Health

Larangan Merokok di Semua Tempat Makan Berlaku di Malaysia, Apakah Indonesia Akan Mencontohnya?

Pemerintah Malaysia telah mengeluarkan larangan merokok di semua tempat makan. Larangan tersebut juga berlaku di tempat makan luar ruangan, regulasi ini telah aktif sejak tanggal 1 Januari 2019. Dilansir dari Channel News Asia, larangan ini merupakan bagian dari Regulasi Pengendalian Tembakau 2018, untuk melindungi publik dari paparan asap rokok, ungkap Dirjen Kementrian Kesehataan Noor Hisham Abdullah.

Warga tidak diperbolehkan merokok di seluruh tempat makan, entah itu ber-AC atau tidak. Aturan ini berlaku di dalam dan luar ruangan gedung di seluruh tempat makan, restoran, food court dan lainnya,” tegas Noor.

Kementrian menambahkan kalau larangan berlaku di seluruh tempat makan termasuk kedai kecil dan tempat makan bergerak, termasuk di restoran di kapal dan kereta. Noor Hisham juga mengingatkan para pemiliki usaha tempat makan agar memindahkan semua asbak dan mulai memasang rambu larangan merokok di tempatnya.

Kementerian menambahkan larangan ini meliputi seluruh tempat makan termasuk kedai kecil atau tempat makan bergerak, termasuk restoran di kapal dan kereta. Sebelumnya pemerintah Singapura menaikkan batas usia minimal perokok dari 18 tahun jadi 19 tahun, sebagai bagian dari rencana Singapura untuk menaikkan usia perokok sampai 22 tahun pada 2022.

Pelanggar yang kedepatan merokok akan didenda cukup besar bung yakni sekitar RM 10.000 atau setara Rp 34,7 juta atau dipenjara maksimal dua tahun. Begitupun dengan tempat makan yang masih bandel menyediakan fasilitas merokok akan diekanakan denda RM 5.000 atau setara Rp 17 juta.

Menurut bung, Akankah regulasi ini juga bergulir di Indonesia?

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Tahu

(Lebaran)Berbuka Pakai Gorengan Serupa dengan Mengabaikan Kesehatan

Saat berpuasa keinginan untuk menyantap beragam jenis makanan adalah bagian dari nafsu. Ingin makanan A, B sampai Z membuat seseorang kerap membelanjakan apa saja untuk jadi hidangan. Tapi tidak semua makanan ramah untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Bisa saja saat bung mengonsumsi makanan tersebut membuat kesehatan menjadi drop. 

Meskipun dengan catatan bung makan untuk memulihkan kondisi badan akan sia-sia apabila mengisi dengan makanan yang tidak pas di lambung, yang ada malah sakit dan sulit menjalankan puasa di keesokan harinya. Salah satu makanan yang harus dihindari tersebut adalah gorengan!

Gorengan seolah jadi hidangan yang lumrah untuk disajikan karena beragam jenis, memang tak bisa dipungkiri sih bahwa kelezatan gorengan memang menggoda. Namun kalau membiarkan gorengan jadi makanan pertama yang masuk ke dalam perut setelah berjam-jam puasa akan mengejutkan perut yang belum terisi.

Belum lagi, kita tidak tahu seberapa higienis gorengan tersebut, kalau menggunakan minyak yang digoreng untuk beberapa kali maka kesehatan makin berantakan. Selain gorengan, dilansir dari Halodoc, ada beberapa makanan yang dilarang disantap saat berbuka

Pancake Durian

Makan buah memang terasa segar saat berbuka, tapi tidak kalau buahnya tersebut adalah durian apalagi berbentuk dalam kudapan Pancake Durian. Secara medis durian memang dilarang untuk dijadikan santapan berbuka karena mengandung gas yang bakal memicu asam lambung naik. Perut kosong berjam-jam adalah waktu yang rentan mengalami kenaikan asam lambung, maka dari itu durian sangat rentan dikonsumsi berbuka.

Makanan Bersantan

Selain durian makanan yang dilarang salah satunya adalah makanan bersantan seperti kari apalagi ditambah dengan saus pedas. Orang berpuasa yang perutnya masih kosong sebaiknya diisi dengan makanan yang adem alias tidak terlalu berbumu kuat, lebih baik konsumsi teh manis, kurma atau beragam jenis kue dibanding menyantap makanan berat seperti makanan bersantan. Berikan sedikit jeda setelah berbuka sebelum akhirnya menyantap makanan berat.

Makanan Pedas

Bagi mereka yang doyan makanan pedas, sangat bernafsu untuk menyantap makanan pedas. Banyak yang mulai mengonsumsi makanan berat waktu berbuka, sebaiknya bung menahan hasrat untuk mengonsumsi makanan pedas. Makanan yang manis lebih baik didahulukan sebelum memasukan makanan yang berbumbu. Penjelasannya masih sama bahwa makanan mengandung gas, dan makan pedas sifatnya “mengejutkan” perut yang sudah lama kosong.

Rujak

Ketika menganggap berbuka dengan rujak adalah makanan sehat karena terkandung beragam jenis buah-buah, justru itu adalah hal yang salah. Bahkan rujak jadi makanan yang dilarang saat berbuka. Kombinasi kacang, bumbu pedas, buah-buah yang asam sangat berlawanan dengan kondisi perut bung yang kosong. Rujak baik dikonsumsi dan dapat diterima tubuh ketika menjadikannya sebagai selingan setelah lambung terisi oleh makanan yang terlebih dahulu. Jadikan rujak sebagai makanan penutup, bukan berbuka.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Keren

Agar Tak Menanggung Malu Karena Lupa Cukur Bulu Hidung

Penampilan tak hanya sebatas pakaian, celana sampai sepatu, persoalan bulu hidung dan telinga tak boleh luput perhatian. Rambut-rambut kecil ini memiliki fungsi menyaring partikel dari debu dan patogen, supaya membantu seseorang dalam kesehatan yang lebih baik. Namun hal ini mengganjal sebagai penampilan apabila bulu-bulu tersebut ke luar dari ring telinga dan kuping, tentu saja dilihat sebagai yang janggal bagi orang lain bahkan terkesan menggelikan.

Salah satu tindakan yang pasti dilakukan adalah dengan mencukur. Ini merupakan hal normal kok, lagi pula pasangan bahkan si Nona yang sedang bung dekati pasti akan risih melihat ini. Bayangkan saja saat bung berbicara dekat dengan nona, tiba-tiba ia menjauh dan fokus ke arah bulu hidungmu, tidakkah itu membuat bung malu? cara menghilangkan rambut-rambut kecil ini perlu perawatan. Perawatan yang baik dan bersih, sekaligus tidak glamor.

Gapai Gunting Kecil dan Cukur Daerah yang Tergapai

Cara untuk memangkas rambut-rambut kecil yang mengganggu adalah dengan mengambil gunting kecil yang bisa tergapai. Karena rambut kecil ini memiliki manfaat, jadi jangan mencukur terlalu dalam, sekiranya bung cukur yang terlihat dari luar saja. Caranya sih simple, pegang gunting di satu tangan dan gunakan cermina pembesar di tangan lainnya untuk melihat lebih dekat. Hindari godaan untuk mencukur terlalu dalam karena fungsi rambut kecil ini ada manfaatnya.

Bisa Juga Dengan Pisau Cukur Listrik Namun dengan Pisau Khusus

Kalau bung merasa bulu hidung atau kuping cepat tumbuh dan tebal, cobalah berinvestasi dengan pemangkas berkualitas atau pisau cukur listrik. Karena dapat mencukur sampai ke akarnya. Tapi harus hati-hati jangan memaksa mencukur terlalu dalam ikuti petunjuk yang terdapat di perangkat tersebut, dan bung harus bisa menilai apakah ini terasa nyaman atau tidak dengan cukurannya.

Ingat, Menghilangkan Rambut-Rambut Kecil di Hidung dan Telinga ada Risiko Peradangan!

Ini alasannya kenapa kami bilang menghilangkan rambut-rambut kecil ini  butuh perawatan. Lantaran metode apapun yang dilakukan, mencukur rambut kecil itu membuka pori-pori dan menempatkan diri pada risiko peradangan atau infeksi. Jadi gunakan alat bersih, kemudian alihkan alat yang memungkinkan saat berpindah dari telinga ke telinga atau dari telinga ke hidung. Alasannya untuk mencegah kontaminasi dan akan melokalisasi infeksi ke satu area, jika memiliki infeksi kami sarankan langsung ke dokter ya bung.

Apabila Terinfeksi, Tenang dan Tangani

Meskipun telinga dan hidung bagus saat mencegah infeksi, tetapi itu tidak berarti saat terinfeksi tidak dapat meningkat dengan cepat dan menyakitkan loh! apabila tanda peradangan di bagian ini sudah muncul harus ditangani dengan cepat. Rongga telinga dan hidung memang terkenal menciptakan berbagai macam gejala, seperti sakit telinga dapat dianggap sebagai sakit gigi. Kemudian infeksi sinus yang menyakitkan itu, dapat dianggap sebagai migrain. Jadi saat infeksi terjadi tenang dan tangani.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Keren

Laki-laki yang Tak Bisa Push Up 10 kali Berisiko Terkena Penyakit Jantung

Kesehatan jantung dapat dijaga dengan menjalankan pola hidup yang sehat sekaligus memeriksa secara berkala. Salah satu cara untuk mengecek kondisi jantung adalah dengan melakukan push-up. Memang tidak seakurat tes dengan elektrokardiografi (EKG) seperti di rumah sakit. Namun push up menjadi cara paling sederhana untuk mengetahui

Seperti dilansir dari The Independent, sebuah studi mengatakan bahwa laki-laki paruh baya yang tidak dapat menyelesaikan 10 kali push up maka memiliki risiko serangan jantung atau stroke yang lebih tinggi. Sedangkan yang mampu melakukan lebih dari 40 kali push-up dikaitkkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular selama 10 tahun ke depan sebesar 97 persen, ujar tim Universitas Harvard.

Namun, laki-laki yang dapat menyelesaikan push-up antara 21 dan 30 berarti ia memiliki seperempat kondisi seperti penyakit arteri koroner atau gagal jantung.

Peserta yang mampu melakukan 11 atau lebih push-up pada awal telah secara signifikan mengurangi risiko kejadian penyakit kardiovaskular berikutnya,” tulis para peneliti dalam jurnal JAMA Network Open.

Ternyata kebugaran yang didapat dari push-up dapat memicu kesehatan jantung di masa depan. Push-up sendiri dikatakan metode atau predikator terbaik untuk kesehatan jantung, dibanding dengan berlari. Kapasitas push-up juga lebih kuat dibanding penyakit kardiovaskular

Temuan kami memberikan bukti bahwa kapasitas push-up bisa menjadi metode yang mudah dan tanpa biaya untuk membantu menilai risiko penyakit kardiovaskular di hampir semua situasi,” kata penulis studi Justin Yang, dari TH Chan School of Public Health Harvard

Penelitian ini diterbitkan pada hari jumat dengan menggunakan data dari tes kebugaran, lebih dari 1.000 petugas pemadam kebakaran di negara bagian AS, Inidiada, yang terdaftar antara tahun 2000 sampai 2007 menggunakan catatan medis untuk menguji diagnosa penyakit kardiovaskular.

Guna menyesuaikan berbagai usia dan berat peserta, kelompok peneliti menemukan hubungan antara melakukan lebih banyak push-up atau  dengan kesehatan jangka panjang, Bung harus mampu melakukan 11 sampai 20 karena mampu mengurangi risiko penyakit jantung sebesar 64 persen.

Lewat studi permata ini, menunjukkan kalau push-up menjadi tes yang sangat efektif untuk risio penyakit kardiovaskular dan masa depan. Meskipun begitu, para peneliti tak jumawa dengan hasil temuannya. Sehingga para ahli independen kalau temuannya perlu diibuktikan

Studi ini menunjukkan bahwa petugas pemadam kebakaran yang bugar memiliki lebih sedikit kesempatan menderita serangan jantung atau stroke dalam dekade berikutnya,” Profesor Jeremy Pearson, direktur medis asosiasi di British Heart Foundation mengatakan.

“Penyempitan pembuluh darah kita dengan zat berlemak, yang pada akhirnya dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke, dimulai sejak dini, seringkali pada usia 20-an dan 30-an. Tetap bugar, berapapun usia Anda, adalah cara penting untuk mengurangi risiko Anda,” pungasknya.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top