCaraGue akan membuat laki-laki lebih percaya diri dengan penampilan mereka.

Setelah melebarkan produk Axe ke beberapa body spray, body wash, facial wash dan harirstyling. Radit mengatakan kalau produk grooming yang paling banyak dicari adalah hairstyling dan facial wash.

“Karena modal laki-laki ganteng itu dari leher ke atas (dibaca : muka). Seiring dengan peningkatan barber di Indonesia yang semakin menjamur, laki-laki mulai berkesperimen dengan gaya rambut dan mulai sadar juga untuk merawat wajah. Karena kita tahu memang kalau muka nggak dijaga kan, rasa percaya dirinya jadi berkurang,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Baik

Dari Jasa Penitipan Hewan Sampai Manfaatkan Hobi, Bisa Jadi Penambah Pundi-pundi

Tatkala hidup sudah mulai terasa nge-pas, muncul dalam benak pikiran untuk mencari kerja lain atau penghasilan tambahan. Nah dari dua pilihan antara mencari kerja lain atau mencari penghasilan tambahan. Secara realistis bung pasti akan memilih penghasilan tambahan, kan? karena sudah merasa nyaman di lingkungan kerja sekarang atau lebih bijaknya lagi, ingin coba berbisnis sekaligus menghasilkan uang tambahan.

Polemik dari berbisnis atau mencari uang tambahan adalah sulitnya menentukan ingin melakukan apa. Apakah menjual jasa atau menjual produk. Kalau bung belum terfikirkan, dilansir dari Cermati.com ada beberapa cara yang dapat bung lakukan untuk melengkapi kebutuhan hidup.

Lihat Hobi dan Talenta yang Bung Miliki, Adakah yang Dapat Dimanfaatkan Untuk Menambah Pundi-Pundi

Bekerja lewat hobi yang dibayar adalah anugerah. Tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan emas semacam ini. Meskipun hanya menjadi penghasilan sampingan, tentu dalam menjalani tidak ada rasa beban, malah bung kegiarangan. Coba deh gali lagi terkait hobi atau talenta yang tersimpan di dalam diri.

Kira-kira adakah gudang kreatifitas yang dapat bung manfaatkan untuk menjadi penghasilan tambahan? mungkin bung handal dalam mengambil foto atau bisa membuat aksesoris, dan kerajinan tangan. Coba manfaatkan segala talenta dan hobi yang dipunya, aji mumpung kalau hal tersebut bisa bung manfaatkan guna menjadi penghasilan tambahan.

Tengok Isi Kamar,  Barang Kali Ada Barang Pribadi yang Dapat Disewa

Memiliki impian menjadi musisi membuat bung membekali skill dengan membeli alat musik sendiri. Ketika impian itu sirna dan alat musik pun mendekam di rumah saja. Alangkah baiknya bung sewakan demi mengundang segelintir uang masuk ke kantong.

Menyewakan barang pribadi bisa bung manfaatkan untuk menjadi penghasilan tambahan. Lakukan promosi dari mulut ke mulut atau infokan lewat sosial media. Karena bisa jadi ada salah satu teman bung yang membutuhkan barang tersebut.

Terpenting yang mesti bung ketahui adalah bung harus jeli barang apa saja yang bisa disewakan. Paling mudah untuk disewakan adalah kendaraan terutama mobil. Atau kalau bung memiliki kamar kosong lebih di rumah, bisa bung sulap menjadi kos-kosan.

Ketika menyewa barang pribadi tidak lagi diminati oleh kerabat dan kawan, jangan patah akal di tengah jalan. Manfaatkan forum jual beli online untuk menjual barang pribadi. Siapa tahu ada calon pembeli yang memang sedang mencari yang bung jual saat itu.

Selain itu coba bung fikirkan kembali kira-kira barang apa saja yang bisa disewakan yang berada di sekitar bung saat ini.

Sampai Menjadi Partisipan dalam Survei Online Pun Bisa Meraup Penghasilan

Mendapatkan penghasilan bisa bung mulai dengan menjadi partisipan dalam survei online. Bung bisa mendapatkan hal ini dengan mudah di internet, karena beberapa situs banyak membutuhkan jasa seperti ini untuk membantu penelitian yang sedang ditelusuri bung.

Dengan bermodalkan pengalaman dan tidak perlu menguras tenaga, bekerja sebagai partisipan survei sangat mudah dilakukan. Tetapi bung mesti berhati-hati karena ada modus penipuan yang kemungkinan akan ada dalam proes pekerjaan semacam ini.

Menerima Jasa Penitipan Hewan Saat Pemilik Sedang Liburan

Kalau bung penyuka dan pecinta binatang, tentu tak merasa keberatan untuk mengurus hewan peliharaan. Saat musim liburan tiba, biasanya sangat tidak mungkin untuk sang pemiliki membawa hewan peliharaanya untuk ikut bersama.

Ditinggal di rumah selama berhari-hari juga tidak mungkin, bisa jadi hewan peliharaan kelaparan dan membutuhkan perhatian. Maka dari itu penting untuk menemui jasa penintipan hewan semacam ini. Bung bisa mendapatkan pelanggaan yang banyak bung dapat memanfaatkan promo lewat media sosial.

Selain itu pastikan bung memiliki banyak waktu luang untuk memberikan perhatian terhadap hewan peliharaan.

Jadilah Penulis Lepas Demi Menyelematkan Penghasilan dari Terjun Bebas

Setiap orang pasti bisa menulis, hanya tinggal diasah saja kemampunya supaya mendapatkan sentuhan yang istimewa. Apabila bung tertarik dengan dunia tulis menulis bahkan merasa ada bakat di dunia, bung dapat mengajukan pekerjaan dengan menjual jasa dan kreatifitas menulis secara online.

Biasanya banyak situs di luar sana yang membutuhkan jasa penulis lepas. Bung tak perlu repot-repot untuk mengerjakan setiap tugasnya, cukup di rumah di depan laptop bung dapat menyelesaikan tugas yang diberikan. Biasanya sebagai penulis lepas akan dibayar pertulisan.

Dengan meningkatkan produktifitas sekaligus mendapatkan pekerjaan sebanyak mungkin (yang berarti masih bisa di-handle), maka bung dapat mendapatkan penghasilan tambahan yang lumayan.

Mencari penghasilan tambahan memang sangat membantu di zaman sekarang. Bermodalkan satu pekerjaan dengan gaji yang tidak istimewa, bisa membuat bung dirundung kecewa. Mencari penghasilan tambahan pun tak berarti bung bekerja setiap sabtu dan minggu. Karena jam kerja yang fleksibel tentu bung bisa menyesuaikan dengan waktu yang bung miliki.

Dari sekian pekerjaan di atas, mana yang buat bung pensaran untuk mencoba?

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top