Lifestyle

Mengatasi Candu Kopi di Bulan Puasa Dengan Mengonsumsinya Secara Sehat Tanpa Dehidrasi

Menyeruput secangkir kopi sudah menjadi agenda pagi yang dilakukan banyak orang sebelum mulai aktivitas, guna meningkatkan daya pikir karena kopi mengandung kafein. Tetapi, selama di bulan Ramadhan, banyak yang bingung bagaimana menyiasati kegiatan ini. Ngopi seolah-olah harus diberhentikan selayaknya nafsu yang harus diakomodir selama di bulan baik.

Kekawatiran tersebut sebenarnya tidak perlu begitu, karena Bung masih bisa tetap menikmati aroma dan ngopi asalkan tahu aturannya. Mungkin banyak Bung yang bertanya-tanya, bagaimana cara untuk ngopi selama bulan puasa? Dilansir dari majalah ottencoffe, berikut ada beberapa tips sederhana yang disiarkan guna membantu Bung dalam melaksanakan ritual menyesap kafein di bulan puasa.

Atur Pola Ngopi Jangan Sampai Berlebihan Bung

Kalau pada hari biasa Bung bisa mengonsumsi kopi 4-5 cangkir, justru Bung harus memberinya pembeda saat sedang berpuasa. Karena secara kondisi tubuh saja sudah berbeda, lebih baik Bung atur pola ngopi agar tidak mengganggu puasa. Minum kopi secukupnya saat sahur bisa menjadi alternatif agar badan Bung terasa segar dan berenergi. Dan juga minumlah lagi secangkir kopi setelah berbuka Bung, agar tubuh kembali bersemangat. Apalagi pada bulan baik seperti ini, tentu sarat dengan berbagai agenda mencari pahala yang tersedia lewat tarawih dan tadarus. 

Pilihan Kopi pun Harus Cermat, Jangan Sampai Kalap Karena Rindu yang Amat Berat

Kopi sudah menjadi candu bagi sebagian orang, bahkan menjadi aroma yang selalu dirindukan. Sehingga jenis kopi apa saja bisa menjadi favorit. Tetapi disaat bulan Ramadan jenis kopi yang dianjurkan adalah arabika. Bukan hanya karena namanya mengandung unsur religius, tetapi kafein arabika memang lebih rendah apabila dibandingkan dengan robusta yang jumlah kafeinnya bisa mencapai dua kali lipat.

Saat puasa tubuh kita tak membutuhkan kafein yang terlalu tinggi. Selain itu, konsumsilah kopi yang segar dan jelas asal-usulnya. Kopi yang tidak jelas ataupun kopi instan sangat tidak baik bagi tubuh, bahkan efeknya pun dapat mengganggu kesehatan.

Lakukan Coffe Nap Sebelum Berkegiatan di Pagi Hari

Bagi Bung yang tidak tau coffe nap, ini sebenarnya sama saja dengan power nap, adalah sebuah tidur siang singkat yang dilakukan 10 sampai 20 menit agar tubuh kembali bersemangat. Kalau coffe nap biasanya dilakukan setelah menikmati secangkir kopi dan disusul dengan istirahat yang berguna untuk menghilangkan rasa kantuk yang sering menyerang di jam-jam keras. Sedangkan di bulan puasa, Bung bisa melakukannya setelah shalat subuh. Sebelum imsak Bung mengonsumsi kopi dan lanjut shalat subuh, setelah itu Bung bisa memejamkan mata sejenak sebelum berkegiatan di pagi hari.

Jangan Ngopi Terlalu Larut Malam, Nanti Bung Sahurnya Bisa Kesiangan

Mungkin Bung bisa menikmati kopi selepas beraktivitas dan melaksanakan shalat tarawih, sekedar bersenda gurau sambil bersantai. Namun, entah karena sugesti atau tidak, menikmati kopi memang terkadang dapat membuat rasa kantuk menghilang. Sehingga Bung dapat tidur larut pagi, dan sahur pun kesiangan atau terlewatkan. Jadi sayang kalau hanya karena segelas kopi yang ditenggak, membuat puasa Bung tidak dapat dijalankan secara enak.

Kalau Minum Kopi Harus Diimbangi Dengan Air Putih

Bagi yang belum tahu, kalau Bung mengonsumsi kopi harus diimbangi dengan meminum air putih yang cukup. Karena sehabis menenggak kopi biasanya beberapa orang mudah haus dan dehidrasi, Bung. Apalagi saat puasa, justru Bung harus mendapatkan asupan cairan yang cukup, yakni dengan minum air putih dengan jumlah banyak. Maka setelah Bung selesai minum kopi jangan lupa mengonsumsi air putih, agar ibadah puasa dapat berjalan secara maksimal.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Karena Penelitian Menyebut Kecerdasan Itu Sexy

Sebagian orang masih mengasosiasikan “pintar dan cerdas” itu dengan tampilan kaku macam kutu buku. Padahal sesungguhnya saat ini banyak tokoh-tokoh yang lekat dengan kecerdasan macam Elon Musk atau Mark Zuckerberg yang justru dianggap menarik dan sexy.

Beberapa penelitian juga bahkan menunjukan hal ini. Salah satunya adalah penelitian yang digagas psikolog Gilles Gignac, Joey Darbyshire, dan Michelle Ooi dari University of Western Australia. Mereka menemukan bahwa orang-orang dengan IQ tinggi memiliki skor tinggi dalam hal keseksian ketika dinilai oleh orang lain.


“Kecerdasan” Menjadi Faktor Kedua Daya Tarik Setelah “Kebaikan”

Penelitian tentang kecerdasan dan daya tarik di atas melibatkan sedikitnya 10 ribu peserta dari 33 negara di dunia. Salah satu temuan menariknya adalah para peserta penelitian menempatkan “smart” di nomor dua sebagai daya tarik.

Posisi ini hanya dikalahkan oleh faktor “kebaikan dan pengertian” yang menempati urutan nomor satu. Jadi sesungguhnya dengan menjadi baik dan terus melatih kecerdasan sudah bisa membuat orang lain tertarik kepada kita.

Salah Satu Indikator Kecerdasan Adalah Selera Humor

Dalam penelitian itu juga ditanyakan mengenai indikator apa yang digunakan untuk menilai seseorang cerdas atau tidak. Sebagian menyebut bahwa salah satu indikator yang digunakan untuk menilai kecerdasan seseorang adalah selera humornya.

Karena mereka yang cerdas selalu berpikiran terbuka dan orang yang berpikiran terbuka ini cenderung punya selera humor yang baik. Mereka yang smart juga dikatakan tidak akan mudah tersinggung dan aspiratif terhadap ide-ide baru.

Tak Cuma Pada Individu, “Smart Dan Sexy” Juga Kini Diterapkan Pada Hal Lain

Perpaduan menarik ini tak cuma ditemui dalam urusan penggambaran individu seseorang. Karena kini banyak sektor juga menerapkan konsep ini. Coba tengok misalnya gadget yang selalu menemani kita.

Dahulu mungkin handphone hanya digunakan sebagai alat komunikasi suara dan teks. Kini perkembangannya sudah jauh lebih dari itu. Mulai dari mengakses internet, sosial media, pesan makanan, penunjuk arah hingga fungsi lainnya yang dulu hanya impian.

Tapi toh kamu juga tak mau hanya menggunakan gadget yang cerdas saja bukan? Begitu banyak pilihan ponsel cerdas, tentunya kamu juga memilih yang di desain menarik lagi sexy. Karena hal tersebut juga menunjukan jati diri.

Bahkan Meluas Hingga Urusan Tata Kota Juga Tersentuh Unsur Kecerdasan

Familiar dengan istilah Smart City? Yup inilah konsep yang diinisiasi oleh Suhono S. Supangkat dari ITB. Kota tak lagi hanya menjual soal “keindahan dan kecantikan” namun juga harus bersifat smart.

Menurutnya, Smart City adalah kota yang bisa mengelola Sumber Daya Alam (SDA), Sumber Daya Manusia (SDM) dan sumber daya lainnya sehingga warganya bisa hidup nyaman aman dan berkelanjutan.

Seperti adanya transparansi dan partisipasi publik, transportasi publik, transaksi non tunai, manajemen limbah, energi, keamanan, data dan informasi. Hal ini dapat didukung melalui teknologi informasi dan komunikasi. Terbayang menyenangkannya hidup di kota yang di tata macam ini bukan?

Tak Mau Ketinggalan, Urusan Kendaraan Juga Harus Mengadaptasi Ini

Soal “smart dan sexy” ini juga merambat ke urusan kendaraan. Mengingat hal ini melekat dengan kita dan digunakan juga untuk berativitas sehari-hari. Wajar rasanya jika konsep ini juga diterapkan pada kendaaraan kita.

Ambil contoh Yamaha Lexi yang mengusung konsep “Smart is The New Sexy” yang bermakna bahwa sexy tidak hanya tentang penampilan melainkan tentang karakter, sikap dan pola pikir yang Smart. Yamaha Lexi mempunyai 3 pilar konsep Utama

Untuk Smart & Sexy Design, Motor ini mengkombinasikan unsur Luxury dan Elegan dengan bobot yang paling ringan di kelas MAXI YAMAHA. Tampilannya yang berkelas ditunjang desain lampu Grand LED Headlight ditambah eye line biru yang menawan memperkuat kesan mewah dan elegan. Apalagi untuk tipe Lexi-S, desain joknya  memadukan dua tekstur kombinasi yang disatukan dengan motif jahitan elegan membuat tampilan motor menjadi lebih berkelas.

Tak cuma tampilan karena yamaha Lexi ini punya Smart Features. Untuk Varian Yamaha Lexi-S dibekali fitur Smart Key System yang merupakan sistem kunci tanpa anak kunci alias keyless. Kunci ini juga sudah disematkan fitur Immobilizer dan Answer Back System untuk memudahkan pengendara mencari posisi parkir motor.

Berkendara dalam jarak jauh juga kini tidak perlu khawatir karena Yamaha Lexi memiliki bagasi yang luas dan lega untuk menampung barang bawaan lebih banyak. Apalagi, Yamaha Lexi menjamin pengendara tetap terhubung melalui Smartphone karena dilengkapi Electric Power Socket untuk mengisi daya gadget.

Urusan dapur pacu diserahkan pada Smart Engine. Dari segi performa mesin, Yamaha Lexi menggunakan mesin generasi baru Blue Core 125 cc yang disempurnakan Variable Valve Actuation (VVA). Mesin ini secara cerdas akan membuat aksi berkendara lebih efisien, bertenaga dan handal dengan tenaga dan torsi maksimum di setiap putaran mesin. Apalagi Yamaha Lexi dilengkapi Liquid Cooled 4 Valves (LC4V) yang membuat suhu mesin lebih stabil dan performa lebih maksimal.

Tak berhenti disitu Yamaha Lexi dibekali fitur canggih Stop & Start System (SSS) berfungsi untuk mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu pada saat motor sedang berhenti. Apalagi ditambah Smart Motor Generator (SMG) membuat suara motor lebih halus saat dinyalakan. Kalau masih penasaran soal motor satu ini kamu bisa lihat detailnya di halaman ini!

Jadi bagaimana? Kamu sudah siap mengikuti trend smart is the new sexy ini?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Health

Merokok dan Mengonsumsi Alkohol Menjadi Penyebab Terjadi Kanker Mulut

Tak dipungkiri kebiasaan laki-laki ternyata sangat akrab akan segudang penyakit. Seperti merokok dan mengonsumsi alkohol yang menjadi dua hal yang kerap erat untuk dilakukan. Dari dua kebiasaan yang sulit lepas dari kaum adam tersebut ternyata dapat memicu terjadi penyakit kanker mulut loh bung. Meskipun penyakit ini tidak begitu dikenal seperti penyakit kanker lainnya macam kanker payudara. Namun angka kematian disebabkan kanker mulut bisa mencapai 50% dengan angka bertahan hidup kurang dari tiga tahun.

Gaya hidup buruk cenderung membawa laki-laki menjadi lebih mudah mengonsumsi alkohol. Rokok, yang menjadi sepaket dengan alkohol semakin memicu timbulnya penyakit mengerikan ini  karena ada kandungan Karsinogenik di dalam zat-zat alkohol dan rokok.

Ketua Ikatan Spesialis Penyakit Mulut Indonesia, Drg Rahmi Amtha, MDS, Sp.PM, PhD menyatakan langsung dalam forum Cegah Kematian Akibat Kanker Rongga Mulut dengan Deteksi Dini Lesi Pra Kanker yang digelar di D’Lab Menteng pada Kamis, 13 Desember 2018 menyatakan kalau 40 persen kanker mulut diawali oleh lesi pra kanker yang ditandai dengan perubahan warna.

Tanda-tanda awal kanker mulut dikenali dengn adanya perubahan warna, tekstur, luka yang tidak sembuh-sembuh lebih dari satu bulan. Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa dirinya menderita kanker rongga mulut karena tidak ada rasanya sakit dan tidak mengetahui tanda-tandanya,” ucap Drg, Rahmi Amtha.

Sedangkan Drg. Rahmi Amtha menjelaskan kalau rokok yang mengadung berbagai macam zat di setiap batangnya ternyata memiliki kadar berbahaya yang mampu membangkitkan sel kanker. Namun beliau menjelaskan kalau kadar yang berbahaya tersebut adalah tar bukan nikotin.

Kita tahu kalau rokok itu mengandung Tar yang bersifat karsinogenik dan zat tersebut memicu terjadinya perubahan sel,” ujarnya.

Maka dari itu bung, menggalakkan hidup sehat dan meninggalkan kebiasan buruk sudah secara klise dipaparkan untuk menghindari bung terhindar dari macam penyakit. Lantas apakah seseorang yang berhenti merokok atau mengonsumsi alkohol akan terhindar dari kanker mulut? jawabannya tidak bung.

Kalau seseorang yang berhenti, tentu dia akan terlepas dari paparan bahan-bahan Karsinogenik, seharusnya tidak berisiko terkena kanker mulut bung. Namun kanker mulut itu disebabkan oleh multifaktor. Ini sama saja dengan pernyataan bahwa saya merokok tidak terkena kanker mulut. Tetapi beberapa faktor-faktor lain bisa bermodulasi,” ujar Drg Rahmi.

Penyakit kanker mulut memang bisa disebabkan karena multi faktor, rokok dan alkohol hanya segelintir faktor penyebabnya. Sedangkan faktor lainya adalah Bahan penyedap, zat pewarna, radiasi pengion, iritasi kronik, pengawet makan dan virus. Sedangkan di sisi lain pengunaan rokok elektrik juga belum dikategorikan lebih sehat menurut Drg. Rahmi.

“Sementara ini seseorang menyatakan kalau rokok elektrik itu beda dengan rokok konvensional, padahal di dalamnya sama-sama mengandung nikotin cair.  Kemudian waktu menghisap dengan mengunakan elektrik kadar nikotin dan tar yang terbakar atau terkandungnya itu lebih tinggi dari rokok konvensional. Jadi harus dikaji lagi,” ungkapnya lebih jelas lagi.

Kanker mulut adalah suatu penyakit yang berbahaya namun masih bisa dicegah dan disembuhkan. Untuk itu Ikatan Spesialis Mulut melakukan edukasi dan sosialisasi yang lebih banyak lagi. Salah satunya dengan gerakan SaMuRi (Periksa Mulut Sendiri).

Melalui gerakan ini masyarakat akan diajarkan bagaimana melakukan pemeriksaan mulut secara mandiri dan juga menjaga kebersihan rongga mulut dengan baik,” imbuhnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Health

Tatkala Hujan yang Datang Meningkatkan Hasrat Untuk Bung Melakukan Hubungan Badan

Hasrat untuk berhubungan badan, konon katanya semakin meningkat saat cuaca dingin atau musim hujan. Tapi apakah benar bung seperti itu? dilansir dari doktersehat, menurut Zoya Amirin selaku pakar kesehatan di bidang seksologi  ada dua hal yang membuat seseorang mengalami peningkatan hasrat untuk berhubungan intim saat hujan. Hal tersebut terjadi suasana yang cenderung dingin dan pikiran yang cenderung rileks.

Tak diduga-duga, cuaca tersebut juga mendorong rangsangan untuk beruhubungan badan. Zoya pun melanjutkan, kalau alasan ini juga berlaku kenapa pasangan cenderung lebih suka berhubungan seks di pagi hari, khususnya bangun tidur. Selain merasa kondisi bugar, udara di pagi hari yang dingin akan membuat hubungan badan terasa lebih nyaman.

Penyedia alat bantu seks bernama Lovehoney  menghadirkan fakta menarik ketika mengatakan kalau kebanyakan orang akan berhubungan intim di bulan Desember, bulan di mana negara-negara belahan bumi utara sedang mengalami musim dingin dan negara tropis sedang musim hujan.

Jadi teruntuk bung yang menikah di saat musim hujan ini tentu berbahagia, selain cuaca yang pas banyak manfaat yang bung dapatkan saat berhubungan intim seperti dilansir Everyday health.

Hubungan Intim Dapat Menyehatkan Jantung

Hubungan seks itu sehat dan baik untuk jantung. Menurut penelitian yang telah ditemukan bahwa teradapat risiko bung untuk meninggal karena penyakit jantung seperti stroke atau serangan jantung yang menurun, seiring meningkatnya frekuensi anda meraih orgasme.

Mungkin bung juga berfikiran kalau daya yang dikeluarkan saat bercinta dapat berbahaya untuk jantung, tapi nyatanya tidak demikian loh. Karena momen seksual yang paling intens sekalipun dapat menguras tenaga seperti berjalan kaki sejauh 4-6 mil per jam.

Tentu kehidupan seksual secara umum dapat menjaga keprimaan tubuh terutama jantung.

Kadar Stres pun Dapat Berkurang Saat Bung Melakukan Hubungan Intim

Stres ternyata bisa diobati dengan melakukan aktivitas seks loh. Para peneliti memiliki teori bahwa pengurangan stres dikarenakan jalur kenikmatan di otak terpicu oleh seks. Ternyata efeknya pun dapat bertahan lama dari yang kita kira. Kunci bung melakukan seks yang sehat, karena seks yang sehat memberikan efek menenangkan selayaknya bung saat mengonsumsi makanan manis.

Sampai Penyakit Kanker pun Dapat Berkurang

Siapa yang menyangkan kalau dari aktivitas yang berbau ena-ena ini bisa mengurangi risiko penyakit yang berbahaya macam kanker. Hubungan badan ternyata memang memiliki khasiat untuk mengurangi risiko penyakit kanker, terutama kanker prostat. Pasalnya penelitian menemukan risiko kanker prostat pada pria dapat berkurang secara drastis dengan orgasme yang baik, terutama stimulasi pada testis.

Awet Muda Bisa Diakali Lewat Hubungan Seks dengan Istri

Tidak hanya perempuan, laki-laki pun ingin terlihat lebih muda. Selain mengonsumsi obat dan ramuan herbal yang dapat menunda penuaaan dan keriput, para ahli mengatakan seks bisa membantu bung dapat terlihat lebih muda.

Kulit bung akan lebih bersinar, lantaran hasil perpaduan beberapa manfaat seperti lewat hubungan badan rasa stres berkurang, suasana hati jauh lebih baik hingga lancarnya proses aliran darah. Proses alami ini terjadi saat bung sedang terangsang.

Bahkan Suasana Hati Dapat Terobati Lewat Hubungan Intim yang Bung Lalui

Menurut para peneliti hormon-hormon dan neurotransmiter dalam tidur dapat memberikan rasa senang akan aktif, belum lagi adanya senyawa air mani yang bantu meningkatkan suasana hati, tentu saja hal ini dilalui setelah bung berhubungan seks. Belum lagi, perasaan dekat dan terkoneksi dengan pasangan membuat bung jauh lebih bahagia.

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Health

Tidak Hamilnya Pasangan, Bisa Jadi Karena Bung Tidak Subur Sebagai Pejantan

Tidak memiliki keturunan konon jadi mimpi buruk bagi setiap pasangan, infertilitas atau kemandulan secara umum selalu menunjuk perempuan sebagai akar masalah. Bahkan ketika karunia dunia (dibaca : anak) tak kunjung hadir, pemeriksaan hanya dilakukan kepada perempuan saja.  Padahal bung, laki-laki pun memiliki resiko infertilitas setara dengan kaum perempuan loh. Seharusnya membuat laki-laki pun harus diperiksa juga, bukan hanya perempuan saja.

Prevalensi kemandulan ditaksir dari WHO mencapai 60-80 juta pasangan, setara dengan 8-12 persen di seluruh dunia. Di Amerika Serikat, jumlah pasangan dengan masalah kesuburan cukup tinggai yakni mencapai 10 persen.

Dilansir dari Tirto, sebanyak 40-50 persen infetilitas itu berasal dari laki-laki! sementara penderitanya pun diduga mencapai 7 persen dari total pria. Nah beberapa faktor yang mempengaruhi adalah konsentrasi sperma rendah, motilitas sperma yang buruk dan morfologi sperma yang abnormal.

Sejauh ini secara dominan permasalahannya jatuh ke sperma abnormal dan jumlah sperma. Lantas apa saja yang menyebabkan laki-laki tidak subur ?

Terlalu Sering Berendam Air Hangat, Menurunkan Produksi Sperma Secara Tepat

Lelah dan lesu sepulang dari kantor, memang enak melakukan relaksasi seperti berendam air hangat. Tak cuma relaks, rasa pegal-pegal pun juga hilang. Meskipun sangat berguna bagi relaksasi disarankan jangan terlalu sering untuk berendam air hangat. Apabila bung ingin melakukannya kalau bisa jangan lebih dari 15 menit lho. Lantaran suhu yang panas dapat menurunkan produksi sperma sehingga memicu kemandulan.

Hindari Memakai Celana Dalam yang Terlalu Ketat

Hindari memakai celana dalam yang ketat tidak bisa dijawab dengan tidak menggunakan celana dalam juga bung. Karena tidak menggunakan celana dalam dapat memicu penyakit seperti hernia. Sedangkan kalau menggunakan celana dalam terlalu ketat mampu mempengaruhi kesehatan organ reproduksi pada pria.

Dan efek terburuknya bung bisa mandul! boxer bisa menjadi jawaban dari pada bung menggunakan celana dalam yang ketat, karena boxer menjaga sirkulasi udara tetap terjaga.

Kalau Berhubungan, Memperpanjang Waktu Foreplay Tak Boleh Ketinggalan

Foreplay tidak hanya membangkitkan gairah demi hasrat seksual belaka yang diawali dengan rabaan sampai berciuman. Tetapi foreplay memiliki fungsi khusus dalam hubungan intim, yang tidak diketahui oleh beberapa orang mungkin termasuk bung.

Bahwasanya memperpanjang durasi waktu foreplay dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas sperma yang dihasilkan, sperma yang berkualitas tentu akan sejalan dengan pembuahan sampai mendapatkan keturunan.

Hindari Beberapa Hal atau Kegiatan yang Merusak Sperma, Dari Pada Menyesal Nantinya

Beberapa hal yang merusak sperma sebenarnya sangat menyerempet gaya hidup, seperti merokok dan minum alkohol adalah tatanan gaya hidup yang mulai menelusuri kehidupan laki-laki. Risiko dari bung yang akrab dengan gaya hidup seperti ini adalah dapat merusak kualitas sperma.

Selain itu beberapa kebiasaan buruk juga termasuk, seperti halnya laptop yang dipangku saat sedang beroperasi, radiasi barang elektronik juga dapat mengakibatkan efek buruk.

Ambil Cuti, Dan Berliburlah

Bung mungkin ‘kurang piknik’ makanya tingkat stres dalam dirimu dapat bertambah, dan stres yang dialami sangat berpengaruh terhadap kualitas sperma. Lazimnya di usia dewasa seperti ini, penyebab kadar stresnya adalah pekerjaan.

Pergi berlibur tentunya dapat mengurangi kadar stres. Pergilah bersama pasangan karena ini menjadi solusi kadar stres dalam diri yang sudah meradang berkepanjangan.

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top