Lebih Baik

Mengobati Sepi Lewat Sebuah Seni

Sepi berarti tak ada lagi secercah harapan, untuk bisa kembali meraih kebahagiaan. Secara lebay-nya sih seperti itu. Berbicara kesepian tak serta merta berbicara tentang kesendirian. Kalau bung menganggap sepi adalah kondisi di mana seorang sendirian itu tidak dibenarkan kok.

Karena para ahli sepakat kalau kesepian merupakan keadaan mental, bukan fisik. Buktinya saat bung pernah merasakan atau menemukan teman yang merasa sendiri di tengah keramaian. Itu salah satu contoh pasti kalau sepi merupakan keadaan mental.

Kesepian merupakan situasi yang tidak bisa dihindari, rasa itu datang secara gerilya menyerang ke ranah mental. Seperti rasa pengucilan, perceraian pasangan sampai kematian orang terdekat dapat membuat seseorang merasa kesepian. Kesepian juga bisa timbul dalam diri seseorang apabila ia memandang rendah diri sendiri akibat tak memiliki kepercayaan diri. Kondisi semacam itu dapat menumbuhkan kesepian.

Namun, setiap hal yang ada di dunia pasti memiliki obat penawar. Seperti rasa sepi yang bisa bung hakimi lewat sebuah seni. Dihimpun dari Bustle, seni dapat membunuh sepi. Selain itu ada beberapa cara lainnya yang dapat membantu mendepak sepi dari dalam diri.

Seni Bukan Pengalihan Kesepian, Tetapi Penyembuhan

Seorang Psikiater Gene Beresin menjelaskan lewat situs Bustle, bahwa seni bukan sekedar pengalihan namun memiliki sifat penyembuhan. Bahkan saat bung menikmati seni sebagai penyembuhan rasa sepi terdapat sebuah bonus. Terutama ketika bung merasa terhubung dengan orang lain yang juga menyukai seni. Nilai dari seni memang abstrak, cara menikmatinya pun berbeda-beda. Namun dengan terbawa ke alur paparan visualnya, akan membuat hati terasa bahagia.

Ketika kita membaca buku yang bagus, menonton film yang menarik, atau sangat menikmati musik atau mengamati karya seni visual, suasana hati kita bisa membaik dan kita merasa lebih baik,” ujar Beresin.

Syukuri Apa yang Bung Miliki dan Nikmati, Niscaya Sepi Tidak Akan Datang Lagi

Setiap orang selalu memberi ungkapan, “Jangan lupa bahagia”, sebagai sebuah frasa motivasi terhadap orang lain yang mulai mengeluh akan rutinitas harian. Padahal orang tidak pernah lupa cara bahagia, tapi yang mereka lupa adalah bagaimana berysukur apa yang ia punya. Merasa kurang, membuat seseorang tak pernah menikmati apa yang dimiliki. Sehingga utamakan bersyukur. Karena salah satu khasiatnya adalah dapat menikam rasa kesepian jadi kebahagiaan.

Sebuah studi di Eropa Journal of Psychology, menunjukkan rasa syukur dan menghargai sesuatu dalam kehidupan sehari-hari dapat membantumu memerangi perasaan keterasingan, tidak punya hubungan dengan orang lain, dan tidak punya teman. Soalnya rasa bersyukur mendorong keinginan seseorang untuk berosialisasi.

Carilah Hewan Peliharaan dan Rawatlah Tuk Mengundang Rasa Senang

Kondisi emosional seseorang saat merasa kesepian sangatlah tidak karuan. Mood dapat berantakan. Hasrat untuk beraktifitas jadi terhambat. Pasti bung pernah mendapatkan suatu kondisi mager (malas gerak) untuk keluar rumah, nongkrong sama teman sampai bekerja. Rasa kesepian yang menyeimuti membuat emosional tidak sejahtera. Beresin pun menyarankan untuk memelihara hewan peliharaan untuk memancing rasa senang.

Hubungan antara manusia dan binatang peliharaan bisa melepaskan oksitosin, yang timbul dari rasa keterikatan,” kata Beresin.

Ditambah lagi pengalaman yang menyenangkan saat memiliki hewan peliharaan menurut Beresin adalah saat merawatnya.

“Hewan peliharaan memberikan dukungan dan koneksi emosional. Mereka juga membutuhkan kita untuk merawat mereka. Merawat hewan peliharaan adalah pengalaman yang menyenangkan,” ujar Beresin.

Komunikasi Tatap Muka Menjadi Obat Utama Kesepian yang Mungkin Bung Derita

Bertatap muka dan melakukan pembicaraan dengan orang lain seputar apa saja, dapat menyingkirkan rasa kesepian secara perlahan. Hal ini pun didukung oleh pernyataan Psikolog Klinis, Madeline William. Ia menyatakan rasa cemas bisa saja timbul saat seseorang berencana menelpon. Karena metode komunikasi tersebut dirasa mengurangi kedekatan hubungan, maka dari itu temuilah mereka dan berbicaralah secara langsung.

Namun, jika kamu merasa bahwa mengirim pesan atau menggunakan metode lain yang kurang langsung untuk berkomunikasi mengurangi kedekatan hubungan, kamu mungkin akhirnya merasa kesepian,” imbuhnya.

Oleh karena itu komunikasi tatap muka jadi solusi atas rasa kesepian.

Terjun Jadi Relawan Sosial, Guna Melepas Belenggu Kesepian yang Menghantam Badan

Journals of Gerontology : Social Sciences menyatakan kalau menjadi relawan setidaknya dua jam seminggu dapat meringankan perasaan kesepian serta isolasi sosial. Psikiater Gene Beresin menambahkan dalam kasus relawan, bahwa berbicara dengan orang lain adalah kunci untuk memerangi kesepian.

Menjadi relawan sosial banyak hal yang bisa bung lakukan, terlebih sederet komunitas yang bergerak di bidang sosial dapat bung temukan di internet. Tinggal bung saja yang menentukan, mau bentuk komunitas sosial seperti apa. Siapa tau ini menjadi kebiasaan baik yang dapat bung jalani nantinya selepas rasa sepi itu sudah tiada.

Proses (relawan sosial) ini tidak hanya membantu menjauhkanmu dari perasaan diasingkan secara fisik, tetapi rasa bersyukur yang kamu dapatkan karena berbagi dan bisa berinteraksi dengan orang lain juga meringankannya,” imbuh Beresin.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Baik

Hal Seru yang Bisa Dibahas Sebagai Topik Pembicaraan Saat Chatting dengan Gebetan

Hal pertama yang harus bung ketahui adalah, si nona  bosan bahkan males kalau bung bentar-bentar nanya ‘lagi apa?’. Seolah tidak ada topik pembicaraan yang bisa dibahas, kan? padahal banyak banget hal yang bisa digali atau di-improvisasi. Setidaknya bikin obrolan benar-benar menarik untuk didiskusikan atau ditertawakan.

Meskipun respon-nya terkadang jutek bahkan terlihat nggak tertarik, nggak usah dipikirin, setidaknya kalian sudah mencoba. Cari lagi topik lain yang menarik dibahas. Penting, untuk mengetahui karakter dia itu seperti apa, gali-gali hal menarik dari pembicaraan kalian saat bertemu atau chatting. Dari situ kalian tentukan topik apa yang sekiranya menarik dibahas. Berikut ini ada beberapa topik yang seru dibahas saat chatting dengan gebetan.

Pertanyakan Aktivitas yang Telah Dilewati di Hari Ini

Saat kalian merasa sedang dilanda kebingungan untuk menentukan topik. Sebaiknya jadikan aktivitas atau rutinitas yang dilewati di hari tersebut untuk dibahas. Bakal timbul pembicaraan menarik apabila ia sedang melewati hal-hal yang seru bahkan menjengkelkan. Telat karena transportasi umum yang ditumpangi bannya bocor atau kena omel dikantor karena salah memasukkan data.

Memang terkadang ia ingin melupakan hal sial. Tapi kalau bung tahu bagaimana cara membahasnya jadi hal menarik justru ia sungkan untuk mengingat kembali. Seperti menjadikan hal tersebut sebagai lelucon sembari memberikan dukungan dan nasihat. Contohnya, ‘kalau kamu bareng aku tadi ke kantor, nggak ada tuh kejadian telat karena naik bus bannya bocor haha’.

Meminta Pendapat Si Nona Saat Memilih Pakaian atau Sepatu

Jangan selalu meminta pendapat saat membeli barang ya. Topik ini dipakai sebagai bahan saja, alias jangan sering-sering! takut-nya si nona akan berpendapat bahwa bung matrealistis, pamer atau semacamnya. Maklum karena baik bung atau si nona belum kenal secara dekat.

Tapi meminta pendapat si nona dengan mengirim foto pakaian atau sepatu yang kalian beli jadi topik obrolan yang menarik. Apalagi saat kalian kopi darat, kemudian bmemakai barang yang sebelumnya direkomendasikan, akan jadi hal membuatnya senyum-senyum sendiri. Percayalah.

Membuat Lelucon Pribadi

Yang dimaksud dengan lelucon pribadi, adalah bentuk lelucon yang dimengerti antara bung dan si nona. Lelucon pribadi bisa terbentuk lewat obrolan kalian atau saat bertemu, kalian menemukan peristiwa menarik kemudian dinamai.

Saat menyebut nama tersebut kalian akan tertawa saking memorable dan lucunya peristiwa itu. Di sisi lain lelucon bersifat personal mengisyaratkan adanya chemistry. Maka ia akan mencari saat bung pergi.

Membicarakan Tentang Film atau Musik

Film atau musik tetap jadi topik menarik untuk dibicarakan. Coba cari tahu tipikal film atau musik seperti apa yang nona suka, dimulai dari bung menceritakan tentang film yang habis bung tonton. Apabila ada kesamaan maka kalian bisa bertukar judul film! syukur-syukur kalau ia mau menonton apa yang bung rekomendasikan.

Maka akan jadi topik pembicaraan panjang. Bagaimana kalau beda? mintalah rekomendasi film yang sesuai seleranya, kemudian bahas setelah bung menontonya. Dengan cara ini, si nona akan merasa bahwa bung mau menyelami dunia-nya. Sekaligus menandakan kalau bung bukan tipikal orang yang egois.

Memberikan Meme yang Sedang Viral di Internet

Topik pembicaraan bisa berawal dari meme yang beredar di internet. Coba saja kirim ke gebetan dan lihat bagaimana reaksinya. Apabila ia sedang suntuk kemudian ceria berarti berhasil. Alhasil pembahasan tersebut akan mengalir. Jangan kaget kalau ke depannya kalian akan saling tukar meme. Ini jadi hal yang seru, ya kan?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Baik

Meramu Topik Pembicaraan yang Menarik Saat Kencan dengan si Nona

Memilih topik pembicaraan yang menarik bagi wanita saat kencan memang tidak bisa dilakukan sembarangan. Apalagi kalau bung berharap bakal ada kencan kedua, ketiga dan seterusnya. Untuk itu dalam menentukan topik, harus mengetahui mana hal menarik yang dibawakan. Dari pada datang dengan random dan membiarkan topik mengalir, lebih baik disusun dengan rapih, kan?

Topik pembicaraan adalah jembatan perasaan. Susana asik bahkan seru bisa ditimbulkan lewat obrolan. Maka dari itu bung harus tahu cara meramu topik pembicaraan, agar semakin menarik. Dari pada berpikir susah-susah, lebih baik simak beberapa topik pembicaraan yang di bawa saat kencan. Agar nona merasa seru saat bertemu denganmu

Membahas Soal Hobi yang Digandrungi

Hobi adalah hasrat yang dilakukan atas dasar kesenangan. Apabila membicarakan hal semacam ini sebagai topik kencan, sangat seru untuk dilakukan. Keterbukaan satu sama lain dengan perbedaan hobi misalnya, jadi hal menarik!  satu sama lain akan lebih mendalam mengulik kerpibadian lawan bicara. Maka obrolan akan jauh lebih dalam.

Pengalaman Masa Lalu yang Seru dan Tak Terlupakan

Mengais kembali pengalaman masa lalu dengan cara menceritakan betapa seru-nya dulu ketika kamu sekolah. Atau menceritakan tentang perjalanan waktu kamu study tour ke Jogja dan Bali ketika SMA. Momen seru tersebut dapat memancing rasa penasaran si nona untuk mendengarkan secara antusias.

Bahkan bisa jadi ia ingin membagikan pengalaman yang sama. Topik menceritakan masa lalu yang seru dan terlupakan, merupakan salah satu topik tajam yang bisa dipakai saat kencan.

Bertanya Soal Musik atau Film

Menyentuh budaya pop seperti musik atau film, bisa dikatakan adalah topik menarik. Pasalnya menceritakan tentang film favorit seperti menceritakan kepribadian. Lantaran ada hal yang ingin disampaikan. Semisal si nona suka drama korea, karena konfliknya ringan, dalam arti si nona ini cukup simple dalam urusan sesuatu tidak neko-neko. Dan bisa ditebak juga kalau ia pasti suka lagu yang easy listening. Kalau sudah mendapatkan celah semacam ini coba rekomendasikan film atau musik kesukaan kalian.

Membahas Isu yang Ramai Diperbicangkan di Sosial Media

Kalau sedang tahap kencan dengan si nona, harus rajin buka sosial media terutama kalau ada isu hangat ya. Perempuan cenderung memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan, makanya perempuan suka sekali bergosip. Meskipun tidak semua lho.

Lantas kalau kita peka terhadap isu hangat, apakah justifikasi cowok gosip akan menempel pada kita? tentu saja tidak. Soalnya isu hangat di sini adalah yang jauh dari soal infotainment.

Semeisal kasus bullying siswa SMP di Kalimantan, penyiksaan terhadap hewan, sampai viralnya video tentang penambangan batu bara ilegal. Dengan membicarakan hal semacam itu, membuat si nona tahu kalau kita ternyata cukup memperhatikan berita dan isu hangat yang berkembang.

Menceritakan Tempat yang Ingin Dikunjungi

Setiap tempat yang telah kamu kunjungi pasti memiliki cerita serta pengalaman yang menarik. Ceritakanlah pengalaman tersebut dengan si nona. Sangat beruntung kalau tempat yang sudah bung kunjungi, ternyata akan nona kunjungi saat libur nanti atau ia ingin berkunjung tapi belum kesampaian.

Menceritakan tentang tempat membawa nuansa penasaran tersendiri bagi yang mendengarkan. Selain itu ceritakan juga tempat yang ingin bung kunjungi serta alasan kenapa ada rencana untuk mengunjunginya.

Menunjukkan Kualitas Diri

Meskipun dalam topik pembicaraan kamu tak boleh dominan, tapi ada baiknya sesekali bercerita tentang diri sendiri seperti tentang kualitas diri. Seperti apakah pekerjaan yang dilakukan sekarang sudah sesuai dengan passion atau seperti yang dibayangkan.

Sembari menyelipkan cerita tentang kelebihan apa yang membuat bung bisa berada di posisi seperti ini. Selain itu, ajak juga si nona untuk bercerita tentang kelebihan dan apa yang ia cita-citakan sejak kecil.

Becerita Tentang Kawan Bahkan Keluarga Kalian Seperti Apa

Biasanya si nona memiliki genk pertemanan yang akrab. Pancinglah cerita dia dengan genk-nya tersebut dengan menceritakan bagaimana bung dengan teman-teman bung. Bagaimana kalau kalian telah berkumpul, apa yang kalian lakukan.

Selain itu ceritakan juga sedikit tentang keluarga dan bocorkan bagaimana sikapmu saat nanti menjadi kepala keluarga. Siapa tau cocok dengan kriteria si nona.

Menanyakan Tentang Sifat Apa yang Dibenci Olehnya

Kamu kalau kesel dengan orang seperti apa?”, ini merupakan pertanyaan penting dalam hubungan sekaligus topik menarik untuk dibahas. Karena teman kencanmu bisa saja langsung membeberkan sikap apa saja yang tidak disuka.

Hingga membuatnya marah atau jengkel. Di sisi lain ia akan menjelaskan kenapa sifat-sifat tersebut sangat dibenci olehnya.

Membahas Tentang Kekurangan atau Sifat Buruk

Membahas sifat buruk mungkin dapat jadi boomerang hingga nantinya teman kencan menjauh. Tentu ini bagus dong? karena lebih baik tak ada kencan kedua dan ketiga dari pada saat jadian putus-putus juga kan?

Yap, membahas tentang kekurangan diri itu semacam sinyal apakah keberadaan kita membuat risih si nona atau tidak. Sekaligus kita menjelaskan kita orang seperti apa. Setelah menjelaskan kita balik bertanya untuk  nona bercerita tentang kekurangannya.

Sudah Siap Ngobrol Masa Depan?

Eitss, kalau ngobrol masa depan tak bisa gegabah atau sembarangan. Lihat bagaimana respon si nona, apakah ia antusias dengan semua topik yang kalin bahas atau tidak. Kalau sudah ada sinyal antusias barulah kalian bisa mengobrol tentang masa depan. Bahkan bisa berandai-andai apabla kalian ternyata hidup bersama.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Baik

Jangan Bingung, Masih Banyak Cara Membuat Wanita Nyaman

Menyenangkan saat perempuan mengatakan ‘Aku nyaman denganmu’. Kehadiran kita selama ini diterima dengan baik dan tidak membuatnya risih. Kenyamanan dihasilkan lewat tindakan dan perbuatan, se-simple bagaimana Bung memperlakukannya. Penjelasan seperti ini mungkin membingungkan. Tapi bung jangan keburu bingung, karena ada cara membuat wanita nyaman.

Seyogyanya, wanita jarang mengatakan secara verbal apabila merasa nyaman. Tapi itu bisa dilihat, apabila selalu mau saat diajak ketemu, tidak pernah menolak ketika diajak makan atau nonton. Bahkan mencari di saat tidak menghubungi. Demi meraih respon seperti itu, coba ikuti beberapa tips bagaimana membuat wanita merasa nyaman.

Mencurahkan Segala Perhatian Demi Membuatnya Senang

Berikan segala bentuk curahan perhatian, itu membantu nona menyadari kalau selama ini bung selalu ada dan menemani. Si nona tidak mungkin meminta untuk diperhatikan. Ini timbul dari inisiatif, tanpa ada rasa inisiatif dan kepekaan, hal yang sulit untuk membuat perempuan nyaman.

Tak perlu ke hal-hal besar, hal-hal mikro seperti bertanya ‘apa sudah di rumah?’ atau ‘Hari ini panas banget, minum yang banyak ya!’ contoh sederhana di mana perempuan akan merasa senang. Bentuk perhatian itu seperti hadiah ditengah kegelapan.

Setia Dengannya, Meskipun Belum Ada Status Antara Kalian Berdua

Menjalani tanpa status itu rumit, kan? namun kalian harus menunjukkan keseriusan. Segala bentuk risiko harus ditanggung, semisal ia tak memilihmu. PDKT atau belum menikah, mungkin masa bebas untuk memilih mana terbaik dari yang terbaik. Hingga kalian melancarkan PDKT lebih dari satu perempuan.

Untuk membuat si nona merasa nyaman harus dibuktikan dengan setia kepada pasangan. Sebagai pembuktian kalau hanya dia yang Bung inginkan adalah tidak mendekati perempuan lain.

Menjadi Pendengar yang Baik, di Segala Situasi

Baik sedih atau pun senang kalian wajib mendengarkan apa yang ia ceritakan. Seputar aktivitas yang dijalani sehari-hari apabila ingin diceritakan harus kalian dengarkan. Jadi pendengar yang baik membuat perempuan tahu akan pergi ke mana ia saat ingin mencurahkan perasaan. Setiap orang ingin didengarkan saat memiliki masalah, meskipun tidak ada solusi.

Intinya tunjukkan rasa tertarik akan segala bentuk topik yang ia ceritakan. Saat curhat tatap matanya, dengarkan isinya dan simak semua aksara yang keluar dari mulutnya.

Pede dan Tidak Minder

Minder saat bercengkeramah dengan si nona akan merusak segala situasi. Ia tak ingin bersanding dengan laki-laki yang pesimis dan tidak percaya diri. Takut imbas tersebut menempel ke dirinya, terbayang betapa lelah-nya terus memberikan nasihat dan motivasi karena kalian suka mengeluh.

Pede saja dengan apa yang kalian miliki, si nona akan merasa nyaman karena diperjuangkan oleh orang yang berpikiran positif. Tapi jangan terlalu pede juga sampai mengarah ke sombong! semua hal yang kalian miliki tak perlu diperlihatkan untuk membuat nona terkesan. Justru bisa jadi bumerang.

Ubah Diri Jadi Gentlemen, Bukan Lelaki Cemen!

Gentlemen itu seperti apa sih? Gentlemen itu tidak dinilai dari pakaian ala-ala eksekutif muda. Tapi melakukan berbagai macam hal sederhana yang menarik perhatiannya. Seperti menarik bangku saat ia ingin duduk, mengantarkan pulang saat kencan, membukakan pintu mobil, atau membiarkan si nona jalan terlebih dahulu.

Dengan mengemban bentuk sikap semacam itu, dijamin kaum hawa tak tahan menahan rasa suka dan merasa nyaman. Lantaran diperlakukan sebagai putri raja. Sikap gentlemen wajib dimiliki laki-laki agar menambah citra dan pesona dalam diri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top