money

Kata Bu Sri Mulyani, Kurangi Jajan Kopi Demi Menyiapkan Dana Pensiun Sedari Dini

Tiada hari tanpa kopi karena dapat membuat hidup jadi lebih faedah dan berarti. Mungkin itu jadi tagline anak masa kini kan bung? generasi milenial memang bisa dibilang sangat mencintai kopi, tumbuh kembangnya coffe shop dari yang terkenal sampai yang indie pun akan disambangi. Agenda malam minggu sampai bertemu teman pun dilakukan di kedai kopi. Alhasil ini membuat generasi milenial mengeluarkan uangnya lebih banyak untuk kopi.

Namun dari pada jajan kopi alangkah baiknya menyiapkan dana pensiun sedari dini. Dan itu menjadi hal yang penting karena masa depan harus dijalani dengan penuh persiapan. Hal ini pun juga disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, katanya generasi milenial adalah kalangan yang berorientasi pada experience atau pengalaman. Hingga tua pun mereka membutuhkan itu, sehingga harus menyiapkan dana saat pensiun.

“Kalau mereka mau experience, sampai tua pengen experience terus. Kalau butuh experience tapi butuh resource? Itu lah kita mulai masuk, sisihkan uang kopi kamu yang tadinya setiap hari jadi dua hari sekali. Sisanya bikin sendiri di rumah,” katanya dalam Seminar Nasional Asosiasi Dana Pensiun Indonesia (ADPI) di Hotel Bidakara, Jakarta.

Hal ini perlu jadi perhatian pengelola dana pensiun. Karena mereka memiliki peran untuk mengedukasi dan mensosialisasikan ke generasi milenial ini bagaimana pentingnya dana pensiun bahkan termasuk kepada bung juga lho bukan hanya yang berumur 23 tahun ke bawah. Selagi masih muda, sangat berasa apabila dana pensiun dikumpulkan dari sekarang.

“Jangan sampai ngumpulin dana pensiun dua tahun sebelum pensiun,” katanya.

Menteri Keuangan tersebut juga bagi pengelola dana pensiun untuk strateginya karena karakteristiknya meliputi kreatifitas, confidence dan kreatif. Sehingga pengelola un mampu meyakinkan soal perencanaan hidup ke depan.

“Harusnya kita memikirkan how you connect to millenial generation. Generasi milenial yang ada tiga karakteristik dalam hal ini creative, connected dan confidence,” tambahnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Agar Lebih Bahagia Di Tempat Kerja




Banyak faktor memang yang menyebabkan timbulnya stres di tempat kerja. Situasi kerja yang selalu berada di bawah tekanan, teman kerja yang tidak menyenangkan dan pimpinan yang tidak mau tahu dengan kondisi di lapangan akan semakin memicu munculnya stres di tempat kerja. Eits jangan buru-buru patah arang dan memutuskan resign! Tips ini akan mengubah jam kerjamu jadi terasa menyenangkan

Luangkan Waktu untuk Diam Sejenak dan Berkontemplasi

Cara ini ampuh untuk mengusir bosan dan melihat kembali hal-hal yang patut disyukuri. Jam-jam genting ketika bekerja itu biasanya pada siang hari. Usai makan, bukannya jadi produktif, tubuh malah jadi rentan mengantuk. Atau bisa juga karena sudah duduk berjam-jam, tubuh jadi malah mudah lelah.

Ada baiknya kalau sudah begini, kamu sediakan waktu selama 15-30 menit untuk berdiam diri sejenak dan menenangkan pikiran. Kesampingkan dulu pekerjaan dan notifikasi ponsel. Kamu bisa memikirkan kembali hal-hal apa saja yang patut disyukuri hari ini. Lambat laun, mood positif yang semula menurun jadi kembali baik.

Sempatkan Diri Berolahraga Agar Stamina Tubuh Tetap Terjaga

Mungkin belum banyak yang tahu kalau dengan berolahraga dapat membantu meningkatkan mood secara signifikan. Saat berolahraga, tubuh mengeluarkan zat neurokimia yang dapat memperbaiki suasana hati dan membuat kita merasa lebih baik.

Imbasnya, tubuh dan pikiran yang semula terasa tegang jadi lebih rileks. Tapi yang paling penting, tubuhmu pun jadi lebih bugar dari sebelumnya. Rasa bosan di tempat kerja pun akan hilang secara perlahan.

Jangan Sungkan Menyapa Rekan Kerja, Bukankah Menyenangkan Menciptakan Suasana yang Bahagia

Menyapa dan tersenyum kepada rekan kerja yang ada di sekelilingmu itu bukanlah sesuatu yang sulit bukan? Sebuah senyum kecil biasanya akan membawa pengaruh besar bagi suasana hatimu. Bahkan lebih besar lagi pengaruhnya bagi orang-orang di sekitarmu.

Di samping itu, kamu perlu tahu, kamu yang bisa tersenyum saat menghadapi situasi yang tak menyenangkan berarti kamu punya mental yang cukup kuat untuk menghadapi masalah sebesar apa pun. Jadi, jangan lupa tersenyum hari ini!

Buat Catatan Pencapaian Setiap Harinya Agar Ceria Ketika Pulang

Rasanya lelah sekali jika harus pulang ke rumah tapi kamu masih punya pekerjaan yang belum selesai pada hari itu. Entah apa penyebabnya, sampai rumah, kamu pun jadi suntuk dan pikiranmu jadi tak tenang.

Untuk mengatasinya, setidaknya kamu harus mulai disiplin untuk meluangkan sedikit waktumu untuk mencatat apa saja yang sudah kamu capai di hari itu. Ya, semacam daftar pencapaian kecil-kecilan yang bisa membantumu memantau progres harianmu.

Contohnya, sudah berhasil menghubungi klien A yang terkenal sulit, atau sudah berhasil merapihkan file yang semula berantakan, dan hal-hal kecil sejenis. Dengan mencatat macam ini, kamu akan lebih menghargai dirimu sendiri dan tentunya termasuk pekerjaanmu.

Coba Nikmati Perjalanan Menuju Kantor

Urusan satu ini memang harus diakui bukan perkara mudah. Apalagi untuk mereka yang tinggal di daerah perkotaan. Urusan jalanan macet dan perkara tak tertibnya pengguna jalan lain jadi hal utama.

Tapi toh untuk apa berfokus pada hal negatif. Lebih baik kita mencoba membangkitkan suasana yang lebih positif. Agar tak bosan coba secara berkala ganti rute perjalanan menuju kantor. Pikiran akan dirangsang untuk terus aktif ketika melewati jalan baru.

Hal penting lainnya agar menikmati perjalanan ke kantor adalah memilih kendaraan yang nyaman. Ambil contoh misalnya Yamaha Nmax yang belum lama ini meraih penghargaan Good Design Indonesia (GDI) 2018 untuk kategori transportasi sepeda motor dari Kementerian Perdagangan.

Motor yang dilengkapi digital speedometer ini dinobatkan sebagai motor dengan Good Design Indonesia karena memiliki konsep desain “Active & Comfort Style” yang memberikan gaya berkendara baru. Nmax memiliki posisi berkendara yang nyaman dan enjoy yaitu dua posisi berkendara. Jadi kalau bosan dengan posisi kaki menekuk, tinggal julurkan kaki ke depan. Mengubah-ubah posisi berkendara ini, pastinya sangat berguna ketika menempuh perjalanan kantor yang tak singkat.

Apalagi Nmax mempunyai bagasi yang super besar dimana dapat menyimpan helm dan berbagai macam barang-barang lainnya. Jadi barang bawaan yang biasa menyertaimu ketika ke kantor bisa dimasukan saja ke bagasinya dan tubuh bisa lebih leluasa bergerak. Dan tak perlu khawatir motor amblas akibat barang bawaan berat, sebab shock belakang Nmax sudah menggunakan tipe sub tank suspension yang nyaman namun juga tangguh menopang bobot berat.

Kapasitas tangkinya juga besar yaitu 6,6 liter. Dengan begitu kita tak lagi bosan karena sering menghabiskan waktu hanya untuk mengantri di SPBU. Asyiknya tangki ini diletakan di tunnel tengah. Sehingga membuat motor lebih seimbang dan tak perlu turun ketika mengisi bahan bakar.


Beralih ke dapur pacu, mesin Yamaha Nmax ini menganut teknologi Blue Core yang membuat urusan konsumsi bahan bakar ini jadi lebih optimal. Sementara itu mesin ini juga mengadopsi sistem VVA (Variable Valve Actuation), yang menjaga tenaga dan torsi maksimum di setiap putarannya. Tentunya dengan paduan ini Nmax akan tetap lincah meliuk di tengah kepadatan kota.
Penasaran dengan motor ini? Lengkapnya bisa dilihat di laman Yamaha Nmax ini. Nah, dengan kombinasi di atas kamu akan terhindar dari bosan di tempat kerja dan pastinya akan lebih merasa bahagia bukan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


money

Utang Pemerintah Jokowi Mencapai Rekor Baru, Haruskah Disambut Rasa Haru?

 Jumlah utang pemerintah Jokowi tembus hingga Rp 4.363,2 triliun atau 30,3 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) yang mencapai Rp 14.395,07 per tanggal 31 Agustus 2018. Tetapi hal ini tak perlu Bung takutkan akan berpengaruh ke ekonomi negara. Karena pemerintah memastikan penggunaan utang secara efisien sekaligus memberikan manfaat yang besar bagi pembangunan dan masyarakat Indonesia.

Berdasarkan dokumen APBN KiTa, ada beberapa faktor eksternal yang menjadi alasan kenapa utang pemerintah meningkat salah satunya pelemahan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing, terutama dolar Amerika Serikat (AS). Larisnya opsi penerbitan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) sebagai instrumen pembiayaan proyek bagi Kementerian/ Lembaga (K/L).

Selain itu ada pula pengaruh dari strategi front loading pemerintah yakni dengan menarik pembiayaan di awal pada saat suku bunga di pasar masih rendah. Hal ini dijalankan pemerintah sebelum bank sentral AS, The Federal Reserve menggencarkan kenaikan tingkat suku bunga acuannya dengan tujuan beban utang dapat diminalkan karena tingkat bunga masih rendah.

Di sisi lain, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menilai secara nomimal dan rasio, jumlah utang pemerintah memang meningkat. Namun ia bisa memastikan pemerintah akan terus berupaya agar rasio utang dapat dijaga dikisaran yang tidak melewati batas rasio utang.

“Kami akan tetap menjaga di sekitaran itu, kalau ada dinamika nilai tukar yang mengubah nilai nominal, terutama dari luar negeri, nanti kami akan adjust (sesuaikan),” ujarnya di Kementerian Keuangan dikutip dari CNNindonesia.com.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


money

Ada Beberapa Cara yang Bisa Bung Lakukan untuk Menguatkan Mata Uang Rupiah

Kondisi rupiah terhadap dolar memang mengkhawatirkan. Apalagi kondisi rupiah sempat melemah hingga tembus di angka Rp 15.000 per dolar AS. Nilai ini tentu saja bukan kondisi terbaik, tetapi sangat buruk apabila terus berlanjut seperti ini. Tentu ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kondisi ini.

Meskipun benar ini menjadi tanggung jawab pemerintah dalam menghadapi penurunan nilai rupiah, namun Bung juga dapat ikut andil dalam masalah ini. Dengan cara melakukan beberapa hal yang membuat rupiah semakin menguat. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Bung lakukan.

Jangan Pernah Ragu Bung untuk Memegang Rupiah

Bung jangan pernah ragu untuk memegang mata uang tercinta ini. Karena kenaikan dan penurunan itu adalah sebuah siklus, cepat atau lambat nilai mata uang ini akan menguat kok, Bung. Jadi jangan pernah ragu untuk mempertanyakan keberadaan rupiah, apalagi hingga tak lagi mengoptimalkan rupiah sebagai uang semana mestinya.

Barang Impor Memang Menggiurkan, tapi Tahanlah Bung demi Kestabilan Mata Uang

Mungkin salah satu kelemahan Bung adalah kerap tergiur untuk membeli barang impor. Seperti sepatu dan sebagainya. Dan hal yang harus Bung lakukan adalah mengurangi membeli produk impor rupiah agar nilainya makin kuat. Bung bisa membeli produk dalam negeri terlepas dari kualitas Bung. Lagi pula banyak juga produk dalam negeri yang bagus-bagus juga, ‘kan?

Mendongkrak Sisi Pariwisata agar Rupiah Semakin Jaya Transaksinya

Sisi pariwisata bisa didongkrak dengan cara bung mempromosikan lewat media sosial Bung, yang mana bakal membantu untuk transaksi rupiah. Apalagi kalau ada turis mancanegara yang menukarkan mata uang asingnya ke rupiah guna mengakses di tempat wisata tersebut. Otomatis dapat mendongkrak nilai rupiah agar menguat lagi.

Bung Jangan Mengambil Keuntungan dengan Menukarkan Dolar AS-mu

Dolar naik mungkin sangat menggiurkan apabila ditukarkan ke rupiah, karena Bung bakal mendapatkan keuntungan. Namun kalau Bung memanfaatkan hal itu untuk keuntungan tentu bakal membuat mata uang semakin parah kondisinya. Janganlah Bung tergoda dengan keuntungan sampai membuat mata uang Tanah Air sendiri jatuh kelimpungan.

Tukarkan Dolar ke Rupiah, dengan Begitu Mata Uang Kita Terjaga, Bung

Mungkin beberapa dari Bung memiliki finansial yang cukup sehingga memiliki mata uang dolar sebagai pegangan atau tabungan. Dan tak jarang pula menjadikannya sebagai investasi. Meski begitu, sebaiknya Bung tak menukarkan dolar ke rupiah guna mencari keuntungan. Tetapi Bung investasikan dalam instrumen-instrumen keuangan yang relatif tangguh menghadapai krisis, misalnya reksa dana. Pada intinya, hal ini sama dengan menabung.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


money

Angka Kemiskinan Indonesia Menurun, Menjadi yang Terendah Sepanjang Sejarah

Sepanjang sejarah negara ini berdiri, kemiskinan menjadi salah satu hal yang sangat diperangi di setiap era pemerintahan. Guna menekan angka kemiskinan beberapa program pun dijalankan. Hasilnya pun terlihat, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angka kemiskinan per Maret 2018 sebesar 9,82%.

Satu digit angka kemiskinan ini menjadi yang terendah sepanjang sejarah. Di tahun 2011 pada bulan Maret angka kemiskinan mencapai 12,49%. Diungkapkan langsung oleh Kepala BPS, Suhariyanto, kalau dikaji secara historis angka kemiskinan per Maret 2018 ini memang menjadi yang paling rendah. Namun, penurunan angka kemiskinan tidak berjalan mulus.

Fluktuatif angka kemiskinan pun kerap terjadi. Kenaikan pun terjadi pada September 2013 dan Maret 2015. Sampai di bulan Maret 2018, angka kemiskinan menurun menjadi 9,82% atau dikisaran 25,95 juta orang.

“Tapi ini adalah untuk pertama kalinya persentase penduduk miskin berada di angka satu digit. Kalau dilihat semuanya biasanya dua digit, jadi memang ini pertama kali dan terendah,” jelas dia.

Angka kemiskinan yang mencapai 25,95 juta orang tentu bukan angka yang kecil. Pemerintah bakal segera menuntaskan dengan menerapkan beberapa kebijakan yang diharapkan dapat tepat sasaran untuk mengusir kemiskinan.

“Caranya dengan kebijakan-kebijakan yang tepat sasaran sehingga penurunan kemiskinannya bisa cepat, beberapa tahun belakangan ada penurunan tapi sangat lamban, tapi ini persentase kemiskinan yang paling rendah 9,82% tapi jumlahnya masih banyak,” tutup Suhariyanto dikutip dari Kompas.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top