Health

Lembur Kerap Dianggap Lambang Pekerja Keras, tapi Berimbas Sakit Keras

Uang nampaknya lebih dapat dijadikan motivasi dibanding kata-kata mutiara sang motivator. Hingga membuat Bung kerap lembur di kantor. Karena uang tambahan rasanya jauh lebih menggiurkan daripada Bung mendapatkan waktu libur tambahan. Tak ada salahnya kok, selama ini menjadi hal yang positif, tidak perlu diperdebatkan dan dipermasalahkan. Namun ada beberapa hal yang dapat membahayakan Bung sendiri, terutama soal kesehatan.

Uang yang Bung kumpulkan secara giat dengan rela melaksanakan berbagai macam lemburan, bisa berakhir sia-sia kalau hasil kerja keras hanya untuk biaya pengobatan bahkan sampai perawatan. Agenda lembur seolah-olah memang telah jadi lambang pekerja keras di ranah media sosial. Tetapi Bung harus mulai khawatir tentang kesehatan. Bukan apa-apa karena sudah banyak korban yang jatuh akibat jam kerja yang tak kunjung menentu.

Sado, salah seorang yang bekerja di kantor pusat penyiar di Tokyo, Jepang, mengalami penyakit gagal jantung hingga harus kehilangan nyawa pada bulan Juli 2013. Tercatatat Sado memiliki waktu 159 jam lembur, dan hanya libur dua hari dalam sebulan! Dua tahun setelahnya, seorang karyawan periklanan bernama Matsuri Takahashi yang meninggal disebabkan oleh stres karena jam kerja yang panjang. Untuk itu bagi Bung yang masih meremehkan atau masih mengganggap tergantung pribadi masing-masing, lebih baik simak bahaya apabila Bung overdosis lembur.

Mendatangkan Keburukan apabila Bung Terlalu Lama Duduk

Berlama-lama duduk di depan komputer memang terlihat nyaman, namun tahukah Bung kalau aliran darah sampai lemak tidak dapat terbakar sempurna saat Bung duduk terlalu lama. Sebab lemak bakal menumpuk di otot dan pembuluh darah, yang tentu saja membuat Bung mengalami darah tinggi, kolesterol, sampai masalah jantung. Jadi jangan biarkan Bung terlalu lama duduk karena dapat menimbulkan nyeri pada masalah postur tubuh.

Selain Badan, Mata Pun Dapat Menjadi Korban

Sudah tentu, menatap layar terlalu lama dapat membuat mata Bung akan tidak sehat seperti sedia kala. Terkadang ada beberapa pekerjaan yang harus Bung lakukan dengan tenaga ekstra yang membutuhkan ketelitian, seperti memeriksa sebuah laporan atau beberapa pekerjaan yang membutuhkan kalkulasi tinggi. Tentu saja, berawal dari mata Bung yang dipaksa untuk bekerja kala waktunya istirahat dapat membuat penglihatan terganggu.

Pola Makan yang Tak Beraturan Membuat Badan Tidak Karuan

Berawal dari rasa nanggung kala Bung sedang mengerjakan sesuatu, hingga berimbas pada pergeseran jam makan Bung. Mulai dari maka siang yang agak kesore-sorean. Sampai makan malam menjadi makan larut malam, tak pelak tubuh Bung akan terserang penyakit seperti maag. Atau bisa juga jadi melebar besar dan kuantitas kilogram pun berubah tak karuan, lantaran kerap mengunyah cemilan saat sedang mengerjakan lemburan.

Jam Tidur Juga Menjadi Korban Sampai Jatah Istirahat Berantakan

Keseringan lembur sudah dipastikan kalau waktu tidur pun bakalan menjadi korban. Tidak ada yang bisa menepati kapan waktu Bung kelar saat lembur bekerja, pekerjaan bisa berdatangan silih berganti hingga rasa kantuk yang tadinya mulai muncul pun kini disiasati dengan secangkir kopi. Guna menahan rasa kantuk dalam beberapa saat agar pekerjaan bisa diselesaikan. Alhasil waktu tidur pun tergadaikan hingga Bung tak dapat konsumsi tidur yang normal dan di kantor pun Bung berusaha mencari waktu colongan untuk tidur.

Kekebalan Tubuh Menurun Membuat Bung Jadi Gampang Sakit-Sakitan

Makan tak teratur mengakibatkan metabolisme menjadi hancur, waktu istirahat pun digadai dengan meminjam tenaga lebih agar usaha dalam lembur semakin terpenuhi. Tapi siapa sangka ‘kan Bung, dalam kondisi cuaca yang tak kunjung menentu bisa membuat Bung gampang terserang berbagai macam penyakit. Mulai dari penyakit ringan sampai berat. Kelelahan yang terkumpul di dalam tubuh itu sebenarnya seperti bom waktu, tinggal menunggu saja kapan waktu yang tepat untuk meledak.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Karena Penelitian Menyebut Kecerdasan Itu Sexy

Sebagian orang masih mengasosiasikan “pintar dan cerdas” itu dengan tampilan kaku macam kutu buku. Padahal sesungguhnya saat ini banyak tokoh-tokoh yang lekat dengan kecerdasan macam Elon Musk atau Mark Zuckerberg yang justru dianggap menarik dan sexy.

Beberapa penelitian juga bahkan menunjukan hal ini. Salah satunya adalah penelitian yang digagas psikolog Gilles Gignac, Joey Darbyshire, dan Michelle Ooi dari University of Western Australia. Mereka menemukan bahwa orang-orang dengan IQ tinggi memiliki skor tinggi dalam hal keseksian ketika dinilai oleh orang lain.


“Kecerdasan” Menjadi Faktor Kedua Daya Tarik Setelah “Kebaikan”

Penelitian tentang kecerdasan dan daya tarik di atas melibatkan sedikitnya 10 ribu peserta dari 33 negara di dunia. Salah satu temuan menariknya adalah para peserta penelitian menempatkan “smart” di nomor dua sebagai daya tarik.

Posisi ini hanya dikalahkan oleh faktor “kebaikan dan pengertian” yang menempati urutan nomor satu. Jadi sesungguhnya dengan menjadi baik dan terus melatih kecerdasan sudah bisa membuat orang lain tertarik kepada kita.

Salah Satu Indikator Kecerdasan Adalah Selera Humor

Dalam penelitian itu juga ditanyakan mengenai indikator apa yang digunakan untuk menilai seseorang cerdas atau tidak. Sebagian menyebut bahwa salah satu indikator yang digunakan untuk menilai kecerdasan seseorang adalah selera humornya.

Karena mereka yang cerdas selalu berpikiran terbuka dan orang yang berpikiran terbuka ini cenderung punya selera humor yang baik. Mereka yang smart juga dikatakan tidak akan mudah tersinggung dan aspiratif terhadap ide-ide baru.

Tak Cuma Pada Individu, “Smart Dan Sexy” Juga Kini Diterapkan Pada Hal Lain

Perpaduan menarik ini tak cuma ditemui dalam urusan penggambaran individu seseorang. Karena kini banyak sektor juga menerapkan konsep ini. Coba tengok misalnya gadget yang selalu menemani kita.

Dahulu mungkin handphone hanya digunakan sebagai alat komunikasi suara dan teks. Kini perkembangannya sudah jauh lebih dari itu. Mulai dari mengakses internet, sosial media, pesan makanan, penunjuk arah hingga fungsi lainnya yang dulu hanya impian.

Tapi toh kamu juga tak mau hanya menggunakan gadget yang cerdas saja bukan? Begitu banyak pilihan ponsel cerdas, tentunya kamu juga memilih yang di desain menarik lagi sexy. Karena hal tersebut juga menunjukan jati diri.

Bahkan Meluas Hingga Urusan Tata Kota Juga Tersentuh Unsur Kecerdasan

Familiar dengan istilah Smart City? Yup inilah konsep yang diinisiasi oleh Suhono S. Supangkat dari ITB. Kota tak lagi hanya menjual soal “keindahan dan kecantikan” namun juga harus bersifat smart.

Menurutnya, Smart City adalah kota yang bisa mengelola Sumber Daya Alam (SDA), Sumber Daya Manusia (SDM) dan sumber daya lainnya sehingga warganya bisa hidup nyaman aman dan berkelanjutan.

Seperti adanya transparansi dan partisipasi publik, transportasi publik, transaksi non tunai, manajemen limbah, energi, keamanan, data dan informasi. Hal ini dapat didukung melalui teknologi informasi dan komunikasi. Terbayang menyenangkannya hidup di kota yang di tata macam ini bukan?

Tak Mau Ketinggalan, Urusan Kendaraan Juga Harus Mengadaptasi Ini

Soal “smart dan sexy” ini juga merambat ke urusan kendaraan. Mengingat hal ini melekat dengan kita dan digunakan juga untuk berativitas sehari-hari. Wajar rasanya jika konsep ini juga diterapkan pada kendaaraan kita.

Ambil contoh Yamaha Lexi yang mengusung konsep “Smart is The New Sexy” yang bermakna bahwa sexy tidak hanya tentang penampilan melainkan tentang karakter, sikap dan pola pikir yang Smart. Yamaha Lexi mempunyai 3 pilar konsep Utama

Untuk Smart & Sexy Design, Motor ini mengkombinasikan unsur Luxury dan Elegan dengan bobot yang paling ringan di kelas MAXI YAMAHA. Tampilannya yang berkelas ditunjang desain lampu Grand LED Headlight ditambah eye line biru yang menawan memperkuat kesan mewah dan elegan. Apalagi untuk tipe Lexi-S, desain joknya  memadukan dua tekstur kombinasi yang disatukan dengan motif jahitan elegan membuat tampilan motor menjadi lebih berkelas.

Tak cuma tampilan karena yamaha Lexi ini punya Smart Features. Untuk Varian Yamaha Lexi-S dibekali fitur Smart Key System yang merupakan sistem kunci tanpa anak kunci alias keyless. Kunci ini juga sudah disematkan fitur Immobilizer dan Answer Back System untuk memudahkan pengendara mencari posisi parkir motor.

Berkendara dalam jarak jauh juga kini tidak perlu khawatir karena Yamaha Lexi memiliki bagasi yang luas dan lega untuk menampung barang bawaan lebih banyak. Apalagi, Yamaha Lexi menjamin pengendara tetap terhubung melalui Smartphone karena dilengkapi Electric Power Socket untuk mengisi daya gadget.

Urusan dapur pacu diserahkan pada Smart Engine. Dari segi performa mesin, Yamaha Lexi menggunakan mesin generasi baru Blue Core 125 cc yang disempurnakan Variable Valve Actuation (VVA). Mesin ini secara cerdas akan membuat aksi berkendara lebih efisien, bertenaga dan handal dengan tenaga dan torsi maksimum di setiap putaran mesin. Apalagi Yamaha Lexi dilengkapi Liquid Cooled 4 Valves (LC4V) yang membuat suhu mesin lebih stabil dan performa lebih maksimal.

Tak berhenti disitu Yamaha Lexi dibekali fitur canggih Stop & Start System (SSS) berfungsi untuk mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu pada saat motor sedang berhenti. Apalagi ditambah Smart Motor Generator (SMG) membuat suara motor lebih halus saat dinyalakan. Kalau masih penasaran soal motor satu ini kamu bisa lihat detailnya di halaman ini!

Jadi bagaimana? Kamu sudah siap mengikuti trend smart is the new sexy ini?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspiring Men

Selebritas Dunia Memiliki Sisi Lain Tak Diduga, Macam Elvis Presley yang Memiliki Rambut Blonde

Setiap orang memang memiliki sisi lain yang tak disangka-sangka, seperti selebritas dunia macam Evlis Presley yang memiliki rambut Blonde. Bung pasti tak percaya kan? namun ini nyata, sosok ikon kebudayaan yang berpengaruh pada abad ke-20 sekaligus didaulat sebagai King of Rock and Roll  memang memiliki rambut hitam dan modis.

Namun ternyata warna asli rambut Elvis bukanlah hitam melainkan blonde. Hal ini berubah semakin ia tumbuh dewasa bung, karena rambutnya semakin berubah yang bermula dari warna pasir lalu menghitam dan dikenal hingga saat ini. Selain Elvis, ternyata banyak sisi tak terungkap selebritas dunia yang pasti tidak bisa bung duga-duga.

Bob Marley Merupakan Keturunan Warga Kulit Putih

Sumber : Bobmarley.com

Bob Marley juga tak jauh beda dengan Elvis, ia merupakan sosok yang ikonik terutama dari musik genre reggae. Musik asli kebangsaan Jamaika, bahkan sampai sekarang nama Bob Marley tak lekang oleh waktu begitu saja. Meskipun lahir sebagai orang berkulit hitam bung, siapa sangka kalau Norval Marley, ayah dari Bob merupakan warga kulit putih yang notabene seorang kapten angkatan laut Inggis.

Di usia Norval yang mencapai 60 ia bertemu dengan seorang putri keturunan Afrika yang berusia 18 tahun, Cedella Malcolm yang dinikahi kemudian hingga melahirkan Bob Marley pada 6 Februari 1945.

Sebelum Terkenal Sebagai Penyanyi, Ia Bekerja Sebagai Peternak dan Pemasok Pohon Natal

Sumber : wgn.tv

Pelantun Blank Space alias Taylor Swift memang berubah hidupnya 180 derajat setelah menjadi penyanyi. Dibesarkan di Pennslyvania dan pindah ke Nashville, Tennessee pada usia 14 tahun untuk mengejar karir di genre musik country.

Kehidupannya berubah setelah kontrak dengan label independen Big Machine Records, tetapi sebelum terkenal seperti sekarang Taylor Swift rupanya pernah bekerja sebagai peternak dan pemasok pohon natal, ia kerap memeriksa pohon-pohon dari serangga sebelum akhirnya dijual.

Sangat Jijik Dengan Sendok Bekas Orang, dengan Alasan Kebencian

Sumber : Billboard.com

Liam Payne yang terkenal lewat grup bernama One Direction, yang mendapatkan cukup banyak penggemar di seluruh dunia. Bersama personil lainnya, Liam Payne membawa nama One Direction mendunia. Rupanya ada fakta menarik soal Liam Payne, ia sangat takut dengan sendok bekas yang digunakan seseorang untuk makan.

Kebenciannya untuk perkakas dapur ini berasal dari masa kecilnya, karena di sekolah Liam cukup nakal akibatnya ia kerap disuruh oleh guru untuk mencuci sendok bekas makan banyak orang. Oleh karena itu tidak menyukai sendok bekas karena merasa jijik.

Memiliki Gelar Sajara Psikologi dari Harvard

Sumber : abc15.com

Natalie Portman bisa dibilang aktris yang cukup sukses setelah menang Golden Globe Award dan masuk nominasi Academy Award bung. Pada 2011, Portman pun menyapu bersih hampir semua penghargaan untuk aktris terbaik. Termasuk dari Screen Actors Guild Awards, Golden Globe Awards, Critic’s Choice Awards, BAFTA Awards dan Academy Awards untuk film Black Swan.

Selain bidang aktingnya yang terbaik, teranya aktirs keturunan Israel-Amerika Serikat ini mendapat gelar sarjana Psikologi dari Harvard University dengan memiliki skor IQ 140. Bahkan ia telah menerbitkan dua jurnal ilmiah.

Peran yang Dilakoni Memang Bodoh, Namun di Dunia Nyata ia Jenius

Sumber : nme.com

Mr.Bean? pasti bung tahu kan, bagaimana peran yang dimainkan Rowan Atkinson yang memperlihatkan kecenderungannya berlaku lucu sampai tingkah bodohnya yang mengocok perut. Tapi siapa sangka dibalik tampangnya yang konyol ternyata Rowat Akinson sosok yang jenius yang sedang belajar di jurusan teknik di Newcastle University dan melanjutkan jenjang Magister Sains di Oxford University.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Health

Panic Attack Tak Bisa Diremehkan, Ada Cara Mengontrol Biar Bung Tak Was-Was Setiap Keadaan

Serangan ini bukan sekedar kepanikan biasa bung, kalau bung mengabaikan apa itu panic attack akan berakibat fatal seperti kehilangan kontrol atas diri atau merasakan sensasi terlepas dari diri sendiri (derealization dan depersonalization).

Bahkan hal ini dapat berkesinambungan yang mana penderita akan diteror perasaan khawatir terhadap serangan panik selanjutnya lho. Cathy Frank M.D direktur direktur Outpatient Behavioral Health Services di Henry Ford Hospital menjelaskan kalau serangan panik terjadi secara spontan dan bukan sebuah rekasi dari sebuah situasi di mana seseorang tertekan.

Bisa Terjadi kapan saja, untuk itu bung harus mempelajari hal-hal yang diperlukan untuk mengatasai panic attack. Nah, untuk itu ada tiga cara yakni mengenali, menghadapi dan mengelola.

Gejala Panic Attack Mirip Dengan Heart Attack

Ini salah satu kejadian yang sering dialami dengan berasumsi macam-macam dari penderita panic attack, yakni menyangka dirinya mengalami serangan jantung atau heart attack. Penting untuk mengetahui gejala, penyebab serta sensasi-sensasi lain yang terjadi saat panic attack. Biasanya tubuh mengirimkan sinyal “bahaya” yang membuat penderita merasa ketakutan, sehingga secara otomatis tubuh kita merespon dengan beberapa senasi fisik maupun psikologis.

Mengurai Pikiran Negatif Demi Terhindar dari Hal-hal yang Tak Diingini

Salah satu hal yang perlu bung ketahui saat terserang panic attacki adalah terserang pikir-pikiran negatif yang menguasai penderita bung. Oleh karena itu bung perlu mengendalikan terutama pemikiran negatif, banyak pemikiran negatif yang menyerang seperti membuat bung pingsan. Kalau bung bisa meyakinkan diri tidak pingsan pasti bung akan baik-baik saja. Karena sebenarnya rasa pingsan itu hadir karena serangan panik yang meliputi diri penderita dan coba direspon oleh tubuh.

Mengatur Pernapasan Agar Kepanikan Mudah Dikendalikan

Tak ayal ketika diserang dengan rasa panik pernapasan berubah menjadi lebih cepat dan terkesan terburu-buru, bahkan seseorang dapat memasukkan oksigen dalam waktu yang singkat ke dalam tubuh yang biasa disebut dengan hyperventilation.

Akibatnya tubuh akan merasakan sensasi fisik seperti sesak, pusing, rasa ingin pingsan, kehabisan nafas sampai rasa sakit di dada. Untuk mengatasi itu semua bung perlu mengatur nafas atau teknik bernapas secara perlahan. Slow breathing adalah nama teknik pernapasan secara perlahan tersebut yang dilakukan secara teratur lewat hidung.

Berjalan Kaki dan Nikmati Momen Berbicara Dengan Diri Sendiri

Berjalan kaki dalam beberapa menit di pagi atau sore hari dapat membantu bung untuk rileks, tak penting berapa jauh bung berjalan yang penting sempatkan waktu untuk diri kita menikmati momen perjalanan tersebut. Berjalan kaki dapat meredakan stres dan ketegangan dalam diri, selain itu sempatkan pula untuk berbicara dengan diri sendiri bahwa panic attack bukanlah suatu hal yang berbahaya.

Melakukan Talk Therapy dengan Profesional

70% dari 49 orang yang mengidap gangguan kecemasan dan panic attack menunjukkan penurunan gejala panik dan cemas setelah tergabung dalam kelompok talk therapy. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan para profesional salah satunya dengan metode Cognitive Behavioral Therapy (CBT). Dengan CBT para pengidap diajarkan tentang bagaimana mengelola kecemasan dan ketakutan melalui pengendalian pikiran, perilaku dan bagaimana bereaksi terhadap suatu situasi yang dapat memicu kepanikan.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Health

Kata Pak Machmud, Merugilah Bung yang Memilih Ikan Salmon Ketimbang Ikan Kembung!

Kalau bung dihadapkan dua pilihan antara ikan kembung dan ikan salmon bung pilih yang mana? pasti banyak orang bakal lebih memilih ikan salmon. Justru bagi kalian atau bung sendiri yang memilih ikan salmon sangat merugi karena dari segi gizi, ikan kembung justru lebih unggul karena ada kandungan protein, omega-3, vitamin B12, vitamin D, fosfor, vitamin B2 (Riboflavin), vitamin B6, iodine, selenium lebih tinggi.

“Ikan kita itu banyak sekali (contohnya ikan kembung). Tapi masyarakat masih belum menyadari gizi ikan-ikan lokal. Kita juga punya banyak sekali diversifikasi ikan (keragaman ikan). Bayangkan, kalau ikan-ikan lokal selalu kita sosialisasikan. Melalui gerakan ‘Gemar Makan Ikan’ kita promosikan potensi ikan lokal,”  ujar Direktur Pemasaran, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Machmud .

Sumber gizi yang baik dari ikan kembung juga terlihat dari adanya Vitamin D yang membantu penyerapan kalsium yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang dan gigi. Jadi apabila ada ikan kembung bubu kuning dan sushi salmon, bung seharusnya sudah memilih ikan kembung karena memilih potensi gizi lebih baik.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top