Health & Personality

Laki-laki Kok Baca Novel?

Masa iya laki-laki baca novel?

Mungkin pertanyaan itu muncul di kepalamu ketika seseorang menyodorkan sebuah novel untuk di baca. Tak salah memang, karena mayoritas laki-laki tidak membaca buku fiksi macam novel itu. Bahkan di amerika serikat yang kultur membacanya lebih tinggi dibanding Indonesia, fakta ini juga tak terbantahkan.

Agensi Federal Amerika Serikat yang berfokus pada urusan seni dan budaya, The National Endowment for the Arts pernah merilis survey mengenai hal ini. Ditemukan bahwa, laki-laki yang membaca novel hanya 38 persen dari total populasi laki-laki yang membaca buku. Angka ini berbanding terbalik dengan perempuan.

Mari sejenak lupakan angka-angka tersebut. Karena sesungguhnya tak ada yang salah bagi laki-laki jika membaca novel. Dan Novel tak melulu picisan macam yang kita pikirkan. Bahkan beberapa novel menjadi bagian dari sejarah perubahan.

Di Indonesia, novel-novel karya Pramoedya Ananta Toer misalnya, pernah dicekal dan dilarang edar karena dinilai sebagai ancaman bagi pemerintah. Atau misalnya novel-novel klasik Layar Terkembang, Siti Nurbaya dan Salah Asuhan yang dianggap sebagai penentu tonggak kebangkitan nasionalisme dan feminisme di tanah air.

Ya, novel memang punya kekuatan sebesar itu. Begitu pun efeknya terhadap diri kita.

Kemampuan Nalar Akan Disempurnakan Justru Ketika Membaca Buku novel

Ada hal yang tidak bisa kita dapatkan ketika membaca buku non fiksi, namun akan selalu bisa didapatkan ketika membaca buku fiksi. Buku-buku, non fiksi memberikan kita banyak pengetahuan, namun semua didasarkan pada apa yang saat ini ada dan berlaku di masyarakat. Hasilnya kita akan terkungkung pada pola pikir yang itu-itu saja.

Sementara Novel dengan segala imajinasinya menawarkan ruang untuk berspekulasi dengan sangat baik untuk kita tentang berbagai hal, seperti kepercayaan, norma, dan pengalaman bermain dalam konteks sosial. Hal itu memberi wawasan yang membantu kita untuk bekerja melampaui logika. Hal ini membuat kemampuan kita berpikir out of the box lebih terasah ketika di dunia nyata.

Membaca Buku novel Adalah Salah Satu Cara Ampuh Meredakan Stres yang Bisa Berakibat Buruk Untuk Kinerja dalam Bekerja

Sebagian besar orang berpikir jika cara ampuh mereka untuk meredakan stres yang mereka alami adalah dengan mendengarkan musik, berjalan-jalan, menikmati secangkir teh, ataupun olah raga. Tetapi ternyata menurut sebuah studi dari University of sussex membaca sebuah novel meredakan stres dibandingkan aktifitas lainnya.

Seorang neuropsikolog kognitif David Lewis, mengatakan bawa membaca dapat mengurangi tingkat stres hingga 65%. Temuannya ini menyebut hanya dengan membaca selama enam menit sudah bisa menurunkan detak jantung dan mengurangi ketegangan pada otot. Hal ini terjadi karena k etika sudah ‘tenggelam’ dalam sebuah novel, seseorang dapat melepaskan diri dari kekhawatiran dan tekanan dunia sehari-harinya.

Buku novel Dapat Membantu kita Menemukan Jati Diri dan Juga Kekuatan

Kekuatan cerita serta tokoh yang memiliki karakter yang kuat dijelaskan secara detail dalam sebuah novel. Hal ini memunculkan kekuatan secara tidak langsung di alam bawah sadar untuk menemukan jati dirimu melalui banyak hal yang dialami banyak tokoh serta banyak kejadian yang mereka alami di dalam cerita novel. Imajinasi kita juga akan membantu kita menemukan serta berpikir seperti apa diri kita sebenarnya.

Dalam Dunia Kerja kita Membutuhkan Rasa Empati yang Tinggi, Buku novel Akan Membantu kita Mendapatkannya

Ketika kita membaca sebuah buku novel, kita akan dihanyutkan oleh pengalaman tokoh-tokoh yang ada di dalam cerita melalui berbagai macam kejadian yang dialami. Dan ketika kita membayangkan situasi yang mereka alami, secara tidak langsung akan membawa kita larut dan membuat kita lebih bisa berempati terhadap orang-orang di dalam dunia nyata.

Penelitian yang dilakukan oleh Raymond Mar, seorang psikolog di York University di Kanada menyebut bahwa dengan membaca novel kita sering memiliki pemikiran dan emosi yang konsisten dengan alur cerita. Dengan merefleksikan interaksi sosial masa lalu atau membayangkan interaksi masa depan.

Pengalaman yang kita miliki dalam kehidupan akan membentuk pemahaman kita tentang dunia. Hal Begitu juga ketika kita membaca novel. Membayangkan pengalaman dari cerita novel naratif cenderung membentuk atau mengubah kita menjadi orang yang memiliki rasa empati terhadap apa yang dialami oleh orang lain.

Kemampuan kita Dalam Memecahkan Masalah yang Kompleks akan Terasah dengan Membaca Buku novel

Ketika kita ingin memecahkan masalah, yang dibutuhkan sering kali bukan hanya keahlian soal bidang masalah tersebut. Namun, yang tak kalah pentingnya adalah pemahaman dan intuisi tentang situasi sekitar kita.

Menurut sebuah studi dari Universitynof Toronto, orang yang membaca novel akan mendapatkan pemahaman yang lebih luas tentang situasi dan orang lain. Karena ketika membaca novel, seiring berjalannya cerita kita akan melulu menebak-nebak jalan akhir dari jalan ceritanya. Disinilah intuisi kita akan terasah di kehidupan nyata sehari-hari.

Jadi lain kali, jika ada yang menawarkan buku novel untuk dibaca, jangan ditolak ya bro.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kisah

Apa Rasanya kalau Pemain Bintang Malah Dijual ke Rivalnya?

Sepak bola sepenuhnya besar dengan rasa gengsi, terutama gengsi pada saat laga bertemu rival abadi dan laga derby. Gengsi tersebut harus dibayar mati dengan kemenangan. Jangan sampai pada kedua tipe laga tersebut, tim mengalami kekalahan karena itu lebih memalukan dibanding gagal eksekusi penalti hingga membuat suatu tim tidak juara. Sehingga intensitas suatu laga dengan rival abadi sarat akan gengsi tinggi.

Dibalik rasa gengsi akan tim lain, sepak bola juga memikirkan bagaimana bertahan hidup dari industri yang menjanjikan ini. Salah satu opsi adalah menjual pemain untuk menambal keuangan klub. Meskipun terkadang penjualan sangatlah memilukan karena mengorbankan pemain andalan. Tetapi yang paling memilukan adalah bila pemain andalan dijual ke klub rival. Apakah Bung tahu seperti apa rasanya?

Membuang Cuma-cuma Maestro Lapangan Tengah Adalah Hal Gila!

AC Milan adalah korban dari penjualan pemain andalan ke tim rival, Juventus. Tak tanggung-tanggung yang ia jual adalah maestro lapangan tengah yang menjadi sosok kunci dari kesuksesan Milan di tahun 2000-an, Andrea Pirlo, yang menyumbangkan dua gelar Serie A dan dua gelar Liga Champions. Gilanya yang dilakukan AC Milan adalah melepas Andrea Pirlo secara cuma-cuma ke Juventus.

Setelah dibuang ia memberikan gelar pertama bagi Juventus selama sembilan tahun terakhir, setelah itu Juventus kembali mendominasi Serie A. CEO Milan pun mengakui bahwa melepas Pirlo begitu saja adalah kesalahan terbesarnya di dunia sepak bola. Sabar, Adriano Galliani!

Bisnis Sepak Bola Memang Tak Sejalan dengan Apa yang Terjadi di Lapangan

Bos Newcastle United, Kevin Keegan pernah merasakan apa yang dialami Adriano Galliani. Di tahun 1995 ia mengatakan tak membutuhkan sang striker haus gol Andy Cole yang nyatanya telah mencetak 55 gol dari 70 penampilan bagi The Magpies di Liga. Ketegangan terjadi ketika Cole diposisikan di bangku cadangan. Kemudian Newcastle pun menerima tawaran £6 juta (plus Keit Gillespie) dari Manchester United untuk Andy Cole.

Sang suporter pun geram menuntut jawaban dari Keegan yang direspon secara langsung dengan jawabnya di depan muka mereka. Keegan mengatakan kalau ini hanyalah semata-mata untuk bisnis di sepak bola. Memang benar sangat menguntungkan, tetapi Andy Cole jauh lebih beruntung karena memenangkan lima gelar Liga Inggris bersama Manchester United setelah kejadian itu.

Ajax Tak Lagi Tertawa, Sepatutnya Ia Kecewa Membuang Pemain yang Mengharumkan Namanya

Tak ada yang tak kenal nama Johan Cruyff di era-80an bahkan sampai dengan sekarang. Tapi cara yang dilakukan Ajax tidak menghormati sang legenda hidupnya. Tepat di musim panas 1983, di usia yang telah memasuki 36 tahun ia tidak mendapat kontrak baru meskipun sudah membantu menjuarai kejuaraan domestik. Cruyff sepertinya kesal dan memutuskan bergabung dengan rival bebuyutan, Feyenoord.

Tim yang meraih kesuksesan di 1974 setelah menjuarai liga dan piala UEFA. Ajax seperti tak menganggap itu sebagai ancaman karena dipertemuan terakhir ia mampu menggulung Feyenoord dengan skor 8-2. Namun, kedatangan Cruyff yang dikombinasikan dengan pemain muda bertalenta Ruud Gullit dan striker haus gol, Peter Houtman. Ia mampu membalaskan dendam Feyenoord dengan mengandaskan Ajax 4-1 . Selain itu Cruyff mampu membawa Feyenoord meraih gelar pertama dalam 10 tahun terakhir dan Piala KNVB. Cara balas dendam Cruyff memang menyakitkan.

Robin Van Persie Pergi Karena Kebijakan Transfer Tim London yang Suka Menjual Pemain Andalan

Arsenal memang suka sekali menjual pemain andalan demi menyelamatkan neraca keuangan. Dahulu ia pernah menjual Patrick Vieira, Thierry Henry, sampai Cesc Fabregas. Sebelum Alexis Sanchez, Robin Van Persie adalah pemain yang pernah mencoba berada di Manchester United. Setelah perwakilannya duduk bersama dengan direksi The Gunners, menjelaskan tentang kebijakan transfer mereka, akhirnya disetujui akan menjual RVP. Tawaran pun datang dari Manchester United dengan harga masuk akal ketimbang Juventus yang sempat memperlihatkan ketertarikannya kepada striker asal Belanda itu.

Bagi Arsenal, terasa begitu menguntungkan bisa menjual pemain dengan harga  £24 juta yang memiliki rekam jejak cedera panjang. Apalagi ada sosok pengganti seperti Lukas Podolski dan Oliver Giroud. Kenyataanya berbanding terbaik, di tahun 2012 justru suporter The Gunners sakit hati melihat kehebatan RVP yang sukses membawa Setan Merah meraih gelar ke-20 mereka. Sementara Arsenal hanya berada di empat besar.

Membawa Rival Setan Merah Merasakan Juara Setelah 44 Tahun Lamanya

Lagu sudah ‘Sewindu’ Tulus tidak begitu menyakitkan apabila dikondisikan kepada Manchester City yang belum merasakan juara hampir setengah abad. Carlos Tevez, sosok yang dicintai Manchester United karena membantu merebut dua gelar Liga Inggris dan satu Liga Champions sebagai pemain pinjaman. Tapi ada hal yang membuat Tevez tidak disukai Sir Alex Ferguson saat itu pada 2009 terkait jawaban kepada media tentang masa depannya. Alhasil Tevez bergabung dengan rival sekota Manchester City yang kepindahannya mendapatkan komentar bahwa City tak pantas membeli Tevez dengan harga yang terlalu tinggi.

Beberapa musim dijalankan dengan baik namun di tahun 2011 ia bersitegang dengan Roberto Mancini karena menolak dibangku cadangkan, dan membuat suporter United senang atas kesengsaraannya. Namun setelah perselisihan usai ia mampu menciptakan mimpi buruk buat Manchester United yang gagal juara di menit-menit akhir dan membawa City meraih gelar juara setelah 44 tahun lamanya. Lantas siapa yang pantas tertawa, Bung?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Dating

Sentuhan Romantika di Rumah Sendiri yang Membuat Bulu Kuduk Si Nona Berdiri

Bagi sebagian orang berkencan itu sangat sulit. Apalagi saat menentukan tempat, membuat Bung kerap berbeda pendapat dengan si nona. Tak ada jalan tengah dari perdebatan dalam menentukan tempat kencan, alhasil si nona akan menjawab “terserah” yang mengisyaratkan kalau dia ikut saja apa pun pilihannya namun dapat juga dianalogikan dengan tanda kalau si nona tidak tertarik dengan saran dari Bung. Saat itu juga Bung bertanya apakah si nona memiliki tempat asyik untuk kencan, secara tegas si nona menjawab “Tidak tahu,” Jadi sesulit itukah kencan?

Dilansir dari mantelligence.com, bahwasanya kencan tak melulu harus di luar dan dapat dilakukan di rumah. Namun, ada beberapa perbedaan yang harus Bung pahami, kalau kencan di rumah untuk pasangan yang sudah menjalani hubungan dalam beberapa tahun, pesan pizza dan nonton serial Netflix sih bisa membawa aroma baru. Namun kalau dipraktekkan kepada pasangan baru sungguh sangat canggung. Tetapi ada beberapa langkah yang dapat membuat kencan di rumah berada di level romantika tertinggi, yang harus Bung siapkan dengan sempurna agar bulu kuduk si nona berdiri kalau ia melihat semuanya.

Merubah Rumah Bung Menjadi Restoran Kelas Atas yang Berkelas

Memang semua yang akan Bung lakukan membutuhan usaha yang cukup maksimal. Seperti merubah kondisi salah satu ruangan menjadi tempat dinner yang tak terlupakan, dengan dekorasi yang menawan sehingga si nona lupa kalau sedang berkencan di rumah Bung. Ditambah dengan lilin dan beberapa bunga yang didapat dari toko bunga di ujung jalan yang tak mencapai harga ratusan ribu rupiah. Untuk makanan Bung bisa memesan, tak perlu membuatnya. Sebab yang paling penting adalah dekorasinya.

Lengkapi dengan Instrumen Musik, agar Kesan Romantis Semakin Asyik

Lagu! Itu jadi satu elemen penting dalam sebuah kencan megah yang Bung lakukan di rumah Bung. Mungkin Bung bisa memainkan beberapa lagu di Spotify yang bersifat instrumen dengan nada klasik, yang dihubungkan dengan speaker atau radio. Sehingga suasana kencan masih terjaga dengan mesra seperti Frank Sinatra atau Michael Buble.

Bangun Obrolan Manis, Tanpa Membahas Semua Usahamu Membangun Kencan Romantis Itu

Berceritalah tentang apa saja, selain tentang usahamu dalam merangkai kencan megah di rumahmu sendiri. Mungkin Bung bisa bercerita apabila si nona bertanya namun dengan porsi menjawab yang secara singkat saja. Lebih baik kalau obrolan yang dibangun tentang mengetahui sisi pribadi satu sama lain, karena itu lebih mengesankan kehangatan dan kedekatan satu sama lain.

Suguhkan Es Krim sebagai Makanan Penutup Agar Terasa Manis

Manis di hati, manis juga di bibir, itulah kenapa es krim kami rasa tepat untuk mengakhiri makan malam ala restoran. Sembari menyantap es krim, Bung dan si nona bisa mengobrol ringan. Selain itu momentum suap-suapan es krim bisa saja terjadi tergantung siapa yang memulai. Namanya juga kencan romantis, hal-hal seperti itu bisa saja terjadi, ‘kan?

Pergilah ke Luar Rumah untuk Mengakhiri Keromantisan Kalian Berdua

Meskipun secara teknis Bung menyulap rumah menjadi tempat kencan dengan sentuhan romantika tingkat dewa. Tak semua juga harus berakhir di rumah Bung, bukan? Bung mungkin harus mengantar si nona pulang ke kediamannya. Di sela-sela mengantar pulang mungkin Bung bisa mengajaknya jalan sebentar untuk masa transisi guna menjalani hari ke aktivitas biasa. Dan kencan yang Bung lakukan ini kepadanya, dijamin tak akan dilupakan meskipun hubungan tak membuat kalian lagi bersama.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


money

Perang Dagang yang Sadis Tak Menyeret Indonesia ke Dalam Krisis Ekonomi

Perang dagang yang terjadi secara global memang membuat negara berkembang kelabakan dan ditakutkan akan berdampak pada krisis ekonomi. Perang dagang sendiri merupakan konflik ekonomi di mana negara memberlakukan pembatasan impor satu lain, untuk merugikan perdagangan satu sama lain seperti yang dilakukan Amerika sekarang.

Bank dunia pun mengakui gejolak yang terjadi pada ekonomi global baik akibat perang dagang maupun krisis ekonomi di sejumlah negara berkembang di tengah normalisasi kebijakan suku bunga bank sentra Amerika serikat. Namun Bank Dunia menyatakan Indonesia saat ini jauh dari krisis ekonomi.

Kondisi yang sekarang terjadi ini hanya akan menekan pertumbuhan Indonesia dan tidak akan sampai menyeretnya ke dalam pusaran krisis ekonomi. Seperti yang dikatakan Rodrigo A Chaves selaku Direktur Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor Lesta.

“Indonesia cukup kuat dan fundamental ekonominya masih terjaga,” ujarnya dilansir dari CNNIndonesia.

Selebihnya, Lead Country Economist Bank Dunia Frederico Gil Sander mengatakan selain fundamental, kecilnya risiko krisis juga terjadi akibat kuatnya komitmen pemerintah dan bank sentral menjaga stabilitas ekonomi. Bank Dunia menilai saat menghadapi imbas gejolak ekonomi gobal belakangan ini koordinasi BI dan pemerintah dalam menjaga fundamental ekonomi cukup baik, tercermin dari langkah yang mereka lakukan.

Untuk BI saat Indonesia mengalami tekanan dari ekonomi global yang memicu arus modal keluar, mereka langsung memperketat kebijakan moneter dengan menjaga perbedaan suku bunga acuannya dengan bank sentral AS. Upaya tersebut cukup ampuh membendung arus modal keluar.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top