Health & Personality

Masih Muda Sudah Muncul Uban? Itu Tandanya Kamu Harus Lebih Sering Tertawa dibanding Sibuk Bekerja

Munculnya uban di usia muda bisa membuat seseorang gelisah. Jelas saja, rasa percaya diri akan menurun seketika karena uban yang identik sebagai tanda penuaan tiba-tiba saja muncul di rambut mereka yang usianya belum masuk kepala empat.

Untukmu yang sedang mengalami masalah yang sama, tenangkan diri sejenak ya Bro! Mungkin kamu panik saat mendapati rambutmu sudah ada yang memutih setelah sekian lama tak berdiri depan kaca. Sebentar, daripada panik berlebih, sebaiknya kamu kenali dulu apa penyebab munculnya uban di rambutmu. Tak perlu terburu-buru menyemir rambut, sebab sejatinya uban pun bisa dihilangkan dengan cara-cara alami.

Uban Muncul Pertanda Ada Kerusakan Sel di Dasar Folikel Rambut. Penyebabnya Beragam, Karenanya Kamu Perlu Tahu

Pakar penuaan dari Mayo Clinic, Dr James Kirkland mengatakan, setiap orang dapat memiliki uban sepanjang hidupnya namun keseimbangannya berkurang di usia 40 hingga 50 tahun dengan tingkat perubahan yang bervariasi sesuai genetik, jenis kelamin, dan etnis. Dengan munculnya uban, berarti ada kerusakan sel rambut yang kerap disebut melanosit di dasar folikel rambut.

Ia menyebutkan, kebiasaan buruk seperti merokok juga dapat mempercepat timbulnya uban yang terlalu dini. Di lain sisi, kemunculan uban yang terlalu cepat juga bisa dianggap sebagai tanda datangnya penyakit autoimun, gangguan tiroid, hingga jantung. Namun jika seseorang sudah memiliki riwayat penyakit jantung, lalu tiba-tiba rambutnya beruban bisa jadi kondisi tersebut merupakan tanda perburukan penyakit.

 

Hati-hati dengan Stres, Meski Kamu Merasa Sehat Tapi Tubuhmu Tanpa Disadari Akan Menerima Tekanan Akibat Pikiran yang Sedang Stres

Stres diketahui dapat menyebabkan macetnya produksi melanin. Kamu perlu tahu, melanin merupakan pigmen alami pewarna rambut. Melanin ini dihasilkan oleh sel melanosit, dan rambut berubah warna jadi putih karena melanosit di dalam tubuh tidak memproduksi melanin dalam jumlah yang cukup.

Tapi jangan khawatir, produksi melanin yang bermasalah karena stres umumnya bersifat sementara. Artinya agar jumlah rambut uban tak semakin banyak, kamu perlu berupaya menghilangkan faktor penyebab stres dan mengendalikan tubuh dan pikiranmu agar normal kembali.

 

Tak Melulu Karena Stress, Faktor Genetik Juga Bisa Memicu Kenapa Uban Datang Begitu Cepat

Kamu wajib tahu juga bro! Setiap orang mewarisi kromosom dari orang tua ke anak. Ini artinya apabila orang tua memiliki masalah rambut beruban pada saat mereka masih muda, maka kemungkinan besar hal yang sama juga akan diturunkan pada anak atau cucunya kelak.

Tapi disamping itu, masih ada penyebab lainnya semisal gangguan metabolisme, masalah pada ketahanan tubuh, gangguan fungsi ginjal, ada kelainan hormon dan paparan sinar ultraviolet juga berkontribusi menambah jumlah uban di kepala.

 

Menghalau ‘Serangan Uban’ Dapat Dilakukan dengan Cara-cara Alami, Bro! Mulailah dengan Mengonsumsi Makanan Seperti Sayur dan Buah-buahan

Kini kamu sadar, uban tak lagi jadi momok untuk orang tua saja. Perkembangan zaman dan lingkungan yang tidak sehat menyebabkan kita yang masih berusia muda juga mendapat ‘serangan uban’ di kepala. Ada baiknya kita mulai tergerak untuk menghindari faktor-faktor yang dapat memicu timbulnya uban agar tidak terwariskan ke anak cucu kita nantinya.

Karenanya kamu sangat disarankan untuk mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung banyak vitamin B12 juga dapat menghambat dan mengatasi pertumbuhan uban di kepala.

Menurut Diana Bihova, dari Medical Centre Universitas New York, terkurasnya vitamin B12 akan mempercepat tumbuhnya uban di kepala. Sayuran hijau, produk olahan susu, salmon, berries, hingga almond baik untuk mencegah timbulnya uban.

Perbanyak Tertawa dan Lepaskan Stressmu Dengan Selalu Berpikir Positif, Cara Ini Diketahui Dapat Menghambat Dan Mengatasi Uban Pada Rambut.

Ya, tertawa akan membuatmu rileks dan bahagia. Dengan demikian stres pun dapat dihalau. Tapi disamping itu, kamu pun perlu minum air putih yang cukup, punya waktu tidur yang baik, serta melakukan olahraga secara rutin. Gaya hidup sehat sangat ampuh menangkal munculnya uban. Karenanya sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi fast food, terlalu banyak konsumsi kafein dan minuman beralkohol serta merokok jika kamu ingin menangkal datangnya uban.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Health

Kadar Stres yang Bung Alami Dapat Membuat Ketombe Datang Lagi

Rasa gatal dan runtuhnya serpihan putih ke bahu adalah pertanda kalau Bung terserang ketombe. Memang sulit untuk menghilangkan ketombe, karena ia bisa datang lagi. Apalagi cuaca tropis di Indonesia yang mudah berkeringat dan lembab menjadi salah satu faktor kenapa rambut gampang sekali berketombe loh, Bung. Selain itu ternyata stres juga bisa jadi penyebab kenapa Bung ketombean.

Dilansir dari Livestrong, dua hal yang menyebabkan ketombe yakni faktor internal dan eksternal. Faktor internal sendiri meliputi stres emosional, ketidakseimbangan hormon, kesehatan yang buruk, kebersihan yang buruk, alergi terhadap susu, coklat, kacang atau kerang, kurang istirahat, konsumsi gula berlebihan, lemak, pati, dan predisposisi keturunan.

Sedangkan faktor eksternal antara lain penggunaan semprotan rambut dan gel yang berlebihan, penggunaan produk pewarnaan rambut, penggunaan rol rambut atau curling iron berlebihan, cuaca dingin, panas, jarang mencuci rambut, atau bilasan kulit kepala tidak memadai.

Perkara ketombe bisa membuat Bung tidak pede, apalagi saat memakai baju hitam karena semakin kentara kalau Bung ketombean. Tetapi warna hitam sendiri menjadi favorit para laki-laki dalam berpakaian. Melihat adanya keresahan mengenai ketombe sebuah merek sampo yang telah hadir 30 tahun di Indonesia meningkatkan teknologi perawatan rambutnya dari tahun ke tahun. Di tahun ini Clear berinovasi dengan menggabungkan teknologi perawatan rambut dan teknologi. Tidak hanya membersihkan ketombe namun juga melawan dan mencegah ketombe datang lagi yakni dengan menghadirkan beberapa formula baru.

“Formasi baru yang kami hadirkan yaitu Triple Anti-Dandruff Technology yang menggabungkan teknologi perawatan rambut yaitu Next Gen AD Active, dengan tekologi perawatan kulit yaitu Vitamin B3 dan Komponen protein. Next Gen AD Active, dengan teknologi perawatan kulit yaitu Vitamin B3 dan komponen protein. Next Gen AD Active adalah formulasi yang dapat meratakan formulasi anti ketombe secara menyuluruh di kulit kepala yang mampu memberihkan ketombe lebih baik,” ungkap Christina Yusuf selaku Senior Research & Development Manager Hair Care, PT Unilever Indonesia di Empirica Jumat (21/9).

Selain itu terdapat kandungan Vitamin B3 yang bisa dijadikan salah satu vitamin perawatan kulit merupakan formulasi non-mikroba pertama yang dapat membantu memproduksi molekul AMP (Anti-Microbe Peptide). AMP sendiri memberikan kandungan yang mampu menguatkan pertahanan alami kulit kepala sehingga kulit berada dalam kondisi terbaik melawan ketombe. Kulit kepala juga semakin sehat dengan adanya kandungan komponen protein pada teknologi ini.

Jadi masih takut melawan ketombe, Bung?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Health

Otot Itu Tak Hanya Dibentuk Bung, namun Diberi Asupan agar Menarik apabila Ditampilkan

Lekukan otot di tangan membuat Bung lebih menarik dua kali lipat daripada pria tak berotot. Otot merupakan ikon kejantanan dan keperkasaan laki-laki secara tampilan. Wajar saja banyak laki-laki yang berbondong-bondong ikut body builder di tempat gym atau Crossfit. Namun, otot yang dibentuk dengan mengangkat beban dan berlatih dengan alat berat tidak akan menarik apabila tak diberikan asupan.

Asupan makanan yang direkomendasikan ini sangatlah berguna bagi Bung-bung sekalian untuk membentuk otot. Mau terlihat gagah memang tidak gampang, selain ada ratusan pantangan yang tak boleh dilakukan. Kedisiplinan juga dibutuhkan, terutama olahraga dan asupan makanan yang tepat untuk dikonsumsi agar tubuh Bung berisi dengan otot-otot yang menarik bagi nona nan sexy.

Karena Massa Otot Butuh Sesuatu agar Tak Berlalu

Salah satu hal yang perlu Bung konsumsi agar otot bisa menjadi adalah putih telur. Putih telur dapat membantu penambahan massa otot karena mengandung protein yang tinggi. Mungkin ini juga menjadi alasan kenapa bagi mereka yang menjaga kebugaran mengatakan jangan makan kuning telur lantaran mengandung kolesterol dan lemak.

Santaplah Ayam Terutama di Bagian Dada demi Otot Makin Berlaga

Bagian paha ayam memang menggiurkan untuk disantap. Tetapi bagi Bung yang ingin menjaga penampilan menarik sangat direkomendasikan memakan dada ayam. Dalam 100 gram daging dada ayam mengandung 30 gram protein dengan lemak yang minimal. Sumber protein hewani ini juga mudah didapatkan dan diolah, dengan begitu Bung tak akan kerepotan saat hendak mengonsumsinya.

Daging Sapi Akan Membantu Pembentukan Otot secara Klinis

Seperti Bung ketahui, sapi merupakan binatang herbivora yang menjadikan rumput sebagai makanan pokoknya. Alhasil dagingnya kaya dengan asam lemak omega-3, asam lemak tak jenuh yang tinggi sekaligus vitamin A dan E. Karena bagi Bung yang tak mengetahui kalau daging sapi dapat membantu pembentukan otot secara klinis.

Kandungan Susu  yang Kaya, Layak Dikonsumsi Setelah Berolahraga

Salah satu menu yang tak boleh dilewatkan saat Bung berkeringat setelah berolahraga adalah susu. Terutama susu cokelat. Kandungan potasium, kalsium, vitamin D, karbohidrat, protein tinggi, dan beberapa kandungan lainnya begitu dibutuhkan untuk membentuk otot.

Pisang Harus Bung Jajal Akrabi demi Pembentukan Otot Tubuh Bung

Buah pisang memiliki zat bernama bromelain yang memiliki peran tinggi dalam meningkatkan kadar testosteron. Secara tidak langsung, kandungan ini sangat mempengaruhi pembentukan otot tubuh. Selain itu pisang juga memiliki kandungan potasium setara dengan susu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Health

Siapa Bilang kalau Berlari Dapat Membakar Kalori dalam Jumlah Tak Berseri, Bung?

Olahraga menjadi kebutuhan penting bagi semua orang, apalagi berlari yang disebutkan sebagai salah satu jenis olahraga yang dapat membakar kalori lebih banyak dan dapat menurunkan berat badan. Berlari termasuk jenis olahraga kardio atau olahraga yang meningkatkan denyut jantung. Selain berlari, masih banyak jenis olahraga kardio lainnya semisal berenang dan angkat beban.

Banyak orang memilih olahraga lari sebagai salah satu aktivitas rutin olahraga yang dilakukan lantaran dianggap memiliki tinggi intensitas kardio yang tinggi. Teorinya, semakin tinggi intensitas kardio yang dilakukan maka semakin besar kalori yang terbakar. Sebenarnya, berlari tak menjadi salah satu olahraga kardio yang dapat membakar kalori lebih banyak, melainkan hanya menghabiskan 400 kalori per jam. Sedangkan masih banyak jenis olahraga lainnya yang dapat membakar kalori lebih besar.

Tinju

Di urutan pertama sebagai olahraga yang paling banyak membakar kalori adalah tinju. Olahraga yang mempertemukan dua orang dan saling bertarung menggunakan sarung ini ternyata dapat membakar kalori sebanyak 800 kalori per jam. Lantaran gerakan, kuda-kuda dan pertahanan yang dilakukan sangatlah membutuhkan konsentrasi penuh. Meskipun olahraga ini sangat jarang dilakukan karena dianggap terlalu rumit dibanding berlari.

Squash

Squash atau yang lebih akrab disebut tenis dinding adalah sejenis olahraga yang menggunakan raket berasal dari Inggris. Jangan membayangkan olahraga ini seperti badminton atau tenis ya Bung, meskipun melibatkan dua orang dan menggunakan raket, tetapi Bung akan bermain di ruangan tertutup dan saling berbalas memukulkan bola squash ke sebuah sisi ruangan yang menghadap kedua pemain. Apabila Bung bermain squash selama satu jam dapat membakar 748 kalori. Selain itu olahraga ini dapat meningkatkan kekuatan otot dan ketahanan tubuh.

Mendayung

Melakoni olahraga mendayung akan membakar kalori yakni 740 kalori terbakar per jamnya. Namun dayung yang dilakukan bukan di areal kolam renang, tetapi dilakukan di danau atau sungai karena memiliki jarak tempuh yang jauh sekaligus ada arus air yang menantang. Wajar kalau olahraga ini memerlukan banyak tenaga.

Berlari Cepat

Tentu beda dong, antara berlari dan berlari cepat. Sebanarnya kalau berlari saja dapat dikatakan sebagai jogging. Namun dilansir dari riset produk suplemen Forza, apabilaBbung berlari cepat dengan menghabiskan waktu satu jam justru membakar 700 kali per jamnya. Tentu hal ini berbeda jauh dengan lari biasa. Seperti yang kami katakan di awal, hanya 400 kalori yang terbakar apabila Bung berlari.

Berenang

Nah sama halnya dengan berlari, berenang pun juga bisa membakar kalori lebih banyak asalkan memakai gaya kupu-kupu.  Gaya yang sering dilombakan atau diadu dalam ajang festival olahraga seperti Olimpiade atau Asian Games ini ternyata dapat membakar kalori sebanyak 680 per jam. Karena gaya ini membutuhkan tenaga yang besar sehingga wajar saja kalau kalori yang dibakar lebih banyak dibanding gaya katak yang jadi andalan setiap orang dalam berenang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top