Otomotif

Menengok Tampilan Serupa Tapi Tak Sama Grand New Veloz Dan Grand New Avanza!

grill grand new avanza

Sobat Yomamen sudah ke GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS)? Gelaran GIIAS kali ini sangat menarik dan memang sayang untuk dilewatkan. Pasalnya karena event tahunan dihelat secara berbeda. Paling nyata adalah perihal venue event yang menggandeng Indonesia Convention Exhibition alias ICE BSD.

Ya, ini bukan perkara tempat biasa. Tak main-main Indonesia Convention Exhibition (ICE) yang terletak di BSD City ini merupakan pusat ekshibisi dan konvensi dengan luas area terbesar di Asia Tenggara. Dengan 10 hall berukuran raksasa, 1 Convention center yang megah dan 33 meeting room yang dibangun di atas total area 220.000 m2, boleh jadi ICE saat ini layak dianggap sebagai kebanggaan bagi Indonesia di mata dunia.

Dengan specialnya event kali ini, wajar jika sebagian ATPM memilih meluncurkan produk terbarunya di sini. Salah satunya adalah Toyota yang menelurkan Grand New Veloz dan Grand New Avanza. Apa istimewanya varian kali ini? Ini yang Yomamen temui di Hall 10 ICE tempat Stand Toyota bercokol.

Saudara Kembar Yang Tak Lagi Idientik

Toyota nampaknya makin serius menggarap varian Veloz. Bahkan jika diperhatikan, penyebutan, penulisan nama produk Grand New Veloz yang digunakan dalam GIIAS tak lagi menyematkan embel-embel Avanza. Hal ini seolah mempertegas keinginan Toyota untuk memisahkan Veloz dari saudara dekatnya.

Wajar jika strategi ini dilakukan, mengingat di tahun-tahun sebelumnya varian Veloz menyumbang potongan kue yang cukup besar untuk penjualan toyota. Tahun 2014 misalnya Veloz tercatat memberikan angka hingga 20 persen dari total penjualan Avanza secara keseluruhan. Karena itu Toyota ingin mengulang kesuksesaan ini dengan mempertegas perbedaan Veloz dan Avanza.

Hal ini tercermin dari perbadingan tampilan exterior antara keduanya yang nampak berbeda. Grand New Veloz muncul dengan nuansa lifestyle yang kuat. Rasanya lebih pas untuk sobat Yomamen yang lebih ingin image agresif namun elegan. Sementara Grand New Avanza, masih serius bermain di segmen MPV alias mobil segala penumpang.

Simak misalnya, tapilan grill depan Grand New Veloz yang mengadopsi bentuk huruf A. Nuansa agresif makin diperkuat pemilihan bahan grill berbentuk sarang tawon.

grill grand new veloz

Sementara Grand New Avanza tampil lebih moderat dengan grillnya berbentuk segi enam dengan pilar horizontal khas mobil MPV. Meski berbeda tampilan namun keduanya mengusung engine hood yang lebih tinggi dari pendahulunya. Hal ini di klaim lebih bandel ketika harus menerobos banjir.

grill grand new avanza

Mesin Baru Dual VVT-i

Untuk urusan dapur pacu PT Toyota-Astra Motor (TAM) juga memberi senjata baru pada Avanza dan Veloz yang diberi kode 1NR-VE (mesin 1.300 cc ) dan 2NR-VE (mesin 1.500 cc). Terutama adalah penyematan teknologi Dual VVT-i. Hal ini istimewa karena sebelumnya teknologi ini hanya ada pada mobil-mobil premium Toyota.

Dengan Dual VVT-I torsi diklaim dapat lebih responsif sesuai keinginan pengemudi. Hasilnya pengendalian lebih halus dengan konsumsi bensin yang lebih irit 15 persen.

mesin dual vvti

Teknologi canggih lainnya adalah penerapan sistem Drive by wire. Umumnya pedal gas mobil-mobil MPV menggunakan kabel biasa secara konvensional untuk menghubungkan pedal ke mesin. Berbeda dengan Grand New Veloz dan Grand New Avanza, menggunakan teknologi premium Drive by wire. Sistem kabel elektronik ini membuat pengaturan bukaan gas lebih sesuai dengan keinginan pengemudi. Hasilnya laju kendaraan lebih halus dan tidak terjadi lonjakan torsi.

Pengamanan Immobilizer

Mesin baru ini juga sudah dilengkapi keamanan anti maling, immobilizer kecuali tipe E. Immobilizer ada di Avanza tipe G dan Veloz. Kunci mobil ini terkait dengan sistem komputer di dalam mobil. Sehingga meskipun menggunakan fisik kunci duplikat yang persis sama, mobil tidak akan bisa hidup karena komputer tidak akan mengenali. Semua kunci harus didaftarkan lebih dahulu di bengkel resmi.

drive by wire

Upgrade Interior

Selain urusan tampilan luar dan dapur pacu, Grand New Veloz dan Grand New Avanza juga melakukan upgrade pada segmen interiornya. Kabin penumpang diklaim lebih kedap suara dibanding seri-seri sebelumnya. Untuk sisi keamanan, sudah dilengkapi dengan side impact beam yang melindungi penumpang dari benturan samping. Di tambah lagi kelengkapan saftey belt untuk tujuh penumpang termasuk yang di kursi tengah. Bagi yang ingin ruang lebih lega kursi belakangnya bisa di lipat dua kali.

interior

17 Comments

17 Comments

  1. Hazmi Srondol

    August 26, 2015 at 11:19 pm

    Mesti sholat istikharah buat mutusin memilih beli New Avanza atau Veloz. Bingung. Hahahhaha

    http://www.hazmisrondol.com/apakah-toyota-new-avanza-dibuat-untuk-keluarga-dan-veloz-untuk-kencan-dengan-spg-nya/

  2. Keke Naima

    August 27, 2015 at 11:17 pm

    bingung juga milih mana yang bagus. Tapi saya suka sama Veloz aja, deh ๐Ÿ™‚

  3. Lidya

    August 28, 2015 at 8:55 am

    ternyata veloz dan avanza saudara kandung ya ๐Ÿ™‚ aku juga mengira awalnya varian sama

  4. Goiq

    August 28, 2015 at 10:03 am

    saya team Veloz saja

  5. dani

    August 28, 2015 at 3:23 pm

    Saya tergoda sama veloznya. Keren banget kemaren pas megang-megang dan nyobain naik. Jadi mupeng Mas. Hahaha.

  6. dani

    August 28, 2015 at 4:20 pm

    Veloz bikin ngiler. Interior dan overall looknya mewah dan harganya masih masuk dibandingkan dengan mobil lain yang sekelas.

  7. Shinta

    August 28, 2015 at 10:24 pm

    Keren sih GRILLnya

  8. Dzulfikar

    August 29, 2015 at 8:14 am

    warna apapun, Veloz pilihannya

  9. Januar Fadilah

    August 29, 2015 at 2:08 pm

    Tampilan veloz semakin keren aja

  10. nunik utami

    August 29, 2015 at 9:58 pm

    Jadinya pilih ya mana, nih? Veloz sama Avanza sama-sama bagus sih, ya. Kalo aku masih tetap pilih Veloz. Sporty dan elegan ๐Ÿ˜€

  11. Astari Ratnadya

    August 30, 2015 at 12:46 pm

    karena akuh anaknya agresif banget, maka Veloz jadi pilihaaaannn buat ganti mobil dirumah *lirik tabungan*.

  12. Dewi

    August 31, 2015 at 2:14 am

    Kalo saya lebih milih dia dari pada dirinya, nah loh! hihihi
    Saya suka sama Veloz merah mas.Saya tunggu kiriman mobilnya ya maaass Rezaaa …wkwkwk

  13. Nurri

    August 31, 2015 at 12:17 pm

    jadi pengen beli avanza sama veloznya nih. huaaaaaaaaaa

  14. Donna Imelda

    September 1, 2015 at 3:14 pm

    Serupa tapi tak sama, dua2nya keren dan spesifikasinya bagus. Tapi sebagai perempuan bekerja sekaligus ibu dan istri yang punya segambreng kegiatan, Veloz sepertinya sangat mumpuni untuk jadi pilihan. Mesinnya handal, kabinnya nyaman, safety dan stylish pula. Suka karena bisa lebih gaya hahaha

  15. Ranii

    September 2, 2015 at 9:38 pm

    Duaduanya cocok jadi mobil keluarga yah, luas dan nyaman ๐Ÿ˜€

  16. kornelius

    September 29, 2015 at 4:05 pm

    jadi ngga sabar .. kira kira kedepan inovasi apa yang akan toyota buat ๐Ÿ™‚ lagi ๐Ÿ™‚

  17. dodo

    November 1, 2015 at 5:18 pm

    Manteb tampang veloz. Ane lagi mikir pilih yg 1.3 atau 1.5 ya. Sdh ada yg pernah bandingin ga ya perbedaan konsumsi bbm keduanya. Denger2 veloz lbh boros banding tipe lainnya, dan ada info veloz facelift ini mesinnya beda dgn pendahulunya, rasio kompresinya memang cukup tinggi 11,5 : 1 jadi ada info mobil ini haram pakai premium, minimal pertalite. Bener ga si ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Sebetulnya Kapan Saat yang Tepat Beli Mobil Baru?

Berhubung membeli mobil tak semudah membayar makanan di angkringan, pastinya banyak hal yang jadi pertimbangan. Apalagi membeli mobil membutuhkan komitmen yang tidak sebentar. Tak mungkin juga, bulan ini beli lalu bulan berikutnya sudah harus dijual lagi. Nah jadi sebetulnya, kapan waktu yang tepat untuk membeli mobil baru?

Ketika Kebutuhan Tak Bisa Lagi Diakomodir Si Kuda Besi

Mungkin selama ini Kita begitu menikmati menunggang si kuda besi alias motor. Sedari muda, moda transportasi roda dua ini jadi pilihan dalam situasi apa pun. Namun toh nyatanya hidup mengalami perubahan. Ada beberapa kegiatan yang ada saat ini sudah tak mungkin lagi dilakukan dengan mengendarai motor.

Misalnya, dulu mungkin tak begitu masalah naik motor ketika masih membujang tanpa ada yang menemani. Ketika sudah berpasangan apalagi berstatus keluarga muda dengan anak yang masih kecil-kecil tentu jadi berbeda kasus. Tak mungkin lagi membonceng si kecil di motor dan membawanya dalam perjalanan jauh.
Ini salah satu momen yang pas untuk mulai berpikir mengambil mobil untuk kendaraan cadangan. Bukan berarti meninggalkan tunggangan setia, tapi memang ada kebutuhan yang mau tak mau harus menggunakan roda empat.

Ketika Mobil Sudah Punya, Tapi Usianya Sudah Lanjut

 

Tak salah memang terhanyut dalam romansa dan memori dengan mobil yang selama ini telah menemani. Tapi kita juga harus realistis, bahwa mobil juga punya usia sebaik apapun kita merawatnya. Mungkin bukan berarti kita menjual yang lama tapi tidak lagi menggunakannya untuk kendaraan sehari-hari adalah langkah yang bijak.

Kondisi paling ideal mobil itu berada pada usia tiga tahun pertama. Lima tahun berikutnya masih bisa dijadikan andalan namun sudah akan mulai ditemui beberapa masalah. Sementara durasi pemakaian mobil untuk harian, yakni sekitar 8 hingga 10 tahun atau jika sudah menempuh jarak lebih dari 200 ribu kilometer.

Sama halnya dengan manusia yang telah lanjut usia, mobil juga sama. Walau suku cadang tersedia, ketika batas pemakaian tersebut sudah dilewati, maka kondisi mesin dan sasis sudah masuk pada level tak layak pakai.

Tak hanya kekhawatiran untuk mogok dan tiba-tiba rusak dijalan saja, menunggangi mobil-mobil yang sudah tak lagi diproduksi juga jadi sebuah resiko yang tinggi. Ketika kita masih berusaha merawat dan mencintainya, bisa jadi perusahaan yang ada disana sudah tak lagi memproduksi spare part yang mobil tersebut miliki. Sementara mobil sudah melulu minta โ€˜jajanโ€™ karena suku cadang yang rusak. Walhasil selain biaya perawatan tinggi, bisa jadi mobil hanya teronggok tak bisa digunakan karena menunggu suku cadang tersedia.

Ketika Fitur dan Fungsi yang Ditawarkan Mobil Baru Begitu Menggoda Dan Sesuai Kebutuhan Saat Ini

Dulu mungkin kita merasa sah-sah saja dengan fasilitas yang ada di kendaraan roda empat yang kita miliki. Namun teknologi tak hanya diam di tempat. Kalau masih terus berkutat di mobil lama, kita tak akan paham sudah ada inovasi yang akan memudahkan kita dalam berkendara.

Coba tengok misalnya Renault KWID. Di bagian interiornya yang paling mencolok adalah hadirnya head unit layar sentuh berukuran 7 inci yang mengatur sistem hiburan di dalam kabin mobil yang juga telah terintegrasi dengan navigasi satelit menggunakan tampilan 2D/3D.

Sementara untuk fitur sisi keamanan Renault KWID dibekali dengan keyless entry dengan remote dan central lock. Nah untuk kenyamanan Renault KWID juga memiliki fitur heater atau penghangat kabin jika udara di luar terlalu dingin.

Fitur macam ini belum dimiliki mobil terdahulumu bukan?

Ketika Model Baru Yang Ditawarkan Unik Dan Modern

Secara teknis mungkin kendaraan lama belum bermasalah. Tapi bisa jadi kitanya yang sudah dilanda jenuh dengan kendaraan yang itu-itu saja. Jangan anggap remeh karena efek bosan ini bisa melanda kemana-mana. Bayangkan mood yang tak bagus karena waktu di jalan tak dapat sensasi asiknya mengendarai mobil.

Kala itu terjadi maka saatnya untuk melirik kendaraan yang baru. Supaya tak dilanda bosan, cobalah sesuatu yang benar-benar unik. Contoh, misalnya kamu ingin punya mobil yang ramah jalanan perkotaan tapi masih gagah dari sisi penampilan.

Paduan macam itu tentu tak akan bikin kita lekas bosan. Seperti Renault KWID yang jika menilik dari dimensinya mobil yang mengusung mesin 1.000 cc tiga silinder ini memang masuk di kategori City Car.

Namun KWID punya desain unik yang membuatnya bertipe crossover dengan tampilan SUV. Ciri paling kentalnya adalah ground clearance alias jarak bodi terendah ke tanah yang mencapai 180 mm. Didukung pula dengan fender yang cukup besar khas mobil crossover. Sementara bagian grille depan Renault KWID juga tampil tegas dan kokoh. Lampu depan terdapat โ€œCโ€ shape signature sebagai ciri khas Renault terbaru.

Dengan desain apik tersebut, tak heran jika di tahun pertama kehadirannya di Indonesia, Renault KWID langsung meraih penghargaan bergengsi di ajang OTOMOTIF Award 2017. Dalam kategori The Best Small City Hatchback.

Ketika Garansi Dan Asuransi Mobil Baru Memudahkan Untuk Beraktivitas

Sama halnya dengan usia yang telah tua, batas garansi pada perawatan mobil jadi pertimbangan pelik lain. Mobil baru seperti contohnya Renault KWID tadi dilengkapi dengan garansi minimal 3 tahun untuk mesin atau telah menempuh jarak 100 ribu Km. Dengan kata lain, memiliki mobil baru akan memangkas biaya perawatan mobil yang mungkin akan kita keluarkan jika terus bertahan dengan mobil yang sudah uzur.

Tak percaya? Coba tengok layanan purna jual โ€œRenault Peace of Mindโ€. Ada Silver Package for Renault Kwid & Renault Koleos, tambahan 2 tahun jaminan garansi kendaraan Anda sehingga menjadi total 5 tahun jaminan garansi atau 100.000 km (mana yang tercapai lebih dahulu).

Kemudian ada Gold Package for Renault Kwid, Renault Duster 4×2, Renault Duster 4×4 & Renault Koleos, jaminan bebas biaya sparepart dan jasa service berkala dimulai dari service 1.000 km dan kelipatan 10.000 km sampai dengan 60.000 km dengan masa jaminan garansi kendaraan 3 tahun atau 100.000 km (mana yang tercapai lebih dahulu).

Terakhir ada Platinum Package for Renault Kwid & Renault Koleos, jaminan bebas biaya sparepart dan jasa service berkala dimulai dari service 1.000 km dan kelipatan 10.000 km sampai dengan 100.000 km dengan tambahan 2 tahun jaminan garansi kendaraanmu sehingga menjadi total 5 tahun jaminan garansi atau 100.000 km (mana yang tercapai lebih dahulu).

Tapi memboyong mobil baru bergaransi saja tidak cukup. Karena untuk apa dilengkapi garansi kalau bengkel ternyata sulit ditemui. Kalau kita melirik Renault misalnya, hati tentu akan lebih tentram. Karena pabrikan asal Perancis tersebut sudah bekerja sama dengan group Nissan.

Jadi layanan bengkel dan purna jualnya selain dari renault juga bisa dikerjakan di bengkel Nissan. Hal ini dimungkinkan karena berbekal kekuatan aliansi Renault โ€“ Nissan dimana untuk distribusi, pemasaran dan layanan purna jual merek Renault pun ditangani oleh Indomobil Group yang juga menangani Nissan.

Di samping garansi, masalah perlindungan asuransi kehilangan dan kerusakan juga harus jadi pertimbangan. Mobil dengan usia muda akan lebih mudah disetujui oleh pihak asuransi. Sementara mobil yang sudah tua akan sulit mendapatkan perusahaan asuransi yang mau melindungi. Kalaupun disetujui, biasanya akan membutuhkan uang premi yang tidak sedikit.

Jadi ingat, terikat romansa dengan kendaraan lama boleh saja, tapi terus menutup mata dengan kehadiran yang baru tentunya bukan langkah yang bijak.

17 Comments

17 Comments

  1. Hazmi Srondol

    August 26, 2015 at 11:19 pm

    Mesti sholat istikharah buat mutusin memilih beli New Avanza atau Veloz. Bingung. Hahahhaha

    http://www.hazmisrondol.com/apakah-toyota-new-avanza-dibuat-untuk-keluarga-dan-veloz-untuk-kencan-dengan-spg-nya/

  2. Keke Naima

    August 27, 2015 at 11:17 pm

    bingung juga milih mana yang bagus. Tapi saya suka sama Veloz aja, deh ๐Ÿ™‚

  3. Lidya

    August 28, 2015 at 8:55 am

    ternyata veloz dan avanza saudara kandung ya ๐Ÿ™‚ aku juga mengira awalnya varian sama

  4. Goiq

    August 28, 2015 at 10:03 am

    saya team Veloz saja

  5. dani

    August 28, 2015 at 3:23 pm

    Saya tergoda sama veloznya. Keren banget kemaren pas megang-megang dan nyobain naik. Jadi mupeng Mas. Hahaha.

  6. dani

    August 28, 2015 at 4:20 pm

    Veloz bikin ngiler. Interior dan overall looknya mewah dan harganya masih masuk dibandingkan dengan mobil lain yang sekelas.

  7. Shinta

    August 28, 2015 at 10:24 pm

    Keren sih GRILLnya

  8. Dzulfikar

    August 29, 2015 at 8:14 am

    warna apapun, Veloz pilihannya

  9. Januar Fadilah

    August 29, 2015 at 2:08 pm

    Tampilan veloz semakin keren aja

  10. nunik utami

    August 29, 2015 at 9:58 pm

    Jadinya pilih ya mana, nih? Veloz sama Avanza sama-sama bagus sih, ya. Kalo aku masih tetap pilih Veloz. Sporty dan elegan ๐Ÿ˜€

  11. Astari Ratnadya

    August 30, 2015 at 12:46 pm

    karena akuh anaknya agresif banget, maka Veloz jadi pilihaaaannn buat ganti mobil dirumah *lirik tabungan*.

  12. Dewi

    August 31, 2015 at 2:14 am

    Kalo saya lebih milih dia dari pada dirinya, nah loh! hihihi
    Saya suka sama Veloz merah mas.Saya tunggu kiriman mobilnya ya maaass Rezaaa …wkwkwk

  13. Nurri

    August 31, 2015 at 12:17 pm

    jadi pengen beli avanza sama veloznya nih. huaaaaaaaaaa

  14. Donna Imelda

    September 1, 2015 at 3:14 pm

    Serupa tapi tak sama, dua2nya keren dan spesifikasinya bagus. Tapi sebagai perempuan bekerja sekaligus ibu dan istri yang punya segambreng kegiatan, Veloz sepertinya sangat mumpuni untuk jadi pilihan. Mesinnya handal, kabinnya nyaman, safety dan stylish pula. Suka karena bisa lebih gaya hahaha

  15. Ranii

    September 2, 2015 at 9:38 pm

    Duaduanya cocok jadi mobil keluarga yah, luas dan nyaman ๐Ÿ˜€

  16. kornelius

    September 29, 2015 at 4:05 pm

    jadi ngga sabar .. kira kira kedepan inovasi apa yang akan toyota buat ๐Ÿ™‚ lagi ๐Ÿ™‚

  17. dodo

    November 1, 2015 at 5:18 pm

    Manteb tampang veloz. Ane lagi mikir pilih yg 1.3 atau 1.5 ya. Sdh ada yg pernah bandingin ga ya perbedaan konsumsi bbm keduanya. Denger2 veloz lbh boros banding tipe lainnya, dan ada info veloz facelift ini mesinnya beda dgn pendahulunya, rasio kompresinya memang cukup tinggi 11,5 : 1 jadi ada info mobil ini haram pakai premium, minimal pertalite. Bener ga si ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright ยฉ 2017 Yomamen.com

To Top