Lifestyle

Mengatasi Candu Kopi di Bulan Puasa Dengan Mengonsumsinya Secara Sehat Tanpa Dehidrasi

Menyeruput secangkir kopi sudah menjadi agenda pagi yang dilakukan banyak orang sebelum mulai aktivitas, guna meningkatkan daya pikir karena kopi mengandung kafein. Tetapi, selama di bulan Ramadhan, banyak yang bingung bagaimana menyiasati kegiatan ini. Ngopi seolah-olah harus diberhentikan selayaknya nafsu yang harus diakomodir selama di bulan baik.

Kekawatiran tersebut sebenarnya tidak perlu begitu, karena Bung masih bisa tetap menikmati aroma dan ngopi asalkan tahu aturannya. Mungkin banyak Bung yang bertanya-tanya, bagaimana cara untuk ngopi selama bulan puasa? Dilansir dari majalah ottencoffe, berikut ada beberapa tips sederhana yang disiarkan guna membantu Bung dalam melaksanakan ritual menyesap kafein di bulan puasa.

Atur Pola Ngopi Jangan Sampai Berlebihan Bung

Kalau pada hari biasa Bung bisa mengonsumsi kopi 4-5 cangkir, justru Bung harus memberinya pembeda saat sedang berpuasa. Karena secara kondisi tubuh saja sudah berbeda, lebih baik Bung atur pola ngopi agar tidak mengganggu puasa. Minum kopi secukupnya saat sahur bisa menjadi alternatif agar badan Bung terasa segar dan berenergi. Dan juga minumlah lagi secangkir kopi setelah berbuka Bung, agar tubuh kembali bersemangat. Apalagi pada bulan baik seperti ini, tentu sarat dengan berbagai agenda mencari pahala yang tersedia lewat tarawih dan tadarus. 

Pilihan Kopi pun Harus Cermat, Jangan Sampai Kalap Karena Rindu yang Amat Berat

Kopi sudah menjadi candu bagi sebagian orang, bahkan menjadi aroma yang selalu dirindukan. Sehingga jenis kopi apa saja bisa menjadi favorit. Tetapi disaat bulan Ramadan jenis kopi yang dianjurkan adalah arabika. Bukan hanya karena namanya mengandung unsur religius, tetapi kafein arabika memang lebih rendah apabila dibandingkan dengan robusta yang jumlah kafeinnya bisa mencapai dua kali lipat.

Saat puasa tubuh kita tak membutuhkan kafein yang terlalu tinggi. Selain itu, konsumsilah kopi yang segar dan jelas asal-usulnya. Kopi yang tidak jelas ataupun kopi instan sangat tidak baik bagi tubuh, bahkan efeknya pun dapat mengganggu kesehatan.

Lakukan Coffe Nap Sebelum Berkegiatan di Pagi Hari

Bagi Bung yang tidak tau coffe nap, ini sebenarnya sama saja dengan power nap, adalah sebuah tidur siang singkat yang dilakukan 10 sampai 20 menit agar tubuh kembali bersemangat. Kalau coffe nap biasanya dilakukan setelah menikmati secangkir kopi dan disusul dengan istirahat yang berguna untuk menghilangkan rasa kantuk yang sering menyerang di jam-jam keras. Sedangkan di bulan puasa, Bung bisa melakukannya setelah shalat subuh. Sebelum imsak Bung mengonsumsi kopi dan lanjut shalat subuh, setelah itu Bung bisa memejamkan mata sejenak sebelum berkegiatan di pagi hari.

Jangan Ngopi Terlalu Larut Malam, Nanti Bung Sahurnya Bisa Kesiangan

Mungkin Bung bisa menikmati kopi selepas beraktivitas dan melaksanakan shalat tarawih, sekedar bersenda gurau sambil bersantai. Namun, entah karena sugesti atau tidak, menikmati kopi memang terkadang dapat membuat rasa kantuk menghilang. Sehingga Bung dapat tidur larut pagi, dan sahur pun kesiangan atau terlewatkan. Jadi sayang kalau hanya karena segelas kopi yang ditenggak, membuat puasa Bung tidak dapat dijalankan secara enak.

Kalau Minum Kopi Harus Diimbangi Dengan Air Putih

Bagi yang belum tahu, kalau Bung mengonsumsi kopi harus diimbangi dengan meminum air putih yang cukup. Karena sehabis menenggak kopi biasanya beberapa orang mudah haus dan dehidrasi, Bung. Apalagi saat puasa, justru Bung harus mendapatkan asupan cairan yang cukup, yakni dengan minum air putih dengan jumlah banyak. Maka setelah Bung selesai minum kopi jangan lupa mengonsumsi air putih, agar ibadah puasa dapat berjalan secara maksimal.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Keren

Ketidaksuburan Laki-Laki Dapat Dipantau Lewat Ciri-Ciri Fisik Lho

Masalah kesuburan tidak hanya menjadi masalah perempuan saja, namun laki-laki pun juga. Ketidaksuburan adalah suatu ketakutan tersendiri lantaran merasa tidak layak sebagai pejantan atau yang membuahi. Alangkah baiknya untuk mengetahui apakah bung memiliki masalah dalam kesuburan atau tidak, tepatnya lakukan pengecekan ke dokter dengan pemeriksaan sperma. Karena tidak memiliki keturunan yang diakibatkan oleh laki-laki yang tak bisa membuahi adalah tekanan tersendiri.

Di sisi lain, Popular-world.com melansir bahwa untuk mengecek apakah laki-laki itu memiliki masalah kesuburan dapat dilihat dari ciri-ciri fisik. Hal ini ditengarai dapat dilihat dari beberapa hal yang tidak hanya terlihat oleh mata saja, namun dari hal-hal yang dirasakan oleh pribadi si laki-laki itu sendiri. Kira-kira ciri fisik apa saja yang dialami oleh seseorang yang memiliki masalah kesuburan?

Volume Air Mani yang Rendah

Risiko masalah kesuburan otomatis berkaitan dengan volume air mani yang rendah. Rendahnya volume manis bisa menjadi indikator jumlah sel sperma yang terkandung. Karena sperma-lah yang akan membuahi ovarium sehingga menghasilkan janin. Maka dari itu bung, semakin rendah volume mani, semakin sedikit jumlah sperma yang ada, semakin tinggi pula risiko adanya masalah kesuburan.

Terasa Nyeri Saat Berejakulasi

Saat berajakulasi sangat tidak mungkin untuk merasakan rasa nyeri. Apabila seorang laki-laki merasa nyeri yang terjadi saat ejakulasi itu menandakan adanya ganggua pada prostat dan orang lain di area penis. Rasa nyeri ini sendiri, menandakan kalau bung mengalami masalah terkait dengan kesuburan.

Fungsi Seksual yang Menurun

Hal ini bisa terjadi karena terdapat masalah pada hormon testosteron. Fungsi seksual menurun pada lelaki bisa diketahui dengan suit mendapatkan dan mempertahankan ereksi. Saat fungsi seksual menurun, diyakini pula kalau ini terjadi karena ada masalah terkait dengan kesuburan.

Ukuran Testis Mengecil

Jangan bilang bung langsung mengecek ke bagian dalam celana. Namun hal ini dikatakan sebagai salah satu ciri seseorang yang tidak subur. Testis yang mengecil dan mengerus bisa menandakan adanya masalah kesuburan seperti varikokel. Apabila bung mengalami hal ini coba periksakan ke dokter.

Mengalami Kerontokan Rambut

Ketombe menyebakan seseorang rambut rontok memang benar adanya. Tetapi tidak melulu disebabkan oleh ketombe, apalagi bagi laki-laki. Karen rendahanya hormon testosteron juga bisa menyebabkan rambut mengalami kerontokan. Apabila ciri-ciri fisik ini melekat dengan dirimu, coba periksakan ke dokter agar mendapat penanganan yang lebih baik.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Tahu

Pinjaman Online Disebut Jebakan Setan, Akibatnya Seorang Supir Taksi yang Bunuh Diri

Maraknya pinjaman online bagi beberapa orang mungkin sebagai suatu aplikasi yang dapat membantu. Karena dapat pinjam duit dengan mudah dengan bermodalkan aplikasi. Tapi, ini tidak berlaku bagi Zulfadi, seorang warga Mampang Prapatan, Jakarta Selatan yang baru saja tewas gantung diri karena faktor ekonomi.

Zulfadli yang berusia 35 tahun nekat mengakhiri hidupnya dengan cara tak layak karena ada dugaan ia terlilit hutang. Laki-laki yang sehari-harinya bekerja sebagai supir taksi ini, menyempatkan menulis surat wasiat yang menyebut kalau pinjaman online sebagai jebakan setan. Menurut kami, alasan Zulfadli menuliskan hal tersebut karena ada beberapa risiko yang dirasakan apabila bung melakukan pinjam online terutama biaya administrasi sampai plafond kecil.

Rekan Zul bernama Nardi mengatakan kepada polisi kalau Zulfadli datang ke tempat kosnya pada Minggu malam sekitar pukul 21.00 dengan niat menginap. Lantaran ia tidak dapat tidur lelap di mess supir Bluebird. Nardi pun membiarkan ia berada di kamar kosnya, sementara malam itu ia bekerja sebagai tukang cuci mobil pada perusaahn taksi berlambang burung biru.

Setelah kembali keesokan paginya, pintu kostnya terkunci dan tidak dapat dibuka. Akhirnya pintu didobrak dan Nardi menemukan Zulfadli sudah dalam keadaan gantung diri di pintu kamar mandi Kost. Kanit Reskrim Polsek Mampang Prapatan Iptu Anton Prihartono menerangkan, menurut kesaksian saksi korban datang dalam keadaan wajar dan sehat.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Health

Gubernur DKI Jakarta Gratiskan Perawatan Pasien DBD di Semua RSUD

Semua di RSUD kita perawatannya gratis untuk kasus demam berdarah dan RSUD kita fasilitasnya bagus,” ucap Anies di RSUD Pasar Minggu, Jakarta Selatan, dilansir dari Detik.

Perawatan pasien DBD dipastikan gratis oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, terutama pada semua RSUD. Anies meminta kepada masyarakat untuk proaktif menjaga lingkungan agar pernyakit demam berdarah tidak mewabah. Terlebih RSUD di jakarta fasilitasnya sudah bagus.

Datang ke RSUD mana pun fasilitasnya baik dan umumnya kejadian sekarang itu di selatan paling banyak. Jadi datang saja di salah satu RSUD kita,” imbuh Anies.

Total ada 876 kasus DBD di semua wilayah DKI Jakarta. Kunjungannya ke RSUD Pasar Minggu guna menjenguk sejumlah pasien, di mana RSUD tersebut merawat 49 pasien. Sebelumnya, Anies yang ditemani istrinya, Fery Farhati Ganis, menjenguk pasien anak usia 7 tahun yang terkena DBD di rumah sakit itu. Setelahnya, Anies menjenguk dua pasien dewasa lainnya dengan gejala serupa.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top