Health

MMA, bertarung atau berolah raga?

MMA featured picture

Mereka yang mendewasa di era 90-an dan awal tahun 2000-an pasti pernah mengingat salah satu acara heboh bertajuk UFC yang ditayangkan televisi TPI. Dede Yusuf mantan Wakil Gubernur Jawa Barat, yang ketika itu masih berstatus artis sekaligus atlit olah raga Tae Kwon Do didapuk menjadi pembawa acaranya.

Impian setiap bocah laki-laki menyaksikan jagoannya bertarung dipuaskan pada acara tersebut. Beragam ahli lintas bela diri bertarung dalam satu ring tanpa ada peraturan yang membatasi. Karate melawan gulat, sumo versus Thai Boxing, Tinju bertemu Jet kun Do, serta beragam lainnya.

Kala itu masing-masing aliran beladiri begitu setia mempertahankan kultur dan ciri bertarungnya di atas ring. Hasilnya? Masing-masing terlihat punya kelemahan nyata. Tinju yang perkasa menjatuhkan lawan dengan satu dua pukulan, tak berdaya melawan thai boxing yang bisa menyerang cepat ke arah kaki. Thai Boxing yang cepat ketika berdiri, jadi mudah dilumpuhkan ketika bertemu gulat dibawah matras.Kondisi ini terjadi disetiap cabang beladiri yang masuk ke ring UFC.

Sampai datang seorang bernama Royce Graice dengan bermodalkan ilmu Brazilian Jiu-Jitsu, ia tampil berbeda. Meski serangan utamanya adalah dengan kuncian, ilmu beladirinya lebih luwes beradaptasi dengan beragam kondisi pertarungan UFC. Ia bebas memukul dan menendang ketika berdiri dengan sama baiknya ketika ia mengunci lawannya dimatras. Hasilnya Royce Graice menang di UFC 1, UFC 2, UFC 4 dan draw di UFC 5.

Efektivitas dan dominasi Royce Graice ini akhirnya mendorong petarung-petarung UFC yang berikutnya untuk belajar menggabungkan bebeberapa cabang ilmu beladiri. Dari sinilah kemudian berkembang olah raga baru yang lebih efisien untuk dipelajari dan dikenal dengan nama Mixed Martial Art atau biasa disebut dengan MMA.

Pertandingan Royce Gracie

Jadi bisa dibilang MMA adalah seni bela diri campuran yang menggabungkan semua teknik berbeda di pertarungan tradisional seperti pukulan, tendangan, kuncian, juga bantingan. Meski terlahir dari ring pertarungan, tapi kini MMA tidak hanya berfokus pada bela diri semata. Namun MMA juga bisa berfungsi untuk memperoleh kebugaran yang prima.

“Tentu saja selain menjaga kebugaran, bela diri ini dapat menurunkan berat badan serta melepas stress.” Ujar Sandy, salah seorang trainer MMA di Synergy Gym Bekasi.

Fungsi kebugaran ini pula yang mendorong lahirnya klub-klub MMA. Tempat latihannya juga tak seperti dojo atau padepokan ilmu beladiri tradisional. Klub ini hadir di tengah kota dengan fasilitas pendingin ruangan dan peralatan modern. Sebut saja akademi MMA seperti Synergy, Maximum dan SPIDER contohnya, yang hadir di beberapa kota besar di Indonesia.

Pertumbuhan jumlah Gym yang menyediakan pelatihan MMA ini kian mendorong perkembangan olah raga tersebut. Meskipun kini acara MMA sudah tak lagi ditayangkan di televisi nasional maupun swasta dalam negeri, sesungguhnya olahraga ini terus berkembang.

“Di Indonesia sebenarnya sudah cukup terkenal di tahun 2002 ketika di bentuk suatu pertandingan MMA lokal yang bernama TPI Fighting Championship, di lanjutkan oleh Duel yang disiarkan di RCTI. Sempat tenggelam sampai akhirnya kurang lebih tahun 2010 ke atas, TV berbayar dan tv swasta kita menayangkan kembali salah satu organisasi pertandingan MMA yang bernama UFC atau Ultimate fighting championship. Semenjak itu, MMA sangat berkembang pesat dengan dibukanya Gym-gym mma di sini. Mungkin di indonesia, pertandingan bela diri ini masih kalah pamor dibandingkan tinju, tapi perlahan MMA mulai naik dan 2 tahun terakhir sudah banyak event event lokal yang kembali muncul di Indonesia” tambah Sandy

MMA Indonesia

Mengingat fungsinya yang sudah meluas ke olah raga yang lebih umum, Gym MMA tersebut terbuka bukan hanya untuk mereka yang ingin jadi petarung profesional saja. Namun juga terbuka untuk khalayak umum yang berminat untuk mempelajarinya.

Dengan konsentrasi yang berbeda, MMA dapat dinikmati dan dilakukan oleh berbagai usia. Seperti kelas untuk anak-anak, MMA juga dapat berguna untuk membangun karakter anak yang lebih disiplin, menaikkan percaya diri, rasa untuk saling menghormati dan juga konsentrasi. Bagi kelas dewasa, MMA berguna untuk melatih self defense dan tentunya untuk berolah raga.

“Bela diri MMA ini bukan hanya untuk para kalangan yang ingin menjadi atlit saja, tapi bisa ditujukan untuk kalangan yang ingin menjaga kesehatan, atau kalangan yang sekedar hanya ingin bisa belajar bela diri agar kita juga dapat menjaga diri jika terjadi suatu hal yang tidak menyenangkan di jalanan” Ungkap Sandy.

Bagi sobat Yomamen yang ingin memulai mempelajari MMA, adakah tips tips khusus?

“Sebenarnya tidak ada tips yang terlalu khusus, tapi saya bisa memberi saran yaitu, carilah gym yang mempunyai fasilitas baik dan pelatih yang berkompetensi tinggi. Jangan cepat menyerah atau cepat bosan, karena proses belajar apapun membutuhkan waktu. Saya pikir selebihnya tidak ada yang terlalu khusus.” jelas Sandy.

Berminat untuk mempelajari olahraga Mixed Martial Art, mungkin anda dapat memulai dengan mencari MMA gym terdekat. Dengan bergabung dalam kelompok minat tersebut selain bermanfaat untuk membangun rasa percaya diri, disiplin, kita juga dapat membangun komunitas dan teman baru. (Yudho Perwiro)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Otomotif

Ketika Beli Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150 Kini Berhadiah Jaket Sporty

Sukses menghadirkan Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150 ke hadapan publik Indonesia hingga akhirnya menjadi trend setter baru motor sport 150cc pada saat ini, kini PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) kembali memberikan program terbaik yang berlaku mulai bulan Oktober 2017. Setiap konsumen yang melakukan pembelian Suzuki GSX-R150 maupun GSX-S150 akan langsung mendapatkan jaket sporty berdesain keren dan penuh gaya masa kini.

“Tidak terasa Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150 sudah memasuki periode semester kedua dari peluncurannya, dan penerimaan kehadirannya dinilai sangat baik bahkan hingga saat ini” ungkap Yohan Yahya – Sales & Marketing 2W Dept. Head PT. SIS

Melihat dari perkembangan dan semakin banyaknya pemilik Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150 yang selalu tampil bergaya dengan pakaian dan perlengkapan berkendara yang modis, SIS berinisiatif untuk melengkapi konsumen baru Suzuki GSX dengan jaket sporty secara cuma-cuma yang bisa menambah pesona sang pengendara. Jaket sporty tersebut berdesain race fit dan dilengkapi dengan full protector untuk perlindungan. Pengguna akan tetap nyaman menggunakan jaket tersebut ketika bergerak, dan langsung mengisyaratkan bahwa jaket tersebut berkualitas tinggi. Bahan yang dipergunakan pun telah water proof sehingga aman dari tetesan air.

“Sebagai rasa terima kasih, kami ingin menciptakan komunitas pengguna sepeda motor Suzuki menjadi lebih besar kembali, khususnya untuk model GSX-R150 dan GSX-S150 ini melalui program hadiah jaket sporty secara langsung bagi konsumen yang baru akan melakukan pembelian mulai bulan Oktober 2017. Bagi yang belum memiliki Suzuki GSX, segeralah mengunjungi jaringan dealer Suzuki dan jangan sampai melewatkan kesempatan baik ini.” sebut Yohan Yahya menambahkan.

Fitur-fitur moderen dan canggih tersemat di GSX-R150, seperti keyless ignition system yang telah terbukti mampu meminimalisir tindak kejahatan pencurian sepeda motor. Untuk kenyamanan berkendara dengan performa mesin yang besar pun bisa dinikmati dengan tipe GSX-S150. Keduanya dibekali mesin 150cc berteknologi DOHC (Double Over Head Camshaft) dan fuel injection yang canggih, sehingga pengendara akan terpuaskan setiap saat. Posisi duduk yang rendah dan total bobot yang ringan dirancang sesuai dengan postur tubuh orang Indonesia dan Asia pada umumnya, sehingga tidak akan menjadi masalah untuk dikendarai setiap hari.

Berlaku serentak mulai bulan Oktober 2017, Suzuki memberikan harga yang berbeda dari sebelumnya. Kini GSX-R150 dibanderol dengan harga Rp 28.900.000,- (On The Road DKI Jakarta) dan GSX-S150 sebesar Rp 24.400.000,- (On The Road DKI Jakarta). Harga promo periode ke-2 tersebut masih berada di bawah harga normal yang pernah disiarkan sebelumnya. Suzuki masih menjadi pilihan terbaik dan terjangkau bagi konsumen Indonesia pada saat ini, sehingga semakin banyak konsumen yang bisa menjadi pusat perhatian dan menjadi bagian dari tren saat ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top