Health & Personality

Masih Muda Sudah Muncul Uban? Itu Tandanya Kamu Harus Lebih Sering Tertawa dibanding Sibuk Bekerja

Munculnya uban di usia muda bisa membuat seseorang gelisah. Jelas saja, rasa percaya diri akan menurun seketika karena uban yang identik sebagai tanda penuaan tiba-tiba saja muncul di rambut mereka yang usianya belum masuk kepala empat.

Untukmu yang sedang mengalami masalah yang sama, tenangkan diri sejenak ya Bro! Mungkin kamu panik saat mendapati rambutmu sudah ada yang memutih setelah sekian lama tak berdiri depan kaca. Sebentar, daripada panik berlebih, sebaiknya kamu kenali dulu apa penyebab munculnya uban di rambutmu. Tak perlu terburu-buru menyemir rambut, sebab sejatinya uban pun bisa dihilangkan dengan cara-cara alami.

Uban Muncul Pertanda Ada Kerusakan Sel di Dasar Folikel Rambut. Penyebabnya Beragam, Karenanya Kamu Perlu Tahu

Pakar penuaan dari Mayo Clinic, Dr James Kirkland mengatakan, setiap orang dapat memiliki uban sepanjang hidupnya namun keseimbangannya berkurang di usia 40 hingga 50 tahun dengan tingkat perubahan yang bervariasi sesuai genetik, jenis kelamin, dan etnis. Dengan munculnya uban, berarti ada kerusakan sel rambut yang kerap disebut melanosit di dasar folikel rambut.

Ia menyebutkan, kebiasaan buruk seperti merokok juga dapat mempercepat timbulnya uban yang terlalu dini. Di lain sisi, kemunculan uban yang terlalu cepat juga bisa dianggap sebagai tanda datangnya penyakit autoimun, gangguan tiroid, hingga jantung. Namun jika seseorang sudah memiliki riwayat penyakit jantung, lalu tiba-tiba rambutnya beruban bisa jadi kondisi tersebut merupakan tanda perburukan penyakit.

 

Hati-hati dengan Stres, Meski Kamu Merasa Sehat Tapi Tubuhmu Tanpa Disadari Akan Menerima Tekanan Akibat Pikiran yang Sedang Stres

Stres diketahui dapat menyebabkan macetnya produksi melanin. Kamu perlu tahu, melanin merupakan pigmen alami pewarna rambut. Melanin ini dihasilkan oleh sel melanosit, dan rambut berubah warna jadi putih karena melanosit di dalam tubuh tidak memproduksi melanin dalam jumlah yang cukup.

Tapi jangan khawatir, produksi melanin yang bermasalah karena stres umumnya bersifat sementara. Artinya agar jumlah rambut uban tak semakin banyak, kamu perlu berupaya menghilangkan faktor penyebab stres dan mengendalikan tubuh dan pikiranmu agar normal kembali.

 

Tak Melulu Karena Stress, Faktor Genetik Juga Bisa Memicu Kenapa Uban Datang Begitu Cepat

Kamu wajib tahu juga bro! Setiap orang mewarisi kromosom dari orang tua ke anak. Ini artinya apabila orang tua memiliki masalah rambut beruban pada saat mereka masih muda, maka kemungkinan besar hal yang sama juga akan diturunkan pada anak atau cucunya kelak.

Tapi disamping itu, masih ada penyebab lainnya semisal gangguan metabolisme, masalah pada ketahanan tubuh, gangguan fungsi ginjal, ada kelainan hormon dan paparan sinar ultraviolet juga berkontribusi menambah jumlah uban di kepala.

 

Menghalau ‘Serangan Uban’ Dapat Dilakukan dengan Cara-cara Alami, Bro! Mulailah dengan Mengonsumsi Makanan Seperti Sayur dan Buah-buahan

Kini kamu sadar, uban tak lagi jadi momok untuk orang tua saja. Perkembangan zaman dan lingkungan yang tidak sehat menyebabkan kita yang masih berusia muda juga mendapat ‘serangan uban’ di kepala. Ada baiknya kita mulai tergerak untuk menghindari faktor-faktor yang dapat memicu timbulnya uban agar tidak terwariskan ke anak cucu kita nantinya.

Karenanya kamu sangat disarankan untuk mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung banyak vitamin B12 juga dapat menghambat dan mengatasi pertumbuhan uban di kepala.

Menurut Diana Bihova, dari Medical Centre Universitas New York, terkurasnya vitamin B12 akan mempercepat tumbuhnya uban di kepala. Sayuran hijau, produk olahan susu, salmon, berries, hingga almond baik untuk mencegah timbulnya uban.

Perbanyak Tertawa dan Lepaskan Stressmu Dengan Selalu Berpikir Positif, Cara Ini Diketahui Dapat Menghambat Dan Mengatasi Uban Pada Rambut.

Ya, tertawa akan membuatmu rileks dan bahagia. Dengan demikian stres pun dapat dihalau. Tapi disamping itu, kamu pun perlu minum air putih yang cukup, punya waktu tidur yang baik, serta melakukan olahraga secara rutin. Gaya hidup sehat sangat ampuh menangkal munculnya uban. Karenanya sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi fast food, terlalu banyak konsumsi kafein dan minuman beralkohol serta merokok jika kamu ingin menangkal datangnya uban.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Agar Hati Nyaman Tak Terusik Meninggalkan Motor Di Kala Mudik




Ingat Bung, mudik naik motor sangat tidak dianjurkan oleh pemerintah! Masih mau nekat? Sebagian Bung mungkin merasa mampu melakukannya. Apalagi sudah biasa touring jarak jauh.

Tapi mudik itu bukan cuma perkara perjalanan jarak jauh. Ketika itu kondisi jalanan sedang padat-padatnya. Situasi tidak senyaman perjalanan luar kota seperti ketika kita touring bersama kawan-kawan. Risiko tinggi bahkan nyawa taruhannya.

Karena itu baiknya kendaraan roda dua ditinggal dulu selama kita melaksanakan mudik. Namun tentu masalah lain kemudian muncul. Meninggakan motor kesayangan dalam jangka waktu lama bikin hati tak tenang. Perlu siasat agar hati tetap nyaman meninggalkan motor di rumah selama mudik.

Titip Tetangga Kalau Rumahnya Cukup Lega

Langkah ini bisa Bung lakukan apabila punya hubungan yang cukup dekat dengan tetangga. Terutama jika rumah yang hendak dititip cukup luas dan si tetangga tidak melaksanakan mudik lebaran.

Jangan lupa juga untuk menitipkan kuncinya, sekaligus perbolehkan untuk si tetangga menggunakan motor kita. Dengan begini motor akan tetap terpakai selama kita mudik, dan tak khawatir motor tidak dipanaskan. Nantinya sebagai rasa terima kasih jangan lupa bawakan buah tangan dari kampung halaman untuk mereka ya.

Tak Bisa Dititip? Usahakan Masuk Ke dalam Rumah

Skenario ini harus ditempuh seandainya tetangga terdekat juga ikut mudik pulang kampung. Jangan perlakukan motor seperti biasanya ketika kita beraktivitas sehari-hari. Karena selama ini kita hanya memarkirkannya di teras rumah agar mudah keluar masuk.

Mengingat akan ditinggal lama, kali ini motor harus dimasukan ke dalam rumah. Letakan pada posisi yang lebih dalam agar lebih aman. Sedikit merepotkan tak mengapa asal hati tak was-was di kampung halaman.

Pakai Kunci Tambahan Agar Lebih Aman

Metode ini terkesan sederhana namun terbukti masih cukup ampuh. Pasanglah kunci pengaman tambahan di motor. Selain itu berikan juga gembok tambahan untuk pintu dan pagar rumah.

Meski harus mengeluarkan budget lebih besar, namun belilah perangkat gembok dan pengaman yang mumpuni. Beberapa sudah dilengkapi bahan anti potong dan anti cairan perusak gembok.

Tentunya Lebih Nyaman Untuk fitur Motor Yang Canggih

Nah beruntunglah mereka yang punya motor dengan sistem keamanan canggih. Contohnya Yamaha Lexi-S yang sudah dibekali fitur Smart Key System. Ini merupakan sistem kunci tanpa anak kunci alias keyless.

Tentunya fitur macam ini akan membantu kita bebas dari tangan-tangan jahil yang sering menggunakan modus kunci T untuk mengambil motor. Dan kalau pun starter dipaksa diputar, motor tidak akan hidup karena sudah dilengkapi teknologi immobilizer.

Mudik Lebih Nyaman Ketika Tahu Motor Siap Menanti Ketika Kembali

Hati akan lebih nyaman jika tahu bahwa motor akan baik-baik saja ketika kembali. Menyenangkan jika mesin tak rewel ketika akan dinyalakan setelah sekian lama bukan?

Nah tentunya teknologi macam yang disematkan pada Yamaha Lexi akan sangat membantu mesin tetap lancar digunakan setelah sekian lama. Motor ini sudah dilengkapi Smart Motor Generator (SMG) yang memudahkan motor hidup dan membuat suara motor lebih halus saat dinyalakan.

Apalagi Yamaha Lexi menggunakan mesin generasi baru Blue Core 125 cc yang disempurnakan Variable Valve Actuation (VVA) sehingga pengendara akan merasakan sensasi berkendara efisien, bertenaga dan handal dengan tenaga dan torsi maksimum di setiap putaran mesin.

Motor sudah hidup, saatnya menikmati jalanan di waktu liburan tersisa. Berkeliling ke tempat liburan atau mengunjungi kerabat jadi alternatif yang menyenangkan menghabiskan masa berlibur.

Nah, untuk melakukannya tentunya kita butuh motor yang cocok digunakan untuk kegiatan tersebut bukan? Jawabannya ada di Yamaha Lexi yang luas dan nyaman dikendarai jarak jauh. Sebab Yamaha Lexi memiliki big luggage capacity yang mampu menampung barang bawaan lebih banyak. Apalagi, Yamaha Lexi menjamin pengendara tetap terhubung melalui Smartphone karena dilengkapi Electric Power Socket untuk mengisi daya gadget.

Berbeda dengan MAXI YAMAHA lainnya, Yamaha Lexi merupakan satu-satunya motor MAXI yang memiliki ruang pijakan kaki luas sehingga memberikan kemudahan bagi pengendara untuk menaiki sepeda motor. Spacious Flat Foot Board ini juga memberi kenyamanan posisi berkendara dengan dua posisi kaki khas MAXI YAMAHA.

Berbekal joknya yang bertipe long seat, menjanjikan kenyamanan berkendara baik individu maupun saat berboncengan. Pengendara bisa dengan nyaman membawa kekasih, pasangan, atau sahabat untuk bepergian bersama Yamaha Lexi. Kalau masih penasaran soal motor satu ini kamu bisa lihat detailnya di halaman ini!

Selamat mudik Bung!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kisah

Ketika Banyak Pesohor Sepak Bola Dipenuhi Tato, Ronaldo Justru Enggan Melakoninya

Pemain top-top kelas dunia saat ini memang senang untuk merajah tubuhnya dengan tato. Seperti Zlatan Ibrahimovic, Lionel Messi, Sergio Ramos, dan Radja Nainggolan. Pemain-pemain itu pun hanya sebagian kecil yang disebutkan, karena masih banyak lagi pemain yang menato tubuhnya.

Ternyata terdapat alasan yang mulia mengapa pemain yang sedang memuncaki daftar top skor Piala Dunia 2018 ini untuk tidak menato tubuhnya. Dikutip dari Dazzling News, Ronaldo merupakan salah seorang yang rutin untuk mendonorkan darahnya. Oleh karena itu harus terbebas dari zat terlarang apa pun dan tidak boleh sembarang menindik atau menato tubuhnya.

Tidak hanya darah, Ronaldo pun diketahui juga mendonorkan sumsum tulang untuk rekan senegaranya, Carlos Martins, atas apa yang menimpa putranya.

“Kejadiannya ketika saya satu tim dengan Carlos. Ia mengatakan kepada kami tentang masalah anaknya yang sakit. Dan kami, para pemain timnas Portugal, menunjukkan satu kesatuan untuk membantu ia dan anak laki-lakinya,” ujar Ronaldo dikutip dari Detik Health.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Health

Bermain Gim Dapat Meningkatkan Kecerdesan? Menurut WHO Tidak Lho Bung

Banyak orang berpendapat bermain gim dapat meningkatkan kecerdasan lantaran ada teka-teki yang harus dipecahkan. Namun organisasi Kesehatan Dunia atau WHO berkata lain bung. Setelah mempertimbangkan banyak hal. Organisasi yang bersifat rujukan akan segala hal yang berbau kesehatan menetapkan kecanduan game sebagai penyakit gangguan mental. Hal ini dapat dilihat dalam versi terbartu International Statistical Classification of Diseases (ICD). ICD adalah sistem yang berisikan daftar penyakit sekaligus gejala, tanda dan penyebab yang dikeluarkan WHO.

Menurut WHO orang yang terbilang kecanduan gim apabila memenuhi tiga hal bung. Pertama, apabila tidak dapat mengendalikan kebiasaan bermain gim. Kedua, memprioritaskan gim di atas kegiata lain. Ketiga, terus-terusan bermain gim apabila ada konsekuensi negatif yang jelas terlihat. Untuk ketiga hal ini terjadi atau terlihat apabila selama satu tahun sebelum diagnosis dibuat bung seperti dirangkum dari Science Alert.

Meskipun demikian, tak berarti semua jenis permainan bersifat adiktif dan dapat menyebabkan gangguan bung. Karena menurut WHO, kategori permainan gim dapat disebut gangguan mental hanya apabila permainan itu mengganggu atau merusak kehidupan pribadi, keluarga, sosial, pekerjaan dan pendidikan. Nah, apakah bung, kerabat atau saudara ada yang mengalami kecanduan gim seperti yang dikatakan WHO?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Entertainment

Aktor Laga Kawakan Tumbang Dimakan Penyakit Langka, Membuatnya Tak Prima Seperti di Layar Kaca

Terkenal dengan aksi-aksinya dalam beberapa film laga, membuat kita berasumsi kalau dirinya adalah orang yang kuat sekaligus prima. Namun, ternyata anggapan itu salah ketika aktor Li Lianjie atau yang akrab dikenal dengan nama Jet Li mengalami sakit parah.

Jet li sendiri terungkap parah penyakitnya setelah ada penggemar yang mengambil foto bersama dirinya saat mengunjungi kuil di Tibet, China. Dari foto tersebut, tergambar kondisinya yang tak prima seperti saat beraksi di film The Expendables dari seri pertama sampai ketiga. Rambut tipis dan memutih, sampai keriput di area dahi dan sekitar kelopak mata seperti dilansir dari South China Morning Post.

Kesehatan Jet Li yang memburuk diketahui karena aktor ini mengidap penyakit hipertiroidisme. Ia pun mengakuinya saat menghadiri acara amal. Penyakit ini didiagnosis sejak 8 tahun lalu dan Jet Li pun mulai mengonsumsi obat. Namun penyakitnya tak kunjung mereda dan terus timbul. Penyakit hipertiroidisme ini merupakan gangguan pada kelenjar tiroid, kelenjar di bagian leher yang berfungsi mengatur sistem metabolisme tubuh.

Wajar saja jika Jet Li tak lagi akrab dengan film laga, apalagi aktor yang sekarang telah resmi berkewarganegaraan Singapura ini menyatakan kalau ia bisa sakit juga sama seperti kita semua.

“Saya hanya manusia biasa. Saya bukan Wong Fei Hung, bukan Huo Yuanjia (pahlawan kung fu yang ia perankan dalam film). Saya seperti kalian,” ungkapnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top