Sosial

Menewaskan Begal Demi Membela Diri, Malah Membuat Seorang Santri Hampir Masuk Jeruji Besi

Apes, jadi satu kata paling tepat untuk menggambarkan apa yang dialami Mohamad Irfan Bahri. Seorang pemuda yang merupakan santri di Madura yang hendak liburan di rumah pamannya, di daerah Bekasi. Irfan dan sepupunya sedang mengelilingi kota Bekasi, keberadaan media sosial yang kerap memperlihatkan jembatan Summarecon membuat dirinya penasaran sehingga mengunjunginya tepat pada jam 12 tengah malam untuk mengabadikan.

Namun sayang, ada dua orang yang mengayunkan celurit guna mengambil gawai pintar milik sepupunya dan miliknya saat sedang berfoto. Naluri bertahan hidup muncul seketika, Irfan pun menendangnya, mengambil celuritnya, dan mengayunkan ke badan perampok tersebut. Sampai di rumah sakit, nyawa salah satu perampok berinsial AS sudah tak tertolong lagi.  Tetapi setelah kejadian tersebut Irfan malah dijadikan tersangka oleh pihak kepolisian.

“Iya yang bela diri, tersangka satu yaitu MIB (Mohamad Irfan Bahri). Tapi kita sedang minta pendapat ahli pidana dari kalangan akademisi, kita akan gelar perkara juga itu kan masuk kategori terpaksa dalam keadaan bela diri atau seperti apa. Penetapan tersangka itu bisa digugurkan, jika memang nanti dari hasil gelar perkara bersama ahli pidana menetapkan tindakan MIB murni disebut melakukan pembelaan saat tengah dibegal,” kata Kasat Reskrim Polres Bekasi Kota, AKBP Jairus Saragih.
Apa yang dilakukan Irfan sebenarnya adalah murni guna membela diri. Keadaan yang mengancam seperti itu bisa saja menghilangkan nyawanya. Lantas apa yang dilakukan kalau tidak melawan, ‘kan? Bahkan sang santri pun berpikiran demikian.
“Saya khawatir saat saya dan sepupu diancam pakai celurit. Saya cuman mikir kalau saya engga ngelawan saya bakal mati ,” ungkapnya.
Setelah kejadian Irfan mengalami enam luka bacokan, yang terdapat di punggung, tangan, pelipis dan paha. Sedangkan sepupunya hanya mengalami satu luka bacokan di punggung. Nah, kalau membela diri saja bisa dijadikan tersangka, apa jadinya Bung kalau kondisi seperti ini kita sendiri yang mengalami?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Tahu

Yang Perlu Dilakukan Ketika Terjebak Kerusuhan : Jangan Sok Jadi Jagoan!

Bersikap sok santai bahkan menyepelekan kerusuhan merupakan satu dari sekian tindakan yang salah. Yap, bertingkah sok jagoan semacam itu tidak akan membuat bung menjadi selamat. Justru, kerusuhan adalah salah satu bencana yang masih bisa dicegah dampaknya agar kita selamat sentosa. Kerusuhan biasanya timbul akan ketidakpuasan akan sesuatu hal, biasanya berkaitan dengan kepemimpinan atau kebijakan.

Seperti kasus yang terjadi beberapa lalu di Jakarta di mana kerusuhan timbul di setiap titik dan untungnya tidak meluas. Apabila kita terjebak dalam area konflik kerusuhan semacam itu, maka yang perlu dilakukan adalah menghindar ke tempat yang lebih aman. Itu sudah menjadi pilihan terbaik dan rasional. Ingat! jangan merasa jagoan dengan menganggap dampaknya tidak bahaya sehingga memutuskan berdiam diri.

Karena Hidup Tidak Bisa Diganti, Jadi Relakan Barang Tak Usah Membawa Pergi

Dalam sebuah kerusuhan atau bencana alam, ada sebagian orang yang tidak bisa kehilangan harta benda. Proses evakuasi tiba ia menjadi pihak yang paling sulit di bawa karena banyak barang yang ingin diselamatkan.Dalam situasi semacam itu, yang harus diingat bahwa harta bisa berganti tapi tidak dengan nyawa. Membahas tentang harta atau barang pribadi dalam kerusuhan tidak tidak akan sebanding dengan risiko nyawa yang harus dipertahankan.

Mencapai Ke Tempat yang Aman Agar Selamat Dari Kerusuhan

Saat bung berada di tengah kerusuhan hal yang paling benar dijadikan tujuan adalah mencari tempat yang aman. Kerusuhan biasanya terjadi di beberapa titik, bisa dari pusat kota atau pinggiran daerah. Sebisa mungkin jauhkan diri ke tempat yang lebih aman dan jangan pernah berada di daerah yang dekat dengan kerusuhan.  Hal yang mesti diingat jangan pernah melawan arus kerumunan untuk melarikan diri karena bisa terinjak-injak atau bahkan menjadi sasaran. Kemudian, jangan coba menghentikan perusuh yang berlaku vandalisme dengan menjarah properti, itu bisa membuatmu tenggelam dalam amarah para perusuh.

Apabila ada suatu gedung untuk tempat menghindari diri dari kerusuhan, pastikan gedung itu aman bukan jadi tempat sasaran yang bakal dijarah. Seperti toko dan gedung pemerintahan, jangan sampai tersbesit menjadikan dua gedung tersebut sebagai tempat aman sebagai perlindungan karena bisa jadi itu jadi tempat peperangan.

Menyamar Sebagai Perusuh Untuk Menghindari Para Perusuh

Kondisi ini bisa dilakukan apabila terjebak dalam sebuah keadaan di mana kerusuhan terjadi diantara kalian. Apabila para perusuh mengenakan jaket dan kebetulan kalian memakai jaket, maka kenakan. Tujuan menyamai pakaian perusuh agar kalian aman dan dianggap menjadi bagian dari kelompo tersebut.  Kemudian berusaha bergerak ke tepi kerusuhan dan melepaskan segala atribut yang menyamakan bung sebagai perusuh. Kalau tidak mungkin bung diringkus oleh polisi karena diduga sebagai bagian dari kelompok perusuh.

Apabila Terjadi Kerusuhan Dalam Satu Tempat Jangan Lari Menuju Pintu Keluar

Kerusuhan tidak hanya terjadi di tempat terbuka, bisa juga terjadi di dalam ruangan. Salah satu yang mungkin adalah stadion olahraga di mana terlibat kerusuhan antar supporter atau semacamnya saat pertandingan berjalan. Apabila haal naas ini terjadi maka bung harus mengingat bahwa menghindari kerusuhan di dalam ruangan adalah sulit. Pertama yang dilakukan jangan lari menuju pintu keluar, bisa diyakini arus tersebut sangat padat banyak orang berhamburan keluar dan bung bisa jatuh terinjak-injak. Lebih baik cari jalan keluar alternatif, seperti memanjat pagar atau semacamnya. Kalau tidak dapat melarikan diri lebih baik cari tempat berlindung.

Mentalitas Massa Selalu Terwujud Saat Kerusuhan Tiba

Sebuah kerusuhan yang terjadi biasanya dimotori oleh sekelompok orang  yang bertindak rusuh atau melakukan apa saja untuk menimbulkan kekacauan. Para psikolog menyebut “mentalitas massa” untuk menggambarkan apa yang terjadi selama kerusuhan. Bahkan ada satu cabang studi untuk piskologi kerumunan, yakni ketika orang masuk ke dalam kelompok, mentalitas kelompok yang mengambil alih. Dengan kata lain saat kerusuhan tiba, orang-orang yang terlibat di dalamnya mulai kehilangan moral dan bisa menjadi kejam sampai bersifat destruktif.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Keren

Mimpi Punya Honda Supercub, Apa Daya Mampunya SM Classic

Memiliki motor hobi seperti C-series keluaran Honda bagi pecinta roda dua adalah menggali kesenangan. Apalagi kalau memiliki kisah dengan motor tersebut, semisal sang ayah dulu bekerja menggunakan itu atau bung semsasa sekolah kerap memakai C-series untuk berjalan-jalan. Penggalian memori tersebut terasa lengkap ketika memiliki dan menunggangi. Honda sempat membawa nuansa klasik itu kembali dengan merilis Honda Super Cub C125 tahun lalu.

Kemunculannya yang mengundang selera ternyata tak sebanding dengan harga. Respon para pecinta yang tertarik pun mulai berubah setelah mengetahui Honda Super Cub C125 dibanderol cukup melejit di angka Rp 57,1 juta. Harga yang terjangkau bagi pehobi tapi tidak dengan konsumen yang ingin merasakan sensasi. Kini demi mengobati dahaga, salah satu kompetitor brand asal tiongkok SM Sport mengeluarkan produk yang tak jauh berbeda, SM Sport Cub Classic 110 yang dibanderol lebih murah yakni sekitar Rp 18,8 juta.

Nuansa Klasik Lebih Nyata Bersama SM Sport Cub Classic

Sumber : Theworldnews.net

Berbicara soal nuansa mungkin lebih nyata bersama SM Sport Cub Classic dibanding dengan Honda Super Cub C125. Pasalnya SM Sport Cub Classic didukung mesin 110 cc, silinder tunggal, 4-silinder, air cooling dengan sistem pengkabutan karburator. Dengan tenaga yang dimuntahkan mencapai 5,1 kW pada 7.500 rpm dan toris 8.0 Nm pada 5.500 rpm.

Beda dengan Honda Super Cub yang terlalu modern untuk dikatakan sebagai motor klasik. Motor bebek retro ini sudah dilengkapi sistem pencahayaan LED dan pelek jari-jari. Dengan ditanamkan mesin 125 cc SOHC dan sudah irpm.njeksi, bertenaga 9,7 PS pada . 7.500 rpm dan torsi 10 Nm pada 5.000 rpm.

SM Cub Classic Makin Jadul Dengan Rem Tromol

Sistem pengereman SM Classic 110 ternyata mempertahankan sisi jadul karena dibekali tromol. Sampai untuk konfigurasi tempat duduk, Cub Classic memilki jok belakang apabila pengendara ingin berboncengan. Menariknya, jok belakang juga dapat dilepas apabila memang berkendara sendiri. Karena motor ini hanya dibekali 110 CC maka motor ini memliki kecepatan maksimal 85 kilometer per-jam, yang memakai transmisi manual empat-percepatan untuk pengoperasian dan tanpa kopling.

SM Classic Merupakan Motor Tiongkok Rakitan Lokal

Sumber : ridechris.com

SM Sport perusahaan asal Tiongkok yang menelurkan SM Cub Classic 110 memiliki pusat pengembangan dan penelitian di negara tetangga Malaysia, kemudian dibawa oleh distributor PT MForce Indonesia (MFI) yang selama ini dkenal sebagai distributor brand motor SYM. Motor rakitan lokal ini memiliki desain batok lampu, sayap dan belakang yang mirip dengan pesaing. Namun dari sisi pelek masih beda, SM Classic membawa nuansa lawas karena mengusung jari-jari rapat. Perbedaan harga yang tak lepas karena SM Sport Cub Classic sudah diproduksi CKD (Completely Knock Down) di Bogor.

Angsuran Ditawarkan Bagi Para Peminat Roda Dua

Sumber : Ridechris.com

Mungkin angka Rp 18,8 juta masih terlalu tinggi untuk ditebus secara kontan. PT MForce Indonesia pun tak ingin mematikan hasrat para pembeli yang sudah ‘gatel’ ingin mencoba, maka selaku agen penjualan produk SM Sport di tanah air mengatakan kalau motor ini bisa dibeli dengan skema kredit. SM Classic ada tiga pilihan uang muka, Rp 5 juta, Rp 7,5 juta dan Rp 8,8 juta dengan tenor mulai dari 12 sampai 36 bulan. Untuk cicilan termurah ada di angka Rp 438 ribu perbulan dengan uang muka Rp 8,8 juta dibayar sebanyak 36 kali. Sedangkan yang termahal peminat mengangsur Rp 1,13 juta tiap bulan dibayar 12 kali dengan uang muka Rp 5 juta.

Penasaran Dengan Wujudnya? Kunjugi Jakarta Fair Saja!

Motor klasik memang menggiurkan sebagai tunggangan, namun jangan sampai salah kaprah dalam membeli kendaraan. Dan bagi bung yang serius atau berminat lebih kepada motor klasik ini. Mungkin bisa langsung menyambangin Jakarta Fair Kemayoran 2019, karena motor ini dipajang di sana tepat di booth MForce – SYM.

 

 

 

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Tahu

Kecemasan Bisa Terjadi Karena Kebiasaan Sebelum Tidur di Malam Hari

Ternyata rasa cemas itu dapat dipengaruhi lewat kebiasaan yang dilakukan sebelum tidur. Kebiasaan tersebut ternyata memiliki pengaruh terhadap kesehatan. Terlebih bagi seseorang yang memang memiliki gangguan kecemasan. Hal ini diutarakan langsung oleh para ahli, apa yang bung lakukan di malam hari bisa memperburuk rasa cemas di esok hari.

Sebelum Anda tidur harus ada waktu untuk relaks dan merasa tenang. Cobalah untuk melakukan olahraga relaksasi sebelum tidur. Fokus pada pernapasan dan biarkan stres serta ketegangan meninggalkan tubuh Anda,” ungkap psikiater dan pendiri Saranga Comprehensive Psychiatry, Reshmi Saranga.

Lakukan kegiatan apa saja yang membuat bung nyaman sebelum tidur. Salah satu caranya dengan meredupkan lampu kamar atau menggunakan lilin aroma terapi yang membut diri tenang.

Melakukan Rutinitas yang Selalu Sama

Melaksanakan rutinitas yang begitu-begitu saja mungkin membuat bung nyaman, tetapi hal ini tidak baik apabila terlalu tegas terhadap diri sendiri karena dapat mempengaruhi kesehatan mental. Hingga rasa cemas selalu datang keesokan paginya yang membuat kepikiran.

Hal ini dapat meningkatkan rasa cemas, karena jika seseorang dengan rasa cemas tidak melakukan hal yang biasa dilakukan maka mereka akan merasa tidak stabil, gagal atau bahkan merasa kalah. Rasa cemas akan meningkat dan muncul perasaan bahwa mereka harus menebusnya di esok hari,” ujar pekerja sosial klinis berlisensi (LCSW) Charese L Josie.

Lekaslah Tidur Daripada Memikirkan Sesuatu yang Buntu

Seseorang yang dilanda cemas memang butuh waktu tenang untuk tidur. Memaksa diri untuk langsung tidur juga sulit. Apalagi terlalu fokus tentang apa yang harus bung lakukan di malam hari bakal mempengaruhi kecemasan. Maka dari itu cobalah untuk berhenti melakukan tugas apapun 30 menit sebelum tidur. Dengan mendedikasikan waktu tersebut, bung bisa mendapat ketenangan.

Kurangi Mengkritik Diri Sendiri

Kadar stres terkadang terjadi di lingkungan kerja, terutama mengenai situasi yang tidak kondusif dengan rekan kerja. Membuat kita selalu mengkritik diri sendiri dan merasa tidak memiliki kapablitas yang mumpuni. Alangkah baiknya tidak berfikiran hal-hal semacam itu dan tempatkan diri di sisi yang positif. Psikoterapis dan LCSW juga mengungkapkan bahwa memikirkan semua ketakutan sebelum tidur dapat memperparah rasa cemas.

Hindari Bacaan Bertema Thriller atau Berbau Misteri

Kebiasaan membaca sebelum tidur memang menyenangkan, tapi perhatikan juga jenis buku apa yang bung baca. Lebih baik hindari bacaan bertema thriller atau misteri psikologi, mungkin ini lebih baik untuk membantu bung lebih rileks.

Karena buku non-fiksi seperti itu mengaktifkan otak kiri untuk belajarm analisis dan penyelesaian masalah saat mencoba untuk membaca. Justru yang disarankan dapat membaca novel fantasi yang menggunakan imajinasi.

Memasuki dunia fiksi sebelum tidur dapat menurunkan tingkat stress, meningkatkan pandangan serta kreativitas kita,” kata Master Certified Life Coach Natalie Miller.

Tidur Dalam Kondisi Gelap Lebih Baik Daripada Kondisi Terang

Lampu yang terang di malam hari memiliki dampak negatif terhadap rasa cemas seseorang. Kondisi mematikan lampu jadi cara terbaik seseorang untuk berisitrahat dan itu dapat membuat seseorang lebih tenang.

Gunakanlah lampu dengan sinar ‘hangat’ dibandingkan dengan sinar yang terlalu terang saat matahari terbenam untuk memberikan sinyal yang konsisten pada tubuh bahwa waktu tersebut merupakan waktu untuk tidur,” kata Natalie Miller.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top