Komunitas

Kamu Jualan Online? Nih, Simak Tips Dari Ahlinya!

ngopi detikinet

Memulai usaha khususnya online memang tak sulit saat ini. Namun sobat Yomamen pasti paham untuk bisa sukses di bisnis online jelas perkara yang lain. Karena semakin mudahnya orang memulai usaha dan bisnis online, berarti pula makin banyak pesaing. Lantas bagaimana cara memenangkan persaingan ini?

Kiat-kiat tersebut dikupas dalam acara Ngopi DetikInet bersama Samsung yang bertempat di Tartine FX Senayan Jakarta 4 Februari 2016 lalu. Tiga Narasumber didatangkan untuk mengupas tuntas perihal sukses berbisnis Online ini.

ngopi detikinet

Alice Norin

Perempuan yang sebelumnya dikenal sebagai artis ini kini terjun dalam bisnis online. Perjalanannya tak mudah cenderung terjal. Di awal bisnisnya, Alice menderita kerugian yang tidak sedikit akibat miss management. Seluruh uang modalnya dibawa lari oleh sang partner. Namun ia tak menyerah, dan kemudian mendirikan 8wood yang berkonsentrasi pada fashion wanita khususnya baju dan sepatu.

Alice menyebut, sosial media sebagai kunci dari keberhasilan bisnis dan toko online. Di awal peluncurannya, ia menangani sendiri pemasaran lewat akun-akun pribadinya. Namun seiring perjalanan waktu, ia mengaku bosan dan membutuhkan pertumbuhan jumlah pelanggan dari sumber lain.

Untuk itu ia banyak menggunakan jasa buzzer dan blogger. Menurutnya urusan budget bisa disesuaikan karena banyak blogger yang memasang tarif sesuai kebutuhan.

“Kita memang membutuhkan teman-teman buzzer dan blogger. Harganya juga tidak terlalu mahal kalau dibandingkan keuntungan yang akan didapat” tutur perempuan 28 tahun itu.

Setelah membangun basis konsumen, menurut Alice yang tak kalah pentingnya adalah mempertahankannya. Yaitu dengan membangun relasi yang kuat.

“Di 8wood kita biasa maintain dengan quiz atau event yang menarik” pungkasnya.

Lucky Sebastian

Penggiat gadget satu ini menggaris bawahi pentingnya tampilan foto ketika kita menjual barang secara online. Menurutnya orang terkendala tidak bisa menyentuh langsung barang ketika ingin membeli. Hal inilah yang harus disiati dengan memberikan foto yang baik.

Ia mewanti untuk tidak menggunakan foto milik orang lain. Hal ini untuk membuktikan dan menunjukan bahwa kita benar-benar memiliki barang tersebut dengan mengambil gambarnya sendiri. Disinilah Lucky menggaris bawahi pentingnya berinvestasi di Smartphone.

“Kalau budget kita terbatas dan ingin memiliki 3 gadget, Laptop, Smartphone dan Kamera, kita hanya akan memiliki laptop yang standar, smartphone standar dan kamera standar. Saya menyarankan lebih ketiga dana tersebut lebih baik diinvestasikan pada satu smartphone yang premium” ujarnya.

Lewat Smartphone inilah foto yang bagus bisa didapat. Melalui fitur-fitur yang sudah tersemat di dalamnya dan juga lensa yang bagus. Dengan sedikit latihan Sobat Yomamen bisa mendapatkan hasil foto yang baik.

Ia juga menegaskan tidak perlu khawatir jika fotonya nanti terlihat “terlalu” bagus hingga dicurigai fotonya diambil dari situs lain. Karena seiring berjalannya waktu kita akan bisa menemukan style foto kita sendiri.

Achmad Zaky

Bos BukaLapak ini menyoroti pentingnya beradaptasi dengan dunia mobile. Ia menyebut bahwa data terakhir menunjukan 80 persen pengguna aktif internet mengakses lewat mobile. Karena itu, kita harus memastikan bahwa toko online atau lapak online kita sudah bisa diakses lewat mobile.

“Kami sendiri di BukaLapak masih sering menomor satukan perbaikan-perbaikan situs yang diakses via desktop. Ini perilaku yang keliru karena seharusnya pembenahan sisi mobile harus didahulukan” ujarnya.

Bagaimana dengan urusan kompetisi? Menurut Zacky, cara termudahnya adalah dengan terus berkreasi. Perang harga memang sesuatu yang tidak bisa dihindari, namun bukan berarti yang murah selalu yang menang. Kreativitas baik dalam produk maupun pelayanan bisa jadi kunci sukses memenangkan persaingan.

Ia mencontohkan user BukaLapak yang selalu berusaha melayani dalam maksimal satu hari. Atau user lainnya yang selalu menyelipkan ucapan-ucapan terima kasih kreatif dalam bungkus barang yang dikirimkannya. Hal seperti ini yang menurutnya bisa mendorong pembeli jadi pelanggan loyal.

“Internet ini membuka peluang bagi semua orang khususnya UKM. Jangan hanya berpikir kita yang ada di kota-kota seperti ini, akses mobile memungkin pedagang yang di desa dan gunung di pelosok sana bisa dengan mudah bersentuhan dengan pelanggan. Kuncinya terus kreatif!” tutupnya.

1 Comment

1 Comment

  1. adetruna

    February 6, 2016 at 12:18 am

    memang kuncinya ada di kreatifitas ya om… baik Zaky, Alice, dan Lucky berhasil karena terus menggali kreatifitas. Kalo kata CEO BUKALAPAK kemaren ‘Kretifitas Gila’

    Nice Article 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Agar Lebih Bahagia Di Tempat Kerja




Banyak faktor memang yang menyebabkan timbulnya stres di tempat kerja. Situasi kerja yang selalu berada di bawah tekanan, teman kerja yang tidak menyenangkan dan pimpinan yang tidak mau tahu dengan kondisi di lapangan akan semakin memicu munculnya stres di tempat kerja. Eits jangan buru-buru patah arang dan memutuskan resign! Tips ini akan mengubah jam kerjamu jadi terasa menyenangkan

Luangkan Waktu untuk Diam Sejenak dan Berkontemplasi

Cara ini ampuh untuk mengusir bosan dan melihat kembali hal-hal yang patut disyukuri. Jam-jam genting ketika bekerja itu biasanya pada siang hari. Usai makan, bukannya jadi produktif, tubuh malah jadi rentan mengantuk. Atau bisa juga karena sudah duduk berjam-jam, tubuh jadi malah mudah lelah.

Ada baiknya kalau sudah begini, kamu sediakan waktu selama 15-30 menit untuk berdiam diri sejenak dan menenangkan pikiran. Kesampingkan dulu pekerjaan dan notifikasi ponsel. Kamu bisa memikirkan kembali hal-hal apa saja yang patut disyukuri hari ini. Lambat laun, mood positif yang semula menurun jadi kembali baik.

Sempatkan Diri Berolahraga Agar Stamina Tubuh Tetap Terjaga

Mungkin belum banyak yang tahu kalau dengan berolahraga dapat membantu meningkatkan mood secara signifikan. Saat berolahraga, tubuh mengeluarkan zat neurokimia yang dapat memperbaiki suasana hati dan membuat kita merasa lebih baik.

Imbasnya, tubuh dan pikiran yang semula terasa tegang jadi lebih rileks. Tapi yang paling penting, tubuhmu pun jadi lebih bugar dari sebelumnya. Rasa bosan di tempat kerja pun akan hilang secara perlahan.

Jangan Sungkan Menyapa Rekan Kerja, Bukankah Menyenangkan Menciptakan Suasana yang Bahagia

Menyapa dan tersenyum kepada rekan kerja yang ada di sekelilingmu itu bukanlah sesuatu yang sulit bukan? Sebuah senyum kecil biasanya akan membawa pengaruh besar bagi suasana hatimu. Bahkan lebih besar lagi pengaruhnya bagi orang-orang di sekitarmu.

Di samping itu, kamu perlu tahu, kamu yang bisa tersenyum saat menghadapi situasi yang tak menyenangkan berarti kamu punya mental yang cukup kuat untuk menghadapi masalah sebesar apa pun. Jadi, jangan lupa tersenyum hari ini!

Buat Catatan Pencapaian Setiap Harinya Agar Ceria Ketika Pulang

Rasanya lelah sekali jika harus pulang ke rumah tapi kamu masih punya pekerjaan yang belum selesai pada hari itu. Entah apa penyebabnya, sampai rumah, kamu pun jadi suntuk dan pikiranmu jadi tak tenang.

Untuk mengatasinya, setidaknya kamu harus mulai disiplin untuk meluangkan sedikit waktumu untuk mencatat apa saja yang sudah kamu capai di hari itu. Ya, semacam daftar pencapaian kecil-kecilan yang bisa membantumu memantau progres harianmu.

Contohnya, sudah berhasil menghubungi klien A yang terkenal sulit, atau sudah berhasil merapihkan file yang semula berantakan, dan hal-hal kecil sejenis. Dengan mencatat macam ini, kamu akan lebih menghargai dirimu sendiri dan tentunya termasuk pekerjaanmu.

Coba Nikmati Perjalanan Menuju Kantor

Urusan satu ini memang harus diakui bukan perkara mudah. Apalagi untuk mereka yang tinggal di daerah perkotaan. Urusan jalanan macet dan perkara tak tertibnya pengguna jalan lain jadi hal utama.

Tapi toh untuk apa berfokus pada hal negatif. Lebih baik kita mencoba membangkitkan suasana yang lebih positif. Agar tak bosan coba secara berkala ganti rute perjalanan menuju kantor. Pikiran akan dirangsang untuk terus aktif ketika melewati jalan baru.

Hal penting lainnya agar menikmati perjalanan ke kantor adalah memilih kendaraan yang nyaman. Ambil contoh misalnya Yamaha Nmax yang belum lama ini meraih penghargaan Good Design Indonesia (GDI) 2018 untuk kategori transportasi sepeda motor dari Kementerian Perdagangan.

Motor yang dilengkapi digital speedometer ini dinobatkan sebagai motor dengan Good Design Indonesia karena memiliki konsep desain “Active & Comfort Style” yang memberikan gaya berkendara baru. Nmax memiliki posisi berkendara yang nyaman dan enjoy yaitu dua posisi berkendara. Jadi kalau bosan dengan posisi kaki menekuk, tinggal julurkan kaki ke depan. Mengubah-ubah posisi berkendara ini, pastinya sangat berguna ketika menempuh perjalanan kantor yang tak singkat.

Apalagi Nmax mempunyai bagasi yang super besar dimana dapat menyimpan helm dan berbagai macam barang-barang lainnya. Jadi barang bawaan yang biasa menyertaimu ketika ke kantor bisa dimasukan saja ke bagasinya dan tubuh bisa lebih leluasa bergerak. Dan tak perlu khawatir motor amblas akibat barang bawaan berat, sebab shock belakang Nmax sudah menggunakan tipe sub tank suspension yang nyaman namun juga tangguh menopang bobot berat.

Kapasitas tangkinya juga besar yaitu 6,6 liter. Dengan begitu kita tak lagi bosan karena sering menghabiskan waktu hanya untuk mengantri di SPBU. Asyiknya tangki ini diletakan di tunnel tengah. Sehingga membuat motor lebih seimbang dan tak perlu turun ketika mengisi bahan bakar.


Beralih ke dapur pacu, mesin Yamaha Nmax ini menganut teknologi Blue Core yang membuat urusan konsumsi bahan bakar ini jadi lebih optimal. Sementara itu mesin ini juga mengadopsi sistem VVA (Variable Valve Actuation), yang menjaga tenaga dan torsi maksimum di setiap putarannya. Tentunya dengan paduan ini Nmax akan tetap lincah meliuk di tengah kepadatan kota.
Penasaran dengan motor ini? Lengkapnya bisa dilihat di laman Yamaha Nmax ini. Nah, dengan kombinasi di atas kamu akan terhindar dari bosan di tempat kerja dan pastinya akan lebih merasa bahagia bukan.

1 Comment

1 Comment

  1. adetruna

    February 6, 2016 at 12:18 am

    memang kuncinya ada di kreatifitas ya om… baik Zaky, Alice, dan Lucky berhasil karena terus menggali kreatifitas. Kalo kata CEO BUKALAPAK kemaren ‘Kretifitas Gila’

    Nice Article 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top