Otomotif

Karena Berhemat Bukan Cuma Urusan Perempuan Bro

Masih jadi penganut aliran jadul yang berpikir cuma perempuan yang musti mengurusi keuangan? Ini sudah jaman kapan bro. Lagi pula laki-laki itu tugasnya tak berhenti sekedar cari nafkah, bagaimana uang itu dihabiskan juga menjadi tanggung jawab kita.

Buat yang sudah berpasangan, dalam hal mengatur keuangan, jiwa laki-laki yang kuat berpikir akan menjadi penyeimbang perempuan yang kuat merasa. Peran kita akan membuat perencanaan keuangan bersama pasangan menjadi lengkap.

Sebetulnya kenapa sih kita harus melakukan penghematan? Kenapa kita harus menabung? Toh kita selama ini mampu membayar kebutuhan kita, kenapa pulak kita harus repot menyisihkan penghasilan untuk menabung?

Ingat bro boleh saja sekarang gagah perkasa bisa berpenghasilan dengan lancar. Tapi kondisi kita tidak akan selalu sama seperti sekarang ini. Kita tidak selalu bisa seproduktif seperti saat ini.

Coba bayangkan saja kalau kita sakit, tentunya kita tidak akan bisa bekerja seperti biasanya. Atau nanti ketika tua kita juga sudah tak lagi bisa menghasilkan seperti ketika muda. Padahal kita diharapkan jadi tulang punggung keluarga. Nah, pada saat itulah kita akan menuai hasil penghematan yang kita lakukan saat ini.

Masalahnya, yang bikin para pria enggan berhemat itu karena mengasosiasikan dengan hidup susah dan tak menyenangkan. Padahal penghematan itu juga bisa dilakukan dengan cara keren.

Berhemat Itu Bukan Karena Tak Punya Uang, Tapi Justru Ketika Sedang Berkelimpahan Uang

Hal yang membuat berhemat tak terlihat keren, karena umumnya penghematan dan menabung itu dilakukan oleh kita belakangan. Saat-saat ketika uang yang tertinggal hanya sisa remah-remah akhir bulan. Jika seperti itu tentunya berhemat jadi tak menyenangkan karena terasa seperti keharusan karena kehabisan uang. Ditambah lagi cara ini sering kali gagal.

Untuk itu cobalah untuk melakukan penghematan itu di depan. Rencanakan semua pengeluaran itu sebelum bulan berjalan. Jadi yang kita lakukan adalah mengatur pemasukan dan pengeluaran, bukan melakukan pengetatan ikat pinggang karena kekurangan uang. Tentukan dulu sedari awal prosentase uang yang ingin kita hemat setiap bulannya.

Irit Itu Tak Perlu Rumit, Menabunglah Menggunakan Rumus 80-20!

Tenang bro, tak perlu mengernyitkan dahi dulu berpikir berapa porsi yang harus kita sediakan untuk menabung. Sudah ada ahli yang membuat perhitungan ini.

Seorang pemikir manajemen bisnis bernama Joseph M. Juran memperkenalkan konsep menabung 80-20. Konsepnya dari rumus ini sangat sederhana. Kita hanya perlu menabung sebesar 20% dari pendapatan bersih yang telah kita peroleh. Kemudian gunakan sisanya untuk dibelanjakan. Sebesar 50% dipakai untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, sedangkan 30% sisanya dipakai untuk membeli apa yang kita inginkan.

Berhemat Itu Bukan Berarti Menghapus Mimpi Bro, Semua Bisa Tetap Dilakukan Asal Dengan Perencanaan

Berhemat dan menabung itu bukan berarti menghapus impian kita selama ini. Justru  Sikap “yang penting punya tabungan” biasanya sumber dari kegagalan menabung. Karena kita tak akan punya motivasi jelas kenapa harus berhemat.

Karena itu cobalah untuk membuat daftar impian kita terlebih dahulu dan kenapa kita harus berhemat karenanya. Misalnya, berhemat karena ingin mengganti smartphone terbaru dengan harga tertentu, ingin membeli sepatu merk tertentu yang harganya tak murah, ingin menabung untuk penghasilan di hari tua, berhemat untuk dana darurat ketika sakit, dan tujuan spesifik lainnya.

Dengan membagi tujuanmu secara rinci manajemen keuangan kita juga akan lebih baik. Dan tentunya kita akan punya banyak pos keuangan yang tidak saling tumpang tindih.

Barang Yang Keren, Tak Selalu Idientik Dengan Boros

Kita keliru kalau berpikir barang-barang yang hemat itu tak bagus. Dan sebaliknya barang-barang yang keren itu harus boros. Coba ambil contoh misalnya lampu LED yang hemat energi. Bentuk dan nyala lampunya jauh lebih baik dari lampu biasa. Pendingin ruangan juga punya karakteristik yang sama. AC dengan teknologi low watt punya bentuk yang lebih langsing dan jauh lebih bisa disesuaikan dengan tampilan interior rumah.

Tunggangan Motor Yang Hemat Pun Bahkan Bisa Bikin Kita Tampil Elegan

Sementara untuk kendaraan kita bisa menengok Suzuki Nex. Motor satu ini memegang rekor MURI untuk kategori motor matic paling irit. Ketika pemecahan rekor mampu mencapai 109,8Km/L. Hal ini dimungkinkan karena Suzuki Nex dibekali mesin SOHC 113cc dengan teknologi SUPER FI (Suzuki Performance Fuel Injection) dan mesin berkonsep LeaP (Light, Efficient and Powerful) yang telah terbukti menghasilkan tenaga besar secara presisi dan minim gesekan sehingga mampu mengoptimalkan efisiensi konsumsi bahan bakar.

Tapi meski lekat dengan irit dan hemat bukan berarti Nex akan membuat kita jadi tampil seadanya. Karena Suzuki menawarkan rasa elegan dan mewah pada skutik yang dibandrol Rp12.950.000 ini. Pilihan warna misalnya disediakan Mat Titanium Silver, Titanium Silver, dan Matt Black. Warna-warna yang masuk kategori berkelas.

Desainnya sendiri juga berkelas dengan lampu depan model V dengan bodi keseluruhan yang ramping. Nah, terkait dengan dimensi, pada Suzuki Nex ini memiliki ukuran dimensi dengan panjang 1850 mm, lebarnya 665 mm, dan tinggi 1035 mm serta memiliki berat hingga 90 Kg saja. Suzuki pun juga melengkapi Suzuki Nex ini dengan velg roda berpalang tiga dengan rem cakram di depan. Sebuah tampilan yang tentunya elegan sekaligus sporty.

Jadi siap berhemat dengan dengan gaya bro?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Karena Penelitian Menyebut Kecerdasan Itu Sexy

Sebagian orang masih mengasosiasikan “pintar dan cerdas” itu dengan tampilan kaku macam kutu buku. Padahal sesungguhnya saat ini banyak tokoh-tokoh yang lekat dengan kecerdasan macam Elon Musk atau Mark Zuckerberg yang justru dianggap menarik dan sexy.

Beberapa penelitian juga bahkan menunjukan hal ini. Salah satunya adalah penelitian yang digagas psikolog Gilles Gignac, Joey Darbyshire, dan Michelle Ooi dari University of Western Australia. Mereka menemukan bahwa orang-orang dengan IQ tinggi memiliki skor tinggi dalam hal keseksian ketika dinilai oleh orang lain.


“Kecerdasan” Menjadi Faktor Kedua Daya Tarik Setelah “Kebaikan”

Penelitian tentang kecerdasan dan daya tarik di atas melibatkan sedikitnya 10 ribu peserta dari 33 negara di dunia. Salah satu temuan menariknya adalah para peserta penelitian menempatkan “smart” di nomor dua sebagai daya tarik.

Posisi ini hanya dikalahkan oleh faktor “kebaikan dan pengertian” yang menempati urutan nomor satu. Jadi sesungguhnya dengan menjadi baik dan terus melatih kecerdasan sudah bisa membuat orang lain tertarik kepada kita.

Salah Satu Indikator Kecerdasan Adalah Selera Humor

Dalam penelitian itu juga ditanyakan mengenai indikator apa yang digunakan untuk menilai seseorang cerdas atau tidak. Sebagian menyebut bahwa salah satu indikator yang digunakan untuk menilai kecerdasan seseorang adalah selera humornya.

Karena mereka yang cerdas selalu berpikiran terbuka dan orang yang berpikiran terbuka ini cenderung punya selera humor yang baik. Mereka yang smart juga dikatakan tidak akan mudah tersinggung dan aspiratif terhadap ide-ide baru.

Tak Cuma Pada Individu, “Smart Dan Sexy” Juga Kini Diterapkan Pada Hal Lain

Perpaduan menarik ini tak cuma ditemui dalam urusan penggambaran individu seseorang. Karena kini banyak sektor juga menerapkan konsep ini. Coba tengok misalnya gadget yang selalu menemani kita.

Dahulu mungkin handphone hanya digunakan sebagai alat komunikasi suara dan teks. Kini perkembangannya sudah jauh lebih dari itu. Mulai dari mengakses internet, sosial media, pesan makanan, penunjuk arah hingga fungsi lainnya yang dulu hanya impian.

Tapi toh kamu juga tak mau hanya menggunakan gadget yang cerdas saja bukan? Begitu banyak pilihan ponsel cerdas, tentunya kamu juga memilih yang di desain menarik lagi sexy. Karena hal tersebut juga menunjukan jati diri.

Bahkan Meluas Hingga Urusan Tata Kota Juga Tersentuh Unsur Kecerdasan

Familiar dengan istilah Smart City? Yup inilah konsep yang diinisiasi oleh Suhono S. Supangkat dari ITB. Kota tak lagi hanya menjual soal “keindahan dan kecantikan” namun juga harus bersifat smart.

Menurutnya, Smart City adalah kota yang bisa mengelola Sumber Daya Alam (SDA), Sumber Daya Manusia (SDM) dan sumber daya lainnya sehingga warganya bisa hidup nyaman aman dan berkelanjutan.

Seperti adanya transparansi dan partisipasi publik, transportasi publik, transaksi non tunai, manajemen limbah, energi, keamanan, data dan informasi. Hal ini dapat didukung melalui teknologi informasi dan komunikasi. Terbayang menyenangkannya hidup di kota yang di tata macam ini bukan?

Tak Mau Ketinggalan, Urusan Kendaraan Juga Harus Mengadaptasi Ini

Soal “smart dan sexy” ini juga merambat ke urusan kendaraan. Mengingat hal ini melekat dengan kita dan digunakan juga untuk berativitas sehari-hari. Wajar rasanya jika konsep ini juga diterapkan pada kendaaraan kita.

Ambil contoh Yamaha Lexi yang mengusung konsep “Smart is The New Sexy” yang bermakna bahwa sexy tidak hanya tentang penampilan melainkan tentang karakter, sikap dan pola pikir yang Smart. Yamaha Lexi mempunyai 3 pilar konsep Utama

Untuk Smart & Sexy Design, Motor ini mengkombinasikan unsur Luxury dan Elegan dengan bobot yang paling ringan di kelas MAXI YAMAHA. Tampilannya yang berkelas ditunjang desain lampu Grand LED Headlight ditambah eye line biru yang menawan memperkuat kesan mewah dan elegan. Apalagi untuk tipe Lexi-S, desain joknya  memadukan dua tekstur kombinasi yang disatukan dengan motif jahitan elegan membuat tampilan motor menjadi lebih berkelas.

Tak cuma tampilan karena yamaha Lexi ini punya Smart Features. Untuk Varian Yamaha Lexi-S dibekali fitur Smart Key System yang merupakan sistem kunci tanpa anak kunci alias keyless. Kunci ini juga sudah disematkan fitur Immobilizer dan Answer Back System untuk memudahkan pengendara mencari posisi parkir motor.

Berkendara dalam jarak jauh juga kini tidak perlu khawatir karena Yamaha Lexi memiliki bagasi yang luas dan lega untuk menampung barang bawaan lebih banyak. Apalagi, Yamaha Lexi menjamin pengendara tetap terhubung melalui Smartphone karena dilengkapi Electric Power Socket untuk mengisi daya gadget.

Urusan dapur pacu diserahkan pada Smart Engine. Dari segi performa mesin, Yamaha Lexi menggunakan mesin generasi baru Blue Core 125 cc yang disempurnakan Variable Valve Actuation (VVA). Mesin ini secara cerdas akan membuat aksi berkendara lebih efisien, bertenaga dan handal dengan tenaga dan torsi maksimum di setiap putaran mesin. Apalagi Yamaha Lexi dilengkapi Liquid Cooled 4 Valves (LC4V) yang membuat suhu mesin lebih stabil dan performa lebih maksimal.

Tak berhenti disitu Yamaha Lexi dibekali fitur canggih Stop & Start System (SSS) berfungsi untuk mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu pada saat motor sedang berhenti. Apalagi ditambah Smart Motor Generator (SMG) membuat suara motor lebih halus saat dinyalakan. Kalau masih penasaran soal motor satu ini kamu bisa lihat detailnya di halaman ini!

Jadi bagaimana? Kamu sudah siap mengikuti trend smart is the new sexy ini?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Narasi

Legalisasi Berlaku di Kanada, Disambut Gembira dengan Ramai-Ramai Antre Beli Ganja

Kebijakan untuk melegalkan ganja di Kanada secara nasional membuat warga beramai-ramai antre beli ganja di sejumlah toko di Newfoundland. Di cuaca dingin tersebut tak membuat surut minat warga untuk membeli ganja. Proses ganja menjadi legal di Kanada sebenarnya terjadi di tahun 2001, namun saat itu kebijakan soal tanaman ini hanya mentok untuk keperluan medis.

Pemerintahan Perdana Menteri Justrin Trudeau akhirnya selama dua tahun terakhir berusaha memperlebar aturan pemakaian ganja sebagai tanaman rekreasi. Dalam artian bung dapat memakai tanaman ini sebagai bahan relaksasi untuk melepas kepenatan.

Pelebaran pemakaian ganja sebagai tanaman rekreasi demi merubah opini masyarakat terhadap tanaman yang memiliki efek utama memabukkan ini. Sekaligus menarik operator marijuana di pasar gelap ke dalam sistem yang diatur. Seperti Tom Clarke yang dulu penjual ganja ilegal dalam tiga dekade terakhir. Kini Tom Clarke menjadi toko pertama yang melakukan penjualan ganja tepat tengah malam waktu setempat di Portgual Cove, Newfoundland.

Orang Kanada juga dapat memesan produk ganja secara online dengan situs web yang telah dikelola oleh provinsi atau peritel swasta yang mengirimkannya ke rumah dengan pos. Toko milik Tom Clarke  bersama 111 tokok ganja lainya sudah beroperasi di seluruh Kanada. Diprediksi jumlah toko pun akan bertambah lebih banyak karena memakai ganja sebagai alat relaksasi dianggap lebih aman dibanding mengonsumsi alkohol.

“Alkohol telah merenggut nyawa kakek saya dan juga putra saya, ganja tidak pernah merenggut nyawa saya,” ujar Ryan Bose seorang pengemudi Lyft di Toronto.

Ryan Bose merasa Ganja sudah harus dilegalkan di wilayahnya, meskipun ganja sudah dilegalkan di Kanada tetapi beberapa dearah seperti Ontario dan Toronto masih belum beroperasi. Provinsi yang penduduknya padat ini sampai sekarang masih memproses pengesahan peraturan ini dan nampaknya toko-toko ganja di wilayah tersebut tidak akan beroperasi sampai musim semi berikutnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Narasi

Hampir Berumur Setengah Abad, Sariwangi Menjumpai Masa Kelam Karena Terlilit Hutang

Kala pagi datang bung pasti memiliki opsi untuk menikmati teh atau kopi, apabila teh nama Sariwangi tentunya cukup wangi di telinga. Namun nasibnya kini sudah tak lagi bernafas panjang karena terlilit hutang. PT Sariwangi Agricultural Estate Agency dinyatakan pailit setelah Pengadilan Negeri Jakarta Pusat mengabulkan pembatalan perjanjian perdamaian. Antara PT Bank ICBC Indonesia terhadap PT Sariwangi Agricultural Estate Agency dan PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung. Itu artinya kedua perusahaan itu sudah berstatus pailit.

Sebelumnya para pihak terkait menyatakan sepakat dalam perjanjian perdamaian terkait utang kedua PT tersebut pada 9 Oktober 2015. Namun utang yang seharusnya dicicil tidak dilakukan sehingga perdamaian itu batal dilakukan.

“Pada intinya ada dua: PT Sariwangi tidak pernah membayar cicilan. Sementara satu lagi PT Indorub sudah telat 1 tahun lebih tidak bayar. Ini kan ada cicilan bunga yang mereka tidak bayar,” terang Kuasa Hukum ICBC Swandy Halim dari Kantor Hukum Swandy Halim & Partners kepada Detik.

Sariwangi memiliki hutang yang besar sekitar US$ 20.505.166 kepada Bank ICBC Indonesia. Sementara besaran utang Indorub berada di angka US$ 2.017.595 dan Rp. 4.907.082.191

Setelah putusan ini, hakim akan menunjuk kurator untuk mengurus harta kepailitan. “Nanti asetnya dilelang untuk membayar utang,” tuturnya

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Narasi

Buruh : Upah Minimum Provinsi Seharusnya Naik 25% Bukan 8%

Surat edaran yang dikeluarkan oleh Kementrian Tenaga Kerja (Kemanker) tentang menaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) di tahun 2019 jadi 8,03%, ternyata tidak sesuai perhitungan buruh lho bung. Karena ternyata, para buruh meminta kenaikan upah sebesar 20-25%. Tingginya persentase yang diminta buruh tidak dilakukan secara asal-asalan karena pihaknya telah mensurvei kebutuhan hidup layak (KHL) di Jakarta, Bekasi dan Tanggerang. Hal ini disampaikan langsung oleh Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI).

Yang kita minta kenaikannya 20-25%, akumulasi karena upah yang tahun-tahun sebelumnya rendah kan. Hasil survei kita Rp 4,2 juta, itu yang kita minta,” kata Presiden KSPI Said Iqbal dikutip dari Detik.

Pihak KSPI pun meminta pemerintah untuk memperhatikan item yang seharusnya dijadikan acuan dalam menaikkan upah buruh. Dalam PP 78 dan 60 item menjadi acuan, dan yang buruh mau ialah peningkatan kualitas item bung. Sebagai contoh dalam item yang jadi acuan pemerintah adalah konsumsi daging berkisar 0,75 kg per bulan. Justru hal ini keliru, karena menurut perhitungan standar WHO konsousi dari haris bersikar di 1,2-1,5 Kg.

Selain daging, masalah smartphone, rumah samapai ongkos transportasi menjadi perhatian para buruh. Ini semua dilakukan demi mendapatkan penghidupan yang layak. Namun pemerintah pun belum merespon hal ini karena para perusahaan mayoritas setuju dengan kenaikan UMP sebesar 8,03%.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top