money

Nilai Tukar Rupiah Melemah Hampir Mendekati 14.000 Dolar AS

Mata uang Indonesia nampaknya sedang melempem, hingga membuat nilai tukar rupiah menjadi Rp 13.909, hampir mencapai Rp 14.000 per dolar AS. Tentu saja hal ini bukan berita baik Bung. Melemahnya nilai tukar rupiah, lantaran pada Rabu sore, 25 April 2018, bergerak melemah sebesar 37 poin.

Faisyal selaku Analis Monex Investinfo Futures, mengatakan sentimen yang menjadi perhatian para pelaku pasar uang adalah kenaikan vield Amerika Serikat bertenor 10 tahun yang telah melewati level 3 persen sejak tahun 2014. Oleh karena itu, kondisi ini membuka potensi adanya kenaikan suku bunga AS dalam waktu dekat seperti dikutip dari Tempo.co.

Pelemahan rupiah pun terjadi sejalan dengan mata uang di negara berkembang. Apalagi meningkatnya imbal hasil obligasi AS dan prospek suku bunga AS yang lebih tinggi Bung. Maka dolar AS menjadi perhatian pelaku pasar.

“Rupiah bersama dengan mata uang emerging market mengalami tekanan karena faktor itu,” kata analis Binaartha Sekuritas, Reza Priyambada.

Melihat kondisi yang tidak baik ini, membuat Bank Indonesia melakukan intervensi untuk menahan tekanan rupiah lebih dalam. BI bakal menajaga fluktuasi atau naik turunnya nilai tukar sesuai dengan fundamental.

Kekhawatiran soal melemahnya nilai tukar rupiah juga menjadi perhatian pemerintah. Lantaran utang pemerintah dalam valuta asing mencapai US$ 109,6 miliar dari Rp 4.136 triliun total utang pemerintah dalam rupiah.

Kalau rupiah terus melemah bakal menjadi ancaman bagi Indonesia, apalagi bagi Bung yang seorang pengusaha. Lantaran ada beberapa bahan baku yang mesti impor, otomatis harga tak lagi berkompromi seperti dulu. Bukan begitu, Bung?

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Karena Penelitian Menyebut Kecerdasan Itu Sexy

Sebagian orang masih mengasosiasikan “pintar dan cerdas” itu dengan tampilan kaku macam kutu buku. Padahal sesungguhnya saat ini banyak tokoh-tokoh yang lekat dengan kecerdasan macam Elon Musk atau Mark Zuckerberg yang justru dianggap menarik dan sexy.

Beberapa penelitian juga bahkan menunjukan hal ini. Salah satunya adalah penelitian yang digagas psikolog Gilles Gignac, Joey Darbyshire, dan Michelle Ooi dari University of Western Australia. Mereka menemukan bahwa orang-orang dengan IQ tinggi memiliki skor tinggi dalam hal keseksian ketika dinilai oleh orang lain.


“Kecerdasan” Menjadi Faktor Kedua Daya Tarik Setelah “Kebaikan”

Penelitian tentang kecerdasan dan daya tarik di atas melibatkan sedikitnya 10 ribu peserta dari 33 negara di dunia. Salah satu temuan menariknya adalah para peserta penelitian menempatkan “smart” di nomor dua sebagai daya tarik.

Posisi ini hanya dikalahkan oleh faktor “kebaikan dan pengertian” yang menempati urutan nomor satu. Jadi sesungguhnya dengan menjadi baik dan terus melatih kecerdasan sudah bisa membuat orang lain tertarik kepada kita.

Salah Satu Indikator Kecerdasan Adalah Selera Humor

Dalam penelitian itu juga ditanyakan mengenai indikator apa yang digunakan untuk menilai seseorang cerdas atau tidak. Sebagian menyebut bahwa salah satu indikator yang digunakan untuk menilai kecerdasan seseorang adalah selera humornya.

Karena mereka yang cerdas selalu berpikiran terbuka dan orang yang berpikiran terbuka ini cenderung punya selera humor yang baik. Mereka yang smart juga dikatakan tidak akan mudah tersinggung dan aspiratif terhadap ide-ide baru.

Tak Cuma Pada Individu, “Smart Dan Sexy” Juga Kini Diterapkan Pada Hal Lain

Perpaduan menarik ini tak cuma ditemui dalam urusan penggambaran individu seseorang. Karena kini banyak sektor juga menerapkan konsep ini. Coba tengok misalnya gadget yang selalu menemani kita.

Dahulu mungkin handphone hanya digunakan sebagai alat komunikasi suara dan teks. Kini perkembangannya sudah jauh lebih dari itu. Mulai dari mengakses internet, sosial media, pesan makanan, penunjuk arah hingga fungsi lainnya yang dulu hanya impian.

Tapi toh kamu juga tak mau hanya menggunakan gadget yang cerdas saja bukan? Begitu banyak pilihan ponsel cerdas, tentunya kamu juga memilih yang di desain menarik lagi sexy. Karena hal tersebut juga menunjukan jati diri.

Bahkan Meluas Hingga Urusan Tata Kota Juga Tersentuh Unsur Kecerdasan

Familiar dengan istilah Smart City? Yup inilah konsep yang diinisiasi oleh Suhono S. Supangkat dari ITB. Kota tak lagi hanya menjual soal “keindahan dan kecantikan” namun juga harus bersifat smart.

Menurutnya, Smart City adalah kota yang bisa mengelola Sumber Daya Alam (SDA), Sumber Daya Manusia (SDM) dan sumber daya lainnya sehingga warganya bisa hidup nyaman aman dan berkelanjutan.

Seperti adanya transparansi dan partisipasi publik, transportasi publik, transaksi non tunai, manajemen limbah, energi, keamanan, data dan informasi. Hal ini dapat didukung melalui teknologi informasi dan komunikasi. Terbayang menyenangkannya hidup di kota yang di tata macam ini bukan?

Tak Mau Ketinggalan, Urusan Kendaraan Juga Harus Mengadaptasi Ini

Soal “smart dan sexy” ini juga merambat ke urusan kendaraan. Mengingat hal ini melekat dengan kita dan digunakan juga untuk berativitas sehari-hari. Wajar rasanya jika konsep ini juga diterapkan pada kendaaraan kita.

Ambil contoh Yamaha Lexi yang mengusung konsep “Smart is The New Sexy” yang bermakna bahwa sexy tidak hanya tentang penampilan melainkan tentang karakter, sikap dan pola pikir yang Smart. Yamaha Lexi mempunyai 3 pilar konsep Utama

Untuk Smart & Sexy Design, Motor ini mengkombinasikan unsur Luxury dan Elegan dengan bobot yang paling ringan di kelas MAXI YAMAHA. Tampilannya yang berkelas ditunjang desain lampu Grand LED Headlight ditambah eye line biru yang menawan memperkuat kesan mewah dan elegan. Apalagi untuk tipe Lexi-S, desain joknya  memadukan dua tekstur kombinasi yang disatukan dengan motif jahitan elegan membuat tampilan motor menjadi lebih berkelas.

Tak cuma tampilan karena yamaha Lexi ini punya Smart Features. Untuk Varian Yamaha Lexi-S dibekali fitur Smart Key System yang merupakan sistem kunci tanpa anak kunci alias keyless. Kunci ini juga sudah disematkan fitur Immobilizer dan Answer Back System untuk memudahkan pengendara mencari posisi parkir motor.

Berkendara dalam jarak jauh juga kini tidak perlu khawatir karena Yamaha Lexi memiliki bagasi yang luas dan lega untuk menampung barang bawaan lebih banyak. Apalagi, Yamaha Lexi menjamin pengendara tetap terhubung melalui Smartphone karena dilengkapi Electric Power Socket untuk mengisi daya gadget.

Urusan dapur pacu diserahkan pada Smart Engine. Dari segi performa mesin, Yamaha Lexi menggunakan mesin generasi baru Blue Core 125 cc yang disempurnakan Variable Valve Actuation (VVA). Mesin ini secara cerdas akan membuat aksi berkendara lebih efisien, bertenaga dan handal dengan tenaga dan torsi maksimum di setiap putaran mesin. Apalagi Yamaha Lexi dilengkapi Liquid Cooled 4 Valves (LC4V) yang membuat suhu mesin lebih stabil dan performa lebih maksimal.

Tak berhenti disitu Yamaha Lexi dibekali fitur canggih Stop & Start System (SSS) berfungsi untuk mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu pada saat motor sedang berhenti. Apalagi ditambah Smart Motor Generator (SMG) membuat suara motor lebih halus saat dinyalakan. Kalau masih penasaran soal motor satu ini kamu bisa lihat detailnya di halaman ini!

Jadi bagaimana? Kamu sudah siap mengikuti trend smart is the new sexy ini?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


money

Tak banyak yang Mengerti Bahwa Gaji Itu Harus Dinegoisasi

Menerima atau pasrah akan seberapa besar gaji yang diberikan perusahaan, bukanlah suatu sikap yang dibenarkan. Mungkin bagi beberapa pelamar, menyertakan harapan gaji dianggap sebagai suatu jebakan oleh perusahaan. Padahal tidak demiikian, tetapi sesuatu yang pantas untuk para pelamar menyertakan gaji keinginannya. karena persoalan gaji sangat menentukan masa depan.

Untuk itu bung dan para pelamar, gaji seharusnya memang dinego dan ini merupakan pertanyaan yang penting. Ini perkara yang tak boleh disepelakan. Nah, perlu jawaban yang sangat tepat untuk menjawab pertanyaan gaji. Karena secara psikologis keniatan bung dalam bekerja bisa diukur dari sini, dan tidak salah juga kalau sebagian orang menganggap pertanyaan ini sebagai jebakan.

Buka-Bukaan Tentang Gaji Lewat Sebuah Diskusi

Diskusi dengan HRD tentang gaji yang bung ingikan dengan lewat sebuah forum diskusi. Wajar apabila bung menyebutkan nominal karena perusahaan juga ingin tahu berapa perkiraan yang gaji bung harapkan. Sehingga kamu harus jujur dengan pendapatanmu semdiri.

Katakan Dengan Sopan Berapa Gaji yang Bung Inginkan

Mungkin bung memiliki pertimbangan yang cukup besar untuk meminta gaji yang sesuai, merasa kinerja masih belum seberapa juga pengalaman yang belum banyak. Tetapi cobalah untuk mengemukakan gaji mu dengan sopan, katakan rentang gaji terendah sampai yang tertinggi yang kamu inginkan.

Keinginan ini, bisa jadi bahan pertimbangan HRD yang sedang wawancarai bung. Lebih baiknya lagi, bung pun perlu mengetahui informasi mengenai gaji terendah di perusahaan yang bung lamar agar menjadi bahan referensi.

Sebelum Menego, Utarakan dan Jadikanlah Pengalaman Kerja Sebagai Acuan

Urusan menego gaji, bung pun mesti tahu tentang pengalaman kerja sampai posisi apa yang bung lamar. Penting juga untuk mengutarakan ke HRD tentang keahlian yang bung miliki. Selain membuat HRD tertarik, pengalaman kerja dapat memberikan gambaran yang sesuai berapa yang harus dibayar HRD per bulannya. Ingat, upahmu menentukan masa depanmu.

Jangan Malu Bertanya Tentang Kompensasi Diluar Gaji

Apabila bung minim pengalaman atau baru pertama kali bekerja, jangan menaruh harapan untuk digaji besar. Jangan jumawa dengan gelar sarjana yang mengekor di belakang. Pasalnya banyak perusahaan yang sedari awal menawarkan gaji yang mungkin tidak sesuai dengan harapan bung.

Meskipun begitu, jangan malu untuk bertanya kepada HRD tentang kompensasi di luar gaji seperti waktu cuti, tunjangan kesehatan dan lainnya.

Penting, Untuk Mengetahui Beban Kerja Bung Seperti Apa, Jangan Sampai Tak Sesuai Dengan Gaji yang Diterima

Satu hal yang tak boleh meleset dari pertanyaan yang bung ajukan adalah tentang beban kerja dan hasil gaji yang bung peroleh nantinya. Jangan sampai gaji yang bung terima tak sepadan dengan apa yang bung kerjakan. Hal ini secara wajar dapat ditanyakan bung agar proses nego gaji pun masuk akal.

Selain itu, dengan bertanya bung dapat memikirkan secara matang-matang apakah bijak untuk mengambil pekerjaan ini. Jangan sampai ada rasa menyesal masuk ke perusahaan yang ternyata beban kerjanya tidak sesuai dengan gaji yang bung inginkan. Ingat bung proses nego gaji memang agak trikcy, untuk itu bung harus bisa mengatasi karena hal ini penting.

 

 

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kisah

Tak Hanya Mahir di Lapangan, Namun Pesepakbola Juga Pandai Garap Bisnis Menguntungkan

Berprofesi sebagai pesepakbola memang menjanjikan bagi setiap orang, apalagi kalau sudah berkarir di liga-liga Eropa, pundi-pundi uang pasti bercucuran. Sayang, berkarir sebagai pemain tak mungkin dijalani seumur hidup, paling maksimal sih dua dekade bung. Mungkin ini menjadi alasan bagi beberapa pesepakbola yang akhirnya merambah bisnis di luar si kulit bundar, demi menjaga finansial apabila jasanya tak lagi terpakai di dunia persepakbolaan.

Persona pemain sepak bola sangatlah menarik. Sesungguhnya saat berlaga di atas lapangan setiap pemain tengah membangun branding terhadap dirinya sendiri. Mulai dari karakter sampai tipikal permainan, dijadikan tolak ukur jutaan pasang mata apakah ia layak menjadi idola. Saat brand terhadap dirinya sendiri sudah terbangun, tak ayal beberapa pemain mulai merambah bisnis. Ada yang mengaiktkan nama atau julukannya dengan brand yang dibuat. Selain itu ada juga yang murni ingin berbisnis karena melihat adanya peluang. Kira-kira siapa saja mereka?

Merambah Ke Bisnis Wine Demi Meneruskan Bisnis Sang Ayah

Produk wine ini bernama Bodega Iniesta, dari namanya tentu bung tahu ini milik siapa. Yap, geladang terbaik di era modern Andreas Iniesta kini mengelola bisnis wine, meneruskan bisnis sang ayah yang gemar membuat minuman fermentasi anggur di Kesekampung halamannya, Fuentealbilla.

Iniesta sangat serius dalam menekuni bisnis ini, sampai-sampai ada rumor beredar bahwa kepindahannya ke Tianjin Quanjian karena ada kesepakatan kalau ia bebas memasarkan dua juta botol wine per tahuan di negeri Tirai Bambu. Namun ia menolak tuduhan tersebut.

“Alasan utama saya pergi adalah murni urusan olahraga. Kami telah menjual wine di China, Jepang, dan banyak tempat lain selama bertahun-tahun. Namun, akan menguntungkan kedua pihak jika memang ada minat mengonsumsi wine di China,” kata Iniesta

Eksplorasi Pasar Finansial Sudah Dilakukan Sejak Usia Masih Muda

Saat berseragam Chelsea, Ryan Betrand  tak disangka-sangka malah mengulik pasar finansial di banding si kulit bundar. Pesepakbola yang satu ini nampaknya sangat lihai melihat peluang bisnis lho. Bersama rekan setimnya di Gilingham, Louis Bell dan Matthew Krikham Betrand terjun ke bidang Fintech dengan mendiri Silicon Markets pada 12 Mei 2015, sebuuah perusahaan broker di bidang financial technologi yang juga mneawarkan AI kepada para peradagang dan investor ritel.

“Aku ingin melawan pola pikir pemain sepak bola pada umumnya yang mungkin ketika mencapai pertengahan usia 30-an, berhenti dan kemudian berpikir ‘apa yang akan saya lakukan sekarang?’” katanya, dikutip The Sun.

Pemain Sekaliber Neymar Pun Memiliki Pemaksukan Lebih Banyak di Luar Lapangan

Dilansir dari Forbes, Neymar menjadi salah satu pesepakbola yang memiliki penghasilan lebih besar di luar lapangan ketimbang di dalam lapangan. Sebagai pesepakbola sekaliber Neymar. tentu irosnis mengetahui hal ini kan bung? namun kalau digali lebih dalam lagi sebenarnya wajar kok karena pemain kelahiran Brasil ini memliiki bayak kontrak dengan brand-bran besar sebut saja Nike, Gillette, Panasonic, Beats by Dre, dan lainnya. Neymar juga menjadi salah satu pesepakbola yang cocok karena mampu megembangkan brand terhadap dirinya sendiri dengna baik.

Gurita Bisnis Cristiano Ronaldo !

Cristiano Ronaldo merupakan salah satu nama yang sukses membangun dirinya ibarat sebuah brand, seperti halnya Neymar. Pemasukkan Ronaldo di luar sepakbola juga cukup menggiurkan, kalau bung bayangkan pemain ini memiliki banyak hal, bisnisnya pun dimulai dari butik fashion. Ronaldo juga mengeluarkan celana dalam dan kaus kaki yang bernama dirinya, tentu tentang sepatu dan baju. Bahkan ia memiliki hotel sampai saat ini.

Pesepakbola Terkaya Karena Bisnis Ilmu Pengetahuan yang Dikelola

Kalau ditanya siapa pesepakbola terkaya di dunia, ia adalah Mathieu Flamini yang memiliki aset sebesar Rp 206,3 triliun. Jumlah itu pun mengalahkan aset Ronaldo sebesar Rp 8,4 triliun dan Lionel Messi Rp 3,1 trilliun. Rahasia kenapa Flamini dapat menjadi pesepakbola terkaya bukan karena karirnya dilapangan hijau melainkan bisnisnya dibidang science bernama GF Biochemicals.

GF Biochemicals merupakan perusahaan yang memproduksi Levulinic Acid (LA), bahan kimi yang bisa mengolah sampah menjadi bahan bakar. Flamini benar-benar menemukan potensinya di sini, ia bersama rekannya Pasquale Granata sukses mengembangkan bisnis ini. Kini, GF Biochemicals resmi telah membuka kantor di Milan, Gellen (Belanda), dan Amerika serikat

“Saya selalu dekat dengan isu soal alam dan penduli soal lingkungan, perubahan iklim dan pemanasan global. Pasquale juga memiliki minat yang sama, kami lantas mencari cara bagaimana bisa berkontribusi mengatasi masalah ini. Setelah beberapa saat kami pun menemukan soal Asam Levulinic,” katanya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


money

Ternyata, Baik Bisa Membuat Bung Bangkrut

Apabila dihadapkan kepada satu pilihan antara menjadi orang baik atau jahat? dapat dipastikan bung pasti memilih menjadi orang baik. Tapi bagaimana kalau menjadi orang baik itu sama dengan bung memiliki masalah keuangan bahkan sampai bangkrut. Tentu saja itu menjadi masalah yang sulit untuk bung terima karena uang menjadi sumber kehidupan di segala lini.

Para peneliti dari Columbia Business School dan University College London School of Management ternyata mengamini hal tersebut dengan menyatakan kalau semakin baik seseorang makan semakin mudah terperangkap ke dalam kesulitan finansial.

Riset ini pun diperkuat dengan studi yang dipublikasikan American Psychological Association. Menemukan bahwa orang-orang baik yang tinggi tolerasi justru cenderung mudah bangkrut loh bung. Tidak sampai di situ, apabila orang baik berbicara soal uang pasti akan tertinggal. Selain itu masih banyak lagi alasan kenapa orang baik mudah mengalami bangkrut hingga dompet mengkerut.

Uang Bukanlah yang Utama, Sehingga Keuangan Mereka pun Bisa Pergi Entah Ke Mana

Uang bukanlah segalanya nampaknya menjadi sebuah pepatah yang diemban oleh orang baik. Hal ini senada dengan para periset yang menyatakan orang baik biasanya tidak menghargai uang seperti rekan mereka yang memiliki sikap kurang menyenangkan (dibaca : orang tidak baik).

Karena orang baik cenderung suka untuk berbagai dan menganggap kalau uang bukan hal yang utama, imbasnya keuangan mereka pun sangat buruk. Dosen University College London School of Management, Joe Gladstone sebagai periset menambahkan bahwa orang baik tidak memiliki kepedulian tentang uang, jadi mereka tidak mengenal kata hemat dan menabung. Jadi wajar kan kalau bangkrut?

Orang Baik Tak Kenal Negoisasi, Pendapatan Pun Tak Pernah Penuh dan Terisi

Rasa memaklumi ternyata memiliki koneksi dengan kondisi finansial yang negatif. Sandra Matz selaku Asisten Profesor di Columbia menyatakan demikian, bermula dari ketertarikan para peneliti untuk memahami apakah sikap baik seseorang yang dalam studi kepribadian akademis digambarkan sebagai sosok yang mudah memaklumi, berhubungan dengan kondisi finansial.

Sifat memaklumi dalam segala hal seperti berbelanja menjadi satu masalah karena selalu memaklumi sifat boros sebagai salah satu penghibur karena lelah bekerja. Belanja diibaratkan sebagai proses balas dendamnya.  Peneliti juga menemukan fakta lain kalau memiliki kepribadian baik bertendensi tidak memiliki kemampuan negoiasasi yang baik pula, sehingga mereka tidak paham betapa pentingnya uang bagi kehidupan.

Termasuk ke dalam negoisasi gaji saat bekerja berimbas dengan rendahnya pendapatan.

Tidak Tumbuhnya Rasa Peduli Terhadap Risiko Keuangan

Meskipun Tuhan menyatakan kalau rezeki susdah ada yang mengatur, bukan berarti bung dapat berleha-leha dan tidak memiliki rasa kepedulian terhadap risiko keuangan.  Jadi tak heran kalau orang baik ternyata berhubungan erat dengan masalah-masalah keuangan yang bersiko seperti tingginya utang, tingginya utang, bunga utang sampai simpanan uang yang rendah. Ini salah satu imbas ketika tidak memiliki rasa peduli terhadap risiko keuangan.

Orang Jahat Bisa Lebih Kaya dari Orang Baik Karena Kepribadiannya

“Orang-orang baik lebih kecil kemungkinannya untuk memeriksa laporan keuangan mereka dan mempertahankan anggaran yang bertanggung jawab. Sebaliknya, orang-orang yang dinilai “jahat”memiliki sikap kompetitif dan lebih pelit sehingga hasil keuangannya lebih baik,” ungkap Jos Gladstone.

Dari pernyataan dosen University College London School of Management, kebaikan seseorang ternyata membuatnya tak mau menghitung laporan keuangan, mungkin karena ia terlalu iklhas daengan apa yang dikeluarkan.

Lantas Apakah Kita Harus Berhenti Menjadi Orang Baik?

Tentu tidak, namun para peneliti hanya menyarankan agar lebih berhati-hati dalam menggunakan uang. Selain itu mereka berharap pekerjaan atau penelitian yang dilakukan memiliki aplikasi praktis dengan meningkatkan kedaran tentang tanggung jawab keuangan untuk orang-oran baik yang mungkin saja rentan memiliki masalah terhadap keuangan

“Jika kita memahami siapa yang lebih mungkin menderita masalah keuangan maka kita mungkin tahu siapa yang akan diberi bantuan,” kata Gladstone.

Gladstone pun berharap program pemerintah, macam amal dan pendidikan bisa menjadi solusi untuk membantu mengatasi masalah ini.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top