Health & Personality

Kesepian yang Menghantui Lebih Berbahaya dari Sebungkus Rokok yang Bung Hisap Tiap Hari

Kesepian itu menyedihkan. Bung yang sekarang menyendiri dan tidak memiliki teman bersandar bahkan untuk melempar guyonan, pasti bakal lari ke internet untuk mengubek-ngubek hal receh guna ditertawakan. Bagi sebagian laki-laki, yang mana tidak semua, membunuh sepi biasa dilakukan dengan menghisap tembakau. Tetapi tahukah Bung, ada hubungan antara kesepian dan kematian dini yang memiliki efek kesehatan setara dengan orang yang merokok 15 batang dan pecandu alkohol. Bukan hanya omong kosong, sebab hal itu merupakan hasil sebuah studi yang dilakukan Universitas Brigham Young, Utah, Amerika Serikat.

Faktor-faktor yang membuat seseorang mengalami kesepian biasanya bersifat pribadi. Dan sulit diutarakan dengan alasan, apa yang aku rasakan, belum tentu kamu paham. Karena kondisi kita tidak sama, seperti mengalami perceraian. Merasa tidak diterima dalam suatu komunitas atau kelompok, juga berujung pada kesepian. Seolah berdiri sendiri di pusat perbelanjaan yang sedang diskon besar-besaran. Untuk itu jangan jadi orang yang kesepian Bung, karena banyak cara untuk membunuh sepi.

Berkumpulah dengan Keluarga dan Lihat Bagaimana Mereka Tertawa

Sebelum berbicara tentang bagaimana Bung dapat menghilangkan rasa kesepian. Bung mungkin saja heran bagaimana sebuah penelitian dapat mengukur rasa sepi seseorang, bukan? Survei yang didanai perusahaan asuransi kesehatan Cigna, dengan menggunakan metode pengukuran Loneliness Scale dari UCLA, melaporkan rasa kesepian yang dialami generasi muda, baik yang aktif maupun tidak di media sosial, ada di tingkat yang sama.

Intinya daripada Bung  merasa jaya di internet dengan memiliki sejuta teman, namun di dunia maya, lebih baik mendekaplah dengan keluarga dekat. Ajak mereka makan dengan hasil jerih payah Bung. Interaksi dengan mereka, lihat bagaimana mereka bahagia saat kamu secara tiba-tiba mengajak mereka makan bersama-sama. Pasti sensasinya beda.

“Orang kesepian akan merasa jauh lebih baik jika berinteraksi langsung dengan orang lain,” tutur CEO Cigna David Cordani.

Tidur Akan Menjadi Salah Satu Obatnya

Kenapa tidur? Daripada fokus gawai, ya lebih baik tidur. Apalagi kalau kondisi Bung memang lelah. Secara klasik, tidur termasuk dalam survei yang dilakukan untuk mengatasi kesepian. Meratapi kesepian atau hanya bengong-bengong saja otomatis tidak membuatmu lebih bahagia. Lagi pula, apa yang perlu diratapi dari kesepian? Hidup cuma sekali jangan dibuat jadi drama melankolis dengan membangun diri sebagai penyendiri.

Ambil Cuti dan Lakukan Petualangan

Uang memang penting, tetapi kebahagiaan harus diutamakan. Hubungan antara menghisap rokok 15 batang per hari efek kesehatannya sama dengan orang kesepian. Karena kesepian dapat membuat Bung stres, apabila hal itu terjadi maka bisa menyebabkan penyakit yang lebih buruk lagi.

Traveling dapat mengatasi rasa kesepian, pejamkan mata dengarkan alam, bertemu orang asing yang berada satu tempat denganmu dan lakukan interaksi dapat membuatmu merasa memiliki nafas baru dalam hidup. Tak menutup kemungkinan, kalau ke depannya Bung dan orang tersebut bisa selalu menjalin hubungan baik bersama.

Cari dan Miliki Si Nona yang Menawan di Hati

Si nona pasti menjadi salah satu alasan kenapa Bung bisa semangat sampai sekarang. Si nona adalah tulang rusak keduabelas Bung. Kata orang-orang, memiliki pasangan yang pengertian dan dicintai, otomatis dapat mengurangi rasa kesepian. Tapi tak berarti juga Bung mencari si nona hanya untuk menghilangkan rasa sepi, tetapi dengan hadirnya kekasih, hidup Bung akan lebih berwarna. Karena dia bisa saja menjadi moodbooster pada sisi-sisi gelap kehidupan yang kerap Bung tangisi dan ratapi, yakni kesepian.

Kurangi Bermain dengan Gawai yang Tak Lebih dari Interaksi dan Sosialisasi Semu

Bertukar meme sampai DM dengan teman lama, tidak termasuk interaksi seperti yang dikatakan David. Lebih baik Bung gelorakan nongkrong bersama dengan ajak teman dan bangun obrolan yang seru dan unik. Bukan berkumpul bersama tapi saling fokus gawai masing-masing saja.

Sesekali bolehlah fokus gawai, seperti bermain gim bareng dimana kalian pasti bakal saling bersautan. Namun, ingat! Mengobrol lebih penting, intinya perbanyak interaksi kurangi fokus dengan smartphone-mu sendiri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Baik

Orang yang Mengeluh Stres Berarti Tidak Memprioritaskan Manajemen Stres

Kendala stres menghampiri setiap orang dan orang yang mengeluh tentang stres berarti hidupnya tidak memprioritaskan manajemen stres. Padahal hal itu sangat penting lho untuk dilakukan.

Yap, manajemen stres itu diperlukan karena berkaitan dengan cara efektif mengatasi gangguan atau kekacuan mental dan emosional yang muncul. Pada intinya manajemen stress bertujuan untuk memperbaiki kualitas hidup individu agar menjadi lebih baik dari biasanya.

Stres apabila tidak ditangani bakal merusak ritme atau pola hidup seseorang. Lantaran stres adalah bentuk reaksi psikologis yang normal saat terjadi peningkatan beban kehidupan seperti beban pekerjaan. Timbulnya stres adalah tanda bahwa otak sedang mengalami tekanan yang berlebihan. Oleh karena penting untuk mengubah rutinitas untuk manajemen stres.

Sebuah buku bertajuk “The Healing Self” karya Deepak Chopra dalam CNBC menjelaskan beberapa praktik yang bisa dilakukan harian agar terbebas dari stres.

Keluar dari Lingkungan yang Penuh Tekanan

Setiap orang pasti pernah terjebak dalam lingkungan yang penuh tekanan. Semisal saat melakukan meeting, ada satu moment di mana meeting berjalan ketat dan tegang. Apabila saat itu bung merasa tertekan karena pressure yang tinggi, cobalah izin keluar sebentar dari ruangan kemudian tutup mata dan tarik nafas dalam-dalam.

Penelitian menemukan, kalau naik dan turunnya nafas merangsang bagian otak yang memiliki tugas menciptakan rasa ketenangan. Ketenangan ini akan membuat stres perlahan menghilang dan bung bisa lebih fokus dari sebelumnya.

Rehat Sejenak Bersahabat Dengan Alam

Rasa cemas sekaligus meningkatkan suasana hati dapat dilakukan dengan berjalan-jalan di alam. Sebuah studi pun mengamini hal ini dan menyatakan modal 20-30 menit berjalan-jalan satu kali seminggu saja bakal berdampak banyak seperti mengurangi stres.

Susana alam yang sejuk jauh dari hiruk pikuk kendaraan memang dapat membuat susana jauh lebih tenang. Lebih lanjut lagi penelitian mengatakan bahwa saat sudah merasa tenang, tak berarti usai begitu saja, tetapi tetap perlu menghabiskan waktu di alam. Paling tidak saat isitirahat jam makan siang ajak teman untuk keluar dan berjalan-jalan, karena selalu berada di kantor membuat suasana suntuk.

Lakukan Olahraga Karena Dapat Memperpanjang Usia

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang tidak hanya menyehatkan. Tapi juga menghilangkan dan mencegah datangnya stres. Bahkan hasil studi Universitas Harvard mengatakan kalau olahraga dapat memperpanjang hidup sampai 10 tahun bahkan lebih.

Paling tidak lakukan olahraga selama 15 menit atau 30 menit setiap hari. Bangunlah dari kursi saat bekerja, lakukan peregangan dan berjalan-jalan. Agar badan tidak kaku karena menghabiskan seharian dengan bersandar di kursi.

Sesekali Bisa Juga Bermeditasi, Untuk Perangi Stres Agar Tak Datang Lagi

Cara paling efektif untuk memerangi stres adalah dengan meditasi. Bahkan khasiat dari bermeditasi tidak hanya dapat mengatur stres namun mencegah penyakit jangka panjang. Manfaat lain adalah membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi kehilangan memori karena menua. Setidaknya lakukan 15 sampai 20 menit dengan meditasi dua kali sehari.

Prioritaskan Beberapa Orang Penting Demi Membangun Interaksi

Menjaga hubungan dengan orang sangatlah penting. Namun menjaga hubungan bukan melalui email atau teks, tetapi melalui koneksi nyata yang baik secara langsung atau melalui telepon. Sangat dianjurkan untuk berinteraksi secara langsung demi membangun koneksi erat yang dapat memperkuat rasa kepemilikian, meningkatkan kepercayaan diri dan membuat bung lebih bahagia dalam hidup.

Jadikan manajemen stres sebagai prioritas. Ini salah satu cara efektif untuk meningkatkan kesejahteraan seseorang secara kseluruhan sekaligus demi memperbaiki kualitas hidup.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Baik

Kiat-Kiat Agar Bung Lebih Sangar

Bung pernah mendapat label sangar dari seorang kawan? kalau pernah, apa yang ada di dalam benak bung ketika mendengar kata-kata tersebut? konon sangar kerap diartikan sebagai seseorang yang galak, emosional atau arogan. Bisa dibilang sangar itu adalah sebuah perumpamaan yang multitafsir, karena bisa ke arah negatif atau positif.

Namun menurut nih kami, sangar hanya beda tipis dengan maskulin atau macho, hanya mungkin sangar adalah bahasa yang kurang universal yang belum bisa diterima. Padahal sangar kerap diutarakan sebagai kata pengganti dari tangguh.

Namun yang ingin dibicarakan di sini adalah beberapa cara yang bisa disebut sebagai soft skill . Yang kami fikir telah diabaikan  setiap laki-laki hanya mengincar jadi kuat, atltetis dan ganteng. Padahal kemampuan ini juga membuat bung menjadi  sangar,mengasah kemampuan ini dapat meningkatkan kualitas seseorang terutama dalam beberapa hal. Untuk itu lebiak baik simak di bawah ini ya bung.

Mengembangkan Rasa Percaya Diri Secara Tinggi

Salah satu soft kill yang dapat membuat bung jadi telihat sangar adalah membentuk rasa percaya diri secara tinggi. Seseorang yang mengaku sangar hanya bermodalkan fisik akan kalah dengan mereka yang mengandalkan mental.

Orang yang tidak memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi akan begitu lemah dan pasif. Mereka akan tertatih-tatih dalam situasi apapun, bahkan sering meyulitkan diri sendiri karena tidak percaya diri, seperti sebatas ingin berkenalan dengan perempuan atau meminta kenaikan gaji, menjadi potret moment sulit baginya.

Untuk itu mengembangkan rasa kepercayaan diri dengan melawan rasa takut, seperti takut berorganisasi, menjalani hobi sampai akivitas aksi, nah coba dengan melawan rasa takut di bidang-bidang tersebut, dijamin perlahan kepercayaan diri akan semakin meningkat. Karena seseorang tak bisa menjadi sangar kalau kemampuan dalam mengembangkan kerercayaan dirinya ciut.

Mengembangkan Pribadi Menjadi Orang yang Tegas

Menjadi sosok yang sangar berikutnya adalah berkembang lewat komunikasi, bentuklah komunikasi dengan tegas. Seperti aktif dalam mengutarakan ide serta perspektif baru dan mulai mempertimbangkan ide yang diutarakan oleh orang lain alias tidak egois.

Jangan berteriak dan mengaku sebagai sosok yang paling kuat, karena itu tidak akan memotivasi. Di sisi lain jangan berharap untuk mengerjakan sesuatu dari ide sendiri karena ada satu kemungkinan kita mengerjakan ide dari orang lain.

Lantas di mana sisi tegasnya dari penjalasan tersebut? tegas di sini dalam arti mau berkompromi dengan diri sendiri, memilikit komitmen dan tidak plin-plan. Karena sesungguhnya tegas itu ya memiliki pendirian. Dengan memiliki pendirian adalah hal yang sangar, dari pada orang yang membesarkan badan tapi kerap salah jalan dalam kehidupan karena tak ada pendirian.

Memiliki Keinginan yang Spesifik

Ketika memiliki keinginan haruslah spesifik supaya bung tau apa yang harus diperjuangkan. Ketika ditanya apa yang bung inginkan, kemudian menjawab “aku ingin kaya, aku ingin memiliki mobil mewah”, permintaan tersebut tidak terlalu spesifik. Jadi bung tidak mengerti bagaimana untuk merealisasikan wujud dari mimpi tersebut karena terlalu majemuk.

Seandainya bung memiliki keinginana secara spesifik seperti ” Ingin memiliki rekening sebesar Rp 1 milliar” bung tau cara mencapainya seperti apa dan paham apa saja rintangan yang menghadang. Maka dari itu tentukan  keinginan yang spesifik demi mencapai tujuan yang hakiki.

Menjadi Sosok Komunikator yang Efektif

Sangar yang selanjutnya adalah menjadi komunikator yang efektif,  dengan menempatkan diri dalam situasi di mana bung perlu berkomunikasi. Terkadang ada saja percakapan yang sulit dilakukan mungkin saja perihal topik yang tidak dikuasai, justru bung jangan menghindar tapi lakukan percakapan itu.

Jadikan hal tersebut sebagai peluang dimana bung menempatkan diri. Kami jamin hal tersebut tidak akan terasa nyaman, bahkan dapat membuat bung merasa canggung karena ini tidak pada tempatnya namun ini salah satu cara untuk bung berkembang menjadi komunikator yang efektif.

Mendidik Diri Sendiri

Mendidik diri sendiri dengan kata lain adalah memperkaya intelektual, di mana bung harus membangun pengetahuan luas dan menguasai beberapa keterampilan mulai dari seni bela diri, menembak, kesadaran situasional dan semacamnya.

Semua informasi yang bung dapatkan harus dikomunikasikan kepada orang lain, bung harus menempatkan diri di mana mendapatkan kredensial baru dan ini menjadi membuat bung sebagai sosok yang berpengetahuan luas. Bahkan sampai topik-topik maskulinitas juga bisa bung kulik, karena pada intinya ini aktualisasi diri untuk membuat bung berpengetahuan luas. Otomatis hal ini membuat bung jadi lebih sangar.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Tahu

(Lebaran)Berbuka Pakai Gorengan Serupa dengan Mengabaikan Kesehatan

Saat berpuasa keinginan untuk menyantap beragam jenis makanan adalah bagian dari nafsu. Ingin makanan A, B sampai Z membuat seseorang kerap membelanjakan apa saja untuk jadi hidangan. Tapi tidak semua makanan ramah untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Bisa saja saat bung mengonsumsi makanan tersebut membuat kesehatan menjadi drop. 

Meskipun dengan catatan bung makan untuk memulihkan kondisi badan akan sia-sia apabila mengisi dengan makanan yang tidak pas di lambung, yang ada malah sakit dan sulit menjalankan puasa di keesokan harinya. Salah satu makanan yang harus dihindari tersebut adalah gorengan!

Gorengan seolah jadi hidangan yang lumrah untuk disajikan karena beragam jenis, memang tak bisa dipungkiri sih bahwa kelezatan gorengan memang menggoda. Namun kalau membiarkan gorengan jadi makanan pertama yang masuk ke dalam perut setelah berjam-jam puasa akan mengejutkan perut yang belum terisi.

Belum lagi, kita tidak tahu seberapa higienis gorengan tersebut, kalau menggunakan minyak yang digoreng untuk beberapa kali maka kesehatan makin berantakan. Selain gorengan, dilansir dari Halodoc, ada beberapa makanan yang dilarang disantap saat berbuka

Pancake Durian

Makan buah memang terasa segar saat berbuka, tapi tidak kalau buahnya tersebut adalah durian apalagi berbentuk dalam kudapan Pancake Durian. Secara medis durian memang dilarang untuk dijadikan santapan berbuka karena mengandung gas yang bakal memicu asam lambung naik. Perut kosong berjam-jam adalah waktu yang rentan mengalami kenaikan asam lambung, maka dari itu durian sangat rentan dikonsumsi berbuka.

Makanan Bersantan

Selain durian makanan yang dilarang salah satunya adalah makanan bersantan seperti kari apalagi ditambah dengan saus pedas. Orang berpuasa yang perutnya masih kosong sebaiknya diisi dengan makanan yang adem alias tidak terlalu berbumu kuat, lebih baik konsumsi teh manis, kurma atau beragam jenis kue dibanding menyantap makanan berat seperti makanan bersantan. Berikan sedikit jeda setelah berbuka sebelum akhirnya menyantap makanan berat.

Makanan Pedas

Bagi mereka yang doyan makanan pedas, sangat bernafsu untuk menyantap makanan pedas. Banyak yang mulai mengonsumsi makanan berat waktu berbuka, sebaiknya bung menahan hasrat untuk mengonsumsi makanan pedas. Makanan yang manis lebih baik didahulukan sebelum memasukan makanan yang berbumbu. Penjelasannya masih sama bahwa makanan mengandung gas, dan makan pedas sifatnya “mengejutkan” perut yang sudah lama kosong.

Rujak

Ketika menganggap berbuka dengan rujak adalah makanan sehat karena terkandung beragam jenis buah-buah, justru itu adalah hal yang salah. Bahkan rujak jadi makanan yang dilarang saat berbuka. Kombinasi kacang, bumbu pedas, buah-buah yang asam sangat berlawanan dengan kondisi perut bung yang kosong. Rujak baik dikonsumsi dan dapat diterima tubuh ketika menjadikannya sebagai selingan setelah lambung terisi oleh makanan yang terlebih dahulu. Jadikan rujak sebagai makanan penutup, bukan berbuka.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top