money

Nilai Tukar Rupiah Melemah Hampir Mendekati 14.000 Dolar AS

Mata uang Indonesia nampaknya sedang melempem, hingga membuat nilai tukar rupiah menjadi Rp 13.909, hampir mencapai Rp 14.000 per dolar AS. Tentu saja hal ini bukan berita baik Bung. Melemahnya nilai tukar rupiah, lantaran pada Rabu sore, 25 April 2018, bergerak melemah sebesar 37 poin.

Faisyal selaku Analis Monex Investinfo Futures, mengatakan sentimen yang menjadi perhatian para pelaku pasar uang adalah kenaikan vield Amerika Serikat bertenor 10 tahun yang telah melewati level 3 persen sejak tahun 2014. Oleh karena itu, kondisi ini membuka potensi adanya kenaikan suku bunga AS dalam waktu dekat seperti dikutip dari Tempo.co.

Pelemahan rupiah pun terjadi sejalan dengan mata uang di negara berkembang. Apalagi meningkatnya imbal hasil obligasi AS dan prospek suku bunga AS yang lebih tinggi Bung. Maka dolar AS menjadi perhatian pelaku pasar.

“Rupiah bersama dengan mata uang emerging market mengalami tekanan karena faktor itu,” kata analis Binaartha Sekuritas, Reza Priyambada.

Melihat kondisi yang tidak baik ini, membuat Bank Indonesia melakukan intervensi untuk menahan tekanan rupiah lebih dalam. BI bakal menajaga fluktuasi atau naik turunnya nilai tukar sesuai dengan fundamental.

Kekhawatiran soal melemahnya nilai tukar rupiah juga menjadi perhatian pemerintah. Lantaran utang pemerintah dalam valuta asing mencapai US$ 109,6 miliar dari Rp 4.136 triliun total utang pemerintah dalam rupiah.

Kalau rupiah terus melemah bakal menjadi ancaman bagi Indonesia, apalagi bagi Bung yang seorang pengusaha. Lantaran ada beberapa bahan baku yang mesti impor, otomatis harga tak lagi berkompromi seperti dulu. Bukan begitu, Bung?

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


money

Ada Beberapa Cara yang Bisa Bung Lakukan untuk Menguatkan Mata Uang Rupiah

Kondisi rupiah terhadap dolar memang mengkhawatirkan. Apalagi kondisi rupiah sempat melemah hingga tembus di angka Rp 15.000 per dolar AS. Nilai ini tentu saja bukan kondisi terbaik, tetapi sangat buruk apabila terus berlanjut seperti ini. Tentu ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kondisi ini.

Meskipun benar ini menjadi tanggung jawab pemerintah dalam menghadapi penurunan nilai rupiah, namun Bung juga dapat ikut andil dalam masalah ini. Dengan cara melakukan beberapa hal yang membuat rupiah semakin menguat. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Bung lakukan.

Jangan Pernah Ragu Bung untuk Memegang Rupiah

Bung jangan pernah ragu untuk memegang mata uang tercinta ini. Karena kenaikan dan penurunan itu adalah sebuah siklus, cepat atau lambat nilai mata uang ini akan menguat kok, Bung. Jadi jangan pernah ragu untuk mempertanyakan keberadaan rupiah, apalagi hingga tak lagi mengoptimalkan rupiah sebagai uang semana mestinya.

Barang Impor Memang Menggiurkan, tapi Tahanlah Bung demi Kestabilan Mata Uang

Mungkin salah satu kelemahan Bung adalah kerap tergiur untuk membeli barang impor. Seperti sepatu dan sebagainya. Dan hal yang harus Bung lakukan adalah mengurangi membeli produk impor rupiah agar nilainya makin kuat. Bung bisa membeli produk dalam negeri terlepas dari kualitas Bung. Lagi pula banyak juga produk dalam negeri yang bagus-bagus juga, ‘kan?

Mendongkrak Sisi Pariwisata agar Rupiah Semakin Jaya Transaksinya

Sisi pariwisata bisa didongkrak dengan cara bung mempromosikan lewat media sosial Bung, yang mana bakal membantu untuk transaksi rupiah. Apalagi kalau ada turis mancanegara yang menukarkan mata uang asingnya ke rupiah guna mengakses di tempat wisata tersebut. Otomatis dapat mendongkrak nilai rupiah agar menguat lagi.

Bung Jangan Mengambil Keuntungan dengan Menukarkan Dolar AS-mu

Dolar naik mungkin sangat menggiurkan apabila ditukarkan ke rupiah, karena Bung bakal mendapatkan keuntungan. Namun kalau Bung memanfaatkan hal itu untuk keuntungan tentu bakal membuat mata uang semakin parah kondisinya. Janganlah Bung tergoda dengan keuntungan sampai membuat mata uang Tanah Air sendiri jatuh kelimpungan.

Tukarkan Dolar ke Rupiah, dengan Begitu Mata Uang Kita Terjaga, Bung

Mungkin beberapa dari Bung memiliki finansial yang cukup sehingga memiliki mata uang dolar sebagai pegangan atau tabungan. Dan tak jarang pula menjadikannya sebagai investasi. Meski begitu, sebaiknya Bung tak menukarkan dolar ke rupiah guna mencari keuntungan. Tetapi Bung investasikan dalam instrumen-instrumen keuangan yang relatif tangguh menghadapai krisis, misalnya reksa dana. Pada intinya, hal ini sama dengan menabung.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


money

Angka Kemiskinan Indonesia Menurun, Menjadi yang Terendah Sepanjang Sejarah

Sepanjang sejarah negara ini berdiri, kemiskinan menjadi salah satu hal yang sangat diperangi di setiap era pemerintahan. Guna menekan angka kemiskinan beberapa program pun dijalankan. Hasilnya pun terlihat, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angka kemiskinan per Maret 2018 sebesar 9,82%.

Satu digit angka kemiskinan ini menjadi yang terendah sepanjang sejarah. Di tahun 2011 pada bulan Maret angka kemiskinan mencapai 12,49%. Diungkapkan langsung oleh Kepala BPS, Suhariyanto, kalau dikaji secara historis angka kemiskinan per Maret 2018 ini memang menjadi yang paling rendah. Namun, penurunan angka kemiskinan tidak berjalan mulus.

Fluktuatif angka kemiskinan pun kerap terjadi. Kenaikan pun terjadi pada September 2013 dan Maret 2015. Sampai di bulan Maret 2018, angka kemiskinan menurun menjadi 9,82% atau dikisaran 25,95 juta orang.

“Tapi ini adalah untuk pertama kalinya persentase penduduk miskin berada di angka satu digit. Kalau dilihat semuanya biasanya dua digit, jadi memang ini pertama kali dan terendah,” jelas dia.

Angka kemiskinan yang mencapai 25,95 juta orang tentu bukan angka yang kecil. Pemerintah bakal segera menuntaskan dengan menerapkan beberapa kebijakan yang diharapkan dapat tepat sasaran untuk mengusir kemiskinan.

“Caranya dengan kebijakan-kebijakan yang tepat sasaran sehingga penurunan kemiskinannya bisa cepat, beberapa tahun belakangan ada penurunan tapi sangat lamban, tapi ini persentase kemiskinan yang paling rendah 9,82% tapi jumlahnya masih banyak,” tutup Suhariyanto dikutip dari Kompas.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Review

Tokocrypto Melayani Jual Beli Mata Uang Digital Indonesia

Mata uang digital atau kripto sempat menjadi perbicangan hangat dunia, termasuk di Indonesia. Apalagi bitcoin, salah satu mata uang digital yang memiliki nilai yang sangat tinggi, bahkan satu bitcoin pernah mencapai ratusan juta rupiah apabila ditukarkan. Menoleh ke pasar yang sedang berkembang ini, Indonesia memiliki toko pelayanan soal mata uang digital bernama Tokocrypto.

Platform yang menawarkan jual beli mata uang digital di Indonesia ini meliputi bitcoin dan juga ethereum. Caranya pun sangat mudah, pengguna hanya perlu menyetorkan saldo sebelum melakukan transaksi. Kelebihan Tokocrypto adalah memiliki biaya transaksi yang rendah. Selain itu, biaya penarikan diklaim lebih terjangkau dari platform lain yang menggeluti bidang pasar mata uang digital.

“Transparansi. Kami ingin pengguna Tokocrypto percaya bahwa platform kami sangat terbuka dan transparan soal informasi dana pengguna agar tak disalahgunakan,” ujar Pang Xue Kai, CEO Tokocrypto yang dikutip dari Liputan6.com

Soal kemanan, platform ini melancarkan kerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk membangun ekosistem cryptocurrency yang baik dan aman untuk digunakan. Salah satu pihak yang diajak kerjasama adalah Bappebti, sebuah badan yang berada di bawah Kementerian Perdagangan. Bertugas menjadi perantara dan regulator uang yang mengalir dari pengguna.

Kedepannya Tokocrytp akan memperluas ke jenis mata uang digital lain seperti neo, litecoin, ripple, dan cardano. Toko ini sendiri telah didirikan sejak Juni 2017, yang memasuki masa soft launching di bulan April 2018. Sekarang, platform ini  bisa diakses via situs web, sedangkan versi aplikasi akan menyusul pada kuartal kedua 2018.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top