Otomotif

Menengok Tampilan Serupa Tapi Tak Sama Grand New Veloz Dan Grand New Avanza!

grill grand new avanza

Sobat Yomamen sudah ke GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS)? Gelaran GIIAS kali ini sangat menarik dan memang sayang untuk dilewatkan. Pasalnya karena event tahunan dihelat secara berbeda. Paling nyata adalah perihal venue event yang menggandeng Indonesia Convention Exhibition alias ICE BSD.

Ya, ini bukan perkara tempat biasa. Tak main-main Indonesia Convention Exhibition (ICE) yang terletak di BSD City ini merupakan pusat ekshibisi dan konvensi dengan luas area terbesar di Asia Tenggara. Dengan 10 hall berukuran raksasa, 1 Convention center yang megah dan 33 meeting room yang dibangun di atas total area 220.000 m2, boleh jadi ICE saat ini layak dianggap sebagai kebanggaan bagi Indonesia di mata dunia.

Dengan specialnya event kali ini, wajar jika sebagian ATPM memilih meluncurkan produk terbarunya di sini. Salah satunya adalah Toyota yang menelurkan Grand New Veloz dan Grand New Avanza. Apa istimewanya varian kali ini? Ini yang Yomamen temui di Hall 10 ICE tempat Stand Toyota bercokol.

Saudara Kembar Yang Tak Lagi Idientik

Toyota nampaknya makin serius menggarap varian Veloz. Bahkan jika diperhatikan, penyebutan, penulisan nama produk Grand New Veloz yang digunakan dalam GIIAS tak lagi menyematkan embel-embel Avanza. Hal ini seolah mempertegas keinginan Toyota untuk memisahkan Veloz dari saudara dekatnya.

Wajar jika strategi ini dilakukan, mengingat di tahun-tahun sebelumnya varian Veloz menyumbang potongan kue yang cukup besar untuk penjualan toyota. Tahun 2014 misalnya Veloz tercatat memberikan angka hingga 20 persen dari total penjualan Avanza secara keseluruhan. Karena itu Toyota ingin mengulang kesuksesaan ini dengan mempertegas perbedaan Veloz dan Avanza.

Hal ini tercermin dari perbadingan tampilan exterior antara keduanya yang nampak berbeda. Grand New Veloz muncul dengan nuansa lifestyle yang kuat. Rasanya lebih pas untuk sobat Yomamen yang lebih ingin image agresif namun elegan. Sementara Grand New Avanza, masih serius bermain di segmen MPV alias mobil segala penumpang.

Simak misalnya, tapilan grill depan Grand New Veloz yang mengadopsi bentuk huruf A. Nuansa agresif makin diperkuat pemilihan bahan grill berbentuk sarang tawon.

grill grand new veloz

Sementara Grand New Avanza tampil lebih moderat dengan grillnya berbentuk segi enam dengan pilar horizontal khas mobil MPV. Meski berbeda tampilan namun keduanya mengusung engine hood yang lebih tinggi dari pendahulunya. Hal ini di klaim lebih bandel ketika harus menerobos banjir.

grill grand new avanza

Mesin Baru Dual VVT-i

Untuk urusan dapur pacu PT Toyota-Astra Motor (TAM) juga memberi senjata baru pada Avanza dan Veloz yang diberi kode 1NR-VE (mesin 1.300 cc ) dan 2NR-VE (mesin 1.500 cc). Terutama adalah penyematan teknologi Dual VVT-i. Hal ini istimewa karena sebelumnya teknologi ini hanya ada pada mobil-mobil premium Toyota.

Dengan Dual VVT-I torsi diklaim dapat lebih responsif sesuai keinginan pengemudi. Hasilnya pengendalian lebih halus dengan konsumsi bensin yang lebih irit 15 persen.

mesin dual vvti

Teknologi canggih lainnya adalah penerapan sistem Drive by wire. Umumnya pedal gas mobil-mobil MPV menggunakan kabel biasa secara konvensional untuk menghubungkan pedal ke mesin. Berbeda dengan Grand New Veloz dan Grand New Avanza, menggunakan teknologi premium Drive by wire. Sistem kabel elektronik ini membuat pengaturan bukaan gas lebih sesuai dengan keinginan pengemudi. Hasilnya laju kendaraan lebih halus dan tidak terjadi lonjakan torsi.

Pengamanan Immobilizer

Mesin baru ini juga sudah dilengkapi keamanan anti maling, immobilizer kecuali tipe E. Immobilizer ada di Avanza tipe G dan Veloz. Kunci mobil ini terkait dengan sistem komputer di dalam mobil. Sehingga meskipun menggunakan fisik kunci duplikat yang persis sama, mobil tidak akan bisa hidup karena komputer tidak akan mengenali. Semua kunci harus didaftarkan lebih dahulu di bengkel resmi.

drive by wire

Upgrade Interior

Selain urusan tampilan luar dan dapur pacu, Grand New Veloz dan Grand New Avanza juga melakukan upgrade pada segmen interiornya. Kabin penumpang diklaim lebih kedap suara dibanding seri-seri sebelumnya. Untuk sisi keamanan, sudah dilengkapi dengan side impact beam yang melindungi penumpang dari benturan samping. Di tambah lagi kelengkapan saftey belt untuk tujuh penumpang termasuk yang di kursi tengah. Bagi yang ingin ruang lebih lega kursi belakangnya bisa di lipat dua kali.

interior

17 Comments

17 Comments

  1. Hazmi Srondol

    August 26, 2015 at 11:19 pm

    Mesti sholat istikharah buat mutusin memilih beli New Avanza atau Veloz. Bingung. Hahahhaha

    http://www.hazmisrondol.com/apakah-toyota-new-avanza-dibuat-untuk-keluarga-dan-veloz-untuk-kencan-dengan-spg-nya/

  2. Keke Naima

    August 27, 2015 at 11:17 pm

    bingung juga milih mana yang bagus. Tapi saya suka sama Veloz aja, deh πŸ™‚

  3. Lidya

    August 28, 2015 at 8:55 am

    ternyata veloz dan avanza saudara kandung ya πŸ™‚ aku juga mengira awalnya varian sama

  4. Goiq

    August 28, 2015 at 10:03 am

    saya team Veloz saja

  5. dani

    August 28, 2015 at 3:23 pm

    Saya tergoda sama veloznya. Keren banget kemaren pas megang-megang dan nyobain naik. Jadi mupeng Mas. Hahaha.

  6. dani

    August 28, 2015 at 4:20 pm

    Veloz bikin ngiler. Interior dan overall looknya mewah dan harganya masih masuk dibandingkan dengan mobil lain yang sekelas.

  7. Shinta

    August 28, 2015 at 10:24 pm

    Keren sih GRILLnya

  8. Dzulfikar

    August 29, 2015 at 8:14 am

    warna apapun, Veloz pilihannya

  9. Januar Fadilah

    August 29, 2015 at 2:08 pm

    Tampilan veloz semakin keren aja

  10. nunik utami

    August 29, 2015 at 9:58 pm

    Jadinya pilih ya mana, nih? Veloz sama Avanza sama-sama bagus sih, ya. Kalo aku masih tetap pilih Veloz. Sporty dan elegan πŸ˜€

  11. Astari Ratnadya

    August 30, 2015 at 12:46 pm

    karena akuh anaknya agresif banget, maka Veloz jadi pilihaaaannn buat ganti mobil dirumah *lirik tabungan*.

  12. Dewi

    August 31, 2015 at 2:14 am

    Kalo saya lebih milih dia dari pada dirinya, nah loh! hihihi
    Saya suka sama Veloz merah mas.Saya tunggu kiriman mobilnya ya maaass Rezaaa …wkwkwk

  13. Nurri

    August 31, 2015 at 12:17 pm

    jadi pengen beli avanza sama veloznya nih. huaaaaaaaaaa

  14. Donna Imelda

    September 1, 2015 at 3:14 pm

    Serupa tapi tak sama, dua2nya keren dan spesifikasinya bagus. Tapi sebagai perempuan bekerja sekaligus ibu dan istri yang punya segambreng kegiatan, Veloz sepertinya sangat mumpuni untuk jadi pilihan. Mesinnya handal, kabinnya nyaman, safety dan stylish pula. Suka karena bisa lebih gaya hahaha

  15. Ranii

    September 2, 2015 at 9:38 pm

    Duaduanya cocok jadi mobil keluarga yah, luas dan nyaman πŸ˜€

  16. kornelius

    September 29, 2015 at 4:05 pm

    jadi ngga sabar .. kira kira kedepan inovasi apa yang akan toyota buat πŸ™‚ lagi πŸ™‚

  17. dodo

    November 1, 2015 at 5:18 pm

    Manteb tampang veloz. Ane lagi mikir pilih yg 1.3 atau 1.5 ya. Sdh ada yg pernah bandingin ga ya perbedaan konsumsi bbm keduanya. Denger2 veloz lbh boros banding tipe lainnya, dan ada info veloz facelift ini mesinnya beda dgn pendahulunya, rasio kompresinya memang cukup tinggi 11,5 : 1 jadi ada info mobil ini haram pakai premium, minimal pertalite. Bener ga si ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Otomotif

Menjajal Si Merah: Jinak Di Bawah, Galak Di Atas

Akhirnya kami punya kesempatan untuk menjajal langsung motor GSX-R150 dari Suzuki. Kebetulan yang kami jajal berwarna merah, yang nampak begitu menggoda. Secara umum motor satu ini kami bawa untuk penggunaan harian di aera jabodetabek. Di beberapa kesempatan kami juga membawa motor ini di jalan yang lebih luang untuk menjajal performanya.

Tampilan Fungsional Tanpa Banyak Ornamen Basa-Basi

Kami memilih kata sexy, untuk menggambarkan Suzuki GSX-R150 ini. Nama GSX yang disandangnya sesungguh tak sekedar tempelan belaka. Karena kita bisa melihat tarikan garis serupa dari tipe-tipe GSX yang menggendong mesin lebih besar. Coba kita bandingkan tampilan GSX-R1000 ini dengan GSX-R150 ini. Tarikan garisnya tampak serupa.

Desain bodynya tak di rancang main-main karena dibangun menggunakan perhitungan hasil pengujian wind tunnel di jepang. Hasilnya, GSX-R15o ini menganut model yang terlihat mengalir dan aerodinamis. Pastinya tidak banyak ornamen atau bentuk-bentuk tak bermanfaat yang jamak kita lihat di merk lain. Tapi bukan berarti tampilannya jadi tak menarik.

Karena kami sempat beberapa kali mendapati pengendara lain melirik motor yang kami tunggangi. Terutama bagi sesama pengguna kelas 150cc, motor cukup menyita perhatian di jalan raya. Waspada khusus kami berikan pada sektor spion. Bentuknya yang mendatar dan sangat lebar, menempatkan perangkat satu ini sejajar dengan spion mobil kebanyakan. Walhasil, untuk lancar mengarungi kemacetan, ketika menggunakan motor ini harus sesekali melipat spionnya ke dalam.

Posisi Riding Agresif Dengan Handle Bar Under Yoke

Untuk kelas motor sport 150cc bisa dibilang posisi berkendara GSX-R150 ini paling agresif kalau dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Stang jepitnya sendiri bertipe under the yoke alias berada di bawah segitiga depan.

Dalam kondisi berkendara normal, badan menjadi membungkuk dan mendukung tampilan balap dari motor ini. Ketika dalam kecepatan tinggi dengan mudah badan pengendara mendekat dan memeluk tangki. Hal ini didukung dengan jok belakang yang tinggi sehingga menambah kesan agresif.

Hal menarik lainnya, bobot GSX-R150 yang hanya 126 kg lebih ringan dibanding motor 150cc lain yang lebih dari 130 kg. Ditambah lagi tinggi joknya juga paling rendah di kelasnya. Sehingga untuk mereka yang bertinggi badan kurang dari 170 cm pun masih nyaman mengendarai motor ini. Untuk diajak rebah ketika menikung juga tak ragu karena bobotnya yang ringan tadi.

Mesin Over Bore, Galak Di Putaran Menengah Atas

Lagi-lagi Suzuki mengambil langkah berbeda dengan para kompetitornya yang memilih mesin over stroke atau Square. Karena dapur pacu yang disematkan pada GSX-R150 ini justru mengadopsi tipe ukuran over bore alias diameter pistonnya (62,0 mm) lebih lebar bahkan berselisih jauh dibanding langkahnya (48,8 mm).

Layaknya mesin over bore, tenaga yang dihasilkan pada putaran bawah cenderung lebih jinak dan kalem. Karena itu motor ini cukup ramah digunakan di tengah kemacetan tanpa kerepotan mengatasi tenaga dan torsi berlebihan pada putaran bawah.

Tapi sifat asli over bore mulai kelihatan pada putaran menengah dan atas dimulai dari 7000 RPM. Apalagi putaran mesinnya bisa berteriak hingga 13.000 RPM. Tenaga maksimalnya berada di 18,9 dk dengan torsi 14NM. Jangan heran seandainya bung menggunakan motor ini untuk beradu kecepatan, di putaran tengah dan atas cepat mengasapi motor lain.

Teknologi Keyless, Nyalakan Motor Bisa Pakai ID

Kecangihan tak berhenti sampai situ, untuk mengoperasikan motor, Bung cukup mendekatkan remote ke motornya. Motor baru bisa dioperasikan dengan memutar knob yang ada di tangki apabila remote berada dalam radius 1 meter. Sementara sebaliknya keyless ignition system otomatis akan mengunci jika jarak remote lebih dari 1 meter.

Demi keamanan, knob ini pun tidak bisa diputar paksa. Apabila main switch knob diputar paksa dengan tujuan akan dicuri, maka sesuai konstruksinya main switch knob akan berputar kosong.

Setiap keyless remote memiliki nomor ID. Nomor tersebut memungkinkan pemilik motor untuk tetap bisa mengakses main switch knob dalam keadaan remote rusak atau gangguan teknis lainnya. Kita tinggal memasukan 4 digit pin dengan acara menekan knob. Karena itu Pemilik motor disarankan untuk mencatat dan rahasiakan Remote ID serta simpan di tempat yang aman.

Namun Terlepas dari kecanggihannya tersebut, SIS selaku produsen Suzuki juga mendengar dan memenuhi permintaan dari konsumen lain yang memiliki karakter berbeda, dengan menyediakan Suzuki GSX-R150 menggunakan Shuttered Key System.

Sambil menemani keberadaan penjualan Suzuki GSX-R150 varian Keyless Ignition System saat ini, SIS memproduksi varian Shuttered Key System dengan komposisi secara khusus sebanyak 15% dari total produksi GSX-R150 setiap bulan. Dengan demikian, calon konsumen bisa memiliki pilihan lebih banyak sebelum memutuskan pilihannya.

17 Comments

17 Comments

  1. Hazmi Srondol

    August 26, 2015 at 11:19 pm

    Mesti sholat istikharah buat mutusin memilih beli New Avanza atau Veloz. Bingung. Hahahhaha

    http://www.hazmisrondol.com/apakah-toyota-new-avanza-dibuat-untuk-keluarga-dan-veloz-untuk-kencan-dengan-spg-nya/

  2. Keke Naima

    August 27, 2015 at 11:17 pm

    bingung juga milih mana yang bagus. Tapi saya suka sama Veloz aja, deh πŸ™‚

  3. Lidya

    August 28, 2015 at 8:55 am

    ternyata veloz dan avanza saudara kandung ya πŸ™‚ aku juga mengira awalnya varian sama

  4. Goiq

    August 28, 2015 at 10:03 am

    saya team Veloz saja

  5. dani

    August 28, 2015 at 3:23 pm

    Saya tergoda sama veloznya. Keren banget kemaren pas megang-megang dan nyobain naik. Jadi mupeng Mas. Hahaha.

  6. dani

    August 28, 2015 at 4:20 pm

    Veloz bikin ngiler. Interior dan overall looknya mewah dan harganya masih masuk dibandingkan dengan mobil lain yang sekelas.

  7. Shinta

    August 28, 2015 at 10:24 pm

    Keren sih GRILLnya

  8. Dzulfikar

    August 29, 2015 at 8:14 am

    warna apapun, Veloz pilihannya

  9. Januar Fadilah

    August 29, 2015 at 2:08 pm

    Tampilan veloz semakin keren aja

  10. nunik utami

    August 29, 2015 at 9:58 pm

    Jadinya pilih ya mana, nih? Veloz sama Avanza sama-sama bagus sih, ya. Kalo aku masih tetap pilih Veloz. Sporty dan elegan πŸ˜€

  11. Astari Ratnadya

    August 30, 2015 at 12:46 pm

    karena akuh anaknya agresif banget, maka Veloz jadi pilihaaaannn buat ganti mobil dirumah *lirik tabungan*.

  12. Dewi

    August 31, 2015 at 2:14 am

    Kalo saya lebih milih dia dari pada dirinya, nah loh! hihihi
    Saya suka sama Veloz merah mas.Saya tunggu kiriman mobilnya ya maaass Rezaaa …wkwkwk

  13. Nurri

    August 31, 2015 at 12:17 pm

    jadi pengen beli avanza sama veloznya nih. huaaaaaaaaaa

  14. Donna Imelda

    September 1, 2015 at 3:14 pm

    Serupa tapi tak sama, dua2nya keren dan spesifikasinya bagus. Tapi sebagai perempuan bekerja sekaligus ibu dan istri yang punya segambreng kegiatan, Veloz sepertinya sangat mumpuni untuk jadi pilihan. Mesinnya handal, kabinnya nyaman, safety dan stylish pula. Suka karena bisa lebih gaya hahaha

  15. Ranii

    September 2, 2015 at 9:38 pm

    Duaduanya cocok jadi mobil keluarga yah, luas dan nyaman πŸ˜€

  16. kornelius

    September 29, 2015 at 4:05 pm

    jadi ngga sabar .. kira kira kedepan inovasi apa yang akan toyota buat πŸ™‚ lagi πŸ™‚

  17. dodo

    November 1, 2015 at 5:18 pm

    Manteb tampang veloz. Ane lagi mikir pilih yg 1.3 atau 1.5 ya. Sdh ada yg pernah bandingin ga ya perbedaan konsumsi bbm keduanya. Denger2 veloz lbh boros banding tipe lainnya, dan ada info veloz facelift ini mesinnya beda dgn pendahulunya, rasio kompresinya memang cukup tinggi 11,5 : 1 jadi ada info mobil ini haram pakai premium, minimal pertalite. Bener ga si ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright Β© 2017 Yomamen.com

To Top