Health

Ngopi Di Pengujung Hari Membuat Mata Tak Bisa Kompromi Untuk Beristirahat

Rasa kantuk yang dilanda saat jam-jam menjelang pulang kerja memang tak bisa dihindari namun demi mendongkrak performa. Rasanya hal seperti meminum kopi bisa menjadi solusi. Tapi imbasnya dapat membuat jam tidur jadi berantakan bung. Alhasil keesokan harinya rasa kantuk menghantui saat bung beekerja.

Kalau bung mengkonsumsi kopi di penghujung hari seperti jam 5 atau jam 7 malam, bisa berimbas pada jam tidur kala malam. Bung pasti sudah tahu kan, pengaruh kafein bisa sampai 3-5 jam. Sehingga itu dapat berstimulasi sampai pukul 10 malam bung, bahkan lebih. Tetapi ada cara untuk itu semua ketika bung tidak bisa tidur, selain menghindari mengkonsumsi kopi di penghujung hari.

Coba Untuk Menggelapkan Ruangan Agar Nuansa Tidur Semakin Cepat Datang

Berbicara terkait korelasi antara ruangan gelap dengan rasa kantuk memang ada lho bung. Karena setiap jenis cahaya yang masuk ke ruangan bung, dapat mengganggu produksi melatonin di tubuh sehingga menCegah jatuhnya tertidur secara alami bung.

Jadi kalau bung tidak merasakan ngantuk di saat jam-jam yang seharusnya membat bung tertidur, pastikanlah ruangan bung gelap secara semaksimal mungkin dengan menutup tirai dan mematikan semua perangkat yang memancarkan cahaya.

Merancang Suhu Kamar Lebih Dingin Adalah Proses Tidur yang Penting

Mungkin bung mengakui secara umum kalau ketika cuaca dingin memang paling enak buat tidur. Apalagi kalau cuaca hujan, rasanya bung ingin malas-malasan dan hanya ingin tidur saja bukan. Secara ilmiah bung, suhu tubuh inti akan berkurang sedikit saat bung dalam kondisi tidur yang dalam hingga ini menjelaskan, mengapa suhu kamar yang dingin dapat membantu bung untuk terlelap lebih cepat dan tidur lebih nyenyak. Oleh karena itu apabila bung ingin mengetahui berapa suhu maksimal untuk tidur adalah 15-19 derajat celcius.

Latihan Relaksasi Untuk Mengundang Rasa Ngantuk Sedari Dini

Rasa stres dan cemas dapat membuat bung tidak tertidur secara pulas, bahkan bung sulit menemukan rasa kantuk itu sendiri. Dilansir dari artofmanilness.com , ada sebuah latihan relaksasi yang diperagakan oleh pilot Perang Dunia II yang dilakukan selama dua menit.

Caranya dengan bernafas perlahan, dalam dan teratu, kemudian luruskan kaki bung dan taruh tangan bung di pangkuan anda. Kemudian jatuhkan dagu bung ke arah tumpuan pada dada dan pejamkan mata. Cara relaks ini sang efektif untuk membuat bung tertidur.

Beranjaklah ke Ruangan Lain dan Lakukan Aktivitas

Mungkin latihan relaksasi tidak begitu berhasil bagi bung, namun cara yang satu ini cukup jitu yakni dengan terjaga selama 30 menit dan melakukan hal lain. Salah satunya bung dapat membaca novel atau mendengarkan musik, dan bung dapat melakukannya di ruang tamu.

Para peneliti di Harvard menemukan bahwa orang yang bangun dari tempat tidur dan pergi ke ruangan lain untuk melakukan sesuatu yang santai sehingga mereka tidak dapat tertidur biasa berakhir dengan mengantuk dan memiliki waktu lebih mudah tertidur ketika kembali ke tempat tidur.

Hindari Memegang Gawai!

Jadi kebiasaan ketika posisi badan sudah siap untuk tertidur, namun bung malah iseng membuka sosial media. Alhasil secara waktu tak terasa kalau bung sudah menghabiskan waktu cukup banyak yang harusnya bisa menjadi waktu tidur bung yang berharga. Karena sinaran dari layar tersebut dapat mengganggu nuansa bung ketika ingin tidur.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Agar Lebih Bahagia Di Tempat Kerja




Banyak faktor memang yang menyebabkan timbulnya stres di tempat kerja. Situasi kerja yang selalu berada di bawah tekanan, teman kerja yang tidak menyenangkan dan pimpinan yang tidak mau tahu dengan kondisi di lapangan akan semakin memicu munculnya stres di tempat kerja. Eits jangan buru-buru patah arang dan memutuskan resign! Tips ini akan mengubah jam kerjamu jadi terasa menyenangkan

Luangkan Waktu untuk Diam Sejenak dan Berkontemplasi

Cara ini ampuh untuk mengusir bosan dan melihat kembali hal-hal yang patut disyukuri. Jam-jam genting ketika bekerja itu biasanya pada siang hari. Usai makan, bukannya jadi produktif, tubuh malah jadi rentan mengantuk. Atau bisa juga karena sudah duduk berjam-jam, tubuh jadi malah mudah lelah.

Ada baiknya kalau sudah begini, kamu sediakan waktu selama 15-30 menit untuk berdiam diri sejenak dan menenangkan pikiran. Kesampingkan dulu pekerjaan dan notifikasi ponsel. Kamu bisa memikirkan kembali hal-hal apa saja yang patut disyukuri hari ini. Lambat laun, mood positif yang semula menurun jadi kembali baik.

Sempatkan Diri Berolahraga Agar Stamina Tubuh Tetap Terjaga

Mungkin belum banyak yang tahu kalau dengan berolahraga dapat membantu meningkatkan mood secara signifikan. Saat berolahraga, tubuh mengeluarkan zat neurokimia yang dapat memperbaiki suasana hati dan membuat kita merasa lebih baik.

Imbasnya, tubuh dan pikiran yang semula terasa tegang jadi lebih rileks. Tapi yang paling penting, tubuhmu pun jadi lebih bugar dari sebelumnya. Rasa bosan di tempat kerja pun akan hilang secara perlahan.

Jangan Sungkan Menyapa Rekan Kerja, Bukankah Menyenangkan Menciptakan Suasana yang Bahagia

Menyapa dan tersenyum kepada rekan kerja yang ada di sekelilingmu itu bukanlah sesuatu yang sulit bukan? Sebuah senyum kecil biasanya akan membawa pengaruh besar bagi suasana hatimu. Bahkan lebih besar lagi pengaruhnya bagi orang-orang di sekitarmu.

Di samping itu, kamu perlu tahu, kamu yang bisa tersenyum saat menghadapi situasi yang tak menyenangkan berarti kamu punya mental yang cukup kuat untuk menghadapi masalah sebesar apa pun. Jadi, jangan lupa tersenyum hari ini!

Buat Catatan Pencapaian Setiap Harinya Agar Ceria Ketika Pulang

Rasanya lelah sekali jika harus pulang ke rumah tapi kamu masih punya pekerjaan yang belum selesai pada hari itu. Entah apa penyebabnya, sampai rumah, kamu pun jadi suntuk dan pikiranmu jadi tak tenang.

Untuk mengatasinya, setidaknya kamu harus mulai disiplin untuk meluangkan sedikit waktumu untuk mencatat apa saja yang sudah kamu capai di hari itu. Ya, semacam daftar pencapaian kecil-kecilan yang bisa membantumu memantau progres harianmu.

Contohnya, sudah berhasil menghubungi klien A yang terkenal sulit, atau sudah berhasil merapihkan file yang semula berantakan, dan hal-hal kecil sejenis. Dengan mencatat macam ini, kamu akan lebih menghargai dirimu sendiri dan tentunya termasuk pekerjaanmu.

Coba Nikmati Perjalanan Menuju Kantor

Urusan satu ini memang harus diakui bukan perkara mudah. Apalagi untuk mereka yang tinggal di daerah perkotaan. Urusan jalanan macet dan perkara tak tertibnya pengguna jalan lain jadi hal utama.

Tapi toh untuk apa berfokus pada hal negatif. Lebih baik kita mencoba membangkitkan suasana yang lebih positif. Agar tak bosan coba secara berkala ganti rute perjalanan menuju kantor. Pikiran akan dirangsang untuk terus aktif ketika melewati jalan baru.

Hal penting lainnya agar menikmati perjalanan ke kantor adalah memilih kendaraan yang nyaman. Ambil contoh misalnya Yamaha Nmax yang belum lama ini meraih penghargaan Good Design Indonesia (GDI) 2018 untuk kategori transportasi sepeda motor dari Kementerian Perdagangan.

Motor yang dilengkapi digital speedometer ini dinobatkan sebagai motor dengan Good Design Indonesia karena memiliki konsep desain “Active & Comfort Style” yang memberikan gaya berkendara baru. Nmax memiliki posisi berkendara yang nyaman dan enjoy yaitu dua posisi berkendara. Jadi kalau bosan dengan posisi kaki menekuk, tinggal julurkan kaki ke depan. Mengubah-ubah posisi berkendara ini, pastinya sangat berguna ketika menempuh perjalanan kantor yang tak singkat.

Apalagi Nmax mempunyai bagasi yang super besar dimana dapat menyimpan helm dan berbagai macam barang-barang lainnya. Jadi barang bawaan yang biasa menyertaimu ketika ke kantor bisa dimasukan saja ke bagasinya dan tubuh bisa lebih leluasa bergerak. Dan tak perlu khawatir motor amblas akibat barang bawaan berat, sebab shock belakang Nmax sudah menggunakan tipe sub tank suspension yang nyaman namun juga tangguh menopang bobot berat.

Kapasitas tangkinya juga besar yaitu 6,6 liter. Dengan begitu kita tak lagi bosan karena sering menghabiskan waktu hanya untuk mengantri di SPBU. Asyiknya tangki ini diletakan di tunnel tengah. Sehingga membuat motor lebih seimbang dan tak perlu turun ketika mengisi bahan bakar.


Beralih ke dapur pacu, mesin Yamaha Nmax ini menganut teknologi Blue Core yang membuat urusan konsumsi bahan bakar ini jadi lebih optimal. Sementara itu mesin ini juga mengadopsi sistem VVA (Variable Valve Actuation), yang menjaga tenaga dan torsi maksimum di setiap putarannya. Tentunya dengan paduan ini Nmax akan tetap lincah meliuk di tengah kepadatan kota.
Penasaran dengan motor ini? Lengkapnya bisa dilihat di laman Yamaha Nmax ini. Nah, dengan kombinasi di atas kamu akan terhindar dari bosan di tempat kerja dan pastinya akan lebih merasa bahagia bukan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Health

Panic Attack Tak Bisa Diremehkan, Ada Cara Mengontrol Biar Bung Tak Was-Was Setiap Keadaan

Serangan ini bukan sekedar kepanikan biasa bung, kalau bung mengabaikan apa itu panic attack akan berakibat fatal seperti kehilangan kontrol atas diri atau merasakan sensasi terlepas dari diri sendiri (derealization dan depersonalization).

Bahkan hal ini dapat berkesinambungan yang mana penderita akan diteror perasaan khawatir terhadap serangan panik selanjutnya lho. Cathy Frank M.D direktur direktur Outpatient Behavioral Health Services di Henry Ford Hospital menjelaskan kalau serangan panik terjadi secara spontan dan bukan sebuah rekasi dari sebuah situasi di mana seseorang tertekan.

Bisa Terjadi kapan saja, untuk itu bung harus mempelajari hal-hal yang diperlukan untuk mengatasai panic attack. Nah, untuk itu ada tiga cara yakni mengenali, menghadapi dan mengelola.

Gejala Panic Attack Mirip Dengan Heart Attack

Ini salah satu kejadian yang sering dialami dengan berasumsi macam-macam dari penderita panic attack, yakni menyangka dirinya mengalami serangan jantung atau heart attack. Penting untuk mengetahui gejala, penyebab serta sensasi-sensasi lain yang terjadi saat panic attack. Biasanya tubuh mengirimkan sinyal “bahaya” yang membuat penderita merasa ketakutan, sehingga secara otomatis tubuh kita merespon dengan beberapa senasi fisik maupun psikologis.

Mengurai Pikiran Negatif Demi Terhindar dari Hal-hal yang Tak Diingini

Salah satu hal yang perlu bung ketahui saat terserang panic attacki adalah terserang pikir-pikiran negatif yang menguasai penderita bung. Oleh karena itu bung perlu mengendalikan terutama pemikiran negatif, banyak pemikiran negatif yang menyerang seperti membuat bung pingsan. Kalau bung bisa meyakinkan diri tidak pingsan pasti bung akan baik-baik saja. Karena sebenarnya rasa pingsan itu hadir karena serangan panik yang meliputi diri penderita dan coba direspon oleh tubuh.

Mengatur Pernapasan Agar Kepanikan Mudah Dikendalikan

Tak ayal ketika diserang dengan rasa panik pernapasan berubah menjadi lebih cepat dan terkesan terburu-buru, bahkan seseorang dapat memasukkan oksigen dalam waktu yang singkat ke dalam tubuh yang biasa disebut dengan hyperventilation.

Akibatnya tubuh akan merasakan sensasi fisik seperti sesak, pusing, rasa ingin pingsan, kehabisan nafas sampai rasa sakit di dada. Untuk mengatasi itu semua bung perlu mengatur nafas atau teknik bernapas secara perlahan. Slow breathing adalah nama teknik pernapasan secara perlahan tersebut yang dilakukan secara teratur lewat hidung.

Berjalan Kaki dan Nikmati Momen Berbicara Dengan Diri Sendiri

Berjalan kaki dalam beberapa menit di pagi atau sore hari dapat membantu bung untuk rileks, tak penting berapa jauh bung berjalan yang penting sempatkan waktu untuk diri kita menikmati momen perjalanan tersebut. Berjalan kaki dapat meredakan stres dan ketegangan dalam diri, selain itu sempatkan pula untuk berbicara dengan diri sendiri bahwa panic attack bukanlah suatu hal yang berbahaya.

Melakukan Talk Therapy dengan Profesional

70% dari 49 orang yang mengidap gangguan kecemasan dan panic attack menunjukkan penurunan gejala panik dan cemas setelah tergabung dalam kelompok talk therapy. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan para profesional salah satunya dengan metode Cognitive Behavioral Therapy (CBT). Dengan CBT para pengidap diajarkan tentang bagaimana mengelola kecemasan dan ketakutan melalui pengendalian pikiran, perilaku dan bagaimana bereaksi terhadap suatu situasi yang dapat memicu kepanikan.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Health

Kata Pak Machmud, Merugilah Bung yang Memilih Ikan Salmon Ketimbang Ikan Kembung!

Kalau bung dihadapkan dua pilihan antara ikan kembung dan ikan salmon bung pilih yang mana? pasti banyak orang bakal lebih memilih ikan salmon. Justru bagi kalian atau bung sendiri yang memilih ikan salmon sangat merugi karena dari segi gizi, ikan kembung justru lebih unggul karena ada kandungan protein, omega-3, vitamin B12, vitamin D, fosfor, vitamin B2 (Riboflavin), vitamin B6, iodine, selenium lebih tinggi.

“Ikan kita itu banyak sekali (contohnya ikan kembung). Tapi masyarakat masih belum menyadari gizi ikan-ikan lokal. Kita juga punya banyak sekali diversifikasi ikan (keragaman ikan). Bayangkan, kalau ikan-ikan lokal selalu kita sosialisasikan. Melalui gerakan ‘Gemar Makan Ikan’ kita promosikan potensi ikan lokal,”  ujar Direktur Pemasaran, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Machmud .

Sumber gizi yang baik dari ikan kembung juga terlihat dari adanya Vitamin D yang membantu penyerapan kalsium yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang dan gigi. Jadi apabila ada ikan kembung bubu kuning dan sushi salmon, bung seharusnya sudah memilih ikan kembung karena memilih potensi gizi lebih baik.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Health & Personality

Untuk Tingkatkan Percaya Diri, Konon Tidur Tanpa Busana Boleh Bung Coba!

Apakah bung suka tidur dengan posisi tanpa busana atau telanjang? atau justru merasa risih apabila tidak mengenakan pakaian saat tidur? sebenarnya itu semua tergantung mana yang lebih nyaman bagi bung dalam beristirahat. Tetapi tak ada salahnya juga lho, kalau bung mulai mencoba untuk tidur tanpa mengenakkan busana.

Memang ada banyak pertimbangan kenapa seseorang risih apabila tidur untuk menanggalkan pakaiannya, seperti tak nyaman posisi kulit untuk bersentuhan dengan kasur atau bisa karena faktor lain. Tetapi dirilis dari Daily Health Post, para pakar mencoba melakukan penelitian tentang metode tidur tanpa busana ini dan ternyata ada beberapa manfaat kesehatan. Selain itu bisa juga menambah kepercayaan diri sampai kualitas sperma. Penasaran kan?

Tanpa Busana Saat Beristirahat Mampu Mengkatrol Kepercayaan Diri Lebih Tinggi

Ini adalah sebuah teori para pakar yang menyebutkan apabila bung semakin sering melihat tubuh dalam keadaan tanpa busana, maka semakin tinggi tingkat kepercayaan bung teradap diri sendiri serta meningkatkan kesehatan mental.

Meskipun bung tidur telanjang sendirian. Teori ini beralasan karena dengan bung melihat diri sendiri makan bung akan menerima apapun kondisi fisik yang diberikan oleh Tuhan. Dari situlah muncul rasa percaya diri yang lebih dari sekedar bercermin tiap pagi.

Kesehatan Kulit Bung Makin Terjaga dan Memperlambat Proses Kulit Menua

Bung mungkin cukup cuek untuk penampilan, tetapi terkait kondisi fisik pasti tidak sebegitu cueknya kan? salah satu keuntungan bung apabila tidur tanpa menggunakan busana adalah dapat menghambat proses pertumbuhan kulit sehingga tidak cepat keriput.

Sedangkan kalau menggunakan pakaian dapat menyebabkan kulit cepat keriput. Karena saat tidur, sel kulit juga tumbuh. Kalau bung ingin mencoba pastikan dulu tempat tidur anda bersih baik dari debut, kotoran maupun kutu kasur.

Bahkan Kualitas Sperma Bung Dapat Jauh Lebih Tinggi Apabila Tak Pakai Apa-apa

Dilansir dari laman Men’s Health pada 2015, bung yang mengenakan boxer atau tidur telanjang bakal memiliki sedikit fragmentrasi DNA dalam sperma yang berarti memiliki kualitas lebih tinggi. Nah hal ini tentunya beralasan bung, Lagipula kondisi sejuk membuat testis tidak lembab sehingga kondisi sperma pun terjaga.

Jika Dilakukan Bersama dengan si Nona, Juga Bisa Menambah Rasa Bahagia

Sebelum bung berfikiran macam-macam, tentu saja ini bagi bung dan nona yang sudah resmi ikatan dalam hubungan suami istri. Karena dilansir dari laman Daily Health Post,  apabila bung dan nona tidur bersentuhan kulit dapat meningkatkan produksi Oxytocin.

Riset mengungkap bahwa pasangan yang tidur dengan kondisi tak berbusana akan lebih bahagia dibandingkan dengan pasangan yang tidur menggunakan piyama. Risiko penyakit pun dapat menurun dan meningkatkan kesehatan apaila kontak fisik antar pasangan terjadi, itu bakal baik secara fisik dan emosi.

Karena Kesejukan Udara Lebih Baik Bagi Tekanan Darah dan Berat Badan Lho

Ilmuwan pun menemukan bahwa ruangan yang sejuk serta temperatur tubuh akan memberikan dampak yang baik apabila dibandingkan dengan suhut tubuh terjebak dalam pakaian. Efek baiknya adalah dapat menurunkan tekanan darah, menurunkan berat badan, mengatur resistensi insulin. Namun apabila bung merasa kedinginan bisa memakai kaos kaki untuk menghangatkan.

Bagaimana bung apakah tertarik untuk mencoba setelah menelisik beberapa manfaat dari tidur tanpa busana?
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top