Otomotif

Ketika Indonesia Masih Asyik Berdebat Soal Mobil Nasional, Vietnam Sudah Lebih Dulu Memastikan Tempat

Vietnam sebagai salah satu negara di Asia Tenggara melakukan gebrakan dengan menyatakan bakal merilis mobil nasionalnya yang diberi VinFast. Kenapa disebut menggebrak Bung? Lantaran negara yang satu ini bukan merupakan industri otomotif seperti Thailand dan Indonesia, namun dibalik itu semua ternyata Vietnam memiliki tujuan besar dengan merilis mobil nasional dengan segala kesiapannya.

Secara tampilan memang mobil yang bakal dikeluarkan Vietnam sama seperti mobil SUV umum produksi Mitsubishi yakni Pajero, dan pada bentuk sedannya pun sekilas mirip Audi. VinFast sendiri pasti bakal memasuki pasar otomotif Asia Tenggara, yang mana hanya Malaysia yang dapat berbicara banyak lewat prodak anyarnya, Proton. Proses kerja sama yang dilakukan Vietnam dengan beberapa pihak yang menggeluti dunia otomotif, jadi penanda kalau VinFast tidak main-main.

Menggandeng Rumah Desain Ternama Dengan Harapan Produk Yang Dihasilkan Dapat Berbicara

Sumber : Carcoops

VinFast yang nampaknya tidak ingin main main dalam menciptakan produk Vingroup pun meminta rumah desain kenamaan asal Italia, Italiadesign untuk mengajukan 20 desain kendaraan. Setelah desain berhasil dirampungkan, Vingroup selaku perusahaan yang menaungi VinFast pun mengajak masyarakatnya untuk memilih desain mana yang diinginkan.

62.000 masyarakat Vietnam tak mau ketinggalan dalam voting desain yang berlangsung 14 hari tersebut. Hasilnya desain SUV dan sedan paling diminati Bung. Alhasil demi menciptakan produk kebanggaan bangsa, kerja sama dengan Pininfarina pun dijalin. Rekam jejak rumah desain ini pun cukup apik dengan mendesain Hyundai Matrix, Hyundai Coupe, Chery A3, dan juga Brilliance BS4.

Menargetkan Ratusan Ribu Unit Demi Memasyarakatkan Vinfast Di Asia Tenggara dan Vietnam Tentunya

Sumber : Carcoops

Men-VinFast-kan Vietnam dan Asia Tenggara rasanya menjadi istilah yang paling cocok. Kenapa? Karena mereka menargetkan dapat memproduksi 500.000 unit mobil per tahun pada 2025 Bung. Tentu itu bukan jumlah yang sedikit sebagai produk baru. Sementara ditahap pertamanya saja mereka akan memproduksi 100.000 sampai 200.000 unit yang diharapkan dapat mengaspal terlebih dahulu di tanah airnya sendiri.

Tak hanya mobil jenis sedan. SUV 7-seater saja lho, setali tiga uang mereka pun mencari keuntungan dengan menjajal membuat motor listrik guna menghemat BBM. Mobil nasional yang bakal jadi kebanggaan Vietnam direncanakan diluncurkan pada bulan September 2019.

Langkah Tepat Pun Sudah Masuk Timeline VinFast Dengan Mengambil Peran Dalam Pameran Kenamaan

Sumber : Carcoops

Langkah awal yang dilakukan VinFast untuk melancarkan atau sekedar memberi informasi bahwa mereka akan merilis roda empat, dilakukan dengan menghadiri pameran Paris Motor Show 2018 di Paris pada bulan Oktober dengan memamerkan kedua prototipe mobil tersebut Bung. Dan perlu diketahui Paris Motor Show merupakan ajang pameran mobil yang bergengsi di dunia otomotif.

Langkah serius VinFast dalam membangun kendaraan terlihat dengan pembelian blueprint untuk mesin mobil dan sistem mekanis utama perancang ternama Eropa serta Amerika. Bahkan, penunjukan general manager pun tidak tanggung-tanggung, yakni James B. DeLuca, mantan Wakil Presiden Eksekutif General Motors yang sudah pasti sarat pengalaman. James B. sendiri akan bertanggung jawab atas pembangunan, pengoperasian dan pengembangan segmen SUV dan sedan Vinfast

Membangun Pabrik Yang Apik Demi Memuluskan Prodak Ciamik

Sumber : Carcoops

Setelah mengambil langkah matang dari semua sisi, bisa dibilang VinFast memiliki kesiapan dan keseriusan yang mumpuni. Karena secara komperhensif mereka telah menyiapkan semuanya, bahkan dari rumah pembuatan atau pabrik yang menunjuk kota utara Vietnam, Haiphong, di mana tanah seluas 335 hektar akan disulap menjadi pabrik mobil dan motor listrik kebanggaan rakyat Vietnam.

Memorandum pun telah ditandatangi guna meminjam 800 juta dola AS atau sekitar Rp 10 triliun dari Credit Suisse AG sebagai dana investasi. Juru Bicara Vingroup mengatakan, pabrik tersebut akan memperkenalkan sepeda motor listrik pertama dalam 12 bulan ke depan, sementara untuk mobil dalam dua tahun lagi.

Bagaimana Dengan Indonesia?

Sumber : Carmudi

Ketika Malaysia memiliki Proton dan Produo, dan Vietnam memiliki VinFast lantas di mana negara Indonesia sebagai masyarakatnya notabene kerap menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua? Indonesia sendiri sedang memperjuangkan mobil nasionalnya yang bernama Esemka, yang mana telah merakit mobil SUV bernama Garuda 1 (yang katanya mirip mobil China Foday Landfort), dan ada pula mobil Digdaya (yang disebut menyerupai Foday F22).

Kedua mobil ini dikatakan akan diproduksi massal di pabriknya yang berada di Boyolali, Jawa Tengah, yang merupakan produk PT Adiperkasa Citra Esemka Her gabungan dari  PT Adiperkasa Citra Lestari (ACL) dan PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Karena Penelitian Menyebut Kecerdasan Itu Sexy

Sebagian orang masih mengasosiasikan “pintar dan cerdas” itu dengan tampilan kaku macam kutu buku. Padahal sesungguhnya saat ini banyak tokoh-tokoh yang lekat dengan kecerdasan macam Elon Musk atau Mark Zuckerberg yang justru dianggap menarik dan sexy.

Beberapa penelitian juga bahkan menunjukan hal ini. Salah satunya adalah penelitian yang digagas psikolog Gilles Gignac, Joey Darbyshire, dan Michelle Ooi dari University of Western Australia. Mereka menemukan bahwa orang-orang dengan IQ tinggi memiliki skor tinggi dalam hal keseksian ketika dinilai oleh orang lain.


“Kecerdasan” Menjadi Faktor Kedua Daya Tarik Setelah “Kebaikan”

Penelitian tentang kecerdasan dan daya tarik di atas melibatkan sedikitnya 10 ribu peserta dari 33 negara di dunia. Salah satu temuan menariknya adalah para peserta penelitian menempatkan “smart” di nomor dua sebagai daya tarik.

Posisi ini hanya dikalahkan oleh faktor “kebaikan dan pengertian” yang menempati urutan nomor satu. Jadi sesungguhnya dengan menjadi baik dan terus melatih kecerdasan sudah bisa membuat orang lain tertarik kepada kita.

Salah Satu Indikator Kecerdasan Adalah Selera Humor

Dalam penelitian itu juga ditanyakan mengenai indikator apa yang digunakan untuk menilai seseorang cerdas atau tidak. Sebagian menyebut bahwa salah satu indikator yang digunakan untuk menilai kecerdasan seseorang adalah selera humornya.

Karena mereka yang cerdas selalu berpikiran terbuka dan orang yang berpikiran terbuka ini cenderung punya selera humor yang baik. Mereka yang smart juga dikatakan tidak akan mudah tersinggung dan aspiratif terhadap ide-ide baru.

Tak Cuma Pada Individu, “Smart Dan Sexy” Juga Kini Diterapkan Pada Hal Lain

Perpaduan menarik ini tak cuma ditemui dalam urusan penggambaran individu seseorang. Karena kini banyak sektor juga menerapkan konsep ini. Coba tengok misalnya gadget yang selalu menemani kita.

Dahulu mungkin handphone hanya digunakan sebagai alat komunikasi suara dan teks. Kini perkembangannya sudah jauh lebih dari itu. Mulai dari mengakses internet, sosial media, pesan makanan, penunjuk arah hingga fungsi lainnya yang dulu hanya impian.

Tapi toh kamu juga tak mau hanya menggunakan gadget yang cerdas saja bukan? Begitu banyak pilihan ponsel cerdas, tentunya kamu juga memilih yang di desain menarik lagi sexy. Karena hal tersebut juga menunjukan jati diri.

Bahkan Meluas Hingga Urusan Tata Kota Juga Tersentuh Unsur Kecerdasan

Familiar dengan istilah Smart City? Yup inilah konsep yang diinisiasi oleh Suhono S. Supangkat dari ITB. Kota tak lagi hanya menjual soal “keindahan dan kecantikan” namun juga harus bersifat smart.

Menurutnya, Smart City adalah kota yang bisa mengelola Sumber Daya Alam (SDA), Sumber Daya Manusia (SDM) dan sumber daya lainnya sehingga warganya bisa hidup nyaman aman dan berkelanjutan.

Seperti adanya transparansi dan partisipasi publik, transportasi publik, transaksi non tunai, manajemen limbah, energi, keamanan, data dan informasi. Hal ini dapat didukung melalui teknologi informasi dan komunikasi. Terbayang menyenangkannya hidup di kota yang di tata macam ini bukan?

Tak Mau Ketinggalan, Urusan Kendaraan Juga Harus Mengadaptasi Ini

Soal “smart dan sexy” ini juga merambat ke urusan kendaraan. Mengingat hal ini melekat dengan kita dan digunakan juga untuk berativitas sehari-hari. Wajar rasanya jika konsep ini juga diterapkan pada kendaaraan kita.

Ambil contoh Yamaha Lexi yang mengusung konsep “Smart is The New Sexy” yang bermakna bahwa sexy tidak hanya tentang penampilan melainkan tentang karakter, sikap dan pola pikir yang Smart. Yamaha Lexi mempunyai 3 pilar konsep Utama

Untuk Smart & Sexy Design, Motor ini mengkombinasikan unsur Luxury dan Elegan dengan bobot yang paling ringan di kelas MAXI YAMAHA. Tampilannya yang berkelas ditunjang desain lampu Grand LED Headlight ditambah eye line biru yang menawan memperkuat kesan mewah dan elegan. Apalagi untuk tipe Lexi-S, desain joknya  memadukan dua tekstur kombinasi yang disatukan dengan motif jahitan elegan membuat tampilan motor menjadi lebih berkelas.

Tak cuma tampilan karena yamaha Lexi ini punya Smart Features. Untuk Varian Yamaha Lexi-S dibekali fitur Smart Key System yang merupakan sistem kunci tanpa anak kunci alias keyless. Kunci ini juga sudah disematkan fitur Immobilizer dan Answer Back System untuk memudahkan pengendara mencari posisi parkir motor.

Berkendara dalam jarak jauh juga kini tidak perlu khawatir karena Yamaha Lexi memiliki bagasi yang luas dan lega untuk menampung barang bawaan lebih banyak. Apalagi, Yamaha Lexi menjamin pengendara tetap terhubung melalui Smartphone karena dilengkapi Electric Power Socket untuk mengisi daya gadget.

Urusan dapur pacu diserahkan pada Smart Engine. Dari segi performa mesin, Yamaha Lexi menggunakan mesin generasi baru Blue Core 125 cc yang disempurnakan Variable Valve Actuation (VVA). Mesin ini secara cerdas akan membuat aksi berkendara lebih efisien, bertenaga dan handal dengan tenaga dan torsi maksimum di setiap putaran mesin. Apalagi Yamaha Lexi dilengkapi Liquid Cooled 4 Valves (LC4V) yang membuat suhu mesin lebih stabil dan performa lebih maksimal.

Tak berhenti disitu Yamaha Lexi dibekali fitur canggih Stop & Start System (SSS) berfungsi untuk mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu pada saat motor sedang berhenti. Apalagi ditambah Smart Motor Generator (SMG) membuat suara motor lebih halus saat dinyalakan. Kalau masih penasaran soal motor satu ini kamu bisa lihat detailnya di halaman ini!

Jadi bagaimana? Kamu sudah siap mengikuti trend smart is the new sexy ini?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Modifikasi

Bung Bisa Terancam Di Bui Dua Bulan Apabila Lampu Kendaraan Terlalu Terang

Memiliki kendaraan yang terlihat standar mungkin agak terlihat garing. Tanpa ambil pusing, banyak pemilik akhirnya melakukan modifikasi. Sah-sah aja sebenarnya dalam melakukan modifikasi asalkan masih mematuhi peraturan lalu lintas. Seperti soal lampu motor dan mobil. Pasalnya menggunakan lampu yang terlalu silau pastinya akan mengganggu pengendara lain bukan? makanya hal itu dilarang.

Akun instagram @polisi_indonesia menyatakan kalau kendaraan yang memasang lampu terlalu terang dapat terkena denda Rp 500 ribu atau kurungan dua bulan. Selain lampu berwarna putih silau, warna lampu rem belakang dari warna merah menjadi putih, transparan atau LED juga membuat efek silau pengendara lain. Apabila masih ada pengendara yang bandel, maka kepolisian akan menindak tegas dengan memberikan surat tilang dengan denda maksimal.

Peringatan bagi para pengendara mobil dan sepeda motor yang mengganti lampu depan kendaraan yang mengeluarkan sinar berwarna putih terang berpotensi memicu kecelakaan lalu lintas,” tulis akun @polisi_indonesia.

Sebagai informasi, dalam undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 pasal 279, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang dipasangi perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas sebagaimana dimaksud dalam pasal 58 dipidana dengan kurungan paling lama dua bulan atau denda Rp 500 ribu.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Otomotif

Cek Mesin Sebelum Beli Mobil Bekas, Modal Penting Agar Duit Tidak Sia-sia Terpangkas

Harga mobil memang semakin lama memang semakin mahal. Menjadi pertimbangan bagi bung yang tentunya memiliki gaji pas-pasan, atau banyak diliputi tanggung jawab untuk membayar cicilan. Belum lagi mulai terbesit tentang harga pajak yang makin lama semakin tinggi.

Alhasil membeli mobil bekas menjadi solusi pasti, dan tidak ada salahnya. Karena mobil bekas tidak selalu berimage negatif seperti anggapan orang banyak, tergantung yang merawat. Toh, mobil bekas masih memiliki daya tarik jika perawatan yang dilakukan pada mobil tersebut masih kategori terawat.

Namun, hindari lah beberapa hal yang menjadi kesalahan umum yang sering dilakukan saat orang membeli mobil bekas.

Penting Guna Mengetahui Sejarah Mobil

Tak ayal perkataan Soekarno soal jas merah atau jangan pernah meninggalkan sejarah, cukup berlaku saat kamu membeli mobil bekas. Sebagai pembeli, kamu berhak bawel untuk menanyakan apa saja apalagi ini mobil bekas. Harga murah belum tentu kualitasnya murahan, meskipun ada juga sih kemungkinan.

Makanya penting untuk mengetahui sejarah mobil. Apakah pernah tabrakan hebat, dan odometernya bisa diatur ulang, ketiga hal ini akan berpengaruh pada performa mesinnya yang mungkin tidak dirasakan waktu dekat.

Tanyakan Juga Soal Mesin!

Prioritas mesin harus diperhatikan saat bung membeli mobil bekas, karena kondisi mobil bekas yang dipakai kurun waktu yang lama bisa saja kondisi mesinya sudah tidak berkualitas baik. Saat bung membeli mobil bekas tetapi kondisinya tidak memungkinkan untuk apa bung beli bukan? toh nanti banyak hal yang kamu perlu perbaiki yang menuntut bung harus merogoh kocek lagi soal mesin.

Oleh karena itu kamu harus tanya soal mesin dan mengetahui soal mesin. Apabila bung tidak mengerti soal mesin sebaiknya ajak sahabat atau kerabat yang mengerti soal mesin dengan baik. Dengan itu bung tidak ragu lagu untuk menentukan apakah mobil itu dalam kondisi bagus atau tidak. Bung harus memastikan bahwa komponen mesinya original, apabila bung merasa bahwa mobilnya itu sudah jelek sebaiknya bung mengurungkan niat untuk membeli.

Periksalah Mobil Lewat Catatan Servis Kendaraan

Usia mobil semakin awet apabila diservis secara rutin sekaligus dirawat dengan rajin maka performa mobil tersebut pun baik. Untuk mengetahui cara tersebut, dengan cara memeriksa catatan servis mobil dari pemilik mobil. Biasanya setiap kali seseorang melakukan servis maka pihak bengkel akan menuliskan catatan servis berkala dan komponen pun yang pernah diganti sehingga bung bisa lebih yakin tentang performa mobil bekas tersebut.

Jangan Terburu-Buru Mengecek Kondisi Mobil

Bung tidak boleh terburu-buru untuk mengecek mesin mobil, karena sifat bung yang terlalu terburu-buru tersebut bisa membawa boomerang bagi bung sendiri. Untuk itu ada baiknya bung melakukan test drive atau uji coba ke jalanan.

Saat bung melakukan test drive, bung bisa meraba bagaimana performa mesin secara baik dan benar. Perhatikan suara mesin, getaran sampai asap knalpot tersebut. Jangan lupa, lakukan dengan teliti jangan terburu-buru. Karena biasanya mobil bisa dilihat setelah beberapa lama di bawa jalan. Dan itu tidak udah hiraukan kalau bung dicap sebagai pembeli yang rewel.

Jangan lupa Membandingkan Dengan Mobil yang Bertipe Sama dan Kondisi Sama

Sabar menjadi kunci saat bung menjatuhkan pilihan untuk membeli mobil. Bung harus bisa menahan diri dan melakukan perbandingan dengan yang lain. Beruntunglah bung hidup di era internet karena tidak perlu lagi repot-repot melakukannya, karena bung hanya perlu mengecek secara online, terutama perkara harga yang sangat sensitif bagi dompet.

Kemudian tahun pemakaiannya, dengan begitu kamu pun bisa mendapatkan mana yang paling cocok dengan selera terutama dengan keuanganmu. Intinya sabar dan jangan terlalu cepat memutuskan.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Otomotif

Perhatikan Beberapa Titik Sebelum Beli Mobil Klasik, Dari Pada Bung Ketipu Hal Klasik

Mobil klasik udah kaya pacar, apapun rela dilakukan. Tapi bagi bung yang sudah jatuh cinta terhadap mobil klasik, apakah mengetahui seluk beluk tentang mobil klasik? Jangan sampai ngaku suka dengan mobil klasik tapi nggak paham nih. Karena sayang loh kalau bung nggak mengetahui seluk beluknya.

Maka dari itu bagi bung yang suka dengan mobil klasik ada beberapa titik yang harus diperhatikan sebelum kepincut dan berniat mengeluarkan uang. Dilansir dari Otospector, beberapa titik ini bisa bung perhatikan dengan mata telanjang asalkan bung teliti, guna mendapatkan mobil klasik namun kualitas masih asik.

Nah bagi bung yang nggak tahu, simak nih beberapa titik yang harus bung perhatikan secara matang sebelum membelanjakan uang demi mobil klasik kesayangan.

Coba Periksa Sasis dan Kaki-Kaki Mobil

Kalau bung ingin memiliki mobil klasik dengan tampilan prima alias bisa di bawa berjalan-jalan, bukan cuma sekedar mejeng di garasi doang. Periksa sasis dan kaki-kaki mobil tua menjadi bagian vital yang harus diamati dan nggak boleh terlewatkan.

Karena sasis dan kaki-kaki mobil klasik atau tua ini sudah mulai ringkih, sangat berpotensi akan ada masalah di jalan. Toh sayang kan kalau punya mobil klasik cuma dipajang doang tapi nggak diajak jalan. Untuk itu mintalah melakukan pengecekan khusus untuk bagian sasis dan kaki-kaki agar anda dapat mnegetahui kondisi kesluruhan dari depan hingga belakang.

Cek Gas Buangan Pada Knalpot, Apakah Masih Dalam Kondisi Baik Atau Dalam Status Repot

Untuk mengecek apakah mesin mobil masih dalam kondisi terbaik, indikasinya teradap pada knalpot. Dengan melihat gas buangan yang terjadi pada mobil klasik tersebut, apakah masih mengeluarkan air. Jika knalpot masih mengeluarkan air artinya tidak ada kebocoran oli.

Ketika bung melakukan cek kendaraan, coba minta pemilik atau bung sendiri untuk menguji coba mobil dalam waktu beberapa menit. Gunanya untuk cek emisinya apakah mesin mobil masih tergolong baik. Lantas tahu baik dan buruknya dari mana?

Tahu baik dan buruknya terlihat dari jelaga yang tersisa di knalpot, apabila tidak basah dan temperatur mobil dalam kondisi normal berarti mesin mobil klasik yang bung taksir masih tergolong baik.

Karburator Soak Akan Berpangaruh Pada Bahan Bakar

Untuk mobil-mobil terbaru di era sekarang telah menggunakan sistem injeksi untuk pembakarannya. Sedangkan mobil-mobil lawas lebih menggunakan karburator. Bagi bung yang tidak tahu, karburator memiliki fungsi mencaput udara dan bahan bakar untuk menghasilkan pembakaran yang sempurna.

Untuk menghindari mobil sering aus sehingga berhenti di pom bensin tiap waktu, bung harus cek karburator, karena karburator yang sudah mulai soak bakal berdampak pada borosnya penggunaan bahan bakar.

Jangan Anggap Sepele Eksterior Mobil Klasik, Karena Harganya Bisa Selangit

Komponen mesin dan yang lainnya memang harus diperhatikan karena itu akan menjadi masalah besar kalau bung menyepelekan. Kisaran harga merombak bagian eksterior mobil antik itu sangat mahal bung, karena bisa jadi mobilnya sudah tidak lagi diproduksi dan juga sangat langka mencarinya.

Bahkan lebih murah menganti bagian onderdil yang usang dari pada eksterior. Untuk itu bung harus pertimbangkan kondisi mesin maupun badan mobil dan cari tahu perkiraan biaya yang harus bung keluarkan, biar nggak kaget bung.

Terakhir, Surat Kelengkapan Tak Boleh Ketinggalan

Jangan mau untuk membeli mobil klasik yang bodong bung, meskipun mobil klasik tentunya bung harus was-was kan apabila tidak disertai dengan STNK dan BPKB yang jelas. Nah, kelengkapan dokumen dan berkas mobil nggak kalah penting dibanding faktor lainya. Untuk bung yang tertarik dengan mobil era 50-an atau 60-an harus periksa Boekpass, semacam sertifikat kendaraan bermotor sebelum dikeluarkan BPKB.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top